2014-1-00049-si workingpaper001

14
ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PROTOTIPE WEBSITE PARIWISATA TERINTEGRASI EVERYDAY SMART HOTEL JAKARTA Erlina Indra Universitas Bina Nusantara, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta Barat [email protected] Rendy Arsanto Universitas Bina Nusantara, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta Barat [email protected] Deny Setiawan Universitas Bina Nusantara, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta Barat [email protected] Suroto Adi, Drs., M.Sc., DMS Abstrak

Upload: deny-setiawan-aka-deny-clancy

Post on 10-Nov-2015

215 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Working paper SI Binus

TRANSCRIPT

ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PROTOTIPE WEBSITE PARIWISATA TERINTEGRASI EVERYDAY SMART HOTEL JAKARTAErlina IndraUniversitas Bina Nusantara, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta [email protected] ArsantoUniversitas Bina Nusantara, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta [email protected] SetiawanUniversitas Bina Nusantara, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta [email protected] Adi, Drs., M.Sc., DMSAbstrakVarious attempts have been made by the tourist hotels in Jakarta in improving corporate profits as well as the face of competition in the sale of hotel rooms, as well as other hotel products. Similarly faced by Everyday Smart Hotel Jakarta. One of them is the launch of a website that is expected to support the promotion and marketing activities as well as simplify and speed up customer transactions.

The purpose of this paper is to evaluate the performance of the current website, analyze the needs of website information and technical support necessary to support the promotion and marketing activities, transactions, as well as designing the proposed prototype integrated website.

The method used in this research is the method mBSC (Modified Balance Scorecard), which is used to evaluate performance, and methods of OOAD (Object Oriented Analysis Design) to analyze information needs and designing websote proposed.

Results of this research is the design, modeling, and prototype website Everyday Smart Hotel in Jakarta that is integrated with the official website for tourism, travel agents and travel websites and travel destination website

Keywords: integrated website, Modified Balance Scorecard, promotion and marketing, HotelANALISIS DAN PENGEMBANGAN PROTOTIPE WEBSITE PARIWISATA TERINTEGRASI EVERYDAY SMART HOTEL JAKARTA

AbstrakBerbagai usaha telah dilakukan oleh hotel-hotel wisata di DKI Jakarta dalam meningkatkan keuntungan perusahaan serta menghadapi persaingan dalam penjualan kamar hotel, maupun produk hotel lainnya. Demikian pula yang dihadapi oleh Everyday Smart Hotel Jakarta. Salah satunya adalah peluncuran website yang diharapkan dapat mendukung kegiatan promosi dan pemasaran serta mempermudah dan mempercepat transaksi pelanggan.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk melakukan evaluasi kinerja website saat ini, menganalisis kebutuhan informasi website dan dukungan teknis yang diperlukan dalam mendukung kegiatan promosi dan pemasaran, transaksi, serta merancang usulan prototype website yang terintegrasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mBSC (Modified Balance Scorecard), yang digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja, dan metode OOAD (Object Oriented Analysis Design) untuk menganalisis kebutuhan informasi dan perancangan websote yang diusulkan.

Hasil dari penelitian ini adalah rancangan, model, dan prototype website Everyday Smart Hotel Jakarta yang terintegrasi dengan website dinas pariwisata, website agen perjalanan dan wisata dan website destinasi wisata

Kata Kunci : Website terintegrasi, Modified Balance Scorecard, Promosi dan pemasaran, HotelPENDAHULUAN

Saat ini pariwisata bukan hal yang asing untuk masyarakat. Banyak wisatawan baik domestik maupun asing yang datang berlibur untuk menghabiskan waktu dan menikmati keindahan alam. MenurutUndang-undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud denganpariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang bisa menunjang pertumbuhan ekonomi bagi kehidupan masyarakat tiap daerah. Di Indonesia, potensi pariwisata sangatlah besar. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki letak geografis di antara benua Asia dan benua Australia serta samudera hindia dan samudera pasifik, menyebabkan Indonesia memiliki paronama yang indah dan budaya yang beranekaragam. Adanya objek wisata seperti pantai, pegunungan, berbagai seni budaya, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pariwisata, dan segala keaneka ragaman objek wisata lainnya yang khas dari tiap daerah di Indonesia dapat menarik wisatawan untuk berkunjung kesana dan diharapkan mampu menarik lebih banyak lagi devisa negara, baik dari wisatawan manca negara maupun domestik.Salah satu komponen usaha industri pariwisata adalah dengan berkembangnya usaha di bidang hotel. Hotel sebagai sarana hunian bagi wisatawan untuk beristirahat, juga dapat berpartisipasi dalam memperkenalkan wisata-wisata yang ada di Indonesia. Berdasarkan data BPS pada tahun 2014, semakin banyak wisatawan yang mengunakan fasilitas hotel untuk berwisata. Dapat dilihat berdasarkan data BPS (2014) sebagai berikut :

Tabel 1.1 Tingkat penghunian kamar pada hotel bintang di dua puluh tujuh provinsi, 2014

Jika dilihat dari data BPS (2014) di atas, maka dapat dikatakan bahwa jumlah penghunian kamar pada hotel bintang semakin meningkat dengan persentase 7,47 dari bulan Januari 2014 hingga bulan November 2014.

Gambar 1.1 Grafik Tingkat Hunian Kamar pada Hotel Bintang

Di antara kedua puluh tujuh provinsi yang disurvei oleh BPS, Bali sebagai salah satu kawasan wisata terpopuler di Indonesia menjadi provinsi dengan tingkat hunian hotel tertinggi. Tingkat hunian rata-rata pada hotel bintang di Bali hingga November 2014 mencapai 61,15%.

DKI Jakarta yang menjadi ibukota Indonesia mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang rata-rata sebesar 57,98%. Jumlah hotel bintang yang ada di Jakarta mencapai 175 unit dengan jumlah kamar sebanyak 30.135 ruang. Jakarta memiliki jumlah kamar hotel bintang terbanyak di Indonesia. Dari data tersebut menunjukkan bahwa persaingan antar hotel bintang di Jakarta sangat ketat dengan beragamnya penawaran fasilitas dan keunikan tersendiri.

Dalam usaha peningkatan tingkat hunian hotel, banyak usaha yang telah dilakukan dalam mendukung promosi dan pemasaran dan salah satunya adalah pemanfataan teknologi web. Pemanfaatan teknologi informasi pada industri pariwisata sudah mulai berkembang pesat. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai sarana promosi dan pemasaran kepada masyarakat luas baik secara nasional maupun internasional. Banyak hotel telah menggunakan website dalam mendukung kinerja dalam meningkatkan pemasarannya. Penggunaan website sebagai sumber informasi, wisatawan baik domestik maupun asing dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan pelaku usaha pariwisata lainnya seperti dinas pariwisata, agen perjalanan, dan destinasi wisata.

Saat ini, walaupun pemanfaatan teknologi web telah maksimal mendukung promosi dan pemasaran hotel, hasilnya belum memuaskan. Salah satunya ditunjukkan oleh rendahnya tingkat hunian Indonesia dibandingkan dengan tingkat hunian negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand, informasi yang disediakan belum mendukung kegiatan promosi dan pemasaran, serta belum terintegrasinya website-website pariwisata seperti produk jasa perjalanan wisata/agen travel, objek wisata dan hotel.

Oleh karena itu, berkaitan dengan promosi dan pemasaran kinerja website hotel dan para pelaku usaha bidang pariwisata lainnya perlu ditingkatkan dan diintegrasikan agar informasi yang dihasilkan mampu mendukung promosi dan pemasaran.

Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk menganalisis dan mengembangkan prototipe website hotel dengan objek penelitian Everyday Smart Hotel Jakarta dengan judul Analisis dan Pengembangan Prototipe Website Pariwisata Terintegrasi Everyday Smart Hotel Jakarta

METODE PENELITIANMetode yang digunakan untuk mendukung penelitian ini meliputi 2 yaitu :1. Metode Pengumpulan Data

a. Penelitian Lapangan (Field Research)

Dalam penelitian lapangan ini digunakan 2 metode yaitu :

Survey

Survey terhadap Everyday Smart Hotel Jakarta untuk mengumpulkan informasi yang ada pada sistem yang sedang berjalan. Wawancara (Interview)

Pengumpulan data dengan melakukan wawancara secara tatap muka dengan pihak terkait.b. Penelitian Kepustakaan

Bertujuan untuk memperoleh data yaitu dengan mencari dan mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk penyusunan skripsi ini. Data diperoleh dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian.c. Studi Dokumen Perusahaan

Bertujuan untuk memperoleh data perusahaan yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi hotel yang dibutuhkan, seperti proses bisnis, struktur organisasi kemudian dipelajari untuk mendukung kebutuhan

2. Metode Analisis dan perancangan sistem informasi

a. Metode analisis menggunakan mBSC (Modified Balance Scorecard) untuk mengeveluasi kinerja website berjalan dengan empat perspektif yaitu perspektif pengguna, pemasaran, fungsi hotel, dan teknis, serta metode analisis OOAD (Object-Oriented Analysis Design) untuk perancangan.b. Metode perancangan dalam penulisan skripsi ini mengunakan bahasa pemrograman PHP dan pendekatan berorientasi objekHASIL DAN BAHASANA. Analisis Sistem BerjalanAnalisis kinerja website dilakukan dengan survei menggunakan kuisioner evaluasi kinerja pada 30 website hotel DKI Jakarta yang dipilih secara acak dari total populasi 140 website hotel menggunakan 4 perspektif yaitu perspektif pengguna, perspektif pemasaran, perspektif fungsi hotel dan perspektif teknis. Dibawah ini merupakan hasil dari evaluasi kinerja website di DKI Jakarta menggunakan 30 sampel Tabel 1.2 Statistik Deskriptif Kinerja Website Hotel DKI Jakarta

Tabel 1.3 Statistik Deskriptif Kinerja Website Everyday Smart Hotel Jakarta

Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kinerja website Everyday Smart Hotel Jakarta masih berada dibawah rata-rata dari 30 website hotel lainnya yang berada di DKI Jakarta. Pada perspektif pengguna dan teknis, kinerja website hotel masih berada pada rata-rata, sedangkan untuk perspektif pemasaran dan fungsi hotel, kinerja website berada dibawah rata-rata. Rincian rendahnya kinerja website Everyday Smart Hotel Jakarta dapat dilihat pada berbagai perspektif berikut:

a. Perspektif Pengguna

Dilihat dari perpektif pengguna, website Eveyday Smart Hotel Jakarta berada pada rata-rata. Fitur dan informasi yang diberikan website masih terdapat kekurangan, yaitu 1. Belum menyediakan informasi dalam 2 bahasa. Website hanya menyediakan informasi dalam bahasa inggris. Hal ini menyulitkan wisatawan dalam negeri yang kurang menguasai bahasa asing dalam mencari informasi dalam website2. Belum menyediakan fitur sitemap. Pengguna membutuhkan fitur sitemap untuk membantu mengakses fitur-fitur lanjutan yang belum terlihat di halaman muka3. Belum menyediakan Search Engine Internal yang membantu pengguna untuk menemukan informasi khusus yang belum terlihat di halaman muka web. 4. Belum menyediakan online chat, sehingga tidak ada interaksi antara pihak hotel dan pengguna yang ingin menanyakan secara langsung informasi yang dibutuhkan.5. Belum menyediakan FAQ (Frequently Asked Question) untuk menginformasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna sehingga pengguna kesulitan mendapatkan informasi bantuan. b. Perspektif Pemasaran

Dilihat dari perspektif pemasaran, website hotel berada dibawah rata-rata dan paling rendah dibandingkan dengan perspektif lainnya. Beberapa masalah dalam perspektif pemasaran antara lain :1. Belum menginformasikan mengenai event hotel secara up to date2. Diskon atau penawaran menarik lainnya dari hotel untuk booking kamar dan event lainnya tidak diinformasikan kepada pengguna dalam website 3. Penggunaan media sosial yang kurang optimal dalam memasarkan produk-produknyac. Perspektif Fungsi Hotel

Dilihat dari perspektif informasi fungsi hotel, website hotel masih berada dibawah rata-rata walaupun telah memberi informasi mengenai visi dan misi, serta profil mengenai managemen hotel. Tetapi informasi tersebut belum mendukung kinerja website dalam perspektif fungsi hotel. Hal ini terlihat dari beberapa kekurangan informasi dalam website, antara lain :1. Belum menyediakan informasi terperinci dan peta menuju destinasi wisata yang dekat dengan lokasi hotel sehingga pengunjung seringkali kesulitan untuk menentukan objek wisata yang akan dikunjungi.2. Belum menyediakan fitur peta menuju hotel. Hal ini diperlukan karena pengunjung kesulitan arah apabila tidak mengetahui letak hotel3. Tidak menginformasikan pihak yang bekerja sama dengan hotel, seperti agen perjalanan dan destinasi wisatad. Perspektif Teknis

Dari Perspektif teknis, kinerja website berada pada rata-rata, tetapi belum optimal. Meskipun website telah menggunakan teknik SEO (search Engine Optimizer) pada website sehingga website dapat ditampilkan di halaman pertama pada search engine seperti google, ada beberapa kekurangan dari website dilihat dari perspektif teknis, antara lain : 1. Belum menggunakan HTML5 dan CSS3 dalam pembuatan website, sehingga kurang menarik dalam segi tampilan bagi pengunjung2. Tidak menyediakan fasilitas link bagi para pelaku usaha lainnyaB. Kebutuhan Informasi Website Terintegrasi

Gambar 1.2 Business Use Case Everyday Smart Hotel Jakarta

Gambar 1.3 Logical Class Diagram Everyday Smart Hotel Jakarta

C. Solusi yang ditawarkan

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survei, website Everyday Smart Hotel, masalah yang dihadapi adalah :1. Kurangnya informasi yang ditampilkan dalam website Everyday Smart Hotel Jakarta dalam mendukung kegiatan promosi dan pemasaran2. Belum tersedianya fitur-fitur yang mendukung kemudahan penggunaan website dan kolaborasi antar website yang terintegrasiSolusi yang diperlukan agar website dapat mendukung kegiatan promosi dan pemasaran adalah :1. Menyempurnakan database dan tampilan-tampilannya sesuai dengan kebutuhan

2. Menyediakan fitur-fitur yang diperlukan bagi kemudahan penggunanya (wisatawan) dengan melakukan integrasi dengan website dinas pariwisata, website agen perjalanan dan website destinasi wisata

D. Hasil Pengembangan WebsiteBerikut ini adalah hasil pengembangan website Everyday Smart Hotel Jakarta. Tabel ini menjelaskan penambahan fitur yang ada dalam website hotel

Tabel 1.4 Kebutuhan Fitur websiteNoFiturDetail

1Online ChatMemudahkan wisatawan berinteraksi dengan pihak hotel secara real time

2MapMemandu wisatawan menuju hotel

3CurrencyMemudahkan wisatawan manca negara dalam melakukan transaksi

4Multi BahasaMemudahkan wisatawan manca negara untuk mengetahui informasi website sesuai negara wisatawan tersebut

5Statistik websiteWisatawan dapat mengetahui tingkat kunjungan website hotel

6Internal Search EngineMemudahkan wisatawan mencari informasi yang terdapat dalam website secara cepat

Integrasi website dibangun menggunakan arsitektur SOA (Service Oriented Architecture). SOA adalah entreprise architecture dimana aplikasi dirancang untuk menyediakan layanan yang dapat digunakan untuk integrasi bisnis. Infrasturktur yang digunakan adalah ESB (Entreprise Service Bus), yaitu infrastruktur software yang bertindak sebagai lapisan perantara (middleware).

Gambar 1.4 Arsitektur Data Website TerintegrasiPada gambar dapat dijelaskan server hotel mengirimkan data yang diperlukan untuk melakukan integrasi , data tersebut diambil dari database hotel kemudian server hotel mengirimkan data tersebut ke ESB (Enterprise Service Bus), data yang masuk ke ESB kemudian disimpan kedalam database ESB yang kemudian di distribusikan ke masing-masing server yang terintegrasi seperti server dinas , server destinasi wisata dan server agen wisata yang kemudian data tersebut disimpan di dalam database pada server dinas , server destinasi wisata dan server agen wisata.

SIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan pada analisis, perancangan dan pengembangan prototype website Everyday Smart Hotel Jakarta yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang didapatkan adalah :1. Dengan memperhatikan empat perspektif diantaranya perspektif pengguna, perspektif efektifitas pemasaran, perspektif fungsi hotel dan perspektif teknis, pemanfaatan teknologi website pada Eveyday Smart Hotel Jakarta masih dibawah rata-rata kinerja website DKI Jakarta dan perlu diperbaiki

2. Untuk meningkatkan kinerja website perlu dilakukan dengan penyempurnaan database website dan kolaborasi dengan website mitra kerja yaitu dinas pariwisata, agen perjalanan dan destinasi wisata.

3. Pengembangan website hotel yang terintegrasi dengan dinas pariwisata, agen perjalanan, dan destinasi wisata dapat menambah kemungkinan wisatawan dalam memperoleh informasi pariwisata Jakarta

Saran yang berkaitan dengan major project ini dalam pengembangan prototype website Everyday Smart Hotel Jakarta, yaitu :

1. Rancangan Interface harus diperhatikan agar menghasilkan tampilan website yang terkoordinasi

2. Implementasi prototype website hotel harus berkolaborasi dengan para pelaku bidang usaha pariwisata lainnya seperti dinas pariwisata, travel agent dan destinasi wisata agar integrasi dapat berjalan dengan baik

3. Untuk mendukung kinerja website yang baik, hotel diharuskan bekerja sama dengan pihak bank untuk mendukung transaksi booking online agar proses pembayaran pemesanan kamar dapat terlaksana dengan baik

REFERENSIA., Binildas C. (2008). Service Oriented Java Business Integration. Birmingham: Packt Publishing.

Adi, Suroto, Evaluation On The Effectiveness Of The Web Technology Usage In Promoting And Marketing Indonesia Tourism Vol.68 No. 3, 31Oktober 2014, Hlm623-624.

Chaffey, Dave(2011) E-Business and E-commerce management : Startegy, Implementation and Practice (5th Edition). Pearson Education

Collis, T. (2007).9 Essential Principles for Good Web Design. Retrieved Januari 22, 2014, from http://psd.tutsplus.com/tutorials/designing-tutorials/9-essential-principles-for-good-web-design/CSS3 Intro. (2013). Retrieved September 12, 2013, from W3School: http://www.w3schools.com/css/css3_intro.aspGamalSuwantoro (2004) Dasar-dasarPariwisata (2nd Edition).CvAndi Offset

Grannel, Sumner &Synodinos, Dionysios. (2012). The Essential Guide to HTML5 and CSS3 Web Design.

Juric, M.B., Loganathan, R., Sarang, P., Jennings, F. (2007).SOA Approach to Integration: XML, Web services, ESB, and BPEL in real-world SOA projects. Birmingham: Packt Publishing.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2011). E-Commerce 2011 : Business, Technology, Society (Vol. 7th Edition). Pearson Education Limited .

OBrien, J. A, &Marakas, G.M. (2010).Introduction to Infromation Systems (Fifteenth Edition). United States of America: McGraw-Hill

Rainer, R. K., Prince, B., & Cegielski, C. (2015). Introduction to information systems (Vol. 5th Edition). John Wiley & Sons, Inc.

Satzinger, Jackson, &Burd.(2010). Object-Oriented Analysis & Design with the Unified Process.Boston: Course Technology Cengage Learning.

Schneider, G. P. (2011). E-Business.USA: Technology, Cengage Learning.

Shahzadam B.M., Jan, J., Wim, G., Herwig, M. (2008) Aligning Technology With Business An Analysis Of The Impact of SOA On Outsourcing, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, published by www.jatit.org.

Shneiderman, B. &Plaisant, C. (2010).Designing the User Interface: Strategies for Effective Human Computer Interaction.(5th Edition). Upper Saddle Rver, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Stepchenkova, Svetlana., Tang, Liang., Jang, SooCheong (Shawn)., Kirilenko, Andrei P., Morrison, Alastair M., Benchmarking CVB website performance: Spatial and structural patterns Tourism Management Volume 31, Issue 5, October 2010, Pages 611-620.Sugiyono. (2010). MetodePenelitianBisnis: (pendekatankuantitatif, kualitatif, dan R%D). Bandung: Alfabeta.

Utomo, W.H, Wellem, T. (2014).The Implementation of Enterprise Service Bus (ESB) In Graduation Business Process Integration.Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 62(2).

Whitten, Jeffrey & Bentley, Lonnie.(2007). Systems Analysis and Design Methods.(7th Edition). New Jersey : McGraw Hill.

RIWAYAT PENULIS

Nama

: Erlina IndraTempat / Tanggal Lahir

: Tanjungpandan, 23 September 1993

Pendidikan Formal

:

Jan 2011 - Present: Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia

Nama

: Rendy ArsantoTempat / Tanggal Lahir

: Tanjungpanda, 01 Agustus 1993Pendidikan Formal

:

Jan 2011 - Present: Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia

Nama

: Deny SetiawanTempat / Tanggal Lahir

: Jakarta, 28 Desember 1992Pendidikan Formal

:

Jan 2011 - Present: Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia._1489783663.vsd