id_abstrak-20393591

1
Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Tugas Akhir Spesialis Efek perawatan hiperpigmentasi gingiva dengan bur diamond dan laser dioda = Efek perawatan hiperpigmentasi gingiva menggunakan bur diamond dan laser dioda Luki Tri Hariati Deskripsi Lengkap: http://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20393591&lokasi=lokal ------------------------------------------------------------------------------------------ Abstrak Latar belakang: Pigmentasi melanin sering terjadi pada gingiva sebagai hasil dari deposisi melanin yang berlebihan (hiperpigmentasi). Kelainan ini secara klinis tidak menimbulkan masalah medis, tetapi secara estetis akan menimbulkan masalah. Perawatan hiperpigmentasi gingiva dapat dilakukan dengan menggunakan bur diamond dan laser dioda. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecepatan peyembuhan dan rasa sakit akibat perawatan hiperpigmentasi gingiva dengan menggunakan bur diamond dan laser dioda. Metode: 19 subjek dilakukan depigmentasi gingiva dari premolar kedua ke incisivus pertama kiri dengan menggunakan diamond bur dan laser dioda pada sebelah kanan. Parameter klinik yang dicatat adalah rasa sakit dan kecepatan penyembuhan. Rasa sakit dilihat dengan melakukan evaluasi menggunakan Visual Analoque Scale (VAS) pada hari pertama dan minggu pertama, sementara kecepatan penyembuhan dievaluasi 1, 2 dan 3 minggu setelah tindakan depigmentasi dengan menggunakan kriteria yang diberikan oleh Pressure, Ulcer, Scale, Healing (PUSH). Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa penyembuhan lebih cepat setelah menggunakan laser dioda dibandingkan diamond bur. Kesimpulan: Terdapat perbedaan rasa sakit pada depigmentasi gingiva dengan bur diamond dan laser dioda.

Upload: maisy

Post on 12-Sep-2015

218 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Hhhh

TRANSCRIPT

  • Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Tugas AkhirSpesialis

    Efek perawatan hiperpigmentasi gingiva dengan bur diamond dan laserdioda = Efek perawatan hiperpigmentasi gingiva menggunakan burdiamond dan laser diodaLuki Tri HariatiDeskripsi Lengkap: http://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20393591&lokasi=lokal ------------------------------------------------------------------------------------------

    Abstrak

    Latar belakang: Pigmentasi melanin sering terjadi pada gingiva sebagaihasil dari deposisi melanin yang berlebihan (hiperpigmentasi). Kelainan ini secaraklinis tidak menimbulkan masalah medis, tetapi secara estetis akan menimbulkanmasalah. Perawatan hiperpigmentasi gingiva dapat dilakukan denganmenggunakan bur diamond dan laser dioda. Tujuan: Penelitian ini bertujuanuntuk melihat kecepatan peyembuhan dan rasa sakit akibat perawatanhiperpigmentasi gingiva dengan menggunakan bur diamond dan laser dioda.Metode: 19 subjek dilakukan depigmentasi gingiva dari premolar kedua keincisivus pertama kiri dengan menggunakan diamond bur dan laser dioda padasebelah kanan. Parameter klinik yang dicatat adalah rasa sakit dan kecepatanpenyembuhan. Rasa sakit dilihat dengan melakukan evaluasi menggunakan VisualAnaloque Scale (VAS) pada hari pertama dan minggu pertama, sementarakecepatan penyembuhan dievaluasi 1, 2 dan 3 minggu setelah tindakandepigmentasi dengan menggunakan kriteria yang diberikan oleh Pressure, Ulcer,Scale, Healing (PUSH). Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa penyembuhanlebih cepat setelah menggunakan laser dioda dibandingkan diamond bur.Kesimpulan: Terdapat perbedaan rasa sakit pada depigmentasi gingiva denganbur diamond dan laser dioda.