bea news vol 1 2016

13
EDISI 1 2016 BUILDING ENGINEERS ASSOCIATON Waste Water Management for better environmenT INTERNAL MAGAZINE

Upload: trinhdieu

Post on 31-Dec-2016

246 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

Page 1: BEA News Vol 1 2016

EDISI 1 2016

BUILDINGENGINEERSASSOCIATON

Waste WaterManagement

for better environmenT

INTERNALMAGAZINE

Page 2: BEA News Vol 1 2016

Assalamualaikum Wr, Wb ,

Salam Sejahtera untuk semua BEA members,Seperti yg telah kita ketahui bersama bahwa efektif 31 desember 2015 lalu secara resmi MEA telah diberlakukan , 2 (dua ) dari delapan sektor profesi yg masuk dalam Perjanjian Pengakuan Bersama ( Mutual Recognition Agreement) akan langsung bersentuhan dengan profesi kebanyakan member BEA selama ini yaitu di sektor Engineering dan Konstruksi.

Dengan pemberlakukan MEA ini sebagai engineering pengelola gedung , kita dituntut untuk memiliki keahlian yang lebih baik serta memiliki kompetensi yg cukup agar mampu bersaing dengan serbuan tenaga kerja asing yg masuk ke Negara kita. Kita tidak bisa berpangku tangan lagi atas serbuan tersebut oleh sebab itu marilah kita bersama sama saling bahu membahu serta bekerja keras guna meningkatkan kemampuan serta keahlian di bidang yg kita jalani saat ini. Keahlian bisa di tingkatkan dengan melalui keikutsertaan dalam program pelatihan yg di selenggarakan oleh diklat – diklat profesi yg sudah ada, Di harapkan semua member BEA bisa menggunakan sarana diklat tersebut guna peningkatan keahlian dan kemampuan yg dimilikinya.

Pengakuan atas keahlian yang dimiliki oleh seseorang atas jabatan yg dia pegang ataupun profesi yg di gelutinya saat ini bisa buktikan dengan sertifi kat profesi yg dimilikinya. Dan sebagai upaya untuk melakukan sertifi kasi itu BEA telah mengambil peran dengan mendirikan Lembaga Sertifi kasi Profesi (LSP) yg di khususkan untuk teknik operasional Bangunan Gedung. LSP ini telah di dukung oleh banyak pihak seperti asosiasi ahli teknik lain , institusi perusahaan swasta sekaligus Pemerintah melalui Kementrian Departemen Tenaga Kerja dan Pekerjaan umum.

LSP ini di dirikan sebagai wujud BEA atas kepedulianya kepada anggota sekalugus wujud peran serta BEA dalam membantu program Pemerintah dalam menyediakan tenaga kerja yg handal dan di akui keahlianya. Selaku Ketua Umum kami sangat menyarankan agar semua BEA member memanfaatkan sarana ini sebaik mungkin.

Sebagai penutup tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua anggota atas kepercayaan yg di berikan kepada kepengurusan baru BEA untuk periode Masa Bhakti Desember 2015 – 2018 , Insya Alloh keberadaan Bea kedepan akan semakin dirasakan manfaatnya baik oleh anggota ataupun masyarakat luas, Amin Ya robbal allamin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua Umum BEA Indonesia

Mardi Utomo

“ marilah kita bersama sama

saling bahu membahu serta bekerja keras guna meningkatkan kemampuan serta

keahlian di bidang yg kita jalani saat ini.”

GREAT GREETING

Seperti yg telah kita ketahui bersama bahwa efektif 31 desember 2015 lalu secara resmi MEA telah diberlakukan , 2 (dua ) dari delapan sektor profesi yg masuk dalam Perjanjian Pengakuan Bersama ( Mutual Recognition Agreement) akan langsung bersentuhan dengan profesi kebanyakan member BEA selama ini yaitu di sektor Engineering dan

Dengan pemberlakukan MEA ini sebagai engineering pengelola gedung , kita dituntut untuk memiliki keahlian yang lebih baik serta memiliki kompetensi yg cukup agar mampu bersaing dengan serbuan tenaga kerja asing yg masuk ke Negara kita. Kita tidak bisa berpangku tangan lagi atas serbuan tersebut oleh sebab itu marilah kita bersama sama saling bahu membahu serta bekerja keras guna meningkatkan kemampuan serta keahlian di bidang yg kita jalani saat ini. Keahlian bisa di tingkatkan dengan melalui keikutsertaan dalam program pelatihan yg di selenggarakan oleh diklat – diklat profesi yg sudah ada, Di harapkan semua member BEA bisa menggunakan sarana diklat

Pengakuan atas keahlian yang dimiliki oleh seseorang atas jabatan yg dia pegang ataupun profesi yg di gelutinya saat ini bisa buktikan dengan sertifi kat profesi yg dimilikinya. Dan sebagai upaya untuk melakukan sertifi kasi itu BEA telah mengambil peran dengan

Mardi UtomoKetua Umum BEA Indonesia

BUILDING ENGINEERS ASSOCIATONBUILDING ENGINEERS ASSOCIATON

2 3BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 3: BEA News Vol 1 2016

FOR THE ENGINEERINGPROFESSIONAL

Triyanto(Sekretaris Umum)

Bambang Tenggono(Ketua Bidang Sekretariatan)

John Pandra(Ketua Bidang Pengembangan

& Pelatihan)

Christoporus(Ketua Bidang Komunikasi

& Humas)

Jimi Grapina(Bendahara Umum)

Saryanto(Ketua Koordinator Umum)

Iman Taufi k Junaedi AlamsyahTeddy Apprilianto SukiminDewi Retno H Saputra

Suryadi

Made Sumatera (JSI)

Cahyo Agung Nugroho Pariono

Ade Hendrian

Hariyono

Imam SantosaGatot Hariyanta

Mardi Utomo(Ketual Umum)

Kafi udinHeri Satria Abrianto

Adrian VistaAgus RiyantoAgus Rustono

Unggul WahyudonoDaryanta

Djohari TatangDidik Kurniadi

Gatot Surya wijayaSlamet Ristono

Muhdi Agustianto

DEWAN PEMBINADEWAN PENGAWAS

BUILDING ENGINEERS ASSOCIATONINDONESIA

EDITORIALPemimpin Redaksi :Bambang Trenggono

Tim Redaksi :Christoporus Mujiatmoko

Ade HendrianPariono

Dewi YahyaMutia

Tim Dokumentasi :Imam Santosa

SaryantoHerry Purwanto

Creative Designer :Guruh Ijonk

Yadi Hendiyana

Informasi Pemasangan Iklan:

[email protected]@bea-indonesia.org

Website : http://bea-indonesia.org

Kritik dan Saran :[email protected]

Alamat Redaksi:Jl. Ir. H. Juanda / Ciputat raya

No.75R ( Ruko Ciputat Center)Ciputat – Tangerang selatan

Telp. (021) 7410 702

Herry Purwanto(Ketua Bidang Sosial &

Kemasyarakatan)

4 5BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 4: BEA News Vol 1 2016

RAKERNAS BEA COMMITTEELOR IN SENTUL, 16 Januari 2016

BEA yang lahir di tahun

2009 di hotel Nikko Jakarta

merupakan organisasi profesi

non profit yang dibentuk untuk

memfasilitasi kebutuhan sarana

dan juga sebagai sarana

komunikasi antar sesama

pelaku teknis bangunan gedung

dalam berbagi informasi dan

mengatasi masalah-masalah di

masing-masing bangunan gedung.

BEA juga ikut berpartisipasi

dalam pelatihan dan sertifikasi

maupun seminar-seminar para

anggota bekerja sama dengan

berbagai badan dan instansi

guna meningkatkan standar

kompetensi para anggota BEA di

dalam menghadapi tantangan

global yang semakin nyata.

BUILDING ENGINEERS

ASSOCIATON

6 7BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 5: BEA News Vol 1 2016

Selaras dengan Visi dan Misi BEA itu sendiri, dalam rakernas kali ini program-program kerja yang terdiri dari beberapa bidang di diskusikan secara terperinci agar dapat dijalankan selama satu tahun kedepan. Dimulai dari kesekretariatan, pengembangan/training, Public Relation, Sosial & Kemasyarakatan, bidang umum, AD/ART hinggga LSP TOBG.

Rakernas dimulai jam 9 pagi diawali dengan sambutan dan rencana kerja oleh Ketua BEA yang baru Bapak. Mardi Utomo dilanjutkan penjelasan LSP TOBG yang di ketuai oleh Bapak Djohari Tatang dan selama empat jam tiap bidang berdiskusi untuk rencana-rencana setahun kedepan dalam program kerja masing-masing.

Setiap program kerja di presentasikan dan di minta persetujuan dalam rapat kerja ini.

Rapat kerja berakhir pukul 06.30 sore dan hasil dari rapat kerja tersebut akan

segera dilaksanakan sesuai program masing-masing bidang tanpa mengurangi eksistensi dari BEA dan juga visi dan misi BEA itu sendiri.

Selamat bertugas untuk pengurus baru BEA masa bakti periode 2015-2018. Tetap Semangat!!

Salam BEA

“ Mewujudkan Pesawat Lift Dan Eskalator yang Menjamin Keselamatan dan Kesehatan

Kerja bagi Pengguna”

Adapun Visi Bea Adalah

• Menjadikan Bea Sebagai

Organisasi Profesi Ahli Teknik

Bangunan Gedung Yang Berstandar

International.

Misi BEA adalah

• Memberikan pelatihan dan

sertifikasi kepada anggota untuk

mencapai standar kompetensi teknik

• Menumbuhkembangkan jiwa

manajerial teknik yang handal bagi

anggotanya

• Mensosialisasikan peraturan

pengelolaan, pengoperasian dan

pemeliharaan bangunan gedung

Rakernas pengurus baru masa bakti periode 2015-2018 baru saja dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Januari 2016 yang bertempat di ruang meeting room PIT7 Hotel Lorin Sentul.

Rapat dihadiri oleh Dewan Pengawas, Pembina dan juga para pengurus baru yang di ketuai oleh Bapak Mardi Utomo. Rapat berjalan lancar dan pembahasan yang cukup padat dari tiap program kerja tahunan BEA yang direncanakan hingga akhir tahun 2016 dan pemantapan AD/ART.

Selasa, 12 January 2016 Apple Indonesia bekerja sama dengan Delta Training, BPSI dan Kementerian Indonesia mengadakan seminar K3 dengan tajuk “Mewujudkan Pesawat Lift Dan Eskalator yang Menjamin Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi Pengguna“ dikantor Kementrian ruang Tri Dharma. Seminar ini terbilang sukses dengan banyaknya peserta yang hadir hingga memenuhi semua bangku yg ada didalam seminar yang dimulai jam 8.30 pagi hingga berakhir jam 4 sore.

Tim BEA juga hadir diwakili oleh Bapak Unggul Wahyudono, Bapak Mardi Utomo, Bapak Jimi Grapina, Bapak Herry Purwanto, Bapak Hari Abrianto, Bapak Christoporus, Bapak Saryanto, Bapak Slamet Ristono dan Dewi.Seminar dibuka oleh pihak APPLE Indonesia dan dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan sekaligus pembukaan oleh Bapak Menteri Tenaga Kerja Bp. Hanif Dhakiri serta pengukuhan Asosiasi bidang K3.

Dilanjutkan dengan materi/paparan Kebijakan K3 Pesawat Lift dan Eskalator oleh Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 kemudian materi Persyaratan K3 Perencanaan, Pemasangan,

Pemakaian, Pemeliharaan dan Riksa Uji Pesawat Lift dan Eskalator juga dikupasnya kajian kasus-kasus dan langkah penyelamatan kecelakaan pesawat lift dan eskalator oleh praktisi APPLE Indonesia.

Praktisi Apple juga menjelaskan pentingnya pengecekan rutin untuk alat bergerak tersebut. Peserta yang hadir terlihat sangat antusias dengan seminar yang berlangsung.

Materi yang dibahas dalam seminar ini sangat menarik seputar elevator yang dan escalator yang kerap digunakan di gedung bertingkat. Seminar berjalan lancar dan banyak sekali manfaat yang dapat diambil dalam seminar ini.Acara ditutup dengan diskusi dan penyerahan sertifi kat seminar.

Terima kasih kepada penyelenggara seminar, para pembicara yang membuat kita harus semakin sadar pentingnya pengecekan rutin dan berkala. Semangat Indonesia…….

Mari kita bersama sama menerapkan K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja untul lingkungan kerja kita semua.

Salam BEA

RAPAT KERJA NASIONAL BEA Seminar

K3Pesawat Lift

BEA NEWS BEA NEWS

8 9BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 6: BEA News Vol 1 2016

Jumat 18 Desember 2015 Pk 18:30 wib perwakilan BEA (Bp Imam Santoso dan Bp Saryanto) berangkat ke Semarang melalui perjalanan darat yang merupakan perjalanan darat pertama dan kehadiran pertama untuk kepengurusan BEA periode 2015 – 2018 dalam menghadiri undangan gathering dari ACE Jateng & DIY.

Tiba Di Semarang tgl 19 Desember 2015 Pk 05:30, setelah istirahat sejenak di Hotel Noorman’s Pk 09:00 kami berangkat ke hotel Patra Jasa tempat diadakannya Gathering dari ACE Jateng & DIY.

Kedatangan kami disambut dengan ramah oleh tuan rumah dimana Bp Huriptoto Kristiawan selaku ketua ACE Jateng & DIY turut juga menyambut kedatangan kami.

Acara di mulai pk 10:00 waktu Semarang, dimana kami duduk dikursi deretan paling depan bersama dengan perwakilan ACE Jabar, ACE Jatim, ACE Bali, ACE Makasar dan ACE Sumut. Pada acara pembukaan kami disuguhi tarian daerah oleh gadis gadis cantik yg menari dengan lemah gemulai sehingga para perserta gathering dibuat kagum dan terpesona.

Kemudian acara di buka oleh Bp Toto selaku ketua dan menjelaskan tema dari acara tersebut yaitu “ RENEWABLE ENERGY TECHNOLOGY FOR SAVING ENERGY” dilanjutkan dengan memperkenalkan Semua sponsor yg ikut serta dalam event tersebut ke atas panggung.Tarian Acara Pembukaan

Sambutan dari Pak Toto sekaligus memperkenalkan para sponsor

“RENEWABLE ENERGYTECHNOLOGY FOR SAVING ENERGY”

UTUSAN BEA MENGHADIRI UNDANGAN GATHERING ACE JATENG & DIY.

Selain menjadi perwakilan dari BEA kami juga mendapat misi khusus berupa mencari potensial sponsor untuk agenda BEA di 2016. Selain itu juga kami berkesempatan berkenalan dengan beberapa perwakilan dari ACE lain.

Selain pemaparan dari para sponsor dalam acara tersebut para perserta Gathering juga di manjakan dengan beberapa doorprice yang membuat acara menjadi lebih meriah dan menarik. Tiba di akhir acara Gathering kami tak menyia-nyiakan moment tersebut untuk berfoto bersama dengan seluruh perserta dan perwakilan dari masing-masing daerah.

Guna merealisasikan hal itu bea telah membuat program pelatihan selama 1 tahun baik untuk posisi teknisi , supervisor ataupun manager. Pelaksanaan pelatihan ini di jadwalkan setiap hari sabtu dengan materi dan team pengajar yg berbeda beda dg menyesuaikan materi tersebut. Program pelatihan ini telah di launching pada tanggal 12 maret 2016 di kantor sekretariat.Bagi member yg ingin mengikuti program pelatihan ini jadwal dan waktu pelatihan bisa down load di website bea ingin mengetahui lebih lanjut tentang pelatiha. ini silahkan menghubungi sekretariat sekertariat BEA Indonesia.

Karena tema tersebut diatas dari pihak ACE JATENG & DIY juga mengundang pembicara yaitu Bp Kartono, ST MT yang menjelaskan tentang

“ Pemanfaatan Energi Listrik Dari Rootop Photovoltaic Dalam Rangka

Konservasi Energi”

BEA NEWS BEA NEWS

Salah satu tugas pokok

meningkatkan skill dan kemampuan anggota

10 11BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 7: BEA News Vol 1 2016

Negara Industri Berwawasan LingkunganOleh Machmud BadresDirektur Sales dan Marketing – PT. PPLI

Apa yang terjadi jika kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola lingkungan hidup hilang?

Polusi. Penyakit Menahun. Masa Depan Yang Tak Lagi Indah. Sesuai dengan Undang-Undang No.

32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, telah dijelaskan bahwa pembangunan ekonomi nasional harus diselenggarakan berdasarkan prinsip Negara Industri Berwawasan Lingkungan. Untuk kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya, perlu serangkaian sistem yang terintegrasi untuk mewujudkan Kota Bersih dan Hijau (Clean and Green City). Pemerintah dengan ketegasan peraturan dan pembinaannya, pelaku usaha (industri) yang taat terhadap peraturan dan komitmen lingkungan dan masyarakat yang penuh kesadaran, disiplin, dan cinta lingkungan.

Machmud Badres, Direktur Sales dan Marketing PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI)

yang hadir sebagai salah satu pembicara di acara BEA Gathering tanggal 12 Desember 2015 menyatakan bahwa PPLI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem ini. Acara bertema “Pengelolaan Limbah Untuk Lingkungan Yang Lebih Baik” ini sesuai dengan tuntutan perkembangan dan tekanan industri, bahwa manajemen pengelolaan limbah menjadi masalah yang serius. Hal ini dikarenakan peningkatan populasi serta cepatnya industrialisasi yang mengakibatkan masalah lingkungan kurang diprioritaskan dan lemahnya tekanan dari pemerintah. Konsekuensi peningkatan industri dan limbah domestik mengancam dan berdampak pada kesehatan manusia dan lingkungan.

Saat ini, sebagian besar limbah berasal dari daerah industri dan komunitas lokal ditempatkan didaerah terbuka yang tentunya tidak menyehatkan dan tidak enak dipandang, bahkan pembuangan terbuka berdampak serius terhadap resiko nama baik dan resiko lingkungan sebagai tanggung jawab perusahaan.PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) dibentuk dan dibangun atas dasar kepedulian

dan perhatian terhadap penurunan mutu lingkungan di Indonesia yang disebabkan cepatnya industrialisasi pada ketiadaan infrastruktur dan lemahnya penegakan hukum untuk melindungi lingkungan.

Berbeda dengan pengelolaan dan pembuangan limbah secara terbuka, Machmud mengatakan standar operasional PPLI yang tinggi menawarkan pengelolaan limbah yang ramah lingkungan yang sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia dan standar pengolahan limbah internasional.

PPLI merupakan satu-satunya sarana pengelolaan limbah yang terintegrasi di Indonesia, beroperasi sejak tahun 1994, yang menyediakan pelayanan pengumpulan, daur ulang, pengelolaan dan pembuangan limbah berbahaya beracun (B3) dan non B3. Saham perusahaan ini 95% dimiliki oleh perusahaan Modern Asia Environmental Holdings (MAEH) dan 5% dimiliki oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN.

Suasana Meet & Gathering BEA

BEA INFO BEA INFO

Pada tahun 2009, MAEH diakuisisi oleh Dowa Eco System Co. Ltd, sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan pengelolaan lingkungan dan daur ulang, yang merupakan bagian dari keseluruhan perusahaan yang dimiliki oleh Dowa Holdings Co, Ltd. Grup ini telah ada 120 tahun yang lalu sebagai perusahaan penyuling hasil pertambangan dan logam di Jepang.

PPLI dilengkapi dengan alat laboratorium fisika dan kimia modern, yang terakreditasi penuh oleh KAN untuk laboratorium ISO 17025, dan terdaftar sebagai Laboratorium Lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Sebagai pemimpin industri, PPLi menentukan standar pelayanan manajemen pengolahan limbah di Indonesia. PPLi melakukan inspeksi kinerja harian, mingguan dan bulanan serta audit lingkungan setiap tiga bulan sesuai dengan standar ISO 14001, OHSAS 18001 dan ISO 9001.

Laboratorium

12 13BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 8: BEA News Vol 1 2016

PPLI merupakan perusahaan pengolahan limbah yang beroperasi dengan peralatan transportasi sendiri. Tingkat pengawasan yang tinggi ini memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan termasuk pengumpulan dan pengambilan limbah yang fl eksibel untuk memenuhi kebutuhan bisnis pelanggan.PPLI menerapkan sistem CCTV pada fasilitasnya untuk memberikan kenyamanan dalam pelaksanaan operasional yang aman dan terpercaya. Semua kendaraan yang datang dan pergi dipantau melalui CCTV dan dokumentasi manifest.Sistem GPS memberikan identifi kasi yang akurat dari aktifi tas armada transportasi dan menyediakan kinerja pengawasan yang tinggi dan aman yang bisa diakses langsung di lokasi dan dari jarak jauh diseluruh dunia.

Transportasi Limbah

PPLI menawarkan solusi pengelolaan dan pembuangan akhir limbah secara komprehensif dan berijin. Secara garis besar, dibawah ini adalah serangkaian pengelolaan dan pembuagan limbah yang tersedia.Untuk limbah berbentuk padat, Stabilisasi adalah cara terbaik untuk mengelolanya sehingga stabil secara fi sika dan kimia sebelum dibuang ke pembuangan akhir landfi ll. Untuk limbah berbentuk cair, pengelolaan yang dilakukan melalui proses Fisika Kimia (P-Chem) dan Biologi (Bioplant). Ketika limbah telah dikelola dan memenuhi baku mutu, dapat dibuang melalui badan air.Dalam presentasinya, Machmud juga menyatakan komitmen PPLI untuk menjalankan konsep 3R Reuse Recycle Recovery untuk setiap limbah yang masuk, untuk lingkungan Indonesia yang lebih baik. Fasilitas Fuels Blending adalah contoh fasilitas pemulihan (energy recovery). Limbah yang mengandung nilai calorifi c tertentu seperti solvent dan oli bekas dapat dicampur dan dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar alternatif proses pembuatan semen pada tanur semen. Fasilitas ini telah beroperasi sejak 1994.

Sistem Pengolahan Limbah

BEA INFO

Metode dan material yang digunakan pada fasilitas pembuangan akhir (Landfi ll) menjamin limbah B3 telah dikelola dengan benar dan aman. Pengawasan dan pemeriksaan berkala juga dilakukan untuk menjaga fasilitas ini tetap berfungsi sesuai standar.

Tim Customer Service dan Sales akan membantu berkoordinasi dalam hal teknis dan kebutuhan administrative para pelanggannya.Saat menutup presentasi, Machmud menyatakan komitmen PPLI untuk memenuhi kebutuhan mengenai pengelolaan limbah yang dihasilkan oleh industri atau perusahaan penghasil limbah. Machmud berharap untuk menciptakan lingkungan perkotaan dan daerah yang bersih dan hijau, pelaku bisnis seperti perhotelan, dan perusahaan retail consumer goods (supermarket), harus matang dalam merencanakan bangunan yang akan dibangun harus terintegrasi dengan lingkungan yang tertata. Lingkungan yang bersih dan bebas polusi bagi anak dan cucu dimasa depan.

Pembuangan Akhir

PPLI dilengkapi dengan tim site services, yang mampu memenuhi kebutuhan projek pekerjaan langsung di lapangan, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Departemen Site Services

Departemen Customer Services dan Sales

Peresmian Gedung Sekretariat BEA Indonesia

BErsama dengan pengurus

BEA Indonesia

BEA INFO

jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Peresmian Gedung Sekretariat

Gedung Sekretariat BEA Indonesia

14 15BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 9: BEA News Vol 1 2016

16 17BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 10: BEA News Vol 1 2016

Merujuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 122 tahun 2005, tentang tata cara membuang air limbah ke saluran kota, maka pengelola gedung melakukan treatment, untuk mengolah air limbah yang ada. Tidak saja mengatasi persoalan limbah cair, menggunakan hasil olahan limbah, juga dapat menghemat pemakaian air yang semakin mahal. Merujuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 122 tahun 2005, tentang tata cara membuang air limbah ke saluran kota, maka pengelola gedung melakukan treatment, untuk mengolah air limbah melalui proses recycling. “Proses recycling air limbah domestik atau Sewage Treatment Plant (STP) dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain ‘Rotor disk atau Konventional/ Extended aeration. Rotor disk adalah sistem di mana pemberian oksigen bagi bakteri dengan cara membiakan bakteri yang menempel pada disk sehingga bakteri akan kontak dengan oksigen, sedang pada saat bakteri ada di dalam cairan mereka akan makan kotoran yang ada pada cairan tersebut.

Pengelolaan Sewage Treatment Plant (STP)

Memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang

berguna, adalah tindakan yang sangat bijaksana.

Reuse atau menggunakan kembali hasil olahan limbah,

ternyata dapat dilakukan tidak hanya untuk limbah

kering saja, tetapi juga limbah cair.

Di beberapa gedung, air hasil pegelolaan dapat digunakan untuk menyiram tanaman, fasilitas pencucian mobil, adalah hasil air limbah yang telah diolah.

Sementara Konventional/Extended aeration, suatu sistem di mana pemberian oksigen dilakukan dengan cara menyemburkan oksigen ke dalam cairan dengan mengunakan blower. Pada sistem ini diperlukan area yang luas.

Tahap Pengolahan1. Pre treatment. Pada tahap ini dilakukan pemisahan padatan berukuran besar ataupun grease, agar tidak terbawa pada unit pengolahan selanjutnya, agar tercipta performa pengolahan yang optimal. Air dialirkan lewat inlet chamber di mana ada screen yang dapat menyaring benda padat. Selanjutnya air masuk ke grease trap yang berguna untuk memisahkan lemak yang dapat mengganggu proses biologi. Kemudian air akan menuju ke primary clarifi er.2. Primary clarifi er. Pada proses ini terjadi pemisahan partikel yang mengendap secara grafi tasi (suspended solid) sehingga mengurangi beban pengolahan pada unit selanjutnya. Pada proses ini berguna untuk membuat aliran jadi lebih tenang dan aliran dapat stabil.3. Rotating Biological Contactor (RBC). Proses pengolahan yang di lakukan adalah untuk menurunkan BOD (bio-chemical oxygen demand) dan COD (chemical oxygen demand) yang ada pada air limbah, sehingga dapat memenuhi kualitas air yang layak untuk kita buang ke saluran kota, Pengolahan polutan dilakukan oleh mikroorganisma yang melekat pada permukaan disk yang berputar. Perputaran ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan oksigen untuk kehidupan mikroorganisma dan mencegah terjadinya kondisi anaerob yang

dapat menimbulkan bau. Pada saat diskberputar terjadi kontak biomass yang dengan oksigen pada saat disk menyembul di permukaan dan terjadi kontak pada material organik yang ada pada air limbah untuk menjadi makanan pada saat disk terendam. Jadi bila diskterlihat kotor jangan dibersihkan karena sebenarnya itu adalah bakteri.4. Final Clarifi er. Unit ini berfungsi sebagai clarifi er akhir untuk mengendapkan partikel-partikel yang masih belum terendapkan, serta biomass yang telah mati.5. Disinfeksi. Pada proses ini dilakukan penginjeksian chlorine yang bertujuan membunuh bakteri-bakteri patogen yang ada.6. Effl uent Tank. Air yang telah kita olah akan dialirkan menuju effl uent tank untuk selanjutnya dibuang pada saluran kota. Sebagian air ini dapat kita proses lagi untuk keperluan recycling yang dapat kita gunakan untuk menyiram taman dan air cuci kendaraan.7. Sand Filter. Air dari effl uent tank kita alirkan ke sand fi lter menggunakan pompa, pada proses ini air akan di saring oleh pasir silika yang berfungsi menyaring padatan yang masih terbawa pada sistem, dan juga untuk menurunkan kekeruhan yang ada. Pada proses ini yang harus di perhatikan adalah perbedaan tekanan aliran masuk dan keluar. Bila tekanan

lebih dari tekanan yang ditentukan, maka perlu kita lakukan proses back washing. Yang berfungsi untuk mencuci kembali sand fi lter yang ada.

Mengenai tahap-tahap pengolahan air limbah melalui STP.

BEA TIPS BEA TIPS

18 19BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 11: BEA News Vol 1 2016

Setelah melewati proses di atas maka diharapkan kadar BOD dan COD dapat memenuhi standar air buang yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga air buangan kita tidak mencemari lingkungan. Sedangkan proses pengolahan kembali akan membuat kita ikut menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghematan air, dengan demikian akan ikut melestarikan lingkungan hidup kita.

Contoh pembuangan limbah modern

Perawatan STP1. Periksa harian kondisi basket screen dan bila ada kotoran bersihkan, hal ini agar aliran air limbah dapat lancar ke proses STP.2. Bersihkan grease trap dari lemak. Apa-bila terlalu lama maka lemak akan mengeras. Dan bisa menyebabkan bau, jika pemakaian atau kapasitas air limbah besar maka bisa kita lakukan pengangkutan lemak secara harian.3. Pengangkutan lumpur kita lakukan setahun sekali atau dua kali tergantung beban limbah.4. Pemeriksaan dan pemeliharaan rutin pompa, pompa submersible, gearbox, penambahan pelumas pada bearing kita lakukan rutin 3 bulan sekali.5. Pengecekan rantai dan komponen transmisi yang ada tiap 3 bulan sekali.6. Backwash sand fi lter dan karbon fi lter setiap minggu atau menurut kondisi fi lter yang ada, hal ini dapat kita lihat dari tekanan pada pressure gauge.7. Pengecekan air limbah ke BPLH tiap 3 bulan sekali.

BEA TIPS

20 21BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

HEAD OFFICE :

Jl. Mampang Prapatan Raya 60 Jakarta 12790

MARKETING OFFICE :Jl. Raya Citeureup Km 2,5 Citeureup 16961

Phone : (62) 21.8752527; 8754959 (hunting)Fax : (62) 21. 8758117 Mobile : (62) 815 940 1770

Email : [email protected] / [email protected]

Website : www.pusakaniaga.com

FIRE & SAFETY EQUIPMENT

PT. PUSAKA NIAGA INDONESIA

AUTHORIZED SOLE DISTRIBUTOR FOR INDONESIA

Page 12: BEA News Vol 1 2016

Bertempat di De Larenta Room Cosmo Terace Amaroossa Hotel di penghujung minggu 19 February 2016,BEA mengadakan acara Appreciation Dinner untuk mengikat tali silaturahim dan juga sebagai bentuk wujud terima kasih kepada para vendor yang telah memberikan kontribusi dalam acara-acara BEA.

Para undangan yang hadir tampak begitu semangat dan juga memberikan dukungan yang terbaik kepada BEA. Undangan yang hadir lebih sekitar 33 vendor antara lain :

PT. Napindo, PT Duta Fuji Electric, PT Pusaka NI, PT Hillios Power, Connel Bersaudara, Armacell, PT Penta Power, Sakaled .com, PT. Kharisma, PT RCS, PT Airindo Sakti, PT Daikin, PT Rasindo TL, PT Thyssenkrupp, PT GE Indonesia, PT Enagic Kangen Water, IBMA, Dwi Sentra Sukses, Best Instrument, PT Rigel, PT Lubrakom, PT IBS, PT Gelora Mandiri Tehnik (Aicool), PPLI, PT WP Citra, PT Nitto, Mediaformes Indonesia, RH Ralston, GWJ, Bukaka Inti Aircon, PT Berca Carrier Indonesia, PT Kone, Armstrong.

Acara dibuka oleh Ketua Sekretariat Bapak Bambang Trenggono sebagai MC dan dilanjutkan oleh Bapak Mardi Utomo sebagai Ketua BEA masa jabatan 2015-2018. Pak Mardi memberikan informasi tentang berdirinya BEA, fungsi BEA, program kerja BEA di tahun 2016

dan apa sajakah tanggung jawab BEA sebagai organisasi Engineering.Pada kesempatan tersebut banyak pertanyaan dari rekan vendor BEA seperti : Bagaimana cara berpartisipasi dalam acara yg diselengarakan oleh BEA serta mekanismenya dan juga ada yang bertanya apakah semua gedung sudah menjadi anggota BEA? Dan itulah yang diharapkan BEA agar semua ahli maintenance gedung dapat menjadi anggota BEA dan dapat bersama-sama mewujudkan visi dan misi BEA dalam kemajuan masyarakat di Indonesia khususnya Engineering Building. Undangan tampak begitu antusias dan senang dengan adanya acara ini dan acara berlangsung lancar hingga selesai jam 9.30 malam. Serta pada penutupan acara seluruh peserta melakukan foto bersama sebagai bukti kedekatan antara rekan vendor dengan BEA.

APPRECIATION DINNER

22 23BEA NEWS | Edisi 1 2016 BEA NEWS | Edisi 1 2016

Page 13: BEA News Vol 1 2016

FOR THE ENGINEERINGPROFESSIONALJl. Ir. H. Juanda / Ciputat raya No.75R ( Ruko Ciputat Center)

Ciputat – Tangerang selatanEmail : [email protected] Website : http://bea-indonesia.org

MONTH VENUEAGENDA16 Januari

19 February

4 Maret13 March30 March31 March

4-7 april23 April

14 May

16 June25 June

27 -29 July

20 August

September

15 October29 October

19 November

17 December

Raker BEA

• Appreciation Dinner

• OPENING BEA SECRETARIAT OFFICE• Launching Training & Development program• 1st Assessment for Engineering Manager• BEA News 1st Edition

• 21st congress of WSBFC• Seminar & Gathering

Social Activity – Rumah Singgah anak jalanan

• Transfer Knowledge to SMK• BEA News 2nd Edition

Seminar & Exhibition

2nd Assessment for Engineering Manager

Social Activity ( Sanitation , Water conservation , Bio Gas Project )

• Factory Visit• BEA News 3rd Edition

Seminar & Exhibition

Family Gathering

Hotel Lor in Sentul

• Hotel Amorossa JKT

• Jl. H. Juanda 75R Ciputat - Tangsel• Secretariat• TUK• Secretariat

• Tokyo -jepang• Hotel Aston Bekasi

Pasar Minggu

• Ciputat• Sekretariat

JIEXPO

Pandeglang - Banten

• Cikupa• Secretariat

Royal Kuningan Hotel

TBA

BUILDING ENGINEERS ASSOCIATON SCHEDULE 2016