majalah hati beriman ed.1 tahun 2007 - .kemudian memberi solusi dan mendukung jika majalah hati...

Download Majalah Hati Beriman Ed.1 Tahun 2007 - .kemudian memberi solusi dan mendukung jika Majalah Hati Beriman

Post on 06-Mar-2019

238 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Edisi I / Tahun 2007Edisi I / Tahun 2007

Majalah Berita Warga Kota SalatigaMajalah Berita Warga Kota Salatiga

Pergantian Kepala Daerah Menurut Hukum Tata Negara

SALATIGA

BERDUKASALATIGA

BERDUKA

HATI BERIMANHATI BERIMAN

IN MEMORIAMIN MEMORIAM

Semoga diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya.

Walikota SalatigaH. Totok Mintarto

PEMERINTAH KOTA SALATIGAPEMERINTAH KOTA SALATIGA

BADANPENGAWAS

DAERAH

BADANPENGAWAS

DAERAHJl. Cemara No. 38 Salatiga Telp. (0298) 325518

Kepala,

TITIK INDARTI, SH, M.SiNIP. 500 049 477

PEMERINTAH KOTA SALATIGAPEMERINTAH KOTA SALATIGA

DINAS KESEHATAN KOTA

Jl. Hasanudin No. 110a Salatiga Telp. (0298) 32146

( D K K )

Kepaladr. SURYANINGSIH, M.Kes

Majalah Berita Warga Kota SalatigaMajalah Berita Warga Kota SalatigaHATI BERIMANHATI BERIMAN

Segenap Redaksi MajalahSegenap Redaksi Majalah

PEMERINTAH KOTA SALATIGAPEMERINTAH KOTA SALATIGAPEMERINTAH KOTA SALATIGAKANTOR

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

(SATPOL PP)Jl. Letjend. Sukowati No. 51

Telp. (0298) 326842

KepalaNugroho Indro P., SH, M.Hum.

http://http://http://

Diterbitkan oleh : KANTOR INFORMASI DAN KOMUNIKASI KOTA SALATIGA Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Salatiga Nomor: 9 Tahun 2004. PEMBINA Walikota Salatiga; PENGARAH Sekretaris Daerah; WAKIL PENGARAH Asisten Tatapraja dan Administrasi Sekda; PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Kepala Kantor Informasi dan Komunikasi Drs. Petrus Resi, M.Si; REDAKTUR PELAKSANA Adi Setiarso, SE; REDAKTUR Wiyarso BA, Bakti Harjanti, S.Sos; KOORDINATOR LIPUTAN Jumiarto, AP; PELIPUT/PENYUNTING Sri Hartono, S.S, Sumarno, S.Ag, Budi Susilo, S.Sos, Ady Indriasari, S.Sos, Lukman Fahmi, S.HI; SETTING&LAY OUT Sumadi, S.S, R. Koko Endarmoko, A.Md; DISTRIBUSI Kuswanto, Koestono, R. Suprapto Sambodo, Muhammad Sidiq. ALAMAT REDAKSI KANTOR INFORMASI & KOMUNIKASI Jl. Letjen. Sukowati No. 51 Salatiga 50731 Telp/Fax. (0298) 326658.

Redaksi menerima sumbangan naskah, tulisan, karikatur. Redaksi berhak mengubah atau mengedit tanpa menghilangkan esensinya. Tulisan/naskah 3-4 halaman folio spasi rangkap dialamatkan ke Redaksi. Bagi yang dimuat, akan mendapat imbalan.

HATI BERIMAN, Edisi I Tahun 2007

Edisi I Tahun 2007

Redaksi

4 KARIKATUR5 DARI REDAKSI Piye Dik Kabare?6 SURAT PEMBACA Majalah Hati

Beriman Layak Jual7 OPINI Gedung Pekerja Seni14 RAGAM Urgensi LKM dalam

Masyarakat Komunikasi18 ARTIKEL Pramuka, Mengapa

Sinarmu Semakin Redup? 20 HUKUM Pro-Kontra PP.37/2005

Sekilas Tentang Kesakralan Kekuasaan26 PENDIDIKAN Melongok Sekolah-

sekolah Pinggiran (1). SMP Negeri 10 Bangkit

28 KESEHATAN Turunkan Kolesterol dengan Diet Makanan

30 TIPS Wabah Flu Burung31 BUDAYA Who am I,Mom? Pentas

Teater Ala Qaryah Thayyibah32 POTENSI Menekuni Kerajinan Bambu33 KIPRAH Pengobatan Gratis Sinar

Perak40 RILEKS Teka-teki Silang41 LEGENDA Cabean Bukan Tanaman

Cabe42 PROFIL Asa Wisesa Betari Segudang

Prestasi Tetap Rendah Hati

Tarif Iklan BW (hitam putih) ukuran: 1 kolom X 60 mm Rp. 100.000; 1 kolom X 120 mm Rp. 200.000; 2 kolom X 60 mm Rp. 200.000; 2 kolom X 120 mm Rp. 300.000; 3 kolom X 120 mm (1/2 halaman) Rp. 600.000; 3 kolom X 180 mm Rp. 900.000; 3 kolom X 240 mm (1 halaman) Rp. 1.200.000. Tarif iklan berwarna 1 kali lipat. Redaksi berhak memberikan diskon sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Pemasangan Iklan

8 Laporan Utama

Berita meninggalnya H. Totok Mintarto disambut duka yang sangat mendalam bagi warga Kota Salatiga. Tampak ribuan warga berduyun-duyun memadati Rumah Dinas di Jalan Diponegoro 1 Salat iga, untuk memberikan penghormatan terakhir. Sejumlah tokoh juga hadir melayat.

44 Lintas Kota

Raperda yang disahkan menjadi Perda diantaranya Raperda tentang Majalah Hati Beriman, Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum, Retribusi Tempat Parkir Khusus, SOTK Satpol PP, Rencana Tata Ruang Wilayah, Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan, serta Raperda Penyelenggaraan dan Retribusi Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil.

HATI BERIMANMajalah Berita Warga Kota Salatiga

SALATIGA

C HH AIR YI HR BA AS JT AUS R W PISA T

3

Daftar Isi

Edisi I / Tahun 2007Edisi I / Tahun 2007

Majalah Berita Warga Kota SalatigaMajalah Berita Warga Kota Salatiga

Pergantian Kepala Daerah Menurut Hukum Tata Negara

SALATIGA

BERDUKASALATIGA

BERDUKA

HATI BERIMANHATI BERIMAN

Dari RedaksiKarikatur

HATI BERIMAN, Edisi I Tahun 20074

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun

Piye Dik Kabare?. Totok Mintarto memang telah berpulang ke-Rahmatullah, pada Jum'at dini hari, 9 Februari 2007 lalu. Warga Kota Salatiga pun ikut berduka melepas jenazah HWalikota Salatiga tersebut yang dikebumikan di Ngawi, Jawa Timur. Kendati Pak

Totok, begitu beliau akrab disapa, telah mangkat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada sesuatu yang masih tetap hidup dalam benak kita. Ya, beliau sosok pemimpin lembah manah, mau mengerti dan merakyat adalah beberapa sifat yang sangat melekat dengan figurnya.

Piye dik kabare, anak-istri sehat to?, ujar Pak Totok penuh simpatik kali terakhir saat dihubungi Redaksi Hati Beriman, sebelum wafat. Memang begitulah gaya Pak Totok. Ramah, simpatik, mau mengerti alias pengertian. Beliau juga sosok yang menarik untuk diajak berkomunikasi dengan joke-joke segar.

Suami dari Ibu Devy Herlina itu juga menunjukkan figur yang merakyat. Tidak salah kalau Wakil Walikota John M. Manoppo, SH, suatu ketika memuji beliau bahwa ada yang beda dari Pak Totok dibanding Walikota lain sebelumnya. Rumah Dinas beliau selalu ramai. Tidak hanya dari kalangan pejabat, rakyat juga sangat terbiasa keluar-masuk berkunjung ke rumah dinas.

Beliau (Pak Totok, Red) adalah figur pemimpin yang tidak membeda-bedakan apakah itu pejabat atau rakyat biasa. Semuanya bisa akrab. Itulah salah satu kelebihan beliau yang patut untuk kita teladani, tuturnya.

Kebaikan dan keberhasilan Pak Totok sebagai seorang pemimpin besar juga sudah teruji. Kali pertama mencalonkan diri sebagai Walikota Salatiga Periode 2001-2006, sistem politik waktu itu yang memiliki hak pilih adalah anggota DPRD, ia berhasil mengalahkan calon lainnya. Pun demikian ketika beliau mencalonkan diri untuk kali kedua sebagai Calon Walikota Periode 2006-2011. Kendati sistem politik berubah, Walikota dipilih langsung oleh rakyat, Pak Totok tetap tampil sebagai pemenang.

Pak Totok kini memang sudah dipanggil Sang-Khaliq. Namun, keteladanan beliau akan selalu hidup dan menjadi pelajaran berharga untuk semua, khususnya masyarakat Kota Salatiga tercinta. Akhirnya, segenap Redaksi Majalah Hati Beriman mengucapkan:

Innalillahi Wainnailaihi Raji'un.

Turut berduka cita atas Wafatnya Bapak KitaH. Totok Mintarto (Walikota Salatiga)

Dari RedaksiDari Redaksi

HATI BERIMAN, Edisi I Tahun 2007 5

Semoga amal ibadah beliau, serta pengabdian beliau yang tulus kepada masyarakat Kota Salatiga, mendapat balasan yang setimpal di sisi Allah SWT. Sedangkan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amin.

Redaksi

ertama saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Salatiga, khususnya kepada Kepala Kantor INKOM Bpk. Drs. Petrus Resi, M.Si beserta stafnya. Kita semua Ptahu bahwa majalah Hati Beriman adalah satu-satunya Majalah Berita Warga Kota

Salatiga. Walaupun belum 100 persen warga menikmatinya, tetapi saya sangat bangga, dari situ saya dapatkan berita-berita yang 'aktual, tajam dan mendidik' baik itu laporan Utamanya, Artikelnya sampai Legendanya yang ada di Kota Salatiga ini.

Tetapi, mulai Edisi VI Tahun 2006, jangka terbitnya terlalu lama (dua bulan) sekali. Kalau memang alasan keterbatasan dana operasionalnya, maka masyarakat Insya Allah mau membeli untuk sekedar ongkos biaya cetaknya.

Kita mengharap dengan sangat kepada Pemerintah Daerah, agar memperhatikan kelancaran dalam hal operasional Majalah kita ini. Demi kelancaran dan Suksesnya, 'Majalah Hati Beriman' yang menjadi kebangaan Warga Kota Salatiga Yang Kita Cintai Ini.

Muh. AmilWarga Tegal Ombo, Blotongan

Terima kasih atas perhatian Saudara Muh Amil yang begitu besar kepada Majalah Hati Beriman. Jujur kami sampaikan bahwa sesuai rencana kerja Kantor Inkom tahun 2007 ini, Majalah Hati Beriman tetap terbit dua bulanan atau 6 edisi dalam setahun. Saudara pun sudah mengetahui alasan kami, kemudian memberi solusi dan mendukung jika Majalah Hati Beriman dijual dengan harga sekedar ganti ongkos cetak. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas usulan Saudara. Mengingat penerbitan Majalah Hati Beriman mengandung maksud dan tujuan sebagai sarana pelayanan pemerintah kepada masyarakat, maka hingga saat ini belum ada rencana untuk menjual Majalah Hati Beriman.

Redaksi

Surat Pembaca

MAJALAH HATI BERIMAN LAYAK JUAL

RESIK- RESIK KUTHO

HATI BERIMAN, Edisi I Tahun 2007

Pengirim rubrik surat pembaca yang dimuat berhak mendapatkan imbalan dari Redaksi Majalah Hati Beriman.

encana banjir di beberapa wilayah Indonesia akhir-akhir ini, menghentakkan kesadaran kita akan kecintaan pada lingkungan. Walaupun Salatiga bukan wilayah Brawan banjir namun setidaknya kita wajib waspada akan kemungkinan gejala alam

yang dapat menimbulkan bencana. Tindakan awal dalam mengantisipasi bencana alam adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan sekitar seperti penanaman pohon, pengolahan limbah sampah, dan pembersihan lingkungan. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari slogan Salatiga Hati Beriman yaitu mensyukuri dan memelihara karunia Tuhan bahwasany