4 15 maret 2019 - publication-pyc.org file• dia menjelaskan diskon sebesar 50% bagi semua...

Click here to load reader

Post on 28-Apr-2019

214 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

www.publication-pyc.org

4 15 Maret 2019

Renewable Energy

Pertamina Resmikan Fasilitas Bertenaga Surya di Kilang

Cilacap

https://bisnis.tempo.co/read/1182021/pertamina-resmikan-

fasilitas-bertenaga-surya-di-kilang-cilacap 5 Maret 2019

PT Pertamina (Persero) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sistem On Grid pertama di Refinery Unit IV Cilacap. Selain fasilitas yang dikemas dalam Program Unggulan Proper E-Mas Bayu (Energi Mandiri Tenaga Surya Dan Angin) tersebut, Pertamina juga meresmikan program E-Mbak Mina (Energi Mandiri Tambak Ikan) di Kampung Laut.

Pertamina RU IV mendapatkan rekor MURI Kilang dengan Rumah Terbanyak Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya terbesar di Indonesia dengan kapasitas 1 Megawatt yang berdampak pada penurunan emisi gas CO2 652.983 kg atau setara dengan penghematan fossil fuel sebesar 246,07 ton.

Program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina, adalah program yang memanfaatkan sumber daya alam melalui teknologihybrid one pole (HEOPyang merupakan perpaduan antara panel surya dan kincir angin. Program E-Mas Bayu telahmenghasilkan 180 kw/bulan serta menyumbang penurunan emisi sebesar 1.1 ton eq.CO2/Bulan. Selain itu pemanfaatan Program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina mampu mengaliri 37 rumah dengan energi baru terbarukan.

Sumber:

LIPI Desak Infrastruktur Mobil Listrik Segera Dibangun

https://www.viva.co.id/digital/piranti/1126197-lipi-desak-

infrastruktur-mobil-listrik-segera-dibangun 4 Maret 2019

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI, Maxensius Tri Sambodo mengatakan, konsumsi energi di sektor transportasi terus meningkat. Oleh karena itu dia menyarankan pemerintah untuk segera membangun infrastruktur untuk mobil listrik.

Mobil listrik tidak hanya membantu pengurangan emisi kita di sektor transportasi, tapi juga akan banyak membuatpenghematan di sektor bahan bakar. Di samping infrastruktur juga harus ada peran perbankan, yang bisa mendukungpembayaran kredit.

Alasan berikutnya yang dilakukan ialah terkait dengan negara yang masih impor bahan bakar. Hal ini menjadi salah satu strategi yang harus pemerintah disiapkan. Maxensius bercerita, pemerintah China mensubsidi yang cukup besarterhadap mobil listrik untuk konsumen.

Maka dari itu, kata dia, pemerintah diharapkan membangun skema pembiayaan. Bahkan bisa juga menggandeng Grab dan Gojek, untuk membantu penetrasi energi bersih di sektor transportasi. Pengembangan kendaraan itu, kata Maxensius, harus berkolaborasi dengan industri mobil listrik. Fungsinya agar bisa menekan biaya imporkomponennya. Tahap awal memilih cara ini agar relatif lebih mudah, dan untuk mengejar ketertinggalan.

Sumber:

Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Diskon Tambah Daya

100%

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190309/44/897743/pengguna-

kendaraan-listrik-pln-diskon-tambah-daya-100 10 Maret 2019

PT Perusahaan Listrik Negara (persero) mulai merealisasikan diskon untuk pelanggan yang akan melakukan penambahan daya listrik mulai dari daya 220 VA sampai dengan 197 kVA. General Manager PLN Unit Induk DistribusiJakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan terdapat tiga kategori diskon yaitu 50%, 75%, dan 100%.

Dia menjelaskan diskon sebesar 50% bagi semua pelanggan PLN yang berlaku 1 Maret 2019 - 30 April 2019 dengan mendaftar di Contact Center 123, PLN Mobile, Website www.pln.co.id, maupun di kantor PLN terdekat.

Selanjutnya, diskon 75% bagi pelanggan PLN yang memiliki kompor listrik atau motor listrik, berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Pelanggan mendaftar di kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembeliankompor maupun motor listrik.

Diskon paling besar yakni 100% ditujukan bagi pelanggan PLN yang mempunyai mobil listrik, berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Pelanggan mendaftar di kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelianmobil listrik.

Sumber:

Oil and Gas

Berakhirnya Perang Dagang Disebut Kerek Harga Minyak

Mentah Indonesia

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190310/44/897848/berakhirny

a-perang-dagang-disebut-kerek-harga-minyak-mentah-indonesia 10 Maret 2019

ICP Februari 2019 mencapai US$61,31 per barel atau naik sebesar US$4,76 per barel dari USD 56,55 per barel padaJanuari 2019

Sinyalemen berakhirnya perang dagang Amerika Serikat dan China disebut-sebut sebagai faktor utama terdorongnyaharga minyak mentah Indonesia atau ICP.

Secara umum, kenaikan ICP dilatarbelakangi oleh kenaikan harga minyak mentah dunia. ICP Februari 2019 dipengaruhiharga minyak Dated Brent, WTI [Nymex], Basket OPEC dan Brent [ICE] yang mengalami peningkatan dibandingkanJanuari 2019

Faktor lain yang memengaruhi terkereknya ICP adalah tingkat kepatuhan yang tinggi negara-negara OPEC dan beberapanegara non-OPEC dalam mengimplementasikan pengurangan produksi minyak mentah.

Berdasarkan publikasi OPEC Februari 2019, pasokan minyak mentah global Januari 2018 turun sebesar 1,03 juta bphdibandingkan dengan pasokan bulan sebelumnya menjadi sebesar 99,32 juta barel per hari (bph).

Di samping itu, meningkatnya permintaan produk minyak mentah dari India dan berlanjutnya kebijakan stimulusekonomi di China untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara tersebut

Sumber:

Harga Gas Pipa Masih Lebih Murah dari LPG, Apakah

Proyek Jargas Tetap Ekonomis?

https://industri.kontan.co.id/news/harga-gas-pipa-masih-lebih-

murah-dari-lpg-apakah-proyek-jargas-tetap-ekonomis 10 Maret 2019

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menetapkan harga jual gas pada jaringan gas (jargas) untukkonsumen Rumah Tangga-1 (RT-1) dan Pelanggan Kecil-1 (PK-1) di 7 (tujuh) Kota/Kabupaten. Sedangkan hargaJargas di wilayah lainnya akan menyesuaikan.

Harga jual gas yang baru ini untuk konsumen RT-1 dan PK-1 sangat terjangkau yaitu dipatok maksimal Rp 4.250 permeter kubik. Bahkan lebih murah dibandingkan jika membeli tabung LPG 3 Kg. Jika dibandingkan dengan, harga jualgas untuk wilayah tersebut di atas lebih murah ketimbang harga pasar gas LPG 3 kg yang berkisar Rp 5.013 permeter kubik hingga Rp 6.266 per meter kubik.

Saat ini, Pemerintah tengah melakukan upaya percepatan pembangunan infrastruktur jargas agar ketersediaanenergi dapat diakses oleh masyarakat kecil secara langsung. Selain itu, jargas juga mendukung program diversifikasienergi supaya bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan bakar, yang bersubsidi APBN yakni BBM danLPG 3 kg.

Sumber:

Pertamina Klaim Jadi KKKS Pertama yang Terapkan Full

Scale EOR

https://katadata.co.id/berita/2019/03/12/pertamina-klaim-jadi-

kkks-pertama-yang-terapkan-full-scale-eor 12 Maret 2019

PT Pertamina (Persero) mengklaim akan menjadi perusahaan migas pertama yang menerapkan teknologi untukmemperoleh minyak tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) dengan skala penuh (full scale) di Indonesia.Kegiatan ini akan dilakukan anak usahanya, PT Pertamina EP, di Lapangan Tanjung, Kalimantan Selatan, pada kuartal4 tahun 2021

Proyek pilot polimer di lapangan Tanjung dimulai di akhir 2018. Pemilihan metode injeksi polimer di LapanganTanjung didasarkan pada seleksi dengan kriteria-kriteria tertentu, seperti temperatur reservoir, fluida reservoir, dankondisi geologi

Direktur Pengembangan Pertamina EP, John H. Simamora mengatakan masing-masing metode injeksi EOR memilikikarakteristik yang berbeda. Misalnya untuk injeksi air, maka bisa meningkatkan produksi mencapai 40%, namun jikainjeksi kimia bisa lebih tinggi hingga 60%. Namun, dari dua metode itu, injeksi kimia yang lebih mahal biayanya.Untuk itu hanya lapangan yang cadangannya besar yang ekonomis menggunakan metode tersebut.

Sumber:

Tingkatkan Produksi, Pertamina EP Genjot Program EOR

di 9 Lokasi

https://katadata.co.id/berita/2019/03/12/tingkatkan-produksi-

pertamina-ep-genjot-program-eor-di-9-lokasi 12 Maret 2019

PT Pertamina EP akan memprioritaskan penggunaan teknologi tingkat lanjut Enhanced Oil Recovery (EOR) di 9 titiklokasi tahun ini. Program ini dilakukan sebagai upaya anak usaha PT Pertamina (Persero) dalam menggenjot produksiminyak di sumur-sumur yang sudah tua.

Sembilan lokasi tersebut tersebar di asset yang dikelola Pertamina EP. Rantau, Sago, dan Ramba di Pertamina EP Asset 1,Jirak dan Limau di Pertamina EP Asset 2, Tambun dan Jatibarang di Pertamina EP Asset 3, serta Sukowati di Pertamina EPAsset 4, dan Tanjung di Pertamina EP Asset 5. Lima di antara struktur itu menggunakan metode chemical, yaitu Tanjung,Rantau, Sago, Jirak, dan Limau. Empat lainnya menggunakan metode karbondioksida (CO2).

Direktur Pengembangan Pertamina EP John H Simamora mengatakan prioritas pemilihan struktur berdasarkan jumlahcadangan yang dimiliki setiap lapangan, yakni sekitar 300 juta-700 juta barel. Saat ini Pertamina EP melakukan proyekpilot EOR menggunakan polimer di struktur Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Sumber:

Electrification

PLN Akan Pasok Listrik 188 juta VA untuk 4 Pelanggan di

Kalimantan

https://katadata.co.id/berita/2019/03/14/pln-akan-pasok-listrik-

188-juta-va-untuk-4-pelanggan-di-kalimantan 14 Maret 2019

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan siap memasok listrik dengan total daya sebesar 188 juta Volt Ampare(VA), yang akan diserap oleh empat pelanggan tegangan tinggi.

Keempat perusahaan tersebut adalah PT Indocement Tunggal Prakarsa yang berlokasi di Kotabaru (Kalsel) dan PTSebuku Iron Lateric Ores (SILO) di Pulau Sebuku Kotabaru (Kalsel). Kemudian, PT THU Green Energy (THUGE) yangberlokasi di Buntok (Kalteng) dan PT Angkasa Jaya Mulia (AJM) di Satui (Ka

View more