majalah detik 16 juli 2012

99
EDISI 33 16 JULI 2012 TARI SUFI UNTUK RAMADHAN GAYA HIDUP LEMBAGA SURVEI DIPERMALUKAN. JOKOWI UNGGUL MEMPECUNDANGI FOKE. KEJUTAN PILKADA DKI. GUGATAN DARI CHURCHILL MERAGUKAN PARTIKEL TUHAN RYAN TOLAK DIHUKUM MATI JOKOWI AJAIB

Upload: baca-nyok

Post on 07-Mar-2016

264 views

Category:

Documents


17 download

DESCRIPTION

Jokowi Ajaib Secara mengejutkan, pasangan Jokowi-Ahok mempecundangi Foke-Nara di Pemilukada DKI Jakarta. Buah strategi 'tawaf'.

TRANSCRIPT

Page 1: Majalah Detik 16 Juli 2012

EDISI 33 16 JULI 2012

tari sufi untuk

ramadhangaya hidup

lembaga survei dipermalukan. jokowi unggul mempecundangi

foke. kejutan pilkada dki.

gugatan dari churchill

meragukanpartikel tuhan

ryan tolakdihukum mati

jokowiajaib

Page 2: Majalah Detik 16 Juli 2012

MeMutar ipad:Untuk melihat majalah dalam tampilan horizontal atau vertikal

artikel:Geser keatas dan kebawah untuk membaca artikel

Gunakan icon berikutsebagai petunjuk membaca majalah ini

Share FBBack

Table of ContentsHome

Pindah halaman lewat scroll

Kumpulan edisi yang sudah dan belum didownload

Menampilkan majalah yang sedang dibaca

FavoriteTable of Contents

majalah detik

Info

Close

Go toWebsite

Putar Map

Audio

Galeri Image

Video

3600

View360

rubrik:Geser kekiri dan kekanan untuk melihat rubrik

Kebawah

Page 3: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012

Pemimpin Redaksi: Arifin Asydhad Wakil Pemimpin Redaksi: Iin Yumiyanti Redaksi: Deden Gunawan, M Rizal, Irwan Nugroho, Ken Yunita, Mulat Esti Utami, Silvia Galikano, Bahtiar Rifai, Evi Tresnawati, Monique Shintami, Isfari Hikmat, Rahmayoga Wedar, Aryo Bhawono Tim Foto: Dikhy Sasra, Ari Saputra, Haris Suyono, Agus Purnomo Product Management: Rohalina Gunara, Sena Achari, Eko Tri Hatmono Creative Designer: Mahmud Yunus, Kiagus Aulianshah, Galih Gerryaldy, Desy Purwaningrum Kontak Iklan: Arnie Yuliartiningsih, Email: [email protected] Telp: 021-79177000, Fax: 021-79187769

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------Direktur Utama: Budiono Darsono Direktur: Nur Wahyuni Sulistiowati, Heru Tjatur, Warnedy Kritik dan Saran: [email protected] Alamat Redaksi: Gedung Aldevco Octagon Lantai 2, Jl. Warung Jati Barat Raya No.75 Jakarta Selatan, 12740 Telp: 021-7941177 Fax: 021-7944472 Email: [email protected] detik dipublikasikan oleh PT Agranet Multicitra Siberkom, Grup Trans Corp.

Cover: Kiagus AulianshahLagu Cover: Berkacalah Jakarta, Iwan Fals

NasioNaL25 Hari Jalan Kaki Karena Lumpur

Lumpur Lapindo tak kunjung tuntas. Aksi apapun atas nama korban lumpur Lapindo berimbas pada Partai Golkar yang dipimpin Ical.

aLbumPeresmian instalasi Pengolahan air

iNterNasioNaLmemeram buah revolusi Libya

PeoPLeroger Federer, regina ivanova, Kate middleton

gaya HiduPmenghampiri tuhan Lewat tarian

iNterviewsuharyo sumowidagdo: Nama Partikel tuhan berasal dari Keisengan

wKwKwKNgaku anggota KPK demi selamat

seNi daN HiburaNLegenda Negeri Prambanan

eKoNomigugatan rp 18 triliun dari Churchill

FiLm PeKaN iNiKala Harapan tak selalu dikabulkan

LeNsabanjir Jepang

Edisi 33 16 - 22 juli 2012

FoKus‘tawaf’ relawan Pembawa KemenanganSecara mengejutkan, pasangan Jokowi-Ahok mempecundangi Foke-Nara di Pemilukada DKI Jakarta. Buah strategi ‘tawaf’.

HuKumberdalih Psikopat agar tak mati

Ryan berencana mengajukan grasi setelah Peninjauan Kembali-nya ditolak Mahkamah Agung. Tak mau dihukum mati

Dosen Ditusuk

eks Mahasiswakomik

Page 4: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Album

dalam memperingati 60 tahun hubungan diploma-tik, Indonesia sepakat men-jalin kemitraan strategis yang komprehensif dengan Jerman. Kesepakatan itu berupa Deklarasi Jakarta yang ditandatangani oleh Presiden SBY dan Kanselir Angela Merkel di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 10 Juli 2012. 

Sebagai tindak lanjut, Indonesia mengusulkan sejumlah prioritas kerja sama; meliputi kerja sama perdagangan dan inves-tasi, kerja sama bidang kedokteran dan kesehatan, kerja sama   bidang riset dan teknologi, serta kerja sama bidang ketahanan pangan, energi terbarukan, transportasi dan lingkung-an hidup.

(Monique)

mantan menhub meninggal dunia

Album

wakil Presiden Boediono meresmikan berope-rasinya Instalasi Pengolahan Air (IPA) PT Aetra Air Tangerang di Banten, Rabu 11 Juli 2012. Proyek infrastruktur ini akan melayani lima kecamatan di wilayah kabupaten Tangerang, Banten, yaitu Pasar Kemis, Sepatan, Cikupa, Balaraja, dan Jayanti.

IPA ini berkapasitas 900 liter/detik dengan biaya yang dikenakan kepada pelanggan sebesar Rp 4,5/liter untuk air bersih kualitas air minum. Nilai ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga air minum kemasan.

Proyek ini juga mendukung pemerintah dalam mencapai target Millennium Development Goals (MDGs) 2015 dalam hal cakupan penduduk mem-peroleh air bersih. (Monique)

Peresmian instalasi Pengolahan air

detikfoto

mantan Menteri Perhu-bungan era Soeharto, Prof. Dr. Haryanto Dhanutirto, meninggal dunia di RS MMC Kuningan, Jakarta, Selasa 10 Juli 2012. Jena-zah dimakamkan di Taman

Pemakaman Umum (TPU) Cikutra kota Bandung.

Pemakaman ini dilaku-kan dengan upacara kemi-literan yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat Ah-mad Heryawan, sebagai in-

spektur upacara. Hadir da-lam pemakaman sejumlah pejabat Kementerian Per-hubungan, Pemprov Jawa Barat, TNI, serta ma n tan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono. (Monique)

60 tahun diplomatik Ri-Jerman

Page 5: Majalah Detik 16 Juli 2012
Page 6: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

‘Tawaf’ Relawan Pembawa Kemenangan

Secara mengejutkan, paSangan jokowi-ahok

mempecundangi Foke-nara di pemilukada dki jakarta. Buah

Strategi ‘tawaF’. reporter: irwan nugroho, m. rizal, Bahtiar

rifai, dan isfari hikmat

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Page 7: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

JaKaRTa memerlukan orang baru. Saya lihat realitas pembangunan di Jakarta (sekarang) tidak ada yang fokus, sehingga begini jadinya.”

Kalimat itu diucapkan aktor Rano Karno dalam pembukaan film berjudul “Jakarta Baru The Movie”. Itu adalah film produksi Cirus Network Con-sultindo untuk pemenangan cagub-cawagub DKI Ja-karta, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok).

Film berdurasi 1 jam itu berkisah tentang sosok dan rekam jejak Jokowi-Ahok. Lalu konsep kedua-nya untuk membenahi problematika ibukota seperti banjir dan kemacetan. Film juga menampilkan opini dari warga Solo dan Belitung Timur, tempat pasangan nomor 3 itu berasal.

Anggota tim sukses Jokowi-Ahok, Dwi Djoko Rusryanto, mengatakan, pelun-curan film itu sebetulnya agak terlam-bat, yakni tiga minggu sebelum pencob-losan, Rabu 11 Juli 2012. Namun, film itu dengan cepat menyebar lewat internet maupun keping-keping DVD.

Hasilnya di luar dugaan. Film itu cukup memengaruhi pilihan warga kepada Jo-kowi-Ahok di detik-detik terakhir menje-

lang hari H. Awaludin, seorang sopir taksi mengaku makin mantab mencoblos Jokowi-Ahok setelah me-nonton film itu.

“Saya bukan orang Solo, orang Padang. Tapi sepak terjangnya (Jokowi) saya suka,” kata warga Pasar Minggu itu kepada majalah detik.

Ahok sendiri terheran-he ran dengan dampak film itu. Ia yakin, apabila seluruh warga Jakarta menonton film itu, maka ia bersama Jokowi akan menang mut-lak. “Sangat beruntung film kami sudah di-upload di youtube,” ujar dia.

DVD Jokowi-Ahokdetikfoto

Page 8: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Dari hasil quick count Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis tiga jam setelah pemungutan suara ditutup pukul 13.00 WIB, Jokowi-Ahok tampil sebagai pemenang dengan mengantongi 42,56% suara. Disu-sul kemudian pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi (Foke-Nara) Ramli dengan 33,60% suara.

Hasil ini tentu sangat mengejutkan, jauh di luar pre-diksi beberapa lembaga survei dan pengamat. Para pengamat dan peneliti di lembaga survei pun dibuat terheran-heran sendiri. Mereka memang memperki-rakan Jokowi-Ahok masuk putaran kedua, tetapi jum-lah pemilihnya di bawah Foke-Nara. Survei Lingkaran Survei Indonesia yang diumumkan 1 Juli 2012 me-nyebut Foke-Nara akan unggul dengan 49,1% suara, sementara Jokowi-Ahok hanya 14,4% suara.

Peneliti LSI (lembaga--red) Saiful Mujani mengata-kan, perolehan signifikan suara Jokowi-Ahok itu amat mengejutkan. Sebab, terjadi perubahan perilaku pe-milih dalam waktu yang singkat. “Ini pertanyaan besar bagi peneliti politik,” kata Mujani.

Seorang anggota tim sukses Jokowi-Ahok menga-takan, suara terbesar berasal dari wilayah Jakarta Utara dan Timur. Ia menyesalkan adanya sejumlah pendukung di dua wilayah itu yang tidak dapat un-dangan. Contohnya di apartemen Kelapa Gading, yang dihuni banyak etnis Tionghoa.

“Di sana ada 8.000 penghuni. Yang dapat undangan cuma 400 orang,” bisiknya kepada majalah detik.

Namun, pengamat Andrinof Chaniago menilai mele-jitnya suara Jokowi disebabkan oleh citra positif Wali-kota Solo itu sendiri. Selain itu, kampanye Jokowi-Ahok memang cukup efektif. Selain rajin bertemu dengan warga, keduanya pandai menyampaikan pesan-pesan melalui sarana yang ada.

“Faktor lain saluran informasi yang cepat dan me-luas yang membawa pesan,” katanya kepada majalah

Melejitnya suara Jokowi disebabkan oleh citra positif Walikota solo itu sendiri

Page 9: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

detik.Dwi mengatakan, film hanyalah salah satu bagian

kecil dari materi kampanye. Tim sukses dan relawan sudah banyak menyebar poster, koran, kartu nama, serta baju kotak-kotak yang menjadi trademark Jo-kowi-Ahok. Propaganda juga dilakukan melalui Blac-kBerry Messenger (BBM).

Di dunia maya, tim relawan Jokowi-Ahok juga gen-car berkampanye. Adalah Akar Rumput Political Con-sulting (ARPC) yang berada di balik layar. Lembaga itu diisi oleh enam anak muda, yang mayoritas lulusan Amerika Serikat (AS).

Belajar dari kampanye Presiden Barack Obama di media sosial, mereka serius menggarap kampanye Jokowi-Ahok melalui twitter, facebook, blog, dan lain-lain. “Tanpa quick count sebenarnya melalui media so-sial dukungan publik kepada Jokowi sudah ketahuan,” ungkap Dimas Oky Nugroho, Direktur ARPC.

Di lapangan, menurut Dwi, pihaknya memakai pen-dekatan yang berbeda untuk menarik simpati warga. Mereka menghindari cara-cara konvensional seperti bagi-bagi sembako dan uang. Tak ada pula posko-posko yang lazim muncul dalam setiap pemilu. “Kalau satu posko Rp 2 juta, ada berapa miliar yang keluar?” ungkapnya.

Seberapa besar kekuatan tim kampanye Jokowi-Ahok? Dwi mengatakan, tim kampanye itu terbagi menjadi lima bagian, yaitu tim Jokowi, Ahok, PDIP, Gerindra, dan gabungan dari itu semua yang ditempat-kan posko di Jl. Borobudur No. 22, Menteng, Jakarta Pusat.

“Itu untuk mengefektifkan waktu, karena banyak tempat yang harus dikunjungi,” terangnya.

Yang juga menjadi modal bagi Jokowi-Ahok adalah dukungan dari ratusan ribu relawan yang bekerja 24 jam. Kelompok relawan itu juga terbagi ke dalam

Dimas Oky Nugroho, Direktur Eksekutif Akar Rumput Political Consultingdetikfoto

Jokowi:Tunggu sampai real

count rampung, jangan mendahului, ini masih hitung-hitungan. Nanti

di putaran kedua, partai dirangkul, masyarakat

dirangkul, kampung dan semuanya dirangkul. Satu putaran siap, dua putaran siap, tiga sampai empat

putaran ya saya siap.

Page 10: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

kelompok Jokowi, kelompok Ahok, kelompok Gerin-dra dan PDIP, serta relawan-relawan yang bergerak tanpa ikatan.

Di sekitar Jokowi, setidaknya terdaftar sekitar 60 ribu relawan dengan masing-masing kelompoknya. Tiga kelompok relawan Jokowi yang paling terkenal ada-lah Kafe Waru Rawamangun, Geng Kelik, dan Korps Perjuangan Mataram (KPM). Kafe Waru dikomandoi pengusaha asal Solo, Kris Budiharjo; sementara Geng Kelik dipimpin oleh Kelik, lulusan dari universitas di Solo. “Dari Solo memang banyak yang terlibat,” kata Kris kepada majalah detik.

Menurutnya, para relawan itu bergabung karena ingin terjadinya perubahan kepemimpinan di Jakarta. Mereka tidak dibayar sepeser pun. Mereka keluar masuk kampung dengan dana dari kantong mereka sendiri. Sebagian didapat dari hasil penjualan kemeja kotak-kotak dan kaus.

“Uang bensin saja tak dikasih,” tutur Harmini, rela-wan dari Semut Merah, kepada majalah detik.

Namun, Kris mengakui ada beberapa relawan yang dijanjikan pekerjaan di berbagai unit usahanya. “Entah nanti Jokowi menang atau kalah,” ujarnya.

Tidak ada indoktrinasi tertentu yang diberikan kepa-da para relawan. Namun, mereka diwanti-wanti agar selalu mengingat pesan Jokowi. “Pak Jokowi bilang agar nguwongne (menghargai) orang,” cetus Daeng, salah satu relawan, kepada majalah detik.

Menurutnya, relawan-relawan itu juga tidak berge-rak berdasarkan komando. Mereka bergerak dengan cara mereka sendiri. Kris bahkan mengatakan, gerak relawan itu tidak beraturan sama sekali. “Ibaratnya seperti tawaf di Kakbah. Tidak teratur, tapi satu tuju-an,” selorohnya.

Ia maupun Dwi menyebut peran relawan itu jauh lebih besar dibanding mesin partai pendukung. Mesin

Syafii Maarif:Orang Jakarta semakin kritis ingin perubahan. Demokrasi seperti ini

bagus, bisa ditularkan ke daerah lain. Kemenangan Jokowi-Ahok cukup men-cengangkan karena bisa mengungguli pasangan Hidayat-Didik yang didu-

kung PKS dan PAN.

H. Prabowo Subianto:Alhamdulillah, bagi saya

kemenangan Jokowi cukup mengarah kepada peru-

bahan, seperti yang sudah lama diinginkan rakyat.

Page 11: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

PDIP dan Gerindra baru efektif bergabung dengan relawan saat kampanye digelar.

“Mesin politik itu kalau nggak ada duit nggak jalan. Nggak semua sih, tapi fakta di lapangan semuanya minta,” ungkap Dwi.

Andrinof juga menyatakan hal yang sama. Di Pemi-lukada DKI maupun di daerah lain, disfungsionalitas partai itu memang kian parah. Karena itu, seperti hal-nya Jokowi-Ahok, kandidat yang ingin sukses harus membangun jaringan relawan yang kokoh. “(Partai) Kalau dikasihnya banyak, kerjanya juga banyak,” ujar-nya.

Namun, Ketua DPP PDI Perjuangan Ganjar Pranowo keberatan partai maupun relawan partai disebut san-tai-santai saja. Partai dan relawan nonpartai meng-garap pasarnya sendiri-sendiri. PDIP menerjunkan 96 orang ke kecamatan-kecamatan dalam Pemilukada kemarin.

“Saya di Kebon Jeruk, ngublek-ngublek di situ,” kata-nya kepada majalah detik.

Jokowi sendiri memilih bersikap bijak menanggapi hal itu. Ia mengatakan, kemenangan pada putaran pertama ini adalah gabungan antara mesin partai dan relawan. (wan/Yog)

rengga/detikfoto

Ketua MPR, Taufiq Kiemas:

Ridho Slank:

Keunggulan pasangan Jokowi-Ahok bukti nyata

pemahaman kebhinekaan. Keunggulan itu menggam-barkan kerinduan masya-

rakat terhadap simbol-sim-bol empat pilar berbangsa, karena mereka mewakili

unsur kemajemukan dalam masyarakat Indonesia.

Secara pribadi, saya mendukung Pak Jokowi. Saya pikir Jokowi bisa, kalau dia jadi gubernur.

Page 12: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

ada yang aneh saat rombongan Hidayat Nur Wahid tiba di TPS 13 di kawasan Kemang, Jakarta

Selatan. Di sela rombongan bersera-gam batik warna oranye, hanya Hidayat seorang yang dibonceng sepeda motor. Padahal yang lain, termasuk sang istri, Diana Abbas Thalib, berjalan kaki me-

nempuh jarak 500 meter ke TPS.  Usut punya usut ternyata mantan Ke-

tua MPR periode 2004-2009 ini sedang cedera. Kakinya keseleo akibat terjatuh saat bermain bulu tangkis malam sebe-lumnya. Ia sempat memaksa untuk ber-jalan kaki dari kediamannya di Jalan Ke-mang Selatan IV No. 7D ke TPS. Namun

Istri foke ‘Tertinggal’, Hidayat Keseleoreporter: m. rizal, isfari hikmat

Survei vS Quick count (dalam persen)

Quick Count Lembaga Survei Indonesia

Keterangan:

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) 1 Juli 2012

(dari 99.76% data perolehan suara yang masuk)

33.57

43,7Foke Nara

1

2.05

0,5Hendardji Riza

2

42.74

14,4Jokowi Basuki

3

11.96

5,3Hidayat Didik

4

4.94

1,8Faisal Biem

5

4.74

4,6Alex Nono

6

Page 13: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

bengkak di kakinya tak memungkinkan Hidayat berjalan sejauh itu, akhirnya tim sukses memutuskan Hidayat dibonceng saja.

Mantan Presiden PKS itu mengisahkan hingga beranjak tidur, cedera itu belum terasa. Rasa nyeri baru muncul usai azan subuh, dan makin parah setelah pengajian pagi di rumahnya. Diduga Hidayat terlalu lama bersila.

“Iya, ini tadi pas bangun dari duduk ma-lah salah, keseleo. Tidak apa-apa,” kata Hidayat kepada wartawan, saat kakinya dipijat oleh sang istri. Hidayat pun harus berjalan tertatih-tatih keluar dari rumah-nya dengan dipapah sang istri.

Hingga siang hari, Hidayat masih harus menjalani terapi dari tukang pijat yang khusus dipanggil tim suksesnya. Kete-rangan pers pun akhirnya diwakilkan kepada ketua tim sukses Hidayat-Didik, Triwisaksana.

Lain lagi yang terjadi di TPS 01 Menteng, di halaman gedung Yayasan Jantung In-donesia, Jalan Teuku Umar, Menteng, Ja-karta Pusat. Di tempat ini calon petahana Fauzi Bowo mencoblos bersama istri dan anak-anaknya.

Saat Foke dan keluarga tiba di TPS sekitar pukul 08.00 WIB, belum banyak pemilih yang datang. Di papan petunjuk

DPT, nama Dr. Ing. H. Fauzi Bowo tertulis di nomor urut 34, sementara istri Foke, Sri Hartati dapat nomor urut 38.

Namun karena TPS masih sepi, kedua-nya bisa mencoblos bersamaan. Foke duluan, disusul sang istri kemudian. Saat mendapatkan kertas suara, keduanya juga masih kompak menunjukkan ke pewarta yang menunggu sejak pagi. Keduanya lalu beriringan menuju bilik suara.

Sebelum mencoblos, Foke sempat ber-kelakar. “Pilih siapa ya?” yang langsung dijawab pendukungnya, “Nomor satuu-uu...”

Foke dan istri kemudian menuju bilik suara untuk mencoblos. Tak lama kemu-dian, Foke tampak melipat kertas suara dan menunjukkan kepada pewarta, kertas yang sudah dicoblos itu. Saat itu Foke sen-dirian, istrinya belum terlihat keluar.

Ibu Gubernur yang hari itu mengenakan gaun batik cokelat, masih berkutat di bilik suara. Tampaknya ia butuh waktu yang lebih lama dari sang suami. Bahkan saat Foke sudah menuju kotak suara, ibu 3 anak dan nenek 7 cucu itu tidak juga keluar.

Hingga Foke selesai dengan kertas su-aranya dan memasukkan ke kotak suara dan berfoto-foto, perempuan yang biasa disapa Tatiek ini masih berada di bilik su-ara. (ami/Yog)

foto-foto: ari/detikfoto

Page 14: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Jokowi pernah patah arang untuk dicalonkan Jadi gubernur Jakarta. ada kisah Jenderal membuJuk Jokowi sampai menJodohkannya dengan ahok.

Strategi Meluluhkan Jokowi

reporter: m. rizal, isfari hikmat, bahtiar rifai, monique shintami, evi tresnawati NaMa Joko Widodo alias Jokowi kini naik

daun. Ia membuat kejutan karena berdasar-kan quick count menjadi pemenang Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, yang digelar

Rabu, 11 Juli 2012. Mengalahkan sang petahana Fauzi Bowo alias Foke.

Kemenangan ini mengejutkan banyak kalangan, sebab di Jakarta Jokowi bukan siapa-siapa. Ia hanya seorang pengusaha mebel kelas menengah dari Solo

Ari SAputrA/detikFoto

Page 15: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

sekaligus menjabat walikota di wilayah itu. Bahkan Jokowi yang maju sebagai calon gubernur

(cagub) yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tidak punya KTP Jakarta. Namun itu-lah kenyataan, meski ajaib Jokowi yang bukan warga Jakarta ternyata mampu menyedot perhatian warga di ibukota negara.

Sebenarnya bagi sejumlah tokoh, fenomena Jokowi sudah terbaca sejak satu tahun silam. Bahkan Pena-sihat Partai Golkar yang juga sahabat Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan “jatuh hati” pada sosok pria kurus ini.

Menurut orang dekat Luhut yang enggan disebut na-manya, sejak satu tahun lalu, nama Jokowi memang sudah menjadi sorotan sejumlah jenderal yang ber-gabung di PT Toba Bara Sejahtera, perusahaan yang didirikan Luhut dan sejumlah pensiunan jenderal. Ke-mudian Luhut meminta anggota Tim Begawan, sebu-ah lembaga kajian bentukan Luhut, untuk melakukan survei terkait wacana pengusungan Jokowi sebagai cagub di Pilkada DKI Jakarta.

Tanpa diduga, ternyata Jokowi mendapat dukungan berarti dari responden.  Penyebabnya,  selama me-mimpin kota Solo, Jokowi dianggap sukses memba-ngun kota bengawan itu, dan selama menjabat banyak kebijakan Jokowi yang dikagumi warga Solo.

Namun saat dikonfirmasi majalah detik, Luhut menampik dirinya kepincut Jokowi terkait suksesi ke-pemimpinan di Jakarta. Ia mengaku kagum pada ke-gigihan Jokowi dalam membangun bisnis perkayuan berbendera Rakabu. Kata Luhut, Jokowi membangun usahanya mulai dari nol dan ternyata saat ini mampu meraih omzet miliaran dari ekspor mebelnya ke luar negeri.

Karena alasan itu pula Luhut sempat beberapa kali

Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitandok. detikFoto

Page 16: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

mengundang Jokowi datang ke lantai 17 gedung Wisma Bakrie 2. Itu adalah markas PT Toba Bara Sejahtera, perusahaan yang didirikan Luhut bersama beberapa pensiunan jenderal TNI lainnya.

Jika datang ke kantor Luhut, Jokowi juga menyem-patkan diri berdiskusi dengan pensiunan jenderal ko-lega Luhut, seperti  Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mantan Wakil Panglima TNI , mantan Sekjen Dephan-kam Jenderal TNI (Purn) Jhoni Lumintang, mantan Kodiklat TNI Letjen TNI (Purn) Sumardi, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Mayjen TNI (Purn) Zaenal Abidin.

Majalah detik yang sempat memergoki pertemuan antara Jokowi dan Luhut, pertengahan Januari 2012, sempat bertanya alasan pertemuan itu. Namun kedu-anya membantah pertemuan itu terkait Pilkada DKI Jakarta. “Tidak ada urusan pilkada. Kita hanya bicara bisnis kayu saja,” ujar Luhut singkat.

Diakui Luhut, beberapa koleganya di PT Toba Sejah-tera memuji penampilan Jokowi yang sederhana, tapi memiliki ide-ide brilian. Makanya mereka memberi-kan dukungan moril, bila Jokowi memimpin Jakarta, bahkan capres.

Kedekatan Jokowi dengan Luhut cs jelas terlihat ketika dalam acara penawaran saham perdana PT Toba Bara Sejahtera, Senin, 11 Juni 2012 di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Jokowi juga datang menjadi tamu spesial.

Sekalipun berdasarkan survei Tim Begawan, nama Jokowi cukup moncer jika maju sebagai kandidat ca-gub Jakarta, tapi untuk mengusungnya bukan perkara mudah. Terlebih Jokowi belum mendapat restu dari PDIP, partai tempatnya bernaung. Sedangkan Ketua Dewan Pertimbangan DPP PDIP, Taufiq Kiemas lebih sreg memberi dukungan pada Foke.

Lantaran belum ada keputusan partai,  dua pekan

Tidak ada urusan pilkada. Kita hanya bicara bisnis kayu saja.

Page 17: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

sebelum penetapan kandidat cagub-cawagub, Jokowi memilih pulang kampung. “Jokowi pulang, karena memang dia mengikuti perintah pimpinan PDIP. Tapi kami berupaya terus untuk meyakinkan PDIP dan Jokowi soal potensinya itu,” terang sumber majalah detik.

Saking ngototnya, orang dekat Luhut yang juga ikut dalam Tim Begawan itu kemudian menghimpun se-jumlah anak muda untuk berangkat ke Solo. Anggota tim pembujuk Jokowi itu kebanyakan anak-anak pen-siunan jenderal yang kebetulan dekat dengan Luhut.

“Tapi Pak Luhut tidak aktif. Sebab dia kan orang Golkar. Sedangkan Ical, Ketum Golkar sudah bulat mengusung Alex Noerdin dan Nono Sampono,” te-rang sumber itu.

Setelah seharian dibu-juk oleh sejumlah anak-anak jenderal itu, Jokowi yang anak tukang kayu itu pun luluh. Sementara urusan PDIP, mereka meminta bantuan Ketua

Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kebetulan Prabowo yang dikenal dekat dengan Mega juga sudah mengamati sosok Jokowi dalam memim-pin Solo. “Prabowo sempat dimintai tolong oleh Pak Luhut untuk meminta izin ke Megawati. Syukur saja Megawati akhirnya setuju,” imbuhnya.

Majunya Ahok mendampingi Jokowi rupanya tidak lepas dari pengaruh jenderal juga. Menurut Dwi Joko Rusryanto, salah satu tim sukses Ahok, sekitar sebulan sebelum penetapan cagub-cawagub, Ahok didatangi mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Ka

Tap untuk melihat video. Kegembiraan pendukung Jokowi-Ahok setelah jagonya unggul sementara.Monique/MAjAlAh detik

Page 18: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Bais) Mayor Jenderal TNI Anshory Tadjudin.Saat itu, kata Dwi, Anshory bilang ke Ahok, Indone-

sia sudah gawat dan memprihatinkan. Karena sudah tidak ada pemimpin yang bisa dipercaya. Kepercayaan masyarakat kepada partai politik juga sudah sangat memprihatinkan.

“Beliau bilang saat ini hanya ada dua orang yang punya track record yang cukup baik, yakni Ahok dan Jokowi,” ujar Dwi menirukan ucapan Anshory kepada Ahok.

Namun saat itu, Ahok dan Jokowi belum saling me-ngenal. Anshory kemudian berinisiatif ingin memper-temukan Jokowi dan Ahok. Tujuannya untuk menge-tahui apakah di antara keduanya ada chemistry atau tidak.

Pertemuan antara Jokowi dan Ahok akhirnya di-lakukan di Solo yang difasilitasi Anshory. Setelah seharian bertemu ternyata antara Jokowi dan Ahok ada kecocokan, baik pandangan maupun gagasannya terhadap bangsa. Untuk tahap awal mereka kemudian diwacanakan maju di Pilkada DKI Jakarta, sebagai barometer politik nasional.

Namun niat itu sempat terhambat. Soalnya PDIP belum memberi restu majunya Jokowi sebagai cagub. Sebab saat itu santer terdengar partai berlambang kepala banteng itu lebih condong mendukung Foke. Sementara Ahok tidak ada masalah. Pasalnya jauh sebelum penetapan cagub-cawagub, Ahok memang berniat maju di Pilkada DKI Jakarta lewat jalur inde-penden. Saat itu ia baru mengantongi sekitar 90 ribu KTP sebagai bentuk dukungan.

Niat menduetkan Jokowi-Ahok akhirnya kesampai-an juga. Dalam Rakerdasus DPD PDIP yang digelar sehari sebelum batas akhir pencalonan, PDIP secara resmi mengusung Jokowi dan Ahok maju sebagai cagub-cawagub. (den/yog)

Beliau bilang saat ini hanya ada dua orang yang punya track record yang cukup baik, yakni Ahok dan Jokowi.

Page 19: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Dua tahun lalu setelah kita ketemu, kenalan dan tahu dari wartawan tentang program dan prestasi kota

Solo, kita ngecap ‘Lo pindah ke Jakarta saja, Pak, benahi Jakarta’. Omongan kita rupanya dicatat Tuhan,” kata Bimbim, penggebuk drum grup Slank pada awal Mei 2012.

Slank memang mengenal Jokowi sejak 2010. Sesepuh grup musik Slank, Bunda Iffet menuturkan, saat itu Slank mang-gung di Solo. Usai manggung, Jokowi mengundang personel Slank termasuk Bunda Iffet mampir ke rumahnya, di Jalan Pleret Raya No. 9 A, Sumber, Banjarsari, Solo. Saat ngobrol dengan Jokowi, Bunda Iffet dan Slank pun terkesan. “Kami dapat kesan Pak Jokowi itu sangat sederhana dan jujur. Padahal Pak Jokowi itu orang kaya, dia pengusaha besar di bisnis kayu, tapi dia sangat concern untuk memba-ngun Solo dibanding memperkaya diri,” ujar Bunda Iffet.

Lalu pada Senin, 14 April 2012, Jokowi balik mengunjungi markas Slank. Yang membuat Bunda Iffet dan Slank terkesan, saat datang ke gang Potlot, Jokowi me-mosisikan diri sebagai Slankers, bukan sebagai cagub. Kesan ini diduga membuat para Slankers kagum kepada Jokowi.

Hasilnya, meski Slank membantah menjadi tim sukses Jokowi, paling tidak, di wilayah gang Potlot, yang terdiri dari 2 Rukun Tetangga (RT), pasangan Jokowi-Ahok menang mutlak. Dan perlu diingat jumlah Slankers itu jutaan.

Slankers memang menjadi salah satu incaran yang digarap tim Jokowi yang ingin merangkul semua pihak untuk memenangi Pilkada Jakarta. Mendekati mereka tidak sulit, karena Jokowi yang ngefans Dream Theater adalah seorang penggila musik.

Direktur Akar Rumput Political Con-sulting (ARPC) yang merupakan relawan Jokowi, Dimas Oky Nugroho, menyata-kan, sebelum kampanye ke mana-mana, Jokowi-Ahok pertama kali mendatangi Slankers dan Orang Indonesia (Oi) terlebih dulu.

Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Oi (Orang Indonesia), Sony Teguh Tri Lak-sono mengakui Jokowi memang pernah mendatangi markas Oi. Namun ditegas-kan, bukan Jokowi seorang yang datang, cagub lainnya juga melakukan pendekat-an. Maklum suara Oi cukup signifikan.

“Oi di Jakarta saja mencapai 3,4 juta orang, bisa 3,8 juta. Tapi kita tidak berpo-litik, kita kelompok sosial,” kata Sony.

Pengamat politik Andrinof Chaniago menilai kemenangan Jokowi antara lain karena berhasil membuat kelompok gol-put jadi tertarik memilih. Slank dan Iwan Fals yang sering mengkritik pemerintah memang dikenal golput.

“Kekaguman kaum muda pada Jokowi karena sukses membangun Solo. Selain itu banyak kebijakannya yang membumi dan prorakyat. Ini yang membuat mereka tak golput lagi,” kata Andrinof.

(den/yog)

reporter: m. rizal dan isfari hikmat

antara Slankers, Oi, dan Jokowi

"

Page 20: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Janji Kampanye:Mengatasi

kekumuhan di Jakarta, banjir, dan

mengatasi macet dengan merintis transportasi

massal.

Kekayaan: Rp 27Miliar

Jargon: Jakarta Baru

Jokowi

FokeVS

Fokus jokowi ajaib

Siapa Melenggang TenangKubu FoKe aKan beKerja

habis-habisan untuK memenangKan putaran

Kedua. joKowi diuntungKan sentimen positiF.

Kekayaan: Jargon:

Menang Satu Putaran

Janji Kampanye:Mewujudkan Jakarta

menjadi kota yang bersih dan layak huni. Namun Foke tidak memasukkan banjir dan macet sebagai salah

satu prioritasnya.

US$ 325ribu

59,8 MiliarRp dan

Page 21: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Dia (Jokowi) tahu tidak nomor telepon saya berapa? Jangan-jangan Dinas Pemadam Ke-bakaran yang ditelepon.”

Kalimat meledek itu keluar dari mulut Fauzi Bowo, Jumat 13 Juli 2012, atau selang dua hari dari pemilihan gubernur DKI Jakarta. Saat itu, pria yang beken dengan panggilan Foke itu diminta tanggapan tentang pengakuan Jokowi yang meneleponnya pada Rabu malam 11 Juli 2012.

Telepon Jokowi melalui ponsel tak mendapat res-pons dari Foke. “Saya menelepon tapi nggak nyam-bung,” aku Jokowi.

Pascapencoblosan, tegang memang langsung me-warnai dua pasangan calon gubernur DKI Jakarta ini, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) yang diusung Partai Demokrat dan Joko Widodo-Bagus Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) yang diusung PDIP dan Partai Gerindra.

Maklum dua tokoh ini, berdasarkan hasil hitung

reporter: bahtiar rifai, evi tresnawati sihombing, isfari hikmat, monique shintami.

Prestasi Solo di Era jokowi:•  Kota Pro-Investasi dari Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah•  Kota Layak Anak dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan•  Wahana Nugraha dari Departemen Perhubungan•  Sanitasi dan Penataan Permukiman Kumuh dari Departemen Pekerjaan Umum•  Kota dengan Tata Ruang Terbaik ke-2 di IndonesiaPendidikan: Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta lulusan 1985Penghargaan: Masuk nominasi Walikota Terbaik Dunia (25 besar)

Prestasi jakarta di bawah Foke, 2007-2012:• Predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap laporan keuangan Pemprov DKI dari BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan)• Penghargaan dari Bank Dunia melalui perusahaan pemeringkat terbesar di Indonesia, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan nilai AA+Pendidikan: Doktor Ingenieur dari Fachbereich Architektur/Raumund Umweltplanung - Baungenieurwesen Universitat Kaiserlautern Republik Federasi Jerman.

Page 22: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

cepat perolehan suara (quick count) bakal melaju di Pilkada Putaran dua. Mereka bersaing di perolehan suara dengan kemenangan sementara di tangan Jo-kowi.

Hasil yang sangat mengejutkan. Jokowi yang disebut sebagai Obama van Java oleh pendukungnya, semula diprediksi akan memperoleh suara di kisaran belasan persen secara ajaib mempecundangi Foke yang se-belumnya banyak diprediksi menjadi pemenang oleh sejumlah lembaga survei.

Quick count tujuh lembaga survei yakni PRISMA, STEKPI, Lingkar Survei Indonesia/LSI, Indobarome-ter, Saifulmujani Research and Consulting, Jaringan Suara Indonesia/JSI dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan keunggulan Jokowi terhadap Foke mencapai 9-10%.

Bagaimana dengan putaran kedua? Apakah keajaib-

Sudut-sudut kota Solomuchusbr/detikfoto

Page 23: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

an akan kembali berpihak pada walikota Solo itu? Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksikan

Jokowi dan Foke akan bersaing ketat untuk mendapat-kan limpahan suara dari pasangan lainnya yang kalah dalam putaran pertama. Dalam penghitungan cepat putaran pertama, Jokowi-Ahok memperoleh 42,6%. Angka ini lebih unggul 9% dari Foke-Nara yang meraih 33,6%. Sedangkan calon lainnya, Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria 2,1%, Hidayat Nur Wahid-Didik J. Rachbini 11.9%, Faisal Basri-Biem T. Benjamin 4,9%, dan Alex Noerdin-Nono Sampono 4,8%.

Direktur Eksekutif LSI, Dodi Ambardi menyebutkan, suara pasangan Hendardji-Reza akan beralih pada Jokowi hingga 70%, lalu Hidayat-Didik 24,2%, Faisal-Biem 32,1%, dan Alex-Nono 33,3%. Sementara suara Foke yang beralih ke Jokowi hanya 3,2 persen.

Sementara limpahan suara untuk Foke-Nara antara lain diprediksi akan berasal dari Hendardji-Riza (30%), Jokowi-Ahok (3,4%), Hidayat-Didik (36,4%), Faisal-Bi-em (53,6%), dan Alex-Nono (40,7%).

Untuk mendapat limpahan suara itu, partai peng-usung Jokowi bergerak cepat. Menindaklanjuti keme-nangan di putaran pertama, mereka segera menjalin peluang koalisi. Hidayat yang menempati posisi ketiga dengan perolehan 11,9% dipandang sangat penting untuk didekati. Karena bila Hidayat mau bergabung, Jokowi akan mendapat suara 54% lebih.

Ketua DPP PDIP Ganjar Pranowo sudah mengaju-kan ajakan kepada kubu Hidayat Nur Wahid yang di-usung oleh PKS untuk koalisi. “Umpamanya, kemarin ngobrol dengan HNW, kita bicara. Kita ajak mereka bergabung,” jelasnya.

Pertemuan dengan HNW memang terjalin pasca-quick count beberapa lembaga survei selesai. Jokowi menandangi kediaman Hidayat untuk membicarakan pemantauan kecurangan dan permasalahan DPT. Na-

umpamanya, kemarin ngobrol dengan HNW, kita bicara. kita ajak mereka bergabung.

Page 24: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

mun sejauh ini belum ada pernyataan peluang koalisi dari Jokowi atau Hidayat sendiri.

Ganjar hanya memastikan peluang koalisi sangat terbuka. PDIP tidak mempermasalahkan perbedaan ideologis, begitu pula PKS. Menurutnya ide Hidayat tidak jauh berbeda dengan Jokowi. Apalagi Hidayat menjaring pemilih potensial. Hidayat juga memiliki sejarah dengan Jokowi. Ia pernah berkampanye untuk Jokowi ketika pemilihan Walikota Solo.

PKS sendiri mengakui kubu Jokowi bergerak cepat. PKS tetap membuka peluang koalisi. Hidayat meng-aku partainya memiliki persyaratan mudah, ideologi kebangsaan. “Tapi artinya kan menjadi sangat naif kalau kemudian seolah-olah Fauzi Bowo itu dari partai Islam, dan PKS akan lebih dekat ke sana. Dia dari Partai Demokrat, apa bedanya Demokrat deng-an PDIP? Jokowi muslim, apa bedanya sama Fauzi

Beliau bilang saat ini hanya ada dua orang yang punya track record yang cukup baik, yakni Ahok dan Jokowi.

Seorang perempuan melintas di depan mural yang menyuarakan imbauan pilkada DKI di kawasan Dukuh Atas, Jakarta.ANtArA/reNo esNir

Page 25: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Bowo?” akunya.Meski belum memutuskan resmi, Hidayat mengakui

Jokowi lebih dulu melakukan pendekatan. Namun keputusan akhir soal dukungan putaran kedua tetap ditentukan partai.

Kubu Foke juga tidak akan tinggal diam menghadapi kekalahan di putaran pertama. Akan dilakukan eva-luasi menyikapi hasil quick count. “ Ini (quick count) hasil sementara, kita tunggu. Tentu jadi masukan dan evaluasi untuk strategi putaran kedua,” kata Foke.

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tetap optimistis Foke akhirnya menjadi pemenang pada putaran kedua. Ia menjanjikan partainya akan bekerja keras.

Partai yang mengusung Foke ini menyoroti serius kekalahan putaran pertama itu. Kini mereka masih mendalami kondisi mesin partai sebelum melangkah untuk koalisi.

“Kami evaluasi apa kekurangannya. Apakah mesin-nya tidak bekerja atau strateginya yang keliru?” jelas Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Syarif Hasan.

Putaran kedua pada 20 September 2012 yang akan menjadi babak penentuan memang akan sangat seru. Kedua belah pihak akan bertarung habis-habisan. Kubu Jokowi ingin tetap menang, sementara kubu Foke tidak mau lagi dikalahkan. Lalu siapa bakal ja-waranya?

Peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi mengatakan, jika putaran kedua dilakukan mendekati pencoblosan pilkada DKI, maka Jokowi dipastikan menang. Hal ini karena quick count (exit poll) menunjukkan sentimen masyarakat ke Jokowi-Ahok tinggi. “Namun itu di saat pilkada, kita tidak tahu dua bulan ke depan,” ungkap Burhan.

Pengamat Politik UI, Maswadi Rauf memastikan

Ini (quick count) hasil sementara, kita tunggu. Tentu jadi masukan dan evaluasi untuk strategi putaran kedua.

Page 26: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

kelebihan Jokowi adalah kampanye langsung mene-mui masyarakat. Sehingga figur Jokowi terbangun sempurna sebagai tokoh yang dibutuhkan Jakarta. Masyarakat merasa cepat mengenal Jokowi karena keterlibatannya dalam membangun prestasi kota Solo.

“Kemenangan Jokowi lebih kepada personality dia dan lepas dari partai. Pertama dia merakyat, tam-pangnya kan bukan tampang pejabat. Tampang Jokowi memang tampang yang dikenal oleh rakyat banyak, bukan seorang pejabat yang ke mana-mana pakai dasi,” jelasnya.

Jika Jokowi-Ahok mampu mempertahankan kede-katan ini, maka sudah pasti mereka akan melenggang tenang melalui putaran kedua. Maswadi menyebutkan gerakan Jokowi-Ahok tak terlintas dalam benak Fo-ke-Nara. Padahal pengalaman ini membekas kepada pemilih hingga dua bulan ke depan.

Apakah prediksi para pengamat ini akan menjadi kenyataan masih perlu dibuktikan. (arY/Yog)

Petugas menyortir surat suara Pilkada DKI di KPU Kotamadya Jakarta Pusat.ANtArA/fANNy octAviANus

Page 27: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Tangannya dilambai-lambaikan ke arah foto Joko Widodo (Jokowi). Mulutnya komat-kamit meng-ucapkan mantra. Miss Cleopa-

tra, paranormal yang juga master kartu Tarot sedang membaca aura dan peluang Walikota Solo itu menjadi gubernur DKI Jakarta.

“Ia sangat terang, aura harapannya sangat kuat, dan ia pekerja keras,” ucap Miss Cleopatra.

Foto kedua pun kemudian disodorkan. Berbeda dengan Jokowi, pria berkumis yang ada di foto itu sedang tak baik pe-runtungannya. Menurut Miss Cleopatra, aura cahayanya terus meredup.

“Walaupun Fauzi Bowo (Foke) memiliki aura yang terang, tetapi kalah bercahaya dibandingkan dengan aura yang tampil dari wajah Jokowi,” tutur perempuan yang merahasiakan nama aslinya ini.

Miss Cleopatra pernah menghebohkan Jakarta dengan ramalannya tentang Pemilukada DKI beberapa waktu lalu. Katanya, waktu itu, akan ada pria kurus dan tinggi yang akan merepotkan Foke. Entah percaya atau tidak, Jokowi, yang posturnya klop, masuk ke putaran kedua. Bahkan menurut quick count, suaranya melampaui Foke.

Nah, lalu siapakah di antara kedua-nya yang akan menang di putaran kedua

September mendatang? Hmm… Lagi-lagi Miss Cleopatra cuma memberi petunjuk, yang akan menang adalah orang yang kurus dan tinggi.

Ramalan Miss Cleopatra tak jauh ber-beda dengan Ki Kusumo. Menurutnya, Jokowi tak akan menemukan hambatan yang berat untuk melaju ke kursi DKI 1. Pendapat itu dilontarkan dengan mem-perhitungkan personalitas Jokowi seba-gai seorang Jawa tulen.

Sedangkan dari sisi supranatural, lanjut Ki Kusumo, sosok energi yang dia kelu-arkan sangat luar biasa besar dan akan terus memunculkan kejutan-kejutan di putaran selanjutnya. Energi peruntungan Jokowi terus membesar.

“Jokowi lebih terang dari kandidat-kan-didat lain,” ujar Ki Kusumo menerawang.

Lalu bagaimana dengan sosok Foke? Dalam penerawangan Ki Kusumo, aura yang ditampilkan oleh Foke masih tetap bagus dan terlihat terang. Namun, keku-atannya masih kalah dibanding pancaran yang ditampilkan oleh Jokowi.

“Kalah menang persoalan biasa, tapi yang jelas, sosok Jokowi akan lebih ung-gul dibanding Foke,” ucap dia.

Ramalan paranormal itu hampir sama dengan prediksi pengamat poitik. Percaya atau tidak, terserah Anda.

(wan/Yog)

reporter: bahtiar rifai

aura lebih Terang

Page 28: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Tak Usah Tinggi-Tinggi, yang Riil saja

jokowi:

Reporter: Bahtiar RifaiFoto: fikri/ detikfoto

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Page 29: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

aiR muka Joko Widodo (Jokowi) terlihat kele-lahan. Meski begitu, calon gubernur (cagub) Jakarta yang memimpin pemilihan cagub dan cawagub versi penghitungan cepat ini

terus meladeni wawancara wartawan.Satu per satu, wartawan dari media TV, online, radio

dan cetak bergantian melakukan wawancara lang-sung. Padahal menurut jadwal, Jokowi punya banyak agenda. Ia juga baru tidur satu setengah jam karena harus berkeliling ke TPS dan menemani Ketua Umum PDIP Megawati.

Menang di quick count, Jokowi mengaku siap berta-rung di putaran kedua. “Kamu sudah tahu siapa yang akan kita hadapi. Kita tidak usah menunggu, nanti juga akan ketemu dia (Fauzi Bowo),” ujarnya, dilanjut tertawa saat ditemui majalah detik di Rumah Saya Jalan Batu I, gang Arab No. 3C, Pasar Minggu, Jakar-ta, Rabu, 11 Juli 2012.

Sudah empat bulan Jokowi diberi tumpangan di rumah General Manager Indofood Sukses Makmur Tbk, Rio Sarwono itu. Di rumah itu, Jokowi dan tim relawannya sering berkumpul menjelang pemilihan Gubernur DKI. 

Berikut petikan wawancara Bahtiar Rifai dari maja-lah detik dengan Jokowi:

Versi quick count, anda memimpin perolehan su-ara Pilkada Jakarta dengan angka rata-rata 43-44 persen. Apakah hasil ini sesuai dengan harapan ?

Iya. Hitungan lapangan kita seperti itu. Kemarin sudah ngomong ke media, besok akan ada kejutan. 

Untuk putaran kedua, tentu Anda harus mengga-lang koalisi. Siapa saja cagub yang bakal merapat mendukung Anda?

Kalau seperti itu masalah strategi. Jangan ditanya-tanyakan. Sudah semuanya, saya sudah ngomong ke semua apa adanya. Tidak usah saya sebutkan, sudah

kamu sudah tahu siapa yang akan kita hadapi. kita tidak usah menunggu, nanti juga akan ketemu dia

Page 30: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

lampu hijau. Tinggal mengonkretkan saja.  

Ke Pak Hidayat juga tinggal dikonkretkan. Ke Pak Alex, juga janji akan mengonkretkan. Bang Faisal juga sudah meng-hubungi, tinggal dikon-kretkan. Pak Hendardji juga, konkretkan. Sudah. 

Anda mengusung jar-gon ‘Jakarta Baru’. Pe-rubahan apa yang akan

Anda mulai? Dimulai dengan tata kelola keuangan yang baik

dulu, dengan manajemen anggaran yang baik. Semua dimulai dari situ. Kalau itu belum benar jangan mikir macet dan banjir segala macam. 

Mengapa Anda menyatakan tata kelola anggaran Jakarta sangat buruk?

Ya bisa kita lihat, yang lima tahun kemarin itu Rp 140 triliun, jadi apa? Ada yang tahu? Sebutkan satu, saya mau balik tanya.  Rp 140 triliun loh. Kalau dijadikan miliar berapa? Rp 140 ribu miliar. Saya ulang lagi Rp 140 ribu miliar. Berapa itu angka nolnya? Nggak tahu saya. 

Kalau Anda gubernurnya, anggaran itu akan diba-gaimanakan?

Akan ada perombakan keuangan, sehingga ada ma-najemen fokus. Jangan semuanya diberi, nanti setahun habis, baunya saja nggak kelihatan. Tahun kemudian diulang lagi, baunya makin nggak kelihatan. 

Fokus anggarannya akan ke mana?Ya fokus dengan masyarakat. Masyarakat kan yang

tahu. Rencananya seperti apa konsep perekonomian

Jokowi menemui Hidayat Nurwahid di Hidayat-Didik Center.dikhy/detikfoto

Tap untuk mendengarkan

Page 31: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

Jakarta?Konkretnya dibuatkan kantong-kantong PKL. Di-

buatkan kawasan PKL, dan pasarnya juga dibangun tapi tidak membebani pedagang. Usaha-usaha rumah tangga diberi peluang, dibuatkan showroom agar pro-duk mereka dikenal oleh pasar.

Itu konkretnya. Nggak usah yang tinggi-tinggi, yang konkret dan riil saja. Itu bisa memberikan efek ke mana-mana. 

Kalau persoalan infrastruktur Jakarta nanti ba-gaimana?

Kalau infrastruktur ya transportasi massal harus dikebut, sehingga cepat selesai. Semuanya. Busway harus segera diselesaikan 15 koridor, beli busnya 1.000. Peremajaan kopaja dan metromini dirampung-kan dengan pola hibah. Selesaikan dengan cepat. Kita harus konsentrasi ke monorel dan MRT. Kebut-kebut-an semuanya. 

Anggarannya bagaimana? Rp 140 triliun perkiraan kok nggak cukup. Suruh in-

vestor saja masuk. Termasuk untuk MRT dan monorel. Saya belum hitung-hitung, jadi sampai saat ini belum bisa ngomong. Kalkulator saja belum pernah pegang. 

Yakin ada investor?Kalau tidak ada investor ya bangun sendiri dengan

uang sendiri. Asal tata kelola keuangannya baik. Bagaimana soal mal yang begitu banyak di Jakar-

ta?Ya asal sesuai tata ruangnya. Kalau nggak boleh ya

nggak boleh. Tata ruangnya boleh ya akan kita boleh-kan, tapi menurut saya yang sekarang kebanyakan. 

Seperti apa pembagian kerja nanti dengan Ahok agar tidak terjadi kasus perselisihan seperti yang terjadi antara Gubernur Foke dan wakilnya Prijanto?

Saya sekarang dengan wakil saya rukun-rukun saja. Tidak pernah rebutan pekerjaan. Misalkan ada

kalau infrastruktur ya transportasi massal harus dikebut, sehingga cepat selesai“

Tap untuk mendengarkan

Page 32: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Fokus jokowi ajaib

pekerjaan 100, mau diambil 90 persen sama Ahok juga nggak apa-apa, hehe... Asal benar ngerjainnya. Asal rampung semuanya. Malah enak saya. Ngapain mikir-mikir. 

Nanti kerja Anda sedikit dong?Malah enak kalau saya diminta begitu. Artinya se-

cara undang-undang sudah ada. Wakil gubernur itu di pengawasan pegawai. Sudah itu. Kalau masih kurang, Ahok itu dinamis sekali, mas kurang pekerjaan, mau minta 50, saya kasih, asal benar loh. Mikirnya begitu saja. 

Kalau nanti jadi gubernur, bagaimana cara Anda menghadapi kelompok FPI, FBR dan ormas yang sering dikeluhkan? 

Tidak ada masalah. Nanti ada MoU intervensi sosial. Intervensi sosial ya pendekatan kelompok dan individu. Itu ilmunya ada, dan sudah saya praktikkan selama tujuh tahun di Solo. Tidak ada masalah. 

Bagaimana tanggapan Anda dikandidatkan seba-gai capres?

Wong saya ini kan walikota. Ngejar gubernur saja sampai ngos-ngosan. Jangan mikir sampai situ, Mas. Mikir itu pendek-pendek saja. Mikir kayak gini setengah mati.  (SIL/YOG)

Jokowi dan Ahok di antara para pendukung mereka.

detikfoto

Tap untuk mendengarkan

Page 33: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

nasional

25 Hari Jalan KaKi Karena lumpurLumpur Lapindo tak kunjung tuntas. aksi apapun atas nama korban Lumpur Lapindo berimbas pada partai goLkar yang dipimpin icaL. 

reporter: bahtiar rifaiRachman/detikfoto Tangan Hari Suwandi masih setia meng-

genggam tongkat bambu sepanjang satu meter ketika memasuki gedung Nusantara I kompleks MPR, DPR, dan DPD RI di Senayan,

Jakarta Pusat. Tak satu pun petugas keamanan dalam (pamdal) kompleks DPR RI yang merisaukan tongkat di tangannya. Ia melenggangkan kaki menuju lantai 5, lantai milik fraksi PDIP. 

Page 34: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

nasional

Tongkat itu telah menemani Hari selama 25 hari dalam perjalanan dari Porong, Sidoarjo menuju Ja-karta. Ia menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menyisir jalur pantai utara (pantura) Jawa. Tongkat ini membantunya menahan beban tubuh di jalanan ber-debu di samping lalu lintas kendaraan berat.

Selasa 10 Juli 2012, kulit Hari masih terlihat gelap karena terbakar matahari. Kemeja dan celana hitam menambah gelap tubuhnya ketika menemui beberapa anggota DPR dari fraksi PDIP yang sengaja menunggu.

Anggota Komisi XI DPR dari fraksi PDIP Indah Kur-nia, menyambutnya terlebih dahulu. Dia inilah yang melepas Hari ketika berangkat berjalan kaki dari Porong, pada 14 Juni 2012. Dia pula yang menyambut kehadirannya di gedung parlemen.

“Sesampai di Jakarta ingin ke DPR, saya hanya pu-nya kontak Bu Indah, tahunya dari PDIP,” ujar Hari.

Hari Suwandi sebelumnya berprofesi sebagai peng-rajin tas di desanya, Kedung Bendo. Ia dapat meraih keuntungan kotor Rp 250 ribu per hari dan menghi-dupi sekitar 15-25 pengrajin dan keluarganya. Namun semua buyar dengan datangnya lumpur Lapindo.

Rusaknya desa inilah yang memberinya tekad untuk mengeluh ke ibukota. Ia memilih berjalan kaki me-nempuh perjalanan berjarak 771 km. Perjalanan ini dicicil dengan daya tempuh 40 km per hari.

Tekad Hari untuk mengeluh memang sudah besar. Ia bahkan mengawali perjalanan dengan ritual mandi lumpur sebelum berjalan kaki ke Jakarta. Istrinya, Sri Bati, hanya bisa melepas tangis menyaksikan Hari bersiap berangkat.

Perjalanan suaminya berat. Ia tak hanya berhadapan dengan lelah tetapi juga bandit. Benar saja, di Rem-bang ia harus kecopetan ketika tidur di masjid.

Uang hasil menjual VCD lumpur Lapindo raib dari dompetnya. Dompet itu robek. Isinya berupa uang dan

Sesampai di Jakarta ingin ke DPR, saya hanya punya kontak Bu Indah, tahunya dari PDIP.

Page 35: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

nasional

surat, hilang.“Hari-hari pertama yang unik ketika masuk ke desa

Kragan, Rembang, Jawa Tengah. Kami melakukan aksi jalan kaki jam 2 malam. Teman saya ngajak berhenti, akhirnya istirahat di masjid. Pagi hari, bangun jam setengah 4, kawan saya mau ambil dompet. Setelah dimasukkan tangannya, kok lobang. Nggak tahunya dompetnya diambil, disilet,” jelas Hari.

Betapapun berat aksi ini, langkah Hari memang telak. Perjalanan ini dilakoninya ketika Aburizal Bak-rie, pemilik PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ), diajukan menjadi calon presiden dari Partai Golkar pada Ra-pimnasus Partai Golkar 31 Juli lalu.

Lumpur Lapindo menyembur dari pengeboran yang dilakukan PT MLJ beberapa tahun lalu. Apalagi pe-rusahaan itu masih menunggak sekitar 5.000 berkas ganti rugi. Bulan Juni lalu Lapindo baru mentransfer uang sebesar Rp 50 miliar untuk menyelesaikan ber-kas ganti rugi dari 4.000 berkas milik warga dalam area terdampak lumpur Lapindo. Padahal daerah ter-dampak seluruhnya mencapai 9.000 berkas ganti rugi.

Jumlah itu merupakan bagian dari sisa keseluruhan berkisar Rp 900 miliar. Peraturan Presiden Nomor 14

Hari Suwandi saat sedang dipijat.Rachman/detikfoto

Page 36: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

nasional

Tahun 2007 merencanakan penyelesaian skema pem-bayaran hingga akhir tahun ini. Pelunasan ini hanya menyelesaikan 500 berkas dengan nilai aset di bawah Rp 500 juta.

Beban penyelesaian korban lumpur Lapindo memang sandungan politik bagi Ical. Utang yang menggunung masih belum diselesaikan. Padahal negara sudah turut menanggung pembayaran ganti rugi ini dengan alokasi Rp 1,533 triliun dalam APBN Perubahan 2012.

Hari enggan berpikir aksinya merupakan serangan politik. Ia menegaskan dirinya hanya korban. Dulu, ia merupakan ketua umum mewakili ganti rugi 4 desa, di antaranya Jatirejo dan Renokenongo.

Namun proses pembayaran yang tersendat mem-buat pengorganisasian menjadi vakum. Hari memilih mundur dari perwakilan. “Setelah itu vakum, kemudi-an saya nggak ada aktivitas di dalamnya,” jelasnya.

Fasilitator Hari dari PDIP, Indah Kurnia membantah simpatinya kepada Hari merupakan serangan politik. Ia mengaku sekadar mendampingi Hari. Indah berasal dari Daerah Pemilihan Surabaya dan Sidoarjo.

  Indah mempertemukan Hari dengan enam orang anggota fraksi PDIP, Komisi V DPR, dan Wakil Ketua DPR dari fraksi PDIP Pramono Anung. Menurutnya langkah ini merupakan pertemuan biasa selaku wakil rakyat. Ia membantah memiliki agenda politik terkait pencapresan Ical.

Penyelesaian lumpur Lapindo memang jadi per-masalahan yang menggantung. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) masih melakukan pe-nyelidikan atas dugaan pelanggaran HAM berat atas semburan lumpur itu.

Anggota Komnas HAM Johny Nelson Simanjuntak tidak ingin menilai langkah Hari sebagai langkah poli-tik. Aksi ini merupakan upaya untuk tidak melupakan lumpur Lapindo yang belum terselesaikan. (ary/yog)

Setelah itu vakum, kemudian saya nggak ada aktivitas di dalamnya.

Page 37: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

nasional

Tuban, Ia berjualan VCD dokumenter Lapindo

8 Kali ganti sandal karena jebol selama perjalanan.

Rembang,Hari kecopetan

ketika tidur.

Porong,Mandi lumpur

Lapindo.Porong Sidoarjo

Gresik

Tuban

Rembang

Pati

Kudus

Demak

Semarang

Weleri

Pemalang

Pekalongan

Tegal Brebes

Cirebon

Palimanan

Indramayu

Losari

Karawang

Bekasi

Duren Sawit

Jakarta

Pagi harinya ke DPR.

Alas Roban

Batang

10 Juni 2012, Hari Suwandi mandi di lumpur Lapindo. Empat hari kemudian ia mulai berjalan kaki ke Jakarta.

25 Hari anTara porong dan JaKarTa

ilustRasi: aRieskaRiny

771 km

0 km 40 km/hari

DAyA TeMPuH

Page 38: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

lensa

Tap untuk melihat foto lebih besar

banjirjepang

Seorang warga membelah jalanan yang terendam air setinggi satu meter di Wakayama, wilayah barat Jepang. Banjir dan tanah longsor akibat hujan deras di sejumlah wilayah di Jepang telah menewaskan 19 orang. REU-TERS/Kyodo

Page 39: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

lensa

Tap untuk melihat foto lebih besar

banjirjepang

Tim SAR mencari korban yang tertimbun tanah longsor di Minamiaso, prefektur Kumamoto. Hujan deras yang mengguyur kawasan itu mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik di wilayah barat daya Jepang sehingga ribuan warga harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. REUTERS/Kyodo

Page 40: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

lensa

Tap untuk melihat foto lebih besar

banjirjepang

Situasi banjir di Wakayama, wilayah barat Jepang dilihat dari udara. Jalanan dan ratusan hektar sawah terendam setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut. REUTERS/Kyodo

Page 41: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

lensa

Tap untuk melihat foto lebih besar

banjirjepang

Warga melintasi jalan yang terendam banjir di Kumamoto, wilayah barat daya Jepang. Banjir ini disebabkan hujan deras yang melampaui kondisi normal mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah kawasan hingga ribuan orang harus diungsikan. REUTERS/Kyodo

Page 42: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

kriminal

Bila John Kei ‘Diculik’ Seperti JenderalJohn Kei membandingKan peristiwa yang dialaminya dengan Kisah penculiKan para Jenderal oleh pKi. “tapi KerJaan pKi lebih bagus daripada KerJaan polisi.”

reporter: evi tresnawati Setelah lebih 120 hari mendekam di tahanan Polda Metro Jaya, tokoh preman John Refra Kei, kini pindah tahanan. Ia kini dititipkan ke tahanan Kejaksaan Tinggi Jakarta lantaran

statusnya meningkat jadi terdakwa.Proses peningkatan status pelaku pembunuhan Tan

Hary Tantono alias Ayung itu pada 17 April 2012, sempat diprotes para pendukung John. Pasalnya, sudah lebih

Ari SAputrA/detikFoto

Page 43: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

kriminal

120 hari mendekam di tahanan, tapi berkasnya belum juga lengkap atau P21. 

Kerabat dan anak buah John kian merasa aneh ketika tiba-tiba polisi memindahkan John dari ruang tahanan narkoba ke Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Sebab John merasa tidak ada masalah dengan kesehatannya. Be-kas luka tembaknya beberapa waktu lalu juga sudah sembuh.

“Kalau orang sehat mengapa malah dimasu-kin rumah sakit?” protes John di RS Polri.

Bagi John, pembantaran dirinya ke RS Polri merupakan pelanggaran HAM. Ia menduga ada sebuah skenario keji terhadap dirinya. Jika me-mang dinyatakan bersalah ia minta dipenjara atau disidang, bukan diambangkan seperti itu. 

“Waktu 120 hari bukan waktu yang sedikit, malah saya 18 hari waktu yang pertama nggak dihitung, berarti itu mau masuk lima bulan le-

bih. Nah ini tinggal satu hari polisi memaksakan P21,” sesal John di depan ruang Tembesu RS Polri.

John berkisah, sebelum diinapkan di RS Polri, Jumat, 6 Juli 2012, sekitar pukul 00.00 WIB, ia sempat dibawa berputar-putar oleh beberapa polisi. Tak lama setelah di RS Polri, ia kemudian dibawa lagi ke Polda. Selama beberapa menit berputar-putar di Mapolda Metro Jaya, ia lagi-lagi dibawa ke RS Polri dan diinapkan.

John lantas membandingkan peristiwa yang diala-minya itu dengan kisah penculikan para jenderal yang dilakukan Cakrabirawa dan Partai Komunis Indonesia (PKI). “Tapi kerjaan PKI lebih bagus daripada kerjaan Polisi,” celetuknya santai.

Kejanggalan ini kemudian mengundang reaksi dari anak buah dan kerabat John. Ratusan orang anak buah John pun langsung menggeruduk RS Polri sejak Sabtu, 7 Juli 2012. Mereka protes langkah polisi yang

Ari SAputrA/detikFoto

Para polisi sedang berjaga untuk John Kei.

Page 44: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

kriminal

membawa John ke rumah sakit. Sebagian di antara mereka malah ada yang memilih bermalam di selasar ruang perawatan Tembesu dan Cemara, ruang pera-watan tempat John bermalam. 

Evan, salah satu anak buah John Kei, saat ditemui majalah detik mengatakan, keluarga tidak terima John dimasukkan ke rumah sakit. Sebab kondisi John baik-baik saja. Lagipula masa penahanan sudah lebih dari 120 hari.

“Ini polisi kayak nggak mengerti hukum saja,” ujar Evan, pria bertato yang mengaku tinggal di Cawang, Jakarta Timur.

Tito Refra, adik sekaligus pengacara John Kei juga merasa tidak habis pikir dengan sikap Polda Metro Jaya. Batas penahanan John sudah melampaui 120 hari, seharusnya ia sudah dipindah ke tahanan kejak-saan.  

Namun sikap para pendukung John Kei disesalkan mantan koleganya, Daud Kei. Bekas tangan kanan John Kei ini, mengatakan, sikap anak buah Kei yang

Ari SAputrA/detikFoto

John Kei saat bertemu wartawan (kiri). Cekcok pendukung John Kei dengan polisi (kanan).

Page 45: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

kriminal

menggeruduk RS Polri sangat tidak pantas, apalagi sampai mengeluarkan ancaman segala. 

Selain itu Daud juga mempertanyakan sikap Kejak-saan Tinggi DKI Jakarta yang lambat dalam menetap-kan P21 terhadap John. Ia menduga lambatnya pene-tapan P21 karena kejaksaan takut dengan ancaman orang-orang John. Akhirnya bolak-balik P18, P19, P20 saja. Bahkan sampai lebih 120 hari kejaksaan belum juga mengeluarkan P21. 

“Saya dengar langsung dari jaksanya bahwa nyawa mereka terancam dibunuh, segala macam. Harusnya mereka lapor polisi dong,” tegasnya.

Menurut Daud, kasus pembunuhan Ayung yang diduga melibatkan John Kei, seharusnya sudah P21 sejak lama. Sebab dari keterangan sejumlah saksi su-dah jelas. Belum lagi bukti petunjuk dari CCTV. Wakil Jaksa Agung, Darmono, menampik dugaan ancaman terhadap jaksa, "Oh belum itu, belum ada dan mudah-mudahan tidak ada".

Kombes Pol Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya kepada majalah detik, mengungkapkan, sebe-narnya  berkas John Kei sudah lama dilimpahkan ke kejaksaan.  Mungkin karena sedang dikaji dan me-nunggu bukti petunjuk baru, maka kejaksaan belum juga menetapkan P21.

“Kalau dari polisi sudah beres dan dilimpahkan ke kejaksaan. Kami tinggal menunggu saja langkah kejaksaan. Kalaupun ada yang kurang kami siap me-lengkapinya,” terang Rikwanto.

Namun terhitung 11 Juli 2012, John Kei, tersangka pembunuhan Ayung akan segera diadili. Sebab ber-kasnya sudah dilimpahkan tahap kedua ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Dengan kata lain, John Kei akan segera disidangkan. (den/yog)

Saya dengar langsung dari jaksanya bahwa nyawa mereka terancam dibunuh, segala macam. Harusnya mereka lapor polisi dong

Page 46: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

berita komik

Farid Mustofa masih tampak syok. Senin 9 Juli 2012 sore itu, ia baru saja pulang dari Rumah Sakit Puri Husada Yogyakarta. Seberkas perban menutup luka tusukan di leher sebelah kanan dosen Fakultas Filsafat UGM tersebut.Luka itu didapatkan Farid akibat ditikam oleh bekas mahasiswanya di UGM bernama Khaerudin. Darah

sempat mengucur cukup banyak. Beruntung nyawa-nya selamat. Di rumahnya nan asri di Desa Rejodani, Ngaglik, Sleman, Farid kembali menceritakan kejadian yang dialami sehari sebelumnya itu. Cerita dalam komik berita ini juga ditambahi dari keterangan polisi.

Dosen Ditusuk Bekas Mahasiswanya

Reporter: evi trisnawati Ilustrasi: kiagus

Seorang dosen Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi korban penusukan oleh bekas mahasiswanya. Pelaku diduga sedang depresi. Beruntung nyawa sang dosen selamat.

Jadi begini ceritanya...

assalamu'alai-kum pak...

setelah mengambil wudu farid langsung melaksanakan salat berjemaah. namun ia tak sadar ada ancaman di belakangnya...

khaerudin terus mengawasi farid yang tengah memulai salat

menjelang usai salat, farid langsung dikejutkan oleh luapan dendam khaerudin

alaikumsa-laaam....

saya bersedia ...

allahu akbar...allahuu akbar

hiiaatttt!

!..

ouugghh!!!.

terimakasih pak..

pak ini ada se-orang wartawan ingin bertemu...

selamat sore pak...saya ingin mewawancara perihal tragedi yang

bapak alami...apakah bersedia?

Suara azan magrib menggema di perumahan Desa Rejodani, Ming-gu 8 Juli 2012. Farid pun bergegas pergi ke masjid yang terletak tak jauh dari rumahnya itu untuk menunaikan salat magrib.

akhirnya kita bertemu, setelah kau menyapa

tuhan dalam salat ini...

assalamu'alaikum warahmatullah....

masih ada satu target lagi!!!

masih ingat saya pak?

ayo ngaku saja kamu!

aarrgghh!!

lepaskan saya!! lepaskan saya!!

kamu siapa??

akan kukirim kau langsung bertemu

padanya....

meski sempat memberi kuliah beberapa saat. Kheirudin keluar dari UGM pada semester dua. Kabar yang beredar, Khaerudin sudah pindah ke jurusan Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI). Selama ini, Farid hanya berkomunikasi dan berdiskusi dengan bekas mahasiswanya itu melalui facebook. Pelaku sering meng-omentari status-statusnya di jejaring sosial tersebut.

Akibat adanya penyerang-an itu, maka gemparlah suasana di dalam masjid. Beberapa jemaah segera menyergap Khaerudin. Khaerudin pun tak bisa berkutik.

Ia diringkus dan selan-jutnya dibawa ke kantor polisi terdekat.

Sementara Farid dirawat di Rumah Sakit Puri Husada, Yogyakarta, khaerudin terpaksa harus berurusan dengan polisi. Ia memang sengaja datang dari Jakarta ke Yogya hari itu untuk membunuh mantan dosennya. Aksi itu dilakukan lantaran dendam, tapi tak diketahui atas masalah apa ia menaruh dendam. Menurut Kanit Reskrim Polsek Ngaglik, AKP Gultom, Khaerudin membeli pisau dapur itu di kawasan Malioboro, dan di sore hari ia mencari rumah Farid di Ngaglik. (WAN/YOG) Saya dendam kepadanya,

Pak”. Saya tahu kalau dia lagi di masjid. Maka saya ikut salat juga,

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Page 47: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

hukum

Berdalih Psikopat Agar Tak MatiRyan beRencana mengajukan gRasi setelah Peninjauan kembali-nya ditolak mahkamah agung. beRdalih PsikoPat, meminta PResiden meRingankan hukuman matinya menjadi seumuR hiduP.

Reporter: irwan nugroho, Faiq Reza (cirebon), dan tamam mubarok (jombang)detikFoto PenAMPilAnnyA rileks. Mengenakan kaus

hitam bergaris putih dan celana jeans, Very Idham Henyansyah alias Ryan (34) juga terli-hat lebih gemuk dibandingkan saat masuk ke

Page 48: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

hukum

LP Kesambi, Cirebon, Jawa Barat, dua tahun lalu.“Saya sekarang 77 kg. Waktu pertama ke sini 49 kg,”

ujar Ryan saat ditemui majalah detik di LP Kesambi, Selasa, 10 Juli 2012.

Selain berat badannya naik, terpidana mati kasus mutilasi 11 orang yang heboh tahun 2008 itu merasa lebih happy. Ryan mengaku sudah ikhlas menerima hu-kuman mati. Ia juga mulai terbiasa dengan kehidupan penjara yang terkungkung dari dunia luar.

“15 Juli 2012 ini tepat saya empat tahun menjadi na-rapidana,” kata laki-laki asal Jombang, Jawa Timur, itu.

Ryan tak terlalu gundah ketika mendengar kabar Mahkamah Agung (MA) menolak Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya. Seperti diketahui, 5 Juli 2012 lalu, Majelis hakim yang diketuai Salman Luthan tidak mengabulkan PK Ryan. Itu berarti eksekusi Ryan ma-kin dekat.

Namun, bekas karyawan salon yang dikenal deng-an sebutan “Jagal dari Jombang” itu tak takut. Sebab, pada akhirnya semua orang pasti akan menghadapi kematian. Bila waktunya tiba, kematian itu tak bisa dipercepat ataupun ditunda.

“Nggak ada kata Insya Allah dalam kematian. Itu yang selalu saya tanamkan dalam diri saya,” ucap Ryan.

Ryan belum berpikir untuk mengajukan grasi, meski itu adalah haknya sebagai warga negara. Sampai kini pun, salinan putusan PK MA itu belum diterimanya, baik dari Kejaksaan, pihak LP, maupun pengacara.

Namun, jika Ryan masih bimbang, hari itu keluar-ganya di Jombang justru sudah bersiap-siap untuk berangkat ke Jakarta. Ahmad Maskur, bapak Ryan, dan Kasiatun, ibunya, berniat untuk memohon peng-ampunan Ryan kepada presiden.

Membunuh orang memang perbuatan yang amat

pada akhirnya semua orang pasti akan menghadapi kematian. Bila waktunya tiba, kematian itu tak bisa dipercepat ataupun ditunda.

Page 49: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

hukum

keji. Namun, menurut Ahmad, masih ada kejahatan yang lebih besar dampaknya dibanding perbuatan Ryan, yaitu korupsi dan narkoba.

“Itu jangka panjangnya bisa membunuh banyak ma-nusia,” terang Ahmad saat ditemui majalah detik di rumahnya, Dusun Maijo, Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Jombang.

Kasiatun berharap, grasi Ryan dikabulkan. Ia sendiri sampai sakit-sakitan memikirkan nasib anak bungsu-nya itu selama ini. Kasiatun sampai harus keluar ma-suk rumah sakit akibat beban yang dideritanya sebagai ibu.

Pengacara Ryan, Kasman Sangaji, berharap kondisi Kasiatun itu mendapat perhatian dari presiden. Se-hingga, presiden mau berbelas kasih dengan meneri-ma grasi yang akan diajukan keluarga Ryan.

Di samping kondisi ibu Ryan, permohonan grasi itu akan disertai dengan alasan-alasan hukum. Berda-sarkan penuturan seorang ahli, menurut Kasman, Ryan tergolong seorang psikopat. Ryan membunuh korban-korbannya bukan karena motif ekonomi atau dendam, melainkan di luar kesadaran.

Di Indonesia, seorang yang mempunyai kelainan

detikFoto

Ryan

Page 50: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

hukum

jiwa tak bisa dimintai pertanggungjawaban secara pidana. Di samping itu, pasal pembunuhan berencana yang dijeratkan kepada Ryan, yaitu pasal 340 KUHP, sampai saat ini belum mampu dibuktikan jaksa.

Menurut Kasman, grasi akan diajukan sebagai cara untuk menunda eksekusi Ryan. Sebab, hukuman mati itu baru bisa dijalankan apabila sudah ada putusan fi-nal mengenai grasi. Grasi itu akan berisi permohonan agar hukuman Ryan diperingan.

“Mungkin jadi 20 tahun penjara atau seumur hidup,” katanya kepada majalah detik.

Berbeda dengan keluarga Ryan, salah satu keluarga korban Agustinus Fitri Setiawan alias Wawan meminta agar eksekusi terhadap Ryan segera dilakukan. Ibu Agustinus, Lilik Kastumi (56), berharap agar grasi itu ditolak apabila nanti jadi diajukan.

Dengan berurai air mata, Kastumi mengingat tragisnya nasib yang menimpa Wawan. Anak keduanya itu telah dibunuh secara sadis, lalu dikubur secara tidak layak. Mayoritas korban Ryan memang ditanam di halaman belakang rumahnya di Jombang.

“Saya minta pada semua pihak, Ryan harus dihukum mati,” tutur Kastumi, yang tinggal di Jalan Dr. Soetomo gang 1, kota Jombang, itu kepada majalah detik.

Permintaan yang sama juga disampaikan keluar-ga korban Zainul Arifin alias Zaki. Munjidah (63), ibu korban beserta kerabat minta agar permohonan grasi Ryan ditolak.

Ryan mengaku sebetulnya ingin menemui para ke-luarga korban untuk minta maaf. “Seandainya saya bisa bertemu dengan semua orang yang pernah saya sakiti, satu per satu saya akan minta maaf. Namun karena kondisi, jadi tidak mungkin,” katanya.

(Wan/yog)

Seandainya saya bisa bertemu dengan semua orang yang pernah saya sakiti, satu per satu saya akan minta maaf. Namun karena kondisi, jadi tidak mungkin

““

Page 51: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup

Reporter: Ken YunitadetikFoto

Tap dan geser pada gambar untuk membuat putaran

Page 52: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup

caFerumi.com

ubuh lelaki itu terus berputar bak gasing. Tangan kanannya menengadah ke atas, sementara tangan kirinya, agak terjuntai ke bawah.

Iman, demikian nama lelaki itu sedang menari. Ini bukan tarian biasa, melainkan ber-whirling dervish atau yang dikenal dengan tarian Rumi. 

Seperti layaknya tarian, gerakan Iman begitu lem-but dan gemulai. Namun gerakannya tidak dinamis. Hanya itu-itu saja. Berputar-putar. 

Paling-paling, sesekali Iman bergeser ke depan, ke belakang, atau ke samping. Iman tidak sendiri,

ada dua lagi temannya yang ikut menari. Kelihatannya tarian itu mudah, hanya ber-

putar-putar. Namun ternyata tidak demikian. Iman misalnya, harus belajar kurang lebih sebulan.

Pertama kali melakukan tarian itu 5 tahun lalu, Iman selalu pusing, bahkan muntah-muntah. Namun pria berkepala plontos itu tidak menyerah. Ia terus mencobanya.

“Akhirnya bisa stabil dan bisa whirling,” ka-tanya saat berbincang dengan majalah detik di Rumah Rumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lain lagi cerita Ari, seorang mahasiswa STMIK Jakarta. Dua tahun lalu, Ari terjatuh dari tangga saat belajar whirling. Kepalanya juga sempat terpentok meja hingga terluka.

“Sudah teRlalu banYaK Kau menaRi untuK dunia. Kini SaatnYa Kau menaRi bagi ‘Sang KeKaSih’.

Jangan lagi Kau mengeJaR baYang-baYang Semata”. (Jalaludin Rumi)

Page 53: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup

Sama seperti Iman, Ari juga tidak mau menyerah. Dia terus mencoba, belajar, dan akhirnya bisa. Ke-duanya kini telah menjadi penari whirling (darwis).

Sementara Widia, penari whirling perempuan, le-bih beruntung. Ibu satu anak itu bisa tanpa belajar. “Saya pas lihat orang menari, saya yakin kalau bisa. Eh ternyata bisa,” katanya.

Para penari dari Rumah Rumi sering diundang un-tuk mengisi sejumlah acara. Mulai dari pernikahan, pengajian, hingga buka puasa bersama. 

Bahkan pertengahan Juli ini, rombongan penari Rumah Rumi akan bertandang ke Singapura untuk menari dalam event Formula-1.

“Nanti penarinya ada 10 orang yang ke Singapura. Ini event pertama kalinya kita ke luar negeri,” kata Widia yang juga salah satu pengurus Rumah Rumi.

Tarian whirling berasal dari Turki dan diciptakan Jalaludin Rumi, seorang penyair Sufi pada abad ke-

thinkstock

Page 54: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup

12. Ritual suci itu dibuat sebagai ekspresi dan rasa cinta manusia kepada Penciptanya.

Ritual dimulai dengan berzikir dan menyebut 99 Asmaul Husna. Dulunya, gerakan berputar dilaku-kan hingga si penari merasa di puncak kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Para penari memakai baju khusus yaitu jubah panjang hingga semata kaki yang menyerupai rok lebar. Di bagian luarnya, memakai semacam rompi panjang. Baju ini disebut sike.

Penari juga memakai semacam peci panjang yang disebut hirka. Untuk alas kakinya, para penari me-makai sepatu lentur dari kulit yang disebut kaf.

Saat penari berputar, jubah itu akan mekar indah. Dulunya baju para penari berwarna putih dan hitam. Namun kini, telah banyak dimodifikasi. Ada merah, biru, kuning, hingga hijau.

Momen Ramadan sering digunakan orang untuk mendekatkan diri pada Allah. Tak heran jika Rumah Rumi sering kebanjiran tamu saat bulan puasa.

Selain belajar agama, para tamu itu juga berminat belajar menari Rumi. Biasanya, belajar menari

dilakukan sambil menunggu buka puasa.Rumah Rumi tidak menarik bayaran

untuk orang yang ingin belajar whirling. Paling-paling, hanya infak seikhlas-

nya. Modalnya, hanya niat belajar.“Kalau nanti datang ke Ru-

mah Rumi bisa diajari. Banyak kok yang datang ke sana,” kata

Muchsin, salah satu pengurus Ru-mah Rumi. Tertarik?

(KEN/YOG)

detikFoto

Page 55: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup wisata

Reporter: Ken Yunita

InI candI Yang unIK KaRena dIpahat dI tebIng. Konon, candI InI meRupaKan penInggalan Raja

udaYana Yang seRIng dIpaKaI beRsemedI. 

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup wisata

Pesona UnikCandi Gunung Kawi

Page 56: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup wisata

ApA yang Anda bayangkan saat mendengar kata ‘Gunung Kawi’? Mungkin Anda langsung teringat sebuah gunung di Jawa Timur yang sering didatangi untuk mencari pesugihan

ya? Hmm..tapi ternyata Anda salah.Gunung Kawi yang satu ini berada di Bali. Tepatnya di

tepi Sungai Pakerisan, Dusun Penangka, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Tak hanya pemandangannya indah, tapi juga candi yang unik.

Keunikan candi bernama Candi Gunung Kawi ini terletak pada bentuknya. Tak seperti candi-candi lain yang banyak tersebar di Pulau Jawa dan Bali, candi

ini lain karena letaknya yang dipahat di tebing tepi sungai.

 Bagi masyarakat Bali, candi ini memiliki sejarah bernilai tinggi. Di dalam kompleks can-di yang masih asli itu terdapat makam yang menyimpan abu jenazah Raja Udayana dan ke-luarganya.

Raja Udayana yang berasal dari Dinasti Warmadewa itu merupakan raja yang terkenal dan dihormati oleh rakyatnya

semasa bertahta. Diperkirakan, candi ini merupakan peninggalan abad ke-11 masehi.

Jika diperhatikan, candi ini dulunya berupa area pemakaman. Hal itu terlihat dari tulisan yang terdapat di pintu masuk candi. Tulisan itu berbunyi ‘Haji Lumah Ing Jalu’ yang berarti senjata ayam jantan.

Menurut pemandu wisata setempat, hal itu bermak-na sebagai ‘Sang Raja yang dimakamkan di Pakeris-an’. Jadi wajar saja jika di dalam kompleks terdapat makam raja dan keluarganya.

detiktravel.com

Candi Gunung Kawi

Page 57: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup wisatagaya hidup wisata

MelihAt candi yang seakan me-nempel di dinding batu cadas di tepi sungai, tentu membuat mata terbe-lalak. Bagaimana caranya membuat arsitektur yang begitu megah dan tingkat tinggi di zaman itu?

Entahlah. Namun yang pasti, pe-mandangan candi yang berjarak seki-tar 40 km dari Denpasar itu memang mengagumkan. Pembuatnya seakan memikirkan betul bagaimana agar candi itu terhindar dari erosi.

Hal itu terlihat dari bentuk pahat-an yang dibuat menjorok ke dalam tebing, dan di bagian luarnya terdapat cekungan yang seakan membingkai candi-candi itu sehingga terhindar dari erosi.

Untuk mencapai candi nan cantik itu, perlu perjuangan yang cukup be-rat. Pengunjung harus berjalan me-nyusuri 315 anak tangga. Medannya bermacam-macam, ada yang landai, mendaki, bahkan curam. Namun te-nang saja, udaranya sejuk jadi Anda tak akan terlalu berkeringat.

Kaki boleh pegal, tetapi dijamin mata Anda akan ‘bahagia’. Di kanan kiri perjalanan, Anda akan menemui pemandangan alam yang indah dan tenang. Rimbun pepohonan hijau dan gemercik menambah kesan damai.

Meski masih relatif baru, tempat wi-

sata ini sudah menyediakan berbagai fasilitas. Tempat parkirnya memadai, tour guide-nya banyak ditemui, serta banyak tempat makan dengan harga bervariasi.

Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk masuk ke tempat wisata ini. Untuk dewasa, Anda tinggal membayar tiket Rp 6 ribu, sementara anak-anak cukup membayar Rp 3 ribu saja.

Selain melihat keindahan candi, Anda juga bisa menyaksikan warga beribadah di tempat itu. Mereka juga ramah-ramah terhadap pengunjung. Meski ‘keramat’ Anda bebas memo-tret di tempat ini.

Anda juga bisa turun ke sungai untuk sekadar bermain-main dengan airnya yang dingin dan jernih. Atau bisa juga mencuci muka untuk menghapus ke-ringat. Nah, selamat berlibur! (Ken/Yog)

Teliti dan Sempurna

Page 58: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

gaya hidup wisata

BertuAlAnG di Bali rasanya tak akan pernah ada habisnya. Di Tampak Siring saja, sudah begitu banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari Istana Tampak Siring hingga Candi Gunung Kawi.

Berikut petunjuk dan estimasi biaya untuk liburan ke Candi Gunung Kawi dan sekitarnya:

DenpasarSanur

Tabanan

Gianyar

Tap pada gambar untuk melihat keterangan

40 km

Denpasar - CanDi GununG Kawi

Gianyar - CanDi GununG Kawi

21 km

infografis: arieskarini, galih

ke CandiJalan

GununG

kawi

BALI

Denpasar

Page 59: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

momen sepekan

gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP meng-ajukan keberatan terhadap revisi Perpres No. 86/2011 tentang Pengembangan Kawasan Stra-tegis dan Infrastruktur Selat Sunda (KSISS). Dalam Surat bernomor 000/S_580/II.10/2012 dan 188/2059-Bapp/2012 yang ditujukan kepada Menkeu Agus Martowardojo itu, revisi ini dinilai bertentangan dengan semangat PP No. 32/2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Revisi ini antara lain mengubah sumber pembi-ayaan Jembatan Selat Sunda (JSS) menjadi dari APBN. (AMI)

biaya Perjalan-an Ibadah Haji (BPIH) tahun 2012, naik sebe-sar US$84 atau sekitar 10% dibanding tahun lalu. Rapat pleno antara Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR, Selasa

10 Juli 2012 me-nyepakati rata-rata ONH se-besar US$3.617

atau sekitar Rp 34 juta. Besaran biaya haji untuk masing-masing daerah embarkasi; biaya tertinggi di Makassar yak-

ni sebesar US$3.882 se-dangkan terendah di Me-dan sebesar US$3.388. Di depan Komisi VIII, Menag Suryadharma Ali memaparkan penyebab utama kenaikan adalah akibat naiknya harga av-tur. (AMI)

Banjir Rusia, 146 Tewas

banjir dahsyat yang melanda Krasnodar, Ru-sia selatan, menewaskan 146 orang. Puluhan orang masih dinyatakan hilang. Banjir juga memutuskan aliran listrik ke ribuan ru-mah di kawasan tersebut.

Presiden Vladimir Putin menyebut ini merupakan bencana terburuk yang pernah menimpa Rusia.

Daerah yang paling pa-rah didera banjir adalah sebuah distrik sekitar Krymsk, 200 kilometer dari tempat peristirahat-an di pinggiran Laut Hi-tam, yang berpenduduk 57 ribu orang. 134 orang tewas, dan ribuan rumah terendam hingga ke atap di kawasan ini. (AMI)

momen sepekan

Ongkos Haji Naik 10%

JSS Tuai KONTROveRSireuters

Page 60: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

internasional

Pemilihan anggota Parlemen Sabtu 7 Juli, menJadi awal yang baik bagi libya. namun rakyat libya maSih haruS berSabar untuk

benar-benar memetik buah revoluSi.

MeMeraM Buahrevolusi

liBya

reporter: monique ShintamiREUTERS/ZohRa BEnSEmRa

Majalah detik 16 - 22 jUli 2012

Page 61: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

internasional

Cukup. Kini saatnya Libya bangkit.” Graffiti itu tertulis di sebuah tembok di ibukota Tripoli, Libya.

Coretan di dinding ini seolah mewakili ke-inginan rakyat Libya. 42 Tahun di bawah rezim Mu-ammar Khadafi dan 17 bulan berjuang mendongkel Khadafi, membuat mereka lelah dan berharap segera keluar dari krisis.

Pemilu parlemen, Sabtu 7 Juli kemarin menjadi pintunya. Ini adalah pemilu pertama di negeri ujung utara benua Afrika itu dalam setengah abad terakhir. Kembang api pun disulut demi menyambut pesta de-mokrasi ini.

Dua orang dikabarkan tewas akibat unjuk rasa di Benghazi, Libya timur. Namun secara keseluruhan pemilu yang diikuti 60% dari 2,8 juta pemilih ini ber-jalan lancar. Euforia juga tercermin dari banyaknya calon yang maju. Tercatat 3.500 calon independen maupun wakil partai bersaing memperebutkan 200 kursi parlemen.

Ucapan “selamat datang” pun hadir dari berbagai negara, termasuk dari PBB. “Tahun lalu, ribuan rakyat Libya berkorban nyawa demi sebuah negeri baru yang menghargai hak asasi dan hukum. Kemarin mereka kembali dengan semangat menentukan masa depan Libya,” ujar Sekjen PBB, Ban Ki Moon.

Hasil resmi baru akan diumumkan pekan depan. Na-mun dari penghitungan sementara, Aliansi Kekuatan Nasional (NFA) di bawah Mahmoud Jibril unggul di 13 distrik, dengan raihan 52% suara.

Pemilu ini menjadi pertanda baik bagi demokra-tisasi di Libya. Namun pengamat memperkirakan butuh waktu tahunan sebelum buah revolusi bisa dipetik. Jibril yang ditunjuk menjadi Perdana Menteri, setelah Khadafi jatuh pada Oktober 2011, diperkirakan bakal menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk

Secara keseluruhan pemilu yang diikuti 60% dari 2,8 juta pemilih ini berjalan lancar.

““

Page 62: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

internasional

membangun pemerintahan yang efektif.Ia mengajak 150 partai politik bersatu, guna mem-

bangun kembali negeri yang merdeka pada 1951 itu. “Jujur saya berharap semua pihak duduk bersama, membangun satu koalisi di bawah satu bendera untuk membangun kembali Libya,” ujarnya.

Jibril yang fasih berbahasa Inggris dan didukung negara-negara barat, membuka lebar-lebar peluang kerja sama dengan kelompok konservatif. Ia menyebut NFA tetap menghormati kelompok Islam moderat dan menekankan pentingnya negara demokrasi dengan tetap berpegang pada syariat Islam.

Lambat tapi pasti Libya mulai bangkit. “Sekolah-sekolah dan bisnis mulai berjalan. Kabinet sedang disusun dan mulai melaksanakan kebijakan, dan yang terpenting, lambat tapi pasti pengaruh milisi mulai berkurang” ujar pengamat Libya dari Universitas Dartmouth, Dirk Vandewalle.

Milisi memang masih menjadi duri bagi bangkitnya kembali Libya. Diperkirakan ribuan senjata masih

Puluhan kotak suara dikumpulkan di satu tempat tak jauh dari Bandara Tripoli, sebelum dilakukan penghitungan suara. Ini merupakan pemilu pertama di Libya dalam setengah abad.REUTERS/ZohRa BEnSEmRa

Page 63: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

internasional

beredar luas di tangan warga sipil hingga saat ini. Ke-lompok bersenjata yang dulu aktif menggalang per-lawanan terhadap rezim Khadafi, sempat unjuk gigi dengan menduduki sejumlah terminal minyak di Libya Timur, sehari sebelum pemungutan suara, sehingga produksi minyak sempat terhenti selama dua hari. 

Namun pemerintahan sementara, terbukti sudah bertaji dalam menangani krisis ini. Upaya milisi untuk menduduki Bandara Tripoli pada 4 Juni lalu misalnya, berhasil digagalkan. Untuk ‘menjinakkan’ para milisi,

pemerintahan baru yang akan terbentuk tampak-nya harus merangkul tokoh lokal yang berpe-ngaruh. Ini menjadi tan-tangan bagi Jibril.

“Pemilu ini hanya menghasilkan legitimasi. Semua masalah, semua tantangan masih tersi-sa,” ujar Presiden Dewan

Amerika-Libya, Fadel Lamen.Selain milisi, Jibril juga harus menghadapi tantangan

lainnya. Sehari setelah pemungutan suara, ketidakpu-asan datang dari Benghazi yang menginginkan porsi yang lebih besar di parlemen. Mereka menilai jatah yang hanya 60 kursi terlalu kecil dibanding jatah untuk rekan mereka di barat yang mendapat 102 kursi. Jika tidak mereka menginginkan negara federal.

“Harus ada dialog serius (dengan Libya timur-red), tapi saya yakin kompromi akan tercapai,” ujar Jibril. Analis mengatakan tuntutan dari timur ini tak bisa diabaikan. Mereka harus diberi kesempatan untuk terlibat dalam penyusunan konstitusi baru. “Mungkin desentralisasi lebih tepat,” ujar Claudia Gazzini dari International Crisis Group. (aP/reuters/ami)

Warga Benghazi, Libya timur menggelar pesta kembang api merayakan keberhasilan pelaksanaan pemilu 2012. REUTERS/ESam al-FEToRi

Page 64: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ekonomi

Reporter: Monique Shintami, Feby Dwi Sutianto

Gugatan Rp 18 Triliun dari ChurchillChuRChill Mining PlC, Sebuah PeRuSahaan taMbang yang beRMaRkaS Di lonDon, inggRiS Menggugat PeMeRintah SebeSaR uS$2 MiliaR atau RP 18 tRiliun. DiDuga aDa PeMalSuan izin.

Reporter: Monique ShintamiFoto: detikfoto Wajah Presiden Susilo Bambang Yud-

hoyono (SBY) sedikit berkerut, saat memimpin rapat kabinet, Kamis 28 Juni lalu. Presiden gundah setelah mendapat

laporan pemerintah kena gugat Churchill Mining Plc.Gugatan itu tidak main-main. Pemerintah Indonesia

digugat Churchill senilai US$2 miliar (Rp 18 triliun) ke

Page 65: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ekonomi

Arbitrase Internasional. “Ini pelajaran, kejadian di kabupaten dibawa ke Arbi-

trase Internasional. Yang digugat Presiden. Bayangkan ada berapa kabupaten dan kalau semua kabupaten melakukan itu, maka yang digugat Presiden,” keluh SBY.

Sengkarut ini berawal dari langkah Bupati Kutai Timur (Kutim) yang mencabut empat izin usaha per-tambangan (IUP) milik Ridlatama Group di Kabupaten Kutim. Ridlatama kemudian menggugat bupati ke PTUN Samarinda. Namun hingga tingkat kasasi di MA, hakim memenangkan bupati.

Belakangan muncul nama Churchill Mining Plc yang menggugat pemerintah --Presiden SBY, Kementerian ESDM, Menlu dan BKPM-- ke Arbitrase Internasional. Dalam gugatan yang didaftarkan pada Mei 2012, peru-sahaan tambang yang berpusat di London, Inggris itu mempermasalahkan penyitaan aset miliknya. Gugat-an diajukan setelah negosiasi sejak dua tahun silam tak membuahkan hasil.

Gugatan ini cukup mengejutkan, karena nama Churchill tidak terdaftar di Dinas Pertambangan Kutai Timur, maupun di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Itu termasuk perjanjian Kontrak Karya (KK) ataupun Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B).

Ternyata Churchill telah masuk sejak 2008, dengan mengakuisisi 75% saham Ridlatama. Ridlatama me-miliki 4 IUP dengan cadangan batu bara diperkirakan mencapai 2,73 miliar ton. Cadangan itu bakal me-nyumbang pundi Churchill hingga US$700 juta-US$1 miliar per tahun, sehingga Churchill sangat meng-andalkan proyek di Kutim ini. Tak heran saat IUP milik Ridlatama dicabut, perusahaan yang telah melantai di bursa London sejak 2005 ini meradang.

Namun Bupati Kutim, Isran Noor, punya alasan atas

Cadangan itu bakal menyumbang pundi Churchill hingga US$700 juta-US$1 miliar per tahun

Page 66: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ekonomi

langkahnya. Ia berpegang pada audit Badan Peme-riksa Keuangan (BPK) tahun 2006-2008 yang meng-indikasikan IUP Ridlatama palsu.

“Izin (IUP) yang kita cabut itu terindikasi palsu kare-na Bupati Kutim tidak pernah memberikan izin. Arti-nya dia memalsukan tanda tangan bupati,” kata Isran, awal Juli lalu.

Selain itu, konsesi yang dimiliki Ridlatama ternyata berada di atas hutan produksi, sehingga harus ada izin dari Menteri Kehutanan. Sementara, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan merasa tidak pernah me-ngeluarkan izin. “Tidak ada Indonesia kenal Churchill, kita kenalnya Ridlatama (anak perusahaan Churchill), tapi dia beroperasi di hutan produksi dan kami tidak menemukan izin mereka di kami (Kementerian Kehu-tanan),” kata Zulkifli.

Churchill dinilai salah alamat jika menjadikan pe-merintah sebagai sasaran. “Ini hanya urusan antara Ridlatama dengan kabupaten. Atau Churchill menun-tut Ridlatama, karena dia membeli saham Ridlatama, ternyata Ridlatama bermasalah. Harusnya menuntut Ridlatama, bukan menuntut pemerintah.” ujar Wakil Menteri ESDM, Rudi Rubiandini. 

Churchill juga tak bisa mengklaim punya izin usaha pertambangan, setelah membeli saham Ridlatama. Pasalnya, Churchill masuk dengan membeli saham PT Indonesia Coal Development anak perusahaan Rid-latama Group yang bergerak di sektor jasa angkutan pertambangan. Padahal perusahaan itu tidak meng-antongi izin usaha pertambangan. Sehingga jika Chur-chill menambang batu bara atas nama perusahaan tersebut, bisa disebut telah melakukan pelanggaran.

Isran menduga gugatan Churchill ini sebagai bentuk kekesalannya pada Ridlatama. “Sekarang ini Chur-chill dan Ridlatama Group saling gugat-menggugat, karena itu untuk apa kita dibawa-bawa? Ini kan per-

Ini pelajaran untuk kita. Kejadian di kabupaten

dibawa ke Arbitrase Inter-nasional yang digugatnya

adalah Presiden. Bayangkan ada berapa kabupaten dan

kalau semua kabupaten melakukan itu, maka yang

digugat Presiden

Ini pengalaman kita, jadi besok hati-hati kalau me-ngeluarkan izin. Kemudian

diawasi, jangan sampai tidak. Bila ada perusahaan asing yang ingin ikut di daerah

harus diikuti benar

Presiden SBY

Jero Wacik (Menteri ESDM)

Page 67: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ekonomi

soalan internal mereka,” cetusnya.

Terkait tuduhan IUP palsu ini, Ridlatama memilih bungkam. Saat majalah detik menda-tangi kantor mereka di Bintaro, mereka menolak memberikan tanggapan dan justru mengarahkan ke kantor ICD di Wisma Kosgoro. Sementara juru bicara Churchill, Arnfinn Jacobsen, tetap mempertanyakan lang-kah Bupati Kutim yang mencabut ijin Ridlatama dan memperpanjang ijin bagi Nusantara Grup di lahan yang sama. Konsesi yang dikantungi Ridlatama memang berada di lokasi yang sama dengan ijin Nu-santara Grup. Namun di pengadilan, Nusantara Grup menang hingga tingkat kasasi.

Menkeu, Menkumham, Menteri ESDM serta Jaksa Agung telah membahas masalah ini bersama pre-siden. Namun hingga pekan lalu Jaksa Agung, Bas-rief Arief mengaku belum menerima surat kuasa. Ia mengaku telah mempelajari gugatan Churchill, tetapi tak bersedia menjelaskan apa yang akan dilakukan.

“Nanti pada saatnya setelah diturunkan SKK, kita berlakukan semaksimal mungkin, untuk menghadapi arbitrase,” ujar Basrief, Senin pekan lalu. Yang pasti izin bermasalah ini akan dijadikan argumen pemerin-tah untuk melawan Churchill di Pengadilan Arbitrase Internasional. (aMi)

Saya tidak kenal Chur-chill, tidak ada Indonesia

kenal Churchill, kita kenalnya Ridlatama

(anak perusahaan Chur-chill), tapi dia beroperasi

di hutan produksi dan kami tidak menemukan

izin mereka di kami (Kementerian Kehutanan)

Zulkifli Hasan (Menteri Kehutanan)

Izin (IUP) yang kita cabut itu terindikasi palsu karena Bupati Kutim tidak pernah

memberikan izin. Artinya dia memalsukan tanda tangan

bupati, itu saja sudah pidana

Isran Noor (Bupati Kutai Timur)

detikfoto

detikfotoKantor Ridlatama Group

Page 68: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

bisnis

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

bisnis

Reporter: Monique ShintamiFoto-foto: Istimewa

Menjual Jalan Nyamanke AkhiratMatI bukan MaSalah bagI kauM beRduIt. Mau dIMakaMkan SecaRa ekSkluSIF dI peMakaMan ekSkluSIF, tInggal pIlIh SebagaI RuMah “MaSa depan”.

Page 69: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

bisnis

LahaN pemakaman di Jakarta kian kikis dan diperkirakan akan habis pada 2030. Bahkan di sejumlah tempat pemakaman umum (TPU), macam TPU Joglo, Jakarta Barat, lahan yang

ada sudah habis sejak tahun 2000.Pemprov DKI Jakarta boleh bersikeras masih ada

202 hektar lahan untuk pemakaman, yang tersebar di tiga wilayah, yaitu Pondok Rangon (Jakarta Timur), Rorotan (Jakarta Utara) dan Kampung Kandang (Ja-karta Selatan). Namun kenyataannya, warga kian sulit mendapatkan lahan untuk “masa depan” ini.

Kesempatan ini justru dilihat sebagai peluang. Se-jumlah lokasi pemakaman eksklusif belakangan ma-kin banyak ditawarkan. Lippo Group misalnya, telah menyulap 500 hektar sawah di Karawang, Jawa Barat menjadi “surga” bernama San Diego Hills Memorial Parks. Pemakaman yang mengadopsi pemakaman terkemuka Forest Lawn Memorial Parks and Mortu-aries di California, AS ini dibuka tahun 2007 dan di-rancang untuk menghormati nilai-nilai yang dijunjung penganut agama dan tradisi masyarakat Indonesia.

Tak hanya 1,25 juta kaveling untuk makam, penge-lola juga membangun danau seluas 8 hektar, kapel, musala, restoran, minimarket serta gedung serba-guna yang mampu menampung 250 orang. Hasilnya, pemakaman ini jauh dari kesan angker, sehingga tak masalah jika Anda ingin melancong atau bahkan menggelar acara pernikahan di sini.

Bagi mereka yang memilih San Diego sebagai peristirahatan terakhirnya, ditawarkan berbagai pilihan. Dari tipe single burial yang per kavelingnya dihargai mulai Rp 8,8 juta hingga semi-estate yang harganya mencapai miliaran rupiah. Bagi yang lebih suka diabukan, disediakan tempat penyimpanan abu di tengah sejuknya hutan pinus. Anda yang berniat mempersiapkan rumah masa depan jauh-jauh hari

Type single 1,5 m x 3 m Rp 21.903.750

Paket Keluarga 10 x 1,5 m x 3,0 m Rp 176.000.000

Double 1,5 m x 3,9 m Rp 72.765.000

Family 3,5 m x 7,5 m Rp 199.237.500

Al Azhar Memorial Garden

Page 70: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

bisnis

(pre-need) tersedia fasilitas cicilan hingga 50 kali. Tak semua lahan dikomersialkan. Sebuah cluster

yang dinamai Heroes Plaza, khusus disediakan bagi mereka yang dinilai berjasa bagi negara. Selain mantan Menteri Kesehatan, Endang Sedyaningsih, di tempat ini juga dimakamkan mantan pesepak bola nasional Ronny Pattinasarany, serta mantan pebulu tangkis Indra Gunawan.

Sambutan warga juga cukup menggembirakan. Per bulan rata-rata 60 orang dimakamkan di sini. Setidak-nya 30.000 kaveling sudah dipesan, dan sekitar 2.500 orang sudah dimakamkan di sini.

Gurihnya bisnis “masa depan” ini juga menggoda Yayasan Al Azhar. Tahun lalu, yayasan yang lebih dike-nal dengan pendidikan Islam ini membangun Al Azhar Memorial Garden, sebuah pemakaman berbasis sya-riat di kawasan Cileungsi, Bekasi, Jawa Barat.

Lahan yang disediakan Al Azhar memang tak seluas San Diego Hills, yakni hanya 25 hektar dengan 30 ribu kaveling yang dijual. Namun pemakaman di pinggir jalan tol Cikampek-Karawang ini tak kalah dalam me-nyediakan fasilitas.

Parkir yang luas, jalan setapak yang nyaman dan asri, mini lounge untuk pengunjung dan peziarah, serta masjid. Dengan sedikit uang tambahan, Al Az-har Memorial Garden juga siap memberikan layanan pemakaman. Mulai dari menjemput, memandikan, mengafankan, menyalatkan, hingga memakamkan.

“Untuk tahap awal, pembangunan dikhususkan di areal seluas 5 hektar, dengan 800 lubang makam,” papar Rachmat Effendy, Direktur Al Azhar Memorial Garden. Bisnis ini memang cukup menjanjikan. Baru setahun dibuka, separuh lahan yang tersedia telah dipesan. Padahal kaveling termurah harganya hampir Rp 22 juta per unit. Demi rumah masa depan yang nyaman, warga tak lagi keberatan membayar mahal.

(aMI/YOg)

Type Single Burial Rp 8.8 Juta – Rp 20 Juta tergantung clusterUkuran: -Muslim 1,5 m x 2 m-Nasrani dan Tionghoa 1,1 m x 2,6 m

Private 26 m2 untuk 2 unit Rp 250 Juta

Penyimpanan abu Rp 18 Juta – Rp 25 Juta

Bong Pi Rp 300 Juta – miliaran tergantung bangunan.

San Diego Hills Memorial Parks

Page 71: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ilmu & teknologi

Reporter: Isfari Hikmat

Meragukan Partikel TuhanHIggs boson atau paRtIkel tuHan akHIRnya dItemukan. menyIsakan tanya, apa betul alam semesta teRcIpta tanpa tuHan?

AlAT raksasa bernama Large Hadron Colli-der (LHC), di laboratorium milik Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) di Jenewa, Swiss itu kini diistirahatkan. Rencananya, alat ini

baru akan difungsikan kembali pada 2014, setelah dilakukan sejumlah perbaikan.

Sejenak laboratorium berupa terowongan oval

Page 72: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ilmu & teknologi

sepanjang 27 kilometer yang ditanam di perut bumi Prancis-Swiss ini sepi, setelah sebelumnya riuh oleh aksi perburuan Higgs boson, yang sudah berlangsung hampir setengah abad.

Rabu pekan lalu, Direktur CERN, Rolf Heuer akhir-nya dengan bangga mengumumkan temuan terbesar fisika itu. “Kami mendapatkannya. Kita telah mencapai milestone dalam pemahaman mengenai alam semes-ta,” ujarnya.

“Higgs boson” partikel yang paling dicari fisikawan sejagat, diyakini menjadi awal terbentuknya alam se-mesta. Partikel yang dicetuskan Peter Higgs, fisikawan kelahiran Newcastle, Inggris ini adalah partikel yang membuat partikel biasa memiliki massa atau berat.

Keberadaan partikel Higgs inilah yang membuat terbentuknya atom, yang menjadi cikal bakal ter-bentuknya alam semesta. Dengan istilah lain, tanpa adanya partikel Higgs tak akan ada galaksi, bintang, planet dan bumi. Sehingga tak ada kehidupan di bumi. Tak heran jika kemudian para fisikawan menyebutnya

Gambaran kejadian setelah dua foton ditumbukkan, hingga partikel Tuhan ditemukanREUTERS/Mal FaiRcloUgh

Page 73: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ilmu & teknologi

sebagai partikel Tuhan (God Particle).

Istilah partikel Tuhan pertama kali dilontarkan pemenang Nobel Fisika 1988, Leon Lederman. Dalam bukunya, Lederman menyebut partikel yang sangat sulit ditemukan ini dengan “The God-damned Particle”. Salah kaprah itu berlanjut, setelah si editor buku menghilangkan kata

damned, sehingga hanya menyisakan The God Particle, yang digunakan hingga kini.

Partikel ini ditemukan setelah dua foton berenergi tinggi ditumbukkan di LHC. Dengan menggunakan alat khusus, terlihat tumbukan ini menghasilkan spek-trum warna. Warna merah menunjukkan energi yang dihasilkan. Pita kuning menunjukkan jejak partikel yang dihasilkan tumbukan itu, sedangkan biru pucat menunjukkan ke mana jejak partikel itu dikirim.

Ilmuwan yang menyaksikan percobaan ini, langsung berteriak kegirangan saat melihat satu warna lain, yang diyakini sebagai jejak yang mereka cari selama ini, partikel Higgs!

Meski diyakini akan terjadi, temuan ini tetap menge-jutkan. Saking terharunya Profesor Peter Higgs, yang kini berusia 83 tahun menitikkan air mata. Ia tak per-caya partikel yang dikonsepnya bisa ditemukan saat ia masih hidup.“Sangat menakjubkan, ini terjadi di kehi-dupan saya,” ujar Higgs yang mencetuskan konsepnya di liburan akhir pekan pada 1964.

Fisikawan kondang Stephen Hawking juga ragu Higgs boson bakal ditemukan, hingga harus mere-lakan selembar 100 dolar melayang dari dompetnya.

Profesor Peter Higgs, pencetus konsep partikel Tuhan sempat tak percaya partikel ini ditemukan saat ia masih hidup.

REUTERS/DaviD MoiR

Page 74: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ilmu & teknologi

“Ini temuan yang sangat penting, Peter Higgs layak mendapatkan nobel,” ujarnya.

Perlu Konfirmasi Penemuan ini tak hanya membuka tabir misteri jagat

raya, tapi juga menyisakan sejumlah pekerjaan ru-mah. “Sebagaimana layaknya penemuan-penemuan besar dalam sains, setiap penemuan akan membuka dunia baru di mana akan muncul pertanyaan-perta-nyaan baru,” papar Suharyo, fisikawan Indonesia yang terlibat dalam perburuan partikel Higgs.

Dua pertanyaan besar yang tersisa setelah Higgs boson ‘tertangkap’ adalah materi gelap dan energi gelap.

Meski keakuratan temuan ini mencapai 5 sigma, atau hampir 100% benar, para ilmuwan masih harus membuktikan partikel ini benar-benar partikel Higgs yang dicari selama ini, atau suatu partikel yang ha-nya menyerupai prediksi? Perlu teori dan pengukuran baru untuk menjelaskannya.

Lalu apa dampak penemuan ini bagi masa depan manusia? “Penemuan ini memberikan pemahaman dan pengetahuan baru tentang alam semesta di mana manusia hidup.” ujarnya.

Penemuan ini bisa dijadikan kaum yang tidak per-caya Tuhan untuk menjustifikasi keyakinan mereka. Namun Donny Gahral Ardian, dosen filsafat UI meng-ingatkan kebenaran sains itu bersifat sementara.

“Kebenarannya tidak mutlak, suatu saat bisa batal atau digugurkan,” tegasnya sambil menambahkan temuan ini belum tentu menggoyahkan mereka yang yakin dengan keberadaan Tuhan.

“Keyakinan itu bersifat personal, tidak ada alat ukur-nya. Sehingga mereka yang beriman akan tetap ber-iman meski mengakui temuan ini,” ujarnya.

(amI)

Penemuan ini memberikan pemahaman dan pengetahuan baru tentang alam semesta di mana manusia hidup.

Page 75: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

interview

foto-foto: istimewaReporter: Isfari Hikmat

Suharyo Sumowidagdo:

Nama Partikel tuhaN BeraSal dari keiSeNgaNNama PaRtIkel tuHaN sebeNaR-Nya beRasal daRI keIseNgaN leoN ledeRmaN. saya tIdak setuju kalau PaRtIkel HIggs INI dIsebut PaRtIkel tuHaN.

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

interview

Page 76: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

interview

PeNcariaN partikel Tuhan sudah dilakukan sejak 1964. Pencarian ini akhirnya selesai pada Rabu, 4 Juli 2012, bertepatan hari jadi negara Amerika Serikat (AS).

Bermula dari perkiraan fisikawan Inggris, Peter Ware Higgs, berakhir di Jenewa, Swiss. Partikel itu bernama asli Higgs boson. Nyaris enam dekade il-muwan mencari partikel yang diduga dapat membuka misteri terciptanya alam semesta.

Penemuan di fasilitas Large Hadron Collider (LHC) ini kabarnya membuat Stephen Hawking, fisikawan yang terkenal itu kalah taruhan.  

Di balik keberhasilan dunia sains yang menggem-parkan itu, ternyata ada peranan putra bangsa. Ada-lah  Suharyo “Haryo” Sumowidagdo, perancang pe-rangkat lunak untuk memantau partikel Higgs boson di Laboratorium CERN (Organisasi Eropa untuk Pene-litian Nuklir atau European Organization for Nuclear Research) di kota Jenewa, Swiss, empat tahun lalu. 

Alumnus Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini mendapat berbagai penghargaan nasional maupun internasional. Di antaranya dari Dirjen Dikti Kemen-diknas pada Februari 2000 atas publikasi internasional terhadap penelitiannya. Gelar bachelor of science dari Jurusan Teknik UI diperolehnya pada 1999. Dua tahun berikut dia memperoleh gelar master of science.

Suharyo jadi satu-satunya peneliti Indonesia yang aktif di Fermilab (Fermi National Accelerator La-boratory), laboratorium pemerintah Amerika. Dia butuh lima tahun bekerja keras di lab yang memiliki prosedural superketat dengan jam kerja hingga 20 jam per hari. Baru pada 4 Juli 2012 dia bernapas lega, usai penemuan mutakhir sejak 4 dekade diumumkan oleh Fabiola Gianotti, Jubir CERN, di Melbourne.

Berikut petikan wawancara Isfari Hikmat majalah detik dengan pendiri ARSIP: Indonesian Mirror Ser-

Nyaris enam dekade ilmuwan mencari partikel yang diduga dapat membuka misteri terciptanya alam semesta.

Page 77: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

interview

vers for Scientific Data, melalui email:  Bagaimana Anda bisa terlibat da-

lam penelitian partikel Higgs boson?Saya menyelesaikan S3 dalam fisika

partikel eksperimen di AS pada tahun 2008, kemudian mendapat pekerjaan sebagai peneliti pascadoktoral di eks-perimen CMS di CERN. Awal 2009 saya ditempatkan di CERN.

Dengan bahasa awam, bagaimana menjelaskan partikel Higgs boson ini?

Partikel Higgs merupakan partikel yang bertanggung jawab untuk membuat partikel-partikel biasa penyusun materi, agar memiliki berat. Tanpa kehadiran partikel Higgs, partikel-partikel pe-nyusun materi tidak memiliki berat, sehingga tidak dapat membentuk materi seperti yang kita kenal se-karang.

Apakah Anda setuju partikel boson ini disebut par-tikel Tuhan? Bagaimana sebutannya menjadi terke-nal dengan sebutan partikel Tuhan?

Tidak. Nama Partikel Tuhan (The God Particle) se-benarnya berasal dari keisengan Leon Lederman (pemenang Hadiah Nobel Fisika 1988) yang menamai partikel Higgs ini “The God-damned Particle” di dalam buku fisika populer karangan beliau. Karena menurut Leon, partikel ini sangat susah ditemukan. Namun editor buku tidak mengizinkan menggunakan kata “God-damned” dalam buku itu, sehingga diganti deng-an “God”. Selanjutnya julukan “The God Particle” ini melekat hingga sekarang.

Seberapa penting penemuan partikel ini untuk ilmu fisika?

Ini merupakan salah satu penemuan fisika paling penting setidaknya dalam 50 tahun terakhir.

Page 78: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

interview

Sejauh mana dampaknya terhadap manusia?Saat ini yang baru terjadi adalah penemuan ini mem-

berikan pemahaman dan pengetahuan baru tentang alam semesta di mana manusia hidup. Pengetahuan ini menjadi milik seluruh umat manusia tanpa mem-beda-bedakan. Untuk dampak jangka panjang di masa depan, saat ini masih sangat awal untuk memprediksi masa depan dan pengaruh yang diberikan.

Bisa diceritakan bagaimana cerita kecelakaan pada September 2008 yang menyebabkan lab mengeluar-kan dana besar untuk perbaikan?

LHC dioperasikan pada temperatur sangat di-ngin, -270 derajat Celsius di bawah titik beku. Untuk mendinginkan LHC pada temperatur ini, digunakan helium cair. Dalam kecelakaan 19 September 2008, terjadi pemanasan helium cair dari energi listrik yang tersimpan di magnet LHC. Pemanasan ini mengubah helium cair menjadi gas helium dengan tekanan tinggi (seperti air mendidih menjadi uap air). Tekanan gas helium ini sangat tinggi sehingga menjebol dinding sistem pendinginan LHC. Karena LHC tidak dapat beroperasi tanpa sistem pendinginan, maka harus diadakan perbaikan ke sistem pendinginan sebelum bisa dijalankan sendiri.

Apakah betul penemuan partikel ini merupakan jalan untuk menjawab misteri terciptanya alam se-mesta?

Ya dan tidak. Penemuan partikel Higgs merupakan sesuatu yang sudah diprediksi sebelumnya (partikel Higgs itu harus ada, sehingga tinggal dicari saja). Namun sebagaimana layaknya penemuan-penemuan besar dalam sains, setiap penemuan akan membuka dunia baru di mana akan muncul pertanyaan-perta-nyaan baru.

Serta masih ada pertanyaan-pertanyaan lain yang belum terjawab dengan penemuan Higgs Boson ini:

Partikel ini sangat susah ditemukan. Namun editor buku tidak mengizinkan menggunakan kata “God-damned” dalam buku itu, sehingga diganti dengan “God”

Page 79: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

interview

misalnya adalah materi gelap dan energi gelap (Nobel Fisika 2011)

Setelah penemuan keberadaan partikel ini, apa yang selanjutnya menjadi target penelitian?

Target penelitian selanjutnya adalah apakah partikel Higgs yang ditemukan ini merupakan partikel Higgs sebagaimana diprediksi oleh teori fisika yang sudah ada? Ataukah suatu partikel yang tidak cocok dengan prediksi alias memerlukan teori baru untuk menjelas-kannya? Ini memerlukan pengukuran.

Bisa berbagi cerita soal ketertarikan Anda dengan dunia fisika?

Saya mulai tertarik serius kepada fisika di tingkat SMA, ketika saya menyadari diberi kemampuan untuk mengerti dan menguasai fisika. Saya tidak pernah berpendapat bahwa mempelajari fisika atau masuk departemen fisika berarti sama dengan masa depan suram (seperti pandangan kebanyakan orang). Demi-kian pula keluarga, senantiasa mendukung dan men-dorong niat saya untuk mempelajari fisika, termasuk hingga ke tingkat doktoral dan selanjutnya.

Bagaimana sisi religi Anda memandang penemuan partikel Boson?

Tidak saya jawab. Saya memegang prinsip tidak menjawab apapun yang mencoba mengaitkan agama dengan sains.

Banyak pelajar Indonesia yang menjuarai Olimpia-de Fisika tingkat internasional. Bisa minta pendapat dan saran untuk mereka?

Jangan hanya puas dengan berkompetisi dalam Olimpiade Fisika. Tantangan sebenarnya untuk men-jadi fisikawan adalah berkompetisi dalam mempelajari dan menyibak misteri alam semesta ini; bekerja di la-boratorium, menganalisis data, membuat perhitung-an, menulis karangan ilmiah, memberikan seminar, dan membuat kontribusi baru kepada sains. (sIl/yog)

Page 80: Majalah Detik 16 Juli 2012

people

Majalah detik 9 - 15 juli 2012

people

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Reporter: Ken Yunita

reuter

s

Dua tahun, Roger Federer absen ‘meme-gang’ piala Wimbledon. Kini, piala ber-gengsi para petenis dunia itu kembali berada di tangannya. Dia kini menjadi

nomor satu lagi.Rasa bahagia jelas tergambar di wajah pria 30

tahun itu. Apalagi, trofi kali ini merupakan grand slam ke-17 yang diraihnya. Itu menyamai penca-paian Pete Sampras, petenis idola Federer.

“Luar biasa, sungguh luar biasa,” ujarnya singkat usai mengalahkan Andy Murray dengan skor 4-6, 7-5, 6-3, dan 6-4.

Apakah Federer berniat menggantung raket-nya setelah mendapat gelar ini? Ternyata tidak. Ayah dua putri kembar itu belum bertekad untuk berhenti ataupun mundur setapak. Di usia kepa-la tiga ini, Federer justru merasa sedang berada dalam performa terbaiknya.

Pria kelahiran Basel, Swiss, 8 Agustus 1981 itu justru ingin menjadikan kemenangan ini se-bagai momen untuk kembali merebut berbagai gelar juara. “Sangat menyenangkan kembali ke sini sebagai juara dan ini adalah momen yang hebat,” katanya.

Bagi Federer sendiri, gelar Wimbledon tahun ini merupakan yang ketujuh. Sebelumnya, ia sudah pernah menjuarai Wimbledon pada tahun 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, dan 2009.

(KEN/YOG)

Page 81: Majalah Detik 16 Juli 2012

people

Majalah detik 9 - 15 juli 2012

people

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Reporter: Ken Yunita

Regina Ivanova sepertinya tidak mengenal kata menyerah. Kini, setelah perjuangan ke-rasnya, gadis berambut panjang itu menuai buah kemanisan. Regina menjadi juara Indo-

nesian Idol 2012.Padahal, gadis 26 tahun itu sebelumnya tak berpikir

bisa menjadi finalis di grand final. Bisa maju ke pang-gung spektakuler saja, perempuan berusia 26 tahun itu sudah senang bukan kepalang.

Maklum, sejak mencoba ikut Indonesian Idol perta-ma kalinya pada 2004, Regina selalu gagal di babak audisi. Berbekal keyakinan, Regina terus mengulang hingga enam kali, mendaftar di kompetisi menyanyi paling bergengsi itu.

 Hingga yang ketujuhkalinya mendaftar, Regina ber-hasil mendapat golden ticket dan kini telah dinobatkan menjadi Indonesian Idol 2012. “Terima kasih Tuhan Yesus,” bisik penyanyi kelahiran 4 Desember 1986 ini berkali-kali.

Sebagai pemenang, Regina menerima hadiah uang tunai plus tabungan senilai total Rp 200 juta, asuransi jiwa senilai Rp 1 miliar, reksadana Rp 50 juta dan satu buah mobil Yaris. Dia juga dikontrak rekaman oleh Universal Music Indonesia. Selamat Regina.

Tentang Regina:    Ingin diet supaya terlihat kece di depan David

Cook, Juara American Idol. Ikut audisi Indonesian Idol enam kali, dan yang

ketujuh kali baru mendapat golden ticket. Ingin ajak keluarga naik mobil baru. Pernah menjadi penyanyi kafe.

(KEN/YOG)

Page 82: Majalah Detik 16 Juli 2012

people

Majalah detik 11 - 17 juni 2012

people

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Reporter: Ken Yunita

Kate Middleton(Bukan) Cinderella

reuters

Kate Middleton bukanlah Cinderella yang mau saja ‘disiksa’ ibu tirinya. Istri Pangeran William itu kabarnya membe-rontak dengan perubahan aturan yang

dibuat nenek suaminya, Ratu Elizabeth 2.Dalam aturan itu, pemilik nama lengkap Cathe-

rine Elizabeth Middleton itu diwajibkan memberi hormat dengan cara membungkuk kepada Pa-ngeran Andrew dan Sarah Ferguson serta kedua putri mereka, Putri Beatrice dan Putri Eugenie.

Penghormatan itu harus dilakukan saat Kate bertemu dengan mereka, baik di acara pribadi maupun di muka umum. Namun jika Kate sedang ditemani William, Kate terbebas dari penghor-matan memalukan itu.

Konon hal ini karena mereka yang harus diberi hormat itu memiliki darah bangsawan ‘murni’. Sedangkan Kate, hanya berasal dari keluarga rakyat biasa dan tidak memiliki darah biru.

Dilansir majalah Life & Style, sumber di Kera-jaan Inggris menyebut, Kate berang dengan kebi-jakan baru itu. Kabarnya, perempuan 30 tahun itu tidak akan mau melakukan penghormatan. “Ini sebuah penghinaan untuk Kate,” kata sumber itu.

William dikabarkan juga tidak senang dengan aturan itu. Kate memang berasal dari keluarga rakyat biasa. Namun faktanya, Kate adalah is-tri pangeran yang merupakan pewaris Kerajaan

Page 83: Majalah Detik 16 Juli 2012

people

Majalah detik 11 - 17 juni 2012

Inggris. Apalagi, Kate kini menyandang gelar “The Duchess of Cambridge”.

Selentingan menyebutkan, revisi aturan dalam keluarga kerajaan itu sengaja dibuat sang Ratu untuk menyentil kepercayaan diri Kate. Ratu ka-barnya tidak senang dengan kepopuleran Kate.

Perempuan kelahiran 9 Januari 1982 itu memang terkenal hampir di pelosok dunia. Kate bahkan menjadi salah satu ikon fashion lantaran gaya ber-busananya kerap menjadi ‘pakaian terbaik’.

Ratu juga dilaporkan marah atas lemari pakaian Kate yang berisi pakaian-pakaian mahal, seperti gaun Packham seharga US$4.500. “Jadi dengan kata lain, dia (Ratu) iri dengan Kate,” ujar sumber itu.

Revisi aturan itu juga telah membuat hubung-an Kate dan sang mertua, Camilla Parker Bowles memanas. Kate kesal ketika diminta memberi penghormatan dengan cara membungkuk kepada Camil-la.

“Kate menolak memberi hormat dan membungkuk, kemudian berkata pada Camilla, ‘You make me sick’,” kata sumber itu seperti dilansir ma-jalah Globe. Apakah perang di Kerajaan Inggris ini bakal terus memanas? Kita tung-gu saja. (KEN/YOG)

Fakta Kate Middleton

people

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

reutersMerupakan pengantin kerajaan tertua karena menikah di usia 29 tahun. 

Page 84: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

wkwkwk

ApA sAjA dilAkukAn pencuri AgAr tidAk dihAjAr mAssA sAAt tertAngkAp. sAlAh sAtunyA mengAku-Aku sebAgAi AnggotA kpk. hAhAhA... 

Ngaku Anggota KPK Demi Selamat

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

wkwkwk

RepoRteR: eko SujaRwoiluStRaSi: kiaguS

Page 85: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

wkwkwk

akSi menggeledah ala penyidik KPK rupanya menginspirasi dua pencuri ini. Mengaku se-bagai anggota lembaga antikorupsi, kedua-nya mencoba mengambil barang di kamar

kos yang sedang kosong.Dua pria itu, Tirto Agung dan Putat Gede datang ke

rumah kos di Dusun Plalangan Desa Plosowahyu, Ke-camatan Kota Lamongan. Setelah yakin tak ada yang melihat, keduanya lalu membuka pintu kamar yang tergembok.

Salah satu mencongkel paksa gembok, sementara se-orang lainnya terlihat meng-awasi keadaan sekitar. Aksi mencurigakan keduanya ke-pergok salah satu warga yang kebetulan melintas.

  “Dia langsung berteriak ‘maling…maling…’,” kata warga bernama Rudi.

Akibatnya, kedua pria itu menjadi bulan-bulanan warga. Saat itulah, salah satu pencuri itu mengaku se-bagai anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya itu anggota KPK lho Mas, jangan dipukuli," kata salah satu pelaku dengan wajah memelas.

Namun sayang, warga yang menangkap keduanya tidak lantas percaya. Mereka tetap menghajar kedua pencuri spesialis kamar kos itu dengan membabi buta.

Alhasil, kedua pria yang diketahui bernama Tirto Agung dan Putat Gede itu babak belur. Terakhir, kedu-anya digelandang ke kantor polisi untuk mempertang-gungjawabkan kelakuannya. (ken/yog)

“Saya itu anggota KPK lho Mas, jangan dipukuli,” kata salah satu pelaku dengan wajah memelas.

““

Page 86: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan teaterteaterseni & hiburan

Kisah abadi RoRo JonggRang diKemas Jadi saJian Ringan dan Riang oleh TeaTeR Tanah aiR.

Reporter: silvia galikanoFOTO-FOTO: AGUNG/deTikFOTO

Majalah detik 16 - 22 jUli 2012

Page 87: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan teater

KuKuruyuK… kukuruyuk…kukuruyuuuk…,” ayam berkokok bersahut-sahutan. Langit yang tadinya hitam tiba-tiba memerah di timur. Fajar sudah menyingsing.

Raja Pengging (Gandung Bondowoso) panik, tak mengira fajar akan datang secepat itu. Datangnya fajar menjadi pertanda pekerjaan membangun seribu candi harus dihentikan. Begitulah kesepakatan sang raja dengan Roro Jonggrang.

Menghentikan pekerjaan sama artinya dengan kega-galan. Padahal sukses itu sudah nyaris di genggam-an. Sudah 999 candi dan arca jadi. Hanya kurang satu candi dari 1.000 yang dia janjikan untuk Jonggrang.

Satu arca yang mirip Roro Jonggrang masih belum rampung. Namun waktu yang dia punya sudah habis. Sia-sia juga dia menitahkan prajuritnya untuk mene-nangkan ayam. Ayam-ayam terus saja berkokok.

“Tuan tidak bisa menahan matahari yang datang,” kata Jonggrang (Niken Flora Rinjani).

Pengawal datang tergapah-gopoh menemui Raja Pengging, dan mengabarkan, “Sinar lembayung itu bukan fajar menyingsing, Paduka. Terjadi kebakaran hutan di timur.”

“Ini rekayasa! Siapa yang melakukannya? Siapa yang melakukannya?” Raja Pengging murka.

“Ini bukan rekayasa. Aku memang tidak mau men-jadi istrimu.”

“Kukutuk kau jadi arca, Roro Jonggrang!”Adegan tersebut jadi penutup Sandiwara Pake Nya-

nyi Roro Jonggrang yang dibawakan Teater Tanah Air di Graha Bhakti Budaya – Taman Ismail Marzuki, 7 dan 8 Juli 2012. Legenda tanah Jawa itu ditulis ulang Remy Sylado, dan dibawakan teater yang beranggotakan anak-anak secara khas anak-anak.

Dialog mereka ringan, lagu-lagu riang, plot yang se-derhana, dan sutradara Jose Rizal Manua, bisa mem-

“Ini bukan rekayasa. Aku memang tidak mau menjadi istrimu.”

Page 88: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan teater

buat pementasan ini tidak membosankan meski ceri-ta yang diangkat sudah sangat diakrabi masyarakat. Renny Djajoesman sebagai Ratu Ageng, ibu Jonggrang, dengan celetukan-celetukannya berhasil membuat panggung cair.

Berbeda dengan legenda yang selama ini hidup, Remy Sylado memberi porsi lumayan banyak pada ayam. Ayam-ayam dibuat “hidup” dan jadi teman ngo-brol Ratu Ageng dan Roro Jonggrang. Ayam-ayam ini juga siap membela majikan mereka dengan cara yang jenaka, walau kerap bikin susah karena tiap sebentar minta makan. Kalau ada tambahan kerja, mereka pun minta extra-food. Ratu kerepotan dibuatnya.

Pementasan Roro Jonggrang bermula dari kalah dan ditawannya Raja Prambanan (Budi Setiawan) oleh Raja Pengging. Dia berjanji membebaskan Raja Pram-banan jika Raja Prambanan dan Ratu Ageng bersedia menyerahkan putri mereka, Roro Jonggrang.

Tentu saja permintaan ini langsung ditolak. “Aku tak sudi kau melamar putriku, tua bangka!” kata Raja Prambanan. Maka Pengging yang rambutnya sudah dipenuhi uban itu langsung mendatangi Roro Jonggrang sambil tak lupa melancarkan rayuan. Dia memetik bunga, lalu mendekatkan ke hidungnya, dan mengarahkan bunga itu ke Jonggrang. “Engkau ba-gaikan bunga ini. Harum. Cantik.”

Raja Pengging menitahkan dedemit membangun seribu candi.

Page 89: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan teater

Jonggrang tak mudah dirayu dengan kalimat gombal seperti itu. Dia menjawab, “Bunga itu tidak harum. Itu bunga kertas. Bunganya aku oleskan minyak gosok, minyak telon, minyak kayu putih, dan minyak gondo-puro. Aku agak flu. Jadi kalau aku mencium bunga-bunga itu, aku agak lega.”

Pengging pantang menyerah. Raja yang daerah kekuasaannya di mana-mana itu menawarkan ke-kuasaan untuk mengubah dunia jika Jonggrang mau menjadi istrinya. Jonggrang bergeming. “Aku tidak ingin berubah. Aku ingin berdiri teguh pada tradisiku. Mengubah tradisi adalah suatu kejahatan.”

Meski demikian, Jonggrang sadar, bagaimanapun dia berkilah, dia berada di posisi yang tak punya ba-nyak pilihan. Kerajaan ayahnya sudah dikuasai Peng-ging dan ayahnya sudah jadi tawanan.

Jonggrang akhirnya bersedia dinikahi Raja Pengging dengan syarat dibuatkan seribu candi berikut arcanya, dan selesai sebelum fajar esok. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, Pengging harus segera angkat kaki.

Tak membuang waktu, Pengging mengerahkan dedemit dari seluruh negeri. Mereka bekerja cepat. Fajar masih lama, tapi 999 candi berikut arcanya su-dah berdiri. Tinggal satu arca yang dibuat mirip Roro Jonggrang yang belum rampung.

Ratu Ageng yang menyadari kecurangan Pengging mengusulkan cara yang sama curangnya. Dia me-merintahkan penduduk desa di sebelah timur untuk membakar jerami sepanjang 10 kilometer, sehingga tampak seperti fajar sudah menyingsing. Menyusul ayam-ayam istana dia perintahkan untuk berkokok.

Namun siasat Ratu Ageng ini diketahui Pengging. Roro Jonggrang yang kemudian dikutuk jadi batu itu akhirnya jadi penggenap seribu candi seperti yang diminta sendiri oleh Jonggrang. 

(sil/Yog)

Jonggrang akhirnya bersedia dinikahi Raja Pengging dengan syarat dibuatkan seribu candi berikut arcanya, dan selesai sebelum fajar esok.

Page 90: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan filmseni & hiburan film

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

Reporter: Silvia Galikano

Foto-foto; Lionsgate

Lima perempuan mendapatkan buah hati

dengan cara yang tak disangka-sangka. ada

haru daLam drama komedi satu ini.

Kala HarapanDiKabulKan

TaK Selalu

Page 91: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film

SuDaH berkali-kali penulis buku tentang bayi, Wendy (Elizabeth Banks), dan suaminya, Gary (Ben Falcone), mengikuti program hamil. Semua larangan dokter mereka hindari dan

semua anjuran diikuti. Namun pada akhirnya selalu menemui kegagalan.

Wendy pun lelah, patah semangat, dan memutus-kan tak mau lagi mengikuti anjuran dokter. Sege-las wine, minuman yang dilarang dokter, dia minum sampai habis sekali tenggak. Namun tak nyana, di tengah putus asa ini dia kemudian hamil.

Saat pasangan ini mengabarkan kehamilan pada ayah Gary, Ramsey (Dennis Quaid), ternyata ayahnya juga punya kabar bahagia yang sama. Istrinya, Skyler (Brooklyn Decker) yang berumur 26 tahun, sedang mengandung anak kembar.

Sementara itu, sepupu Skyler, Rosie (Anna Ken-drick) yang punya usaha mobil makanan, hamil se-telah one night stand dengan laki-laki yang membu-ka usaha sama dengannya, Marco (Chace Crawford). Cowok ini tak lain incarannya saat SMA dulu. Kedua-nya kalut, apa langkah terbaik menyikapi kehamilan

Tap pada gambar untuk melihat video trailer What to Expect When You’re Expecting

seni & hiburan film

Judul: What to Expect When You’re ExpectingGenre:Drama, Romance, KomediSutradara: Kirk JonesSkenario:Shauna Cross, Heather Hach, Heidi Murkoff Pemain:Cameron Diaz, Matthew Morrison, J. Todd Smith, Jennifer Lopez, Ben FalconeDurasi:1 jam 50 menit

Page 92: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film

Wendy dan Gary (foto atas). Jules, pelatih program penurunan berat badan.

ini?Di waktu bersamaan, Jules (Cameron Diaz), pela-

tih program penurunan berat badan di sebuah reality show, hamil dengan mitranya, Evan (Matthew Morri-son) yang sekarang kontestan dansa selebriti. Gary dulu adalah salah satu peserta acara Jules yang berhasil turun berat badannya.

Di antara sejumlah pasangan yang hamil ujug-ujug itu, ada fotografer khusus balita, Holly (Jennifer Lo-pez), dan suaminya, Alex (Rodrigo Santoro), sedang melengkapi prosedur untuk mengadopsi bayi. Seca-ra medis, Holly tidak bisa hamil. Pasangan ini akan mengadopsi bayi dari Ethiopia.

Lalu di mana kaitan Holly dengan lainnya? Holly tak lain teman Wendy. Dan Wendy merekomendasi-kan kawannya ini ke Skyler yang datang ke tokonya untuk membeli perlengkapan bayi. Jadilah Holly se-bagai fotografer keluarga pasangan Ramsey-Skyler yang memotret pasangan ini sejak Skyler hamil hingga nanti bayi mereka lahir.

Fiuhhh, banyak sekali karakternya, panjang pula judulnya: What to Expect When You’re Expecting. Ta-buran bintang dunia dan plot yang banyak, tapi saling tersambung ini mengikuti formula drama-drama

Page 93: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film

komedi sebelumnya, seperti Valentine’s Day, He’s Not That Into You, dan Think Like a Man.

Berjajarnya bintang memang menjadi hiburan bagi mata, tapi sekaligus jadi modus menu-tupi minusnya film tipe begini, yakni tidak tergalinya masing-masing karakter. Bagaimana Ramsey yang hampir jadi ka-kek itu bisa beristri perempuan berumur 26 tahun? Apakah ha-nya karena dia mantan pemba-lap mobil yang biasa dikelilingi perempuan? Atau bagaimana sebelumnya usaha Holly agar bisa hamil hingga memutus-kan untuk adopsi saja?

Tapi untunglah, What to Ex-pect dimainkan para bintang yang sudah matang. Mereka masing-masing sudah paham betul bagaimana membawa-kan suatu karakter dalam du-rasi terbatas karena jejalan plot.

Elizabeth Banks pas benar membawakan karakter Wendy yang ingin mencitrakan kehamilan merupa-kan sebuah anugerah meski pada akhirnya tak bisa lagi menyembunyikan sisi lain menjadi perempuan hamil. Di sebuah acara bincang-bincang, sambil membuka bra-nya karena sesak, dia bilang, saat ha-mil, mood-nya jadi sering naik turun, sebal melihat suami, gerah terus-menerus, dan tidak bisa meng-ontrol buang air kecil.

Karakter Wendy yang jadi peletak alur cerita diim-

Ramsey dan istrinya yang berumur 26 tahun, Skyler, bertemu sang menantu.

Page 94: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film

bangi secara pas oleh karakter-karakter perempuan yang lain. Ambil contoh, awalnya penonton “bisa di-tipu” bahwa Holly tidak begitu sedih sebagai perem-puan mandul, tapi lihat ekspresinya saat menjemput calon anak adopsinya di Ethiopia.

Bagaimana dia pertama melihat bayi berkulit hitam berambut keriting yang digendong suster, meng-ucapkan janji dibimbing pendeta, menerima bayi itu, lantas menggendongnya. Dari seluruh adegan What to Expect, sutradara Kirk Jones mampu membuat adegan ini menjadi demikian emosional juga kli-maks, dan Jennifer Lopez cemerlang di sini.

Jones juga menyiapkan kejutan berupa “Grup Ayah”. Penonton tak mengira bakal ada bapak-ba-pak yang bertemu secara rutin di taman, sambil mendorong kereta bayi dan mencangklong tas po-pok, mereka saling curhat tentang dunia bapak yang dijalani.

Pada akhirnya, lima pasangan plus grup ayah ini bukan saja bercerita tentang indahnya mengandung dan punya anak, tapi juga tentang kebenaran univer-sal bahwa kehidupan tidak selalu memberi apa yang diharapkan. Walau bermodal cinta yang besar. (SIL/YOG)

Grup Ayah yang selalu kompak.

Page 95: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

Page 96: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

seni & hiburan film pekan ini

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

BOL BACHCHAN

Jenis Film: Drama/actionProduser: Dhillin Mehta, AjayDevgnProduksi: FOX STAR STUDIOSSutradara: Rohit Shetty

Abbas Ali (Abhishek Bachchan) tinggal di Karol Bagh, New Delhi dengan saudarinya, Sania (Asin Thottumkal). Mereka berjuang untuk mempertahankan sebuah properti leluhur dalam kasus ta-nah. Namun mereka kalah.

Page 97: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

seni & hiburan film pekan ini

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

THE AMAZING SPIDER-MAN (IMAX 3D)

Jenis Film: ActionProduser: Laura Ziskin, Avi Arad, Matt TolmachProduksi: COLUMBIA PICTURES

The Amazing Spider-Man bercerita mengenai Peter Parker (Andrew Garfield), seorang anak SMA biasa yang ditinggal orang tuanya saat masih kecil, sehing-ga ia dirawat oleh pamannya, Ben (Martin Sheen), dan bibinya, May (Sally Field). Seperti rema-ja kebanyakan, Peter berusaha mencari tahu siapa ia sebenar-nya dan bagaimana ia bisa men-jadi seperti sekarang ini.

Page 98: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

seni & hiburan film pekan ini

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

ABRAHAM LINCOLN: VAMPIRE HUNTER

Produser: Timur Bekmambetov, Jim Lemley, Tim BurtonProduksi: 20TH CENTURY FOXSutradara : Timur BekmambetovDurasi: 105 menit

Kisah Presiden Amerika ke-16 dibawa ke layar lebar untuk mengangkat kisah yang tidak per-nah terungkap. Saat ibunya dibu-nuh oleh makhluk supranatural, Lincoln membuat misinya untuk memusnahkan para zombie dan berlatih menjadi pemburu andal.

Page 99: Majalah Detik 16 Juli 2012

Majalah detik 16 - 22 juli 2012

seni & hiburan agenda

David CookSelasa 17 Juli 2012

Tennis Indoor Senayan, JakartaMerupakan kunjungan perdana David Cook

ke Indonesia. Dia berjanji akan memberikan penampilan yang istimewa di panggung.

Teater Gates: Repertoar Air17 Juli 2012 pukul 16.00 WIB dan 19.30 WIBSanggar Seni Jl. Pangeran Djayadikarta No.

59, Cilegon, BantenInfo: 087888304608/087871806135

Penampilan tambahan: monolog, puisi, tari tradisional, diskusi, tell story.

Visual art exhibition “the Dinding” by: Djunaidi Kenyut3 Juli – 3 Agustus, 2012 Orasis art GalleryJl. HR Muhammad 94. Surabaya, +6231 734 0507, +6281 3300 32 [email protected], [email protected]