ppt seminar 1st

Download PPT Seminar 1st

Post on 25-Jul-2015

179 views

Category:

Documents

24 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

description about introduction to a thesis which discussed construction of highway while using balanced cantilever method and box girder pre cast as the prime structure

TRANSCRIPT

Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Waktu Dalam Pekerjaan Konstruksi Jalan Layang Non TolStudi Kasus Pembangunan Jalan Pangeran Antasari-Blok M Paket Cipete Sidang Seminar 3 Juli 2012

Oleh : Alfred Utomo Sinaga 0806454084 Teknik Sipil Pembimbing : Ir. Setyo Supriadi, MT Ir. Wisnu Isvara, MT

Latar BelakangPembangunan sarana infrastruktur masyarakat yang semakin meningkat. Pertumbuhan masyarakat dan diikuti dengan meningkatnya jumlah penduduk masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor. Tidak sebandingnya alur pertumbuhan angka pemakaian kendaraan bermotor dengan sarananya. Bertambahnya permasalahan mengenai sarana lalu lintas yang belum beres.

Deskripsi PenelitianRumusan Masalah Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap waktu dan penjadwalan proyek dalam pembangunan jalan layang non tol di wilayah urban ?

Tujuan Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang berpengaruh terhadap waktu dan penjadwalan pekerjaan konstruksi khususnya dalam proyek pembangunan jalan layang non tol di daerah urban.

Hipotesa Metode konstruksi dengan balanced cantilever dan box girder pre-cast ini dapat memunculkan berbagai macam ketidakcocokan yang terjadi antara lingkungan tempat proyek tersebut hingga dengan kondisi pekerjaan konstruksi yang berakibat keterlambatan proyek.

Penelitian Yang RelevanJ. Miltenburg, D. Sparling (1996) Bagaimana untuk mengatur dan mengurangi total cycle time yang ada pada suatu proyek dengan berdasarkan model dan analisis. Mario Vanhoucke (2012) Mengukur tingkat efisiensi dari pengaturan proyek dengan menggunakan data samaran dan empiris proyek.R. Malm, H. Sundquist (2010) Mengidentifikasi serta menganalisa berbagai faktor yang mempengaruhi jembatan dengan metode balaced cantilever yang strukturnya bersegmen, dengan bergantung pada waktu.

A. P. Hameri, J. Heikkila (2002) Dengan adanya penghubungan antara time-critical dari suatu proyek yang ada, maka akan didapat suatu metode guna meningkatkan efisiensi. S. Pindado, J. Meseguer, S. Franchini (2005) Menganalisa pengaruh dari bentuk box girder pada pembangunan jembatan yang menggunakan metode balanced cantilever.

Hyo-Gyoung Kwak, Je-Kuk Son (2004) Menganalisa span rasio dari jembatan yang dibangun dengan menggunakan metode balanced cantilever.

Kerangka Berpikir

Tinjauan PustakaCantilever(kantilever) adalah suatu jenis metode struktur dimana sebuah balok gantung yang satu ujungnya tidak bergerak sedang ujung lainnya bebas bergerak.Menurut KBBI, sistem kantilever berarti suatu jenis metode konstruksi batang (balok) yang salah satu ujungnya dijepit dan ujung lainnya bebas.

Konstruksi balaced-cantilever adalah suatu sistem kantilever yang mencapai sebuah bentukan keseimbangan pada tiap sisi hingga mencapai bagian tengahnya dan sebuah penutup dibuat dengan setengah bagian kantilever sebelumnya dari pier terdahulu.

Tinjauan PustakaTipe konstruksi pekerjaan segmental box girder yang menggunakan sistem precast sangat ditentukan oleh 2 faktor : -Ketepatan Data Survey Lapangan yang diterapkan untuk produksi segmen balok di pabrik segmen box girder maupun pada saat penyambungan segmen di Lapangan -Kualitas produksi segmen box girder sangat menentukan keberhasilan pada proses penyambungan

Tinjauan Pustaka

Metode PenelitianSkema Kategori Dasar untuk Pertanyaan Penelitian :Siapa

Rumusan Masalah penelitian, dapat dikelompokkan sebagai berikut: Bagaimana Pengendalian dampak sosial lingkungan pengendalian sistem transportasi sesuai Amdal. Bagaimanametode konstruksi pemasangan box girder padapembangunan jalan layang non tol Antasari-Blok M.

Apa

Di mana

Bagaimana

Mengapa

METODE ANALISA BERDASARKAN METODE KONSTRUKSIBerikut adalah beberapa hal yang menjadi kelebihan dari proyek ini yang kami jumpai selama Kerja Praktek di Proyek Jalan Layang non Tol Pangeran Antasari Blok M, Paket Cipete :-Perencana flyover dengan metode box gider berasal dari dalam negeri - Pertama kali di Indonesia jembatan menggunakan box girder - Penggunaan box girder secara precast - Metode konstruksi erection dengan balance cantilever yang menggunakan lifter.

Prosedur Analisis Berdasarkan Kinerja Waktu

METODE EVALUASI UNTUK IDENTIFIKASI FAKTOR

Berikut ini adalah 4 komponen utama evaluasi dari situasi kritis yang mungkin terjadi : - The Crisis Environment. - The Crisis Incident. - The Pre-Impact Crisis Management, - The Crisis Impact Management.

Terima Kasih

Alfred Utomo Sinaga 0806 454 084 Teknik Sipil