48673745 dawet cafe business plan

Upload: michael-scofield

Post on 22-Jul-2015

54 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

TUGAS BUSINESS PLAN KEWIRAUSAHAAN Nama NIM : Bhagus Alfiyan : L2C008023

BUSINESS PLAN D w t C fK n B a u a e a a g hg s

Executive SummaryPerkembangan makanan dan minuman tradisional di Indonesia sangatlah pesat. Hampir semua makanan atau minuman tradisional di negeri ini sudah pernah diangkat ke permukaan sebagai topik yang hangat. Namun terkadang dalam pengemasannya makanan dan minuman tradisional ini terkesan jauh dari modernisasi. Dawet adalah minuman tradisional khas Banyumas yang terbuat dari tepung beras dan kemudian dicampur dengan santan dan air gula. Biasanya Dawet ini disajukan dengan es. Di daerah asalnya Dawet biasa dijual keliling dengan menggunakan gerobak dorong. Dawet Caf Kang Bhagus mencoba memadukan antara konsep minuman tradisional dengan konsep kafe modern. Kami akan memvariasikan minuman Dawet menjadi beberapa jenis seperti Es Dawet, Dawet Anget, Strawberry Dawet, Chocolate Dawet, dan lain sebagainya. Usaha ini akan mengincar pasar mahasiswa di sekitar Universitas Diponegoro Semarang. Mengingat minuman ini amat terkenal di wilayah Banyumas dan juga jumlah mahasiswa asal banyumas yang bermukim semarang cukup banyak maka peluang usaha ini untuk berkembang pesat sangatlah besar. Pertumbuhan usaha ini amat bergantung pada strategi pemasaran yang diterapkan. Jumlah mahsiswa yang bermukim di semarang tidaklah sedikit, sehingga dengan kemasan yang menarik usaha ini akan sangat berpotensi untuk tumbuh dengan pesat. Tim manajemen dari Dawet Caf Kang Bhagus terdiri dari beberapa orang yang memegang peranan penting, yaitu Bhagus Alfiyan sebagai Direktur, Didik Haryadi sebagai Manajer Produksi, Hamdillah Usman sebagai Manajer Pemasaran, dan Firdaus Ulin Nuha sebagaiManajer Keuangan. Untuk memulai usaha ini kami membutuhkan modal sekitar Rp 13.000.000,00 sebagai biaya operasional pada tiga bulan pertama.

Business Plan

1

Dawet Caf Kang Bhagus

BisnisKonsep Bisnis Es Dawet adalah sejenis minuman khas di daerah eks-karesidenan Banyumas. Lazum disebut dawet ayu di daerah Banjarnegara. Es Dawet terdiri dari air santan, air gula, dan dawetnya sendiri yang terbuat dari tepung beras yang kemudian dicetak pendek-pendek. Saat ini es dawet sendiri biasa dijual melalui penjual-penjual yang menggunakan gerobak ataupun di kos-kios di pinggir jalan. Kondisi seperti ini terkadang menghambat modernisasi dari pemasaran es dawet itu sendiri. Dawet Caf kang Bhagus sendiri menawarkan konsep penyajian es dawet yang berbeda dari biasanya. Selain disajikan dingin kami juga akan menyajikan dawet hangat yang akan sangat tepat diminum di malam hari. Konsep kafe yang modern akan berbalut suasana etnis BANYUMASAN. Di dalam Dawet Caf ini nantinya kami akan menggunakan tata letak kafe modern seperti pada umumnya namun segi interiornya akan diberi nuansa jawa antara lain dengan memberi konsep motif batik di dindingnya. Selain itu juga akan ditambahkan alunan musik jawa di kafe tersebut. Dawet Caf Kang Bhagus ini akan memfokuskan diri kepada kepuasan konsumen. Berbagai macam hiburan juga akan ditampilkan seperti aksi sulap, grup band, dan uniknya akan diadakan wayang kulit semalam suntuk tiap satu minggu sekali.

PasarAnalisa Pasar Usaha ini akan mengincar pasar mahasiswa di sekitar Universitas Diponegoro Semarang. Mengingat minuman ini amat terkenal di wilayah Banyumas dan juga jumlah mahasiswa asal banyumas yang bermukim semarang cukup banyak maka peluang usaha ini untuk berkembang pesat sangatlah besar. Potensi Pertumbuhan Pertumbuhan usaha ini amat bergantung pada strategi pemasaran yang diterapkan. Jumlah mahsiswa yang bermukim di semarang tidaklah sedikit, sehingga dengan kemasan yang menarik usaha ini akan sangat berpotensi untuk tumbuh dengan pesat.

Business Plan

2

Dawet Caf Kang Bhagus

Analisa SWOTStrengths Usaha Dawet Caf ini memiliki keunggulan di segi pengemasannya. Kalau biasanya Minuman Dawet di jual secara tradisional, kini minuman ini akan dipadukan dengan konsep kafe modern. Weaknesses Kelemahan dari usaha ini adalah masih kurang familiarnya minuman Dawet di masyarakat semarang. Jika hanya mengandalkan konsumen mahasiswa dari wilayah Banyumas dan sekitarnya, usaha ini terancam tidak akan berkembang. Opportunities Usaha Dawet Caf ini memiliki peluang untuk berkembang dengan belum adanya kompetitor untuk usaha sejenis di wilayah semarang Threats Meskipun belum ada kompetitor di bidang usaha sejenis, usaha ini terancam gagal apabila ternyata konsep yang ditawarkan lewat Dawet Caf ini tidak berhasil mengambil hati konsumen khususnya kalangan mahasiswa. Hal ini bisa disebabkan oleh banyaknya kafe-kafe modern yang lebih menarik dalam pengemasannya.

KompetisiSampai sejauh ini usaha di bidang kafe dengan konten makanan ataupun minuman tradisional masih belum ditemukan di wilayah tembalang. Hal ini membuat usaha ini akan menjadi yang pertama dan satu-satunya di wilayah Tembalang.

StrategiStrategi Pemasaran Harga Dawet Caf ini akan memasang harga yang terjangkau di kalangan mahasiswa

Business Plan

3

Dawet Caf Kang Bhagus

Produk Es Dawet Dawet Anget Strawberry Dawet Chocolaten Dawet Cappucino Dawet Promosi

Harga Rp 5.000,00 Rp 4.500,00 Rp 6.000,00 Rp 6.000,00 Rp. 7.000,00

Dawet Caf ini akan dipromosikan melalui beberapa cara antara lain : 1. Pamflet-pamflet yang disebarkan di kampus-kampus dan di tempattempat umum 2. Pemasangan spanduk di lokasi yang strategis. 3. Pemasangan iklan di media-media jurnalistik kampus. 4. Pemasangan iklan di radio. 5. Promosi melalui situs jejaring sosial Internet Strategi Penjualan Strategi pemasaran kami adalah dengan menawarkan berbagai macam hadiah langsung saat sedang massa promosi. Hal ini akan membuat para konsumen tertarik. Kami juga akan menawarkan hiburan-hiburan di kafe tersebut yang sesuai dengan selera mahasiswa. Kami juga akan menurunkan tim pemasaran yang terdiri dari mahasiswa guna mempromosikan usaha Dawet Caf ini ke lingkungan kampus.

Struktur Manajerial Tim manajemen dari Dawet Caf Kang Bhagus terdiri dari beberapa orang yang memegang peranan penting, yaitu : Bhagus Alfiyan Direktur Didik Haryadi Manajer Produksi Hamdillah Usman Manajer Pemasaran Firdaus Ulin Nuha Manajer KeuanganBusiness Plan

4

Dawet Caf Kang Bhagus

Diagram organisasi

Direktur

Manager Produksi

Manager Pemasaran

Manager keuangan

OperasiFasilitas dan tempat Dawet Caf Kang Bhagus akan berdiri di tepi jalan Banjarsari. Di dalam ruangan kafe nantinya akan disediakan kursi-kursi dan meja untuk pengunjung, panggung kecil untuk menampilkan hiburan-hiburan secara langsung, dua buah kamar mandi pria dan wanita, dan juga fasilitas Hot Spot. Jam Operasi Dawet Caf Kang Bhagus akan buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB sampi pukul 23.00 WIB. Kafe akan tutup setiap hari libur nasional dan hari besar keagamaan. Produksi Minuman Dawet akan diproduksi di dapur yang terjamin kebersihan dan keamanannya.

TANAH DAN LOKASIBusiness Plan

5

Dawet Caf Kang Bhagus

Rencananya kami akan mendirikan usaha Dawet Caf ini di tepi jalan Banjarsari. Mengingat tempat ini adalah salahg satu tempat yang strategis dan tiap harinya hampir semua mahasiswa universitas Diponegoro melewati jalan ini.

Perencanaan KeuanganRincian kebutuhan dana Berikut ini rician kebutuhan dana pada tiga bulan pertama operasi : Sewa Tempat Interior Furniture Unit Hotspot Biaya Produksi Total Rp Rp Rp Rp Rp. Rp. 2.000.000,00 1.000.000,00 3.000.000,00 2.000.000,00 5.000.000,00 13.000.000,00

Business Plan

6