1 evaluasi program kerja ta. 2012

Upload: andrie-priangga

Post on 04-Mar-2016

244 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

1 EVALUASI PROGRAM KERJA TA. 2012.doc

TRANSCRIPT

DIREKTORAT KESEHATAN

82

RSPAD GATOT SOEBROTO DITKESAD

DIREKTUR PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN BAGIAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN SDIRBINBANG

RSPAD GATOT SOEBROTO DITKESAD TA. 2012 I.PENDAHULUAN

1.Umum.a.Bagian Pendidikan dan Latihan sebagai pembantu Dirbinbang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan administrasi perencanaan dan pengendalian pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Bidang Kesehatan bagi Personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad telah melaksanakan program kegiatan dan anggaran TA. 2012 yang merupakan penjabaran dari program kerja dan anggaran RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad TA. 2012.

b.Untuk mengetahui hasil pelaksanaannya perlu dilakukan evaluasi kegiatan dan penggunaan anggaran sebagai pedoman kegiatan selanjutnya.

2.Maksud dan Tujuan.a.Maksud.Evaluasi ini disusun dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan dan pencapaian kegiatan pendidikan dan pelatihan di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad TA. 2012.b.Tujuan.Sebagai bahan masukan bagi Pimpinan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dalam menentukan kebijaksanaan selanjutnya.

3.Ruang Lingkup.Evaluasi ini meliputi uraian tentang pelaksanaan program kegiatan dan anggaran bidang pendidikan dan pelatihan, yang disusun dengan tata urut sebagai berikut :

a. Pendahuluan.b. Pokok-pokok kebijaksanaan dan sasaran.c. Kegiatan Pengumpulan Data.

d. Analisa dan evaluasi.

e. Kesimpulan dan Saran.f. Penutup.4.Dasar.a.Surat Keputusan Kasad Nomor : Skep / 434 / XII / 2004 tanggal 2 Desember 2004 tentang Naskah sementara Jukmin tentang Dalprog termasuk didalamnya Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran semester / tahunan.b.Program Kerja dan Anggaran RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad TA. 2012, bidang Pendidikan dan Pelatihan.II.POKOK-POKOK KEBIJAKSANAAN DAN SASARAN5.Umum.Program kegiatan dan anggaran Bagian Pendidikan dan Latihan diarahkan dalam rangka mendukung tupok RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dalam rangka memenuhi sebagian kebutuhan pengembangan Sumber Daya Manusia.

6.Tugas Pokok.

Bagdiklat Sdirbinbang merupakan pembantu Dirbinbang yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan administrasi perencanaan dan pengendalian pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Bidang Kesehatan bagi Personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad, dengan tugas dan kewajiban sebagai berikut:a. Memimpin, mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi segala usaha pekerjaan dan kegiatan di Lingkungan Bagdiklat RSPAD Gatot Soebrotob. Menyusun rencana kebutuhan dan anggaran pendidikan dan pelatihan Personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesadc. Melaksanakan kegiatan administrasi perencanaan dan pengendalian pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesadd. Mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di RSPAD Gatoto Soebroto Ditkesad

e. Mengendalikan dan mengawasi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yang mengikuti program pendidikan dan pelatihan baik di dalam maupun diluar RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad

f. Mengendalikan dan mengawasi seluruh kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan yang dilaksanakan oleh Unit Diklatnakes RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad

g. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad

h. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan dari supra sistem (Ditkesad/Puskes TNI) yang dilaksanakan di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesadi. Membuat laporan pelaksanaan program kerja dan anggaran pendidikan dan pelatihan Personel RSPAD Gatot Subroto Ditkesadj. Memberikan saran pada Dirbinbang sesuai dengan bidang tugasnya.

7.Kebijaksanaan.Sebagai unsur pembantu Dirbinbang RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad harus mampu untuk memelihara dan meningkatkan kualitas Personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad, sehingga mampu melaksanakan tugas secara optimal dengan acuan Buku Petunjuk Pelaksanaan tentang Tata Cara Mengikuti Seleksi Pendidikan Keahlian Kesehatan Bagi Personel TNI AD, yang disahkan dengan Keputusan Direktur Kesehatan Angkatan Darat Nomor Kep / 361 / X / 2009 tanggal 16 Oktober 2009 dan Buku Petunjuk Administrasi tentang Penyelenggaraan Latihan yang disahkan dengan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep / 11 / I / 2003 tanggal 28 Januari 2003. Dihadapkan dengan keterbatasan anggaran, maka perlu diambil langkah-langkah sebagai berikut :

a.Segala perencanaan harus dilakukan secara matang, peningkatan pengawasan pada setiap tahapan proses pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan personel yang memiliki kompetensi sesuai yang dibutuhkan.

b.Asset yang ada supaya dipelihara secara teratur dan berlanjut hingga diperoleh masa pakai yang lebih lama.

8.Sasaran.

Pendidikan dan Pelatihan merupakan bagian dari investasi sumberdaya manusia (human invesment), semakin lama waktu yang digunakan personel untuk pendidikan dan pelatihan, semakin tinggi kemampuan atau kompetensinya melakukan pekerjaan, dan dengan demikian semakin tinggi kinerjanya. Dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad sasaran yang diharapkan adalah :a. Terwujudnya peningkatan kemampuan, keterampilan dan profesinalitas personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dalam pelaksanaan tugas.

b. Terwujudnya peningkatan motivasi dan etos kerja personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.

c. Terwujudnya kecerdasan dan pemahaman keilmuan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.d. Terwujudnya peningkatan kemampuan kesegaran jasmani dan kepribadian personel sapta marga dan panca prasetia korpri.

III.KEGIATAN PENGUMPULAN DATA9.Umum.

Kegiatan pengumpulan data merupakan kewajiban bagi staf Bagdiklat selaku unsur pembantu Dirbinbang RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad untuk mendukung tercapainya sasaran bidang pendidikan dan pelatihan yang telah ditetapkan.10.Waktu dan tempat pelaksanaan.a. Waktu.Pengumpulan data dimulai awal bulan januari 2012 s.d akhir bulan Desember 2012.

b. Tempat.Pengumpulan data dilaksanakan di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.11.Personel Pengumpul Data.a. Tim Pengumpulan Data.Merupakan personel staf Bagdiklat yang mempunyai wawasan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.

b. Responden.Merupakan pejabat-pejabat RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yang terkait langsung sebagai pelaksana pendidikan dan pelatihan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.

12.Metoda dan Tehnik.a. Metoda yang dilaksanakan adalah pengisian Angket/Cheklist dari Bagdiklat dan pengumpulan dokumen-dokumen berkaitan dengan bidang pendidikan dan pelatihan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.

a. Teknik yang digunakan pengamatan langsung dan mengevaluasi dokumen-

dokumen berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan.

13.Data dan dokumen.Data dan Dokumen yang dikumpulkan adalah data program pendidikan dan pelatihan bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad sebagai berikut :

a. Pendidikan dan pelatihan anggota militer (Dikoordinir dan dalam binaan Sekretaris RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad) terdiri dari :1) Pendidikana) Pendidikan Pembentukan ( DIKTUK)(1) Pendidikan Secapa Regkes(2) Pendidikan Secaba Regkesb) Pendidikan Pengembangan Umum (DIKBANGUM)(1) Pendidikan Seskoad(2) Pendidikan Selapa Kesehatan(3) Diklatpim Tk . III dan IVc) Pendidikan Pengembangan Spesialisasi (DIKBANGSPES)(1) Suspajemen Rumkit Madya(2) Suspajemen Rumkit Pratama (3) Suspajemen Logkes(4) Suspajemen Kesprevmil(5) Susjurbawat Keslap(6) Susjurbabedah(7) Susjurbakesprevmil(8) Susbahasa Inggris(9) Susfungjemen2) Pelatihan Militer.a) Latihan perorangan(1) Latihan SJM, UTP,UTJ(2) Latihan Menembak(3) Minggu Militerb) Latihan Satuan.(1) Latihan Penanggulangan kebakaran(2) Latihan Penanggulangan Bencana Alamb. Pendidikan dan pelatihan anggota militer (Dikoordinir dan dalam binaan Dirbinbang RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad) terdiri dari :1) Pendidikan Umuma) Pendidikan spesialisasi dan sub spesialisasi kedokteranb) Pendidikan Strata 1, Strata 2, dan Strata 3c) Pendidikan Diploma III Kesehatan2) Pelatihan bidang Kesehatana) Pelatihan peningkatan profesionalisme tenaga medis(1) Penatalaksanaan USG dan Interpretasinya

(2) GEMT (General Emergency Medical Training) (3) ATCLS dan ATLS

(4) Dan lain-lainb) Pelatihan peningkatan profesionalisme tenaga keperawatan(1) Pelatihan BTCLS(2) Pelatihan Manajemen ruang perawatan(3) Pelatihan Instruktur klinik keperawatan(4) Pelatihan EKG(5) Pelatihan Assesor Kompetensi Keperawatan(6) Pelatihan Penatalaksanaan perawatan Pasien Stroke(7) Pelatihan Manajemen Luka(8) Pelatihan Pasien Safety(9) Dan lain-lain3) Pelatihan peningkatan profesionalisme tenaga administrasia) Pelatihan Administrasi Umum TNIb) Pelatihan operator komputerc) Pelatihan Uji Kompetensi pengadaan barang dan jasa

d) Dan lain-lain

4) Pelatihan peningkatan profesionalisme tenaga kesehatan lainnyaa) Pelatihan Asuhan Gizi Pasienb) Pelatihan Kebutuhan Dasar Hidup

c) Dan lain-lain

c. Seminar, simposium, workshop, kongres, munas, temu ilmiah, dan penataran bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.d. Pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan diluar negeri.IV.ANALISA DAN EVALUASI14.Umum.Dalam pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dan pelatihan personel tenaga kesehatan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad didapatkan beberapa faktor yang berpengaruh baik dari internal maupun external.

15.Faktor yang berpengaruh.a. Faktor Internal.1) Kekuatana) Adanya Program kerja dan anggaran RSPAD Gatot Soebroto di bidang pendidikan dan pelatihanb) Adanya komitmen dan kepedulian dari pimpinan dan personel RSPAD Gatot Soebroto dalam rangka pembinaan personel untuk meningkatkan profesionalisme personel c) Terbinanya loyalitas, disiplin dan kebanggaan personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad, sehingga dapat menciptakan kerja sama yang baik dalam rangka mensukseskan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihand) Instalasi pelayanan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto memiliki sarana dan prasaranan yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan personele) Tersedianya personel yang profesional sebagai narasumber dalam penyampaian materi terkait ilmu kesehatan yang sesuai dengan perkembangan Ilpengtek2) Kelemahana) Terbatasnya anggaran RSPAD Gatot Soebroto untuk melaksanakan program kerja pendidikan dan pelatihanb) Padatnya jadwal kegiatan pelayanan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, sehingga pelaksanaan program kegiatan pelatihan belum optimalc) Belum seluruh tenaga pendidik mempunyai sertifikasi sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihand) Masih terbatasnya ruang/aula yang dapat digunakan sebagai tempat pendidikan dan pelatihan bila dibandingkan dengan banyaknya kegiatan kegiatan di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yang menggunakan ruang/aula b.Faktor Eksternal.1)Peluanga)Tuntutan tugas yang senantiasa membutuhkan peningkatan kemampuan dan keterampilan personel RSPAD Gatot Soebroto, dalam melaksanakan setiap tugasb)Adanya Instalasi pendidikan umum kesehatan (Akper, Akbid) yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesadc)Adanya kemajuan informasi kesehatan yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh personel kesehatan d)Adanya Program Kerja dan Anggaran TNI dan TNI AD bidang pendidikan dan pelatihan 2) Kendalaa)Peranti lunak yang dimiliki tidak lengkap dan sosialisasinya sangat kurangb)Terbatasnya Anggaran dari Komando atas untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pelatihanc)Terbatasnya alokasi peserta didik pada pendidikan pengembangan spesialisasi dan pendidikan umum kesehatan serta kegiatan pelatihan16.Analisa dan Evaluasi.Pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dan pelatihan selama satu tahun diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel RSPAD Gatot Soebroto saat ini, sehingga mampu menjawab tuntutan tugas yang semakin kompleks dan agar didapat organisasi RSPAD Gatot Soebroto yang efektif dan efisien mengarah terwujudnya organisasi yang profesional. Untuk itu perlu dilakukan analisa terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi belum selaras dan optimalnya pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dan pelatihan antara lain :

a.Terbatasnya alokasi peserta didik pendidikan militer dihadapkan dengan seleksi jumlah personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yang lulus mengikuti seleksi belum optimal. b.Terbatasnya alokasi peserta didik dengan bantuan biaya dinas khususnya Pendidikan spesialisasi dan sub spesialisasi kedokteran, mengakibatkan adanya personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yang melanjutkan pendidikan melalui biaya sendiri.

c.Terlaksananya program pelatihan militer bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad baik latihan perorangan dan latihan satuan, sesuai dengan program kerja dan anggaran yang ada.

d.Masih terbatasnya anggaran RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad untuk mendukung kegiatan pelatihan peningkatan profesionalisme tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kesehatan lainnya, sehingga kegiatan pelatihan dan personel yang mengikuti kegiatan pelatihan disesuaikan dengan skala prioritas .V.KESIMPULAN DAN SARAN17.Kesimpulan.a. Pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dan pelatihan bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dengan berbagai keterbatasan dan kendala yang dihadapi dapat terlaksana.

b. Tersedianya sarana dan prasarana serta tenaga pendidik, memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi personel di lingkungan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.c. Terbatasnya alokasi peserta didik dari Komando atas dan dihadapkan dengan ketatnya seleksi peserta didik mengakibatkan jumlah personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yang mengikuti pendidikan belum optimal.d. Pencapaian sasaran dapat dilihat dari realisasi pelaksanaan program dengan prosentase pelaksanaan sesuai bidang masing-masing, daftar terlampir.

18.Saran.a. Agar Departemen, Instalasi dan Unit kerja menyusun kebutuhan pendidikan dan pelatihan di unit kerjanya sesuai skala prioritas dalam rangka penyusunan program pendidikan tahun berikutnya dan persiapan dalam pelaksanaan program khususnya pelatihan dapat lebih dipersiapkan dengan baik.b. Agar kegiatan pelatihan dapat terlaksana dengan hasil yang optimal maka perlu mengirimkan personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad terutama yang memiliki kemampuan menjadi instruktur (tenaga pengajar) sesuai dengan bidang tugasnya.c. Dari realisasi pelaksanaan progja terlihat sudah optimal, tetapi masih ada juga yang belum, sehingga disarankan untuk progja TA. 2013 agar di susun bidang yang masih banyak kekurangan dalam realisasi disesuaikan dengan kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan untuk pengembangan Sumberdaya Personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad TA. 2013.VI.PENUTUP19.Penutup.Demikian Evaluasi pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dan pelatihan ini dibuat, sebagai bahan pertimbangan Ka RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dalam menetapkan kebijakan pada masa yang akan datang terkait penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi personel RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.

Jakarta, Desember 2012 Dirbinbang RSPAD Gatot Soebroto

drg. R. Toni Suhartono, M.Sc Kolonel Ckm NRP 33313

8