kp duri 2007

16
PROPOSAL PERMOHONAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS ANDALAS - PADANG PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA PT. MANDAU CIPTA TENAGA NUSANTARA

Upload: fandrio-permata

Post on 08-Nov-2015

54 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

KP

TRANSCRIPT

PROPOSAL KERJA PRAKTEKPT. CHEVRON GEOTERMAL INDONESIA

PROPOSAL PERMOHONAN KERJA PRAKTEKMAHASISWA TEKNIK MESINUNIVERSITAS ANDALAS - PADANG

PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIAPT. MANDAU CIPTA TENAGA NUSANTARA

Chevron Indonesia CompanySentral Senayan II Office Tower, Lantai 23Jalan Asia Afrika Nomor 8, Jakarta 10270

I. Pendahuluan

Era persaingan bebas menuntut setiap pelaku kehidupan untuk lebih meningkatkan kemampuan diri sendiri dan kelompoknya agar mampu bersaing dengan yang lain. Peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemampuan saling bekerja di dalam tim merupakan kunci keberhasilan di dalam menghadapi persaingan bebas yang telah mulai berjalan.

Mahasiswa dipersiapkan menjadi sarjana - sarjana yang terdidik serta terampil sehingga mampu untuk memecahkan berbagai permasalahan sehingga akan dihasilkan suatu tatanan baru yang mempermudah kehidupan manusia. Untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah dan memerlukan suatu kerja keras. Keterbatasan prasarana yang ada di dalam kampus merupakan salah satu kendala tersendiri yang harus dipecahkan agar dicapai lulusan yang handal. Minimnya pengalaman dan pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja yang nyata merupakan salah penghambat proses pembelajaran mahasiswa. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya korelasi yang koheren antara ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan dengan ilmu yang diperoleh di lapangan.

Salah satu usaha untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas yaitu dengan cara membekali mahasiswa dengan pengalaman kerja di lapangan sebelum mahasiswa terjun langsung ke dunia kerja. Dengan adanya pengalaman kerja praktek, mahasiswa diharapkan segera dapat mengoreksi diri sehingga segera dapat meningkatkan skill dan kemampuannya.

Dengan adanya kerja praktek di lapangan mahasiswa dapat mempelajari hal hal yang tidak didapatkan di dalam kampus. Melalui kerja praktek mahasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikan sebagian ilmunya yang telah diperoleh selama di bangku perkuliahan untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan yang berkaitan dengan bidang ilmunya. Dengan kata lain bahwa kerja praktek sangat membantu mahasiswa guna mempersiapkan dirinya untuk menjadi sarjana sarjana yang berkualitas yang siap membantu dan membangun masyarakat.

PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas (oil and gas company) memiliki berbagai macam bidang keahlian diantaranya bidang mechanical engineering yang kami pandang sesuai untuk dijadikan sebagai lokasi kerja praktek. Sebagai sebuah perusahaan yang sudah berdiri lama, tentunya problem-problem yang terjadi di dalamnya pun menjadi lebih bervariatif.

Atas pertimbangan tersebut, maka kami mengajukan permohonan untuk dapat melakukan kerja praktek diPT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA selama satu bulan. Sangat besar harapan kami untuk dapat melakukan kerja praktek di PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA agar dapat kami jadikan bekal dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

II. Dasar Pemikiran

1. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang pengetahuan yang mempelajari tentang konversi energy dan aplikasinya dimana di dalamnya tercakup segala sesuatu yang berkaitan dengan pengubahan bentuk energy selain mekanik kebentuk energy mekanik seperti engine, turbingas, turbinuap, boiler, dan lain sebagainya.2. Teknik Mesin juga mempelajari tentang mekanika fluida dimana di dalamnya juga dipelajari tentang segala peralatan yang diperlukan untuk mengubah posisi, tekanan, dan energi yang dimiliki zat alir seperti pompa, kompressor, piping, sehingga dapat diproses untuk keperluan lebih lanjut.3. Teknik Mesin sangat erat kaitannya dengan dunia industri seperti manufaktur, industri kimia, industri pertambangan sumberdaya alam.4. Pengetahuan yang diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan perlu diperkaya dengan adanya praktek lapangan yang memadai sebelum akhirnya mahasiswa terjun ke lapangan sebagai sarjana yang siap pakai.5. Kerja praktek dipandang sebagai solusi yang tepat bagi permasalahan di atas. Mahasiswa dapat terjun langsung melihat dan terlibat proses secara langsung di lapangan.6. Dasar pemikiran terakhir adalah sebagai salah satu syarat kelulusan bagi seorang sarjana Teknik di Universitas Andalas Padang.

III. Maksud dan Tujuan

1. Untuk dapat menerapkan atau mengaplikasikan ilmu - ilmu yang telah didapat selama kuliah ke dalam dunia kerja nyata.

2. Mengenal lebih jauh praktek kerja di lapangan yang masih dirasa sangat asing bagi mahasiswa Teknik Mesin. Dari pengalaman kerja praktek ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

3. Memperoleh gambaran yang lebih nyata dan pemahaman yang lebih jelas dari pemakaian mesin mesin manufaktur dan perawatan mesin - mesin yang ada, misalnya pompa, kompresor pengangkat, pengangkut dan alat berat lainnya.

4. Untuk mendapatkan masukan tentang berbagai macam permasalahan yang sering terjadi di dunia kerja, dan kemudian mencari penyelesaiannya.

5. Mendapatkan pengetahuan tambahan tentang perkembangan teknologi dan metode baru yang diterapkan dalam industri.

6. Dapat ikut membantu memecahkan persoalan-persoalan baik yang menyangkut masalah teknis maupun non teknis dalam pengaturan industri dan pemeliharaan alat-alat perusahaan.7. Mendapatkan masukan atau permasalahan yang dapat diajukan sebagai topik tugas akhir di Program Studi Teknik Mesin - Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas.

IV. Sasaran Kerja Praktek

1. Mengenal Perusahaan Waktu pelaksanaan : Minggu I ( 2015 )Kegiatan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu mengenal perusahaan. Pengenalan terhadap perusahaan dapat berupa pengenalan tata letak pabrik, pengenalan sejarah perusahaan, pengenalan visi dan misi perusahaan, pengenalan struktur organisasi perusahaan, dan pengenalan proses proses yang ada di perusahaan.

2. Kerja Praktek Lapangan ( Tugas Khusus dari Perusahaan )Waktu pelaksanaan : Minggu II dan III ( 2015 )Pada tahap ini, mahasiswa melaksanakan kerja praktek dengan cara mengerjakan tugas khusus yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan bidang ilmu yang sesuai. Mahsiswa juga dapat mempelajari proses proses yang ada di perusahaan menyangkut alat alat seperti pompa, generator uap (boiler), perpipaan (piping), atau yang lain.

3. Pembuatan LaporanWaktu pelaksanaan : Minggu IV ( 2015)Mahasiswa menyusun laporan kerja praktek sebagai bukti pertanggung jawaban terhadap segala tugas yang diberikan oleh perusahaan.

4. PresentasiLaporanKerjaPraktekWaktu pelaksanaan : Minggu IV ( 2015 )Mahasiswa melakukan presentasi laporan kerja praktek di depan pihak perusahaan. Melalui presentasi ini diharapkan adanya saran dan kritikan tentang pelaksanaan kerja praktek kami yang sangat kami perlukan guna peningkatan kualitas pembelajaran kami selanjutnya.

V. Topik Pembahasan

Topik pembahasan disesuaikan dengan kesepakatan antara pihak perusahaan dengan mahasiswa pelaksana kerja praktek.Dalam kesempatan ini sesuaidenganspesialisasiilmu yang kami miliki, maka kami mengajukandiriuntuk di tempatkan di Field Operations Maintenancedenganobjekpengamatan yang berhubunganmesin-mesin fluida seperti turbin, pompa dan kompresor, topik pembahasan yang berkaitan dengan aliran dua fasesepertikasus-kasus dalam boiler, perpipaan,dsb, atau topik pembahasan yang berkaitan dengan energi seperti pesawat pendingin dan pemanas, motor bakar dan perpindahan kalor dalam suatu industri.

VI. Metode Kerja Praktek

Metode Kerja Praktek yang akan dilakukan diantaranya ialah:

1. PerumusanMasalahPada tahap ini masalah akan di identifikasikan sesuai dengan topik yang akan dibahas serta ditentukan data yang diperlukan.

2. Pengumpulan Data Hal ini dilakukan secara langsung melalui laporan atau informasi yang diberikan perusahaan atau dengan cara studi literature melalui buku-buku.

3. Wawancara atau bertanya langsung dengan staf ahli dan karyawan maupun dengan pembimbing kerja praktek.

4. Survey lapangan/pustaka pada berbagai referensi yang berkaitan dengan batasan permasalahan yang ada.

5. Analisis DataData yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan permasalahannya untuk kemudian ditarik suatu kesimpulan.

6. Menarik kesimpulan dari permasalahan yang ada dan membuat laporan akhir pelaksanaan kerja praktek. Laporan ini kemudian dipresentasikan di depan pihak PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA.

VII. Waktu Pelaksanaan Kerja PraktekAdapunrencanauntukpelaksanaankerjapraktekiniadalah :Waktu / tanggal: 12 Januari 2015 s.d. 12 Februari 2015Tempat:PT. MANDAU CIPTA TENAGA NUSANTARADuri - RiauAtau pada lokasi, waktu, dan objek pengamatan yang lain sesuai dengan kebijakan dari HRD perusahaan.

VIII. Akomodasi dan PerlengkapanKetentuan mengenai akomodasi, tunjangan, pemberangkatan dan kedatangan mahasiswa serta kebutuhan mahasiswa selama kerja praktek selanjutnya diatur sesuai kebijaksanaan pihak PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA.

IX. Data Diri Mahasiswa dan Transkrip NilaiData diri dan transkrip nilai mahasiswa pelaksana kerja praktek terlampir

X. PenutupKesempatan yang diberikankepadamahasiswauntukmelaksanakankerjapraktek di perusahaanakanlebihmengenalkanmahasiswadenganlingkungankerja yang sebenarnya, dengandemikianketerkaitanantaralembagaPerguruanTinggidengankebutuhantenagakerjaakansemakindapatdiantisipasi. Kesempatan yang diberikan oleh pihak perusahaan dalam hal ini PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA tentunya akan dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh mahasiswa kerja praktek yang hasilnya akan disusun dalam bentuk laporan kerja praktek.

Demikian usulan ini kami ajukan, atas kesempatan yang diberikan kami ucapkan terima kasih. Semoga akan selalu terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan antara lembaga Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Andalas Padang dengan pihak PT. CHEVRON GEOTHERMAL INDONESIA.

Padang, Oktober2014Mahasiswa,

Dicky Afriandi (1110911001)

Curriculum Vitae

Pemohon 1Personal Information

Full Name:Dicky Afriandi

Place / Date of Birth:Duri / March, 17 1993

Nationality:Indonesian

Sex:Male

Religion:Islam

Marital status:Single

Address:Jl. Asrama Tribrata Gg. Kamada No.100 Duri Riau

Second Address:Jl. Koto Tuo, Limau Manih Padang

Email:[email protected]

Phone Number / HP :085272803564

Formal Educational Background

1999-2005 SDN 42 DURI Elementary School2005-2008SMPN 1 DURI Junior High School2008-2011SMAN 4 Senior High School, Major in Science2011-PresentAndalas University, Padang, West Sumatera, Indonesia Student of Undergraduate Program in Mechanical Engineering, Faculty of Engineering

Non Formal Educational Background

2013-2014English Conversation Course at ELS (English Language School) Padang

Experiences

May 2012-PresentMember of Mechanical Engineering Student Association2013-PresentMember of BEM-KM Engineering Department Andalas University2013-PresentAssistant of Conversion Energy Laboratory, Mechanical Engineering Departement2013-PresentAssistant of Cooling Techniques, Mechanical Engineering Department

Training and Seminar

Leadership Training LKMM-TD (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) Committee Industrial Comprehensive at PLTU Teluk Sirih PT. PLN (Persero) Training of Lubricant and Lubrications Technology PT. PERTAMINA Lubricants Seminar and Workshop Fuel Injection Technology on Yamaha Motorcycles

Skill

Software SkillsMicrosoft OfficeAuto CAD 2007Autodesk Inventor 2013 Language SkillsIndonesiaNativeEnglishFluentDemikiandaftarriwayathidupinisayabuatdengansebenar-benarnya, semogadapatdigunakansebagaimanamestinya.

Padang, Oktober 2014

Dicky Afriandi1110911001

8Proposal Kerja Praktek di PT Chevron Pacific Indonesia