kuarsit 2222

5
Laboratorium Kristalografi & Mineralogi Mineral Kuarsit Batuan metamorf adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya, protolith, oleh suatu proses yang disebut metamorfisme, yang berarti "perubahan bentuk". Protolith yang dikenai panas (lebih besar dari 150 °Celsius) dan tekanan ekstrim akan mengalami perubahan fisika dan/atau kimia yang besar. Protolith dapat berupa batuan sedimen, batuan beku, atau batuan metamorf lain yang lebih tua. Beberapa contoh batuan metamorf adalah gneis, batu sabak, batu marmer, dan skist. Batuan metamorf menyusun sebagian besar dari kerak Bumi dan digolongkan berdasarkan tekstur dan dari susunan kimia dan mineral (fasies metamorf) Mereka terbentuk jauh dibawah permukaan bumi oleh tegasan yang besar dari batuan diatasnya serta tekanan dan suhu tinggi. Mereka juga terbentuk oleh intrusi batu lebur, disebut magma, ke dalam batuan padat dan terbentuk terutama pada kontak antara magma dan batuan yang bersuhu tinggi. Penelitian batuan metamorf (saat ini tersingkap di permukaan bumi akibat erosi dan pengangkatan) Ghea Ayu Anggraeni 111.090.158 Plug 8

Upload: denny-hermawan

Post on 26-Nov-2015

45 views

Category:

Documents


4 download

TRANSCRIPT

Batuan metamorf adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya, protolith, oleh suatu proses yang disebut metamorfisme, yang berarti "perubahan bentuk"

Laboratorium Kristalografi & Mineralogi

Mineral Kuarsit

Batuan metamorf adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya, protolith, oleh suatu proses yang disebut metamorfisme, yang berarti "perubahan bentuk". Protolith yang dikenai panas (lebih besar dari 150 Celsius) dan tekanan ekstrim akan mengalami perubahan fisika dan/atau kimia yang besar. Protolith dapat berupa batuan sedimen, batuan beku, atau batuan metamorf lain yang lebih tua. Beberapa contoh batuan metamorf adalah gneis, batu sabak, batu marmer, dan skist.Batuan metamorf menyusun sebagian besar dari kerak Bumi dan digolongkan berdasarkan tekstur dan dari susunan kimia dan mineral (fasies metamorf) Mereka terbentuk jauh dibawah permukaan bumi oleh tegasan yang besar dari batuan diatasnya serta tekanan dan suhu tinggi. Mereka juga terbentuk oleh intrusi batu lebur, disebut magma, ke dalam batuan padat dan terbentuk terutama pada kontak antara magma dan batuan yang bersuhu tinggi.

Penelitian batuan metamorf (saat ini tersingkap di permukaan bumi akibat erosi dan pengangkatan) memberikan kita informasi yang sangat berharga mengenai suhu dan tekanan yang terjadi jauh di dalam permukaan bumi.Kegunaan Kuarsit adalah batuan dekoratif dan dapat digunakan untuk menutupi dinding, sebagai atap genteng, sebagai lantai, dan anak tangga. Kuarsit yang hancur kadang-kadang digunakan dalam pembangunan jalan dan pemberat rel kereta api. Tinggi kemurnian kuarsit digunakan untuk memproduksi ferrosilicon, industri pasir silika, silikon logam dan silikon karbida.Proses Tebentuknya

Kuarsit (dari Jerman Quarzit) adalah batuan metamorf yang keras yang semula batu pasir (sandstone). Sandstone diubah menjadi kuarsit melalui suhu dan tekanan biasanya berkaitan dengan kompresi tektonik dalam daerah orogenic. Kuarsit murni biasanya putih keabu-abuan, meskipun kuarsit sering terjadi dalam berbagai nuansa pink dan merah karena jumlah yang bervariasi oksida besi (Fe2O3). Warna lain, seperti kuning dan oranye, disebabkan oleh pengotor mineral lainnya. Ketika batu pasir dimetamorfosiskan ke kuarsit, butiran kuarsa individu terekristalisasi bersama dengan bahan pembentuk penyemenan untuk membentuk suatu mosaik/kepingan batuan kristal kuarsa. Sebagian besar atau semua dari tekstur asli dan struktur sedimen dari sandstone dihilangkan oleh batuan metamorf. Jumlah minor dari pembentuk bahan semen, oksida besi, karbonat dan tanah liat, sering bermigrasi selama rekristalisasi dan metamorfosis. Ini menyebabkan coretan dan lensa untuk membentuk kuarsit.Orthoquartzite adalah batu pasir kuarsa sangat murni biasanya terdiri dari butir kuarsa berpengetahuan luas disemen oleh silika. Orthoquartzite biasanya 99% adalah SiO2 dengan hanya sangat kecil jumlah oksida besi dan mineral-mineral yang sedikit resisten seperti zirkon, Rutile dan magnetite. Meskipun hanya sedikit fosil yang ada secara normal, tekstur asli dan struktur sedimen diawetkan.Kuarsit sangat resisten terhadap pelapukan kimia dan sering membentuk punggung bukit dan puncak bukit pegunungan yang resisten. Kadar silika yang hampir murni dari batuan yang memberikan batu kecil untuk membentuk tanah dari dan oleh karena itu punggung bukit kuarsit sering gundul atau hanya ditutupi dengan tanah yang sangat tipis dan sedikit vegetasi.

Terdapatnya Kuarsit

Di Amerika Serikat, formasi kuarsit dapat ditemukan di beberapa bagian Pennsylvania, timurnya Selatan Dakota, Central Texas, barat daya Minnesota, Devil's Lake State Park di Baraboo Hills di Wisconsin, Wasatch Range di Utah, dekat Salt Lake City, Utah dan sebagai tahan punggung bukit di Pegunungan Appalachian dan daerah pegunungan lainnya. Kuarsit juga ditemukan di Pertambangan tembaga Morenci di Arizona. Kota Kuarsit di barat Arizona mendapatkan namanya dari kuarsit dekat gunung-gunung di kedua Arizona dan Tenggara Californi. Sebuah kuarsit kaca telah dideskripsikan dari Belt Supergroup di Coeur d'Alene distrik utara Idaho. Di Britania Raya, sebuah bukit terjal kuarsit disebut Stiperstones (awal Ordovisium - Arenig Epoch, 500 Ma) berjalan paralel dengan Pontesford-Linley Fault 6 km utara-barat Long Shropshire Mynd di selatan.

Ghea Ayu Anggraeni

111.090.158

Plug 8