format rkas tahun 2014

34
INVENTARISASI REKOMENDASI ATAS HASIL ANALISIS KONTEK SEKOLAH : ....................... ALAMAT : ....................... No Program kegiatan Katagori Perlu 1 1. STANDAR ISI SKORE 5 4 3 2 1 2. STANDAR PROSES 2 3 4 5 1 3. KOMPETENSI LULUSAN Standar Nasional Pendidikan Rekomendas i (Skor) Sangat perlu Cukup perlu 1.1. Kesesuaian dan relevansi Kurikulum 1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. 1.1.3. Penyusunan rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. 1.2. Penyediaan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik 1.2.1. Penyediaaan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 1.2.2. Penyediaan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 2.1. Kesesuaian /relevansi Silabus dengan standar Proses 2.1.1. Pengembangan Silabus berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP. 2.1.2. Pengembangan Silabus oleh guru secara mandiri atau berkelompok. 2.2. Rancangan RPP untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2.2.1. Penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. 2.2.2. Penyusunan RPP yang memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. 2.3. Penyediaan Sumber belajar yang dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 2.3.1. Penyediaan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar 2.3.2. Penyediaan Buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar bagi Guru untuk membantu dan memotivasi peserta didik. 2.4. Penggunaaan metode Pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik 2.4.1. Pelaksanaaan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 2.4.2. Pelaksanaan Pembelajaran yang bermanfaat bagi Para peserta didik untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta konfirmasi melalui pendekatan Saintifik 2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2.5.1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. 2.5.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas. 3.1. Pencapaian 3.1.1. Pencapaian target yang ditetapkan SKL.

Upload: hasdar-okay

Post on 14-Dec-2015

84 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

Format rencana kerja dan anggaran sekolah tahun 2014 yang terbaru

TRANSCRIPT

Page 1: Format Rkas Tahun 2014

INVENTARISASI REKOMENDASI ATAS HASIL ANALISIS KONTEK EDS

SEKOLAH : .......................ALAMAT : .......................

No Program kegiatanKatagori

Perlu

1

1. STANDAR ISI SKORE 5 4 3 2 1

2

1

2. STANDAR PROSES

2

3

4

5

1

Standar Nasional Pendidikan

Rekomendasi

(Skor)

Peringkat Prioritas

Sangat perlu

Cukup perlu

Belum perlu

Tidak perlu

1.1. Kesesuaian dan relevansi Kurikulum

1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan1.1.2. Penyusunan Kurikulum yang mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

1.1.3. Penyusunan rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

1.2. Penyediaan kebutuhan pengembangan pribadi

peserta didik

1.2.1. Penyediaaan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

1.2.2. Penyediaan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

2.1. Kesesuaian /relevansi Silabus dengan standar

Proses

2.1.1. Pengembangan Silabus berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.2.1.2. Pengembangan Silabus oleh guru secara mandiri atau berkelompok.

2.2. Rancangan RPP untuk mencapai

pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta

didik

2.2.1. Penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

2.2.2. Penyusunan RPP yang memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.2.3. Penyediaan

Sumber belajar yang dapat diperoleh

dengan mudah dan digunakan secara

tepat

2.3.1. Penyediaan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar2.3.2. Penyediaan Buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar bagi Guru untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

2.4. Penggunaaan metode

Pembelajaran yang interaktif, inspiratif,

menyenangkan, kreatif, menantang

dan memotivasi peserta didik

2.4.1. Pelaksanaaan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

2.4.2. Pelaksanaan Pembelajaran yang bermanfaat bagi Para peserta didik untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta konfirmasi melalui pendekatan Saintifik

2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran

dilaksanakan secara berkala dan

berkelanjutan

2.5.1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

2.5.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.

3. KOMPETENSI LULUSAN

3.1. Pencapaian target akademis

3.1.1. Pencapaian target yang ditetapkan SKL.

Page 2: Format Rkas Tahun 2014

No Program kegiatanKatagori

Perlu

Standar Nasional Pendidikan

Rekomendasi

(Skor)

Peringkat Prioritas

Sangat perlu

Cukup perlu

Belum perlu

Tidak perlu1

2

1

2

3

1

2

1

6. PENGELOLAAN

2

3

3.1. Pencapaian target akademis

3.1.2. Peningkatan kemajuan peserta didik sebagai pembelajar yang mandiri.3.1.3. Peningkatan motivasi belajar dan rasa percaya diri peserta didik

3.2. Peserta didik dapat

mengembangkan potensi penuh

mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.

3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

4. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

4.1. Pemenuhan jumlah pendidik dan

tenaga kependidikan

4.1.1. Pemenuhan Jumlah pendidik sesuai standar.

4.1.2. Pemenuhan Jumlah tenaga kependidikan sesuai standar.

4.2. Pemenuhan Kualifikasi pendidik

dan tenaga kependidikan

4.2.1. Pemenuhan Kualifikasi pendidik sesuai standar.

4.2.2. Pemenuhan Kualifikasi tenaga kependidikan sesuai standar.

4.3. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah

memadai

4.3.1. Kompetensi pendidik memenuhi standar.

4.3.2. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar

5. SARANA DAN PRASARANA

5.1. Pemenuhan Sarana sekolah yang

memadai

5.1.1. Pemenuhan standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.5.1.2. Pemenuhan standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.5.1.3. Pemenuhan standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

5.2. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

5.2.1. Pemeliharaan bangunan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.5.2.2. Pemeliharaan keamanan dan kenyamanan Bangunan

6.1. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan

berdasarkan visi dan misi

6.1.1. Review dan perumusan visi dan misi sertaisosialisasinya

6.1.2. Kemandirian Pengelolaan sekolah dalam kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

6.2. Penyusunan Rencana kerja sekolah dalam

program peningkatan dan

perbaikan berkelanjutan

6.2.1. Perumusan rencana kerja untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.

6.2.2. Sosialisasi rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan.

6.3. Penyusunan Rencana

Pengembangan Sekolah/Rencana

Kerja Sekolah dalam peningkatan hasil

belajar

6.3.1. Penyusunan Rencana Kerja tahunan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran sekolah yang berdasarkan rencana jangka menengah ( RKJM )

6.3.2. Kegiatan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah yang berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.

Page 3: Format Rkas Tahun 2014

No Program kegiatanKatagori

Perlu

Standar Nasional Pendidikan

Rekomendasi

(Skor)

Peringkat Prioritas

Sangat perlu

Cukup perlu

Belum perlu

Tidak perlu

3

4

5

6

1

7. PEMBIAYAAN

2

7.2.3. Kerja sama dengan alumni.

3

1

2

3

6.3. Penyusunan Rencana

Pengembangan Sekolah/Rencana

Kerja Sekolah dalam peningkatan hasil

belajar6.3.3. Penetapan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan perbaikan i dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.

6.4. Pengumpulan dan penggunaan data

yang handal dan valid

6.4.1. Pengelolaan sistem informasi yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.6.4.2. Penyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses.

6.5. Pemberian dukungan dan kesempatan

pengembangan profesi bagi para

pendidik dan tenaga kependidikan

6.5.1. Peningkatan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

6.5.2. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional

6.6. Pelibatan Masyarakat dalam kehidupan sekolah

6.6.1. Keterlibatan Warga sekolah dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis.

6.6.2. Pelibatan anggota masyarakat dalam pengelolaan kegiatan nonakademis.

7.1. Perencanaan keuangan Sekolah

sesuai standar

7.1.1. Perumusan Anggaran sekolah yang merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kota

7.1.2. Perumusan RAPBS dengan melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.7.1.3. Penyusunan rencana keuangan sekolah secara transparan, efisien, dan akuntabel.7.1.4. Pelaporan keuangan sekolah kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

7.2. Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

7.2.1. Penggalian pembeayaan dengan mencari dana dukungan atas inisiatif sekolah7.2.2. Membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.

7.3. Penjaminan kesetaraan akses

7.3.1. Pelayanan siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.7.3.2. Subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

8. PENILAIAN PENDIDIKAN

8.1. Penyusunan Sistem penilaian

untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik

maupun nonakademik

8.1.1. Penyusunan perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.

8.1.2. Penyusunan kriteria penilaian dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).8.1.3. Pelaksanaan penilaian yang mendasarkan pada rencana yang telah dibuat.8.1.4. Pelaksanaan Penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

8.2. Penilaian proses belajar

8.2.1. Penyusunan Diskripsi aspek Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilanj guna masukan dan komentar terhadap hasil penilaian peserta didik

8.2.2. Penggunaan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.

8.3. Keterlibatan Orangtua peserta didik dalam proses

belajar

8.3.1. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.

Page 4: Format Rkas Tahun 2014

No Program kegiatanKatagori

Perlu

Standar Nasional Pendidikan

Rekomendasi

(Skor)

Peringkat Prioritas

Sangat perlu

Cukup perlu

Belum perlu

Tidak perlu

3

8.3. Keterlibatan Orangtua peserta didik dalam proses

belajar 8.3.2. Pelibatan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

Page 5: Format Rkas Tahun 2014

PENETAPAN JENIS KEGIATAN ATAS HASIL ANALISIS KONTEK EDS

SEKOLAH : .......................ALAMAT : .......................

No Program kegiatan MACAM / JENIS KEGIATANTAHUN PELAKSANAAN

I II III IV

Standar Nasional

Pendidikan

Peringkat Prioritas

1

8. PENILAIAN PENDIDIKAN

2

3

8.1. Penyusunan

Sistem penilaian

untuk menilai

peserta didik baik dalam

bidang akademik maupun

nonakademik

8.1.1. Penyusunan perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.8.1.2. Penyusunan kriteria penilaian dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

8.1.3. Pelaksanaan penilaian yang mendasarkan pada rencana yang telah dibuat.8.1.4. Pelaksanaan Penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

8.2. Penilaian

proses belajar

8.2.1. Penyusunan Diskripsi aspek Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilanj guna masukan dan komentar terhadap hasil penilaian peserta didik8.2.2. Penggunaan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.

8.3. Keterlibatan

Orangtua peserta didik

dalam proses belajar

8.3.1. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.8.3.2. Pelibatan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

Page 6: Format Rkas Tahun 2014

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)TAHUN ANGGARAN 2014 / 2015

Nama Sekolah : SMA NEGERI 2 SURAKARTA FORMAT RAPBS/RKAS

Desa/Kecamatan : BANJARSARI Dibuat oleh sekolah

Kota : SURAKARTA dikirim ke Dinas Dikpora Kabupaten

Provinsi : JAWA TENGAH

A. PENERIMAAN

No Uraian Kegiatan JUMLAH

Sumber Dana dan Alokasi Anggaran

BOSDA KOTA

Bantuan

BOS PUSAT 2014 / 2015

1 2 3 4 5 6 7

1 Saldo Tahun Lalu -

2 BOS-SM (944 x Rp 1,000,000.00 ) 944 1,000,000 944,000,000 944,000,000

3 BOSDA PROP. ( ……….. X Rp. …………….) 0 -

4 BOSDA KOTA ( …………. x Rp ……………. ) 0 -

5 Subsidi SSN dari Pusat 0

6 Grand (Pusat, Dekon, DAK, dll) 0

7 Lain-lain

Kelas X 596,160,000

SPS Kelas X 621,000,000

Kelas XI 622,080,000

Kelas XII 617,760,000

Kegiatan Pelepasan dan Peningkatan Mutu Kelas XII 154,440,000

8 BANTUAN UJIAN NASIONAL 13,230,000

Jumlah 3,568,670,000 0 0 944,000,000 0

B. PENGGUNAAN DANA

No Kode Rekening' Uraian Kegiatan

RINCIAN PERHITUNGAN

JUMLAH

Sumber Dana dan Alokasi Anggaran

Volume Tarif/ Harga

BOSDA KOTA

Bantuan

BOS Pusat

BOS-SM

BOS-SM 201…..

Belanja Modal Belanja Modal

### PENGEMBANGAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) 138,145,000 0 0 0 0 90,575,000 40,900,000 0 6,670,000

###### Kompetensi Lulusan

######### Penyusunan KKM

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 1 LS 450,000 450,000 450,000

5 2 2 11 02 201 0s 10,000 2,010,000 2,010,000

######### Penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas 1 LS 190,000 190,000 190,000

5 2 2 11 02 402 0s 10,000 4,020,000 4,020,000

######### Penajaman Materi UN

5 2 1 01 01 Honorarium tim pelaksana kegiatan penajaman materi UN

Ketua (1 orang x 7 bulan) 7 OB 200,000 1,400,000 1,400,000

Sekretaris (1 orang x 7 bulan) 7 OB 150,000 1,050,000 1,050,000

Anggota ( 8 orang x 7 bulan) 56 OB 100,000 5,600,000 5,600,000

5 2 1 01 01 Pemateri (4 pertemuan x 4 mg x 7 bln x 10 kelas) 1120 jpl 40,000 44,800,000 44,800,000

5 2 1 01 01 Penyusunan soal try out sekolah (10 mapel x 5 kali try out) 15 OK 75,000 1,125,000 1,125,000

SALDO BOS

PUSAT 201…

BOSDA PROP

Satuan BOSDA

PROPBelanja Pegawai

Belanja Barang &

jasa

Belanja Pegawai

Belanja Barang &

jasa

Biaya Minum Snack Sosialisasi KKM setiap mapel mencapai SNP kepada orang tua peserta didik (panitia 9 orang + 27 orang)

Biaya Minum Snack Sosialisasi KKK setiap mapel mencapai SNP kepada orang tua peserta didik (panitia 9 orang + 27 orang X 2)

Page 7: Format Rkas Tahun 2014

5 2 1 01 01 Korektor tryout sekolah (16 ruang x 10 mapel x 20 siswa x 5 kali try out) 16000 OK 1,500 24,000,000 24,000,000

5 2 1 03 01 Honorarium lembur (10 orang x 3 jpl x 28) 840 jpl 15,000 12,600,000 12,600,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan try out 1 LS 16,000,000 16,000,000 16,000,000

5 2 2 06 01 Biaya Cetak, scan, analisis tryout MKKS Kota (320 siswa x 2) 640 bundel 15,000 9,600,000 9,600,000

5 2 2 06 02 Penggandaan Soal Tryout sekolah (10 mapel x 1 tingkat x 3 kegiatan x 5 halaman x 320 si 48000 lembar 100 4,800,000 4,800,000

5 2 2 11 02 Biaya Makan Minum Snack rapat (20 orang panitia x 2 keg) 40 OS 10,000 400,000 400,000

5 2 2 11 02 Biaya Makan, minum snack pengawas {(34 pengawas + 10 panitia) x 3 hari x 5) 660 OS 10,000 6,600,000 6,600,000

5 2 2 11 02 Biaya minum dan makan lembur (10 orang x 5 kegiatan) 50 OS 25,000 1,250,000 1,250,000

######### Tutor Sebaya

5 2 2 02 08 Hadiah lomba/cinderamata untuk reward Tutor sebaya mapel UN

Kelas X (10 mapel x 3 orang) 30 paket 25,000 750000 750,000

Kelas XI (10 mapel x 3 orang) 30 Paket 25,000 750000 750,000

Kelas XII (10 mapel x 3 orang) 30 Paket 25,000 750000 750,000

### PENGEMBANGAN STANDAR ISI 39,075,000 0 0 0 0 7,750,000 24,475,000 0 6,850,000

###### Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

2 1 1 Pengembangan Buku KTSP

5 2 1 01 01 Honorarium tim pelaksana kegiatan pengembangan KTSP, Silabus dan KKM

Ketua 1 OB 300,000 300,000 300,000

Sekretaris 1 OB 250,000 250,000 250,000

Anggota ( 27 orang) 27 OB 100,000 2,700,000 2,700,000

5 2 1 01 05 Honorarium Tenaga Ahli/Instruktur/Narasumber pengembangan KTSP 15 JPL 300,000 4,500,000 4,500,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan pengembangan KTSP 1 LS 1,000,000 1,000,000 1,000,000

5 2 2 06 02 Penggandaan dokumen I Kurikulum SMA 10 Bendel 250,000 2,500,000 2,500,000

5 2 2 11 02 Makan dan minum pengembangan KTSP (29 orang x 3 hari) 87 OH 25,000 2,175,000 2,175,000

######### Penyusunan Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran 1 LS 300,000 300,000 300,000

5 2 2 11 02 180 OH 25,000 4,500,000 4,500,000

######### Penyusunan Program Tahunan

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan program tahunan 1 LS 250,000 250,000 250,000

5 2 2 11 02 Biaya Makan dan minum penyusunan program tahunan (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

######### Penyusunan Program Semesteran

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan program semesteran 1 LS 250,000 250,000 250,000

5 2 2 11 02 BiayaMakan dan minum penyusunanprogram semesteran (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

2 1 5 Pengembangan Sillabus

5 2 2 01 01 ATK kegiatan pengembangan Silabus 1 LS 100,000 100,000 100,000

5 2 2 11 02 Biaya Makan dan minum pengembangan Silabus (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

### PENGEMBANGAN STANDAR PROSES 381,050,000 0 0 0 0 37,780,000 16,480,000 308,960,000 17,830,000

###### Perencanaan Proses Belajar Mengajar

######### Pengembangan RPP

5 2 2 01 01 ATK kegiatan pengembangan RPP 1 LS 760,000 760,000 760,000

5 2 2 06 02 180 Bundel 15,000 2,700,000 2,700,000

5 2 2 11 02 Biaya Minum Snack pengembangan RPP 90 OS 10,000 900,000 900,000

######### Pembuatan media pembelajaran berbasis IT

Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan

Ketua 1 OB 300,000 300,000 300,000

Sekretaris 1 OB 250,000 250,000 250,000

Anggota (19 orang) 19 OB 200,000 3,800,000 3,800,000

5 2 1 02 01 Honor narasumber Non PNS (2 orang x 5 jpl x 3 hari) 30 jpl 300,000 9,000,000 9,000,000

Biaya Makan dan minum penyusunan pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran (90 orang x 2 hari)

Penggandaan Pengembangan RPP berkarakter dan sesuai permendiknas no. 41 Tahun 2007

Page 8: Format Rkas Tahun 2014

5 2 2 01 01 ATK kegiatan pelatihan 1 LS 250,000 250,000 250,000

5 2 2 06 02 Penggandaan materi pelatihan (90 peserta x 10 lembar) 900 Lembar 200 180,000 180,000

5 2 2 11 02 Biaya Minum Makan Snack (90 orang x 3 hari) 270 OH 15,000 4,050,000 4,050,000

###### Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar

######### Pengadaan Sarana Penunjang KBM

5 2 2 01 01 ATK KBM 1 LS 0 0

######### Pengadaan Alat/Bahan Pembelajaran (Seluruh Mapel Termasuk OR)

#########1 Bahan Praktik Seni Kriya

5 2 2 02 06 Belanja Bahan Praktik KBM 1 LS 3,200,000 3,200,000 3,200,000

#########2 Bahan praktik Bilingual ICT (pengembangan diri di kelas aksentuasi khusus)

5 2 2 02 06 Belanja Bahan Praktik KBM 1 LS 0 -

#########3 Bahan praktik Bilingual MIPA (pengembangan diri di kelas aksentuasi khusus)

5 2 2 02 06 Belanja Bahan Praktik KBM 1 LS 0 -

#########4 Bahan praktik mulok (pengembangan diri di kelas aksentuasi khusus)

5 2 2 02 06 Belanja Bahan Praktik KBM 1 LS 0 -

#########5 Bahan praktik Olahraga (pengembangan diri di kelas aksentuasi khusus)

5 2 2 02 06 Belanja Bahan Praktik KBM 1 LS 0 -

#########6 Pengadaan Alat Pembelajaran Boga

5 2 3 20 09 Belanja modal pengadaan alat-alat peraga/praktik sekolah 1 LS 0 -

#########7 Pengadaan Alat Pembelajaran Seni Ukir

5 2 3 20 09 Belanja modal pengadaan alat-alat peraga/praktik sekolah 1 LS 0 -

#########8 Pengadaan Alat Pembelajaran Seni Lukis

5 2 3 20 09 Belanja modal pengadaan alat-alat peraga/praktik sekolah 1 LS 0 -

#########9 Pengadaan Alat Pembelajaran Olahraga

5 2 3 20 09 Belanja modal pengadaan alat-alat peraga/praktik sekolah 1 LS 5,800,000 5,800,000 5,800,000

############ Pengadaan Alat Pembelajaran ICT

5 2 3 20 09 Belanja modal pengadaan alat-alat peraga/praktik sekolah 1 LS 42,800,000 42,800,000 42,800,000

######### Pengadaan buku pendukung KBM

5 2 3 27 13 5,120 Exs. 50,000 256,000,000 256,000,000

######### Peningkatan Prestasi Bidang Akademik

#########1 Lomba Mata Pelajaran (OSN, IJSO, dll)

5 2 1 01 01 Honor pembinaan lomba mata pelajaran (OSN, IJSO, Dll) 30 JPL 250,000 7,500,000 7,500,000

5 2 2 01 01 ATK pembinaan lomba mata pelajaran (OSN, IJSO,DLL) 1 LS 120,000 120,000 120,000

5 2 2 06 02 Penggandaan soal latihan lomba mata pelajaran (OSN, IJSO, DLL) 1 LS 120,000 120,000 120,000

5 2 2 08 01 Carter mobil Lomba mata pelajaran (OSN, IJSO, DLL) 5 Keg 1,500,000 7,500,000 7,500,000

5 2 2 11 02 Makan dan minum pelaksanaan lomba mata pelajaran (OSN, IJSO, DLL) 90 OH 25,000 2,250,000 2,250,000

###### Program Kesiswaan

######### Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik baru (PPDB)

5 2 1 01 01 Honorarium tim pelaksana kegiatan PPDB

Ketua 1 OB 1,000,000 1,000,000 1,000,000

Sekretaris 1 OB 750,000 750,000 750,000

Anggota (16 orang) 16 OB 400,000 6,400,000 6,400,000

5 2 1 01 01 Honor entry data pokok pendidikan 320 Lembar 500 160,000 160,000

5 2 1 03 01 Lembur panitia (18 orang x 5 hari x 3 jpl) 270 JPL 15,000 4,050,000 4,050,000

5 2 2 01 01 ATK 1 LS 100,000 100,000 100,000

5 2 2 01 10 Belanja Dekorasi (Spanduk sekolah bebas pungutan) 2 Lembar 50,000 100,000 100,000

5 2 2 06 02 Penggandaan formulir dll 1 LS 540,000 540,000 540,000

5 2 2 11 02 Biaya makan dan minum rapat koordinasi (18 orang x 1 hari) 18 OH 25,000 450,000 450,000

5 2 2 11 02 Biaya Minum snack pelaksanaan PPDB (18 orang x 6 hari) 108 OS 10,000 1,080,000 1,080,000

###### Program Ekstrakurikuler

######### Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka

5 2 1 01 01 160 JPL 20,000 3,200,000 3,200,000

5 2 1 01 01 80 OH 10,000 800,000 800,000

Pengadaan buku untuk mengganti buku teks yang rusak/menambah kekurangan BOS Buku Tahun Lalu untuk memenuhi rasio satu siswa satu buku

Honor pemateri kegiatan ekstrakurikuler pramuka (2 orang x 2 JPL x 4 pertemuan x 12 bulan) Transport pemateri kegiatan ekstrakurikuler pramuka (2 orang x 4 pertemuan x 12 bulan)

Page 9: Format Rkas Tahun 2014

5 2 2 01 01 ATK kegiatan ekstrakurikuler pramuka 1 LS 120,000 120,000 120,000

######### Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga

5 2 1 01 01 576 JPL 20,000 11,520,000 11,520,000

5 2 1 01 01 240 OH 10,000 2,400,000 2,400,000

5 2 2 02 06 Belanja bahan praktek Olah Raga kegiatan ekstrakurikuler 1 LS 900,000 900,000 900,000

### PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 349,962,000 0 0 0 0 167,190,000 1,632,000 0 ###

###### Peningkatan kompetensi Pendidik

######### Pelatihan Analisis Keterkaitan KL, KI dan KD

5 2 1 01 01 Honor narasumber (3 orang x 3 hari x 8 jpl) 72 jpl 25,000 1,800,000 1,800,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan pelatihan 1 LS 900,000 900,000 900,000

5 2 2 06 02 Penggandaan materi pelatihan (90 peserta x 10 lembar) 900 Lembar 200 180,000 180,000

5 2 2 11 02 Biaya Makan dan minum (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

Pelatihan Pembelajaran Saintifik Mata Pelajaran

Honor narasumber (3 orang x 3 hari x 8 jpl) 72 jpl 25,000 1,800,000 1,800,000

ATK kegiatan pelatihan 1 LS 900,000 900,000 900,000

Penggandaan materi pelatihan (90 peserta x 10 lembar) 900 Lembar 200 180,000 180,000

Biaya Makan dan minum (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

Pelatihan Model - model pembelajaran

Honor narasumber (3 orang x 3 hari x 8 jpl) 72 jpl 25,000 1,800,000 1,800,000

ATK kegiatan pelatihan 1 LS 900,000 900,000 900,000

Penggandaan materi pelatihan (90 peserta x 10 lembar) 900 Lembar 200 180,000 180,000

Biaya Makan dan minum (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

Pelatihan Penilaian kurikulum 2013

Honor narasumber (3 orang x 3 hari x 8 jpl) 72 jpl 25,000 1,800,000 1,800,000

ATK kegiatan pelatihan 1 LS 900,000 900,000 900,000

Penggandaan materi pelatihan (90 peserta x 10 lembar) 900 Lembar 200 180,000 180,000

Biaya Makan dan minum (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

Pelatihan Pengembangan RPP

Honor narasumber (3 orang x 3 hari x 8 jpl) 72 jpl 25,000 1,800,000 1,800,000

ATK kegiatan pelatihan 1 LS 900,000 900,000 900,000

Penggandaan materi pelatihan (90 peserta x 10 lembar) 900 Lembar 200 180,000 180,000

Biaya Makan dan minum (90 orang x 3 hari) 270 OH 25,000 6,750,000 6,750,000

######### Pembinaan Guru

#########1 Peningkatan Kualitas Guru Mata Pelajaran

5 2 1 05 03 Belanja Bimbingan Teknis MGMP 19 Org 600,000 11,400,000 11,400,000

######### Honorarium Guru Tidak Tetap

5 2 1 02 02 Honorarium Pegawai Honorer/Tidak Tetap 146 jpl 780,000 113,880,000 56,940,000 56,940,000

4 2 Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan

4 2 1 Pembinaan Tenaga Ketatausahaan

4 2 1 1 Pelatihan Komputer perkantoran bagi karyawan

5 2 1 01 01 Honor narasumber (1 orang x 3 hari x 8 jpl) 24 jpl 300,000 7,200,000 7,200,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan pelatihan 1 LS 150,000 150,000 150,000

5 2 2 06 02 Penggandaan materi pelatihan (19 peserta x 15 lembar) 285 Lembar 200 57,000 57,000

5 2 2 11 02 Biaya makan dan minum (19 orang x 3 hari) 57 OH 25,000 1,425,000 1,425,000

#########2 Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

5 2 1 05 03 Belanja Bimbingan Teknis MKKS 1 Org 2,400,000 2,400,000 2,400,000

Peningkatan Kompetensi Kepala Tata Usaha

Belanja Bimbingan Teknis MKTU 1 Org 1,200,000 1,200,000 1,200,000

Peningkatan Kompetensi Laboran

Belanja Bimbingan Teknis 1 Org 1,200,000 1,200,000 1,200,000

Honor pemateri kegiatan ekstrakurikuler Olahraga (6 orang x 2 JPL x 4 pertemuan x 12 bulan) Transport pemateri kegiatan ekstrakurikuler Olahraga (6 orang x 4 pertemuan x 12 bulan)

Page 10: Format Rkas Tahun 2014

Peningkatan Kompetensi Tenaga Pepustakaan

Belanja Bimbingan Teknis 1 Org 1,200,000 1,200,000 1,200,000

Peningkatan Kompetensi Staf Pimpinan

Belanja Bimbingan Teknis 4 Org 2,400,000 9,600,000 9,600,000

######### Honorarium Pegawai Tidak Tetap

5 2 1 02 02 Honorarium Pegawai Honorer/Tidak Tetap 13 OB 11,700,000 152,100,000 76,050,000 76,050,000

5 PENGEMBANGAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA 676,595,000 ### 325,200,000 66,200,000 9,600,000 67,140,000 129,800,000 18,475,000 0

5 1 Bangunan gedung

5 1 1 Penambahan Daya dan jasa Listrik

5 2 3 25 01 Belanja modal pengadaan instalasi listrik 25 Titik 95,000 2,375,000 2,375,000

5 1 2 Biaya pemeliharaan bangunan

5 2 1 02 04 Upah/ongkos tenaga 864 OH 50,000 43,200,000 43,200,000

5 2 2 02 01 Belanja bahan baku bangunan 1 LS 88,200,000 88,200,000 88,200,000

5 1 3 Biaya pemeliharaaan atap dan plafon/eternit

5 2 1 02 04 Upah/ongkos tenaga 588 OH 60,000 35,280,000 35,280,000

5 2 2 02 01 Belanja bahan baku bangunan 1 LS 24,000,000 24,000,000 24,000,000

5 1 4 Biaya perbaikan pintu dan jendela

5 2 1 02 04 Upah/ongkos tenaga 147 OH 60,000 8,820,000 8,820,000

5 2 2 02 01 Belanja bahan baku bangunan 1 LS 14,700,000 14,700,000 14,700,000

5 1 5 Biaya perbaikan lantai

5 2 1 02 04 Upah/ongkos tenaga 147 OH 60,000 8,820,000 8,820,000

5 2 2 02 01 Belanja bahan baku bangunan 1 LS 14,700,000 14,700,000 14,700,000

5 1 6 Biaya pemeliharaan Kamar Mandi/WC

5 2 1 02 04 Upah/ongkos tenaga 147 OH 60,000 8,820,000 8,820,000

5 2 2 02 01 Belanja bahan baku bangunan 1 LS 14,700,000 14,700,000 14,700,000

5 1 7 Pengadaan perlengkapan gedung kantor

5 2 3 33 01 Belanja modal tralis 1 LS 6,000,000 6,000,000 6,000,000

Pengadaan perlengkapan gedung kantor

Belanja Kanopi 1 LS 24,700,000 24,700,000 24,700,000

Biaya perbaikan gapura

Upah/ongkos tenaga 90 OH 60,000 5,400,000 5,400,000

Belanja bahan baku bangunan 1 LS 14,700,000 14,700,000 14,700,000

5 2 Pengadaan dan Perawatan Meubelair

5 2 1 Biaya pemeliharaan mebelair

5 2 1 02 04 Upah/ongkos tenaga 48 OH 60,000 2,880,000 2,880,000

5 2 2 02 01 Belanja bahan baku bangunan 1 LS 2,000,000 2,000,000 2,000,000

5 2 2 Pengadaan Meubelair

5 2 3 13 10 Belanja modal pengadaan meja kursi siswa 1 paket 19,200,000 19,200,000 9,600,000 9,600,000

5 2 3 Pengadaan, Pemeliharaan dan Perawatan Alat Kantor/Inventaris Sekolah

5 2 3 1 Biaya Pemeliharaan jaringan internet

5 2 2 18 01 Belanja pemeliharaan peralatan kantor 1 LS 5,000,000 5,000,000 5,000,000

5 2 3 2 Biaya pemeliharaan komputer

5 2 2 18 01 Belanja pemeliharaan peralatan kantor 22 Unit 500,000 11,000,000 11,000,000

5 2 3 3 Biaya pemeliharaan Alat laboratorium

5 2 2 ###### Belanja perawatan alat laboratorium 1 LS 36,000,000 36,000,000 36,000,000

5 2 3 4 Pengadaan Alat Kantor/inventaris sekolah

5 2 3 12 02 Belanja modal pengadaan komputer/PC 6 Unit 5,000,000 30,000,000 10,000,000 5,000,000

5 2 3 12 03 Belanja modal pengadaan printer 3 Unit 700,000 2,100,000 1,500,000 1,500,000

5 2 3 16 03 Belanja modal pengadaan LCD Proyektor 4 Unit 6,000,000 24,000,000 24,000,000

5 3 Pembongkaran

Page 11: Format Rkas Tahun 2014

5 3 1 Biaya Pembongkaran Ruang Koperasi

5 2 2 ###### Biaya Pembongkaran 1 Tahun 23,000,000 23,000,000 23,000,000

5 4 Kebersihan dan Keindahan

5 4 1 Penyediaan peralatan kebersihan dan bahan pembersih

5 2 2 ###### Belanja peralatan kebersihan dan bahan pembersih 1 LS 0 0

5 4 2 Pembangunan Taman Sekolah dan lapangan OR

5 2 2 ###### Belanja bahan baku bangunan 1 LS 25,000,000 25,000,000 25,000,000

5 5 Ruang Perpustakaan

5 5 1 Biaya pemeliharaan buku/koleksi perpustakaan

5 2 2 18 04 Belanja perawatan perlengkapan perpustakaan 1 LS 2,000,000 2,000,000 2,000,000

5 5 Tangga Lantai 1, 2, dan 3 Ruang Kelas Baru

5 5 1 Biaya Pembuatan Tangga Lantai 1, 2, dan 3 Ruang Kelas Baru

5 2 2 18 04 Belanja Pembuatan Tangga Lantai 1, 2, dan 3 Ruang Kelas Baru 1 LS 135,000,000 135,000,000 135,000,000

5 5 Toilet Lantai 1, 2, dan 3 Ruang Kelas Baru

5 5 1 Biaya Pembuatan Toilet Lantai 1, 2, dan 3 Ruang Kelas Baru

5 2 2 18 04 Belanja Pembuatan Toilet Lantai 1, 2, dan 3 Ruang Kelas Baru 1 LS 45,000,000 45,000,000 45,000,000

6 PENGEMBANGAN STANDAR PENGELOLAAN 15,515,000 0 0 0 0 0 1,325,000 0 14,190,000

6 1 Perencanaan Program

6 1 1 Penyusunan dokumen Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) empat tahunan

5 2 1 01 01 Honorarium tim pelaksana kegiatan Penyusunan RKJM

Ketua 1 OB 300,000 300,000 300,000

Sekretaris 1 OB 250,000 250,000 250,000

Anggota (8 orang) 6 OB 200,000 1,200,000 1,200,000

5 2 1 01 01 16 jpl 200,000 3,200,000 3,200,000

5 2 2 01 01 ATK 1 LS 200,000 200,000 200,000

5 2 2 06 02 31 bendel 15,000 465,000 465,000

5 2 2 11 02 Makan Minum Rapat kerja penyusunan RKJM (31 orang x 3 hari) 93 OS 25,000 2,325,000 2,325,000

6 1 2 Penyusunan Rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS)

Honorarium tim pelaksana kegiatan Penyusunan RKJM

Ketua 1 OB 500,000 500,000 500,000

Sekretaris 1 OB 450,000 450,000 450,000

Anggota (9 orang) 6 OB 350,000 2,100,000 2,100,000

16 jpl 200,000 3,200,000 3,200,000

5 2 2 01 01 ATK 1 LS 200,000 200,000 200,000

5 2 2 06 02 Penggandaan Materi Penyusunan RKAS/RAPBS (75 x 20 halaman) 1500 Lembar 200 300,000 300,000

5 2 2 11 02 Makan Minum Snack Rapat kerja penyusunan RKAS/RAPBS (11 orang x 10 hari 33 OS 25,000 825,000 825,000

5 2 2 ###### Dekorasi 1 LS 0 -

### PENGEMBANGAN STANDAR PEMBIAYAAN 685,058,000 0 669,458,000 0 0 0 15,600,000 0 0

###### Kegiatan Rumah Tangga Sekolah, Daya dan Jasa

5 2 2 01 01 Belanja alat tulis kantor 1 LS 0 0

5 2 2 01 03 Belanja alat listrik (lampu pijar dll) 1 LS 0 0

5 2 2 01 04 Biaya perangko, materai dan benda pos lainnya 1 LS 0 0

5 2 2 03 01 Belanja telephon 12 bulan 0 0

5 2 2 03 02 Belanja air 12 bulan 0 0

5 2 2 03 03 Belanja listrik 12 bulan 0 0

5 2 2 03 05 Belanja surat kabar/majalah 12 bulan 0 0

5 2 2 03 06 Belanja kawat/faksimili/internet 12 bulan 54,000,000 648,000,000 648,000,000

5 2 2 05 01 Belanja pemeliharaan kendaraan roda dua 1 Kend. 600,000 600,000 600,000

5 2 2 05 03 Belanja bahan bakar minyak/gas dan pelumas 1 LS 12,858,000 12,858,000 12,858,000

Honor Pemateri penyusunan Renja jangka menengah(RKJM) untuk pedoman kegiatan sekolah standar nasional (2 orang x 8 jpl)

Penggandaan Materi Penyusunan RKJM (10 panitia, 19 peserta dan 2 pemateri)

Honor Pemateri penyusunan Renja jangka menengah(RKJM) untuk pedoman kegiatan sekolah standar nasional (2 orang x 8 jpl)

Page 12: Format Rkas Tahun 2014

5 2 2 05 05 Belanja Surat Tanda Nomor Kendaraan 2 Kend. 4,000,000 8,000,000 8,000,000

5 2 2 06 01 Belanja cetak 1 LS 0 0

5 2 2 06 02 Belanja penggandaan 1 LS 0 0

5 2 2 11 01 Belanja makanan dan minuman harian pegawai 15600 OS 1,000 15,600,000 15,600,000

5 2 2 11 02 Belanja makanan dan minuman rapat 159 OH 0 0

5 2 2 15 01 Belanja perjalanan dinas dalam daerah

Golongan IV 30 OP 0 0

Golongan III 23 OP 0 0

Golongan III 20 OP 0 0

###### Peningkatan pelaporan penggunaan dana

5 2 1 01 03 Honorarium bendahara, pembantu bendahara 36 OB 0 0

5 2 1 01 04 Honorarium petugas arsip 12 OB 0 0

5 2 1 01 03 Honorarium bendahara, pembantu bendahara

Insentif bagi bendahara dalam rangka penyusunan laporan BOS 24 OB 0 -

Transport dalam rangka mengambil dana BOS di Bank 20 OK 0 -

### PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN 528,458,800 0 0 0 0 291,160,000 237,298,800 0 0

###### Penyusunan Kisi-kisi

######### Ulangan Harian

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun kisi2 ulangan harian 378 OM 15,000 5,670,000 5,670,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan kisi2 2 LS 37,800 75,600 75,600

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan kisi2 ulangan harian 378 OS 10,000 3,780,000 3,780,000

######### Ulangan Tengah Semester

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun kisi2 ulangan tengah semester 126 OM 75,000 9,450,000 9,450,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan kisi2 ulangan tengah semester 2 LS 37,800 75,600 75,600

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan kisi2 ulangan tengah semester 126 OS 10,000 1,260,000 1,260,000

######### Ulangan Akhis Semester

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun kisi2 ulangan akhir semester 126 OM 75,000 9,450,000 9,450,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan kisi2 ulangan akhir semester 2 LS 63,000 126,000 126,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan kisi2 ulangan akhir semester 126 OS 10,000 1,260,000 1,260,000

######### Ujian Sekolah

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun kisi2 Ujian Sekolah 42 OM 125,000 5,250,000 5,250,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan kisi2 Ujian Sekolah 2 LS 21,000 42,000 42,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan kisi2 Ujian Sekolah 21 OS 10,000 210,000 210,000

###### Penyusunan Soal 0

######### Ulangan Harian

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun soal ulangan harian 378 OM 20,000 7,560,000 7,560,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan soal ulangan harian 2 LS 189,000 378,000 378,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan soal ulangan harian 378 OS 10,000 3,780,000 3,780,000

######### Ulangan Tengah Semester

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun soal ulangan tengah semester 126 OM 75,000 9,450,000 9,450,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan soal ulangan tengah semester 2 LS 37,800 75,600 75,600

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan soal ulangan tengah semester 126 OS 10,000 1,260,000 1,260,000

######### Ulangan Akhis Semester

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun soal ulangan akhir semester 126 OM 75,000 9,450,000 9,450,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan soal ulangan akhir semester 2 LS 63,000 126,000 126,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan soal ulangan akhir semester 126 OS 15,000 1,890,000 1,890,000

######### Ujian Sekolah

5 2 1 01 01 Honorarium penyusun soal Ujian Sekolah 42 OM 150,000 6,300,000 6,300,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan penyusunan soal Ujian Sekolah 2 LS 42,000 84,000 84,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack penyusunan soal Ujian Sekolah 42 OS 15,000 630,000 630,000

###### Pelaksanaan Penilaian

Page 13: Format Rkas Tahun 2014

######### Ulangan Harian

5 2 1 01 01 Honorarium korektor ulangan harian 359100 OM 200 71,820,000 71,820,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan ulangan harian 2 LS 3,591,000 7,182,000 7,182,000

5 2 2 06 02 Penggandaan kegiatan ulangan harian 2 LS 4,564,000 9,128,000 9,128,000

######### Ulangan Tengah Semester

5 2 1 01 01 Honorarium korektor ulangan tengah semester 119700 OM 200 23,940,000 23,940,000

5 2 1 01 01 Honor guru dalam rangka penyusunan rapor siswa 2 LS 17,100,000 34,200,000 34,200,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan ulangan tengah semester 2 LS 3,591,000 7,182,000 7,182,000

5 2 2 06 02 Penggandaan kegiatan ulangan tengah semester 2 LS 4,564,000 9,128,000 9,128,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack kegiatan ulangan tengah semester 1260 OS 15,000 18,900,000 18,900,000

######### Ulangan Akhis Semester

5 2 1 01 01 Honorarium korektor ulangan akhir semester 119700 OM 200 23,940,000 23,940,000

5 2 1 01 01 Honor guru dalam rangka penyusunan rapor siswa 2 LS 17,100,000 34,200,000 34,200,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan ulangan akhir semester 2 LS 3,591,000 7,182,000 7,182,000

5 2 2 06 02 Penggandaan kegiatan ulangan akhir semester 2 LS 4,564,000 9,128,000 9,128,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack kegiatan ulangan akhir semester 1260 OS 15,000 18,900,000 18,900,000

######### Ujian Sekolah

5 2 1 01 01 Honorarium korektor ujian sekolah 6720 OM 1,500 10,080,000 10,080,000

5 2 1 01 01 Honor guru dalam rangka penyusunan rapor siswa 320 siswa 95,000 30,400,000 30,400,000

5 2 2 01 01 ATK kegiatan ujian sekolah 1 LS 3,306,000 3,306,000 3,306,000

5 2 2 06 02 Penggandaan kegiatan ujian sekolah 1 LS 18,240,000 18,240,000 18,240,000

5 2 2 11 02 Minum dan snack kegiatan ujian sekolah 540 OS 15,000 8,100,000 8,100,000

######### Ujian Nasional

5 2 2 01 01 ATK kegiatan ujian nasional 1 LS 300,000 300,000 300,000

5 2 2 11 02 Makan dan minum kegiatan ujian nasional 270 OH 30,000 8,100,000 8,100,000

###### Tindak Lanjut Hasil Penilaian

######### Remidi

5 2 2 06 02 Foto Copy Soal Remidial 6 LS 8,122,500 48,735,000 48,735,000

######### Pengayaan

5 2 2 06 02 Foto Copy Soal pengayaan 6 LS 8,122,500 48,735,000 48,735,000

T O T A L 2,813,858,800 ### 994,658,000 66,200,000 9,600,000 661,595,000 467,510,800 327,435,000 ###

Menyetujui Mengetahui, ................. , 1 Januari 201…

Kepala Bidang Dik Men Ketua Komite Kepala Sekolah Bendahara BOS Pusat

Disdik Kota .............

…………………………………………….. ………………………………… …………………………………… ……………………………………..

NIP. NIP. NIP

Page 14: Format Rkas Tahun 2014

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)TAHUN ANGGARAN 2014 / 2015

FORMAT RAPBS/RKAS

Dibuat oleh sekolah

dikirim ke Dinas Dikpora Kabupaten

Sumber Dana dan Alokasi Anggaran

Bantuan

8 9

-

596,160,000

621,000,000

622,080,000

617,760,000

154,440,000

13,230,000

13,230,000 2,611,440,000

Sumber Dana dan Alokasi Anggaran

Bantuan

0 0

SSN dari PUSAT

Komite Sekolah

SSN dari PUSAT

Komite Sekolah

Page 15: Format Rkas Tahun 2014

0 0

0 0

Page 16: Format Rkas Tahun 2014
Page 17: Format Rkas Tahun 2014

0 0

Page 18: Format Rkas Tahun 2014

0 0

Page 19: Format Rkas Tahun 2014

0 0

0 0

Page 20: Format Rkas Tahun 2014

0 0

Page 21: Format Rkas Tahun 2014

0 0

……………………………………..

Page 22: Format Rkas Tahun 2014

PEMERINTAH KOTA SURAKARTADINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SMA NEGERI 2 SURAKARTAJl. Monginsidi No. 40 Telp. 0271 653416 Fax. 0271 638080

SURAKARTA 57134

REKAPITULASI RKASP SMA NEGERI 2 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

SUMBER DANA PENGGUNAAN

N0 URAIAN JUMLAH NO URAIAN JUMLAH Rp.

I

Rp -

I

Rp -

1. Saldo Tahun Lalu Rp -

II

BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH : Rp 2,793,230,000.00

II

Biaya Operasional Sekolah + Saldo Rp 2,813,858,800.00

1.Pusat / A P B N Rp 957,230,000.00 1 PENGEMBANGAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) Rp 138,145,000.00 1.1. BOS-SM Rp 944,000,000.00 2 PENGEMBANGAN STANDAR ISI Rp 39,075,000.00 1.2 Bantuan Ujian Nasional Rp 13,230,000.00 3 PENGEMBANGAN STANDAR PROSES Rp 381,050,000.00

2.Propinsi / A P B D I Rp - 4 PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Rp 349,962,000.00 2.1 BOSDA PROP. Rp - 5 PENGEMBANGAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA Rp 676,595,000.00

6 PENGEMBANGAN STANDAR PENGELOLAAN Rp 15,515,000.00

3

APBD II / Kota Surakarta Rp - 7 PENGEMBANGAN STANDAR PEMBIAYAAN Rp 685,058,000.00 3.1 BOSDA KOTA SAMARINDA Rp - 8 PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN Rp 528,458,800.00

III

Rp -

Page 23: Format Rkas Tahun 2014

REKAPITULASI RKASP SMA NEGERI 2 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

SUMBER DANA PENGGUNAAN

N0 URAIAN JUMLAH NO URAIAN JUMLAH Rp.

II

4

Rp 1,836,000,000.00

III4.1 Kelas X Rp 596,160,000.00 4.2 Kelas XI Rp 622,080,000.00

Sumbangan pemenuhan biaya operasional / Iuran Bulanan Komite Sekolah:

Page 24: Format Rkas Tahun 2014

REKAPITULASI RKASP SMA NEGERI 2 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

SUMBER DANA PENGGUNAAN

N0 URAIAN JUMLAH NO URAIAN JUMLAH Rp.

II

4

4.3 Kelas XII Rp 617,760,000.00

III

2

Tabungan dan Peningkatan Mutu Klas XII Rp -

III

SUMBANGAN- SUMBANGAN Rp 775,440,000.00 2.1 Pelepasan Klas XII1. SPS Kelas X Rp 621,000,000.00 2.2 Peningkatan Mutu Klas XII

2. Kegiatan Pelepasan dan Peningkatan Mutu Kelas XII Rp 154,440,000.00

IV

SUMBER LAINNYA Rp -

IV

Rp -

Rp -

JUMLAH SUMBER DANA Rp 3,568,670,000.00 JUMLAH PENGGUNAAN Rp 2,813,858,800.00

Surakarta , 24 Maret 2014 754,811,200 Menetapkan : Mengesahkan :Kepala Sekolah Ketua Komite Ketua Tim Penyusun

Drs. Sutikno, M.M. Drs. H. Ichwan Dardiri Drs. Sumarsono, M.Pd.NIP 19630419 198703 1 006 NIP 19570106 198303 1 009

Page 25: Format Rkas Tahun 2014

3205

160000

320 1000 10 5 16,000,000

6 19 120 200 2,736,000