ppt seminar toga.pptx

Post on 11-Dec-2015

307 Views

Category:

Documents

3 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

TANAMAN OBAT KELUARGA

APAKAH TOGA ITU?

PENGERTIAN TOGA

Tanaman obat keluarga (Toga) adalah tumbuhanyang ditanam oleh keluarga di sekitar lingkungan rumah yang mempunyai khasiat penyembuhan sebagai apotek hidup yang dimanfaatkan oleh keluarga secara sederhana

MENGAPA TOGA

PERLU DIMANFAATKAN?

MACAM – MACAM TOGA

KUNYIT

Manfaat Kunyit• 1. Anti Inflamasi (peradangan)• 2. Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis)• 3. Pencegahan Kanker• 4. Meningkatkan Antioksidan• 5. Meningkatkan Fungsi Hati

Slide Manfaat Kunyit

Mengobati sakit perut saat HaidSiapkan 1 rimpang kunyit kira-kira 4 cm, ½ rimpang kencur ukuran 4 cm, 1 rimpang jahe ukuran 4 cm. Cuci semua bahan kemudian di parut dan ambil airnya tambahkan pula perasan air jeruk. Seduh air parutan tadi dengan ½ gelas air panas. Agar lebih nikmat, bisa juga di tambahkan madu, gula, dan garam sesuai selera. Minum pada hari pertama haid.

KENCUR

Manfaat KencurMinyak atsiri dalam kencur memiliki berbagai khasiat , diantaranya :

1. Sakit Kepala2-3 daun kencur ditumbuk sampai halus kemudian dioleskan pada dahi sebagai kompres.

2. Keseleo • 1 potong rimpang kencur

dan beras yang sudah direndam air, ditumbuk halus dan diberi air secukupnya. Kemudian dioleskan/digosokkan pada bagian yang keseleo sebagai bedak.

DAUN SIRIH

Manfaat Daun Sirih

• Mengobati keputihan • Menghilangkan Bau Mulut• Mengobati luka bakar• Mengobati mimisan

JERUK NIPIS

Manfaat Jeruk Nipis

• Membantu Dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati• Membantu Membersihkan Komedo• Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe• Membantu Meredakan Batuk

LIDAH BUAYA

Manfaat Lidah Buaya

1. Mencegah kebotakan2. Mengobati gigitan serangga3. Melawan racun dalam tubuh4. Mengatasi jerawat5. Pelembab kulit secara alami6. Menghilangkan ketombe

Manfaat Jambu Biji

1. Diabetes Mellitus

Bahan: 1 buah jambu biji setengah masakCara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untukdiambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

2. Maag

Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3. Sakit Perut (Diare dan Mencret) Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

KEMANGI

Manfaat Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol pada kemangi memiliki beberapa khasiat sebagai berikut :

1.Menghilangkan Bau MulutAmbil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

2. Mengobati SariawanAmbil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat.

Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari

3. Mengobati Panu

Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

BAWANG PUTIH

Minyak atsiri dan alicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki berbagai khasiat, diantaranya :1. Mengatasi Darah Tinggi3 siung bawang putih dikupas dan dicuci. Ditumbuk, diperas dengan air secukupnya Minum airnya, lakukan 3 kali sehari.

Manfaat

5 buah bawang putih yang telah dukukus, diblender dengan 150 cc air hangat. Minum selagi hangat.

2. Diare

BAWANG MERAH

1. Masuk Angin

Minyak atsiri yang terkandung Dalam bawang merah, membantu Menyembuhkan masuk angin

Bahan :Bawang merah 6 butirAir kapur sirih secukupnya

Cara Membuat : Remas bawang merah dengan air kapur sirih.Gosokkan ramuan obat tradisional masuk angin pada bagian punggung, tengkuk, perut dan kaki.

2. Mengatasi kutu air

3 bawang merah dikupas, cuci, parut, campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, didihkan. Hangat-hangat dioleskan ke sela-sela jari kaki yang telah dicuci dengan air hangat dan dikeringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah

TERIMA KASIH

top related