studi komparasi wahidiyah

Post on 12-Aug-2015

241 Views

Category:

Spiritual

9 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Wahidiyah Jombang Wahidiyah Jombang dengan Wahidiyah Kediri dengan Wahidiyah Kediri

??

Apa bedanya..Apa bedanya..

Pengantar Pengantar Study Komparasi WahidiyahStudy Komparasi Wahidiyah

Tinjauan tentangTinjauan tentang… …

Perbedaan antara PSW, YPW-PUPW, Perbedaan antara PSW, YPW-PUPW, dan JPW-Miladiyahdan JPW-Miladiyah

PENATARAN KAPENATARAN KADER DER DADAI I WAWAHIDIYAHHIDIYAHAngkatan VAngkatan V

15 Juni15 Juni - - 66 Juli 2013, di Sekretariat DPC PSW Kab. Tulungagung Juli 2013, di Sekretariat DPC PSW Kab. TulungagungTanjungsari, Boyolangu - TulungagungTanjungsari, Boyolangu - Tulungagung

MuqoddimahMuqoddimahBBahwa pengamalan Sholawat Wahidiyah telah ahwa pengamalan Sholawat Wahidiyah telah menjadi beberapa model dan kelompok, baik dalam menjadi beberapa model dan kelompok, baik dalam komunitas yang kecil dan terbatas, maupun dalam komunitas yang kecil dan terbatas, maupun dalam komunitas yang besar dan kuat. Sehingga, sering komunitas yang besar dan kuat. Sehingga, sering terjadi pemahaman yang salah dan keliru, bahkan di terjadi pemahaman yang salah dan keliru, bahkan di kalangan Pengamal Wahidiyah itu sendiri, terhadap kalangan Pengamal Wahidiyah itu sendiri, terhadap eksistensi eksistensi Lembaga KhidmahLembaga Khidmah dalam pengamalan dalam pengamalan Sholawat WahidiyahSholawat Wahidiyah dan Perjuangan Wahidiyah. dan Perjuangan Wahidiyah.

AAspek-aspek eksistensi organisasi Penyiar Sholawat spek-aspek eksistensi organisasi Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW)Wahidiyah (PSW) perlu kita pahami perlu kita pahami, sebagai acuan , sebagai acuan dan titik tolak dalam mengkomparasikan atau dan titik tolak dalam mengkomparasikan atau memperbandingkan dengan komunitas atau kelompok memperbandingkan dengan komunitas atau kelompok lainnya, di luar PSWlainnya, di luar PSW..

Aspek Eksistensi :Yang nanpak bentuk nyata secara fisik lahiriyah

Aspek Substansi :Yang berupa konsepsi, pandangan, dan pemikiran

Aspek Essensi :Yang merupakan orientasi, niat, maksud dan tujuan

ASPEK DIFFERENTIAL

#1#1 NamaNama

Penyiar Sholawat WahidiyahPenyiar Sholawat Wahidiyah

disingkat PSWdisingkat PSW

#2#2 BentukBentuk

PSW berbentuk…PSW berbentuk…

Organisasi kemasyarakatan (ormas) Organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan keislaman ketasawufan. keagamaan keislaman ketasawufan. yang didirikan oleh Romo KH. Abdoel yang didirikan oleh Romo KH. Abdoel

Madjid Ma’roef, Muallif Sholawat Madjid Ma’roef, Muallif Sholawat Wahidiyah, Wahidiyah, Rodliyallohu ‘anhu,Rodliyallohu ‘anhu, pada pada

awal tahun 1964, pada saat awal tahun 1964, pada saat peringatan satu tahun peringatan satu tahun (eka warsa)(eka warsa)

Wahidiyah untuk jangka waktu yang Wahidiyah untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.tidak ditentukan.

#3#3 PendiriPendiri

PSW didirikan oleh.. PSW didirikan oleh..

Romo KH. Abdoel Madjid Ma’roef, Romo KH. Abdoel Madjid Ma’roef, Muallif Sholawat Wahidiyah, Muallif Sholawat Wahidiyah, Rodliyallohu ‘anhu.Rodliyallohu ‘anhu.

#4 Waktu Berdiri #4 Waktu Berdiri

PSW didirikan pada tahun 1964, bulan Muharram 1384 H, pada saat peringatan Eka Warsa (satu tahun) pengamalan Sholawat Wahidiyah, di Pondok Pesantren Kedunglo – Kediri.

#5 DASAR & LANDASAN

Dasar dan landasan PSW adalah Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga (AD ART) PSW, hasil Musyawarah Kubro Wahidiyah, yang merupakan penyesuaian dari Pedoman Dasar & Pedoman Rumah Tangga (PD PRT) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Penyiar Sholawat Wahidiyah Pusat Nomor 05/SW-XXIV/A/SK/87 tanggal 1 Agustus 1987, dengan tanda tangan restu Muallif Sholawat Wahidiyah.

#6 #6 VVisi & Misiisi & Misi

Visi : Visi :

Perjuangan Wahidiyah Perjuangan Wahidiyah

mempunyai Visi… mempunyai Visi…

Terwujudnya keselamatan, kedamaian, Terwujudnya keselamatan, kedamaian, kesejahteraan, dan kebahagiaan hidup kesejahteraan, dan kebahagiaan hidup lahir batin, material dan spiritual, di lahir batin, material dan spiritual, di dunia dan di akhirat, bagi masyarakat dunia dan di akhirat, bagi masyarakat umat manusia seluruh dunia.umat manusia seluruh dunia.

MMisiisiMisi Perjuangan Wahidiyah adalah... Misi Perjuangan Wahidiyah adalah... Upaya lahiriyah dan batiniyah untuk Upaya lahiriyah dan batiniyah untuk memperoleh kejernihan hati, ketenangan memperoleh kejernihan hati, ketenangan batin dan ketenteraman jiwa menuju sadar batin dan ketenteraman jiwa menuju sadar atau makrifat kepada Alloh atau makrifat kepada Alloh Subhanahu wa Subhanahu wa Ta’alaTa’ala wa Rosulihi wa Rosulihi Sholallohu ‘alaihi Sholallohu ‘alaihi wasallamwasallam dengan mengamalkan Sholawat dengan mengamalkan Sholawat Wahidiyah dan menerapkan Ajaran Wahidiyah dan menerapkan Ajaran Wahidiyah, sesuai bimbingan Muallif Wahidiyah, sesuai bimbingan Muallif Sholawat Wahidiyah, Sholawat Wahidiyah, Rodliyallohu ‘anhu.Rodliyallohu ‘anhu.

#7 Domisili#7 Domisili

PSW Pusat berdomisili di :

Pondok Pesantren “Attahdzib” (P.A) Ds. Rejoagung – Kec. Ngoro Kab. JOMBANG 61473 JAWA TIMUR

#8 TUGAS POKOK #8 TUGAS POKOK PSWPSW

MengaturMengatur,, dalam arti menentukan dalam arti menentukan kebijaksanaan, memimpin kebijaksanaan, memimpin pelaksanaan, dan bertanggungjawab pelaksanaan, dan bertanggungjawab atas jalannya Perjuangan Wahidiyah, atas jalannya Perjuangan Wahidiyah, meliputi bidang pengamalan, meliputi bidang pengamalan, penyiaran, pembinaan, pendidikan, dan penyiaran, pembinaan, pendidikan, dan bidang kegiatan lain yang menjadi bidang kegiatan lain yang menjadi sarana penunjang pelaksanaan tugas sarana penunjang pelaksanaan tugas pokok, sesuai dengan Ajaran pokok, sesuai dengan Ajaran WahidiyahWahidiyah..

#9 #9 FungsiFungsi

PSW berfungsi sebagai…PSW berfungsi sebagai…

Lembaga khidmah Lembaga khidmah

(service organization) (service organization)

dalam Perjuangan Wahidiyah.dalam Perjuangan Wahidiyah.

#10 Kekuasaan Tertinggi

Kekuasaan tertinggi

dalam organisasi PSW adalah...

Musyawarah Kubro (Muskub) Wahidiyah, diadakan 5 (lima) tahun sekali.

PSW Pusat PSW Wilayah PSW Cabang/Cabang

Khusus PSW Kecamatan PSW Desa/Kelurahan.

#11 Struktur Organisasi

Prinsip kerja bagi Pengurus PSW, berpedoman dan menjalankan 6 prinsip yang dibimbingkan oleh Muallif Sholawat Wahidiyah Rodliyallohu ‘anhu, yaitu: 

Prinsip Pengabdian dan Kesadaran.

Prinsip mengutamakan kewajiban.

Prinsip Taqdimul Aham Tsumal Anfa’.

Prinsip Musyawaroh wal Istikhoroh.

Prinsip Ta’awun, Kebersamaan, dan Kekeluargaan.

Prinsip Tawakkal.

#12 Prinsip Kerja

#13 Lambang dan Bendera

Lambang Penyiar Sholawat Wahidiyah adalah tulisan huruf Arab diambil dari Ayat Al-Qur’an berbunyi: FAFIRRUU ILALLOOH berwarna putih di atas dasar warna hitam berbentuk bulat telur dikelilingi delapan garis lengkung.

Bendera PSW terbuat dari kain berwarna Putih, ada gambar Lambang PSW di bagian tengah, dan tulisan PENYIAR SHOLAWAT WAHIDIYAH di bawah Lambang.

#14 Policy System

Pengambilan keputusan dan pembuatan policy kebijaksanaan dalam PSW dilakukan melalui jalan Musyawarah dan Rapat-rapat Kerja Organisasi.

#15 Spread & Construction

Penyiaran Wahidiyah dilakukan menurut prinsip “tidak pandang bulu” dan “ikhlas tanpa pamrih”, dengan bijaksana, serta didukung dengan mujahadah.

Pembinaan dilakukan dalam rangka melestarikan, memurnikan, memelihara dan meningkatkan pengamalan Sholawat Wahidiyah, maupun penerapan Ajaran Wahidiyah, yang sesuai dengan bimbingan Muallif Rodliyallohu ‘anhu.

#16 Organizing System

System Penunjukan, Pengangkatan, dan Pemberhentian SDM pengurus PSW dilakukan melalui jalan cara Musyawarah dan Rapat Kerja Organisasi.

#17 Financial system

Pemasukan keuangan organisasi PSW diperoleh dari:•Infaq dari Pengamal; •Sumbangan lain yang tidak mengikat;•Usaha-usaha yang sah dan halal.

Pengelolaan keuangan PSW dipergunakan untuk membiayai pelaksanaan Program Umum PSW, termasuk Program Kerja organisasi di tingkat daerah.

Aspek Substansi

Persepsi terhadap PD PRT PSW

Persepsi terhadap Lembaga Khidmah

Persepsi terhadap Musyawarah Kubro Wahidiyah

Persepsi terhadap Pondok Kedunglo Kediri

Persepsi terhadap Penyelenggaraan Mujahadah Kubro Wahidiyah

Persepsi terhadap Muallif Sholawat Wahidiyah Ra.

Persepsi terhadap Al Ghoutsu Hadzaz Zaman.

Merupakan visi, orientasi, niat, cita-cita, maksud dan tujuan dari para Pendiri masing-masing.

Terima Kasih

Sampai Jumpa Lagi..

Selamat Berjuang..

I loph You all.

top related