1. pendahuluan - bnpb.go.id · puncak peringatan bulan prb nasional tahun 2018 akan ... 17.00 wib,...

26
Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2018 Kota Medan, 19 - 26 Oktober 2018 1. PENDAHULUAN Proses pembangunan berkelanjutan bertumpu pada tiga faktor yaitu kondisi sumber daya, kualitas lingkungan dan kependudukan. Pembangunan berkelanjutan hakikatnya merupakan usaha yang disengaja untuk meningkatkan fungsi dan nilai sumberdaya tersebut agar dapat lebih efisien serta berusaha mencari sumberdaya alternatif. Pembangunan ini juga dilakukan dengan mengetahui kualitas lingkungan yang dapat menjadi acuan alat ukur pembangunan. Selain itu, semakin tinggi jumlah penduduk, dapat menyulitkan usaha yang dilakukan untuk memenuhi pembangunan berkelanjutan tersebut. Bila dikaitkan dengan penanggulangan bencana, pembangunan berkelanjutan memiliki hubungan yang erat. Pembangunan berkelanjutan harus dapat meyakinkan kelangsungan hidup melalui pelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem dan tidak merusak lingkungan. Hal ini sejalan dengan prinsip penanggulangan bencana untuk meminimalisasi kerugian termasuk kehilangan jiwa pada individu, masyarakat, maupun negara berupa kerugian yang berkaitan dengan orang, fisik, ekonomi, dan lingkungan. Ini artinya pelestarian ekosistem sangat berpengaruh positif dalam pengurangan pengaruh negatif dari kejadian bencana. Oleh karenanya, kegiatan pengurangan risiko bencana sebagai bagian dari penanggulangan bencana dapat dikaitkan langsung dengan proses pembangunan berkelanjutan. Pengurangan Risiko Bencana (PRB) adalah rangkaian upaya yang dilakukan secara sistematis untuk menganalisa risiko-risiko dampak bencana terhadap kehidupan dan penghidupan manusia. Setelah berbagai upaya penanggulangan bencana di Indonesia dilaksanakan, telah dirasakan banyak kemajuan dan capaian dalam membangun ketangguhan bangsa melalui upaya PRB. Namun, besarnya pencapaian PRB perlu terus dimonitor dan evaluasi agar upaya-upaya tersebut tidak hanya mengurangi risiko yang ada namun juga diharapkan dapat mencegah munculnya risiko-risiko baru. Investasi PRB perlu selalu dilakukan secara fokus dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, untuk mendukung kemajuan-kemajuan dalam upaya penanggulangan bencana ini diperlukan komitmen yang kuat antara Pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan lembaga usaha. Sejak Tahun 2009, Badan PBB UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PRB Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction). Hari Peringatan PRB ini menjadi pengingat bersama atas kemajuan, keberhasilan, dan capaian dalam meningkatkan ketangguhan bencana. Di Indonesia, Bulan Peringatan PRB telah menjadi agenda nasional sejak tahun 2013. Penyelenggaraan peringatan bulan PRB nasional sebelumnya secara berturut adalah Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), Kota Surakarta, Jawa Tengah (2015), Kota Manado, Sulawesi Utara (2016), dan Sorong, Papua Barat (2017).

Upload: lamngoc

Post on 02-Mar-2019

234 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2018 Kota Medan, 19 - 26 Oktober 2018

1. PENDAHULUAN

Proses pembangunan berkelanjutan bertumpu pada tiga faktor yaitu kondisi sumber daya, kualitas lingkungan dan kependudukan. Pembangunan berkelanjutan hakikatnya merupakan usaha yang disengaja untuk meningkatkan fungsi dan nilai sumberdaya tersebut agar dapat lebih efisien serta berusaha mencari sumberdaya alternatif. Pembangunan ini juga dilakukan dengan mengetahui kualitas lingkungan yang dapat menjadi acuan alat ukur pembangunan. Selain itu, semakin tinggi jumlah penduduk, dapat menyulitkan usaha yang dilakukan untuk memenuhi pembangunan berkelanjutan tersebut.

Bila dikaitkan dengan penanggulangan bencana, pembangunan berkelanjutan memiliki hubungan yang erat. Pembangunan berkelanjutan harus dapat meyakinkan kelangsungan hidup melalui pelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem dan tidak merusak lingkungan. Hal ini sejalan dengan prinsip penanggulangan bencana untuk meminimalisasi kerugian termasuk kehilangan jiwa pada individu, masyarakat, maupun negara berupa kerugian yang berkaitan dengan orang, fisik, ekonomi, dan lingkungan. Ini artinya pelestarian ekosistem sangat berpengaruh positif dalam pengurangan pengaruh negatif dari kejadian bencana. Oleh karenanya, kegiatan pengurangan risiko bencana sebagai bagian dari penanggulangan bencana dapat dikaitkan langsung dengan proses pembangunan berkelanjutan.

Pengurangan Risiko Bencana (PRB) adalah rangkaian upaya yang dilakukan secara sistematis untuk menganalisa risiko-risiko dampak bencana terhadap kehidupan dan penghidupan manusia. Setelah berbagai upaya penanggulangan bencana di Indonesia dilaksanakan, telah dirasakan banyak kemajuan dan capaian dalam membangun ketangguhan bangsa melalui upaya PRB. Namun, besarnya pencapaian PRB perlu terus dimonitor dan evaluasi agar upaya-upaya tersebut tidak hanya mengurangi risiko yang ada namun juga diharapkan dapat mencegah munculnya risiko-risiko baru. Investasi PRB perlu selalu dilakukan secara fokus dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, untuk mendukung kemajuan-kemajuan dalam upaya penanggulangan bencana ini diperlukan komitmen yang kuat antara Pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan lembaga usaha.

Sejak Tahun 2009, Badan PBB UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PRB Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction). Hari Peringatan PRB ini menjadi pengingat bersama atas kemajuan, keberhasilan, dan capaian dalam meningkatkan ketangguhan bencana. Di Indonesia, Bulan Peringatan PRB telah menjadi agenda nasional sejak tahun 2013. Penyelenggaraan peringatan bulan PRB nasional sebelumnya secara berturut adalah Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), Kota Surakarta, Jawa Tengah (2015), Kota Manado, Sulawesi Utara (2016), dan Sorong, Papua Barat (2017).

Pada tahun 2018, BNPB bekerjasama dengan BPBD Provinsi Sumatera Utara untuk menyelenggarakan rangkaian Puncak Peringatan Bulan PRB Nasional tahun 2018 pada tanggal 19 – 26 Oktober 2018 dengan mengangkat tema “SUSTAINABLE RESILIENCE FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT: KEMITRAAN PEMERINTAH, MASYARAKAT, DAN LEMBAGA USAHA UNTUK MEMBANGUN KETANGGUHAN (COHERENCY FOR RESILIENCE THROUGH PEOPLE PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP (PPPP))”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kota Medan dan sekitarnya, Provinsi Sumatera Utara.

2. TUJUAN DAN MANFAAT

Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2018 ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai investasi untuk ketangguhan. Secara umum, peringatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia. Selain itu, tujuan khusus peringatan ini adalah:

1) Mengembangkan kemitraan antara Pemerintah, Pemda, lembaga usaha dan masyarakat dalam pembangunan yang berkesinambungan dan berbasis PRB

2) Melakukan sosialisasi dan desimininasi hasil-hasil aksi nyata pelaku lembaga usaha dan masyarakat dalam PRB

3) Mendapatkan masukan-masukan dalam rencana pembangunan berkelanjutan berbasis PRB

Manfaat yang diharapkan adalah

1) Meningkatnya koordinasi kemitraan antar pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis PRB

2) Terdapatnya komitmen bersama antar pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pemabungan berbasis PRB

3) Adanya masukan yang membangun dalam rangka perencanaan program bidang PRB

3. WAKTU DAN TEMPAT

Penyelenggaraan Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2018 akan dipusatkan di Kota Medan dan beberapa kegiatan pendukung lainnya akan dilaksanakan pada 3 (tiga) kabupaten/kota lainnya yaitu Kab. Simalungun, Kab. Karo, dan Kab. Samosir. Kegiatan Peringatan Bulan PRB ini merupakan rangkaian berbagai kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 19-26 Oktober 2018. Rangkuman waktu kegiatan diantaranya:

1. Tanggal 19-21 Oktober 2018: Jambore Nasional Penanggulangan Bencana,

2. Tanggal 21 Oktober 2018: Aksi Sosial, Pameran Kebencanaan, Lari 10 K, Tangguh 1,

3. Tanggal 22-23 Oktober 2018: Knowledge Sharing, Talkshow, Special Session dan Technical Event.

4. Tanggal 21-23 Oktober 2018: UNISDR Training Making City Resilience

5. Tanggal 24 Oktober 2018: Puncak Peringatan Bulan PRB 2018.

6. Tanggal 24-26 Oktober 2018: Pelatihan Manajemen PB untuk Pengambil Keputusan.

7. Tanggal 25 Oktober 2018: Field Trip dan Rally

Selain itu, ada beberapa kegiatan yang dilakukan sebelum (Pra-Event) bulan September 2018, antara lain:

1. Lomba Menggambar dan Mewarnai

Lomba ini akan dilaksanakan pada bulan September 2018 di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Peserta kegiatan ini berasal dari murid-murid Pendidikan Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan Sekolah Dasar yang berada di Kota Medan dan sekitarnya. Target peserta berkisar 400 orang.

2. Lomba Paduan Suara Mars Tangguh dan Hymne Bakti Pertiwi

Lomba ini merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional tahun 2018. Target Peserta merupakan siswa murid tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan sederajat yang diikuti oleh 20 tim dari masing-masing SLTP se-Kota Medan dan sekitarnya.

3. Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan sederajat.

Lomba ini merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional tahun 2018. Target Peserta sebanyak 100 karya tulis dari siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas se-Sumatera Utara.

4. Lomba Foto Kebencanaan tingkat Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Sumatera Utara

Lomba ini merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional tahun 2018. Target Peserta sebanyak 200 foto dari Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Sumatera Utara.

5. Gerakan PRB Sekolah Sungai di Sungai Belawan

Kegiatan ini merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2018. Kegiatan ini bekerjasama dengan BPBD Kota Medan, TNI/Polri/, OPD, relawan, dan masyarakat dalam hal membersihkan atau menaturalisasi sungai Belawan. Target peserta sebanyak 150 orang.

6. Lomba Video-Foto Kebencanaan

Kegiatan ini merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2018. Lomba Video foto Bercerita: Dengan menggabungkan foto-foto yang dapat bercerita tentang kesiapsiagaan kemudian dilengkapi dengan narasi dan diiringi musik pendukung kemudian mengemasnya menjadi sebuah video tentunya menjadi media penyampaian pesan yang menarik. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan generasi-generasi muda yang kreatif tentunya ini menjadi hal yang menarik untuk dikompetisikan. Maka untuk itu BNPB, Kemdikbud dan mitra, akan menyelenggarakan Lomba Foto-Video Bercerita dengan tema kesapsiagaan bencana. Target SD, SMP. dan SMA.

4. PESERTA

Peserta Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2018 diperkirakan berjumlah lebih dari 5.000 orang, yang terdiri dari Kepala Daerah, DPR/DPD/DPRD, Kementerian/Lembaga, pejabat OPD Provinsi dan Kab/Kota (terutama BPBD Provinsi/Kab/Kota), Penjabat dan staf Organisasi

Nasional/Daerah/Internasional, Forum PRB, praktisi kebencanaan, akademisi dari perguruan tinggi, pelaku lembaga usaha, dan tokoh masyarakat.

5. RANGKAIAN KEGIATAN

Beberapa rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka peringatan bulan PRB tahun 2018 dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Kelompok kegiatan tersebut adalah Agenda Seremonial, Technical Event, Thematic Event, dan Public Forum. Rincian kegiatan tersebut adalah (agenda rincian terlampir):

5.1 Agenda Seremonial (Puncak Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2018)

Puncak Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2018 pukul 09.00 – 17.00 WIB, di Santika Premiere Dyandra Hotel dan Convention, Kota Medan, dan direncanakan akan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Dalam pembukaan ini diharapkan dihadiri sebanyak 3.000 peserta seperti Menteri Kabinet Kerja, Beberapa Duta Besar Negera Sahabat, DPR RI, DPD RI, Panglima TNI, KAPOLRI, Gubernur, Bupati/Walikota, dan anggota DPRD Provinsi, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi seluruh Indonesia, pejabat LSM local dan internasional, akademisi, Pejabat Forum PRB, dan pelaku lembaga usaha (daftar terlampir).

Dalam rangkaian kegiatan Puncak Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2018 ini juga akan dilaksanakan pencanangan kampanye “The Power of 100”, di antaranya:

1. 100 Buku Kebencanaan Indonesia

2. 100 Wilayah Pesisir Vegetasi untuk PRB

3. 100 Video Safe School

4. 100 Pemetaan Partisipatif

5. 100 Modul e-learning kebencanaan

6. 100 Shake Map Modul

7. 100 RTRW Review Berbasis PRB

8. 100 Safe School

9. 100 Agent PRB

10. 100 Daerah Tertinggal

11. 100 Kampanye My City Resilience Kota Tangguh

12. 100 Program Internasional (ASEAN, ADPC, JICA, Build Change)

Selain itu, akan ada penyerahan hadiah dari rangkaian lomba-lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya beserta acara Tangguh Award dan Hiburan.

5.2 Technical Event

Technical Event ini merupakan pertemuan–pertemuan yang dilaksanakan untuk membahas output yang akan dicapai dalam Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2018 ini sesuai dengan tema yang telah di tetapkan. Pada tahun 2018 ini, working session akan dibagi dalam 4 tema inti berdasarkan 4 (empat) prioritas Sendai Framework Disaster Risk Reduction (SFDRR) dengan target sasaran 300 peserta di setiap ruangannya. Dari pertemuan yang dilaksanakan tersebut, diharapkan mendapatkan masukan dari berbagai pihak untuk dapat menjadi komitmen bersama dalam Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia dalam

mendukung pencapaian sasaran dalam RPJMN 2015 – 2019 dalam bidang Penanggulangan Bencana.

Tema Technical Event yang akan dilaksanakan meliputi: (rincian terlampir)

A. Technical Event 1 (TE #1) – Memahami risiko bencana Kebijakan dan praktek harus didasarkan pada pemahaman kerentanan, kapasitas, keterpaparan, karakteristik bahaya dan lingkungan (22 Oktober 2018, 08.30 – 12.00 WIB)

B. Technical Event 2 (TE # 2) – Penguatan Tata Kelola Risiko Bencana

Penguatan tata kelola risiko Tata kelola yang diperlukan untuk mendorong kerjasama kemitraan mekanisme, lembaga, untuk pelaksanaan PRB & SD (22 Oktober 2018, 08.30 – 12.00 WIB)

C. Technical Event 3 (TE # 3) – Investasi publik dan swasta dalam tindakan struktural dan non-struktural untuk meningkatkan ketahanan sebagai pendorong inovasi, pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja

(23 Oktober 2018, 08.30 – 12.00 WIB)

D. Technical Event 4 (TE #4) – Meningkatkan Manajemen Risiko Memperkuat Kesiapsiagaan, Respon Dan Pemulihan Di Semua Tingkatan Sebagai Kesempatan Penting Untuk PRB Dan Integrasinya Ke Dalam Pembangunan

(23 Oktober 2018, 08.30 – 12.00 WIB) Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Oktober 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention. Peserta kegiatan ini berasal dari komunitas masyarakat, NGO, lembaga usaha, perguruan tinggi serta pemerintah daerah dengan jumlah peserta berkisar 300 orang setiap sesinya. 5.3 Thematic Event

A. Talkshow

Talkshow merupakan acara untuk berdiskusi, mempelajari atau memiliki pengalaman luas yang terkait dengan isu kebencanaan yang sedang diperbincangkan. Acara ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 22 - 23 Oktober 2018.

Tema Talkshow yang akan dilaksanakan meliputi: (rincian terlampir)

1. Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kemitraan Lembaga Usaha untuk Ketangguhan Masyarakat

2. Upaya Penguatan Peran Pemerintah dalam PRB

Peserta kegiatan ini berasal dari komunitas masyarakat, orsosmas, lembaga usaha, perguruan tinggi serta pemerintah daerah dengan jumlah peserta berkisar 300 orang setiap sesinya.

B. Spesial Session

Spesial Session ini merupakan kegiatan pendukung dalam Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh BNPB dan Kementerian/Lembaga, NGO, serta Lembaga Usaha yang meliputi: (rincian terlampir)

1. Perlindungan Cagar Budaya dan Idigenous Knowledge Pengelolaan Risiko Bencana

2. Industrialisasi Bencana dan Standarisasi PB

3. Inklusifitas dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

4. Platform PRB Multipihak

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 23 Oktober 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel and Covention. Peserta kegiatan ini berasal dari komunitas masyarakat, orsosmas, lembaga usaha, perguruan tinggi serta pemerintah daerah dengan jumlah peserta berkisar 100 orang setiap sesinya.

C. Knowledge Sharing

Knowledge Sharing ini merupakan kegiatan pendukung dalam Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh BNPB dan Kementerian/Lembaga, NGO, serta Lembaga Usaha. Adapun Knowledge Sharing yang disiapkan ada 13 tema (rincian terlampir).

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 23 Oktober 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel and Covention. Peserta kegiatan ini berasal dari komunitas masyarakat, orsosmas, lembaga usaha, perguruan tinggi serta pemerintah daerah dengan jumlah peserta berkisar 50 orang setiap sesinya.

D. Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana untuk Pengambil Keputusan

Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2018. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada Pengambil Keputusan di daerah dalam penanggulangan bencana. Pelaksanaan kegiatan dari tanggal 24 s.d 26 Oktober 2018. Target peserta yaitu Sekretaris Daerah.

E. Jambore Nasional Penanggulangan Bencana

Jambore Nasional Penanggulangan Bencana merupakan kegiatan pendukung dalam Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional. Kegiatan ini sebagai ajang temu relawan untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi antar berbagai organisasi atau Lembaga Pembina Relawan serta sebagai bentuk apresiasi/penghargaan kepada relawan yang telah berkiprah dalam Penanggulangan Bencana. Tema Jambore Nasional Penanggulangan Bencana ialah “Membangun Semangat Kebersamaan dan Kerelawanan untuk Ketangguhan Bangsa”. Peserta Jambore Nasional Penanggulangan Bencana berasal dari BPBD Provinsi, BPBD Kabupaten/Kota, Relawan NGO, Media, dll. Pelaksanaan Jambore pada tanggal 19-21 Oktober 2018 di Bumi Perkemaha Jubelium Sibolangit, Provinsi Sumatera Utara. Pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 6 September – 6 Oktober 2018. Registrasi Ulang peserta pada tanggal 18 Oktober 2018. Rangkaian kegiatan antara lain:

1. Knowledge Sharing 2. Lomba-lomba: Manajemen Shelter Pengungsi, Cerdas Cermat,

Memasak, Kesenian, Ketangkasan PB, Penataan Tenda 3. Bakti Sosial Donor Darah

F. UNISDR Training Making City Resilience

UNISDR Training Making City Resilience merupakan program inisiasi dari BNPB, GETI, dan UNISDR. Kegiatan ini merupakan pelatihan bagi BPBD, Bappeda, NGO dan Fasilitator Nasional dalam pelaksanaan penilaian ketangguhan kota menggunakan Scorecard UNISDR. Selain itu, juga untuk mengenalkan dan mengajak Kabupaten/Kota untuk ikut serta dalam program Making City Resilience. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 23 Oktober 2018 di Hotel Santika Dyandra Medan.

5.4 Public Forum

A. Pameran Kebencanaan dan Ignite Stage

Pameran bidang kebencanaan ini adalah ajang dan media untuk berbagi informasi terkait capaian dan pembelajaran upaya PRB. Diharapkan para pelaku usaha berpartisipasi dalam menyampaikan dan memamerkan produk barang dan jasa yang dimiliki, terutama yang berkaitan dengan penanggulangan bencana khususnya PRB. Selain pelaku usaha, pegiat penanggulangan bencana melalui organisasi sosial masyarakat atau pun perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam memamerkan hasil kegiatan maupun produksi barang lainnya. Pameran ini akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kota Medan pada tanggal 21 - 24 Oktober 2018.

B. Lari 10K

Kegiatan ini merupakan kegiatan lomba lari yang mengikutsertakan masyarakat, Lembaga Usaha, dan Pemerintah Daerah dalam rangka penggalangan dana untuk membantu memulihkan kondisi pasca bencana. Target peserta kurang lebih 300 orang. Pendaftaran dimulai pada tanggal 1 Juli sampai dengan 10 Oktober 2018 melalui website Peringatan Bulan PRB 2018. Rute yang ditetapkan ialah dimulai dan diakhiri di Lapangan Merdeka. Pelaksanaan Lari 10 K akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2018 pukul 06.00 – 10.00 WIB.

C. Lomba Tangguh 1

Kegiatan lomba ini diadakan dalam rangka mengenalkan kebencanaan kepada remaja. Lomba Tangguh 1 (T1) adalah merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional tahun 2018. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2018 dan diikuti oleh 100 orang kontestan (2 kelompok, masing-masing 20-50 orang) saling berkompetisi menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan benar hingga tersisa 1 atau 2 kontestan terkuat. Peserta berasal dari Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Medan dan sekitarnya, Provinsi Sumatera Utara.

D. Rally dan Field Trip PRB

Rally PRB akan menggunakan mobil rescue BNPB, BPBD, Basarnas, TNI, Polri dll dengan total 150 mobil dan sepeda motor/trail sebanyak 50 unit. Dalam rangkaian kegiatan ini akan dilakukan penanaman 1000 pohon Mangga, pada areal tandus/kemiringan guna mencegah longsor dan peningkatan sektor ekonomi produktif di sekitar Simarjarunjung Kab. Simalungun.

Pendaftaran akan dibuka mulai pada tanggal 1 September sampai dengan 13 Oktober 2018. Upacara Pelepasan Rombongan rally PRB akan dilepas oleh Kepala BNPB/Gubernur Sumatera Utara/Bupati Simalungun. Target peserta berkisar 400 orang. Selain itu, peserta rally diharapakan telah berada di Kota Medan pada tanggal 22 Oktober 2018.

Field Trip pada tahun ini memiliki rute dari Medan ke Parapat, Kabupaten Simalungun yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018. Field Trip difokuskan pada destinasi wisata Tomok dan sekitarnya dengan fasilitas situs sejarah, pemandangan alam danau toba dan souvenir.

Peserta kegiatan ini berasal dari komunitas masyarakat, orsosmas, lembaga usaha, perguruan tinggi serta pemerintah daerah dengan jumlah peserta berkisar 500 orang.

E. Tangguh Award

Tangguh Award merupakan kegiatan pendukung dalam acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional tahun 2018. Kegiatan ini adalah pemberian award atas Lomba Kreativitas Kebencanaan Tahun Anggaran 2018 yang merupakan upaya mewujudkan misi BNPB dalam mensosialsiasikan program dan kegiatan BNPB secara lebih menarik dan mendapatkan atensi publik sebagai upaya membangun budaya sadar masyarakat terhadap bencana.

7. SEKRETARIAT

1. Direktorat PRB - BNPB

Gedung INA DRTG, Kawasan IPSC (Indonesia Peace and Security Center) Bukit Merah Putih, Jl Anyer, Desa Tangkil, Kec. Citeureup-Sentul Bogor-Jawa Barat Website: www.bnpb.go.id

2. BPBD Provinsi Sumatera Utara JL Medan-Binjai, KM 10, 3 No.8, Medan Krio, Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20351. Kontak Person: Darius Sinulingga, Nomor Hp: +6282168082037.

DAFTAR PENGINAPAN

1. Kota Medan Kota Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara dan merupakan pintu-gerbang Provinsi Sumatrera Utara memiliki fasilitas Hotel Berbintang yang berada di pusat/inti kota, antara lain:

No Nama Hotel Klasifikasi

Bintang Alamat

1 Adimulia Hotel Medan

5 Jalan Pangeran Diponegoro No.8, Petisah Tengah, Medan Petisah, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112

2 Aryaduta Medan 5 Jl. Kapten Maulana Lubis No.8, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112

3 Grand Aston Hotel 5 Jalan Balaikota No.1, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20112

4 Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa

5 Jl. Sutomo No.1, Perintis, Medan Tim, Kota Medan, Sumatera Utara 20235

5 Grand Swissbell Hotel Medan

5 Jl. Letjen S Parman No.217, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

6 JW Marriott Hotel 5 Jalan Putri Hijau No.10, Silalas, Medan, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

7 Asean international Hotel Medan

4 Jl. Haji Adam Malik No. 5, Sekip, Medan Petisah, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20114

8 Four Points by Sheraton Medan

4 Jl. Jend Gatot Subroto No.395, Cinta Damai, Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20119

9 Hotel Danau Toba Internasional

4 Jl. Imam Bonjol No.17, Hamdan, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

10 Hotel Emeral Garden 4 Jalan Yos Sudarso No.1, Silalas, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

11 Hotel Soechi International

4 Jalan Cirebon No.76A, Pasar Baru, Medan Kota, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212

12 Karibia Boutique Hotel

4 Jalan Timor Blok J No.I-IV, Medan Timur, Gang Buntu, Gg. Buntu, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20231

13 Madani Hotel Medan 4 Jl. Sisingamangaraja / Amaliun No. 1, Kotamatsum III, Medan, Kotamatsum III, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20215

No Nama Hotel Klasifikasi

Bintang Alamat

14 Santika Premiere Dyandra Hotel and Conversation

4 Jl. Kapten Maulana Lubis No.7, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

15 Royal Suite Condotel 4 Jl. Palang Merah No.1, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

16 Travellers Suites Medan

4 JL. Listrik No.15, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112

17 Alpha Inn 3 Jl. Gatot Subroto No.148 A, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20113

18 Garuda Plaza Hotel 3 Jl. Sisingamangaraja No.18, Mesjid, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20213

19 Grand Impression Hotel

3 Jl. Setia Budi, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20154

20 Grand Kanaya Hotel 3 Jl. Darussalam No.12, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20119

21 Grand Sakura Hotel 3 Jl. Prof. HM. Yamin Sh No.41, Perintis, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20234

22 Hotel 61 Medan 3 Jalan Iskandar Muda, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

23 Hotel Hermes Palace 3 Jalan Pemuda No.22, A U R, Medan Maimun, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

24 Hotel Sultan Darusallam Medan

3 Jalan Darussalam No.16/22, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20119

26 J Hotel Medan 3 Jl. Waringin No.6, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20114

26 Miyana Hotel 3 Jl. H. Anif No.28, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kota Medan, Sumatera Utara 20372

27 Sofyan Saka Hotel 3 Jl. Gagak Hitam No.14, Sunggal, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122

28 Swiss Bell Inn Medan 3 Jalan Surabaya No.88, Pasar Baru, Medan Kota, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212

29 The Batik Hotel Medan

3 Jalan Iskandar Muda No.15, Merdeka, Medan Baru, Merdeka, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara

No Nama Hotel Klasifikasi

Bintang Alamat

30 Roemah Moesi 3 Jalan Sei Musi No.93, Babura, Medan Sunggal, Babura Sunggal, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122

31 Hotel Grand Sirao 3 Jl. Semarang No.4-6, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212

32 D'primahotel Medan 3 Jl. Stasiun No.1 Medan, Pusat Kota Medan, Medan, Indonesia 20112

33 Cordela Hotel Medan 2 Jalan Prof. H.M. Yamin No. 90, Medan Timur, Sidodadi, Medan, Kota Medan, Sumatera Utara 20234

34 Hotel Citi International Palang Merah

2 Jl. Palang Merah No.112A, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112

35 Hotel Grand Antares 2 Jl. Sisingamangaraja No.328, Siti Rejo I, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20216

36 Kesawan Hotel 2 Jl. Jend. Ahmad Yani VII No.97, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20236

37 Medan Ville Hotel 2 Komplek Taman Multatuli Indah Blok BB 1, Jl. Multatuli, Hamdan, Medan, Sumatera Utara, 20151

38 Putra Mulia Hotel 2 Jalan Gatot Subroto No.62, Sei Putih Tengah, Medan Petisah, Sei Putih Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20127

2. Parapat Parapat Kabupaten Simalungun sebagai Daerah Kunjungan Wisata (DTW) Sumatera Utara cukup didukung fasilitas hotel berbintang serta penginapan yang memiliki daya tampung yang cukup untuk peserta. Sebahagian hotel/penginapan berada di Kota Parapat sebahagian lagi berada di Pulau Samosir dengan moda transportasi kapal motor dari-ke Pulau Samosir ke Parapat. Hotel/penginapan di Parapat, antara lain:

No Nama Hotel Klasifikasi

Bintang Alamat

Jarak Medan-Parapat/ Parapat-Samosir

1 Inna Parapat 3 Parapat ±179,8 km dari Medan

2 Patra Jasa Parapat 2 Parapat ±179,8 km dari Medan

3 Pandu Kaleside Parapat

2 Parapat ±179,8 km dari Medan

4 Sapadia And Cottage Parapat

2 Parapat ±179,8 km dari Medan

5 Melisa Palace 1 Parapat ±179,8 km dari Medan

No Nama Hotel Klasifikasi

Bintang Alamat

Jarak Medan-Parapat/ Parapat-Samosir

6 Artsari 2 Parapat ±179,8 km dari Medan

7 Lekjon Cottage 2 Ambartita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

8 Samosir Villa 3 Simanindo ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

9 Mas Cottage 2 Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

10 Horas Family Home 1 Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

11 Toba Village Inn 1 Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

12 Opris 1 Parapat 0 km dari Pulau Samosir

13 Gokhon Guest House - Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

14 Judita Cottage - Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

15 Laster Jonnis - Tuktuk ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

16 Tuktuk Sarapan - Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

17 Anju Cottage - Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

18 Toba Cats Garden - Tuktuk ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

19 Sony Samosir - Ambartita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

20 Tuktuk Timbul Bungalows

- Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

21 Rogate Beach - Ambarita ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

22 Nida Rooms Kebudayaan

- Parapat 0 km

23 Royal Toba Inn - Parapat 0 km

24 Nida Rooms Toba Samosir 3

- Simanindo ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

24 Nida Rooms Toba Samosir 2

- Simanindo ±179,8 km +1 jam Kapal Penyeberangan

TENTATIF AGENDA Peringatan Bulan PRB Tahun 2018

Tanggal 19 – 26 Oktober 2018, Medan, Provinsi Sumatera Utara

Jumat Sabtu Jumat

19-Oct-18 20-Oct-18 26-Oct-18

06.00 - 07.00

07.00 - 08.00

08.00 - 09.00

09.00 - 10.00

10.00 - 11.00

11.00 - 12.00

12.00 - 13.00

13.00 - 14.00

14.00 - 15.00

15.00 - 16.00

16.00 - 17.00

17.00 - 18.00

18.00 - 19.00

19.00 - 20.00

20.00 - 21.00

21.00 - 22.00

Knowledge

Sharing #13

Pameran

Kebencanaan

ISHOMA

Pameran

Kebencanaan

Knowledge

Sharing #10

Knowledge

Sharing #11

Knowledge

Sharing #11

Pameran

Kebencanaan

Knowledge

Sharing #12

Pameran Kebencanaan

Talk show

#1

Spesial

Session #3

Spesial

Session #4

Knowledge

Sharing #3

Knowledge

Sharing #9

Pameran

Kebencanaan

Puncak

Peringatan

Bulan PRB

Nasional

Tahun 2018,

Award,

Hiburan

Technical

Event #3

Technical

Event #4

Pameran Kebencanaan

Talk show

#2

Spesial

Session #1

Spesial

Session #2

Knowledge

Sharing #5

Pukul

Hari / Tanggal

25-Oct-18

KamisRabu

24-Oct-18

Rally Fieldtrip

Pelatihan Manajemen PB untuk Pengambil

Keputusan sampai dengan tanggal 26 Oktober

2018

Senin

22-Oct-18

ISHOMA

Technical

Event #1

Technical

Event #2

Knowledge

Sharing #6

Minggu

Lari 10 K

21-Oct-18

Peresmian

Pameran

Kebencanaan

Knowledge

Sharing #8

Knowledge

Sharing #1

Jambore Relawan

Penanggulangan Bencana

dan Cerdas Cermat BPBD

Provinsi

Jambore Relawan

Penanggulangan

Bencana dan

Cerdas Cermat

BPBD Provinsi

Penutupan

Jambore Relawan

Penanggulangan

Bencana

Knowledge

Sharing #3

Tangguh 1

UNISDR Training Making City Resilience

Knowledge

Sharing #2

Knowledge

Sharing #7 Pameran

Kebencanaan

Selasa

23-Oct-18

Knowledge

Sharing #4

Keterangan :

Talkshow # 1 Upaya Penguatan Peran Pemerintah dalam PRB

Talkshow # 2 Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kemitraan Lembaga Usaha untuk Ketangguhan Masyarakat

Technical Event # 1 Memahami Risiko Bencana: Kebijakan Dan Praktek Harus Didasarkan Pada Pemahaman Kerentanan, Kapasitas, Keterpaparan, Karakteristik Bahaya Dan Lingkungan

Technical Event # 2 Penguatan Tata Kelola Risiko: Tata Kelola Yang Diperlukan Untuk Mendorong Kerjasama: Tata Kelola Yang Diperlukan Untuk Mendorong Kerjasama

Technical Event # 3 Investasi PRB untuk Resiliensi Investasi Publik dan Swasta Dalam Tindakan Struktural dan Non-Struktural untuk Meningkatkan Ketahanan Sebagai Pendorong Inovasi, Pertumbuhan dan Penciptaan Lapangan Kerja

Technical Event # 4 Meningkatkan Manajemen Risiko: Memperkuat Kesiapsiagaan, Respon dan Pemulihan di Semua Tingkatan Sebagai Kesempatan Penting untuk PRB dan Integrasinya ke Dalam Pembangunan

Spesial Session # 1 Perlindungan Cagar Budaya dan Indigenous Knowledge Pengelolaan Risiko Becana

Spesial Session # 2 Industrialisasi Bencana

Spesial Session # 3 Inklusifitas dalam Penanggulangan Bencana

Spesial Session # 4 Platform PRB Multipihak

Knowledge Sharing # 1 Konvergensi API-PRB dan Pengelolaan Risiko Bencana berbasis Ekosistem

Knowledge Sharing # 2 Urban Resilience

Knowledge Sharing # 3 Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas

Knowledge Sharing # 4 Komunikasi Bencana

Knowledge Sharing # 5 SPAB dan Pendidikan Dalam Situasi Darurat

Knowledge Sharing # 6 Pendidikan untuk PRB

Knowledge Sharing # 7 Inklusi Disasbilitas

Knowledge Sharing # 8 Pengelolaan Risiko Terpadu dalam Pengembangan Komunitas

Knowledge Sharing # 9 Pembelajaran Keberadaan dan Operasional Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalop) Penanggulangan Bencana

Knowledge Sharing # 10 Pengkajian dan Kebutuhan Pascabencana *tbc

Knowledge Sharing # 11 Forum Perguruan Tinggi Penanggulangan Bencana

Knowledge Sharing # 12 Tantangan Kemitraan Masyarakat-Pemerintah-Swasta dalam Pengurangan Risiko Bencana

Knowledge Sharing # 13 Pembelajaran Penanganan Darurat Gempabumi NTB

RENCANA RUTE RUN 10K

TENTATIVE RUTE RALLY PRB

Thematic Event dan Technical Event Peringatan Bulan PRB Tahun 2018

22 s.d 24 Oktober 2018

NO Thematic Event Waktu Pembicara Judul

Talkshow

1 Upaya Penguatan Peran Pemerintah dalam PRB

• 23 Oktober 2018

• 13.00 – 17.00 WIB

1. Kantor Staf Presiden 2. UCLG ASPAC 3. Ditjen Bangda – Kemendagri 4. Gubernur DKI Jakarta 5. Gubernur Sumatera Utara 6. Walikota Surabaya 7. Gubernur Jawa Barat 8. Gubernur Nusa Tenggara

Barat

1. SDGs dan SFDRR 2. Localizing SFDRR into Action

in Local Government Level 3. Mendorong Peran Pemerintah

Dalam Upaya PRB 4. Jakarta Sebagai Kota

Berketahanan 5. Tbc 6. Penanggulangan Bencana

Kota Cerdas 7. Bandung sebagai Smart City 8. Pembelajaran Gembabumi

NTB

2 Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kemitraan Lembaga Usaha Untuk Ketangguhan Masyarakat

• 22 Oktober 2018

• 13.00 – 17.00 WIB

1. BNPB 2. Kadin 3. PT. Sinarmas 4. PT. Garuda Indonesia 5. Artha Graha Peduli 6. PT. Reasuransi Maipark

1. Pengelolaan Keberlanjutan Usaha Sebagai Pengelolaan Risiko Bencana dalam Proses Bisnis

2. Upaya-upaya Mewujudkan Lembaga Usaha Tangguh Bencana

3. Pengelolaan Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Management Bisnis

4. Investasi Dalam PRB untuk Pembangunan Berkelanjutan

5. Implementasi Kerjasama

Menjadi Aksi 6. Disaster Risk Financing

Technical Event

1 Memahami Risiko Bencana: Kebijakan Dan Praktek Harus Didasarkan Pada Pemahaman Kerentanan, Kapasitas, Keterpaparan, Karakteristik Bahaya Dan Lingkungan

• 22 Oktober 2018

• 08.30 – 12.00 WIB

1. Deputi Geofisika, BMKG 2. Kepala PVMBG 3. UNDP 4. Iriana Rafliana, LIPI

1. Peran dan Koordinasi Kesiapsiagaan dan Upaya Antisipasi dalam PRB

2. Informasi Bencana Kebumian untuk Masyarakat

3. Overview hasil-hasil Global Platform dan AMCDRR- Prioritas 1

4. Komunikasi Risiko dalam PRB: Peran Ilmu Pengetahuan Sebagai Landasan Penguatan PRB

2 Penguatan Tata Kelola Risiko: Tata Kelola Yang Diperlukan Untuk Mendorong Kerjasama Kemitraan Mekanisme, Lembaga, Untuk Pelaksanaan PRB & Sumber Daya

• 22 Oktober 2018

• 08.30 – 12.00 WIB

1. Deputi Bidang Pengembangan Regional, Bappenas

2. Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Mendagri

3. Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa

4. Nyoman Suryadiputra, Wetlands International Indonesia

1. Pengembangan Rencana Induk Penanggulangan Bencana dan Rencana RPJMN 2020 – 2024: Tujuan dan Strategi

2. SPM Bidang PB dalam Upaya PRB

3. Pemanfaatan Dana Desa Dalam Upaya PRB

4. Eco DRR: Pengelolaan Pesisir Terintegrasi untuk Mengurangi Risiko Bencana

3 Investasi PRB untuk Resiliensi Investasi Publik dan Swasta Dalam Tindakan Struktural dan Non-Struktural untuk Meningkatkan Ketahanan

• 23 Oktober 2018

• 08.30 -12.00 WIB

1. Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BNPB

2. Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan

1. Industri Keselamatan Bencana Menuju Revolusi Industri 4.0

2. Strategi Kebijakan Pembiayaan Risiko Bencana

3. Evaluation of The Effect of

Sebagai Pendorong Inovasi, Pertumbuhan dan Penciptaan Lapangan Kerja

3. Dr. Naoto Tada, JICA 4. Dr. Sri Atmaja P. Rosyidi,

MDMC 5. Akademisi/Forum Perguruan

Tinggi/IABI 6. APIK

DRR Infrastructure Development

4. PRB dalam Sistem Transportasi

5. Kajian Risk Transfer 6. Sinergitas Adaptasi

Perubahan Iklim dan PRB

4 Meningkatkan Manajemen Risiko: Memperkuat Kesiapsiagaan, Respon dan Pemulihan di Semua Tingkatan Sebagai Kesempatan Penting untuk PRB dan Integrasinya ke Dalam Pembangunan

• 23 Oktober 2018

• 08.30 – 12.00 WIB

1. Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPB

2. Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR

3. Masaharu Fujita, JICA 4. Adhy Kardono/Tetrie Darwis,

Kementerian Sosial 5. P. Raja Siregar, PMI-IFRC 6. Surya Rahman, Humanitarian

Forum Indonesia

1. Build Back Better Gempabumi Lombok

2. Membangun Kembali Lebih Baik Pasca Bencana Gempabumi Lombok

3. Support System for Decision Making of Against Volcanic Disaster

4. Bantuan Finansial Non-Tunai (BFNT)

5. Penguatan Kebijakan dan Tindakan Siaga Darurat: Pembelajaran Gerakan Palang Merah dalam Mengembangkan Forecast-based Financing (FbF)

6. Peran Faith Based Organization (FBO) dan Local Faith Communities (LFC) Dalam Program Kesiapsiagaan Dan Penanganan Darurat)

Spesial Session

1 Perlindungan Cagar Budaya dan Indigenous Knowledge Pengelolaan Risiko Becana

• 22 Oktober 2018

• 13.00 –

1. Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud

2. UNESCO

1. Kearifan Lokal Sebagai Media Penetrasi Pesan-Pesan Penyuluhan Bencana

17.00 WIB 3. AMAN 4. Dr. Eko Teguh Paripurno,

Forum Perguruan Tinggi 5. Nazli Ismail, TDMRC 6. Joni Arianto Nazara/Yoko

Takafuji, JICA

2. Upaya Perlindungan Cagar Budaya dari Bencana

3. PRB dalam Masyarakat Adat 4. Upaya Melindungi Kearifan

Lokal Dari Kepunahan 5. Pelestarian Gua Pantai Yang

Menyimpan Bukti Tsunami Purba (Museum Alam)

6. Pendidikan Siaga Bencana melalui Tarian Tradisional Maena di Kep. Nias

2 Industrialisasi Bencana • 22 Oktober 2018

• 13.00 – 17.00 WIB

1. Kepala Pusat Perumusan Standar, BSN

2. Sugeng Triutomo 3. Prof. Faisal Fathani 4. LSP PB 5. Budi Santoso, MDMC

1. Penerapan Standar untuk PB 2. Perkembangan SNI PB di

Indonesia 3. SNI dan ISO LEWS dan

Inovasi Produk dalam Pemenuhan Perangkat Kerja

4. Sertifikasi Profesi Kebencanaan menuju Prosesionalitas

5. RS Aman Bencana

3 Inklusifitas dalam Penanggulangan Bencana

• 23 Oktober 2018

• 13.30 – 17.00 WIB

1. Nurhasdiana, CARE Internasional Indonesia

2. Ratna Susi, YEU 3. Serafina Bete, ASB Indonesia

and The Philippines 4. Indonesia Youth on DRR *tbc

1. Perencanaan dan Penganggaran Desa untuk Bencana (Perempuan)

2. Pemberdayaan Lansia dalam Membangun Kesiapsiagaan Masyarakat (Lansia)

3. Organisasi Penyandang Disabilitas (OPDis) sebagai Champion PRB Inklusif (Difabel)

4. *tbc

4 Platform PRB Multipihak • 23 Oktober 1. Planas PB 1. Pembelajaran Tentang Peran

2018 • 13.30- 17.00

WIB

2. Forum Lembaga Usaha 3. Pdt. Hendrik Lokra, M. Si,

YEU 4. Bevita/Valentina, Wahana

Visi Indonesia 5. Rurid Rudianto, LPBI NU

Forum PRB Daerah (1) 2. Forum Lembaga Usaha

Sebagai Media Pembelajaran Membangun Ketangguhan Dunia Usaha)

3. Peran Faith Based Organization (FBO) dan Local Faith Communities (LFC) Dalam Program Pengurangan Risiko Bencana Pemerintah

4. Asosiasi Lembaga Usaha 5. Penguatan Kapasitas

Pemerintah Daerah Dan Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Bencana Menuju Respon Bencana Yang Cepat, Tepat Dan Efektif: Pembelajaran dari Pendampingan di Jateng & Sulsel (Kab. Jepara & Kudus, Kab. Barru & Wajo

Knowledge Sharing 1 Konvergensi API-PRB dan

Pengelolaan Risiko Bencana berbasis Ekosistem

• 23 Oktober 2018

• 09.00 – 12.00 WIB

1. Eka Situmorang, Wahana Visi Indonesia

2. Ibnu Subrata, Yakkum Emergency Unit

3. Nyoman Suryadiputra, Karina Yogyakarta

4. Roby Lay, Plan International Indonesia

1. Peningkatan Pemahaman Risiko Kebakaran Padang di Kec. Haharu, Sumba Timur

2. Membangun Ketahanan Pangan dan Aksi Adaptasi di Wilayah Terdampak Kekeringan

3. Tata Kelola DAS dan Pendekatan Kawasan dalam Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan

4. Community Based Small-scale Mitigation Measures

2 Urban Resilience • 23 Oktober 2018

• 09.00 – 12.00 WIB

1. Wida Ayu Puspitasari, U-INSPIRE

2. Dhinar Rizky, YEU 3. Wahyu Novyan Uang D.

Lasmana, DMII-ACT

1. The Sinking City and Transfer Pengetahuan Risiko Bencana oleh Kelompok Masyarakat Pemuda kepada Masyarakat Akar Rumput

2. Pelokalan Agenda Baru Perkotaan untuk Ketangguhan Kota

3. Home Safety Home Sebagai Upaya Membangun Kota yang Tangguh

3 Pengelolaan Risiko Bencana berbasis Komunitas

• 22 Oktober 2018

• 09.00 – 12.00 WIB

1. CARE International Indonesia

2. Desrianto Boy, ASB Indonesia and The Philippines

3. Nurdin, S.Sos, ASB Indonesia and The Philippines

4. Merliante Syok Yuchan, ASB Indonesia and The Philippines

5. Rumainur, SE, ASB Indonesia and The Philippines

1. Ini Suara Kami! - Pembelajaran Partisipasi Perempuan Dalam Perencanaan dan Penganggaran untuk PRB

2. Kemitraan Lintas Sektor untuk Penguatan Kemandirian Desa dalam Tata Kelola Risiko Bencana

3. Membangun Kesiapsiagaan di Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Terpencil: Pengalaman Kabupaten Kepulauan Mentawai

4. Harta yang Paling Berharga adalah Keluarga Tangguh Bencana

5. Panduan Instrumen Monitoring dan Evaluasi Desa/Kelurahan Tangguh

Bencana Inklusif

4 Komunikasi Bencana • 22 Oktober 2018

• 09.00 – 12.00 WIB

1. Wisnu Jatmiko, Plan International

2. Kurniah, Plan International 3. JICA 4. Sinam Sutarno, JICA 5. Meilina, ASB Indonesia and

The Philippines

1. ICT Learning Center for DRR at Community Level

2. Digital Risk Map "SiBAJA” 3. Disaster Information

Management for Preparedness and Risk Reduction *tbc

4. The Role of Community Radio in Disaster Management

5. Model Informasi - Aksi dan Pendekatan Masyarakat Secara Menyeluruh dalam Kampanye PRB

5 Pendidikan Dalam Situasi Darurat

• 22 Oktober 2018

• 13.30 – 17.00 WIB

1. Adelina R. Simatupang dan Agnes Widyastuti, Yayasan Sayangi Tunas Cilik – Bandung

2. Agnes Widyastuti, Yayasan Sayangi Tunas Cilik – Save The Children

3. Adelina R. Situmorang, Yayasan Sayangi Tunas Cilik – Save The Children

4. Seknas PB

1. Perlindungan Anak di Situasi Darurat Bencana Gempabumi Tasikmalaya dan Erupsi Gn. Agung Bali

2. Keberlanjutan Pendidikan pada Situasi Darurat Gunung Agung

3. Keberlanjutan Pendidikan pada Situasi Darurat Bencana Gempa Bumi di Tasikmalaya

4. *tbc

6 Pendidikan Untuk PRB • 22 Oktober 2018

• 13.30 – 17.00 WIB

1. Lingkar 2. PeaceGeneration Indonesia 3. Maulinna Utaminingsih,

Yayasan Sayangi Tunas Cilik – Save The Children

4. Angel Cristy Patricia, Plan International

5. Herlan Herdiana, Yayasan

1. Pengembangan Muatan PRB dalam Kurikulum

2. Sekolah Cerdas: An Integrated Program to Prevent Natural and Social Disaster Based on PBL (Project Based Learning)

3. Pemanfaatan Digital

Sayangi Tunas Cilik – Save The Children

Storytelling dalam Pemetaan Risiko Bencana di Sekolah

4. Pramuka Siaga Dalam Menghadapi Bencana dan Perubahan Iklim

5. Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana secara Mandiri

7 Inklusi Disabilitas • 23 Oktober 2018

• 09.00 – 12.00 WIB

1. ASB Indonesia and The Philippines

• Panduan Perencanaan berbasis PRB Inklusif

• Tata Kelola Risiko yang Inklusif: Penguatan Kapasitas Kelembagaan BPBD

• Praktik Baik dan Tantangan Perluasan PRB Inklusif Disabilitas

8 Pengelola Risiko Terpadu Dalam Pengembangan Komunitas

• 22 Oktober 2018

• 09.00 – 12.00 WIB

1. Partners For Resilience • Pengelolaan Risiko Terpadu – Sebuah Perjalanan untuk Ribuan Senyuman

9 Pembelajaran Keberadaan dan Operasional Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalop) Penanggulangan Bencana

• 22 Oktober 2018

• 13.30 – 17.00 WIB

1. TATTs – Mercy Corps 1. Kebijakan Nasional tentang UPT dan peluang penguatan kelembagaan Pusdalops PB di Daerah - Ditjen Otda Kemendagri

2 Penguatan Pusdalops PB di Daerah oleh BNPB - Pusdatin BNPB

3 Pembelajaran Pembentukan UPT Pusdalops PB Provinsi Papua Barat - Kalak BPBD Papua Barat

4 Pembelajaran Pusdalops PB 8

Provinsi - TATTs 5 Kajian Hukum Pusdalops PB-

TATTs

10 Pengkajian dan Kebutuhan Pascabencana

• 23 Oktober 2018

• 13.30 – 17.00 WIB

1. Direktur Penilaian Kerusakan 2. Direktur Penilaian Kerusakan 3. Kepala BPBD Prov. Sumut 4. Kepala BMKG Provinsi

Sumatera Utara

1. Sosialisasi Pengkajian dan Kebutuhan Pascabencana

2. Juklak Hitung Cepat Akibat dan Rekonstruksi (e-Proposal)

3. Penanganan Pasca Bencana Gunbung Sinabung

4. Pembangunan Sistem Informasi MKG dalam Mendukung PRB Berbasis IT

11 Forum Perguruan Tinggi Penanggulangan Bencana

• 22 Oktober 2018

• 08.00 – 17.00 WIB

1. Forum Perguruan Tinggi • Hasil dan Rekomendasi Riset Perguruan Tinggi Untuk Penanggulangan Bencana, dan Pertemuan Tahunan Forum Perguruan Tinggi

12 Tantangan Kemitraan Masyarakat-Pemerintah-Swasta dalam Pengurangan Risiko Bencana

• 22 Oktober 2018

• 13.30 – 17.00 WIB

• IOM • Lokakarya Diseminasi Program Pengurangan Risiko Bencana IOM di Aceh dan Jawa Barat

13 Satuan Pendidikan Aman Bencana

• 23 Oktober 2018

• 08.00 – 17.00 WIB

• Seknas PB • Pembelajaran Penanganan Darurat Bencana Gempabumi NTB