jawaban uts april 2015

2
JAWABAN UTS APRIL 2015 1. A.Biaya historis akuntansi bertujuan untk memberikan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan ekonomi diambil berarti memberikan informasi tentang fungsi kepengurusan manajemen, meskipun penting, ini relatif sempit interpretasi sejarah objectif dari akuntansi yang lain. Peran akuntansi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan pengguna informasi untuk pengambilan keputusan. Biaya historis tidak cukup untuk mengevaluasi keputusan bisnis. saat perolehan aktiva tetap, biaya historis mereka relevan karena merujuk kepada peristiwa saat ini. Current cost : Tujuan dari akuntansi biaya sekarang adalah sistem akuntansi dimana aset dinilai berdasarkan harga beli dan keuntungan pasar saat ini ditentukan oleh alokasi dengan biaya saat ini Exit price : Akuntansi keluar harga merupakan sistem akuntansi yang menggunakan harga jual pasar untuk mengukur posisi keuangan perusahaan dan kinerja keuangan. membuat perbedaan penting antara pengukuran dan penilaian. pengukuran mendapatkan harga obyektif dan independen dari pengukur (akuntan), sedangkan penilaian berkaitan dengan ekspektasi manfaat masa depan yang bisa dihasilkan oleh aset yang mendasari. 2. F 3. Pengukuran yang andal, ialah pengukuran yang mengandung unsur konsistensi, konsisten ini berarti dapat diulang atau dapat dihasilkan serta pengukuran memenuhi unsur presisi. Pengukuran yang reliable setidaknya memenuhi dua aspek: akurasi dan kepastian dalam pengukuran; serta representatif faithfullness. Akurasi pengukuran, artinya seberapa dekat pengukuran dengan nilai sebenarnya dari atribut pengukuran. Contoh : 4. Ada 3 kriteria atau pihak atau sumber yang memiliki wewenang dalam menentukan kebenaran atau suatu teori, yaitu: 1. Dogmatic ( kebenaran nya ) Suatu pernyataan atau teori dapat dikatakan benar jika disampaikan oleh pihak-pihak yang memang pada dasarnya memiliki wewenang (otoritas) untuk menyampaikan kebenaran tersebut. Kebenaran atas pernyataan ini tidak perlu lagi diuji. Keyakinan pada kebenaran ini hanya berdasar pada kepercayaan, keyakinan, atau iman seseorang. 2. Self Evidence ( bukti diri sendiri ) Kebenaran dari sutu pernyataan atu teori dibuktikan lewat pengetahuan umum, pengamatan, atau pengalaman. Disini kebenaran dari suatu pernyataan atau teori akan terbukti dengan sendirinya.

Upload: ianpratama20

Post on 12-Jan-2016

24 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

1. A.Biaya historis akuntansi bertujuan untk memberikan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan ekonomi diambil berarti memberikan informasi tentang fungsi kepengurusan manajemen, meskipun penting, ini relatif sempit interpretasi sejarah objectif dari akuntansi yang lain. Peran akuntansi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan pengguna informasi untuk pengambilan keputusan. Biaya historis tidak cukup untuk mengevaluasi keputusan bisnis. saat perolehan aktiva tetap, biaya historis mereka relevan karena merujuk kepada peristiwa saat ini.Current cost : Tujuan dari akuntansi biaya sekarang adalah sistem akuntansi dimana aset dinilai berdasarkan harga beli dan keuntungan pasar saat ini ditentukan oleh alokasi dengan biaya saat ini

TRANSCRIPT

Page 1: Jawaban Uts April 2015

JAWABAN UTS APRIL 20151. A.Biaya historis akuntansi bertujuan untk memberikan informasi yang berguna bagi

pengambilan keputusan ekonomi diambil berarti memberikan informasi tentang fungsi kepengurusan manajemen, meskipun penting, ini relatif sempit interpretasi sejarah objectif dari akuntansi yang lain. Peran akuntansi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan pengguna informasi untuk pengambilan keputusan. Biaya historis tidak cukup untuk mengevaluasi keputusan bisnis. saat perolehan aktiva tetap, biaya historis mereka relevan karena merujuk kepada peristiwa saat ini.

Current cost : Tujuan dari akuntansi biaya sekarang adalah sistem akuntansi dimana aset dinilai berdasarkan harga beli dan keuntungan pasar saat ini ditentukan oleh alokasi dengan biaya saat ini

Exit price : Akuntansi keluar harga merupakan sistem akuntansi yang menggunakan harga jual pasar untuk mengukur posisi keuangan perusahaan dan kinerja keuangan. membuat perbedaan penting antara pengukuran dan penilaian. pengukuran mendapatkan harga obyektif dan independen dari pengukur (akuntan), sedangkan penilaian berkaitan dengan ekspektasi manfaat masa depan yang bisa dihasilkan oleh aset yang mendasari.

2. F3. Pengukuran yang andal, ialah pengukuran yang mengandung unsur konsistensi, konsisten ini

berarti dapat diulang atau dapat dihasilkan serta pengukuran memenuhi unsur presisi. Pengukuran yang reliable setidaknya memenuhi dua aspek: akurasi dan kepastian dalam pengukuran; serta representatif faithfullness. Akurasi pengukuran, artinya seberapa dekat pengukuran dengan nilai sebenarnya dari atribut pengukuran.Contoh :

4. Ada 3 kriteria atau pihak atau sumber yang memiliki wewenang dalam menentukan kebenaran atau suatu teori, yaitu:1. Dogmatic ( kebenaran nya )

Suatu pernyataan atau teori dapat dikatakan benar jika disampaikan oleh pihak-pihak yang memang pada dasarnya memiliki wewenang (otoritas) untuk menyampaikan kebenaran tersebut. Kebenaran atas pernyataan ini tidak perlu lagi diuji. Keyakinan pada kebenaran ini hanya berdasar pada kepercayaan, keyakinan, atau iman seseorang.

2. Self Evidence ( bukti diri sendiri )Kebenaran dari sutu pernyataan atu teori dibuktikan lewat pengetahuan umum,

pengamatan, atau pengalaman. Disini kebenaran dari suatu pernyataan atau teori akan terbukti dengan sendirinya.

3. Scientific ( ilmiah )Kebenaran dari suatu pernyataan atau teori dibuktikan lewat metode ilmiah. Scientific

method meliputi beberapa tahap, yaitu: Mengidentifikasi masalah yang akan diteliti Membuat hipotesa Mengumpulkan data yang diperlukan untuk pengujian hipotesa Menganalisis dan mengevaluasi data yang terkait dengan hipotesa Menarik kesimpulan