fungsi t ik

Download Fungsi t ik

Post on 17-Aug-2015

10 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Perangkat TIK
  2. 2. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
  3. 3. intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya
  4. 4. Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb
  5. 5. Pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas
  6. 6. Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna
  7. 7. Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan)
  8. 8. Internet (kependekan dari interconnection- networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
  9. 9. 1)Presentasi Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer atau notbook dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi, diantaranya: (a) Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan. (b) Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa. (c) Perbanyak memasukkan gambar dan animasi (d) Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.
  10. 10. Demonstrasi Demontrasibiasanyadigunakanuntukmenampilkan suatukegiatandidepankelas,misalnyaeksperimen.Kita bisamembuatsuatufilmcara-caramelakukansuatu kegiatan,misalnyacaramelakukanpenghitungandalam matematikaatautatacarapraktektertentuyangbenar ataumengambilsebagiankegiatanyangpenting. Sehinggadengancarainisiswabisakitaarahkanuntuk melakukankegiatanyangbenarataumengambil kesimpulandarikegiatantersebut.Caralainadalah memanfaatkanmediainternet,kitabisamenampilkan animasiyangberhubungandenganmateriyangkita ajarkan(meskipuntidaksemuanyatersedia).
  11. 11. Virtual experiment Maksuddarivirtual experimentdisiniadalah suatukegiatanlaboratoriumyang dipindahkandidepankomputer.Anakbisa melakukanbeberapaeksperimendengan memanfaatkansoftwarevirtual
  12. 12. Kelasvirtual(Virtual Class) Maksudkelasvirtualdisiniadalahsiswa belajarmandiriyangberbasiskanweb. Dengandemikiangurujugamemperoleh kemudahandalammemeriksatugasdan menilaihasilpembelajaransiswa.
  13. 13. Internetmenawarkansuatuproses psikoterapisyangmenggunakansuatumedia komunikasiyangbaru,dimanamelaluimedia tersebutmerekadapatmemberikan intervensipsikoterapiitulahyangdisebut denganE-counselingataue-mail counseling.
  14. 14. sebuahbentukteknologiinformasiyangditerapkandi bidangpendidikandalambentuksekolahmaya.E- learningmerupakandasardankonsekuensilogisdari perkembanganteknologiinformasidankomunikasi. Dengane-learning,pesertaajar(learnerataumurid) tidakperlududukdenganmanisdiruangkelasuntuk menyimaksetiapucapandariseoranggurusecara langsung.Siswadapatmengikutipembelajaransecara jarakjauhdenganmemanfaatkaninternet.
  15. 15. Perpustakaan digital (Inggris: digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.
  16. 16. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
  17. 17. Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan
  18. 18. Ketercapaian tujuan layanan Pemilihan materi layanan Penggunaan metode layanan Penggunaan sumber belajar
  19. 19. Alat pengukur ini harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan dari materi-materi pembelajaran yang disajikan. Bentuk alat pengukurnya bisa dengan tes, pengamatan, penugasan atau cheklist prilaku.