indonesian oil palm & refinery directory, 2012

Upload: central-data-mediatama

Post on 16-Oct-2015

73 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

Directory ini memuat lebih kurang 1.500 perusahaan kelapa sawit, baik industri hilir maupun industri hulu yang tersebar di tanah air, sehingga Directory ini pantas anda miliki sebagai referensi utama untuk meningkatkan kinerja perusahaan anda.

TRANSCRIPT

  • etelah sukses menerbitkan Indonesian PALM OIL Directory tahun 2010 lalu, yang mendapat response sangat positive dari kalangan industri

    kelapa sawit, industri pupuk, industri kimia, industri alat berat, truk dan angkutan, industri perbankan dan industri pendukung lainnya. Directory ini dinilai banyak membantu meningkatkan kinerja mereka, disamping itu banyak investor baru dari dalam dan luar negeri yang mencari perkebunan dan pabrik kelapa sawit juga menemukannya di Directory ini, sehingga kami merasa bangga karena CDMI ikut berperan dalam meningkatkan industri kelapa sawit dalam negeri dan ternyata Directory ini dijadikan sebagai referensi utama. Dengan semakin berkembangnya industri Kelapa Sawit di dalam negeri yang juga diikuti dengan berkembangnya industri pendukung lainnya, maka semakin banyak investor tergiur untuk masuk ke sektor ini, sehingga membuat PT. CDMI kembali menerbitkan Indonesian OIL PALM & REFINERY Directory, 2012 yang tentu saja banyak mengalami perubahan baik dari jumlah perusahaan yang yang dimuat maupun akurasi data yang ditampilkan, sehingga Directory ini lebih sempurna dibanding sebelumnya. Menurut investigasi yang dilakukan CDMI, industri kelapa sawit dalam negeri banyak yang mengajukan izin ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk meningkatkan kapasitas produksinya, terbanyak berada di daerah Sumatera, Kalimantan, Papua dan juga daerah lainnya, investigasi tersebut juga menemukan banyak sekali terjadi akuisisi terhadap perkebunan kelapa sawit maupun pabrik kelapa sawit sehingga merubah kepemilikannya.

    Indonesia patut berbangga, hasil Investigasi tersebut juga menemukan bahwa, semakin banyak perusahaan kelapa sawit yang menyadari pentingnya menjalankan bisnis kelapa sawit yang berkelanjutan dengan memperhatikan lingkungan dan keanekaragaman hayati, banyak diantara perusahaan perusahaan tersebut telah menerima sertifikat Rountable Suistainable Palm Oil (RSPO) dan berbagai sertifikat lainnya dari lembaga yang berkompeten baik dari dalam dan luar negeri. Directory ini memuat lebih kurang 1.500 perusahaan kelapa sawit, baik industri hilir maupun industri hulu yang tersebar di tanah air, sehingga Directory ini pantas anda miliki sebagai referensi utama untuk meningkatkan kinerja perusahaan anda. Directory ini hanya dijual secara ekslusif di CDMI dan hanya dapat dipesan langsung ke bagian marketing dengan Ibu Tina melalui telepon nomor (021) 3193 0108-09 atau melalui Fax di nomor (021) 3193 0102 dan melalui e-mail: [email protected] dengan harga sangat special US$ 420. Demikian penawaran kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih. Hormat kami, Muslim M. Amin

    ...........................................................................................................................................

    S

    P.T.CENTRALDATAMEDIATAMAINDONESIAAGPBuilding,2ndFloorJl.PegangsaanTimurNo.1CikiniJakarta10320

    Phone:(021)31930108 9Fax:(021)31930102Email:[email protected]:www.cdmione.com

    our creative data for your partners

    Indonesian OILPALM&REFINERYDirectory,2012

    Posisi :

    eksemplar

    Tanggal : // TandaTangan :

    :

    :

    :

    :

    Harga: US$420

    Check/BankDraft KirimkanInvoice

    :

    :

    Nama(Mr/Mrs/Ms)

    NamaPerusahaan

    Email

    MohonKirimkan

    Alamat

    Telepon/Fax

    Berikantanda

    Catatan:Luarnegeriditambahongkoskirim

    [email protected]

  • CDMI

    IndonesianOILPALM&REFINERYDirectory,2012 i

    ndonesiamemilikiperananyangsangatpentingpadaindustrikelapasawitdunia,baikdisektor hulu dan sektor hilirnya, kemajuan Indonesia dalam industri ini sangatfantastis, kondisi inilah yang membuat perkebunan kelapa sawit dalam negeri terustumbuhdanmenemukanmasa keemasannya, hingga saat ini luas perkebunan kelapa

    sawitIndonesiatelahmencapailebihdari8jutahektar.

    MenurutinvestigasiyangdilakukanCDMI,adasekitar100groupperusahaankelapasawitdi Indonesia telah menikmati manisnya industri ini, mereka menguasai industri hilir denganmenguasaihinggaratusanribuhektarperkebunankelapasawitdanjugamenguasaiindustrihuludengan berbagai produk Oleochemicalnya, sehingga menjadikan mereka sebagai miliardermiliarderbarupadaindustriini.

    Indonesia patut berbangga, karena banyak diantara group perusahaan tersebut telah

    memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap kelestarian lingkungan dan keanekaragamanhayati,merekamenjalankan bisnis kelapa sawit yang berkelanjutan, sehingga banyak diantaramerekatelahmenerimasertifikatRoundtableSustainablePalmOil(RSPO)danberbagaisertifikatlainnyadarilembagayangberkompetenbaikdaridalamdanluarnegeri.

    Menurut survey yang dilakukan CDMI, banyak Group perusahaan kelapa sawit yang

    menjalankan praktik budidaya kelapa sawit secara lestari, yang berkomitmen kuat padalingkungandankeanekaragamanhayati,diantaranyaadalahSMARTGroup,perusahaaniniselalumengedepankan aspek lingkungan dalampengelolaan semua perkebunan yang dimiliki hinggaproses pengolahan menjadi minyak sawit dan minyak inti sawit. Perusahaan ini juga telahberkomitmen tidak menanam kelapa sawit pada areal lahan gambut. Dengan komitmen kuattersebutSMARTGroupmenerimaberbagaipenghargaan.

    ASTRA AGRO LESTARI GROUP, juga telah menerapkan kriteria hijau dalam setiap

    operasinya jauh sebelum munculnya isuisu lingkungan akhirakhir ini, perusahaan ini telahmenjalankan praktik budidaya kelapa sawit secara lestari, sehinggamemiliki kinerja dibidanglingkunganyang sangatmembanggakandenganberbagaipenghargaanyangditerimabaikdaridalammaupunluarnegeri.

    ANJAGRIGROUP,perusahaanyangdipimpinolehMr.GeorgeSantosaTahijainijugasangat

    peduli akan kelestarian lingkungan dalam setiap membuka perkebunan baru oleh anakperusahaannya, ini terlihatdaribeberapaanakperusahaannyasepertiPT. SahabatMewahdanMakmurtelahmemperolehsertifikatRSPObeberapatahunlaludanakanberlanjutdengananakperusahaanlainnya.

    BWPLANTATIONGROUP,perusahaan ini sangatberkomitmenkuat terhadap lingkungan

    dengan menjadi anggota Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) beberapa tahun lalu,perusahaan ini telahmenjalankan praktik budidaya kelapa sawit dengan programGPS (green,profit, safety). Berkat kinerja yang terus meningkat tahun 2011 lalu perusahaan ini tumbuhsangatpesat.

    I

  • CDMI

    ii IndonesianOILPALM&REFINERYDirectory,2012

    SALIMIVOMASGROUP,adalahperusahaanyangsangatpeduliakankelestarianlingkungan,berkat kerja keras yang tiada henti perusahaan ini, melalui anak usahanya PP LONSUM telahmenerima sertifikasi RSPO untuk beberapa perkebunan dan pabrik kelapa sawitnya jauhsebelumperusahaanlainmemikirkannya.

    CARGILL,perusahaanagro industriasalAmerikaSerikatmelaluianakusahanyaCARGILL

    TROPICAL PALM (CTP) HOLDINGS PTE LTD, telah lama menjalankan bisnis kelapa sawit diIndonesia, melalui PT. HINDOLI dan PT. HARAPAN SAWIT LESTARI, perusahaan ini telahmenjalankan bisnis kelapa sawit yang berkelanjutan, perusahaan ini berkomitmen kuat selalumenjagalingkungandalamsetiapoperasionalnyadanditargetkanpadatahun2020perusahaaninitelahmensuplai100persenminyaksawitlestari.

    MUSIMMASGROUPadalahperusahaankelapasawitpertamadiIndonesiayangmenerima

    sertifikasiRountableSustainableofPalmOil(RSPO)darilembagasertifikasiControlUnionWorldGroup, melalui anak usahanya PT. Megasurya Mas berlokasi di Pelalawan, Riau. RSPO yangditerima untuk enam lokasi perkebunan yang luas seluruhnya mencapai 28.336 ha. Dengansertifikasi iniMM telahmembuktikanmemiliki standaroperasiyang tinggiuntukmenjalankanindustrikelapasawityangberkelanjutan.

    TheASIANAGRIGroup,melaluianakusahanyaP.T.IntiIndosawitSuburtelahmengajukan

    aplikasi untuk memperoleh sertifikat RSPO untuk pabriknya yang di Jambi seluas 5.781 hadengan produksi Buah Tandan Segar (TBS) 250.000 ton, Kedepannya semua anak usaha akanmengikuti langkah ini. Tahun 2009 lalu Asian Agri juga turutmembantu program pemerintahdengan memproduksi minyak goreng kemasan sederhana minyakita dengan harga murahsebanyak200.000literperbulan,penyalurannyaselainkeJakartajugadiRiaudanJambi.

    The SIME DARBY Group juga terus berusaha meningkatkan jumlah produksi CPO

    bersertifikatRSPO(RoundtableonSustainablePalmOil),saatinidaritotalproduksiCPOsebesar2,1jutatonpertahun,1jutatondiantaranyatelahbersertifikatyangberasaldari27unitstrategicoperasional,hinggaakhir2011diharapkansebanyak63unitakanmenerimasertifikasiRSPO.

    BerkatkerjakerasyangterusmenerusdibawahkepemimpinanMr.Ir.AmriSiregar,PTPN

    III adalahBUMNpertamayang telahmenerima sertifikasiRSPO (Roundtable SustainablePalmOil) yaitu sertifikasidalampengelolaanbisniskelapa sawit yangberkelanjutan.Perusahaan inijugasuksesmenerapkanprinsip3P(People,Planet,Profit).

    Masih banyak Group perusahaan kelapa sawit dalam negeri yang sangat peduli pada

    lingkungan dan keanekaragaman hayati dalam menjalankan bisnis kelapa sawit, seperti TheBAKRIE PLANTATION GROUP, The SUNGAI BUDI Group, The SAMPOERNA AGRO Group, TheCILIANDRYANKYABADIGroup,TheINCASIRAYAGroup,TheDUTAPALMAGroup,TheGOZCOPLANTATION Group, The TRIPUTRA AGRO PERSADA Group, The ASIAN AGRI Group, ThePERMATAHIJAUSAWITGroup,TheLYMANGroup,TheMAKINGroup,TheBENUAINDAHGroup,TheKORINDOGroup,TheSIPEFGroup,TheARGOMANUNGGALdangroupgrouplainnyayangmempunyaikomitmenkuatterhadapkelestarianlingkungandankeanekaragamanhayatidalammenjalankanbisniskelapasawityangberkelanjutan.

  • CDMI

    S A M P L E

    SALIM IVOMAS PRATAMA Tbk., PT.

    A d d r e s s

    Head Office

    Sudirman Plaza

    Indofood Tower, 11th Floor

    Jl. Jenderal Sudirman Kav. 76 - 78

    Jakarta 12910DKI Jakarta

    Phones - (021) 57958822 (hunting)

    Fax. - (021) 57937603

    Web : www.indofoodagri.com

    FactoryWisma BIMOLIJalan Jembatan III Block FGJakarta 14440Phones - (021) 6691522 (hunting)Fax - (021) 6696595PO Box - 2816 JKT 10001

    Name of Plantation & LocationSUNGAI DUA- Deli Serdang, North Sumatera- Rokan Hilir, Bengkalis, Riau- Kota Bitung, North Sulawesi- Donggala, Central Sulawesi- Jakarta Utara, DKI Jakarta- Surabaya, East JavaTotal Area - 545,000 Ha- Oil Palm - 242,000 Ha- Oil Palm/Planted - 205,000 Ha.- Other Planted - 37,000 Ha- Rubber - 21,000 Ha.

    Date of Establishment

    12 August 1992 as PT IVOMAS PRATAMA 24 February 1994 as PT SALIM IVOMAS PRATAMA 14 December 2010 as PT SALIM IVOMAS PRATAMA

    Tbk.

    Started Operation

    2007 as PMA2010 as Tbk.2011 as PMDN

    Legal Status

    PT Tbk. (Public Listed Company)

    Category

    National Private and Domestic Investment (PMDN)Company

    P e r m i t s

    The Capital Investment Coordinating Board- No. 13/V/PMA/2007

    Dated 11 January 2007- No. 19/II/PMA/2007

    Dated 19 January 2007

    - No. 14/1/I/PMDN/2011Dated 10 March 2011

    Lines of Business

    - Oil Palm Plantation & Refinery

    - Trading, Distributor & Consultancy Management

    Production Capacity

    Initial

    Rokan Hilir :* Fresh Fruit Bunches - 607,395 tons p.a.* Crude Palm Oil (CPO) - 133,627 tond p.a.* Palm Kernel (PK) - 30,370 tons p.a.Deli Serdang :* RBD Palm Olein(Oil Cooking) - 116,668 tons p.a.* RBD Palm Stearin - 25,760 tpns p.a.* Palm Fatty Acid Distilate (PFAD) - 10,910 tons p.a.* Crude Stearin - 11,550 tons p.a.* RBDPO - 124,080 tons p.a* Margarine - 80,000 tons p.a.DKI Jakarta :* RBD Palm Olein(Oil Cooking) - 215,200 tons p.a.* RBD Palm Stearin - 97,200 tons p.a.* Margarine - 211,000 tons p.a.

    Expansion (DKI Jakarta)

    * RBD Palm Olein(Oil Cooking) - 435,989 tons p.a.* Palm Fatty Acid Distilate (PFAD) - 36,021 tons p.a.* RBD Palm Olien - 207,800 tpns p.a.* RBD Palm Stearin - 129,000 tpns p.a.* Margarine - 208,500 tons p.a.* Consultancy /Trading & Distributor Services - Rp. 1,179

    billionSurabaya, East Java :* RBD Palm Olein(Oil Cooking) - 334,750 tons p.a.* RBD Palm Stearin - 120,750 tons p.a.* Margarine - 156 tons p.a.* Hydrogeneted Oli & Fat - 30,000 tons p.a.* Bottles (Pet Bottle) - 65,000,000 tons p.a.* Cup Bottles - 65,000,000 tons p.a.

    Expansion (Surabaya)

    * RBD Palm Oil - 397,000 tons p.a.* Palm Fatty Acid Distilate (PFAD) - 19,000 tons p.a.* RBD Palm Olein(Oil Cooking) - 165,000 tons p.a.* RBD Palm Stearin - 72,600 tons p.a.Bitung :* Cooking Oil - 13,815 tons p.a.* Fresh Cooking Oil - 105,000 tons p.a.* Coconut Oil - 55,260 tons p.a.* Refined Bleached & Deodorized Palm Oil

    (RBDPO) - 128,340 tons p.a.* Refined Bleached & Deodorized Coconut Oil

    (RBDCNO) - 66,960 tons p.a.* RBD Palm Olien - 69,300 tons p.a.* RBD Palm Stearine - 20,700 tons p.a.* Palm Fatty Acid distilate/PFAD

    (Palminic) - 6,900 tons p.a

    SALIM IVOMAS PRATAMA Tbk., PT.

    Indonesian OIL PALM & REFINERY Directory, 2012 .

  • CDMI

    SALIM IVOMAS PRATAMA Tbk., PT.

    . Indonesian OIL PALM & REFINERY Directory, 2012

    * Palm Fatty Acid distilate/PFAD(Lauric) - 3,600 tons p.a

    * Palm Kernel Oil (PKO) - 19,125 tons p.a.* Palm Kernel Meal (PK Meal) - 22,950 tons p.a.* Cooking Oil Coconut - 13,815 tons p.a.* Bath Soaps - 300 tons p.a.* Wash Soaps - 900 tons p.a.* Pellet - 86,730 tons p.a.

    Expansion (Bitung)

    * Fresh Cooking Oil - 120,000 tons p.a.

    * Coconut Fatty Acid Distilate - 11,000 tons p.a.

    * Refined Bleached & Deodorized Palm Oil

    (RBDPO) - 80,000 tons p.a.

    * Palm Fatty Acid Distilate (PFAD) - 5,000 tons p.a.

    * RBD Palm Olein(Oil Cooking) - 140,000 tons p.a.

    Parigi Moutong Donggala :

    * Coconut Oil - 57,560 tons p.a.

    * Fresh Coconut Oil - 6,000 tons p.a.

    * Fresh Coconut Oil (Expansion) - 55,260 tons p.a.

    * Copra - 18,900 tons p.a.

    * Pellet - 32,600 tons p.a.

    * Distributor Oil Products - Rp. 40,000 million

    * Export Oil Products - Rp. 5,000 million

    * Import Oil Product - Rp. 200,000 million

    * Distributor - Rp. 5,900 million

    * Import Oil Product Etc. - Rp. 2,500 million

    Market

    Domestic & Export

    Shareholder(s)

    Indofood Agri Resources Ltd., of Singapore - 72,00%

    PT Indofood Sukses Makmur Tbk. - 6,40%

    Others including publics - 21,60%

    Capitalization

    Authorized Capital Rp. 3,500,000,000,000Issued Capital Rp. 3,162,262,000,000Paid Up Capital Rp. 3,162,262,000,000

    Total Investment

    Owned Capital - Rp. 588,066 milion (PlantationRohan Hilir)

    Owned Capital - Rp. 50,924 milion (Industry RohanHilir)

    Owned Capital - Rp. 138,877 million (Deli Serdang) Owned Capital - Rp. 148,552 million (Jakarta) Owned Capital - Rp. 2,823,7 billion (Jakarta

    Expansion) Owned Capital - Rp. 282,436 million (Surabaya) Owned Capital - Rp. 942,496 million (Surabaya

    Expansion) Owned Capital - Rp. 274,702 million (Bitung) Owned Capital - Rp. 397,613 million (Bitung

    Expansion) Owned Capital - Rp. 23,688 million (Parigi) Owned Capital - Rp. 37,400 million (Parigi Expansion)

    Total Asset :

    - 2009 - Rp. 18,311.6 billion

    - 2010 - Rp. 21,063.7 billion

    - 2011 - Rp. 24,693.5 billion (June)

    B a n k e r (s)

    - PT. Bank CENTRAL ASIA Tbk.

    - PT. Bank MANDIRI Tbk.

    - PT. Bank NASIONAL INDONESIA Tbk.

    Total Employees

    9,378 persons

    Board of Commissioner(s)

    President Commissioner - Mr. Tjhie Tje Fie

    Commissioner(s) - Mr. Axton Salim

    Board of Director(s)

    President Director - Mr. Mark Julian Wakeford

    V. P. Director - Mr. Paulus MoleonotoDirector(s) - Mr. Gunadi

    Mr. Suaimi SuriadyMr. Johny PontoMr. Drs. Soenardi WinartoMr. Sugih Wanasuria

    Associated Companies

    Member of the INDOFOOD Group

    R e m a r k s

    In Production

    ***