wings agustus 2012

52
THE MAGAZINE OF WINGS AIR - AGUSTUS 2012 DUGDERAN FESTIVAL ERAU 2012 SAMBUT RAMADHAN 1433 H LOMPAT KAPAL KEJAR SISIK

Upload: bentang-media-nusantara

Post on 31-Mar-2016

248 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

DUGDERAN SEMARANG | FESTIVAL ERAU 2012 | BUDGET HOTEL | KEGIATAN RAMADHAN DI MASJID ITIQLAL

TRANSCRIPT

Page 1: WINGS AGUSTUS 2012

i

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

THE MAGAZINE OF WINGS AIR - AGUSTUS 2012

DUGDERAN

FESTIVAL ERAU 2012

SAMBUT RAMADHAN 1433 H

LOMPAT KAPAL KEJAR SISIK

Page 2: WINGS AGUSTUS 2012

ii

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 3: WINGS AGUSTUS 2012

1

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 4: WINGS AGUSTUS 2012

2

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

4 News

6 Spot

12 Reflection

20 Special

26 Leisure

28 Destination

31 Tips

32 HotStuff

[Content ]

REGULAR

14 TRAVELFESTIVAL ERAU 2012

8 TRAVELDUGDERAN

34 DESTINATIONMASJID ISTIQLAL

37 Bali Section

Page 5: WINGS AGUSTUS 2012

3

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

President Director

Achmad Hasan

Director of Production

Capt. Ertata Lananggalih

Director of Operation

Capt. Redi Irawan

Director of Technics

Muhammad Rusli

Director of Commerce

Rudy Lumingkewas

Director of Finance

Edward Sirait

Publisher Makhfudz Sappe

Editor in ChiefRistiyono

EditorA. Gener Waluku | Priyanto Sismadi | Safari A. Husain

ReporterWisnu Ridwan Maulana

MarketingRirin Tri Astuti | G. Hardianto |Rusman Madjulekka | M. Lottong Makkaraka | Amrul Alam | Aman Sugandhi (Surabaya), Qurratu Ainie Partono (Surabaya)

Art DirectorGerald Manuel WangsasaputraRichard Archie F.M. (Illustrator)

FinanceAde Kristanti

CirculationM. Solichin

Bali Marketing RepresentativeFernandito Haka | Yurison Suryantara

Published byPT. Bentang Media Nusantara

AdvertisingT. +62 21 9849 4404F. +62 21 3151 668Email. [email protected] [email protected] 0821 10 88 22 00

CoCKPIt’S note

WINGS

www.issuu.com/lionmagazineDapat juga dibaca di

MAGAZINE

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

Penumpang yang budiman, bulan ini kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Dimana satu bulan penuh berjuang melawan nafsu kedagingan, mengendalikan diri serta memperbanyak amal ibadah. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa kepada seluruh penumpang yang menjalankannya.

Kiranya di bulan yang suci ini kita semua memperoleh berkah dan ampunan dari Tuhan YME.

Sudah dapat dipastikan setiap tahun menjelang hari Raya Idul Fitri terjadi luapan arus mudik yang begitu luar biasa. Semua orang ingin pulang kampung karena biasanya libur panjang. Semua moda transportasi, baik transportasi darat, laut dan udara mengalami lonjakan penumpang yang tinggi. Tidak terkecuali Wings Air. Meski bisa dikatakan jumlah penumpang membludak, kami tetap mengutamakan kualitas pelayanan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang. Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh penumpang dengan penambahan pesawat baru yang mutakhir, ATR 72-500, jenis pesawat propeller yang kami pesan langsung dari pabriknya di Toulouse, Prancis.

Untuk menghadapi liburan lebaran ini ada baiknya merencanakan perjalanan mudik jauh hari sebelumnya. Dengan tetap waspada dan berhati-hati dalam perjalanan. Kepada seluruh penumpang Wings Air agar tidak mengabaikan setiap aturan selama penerbangan sehingga perjalanan Anda nyaman, aman dan selamat hingga tujuan.

Selamat menikmati penerbangan bersama Wings Air.

Achmad HasanDirektur Utama

Page 6: WINGS AGUSTUS 2012

4

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

neWS

D alam menyambut Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, Keris Dept. Store dan Batik Keris mengadakan acara Presentasi Parcel di Keris Dept. Store

Menteng pada 13 Juli 2012. Acara Presentasi Parcel tersebut menyajikan berbagai rangkaian parcel-parcel istimewa dan menarik sebagai hantaran bagi para relasi, sahabat, maupun keluarga. Tersedia parcel spesial dan unik dengan rangkaian menarik berupa produk-produk berkualitas internasional seperti crystal, scraft, glass, keramik, perfume, perlengkapan pria, dan perlengkapan muslim dengan harga terjangkau. Tersedia pula rangkaian parcel makanan maupun minuman. Keris Dept. Store juga menyediakan rangkaian parcel untuk hari spesial maupun hari yang istimewa seperti parcel Imlek, parcel kelahiran buah hati, parcel ulang tahun serta parcel hantaran untuk pengantin dan lain-lain.

Pada bulan Juli ini, The 5th floor Alfresco Restaurant menyajikan menu yang berbeda, yakni “Meat Ball Curry” dengan bumbu kari dan sajian salad buah segar dengan harga Rp. 95.000 nett. Sedangkan untuk minuman menghadirkan cocktail promo “Shanghai Blue” dengan harga Rp. 75.000 nett serta cocktail promo “Vanilla in Passion”, dengan buah markisa dan paduan ice cream vanilla. Selain itu, Menara Peninsula Hotel juag memberikan paket Ramadhan yaitu, “Ramadhan Deal Promo” pay 1, get 1 Free mulai dengan harga Rp. 1.150.000 nett untuk dua malam serta Tajil gratis yang disediakan di Rumpi Lounge dengan periode check in mulai dari tanggal 15-17 Agustus 2012. Lainnya juga terdapat Health Club and Spa yang juga memiliki promo Special Price, yaitu “Peninsula Quick Package” dengan harga Rp. 320.000 nett. “Quick Package” yang terdiri dari aromatherapy relaxing massage, relaxing facial dan herbal eye tea dengan harga Rp. 315.000 nett dan “Aromatherapy Relaxing Massage”.

BESt WEStERN PEDULI PENDIDIKAN ANAKBest Western Internasional di Indonesia dengan bangga meluncurkan sosial program ‘Best Western Cares’ yang peduli pada pendidikan anak-anak kurang mampu di Karubaga Papua pada awal Juli 2012 lalu. Program ini bertujuan untuk membentuk kelompok belajar anak guna meningkatkan minat baca dan memperkenalkan komputer kepada anak-anak yang tidak mempunyai akses pendidikan formal. Kelompok Belajar Anak tersebut nantinya akan menjadi wadah untuk dapat mengembangkan bakat anak-anak Papua dengan belajar, berolahraga, kesenian dan membuat kerajinan sebagai modal mereka untuk dapat berkarya dan bekerja. Dalam hal ini bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia, mitra dari World Vision di Indonesia dengan memberikan buku dan komputer untuk 700 anak kurang mampu di Karubaga Papua. Dan program ini juga terbuka bagi masyarakat yang ingin membantu dan berbagi. Mari bersama membantu mengubah kehidupan dan masa depan mereka agar menjadi lebih cerah.

PRESENtASI PARcELKERIS DEPT. SToRE

JULI cERIA BERSAMA MENARA PENINSULA HoTEL

Page 7: WINGS AGUSTUS 2012

5

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

SAMBUt RAMAdhAN & IdUL FItRISMARTFREN HADIRKAN VoIP 01033, TELEPoN INTERNASIoNAL BERTARIF LoKAL

Dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, Smartfren umumkan terobosan tarif hemat via VoIP 01033 mulai dari Rp. 10/detik untuk telepon internasional ke-237 negara, pada 10 Juli 2012. Hal ini ditujukan bagi pengguna Smartfren yang ingin tergabung dengan kerabat dan teman di luar negeri. Dengan menekan 01033+Kode Negara+Nomor Telepon yang dituju.

Rodolfo Pantoja, Presiden Direktur Smartfren mengatakan, “Smartfren berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi layanan yang cerdas bagi penggunanya dengan beragam produk yang inovatif dan harga terjangkau. Melalui telepon internasional via VoIP 01033, panggilan internasional dengan biaya mahal, kini bisa dinikmati dengan tarif terjangkau mulai dari Rp 10/detik saja.”

Berlaku selama 24 jam tanpa syarat. Tarif yang ditentukan juga sudah termasuk pajak 10% dan berlaku untuk Smart Reguler, Smart Extra, Samart Sosial, Fren Sobat, Fren Duo, Fren Joss, Lokal Plus, Hepi, Smartfren dan berlaku untuk pelanggan paska bayar.

Untuk mendukung penjualan kamar serta menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat dengan media dan agen perjalanan, Swiss-Belhotel Internasional-Indonesia mengadakan Table Top bagi para agen perjalanan di Diamond Ballroom, Arion Swiss-Belhotel Kemang, Jakarta pada 4 Juli 2012.Pada acara ini turut hadir, Chairman and President Swiss-Belhotel International-Indonesia Mr. Gavin M. Faull, Mr. Emmanuel Guillard-Senior Vice President Operations and Development for Indonesia, Malaysia and Viednam, Ms. Linie Cortez Palacio-Vice President Sales and Marketing, Ms. Linda Muhlis-Regional Director of Sales and Marketing, serta jajaran Sales dan Humas yang mewakili 30 properti Swiss-Belhotel Internasional di Indonesia. Selain itu, 100 agen perjalanan terkemuka dan perwakilan dari 30 properti Swiss-Belhotel International juga berpartisipasi dalam acara ini. Bagi undangan yang beruntung, akan memperoleh kesempatan menginap di seluruh Swiss-Belhotel International di Indonesia.

WARUNG TEKKo & X,o SUKI

SEGERA hAdIR dI SALAddIN SqUARESebagai pengembang dan pengelola, PT Wangsa Dharma Properti membuat Kompleks Ruko Saladdin Square sebagai ‘Pusat Wisata Kuliner’ terbaru di Depok. Potensi bisnis yang sangat besar ini ditargetkan mulai dari mahasiswa, karyawan, hingga penghuni area Depok dan sekitarnya. Hal ini dicermati oleh banyak pemilik waralaba kuliner sebagai potensi terbaik di Kota Depok. Sebut saja salah satu “fast growing” restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia dan memiliki lebih dari 20 outlet di seluruh kota besar di Indonesia, yaitu Warung Tekko-Spesialis Iga Sapi Penyet yang telah bergabung di ruko Saladdin Square dan akan segera membuka gerainya pada bulan Agustus 2012. X.O Suki & Cuisine memutuskan untuk membuka restoran terbarunya di Saladdin Square, mereka yakin dengan keunikan jenis makanan “Suki” yang dikemas dengan berbagai pilihan dan disajikan secara mewah, dapat menjadi daya tarik baru

bagi para pecinta kuliner di Depok.

SWISS-BELHoTEL INTERNASIoNAL

INdoNESIA tABLE toP 2012

Page 8: WINGS AGUSTUS 2012

6

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

SPot

LIBURAN MEWAHDi Tengah Padang Golf

6

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 9: WINGS AGUSTUS 2012

7

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

rerumputan. Persawahan ini membuat nuansa Bali terasa semakin kuat di lapangan golf, yang menjadikan pengalaman kita bermain golf terasa lebih unik. Bahkan sambil bermain golf kita bisa menikmati indahnya deburan ombak Samudera Hindia dan pesona Pura Tanah Lot yang begitu menawan. Jadi tunggu apa lagi?

Pan Pacific Nirwana Bali Resort

Jalan Raya Tanah Lot,

Tabanan 82171, Bali - Indonesia

Tel (62) 361 815900

Fax (62) 361 815901

www.panpacific.com

yang menyejukkan. Apalagi ada paket liburan lebaran yang hanya Rp. 1.588.000++ per malam pasti menarik untuk dicoba. Disini kita bisa menginap di kamar Golf View yang luas dengan pemandangan ke sawah, kebun tropis dan lapangan golf.

Menariknya lagi kita bisa bermain golf meski tidak membawa peralatan karena disini disediakan penyewaan peralatan golf di Nirwana Bali Golf Club . Dengan fitur 18-hole par 72, padang golf ini didesain oleh desainer lapangan golf legendaris Greg Norman. Nirwana Bali Golf Club dikelilingi oleh pemandangan yang indah dari persawahan dan

Sudahkah kita merencanakan liburan kali ini? Sudah pasti Bali menjadi destinasi favorit yang bertengger

di urutan teratas daftar liburan kita. Itu tidak salah, karena toh pesona keindahan Pulau Dewata ini tak terbantahkan hingga menjadi magnet yang sangat kuat menarik setiap orang untuk datang berkunjung. Pantai, gunung, seni budaya dan berbagai macam hiburan sudah menanti saat berlibur ke Bali. Meski banyak destinasi menarik di pulau ini, pernahkah kita berpikir mengisi liburan kali ini dengan sesuatu yang berbeda? Ya, menikmati resor mewah sambil bermain golf di padang golf terbaik di Indonesia pastilah akan menjadi liburan istimewa.

Tentu itu hanya bisa kita dapatkan di Pan Pacific Nirwana Bali Resort. Berlokasi di pesisir pantai barat daya Bali dengan latar belakang Samudera Hindia dan Pura Tanah Lot yang menakjubkan, resor seluas 103 Ha ini mengundang kita untuk merasakan pengalaman dengan budaya dan tradisi khas Bali melalui lokasinya yang masih asli dengan nuansa pedesaan dan lingkungannya

Page 10: WINGS AGUSTUS 2012

8

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Sambut Datangnya Ramadhan 1433 HijriahDUGDERAN

tRAVeL

TEKS & FoTo: RISTIyoNo

Page 11: WINGS AGUSTUS 2012

9

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 12: WINGS AGUSTUS 2012

10

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

tRAVeL

Dalam menyambut Ramadhan, masyarakat kota Semarang selalu mengadakan tradisi

tahunan yang dikenal dengan Kirab Budaya Dugderan. Tahun ini berlangsung semarak, terbukti dengan membanjirnya masyarakat yang antusias ingin menyaksikan meski ditengah terik matahari.

Rentetan acara Kirab Budaya Dugderan yang dilaksanakan Kamis, 19 Juli lalu ini berlangsung sejak pagi hari hingga petang. Sekitar jam 6 pagi ribuan peserta karnaval dan atraksi budaya dari pelajar tingkat TK hingga SMP sudah memadati lapangan Simpang Lima. Dengan kostum dan atribut aneka warna menjadikan Simpang Lima semakin meriah. Setelah dilepas oleh Plt. Walikota Semarang Hendrar Prihadi, mereka berjalan menempuh rute Simpang Lima, Jl. Pahlawan dan berakhir di SMA 1.

Siangnya di halaman Balai Kota sudah dipadati para peserta kirab. Sekitar jam 12 siang, prosesi itupun dimulai. Menariknya, semua yang terlibat dalam rangkaian prosesi ini selain mengenakan pakaian tradisional juga menggunakan bahasa Jawa. Prajurit Made Pandan menjemput Plt. Walikota selaku Kanjeng Bupati Semarang RMT. Arya Purbaningrat yang nantinya akan memimpin prosesi ini. Tari Warak dan Tari Kolosal turut

memeriahkan halaman Balai Kota siang itu. Sementara deretan mobil hias dengan tema Warak Ngendog serta barisan peserta kirab sudah menanti di depan Balai Kota.

Pemukulan bedug oleh Plt. Walikota selaku Kanjeng Bupati Semarang RMT. Arya Purbaningrat menandakan dimulainya Kirab Budaya Dugderan. Arak-arakan kirab yang terdiri dari kereta kencana, bendi hias, mobil hias bernuansa warak dan destinasi wisata, pasukan dari masing-masing kecamatan, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, serta organisasi kemasyarakatan yang begitu warna-warni serta meriah berjalan perlahan menuju Masjid Agung Kauman yang berada di kawasan Johar. Ribuan masyarakat dengan antusias berdiri disepanjang rute kirab menyaksikan atraksi demi atraksi berjalan di depan mereka.

Ada yang menarik di Masjid Agung

SETIAP KALI MENyAMBUT

DATANGNyA BULAN

SUcI RAMADHAN

SELALU DILAKUKAN

PEMUKULAN BEDUG DAN

PENyALAAN MERIAM DI

MASJID KAUMAN JoHAR

MENGHASILKAN SUARA

“DUG” DAN “DER”. KARENA

ITU TRADISI TURUN-

TEMURUN INI DISEBUT

DUGDERAN.

Page 13: WINGS AGUSTUS 2012

11

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Kauman, setelah pembacaan shukuf halaqah dan pemukulan bedug serta bunyi meriam berkumandang ribuan masyarakat yang sudah menanti di depan masjid berebut kue “ganjel rel” dan air khataman Alquran. Diyakini dengan memakan kue ini, pelaksanaan puasa tidak ada ganjalan sehingga pikiran jernih dan tenang. Sedangkan air khataman Alquran adalah air yang dipecayai warga bisa memberi keberkahan.

Rangkaian Kirab Budaya Dugderan ini diakhiri di Masjid Agung Jawa Tengah. Dimana Plt. Walikota Hendrar Prihadi menyerahkan shukuf halaqah ke Gubernur Jawa Tengah selaku Raden Mas Haryo Probo Hadikusumo untuk diumumkan kepada masyarakat luas. Pemukulan bedug dan bunyi meriam di Masjid Agung Jawa Tengah ini mengakhiri rangkaian Kirab Budaya dan menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Page 14: WINGS AGUSTUS 2012

12

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

A pakah Anda sedang atau pernah berada dalam situasi ragu-ragu untuk memulai sebuah

bisnis? Anda merasa peluang emas ini berada di depan mata namun Anda tidak yakin apakah Anda akan berhasil. Semakin lama Anda menunggu, Anda semakin kehilangan kesempatan ini. Namun semakin cepat Anda melangkah, semakin Anda tidak bisa mengendalikan ambisi Anda untuk bisa meraup keuntungan besar dengan cepat. Dan Anda menyadari kalau hal tersebut berbahaya.

Kalau Anda ingin menjawab keragu-raguan Anda tersebut, artikel singkat ini semoga bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Anda. Apa yang akan saya sajikan dalam artikel ini adalah serangkaian tes sederhana yang bisa membantu Anda untuk menyimpulkan apakah sebaiknya Anda meneruskan langkah Anda untuk menekuni usaha tersebut, ataukah sebaiknya Anda berpaling mencari

peluang yang lain. Tes ini terdiri dari tujuh pertanyaan sederhana dan untuk memudahkan Anda, saya mengawali semua pertanyaan dengan huruf ‘C’ sehingga kita bisa menyebutnya 7C. Nah sekarang marilah kita mulai!

CuStomeRPertanyaan pertama adalah siapa

customer bagi bisnis Anda? Dalam konteks ini, saat Anda mengkaji kelayakan bisnis Anda, maka yang dimaksud dengan customer adalah orang yang membayar Anda. Siapakah orang-orang tersebut? Apakah mereka benar-benar memiliki uang untuk membayar apa yang Anda tawarkan? Apakah mereka akan benar-benar bersedia mengeluarkan uang mereka untuk membayar apa yang Anda tawarkan? Apakah jumlah mereka cukup banyak untuk menutup biaya-biaya Anda dan memberikan Anda keuntungan? Sebaik apa pun produk Anda namun bila tidak ada yang bersedia membelinya maka secara

oLEH: JEMy V. coNFIDo

“Success or failure in business is caused more by the mental attitude even than by mental capacities”Walter Scott

bisnis, produk tersebut tidak memiliki nilai. ‘C’ yang pertama ini benar-benar menguji naluri bisnis Anda. Jika jawaban terhadap semua pertanyaan tersebut adalah ‘ya’ maka Anda bisa melanjutkan ke huruf ‘C’ yang ke-dua.

ConCePtPertanyaan ke-dua adalah apakah

Anda memiliki concept yang benar-benar unik (dibandingkan para pesaing Anda) dan sekaligus benar-benar relevant (cocok) dengan kebutuhan, keinginan, kecemasan dan hasrat dari customer Anda? ‘C’ yang ke-dua ini benar-benar menguji kreativitas bisnis Anda. Kemampuan Anda untuk menjawab ‘C’ yang ke-dua ini akan memberikan potensi kepada Anda untuk menciptakan sebuah bisnis yang digandrungi pelanggan dan sekaligus tidak mudah ditiru pesaing. Kabar baiknya, Anda tidak selalu harus menemukan konsep Anda sendiri. Anda bisa mendapatkannya dari orang lain atau bahkan menggunakan konsep yang sudah ada. Bila memang konsep tersebut terbukti berhasil, Anda tidak perlu malu-malu untuk meniru dan memodifikasinya dengan cara yang legal dan etis tentunya.

ComPetenCIeSPertanyaan selanjutnya adalah

apakah Anda memiliki keahlian (kompetensi) untuk menyediakan produk tersebut? Yang dimaksud dengan kompetensi dalam hal ini bisa berarti Anda sendiri ataupun orang lain yang melakukannya. Dalam hal Anda sendiri yang melakukannya, maka Anda harus benar-benar terampil. Bila tidak, maka Anda harus terus meningkatkan kemampuan Anda. Namun bila ternyata Anda tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, Anda tidak perlu memaksakan diri. Anda bisa membayar orang lain melakukannya untuk Anda. Bila Anda bisa memastikan bahwa kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini akan selalu tersedia maka Anda bisa melangkah ke ‘C’ yang ke-empat.

menguji Bisnis Baru Dengan 7C

ReFLeCtIon

Page 15: WINGS AGUSTUS 2012

13

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

begitu saja. Dalam perjalanannya, setiap bisnis selalu menghadapi ujian. Ada pasang, ada surut, ada laris ada sepi, ada untung ada rugi. Hal-hal tidak terduga bisa terjadi.. Mulai dari bencana alam, resesi hingga penipuan. Tanpa komitmen yang kuat, Anda akan mudah menyerah. Hal lain yang juga terkait dengan komitmen adalah meninggalkan kesenangan-kesenangan Anda demi keberhasilan bisnis Anda. Mulai dari hidup lebih berhemat hingga menahan diri menikmati hasil yang telah diperoleh karena Anda perlu menginvestasikan uang Anda dalam perluasan bisnis. Semua itu merupakan bentuk komitmen Anda. Bila Anda sudah siap dengan komitmen seperti itu, maka Anda sudah siap memulai bisnis Anda.

Oke, sekarang, setelah Anda berhasil melalui ketujuh tes ini, apakah berarti bisnis baru Anda akan berhasil? Jawabannya belum tentu. Tes sesungguhnya adalah pada saat Anda benar-benar menjalani bisnis Anda. Lalu mengapa tes ini diperlukan? Jawabannya, karena bila bisnis Anda gagal dalam tes ini, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan gagal juga bila dijalankan. Dengan melakukan tes seperti ini, setidaknya Anda bisa mengantisipasi kemungkinan bisnis Anda gagal sebelum bisnis tersebut benar-benar gagal. Harapan saya dan Anda tentunya, bila Anda bisa mengetahui kemungkinan pahit tersebut lebih dini maka Anda bisa memperbaiki ketujuh ‘C’ dalam bisnis Anda sehingga bisnis Anda memiliki kemungkinan yang lebih tinggi lagi untuk berhasil. Selamat mencoba, semoga keberhasilan menaungi Anda.www.jemyconfido.com

CoLLABoRAtIonSehebat apa pun kompetensi

yang Anda miliki, Anda tetap tidak bisa menjalankan bisnis Anda sendiri. Anda tetap membutuhkan pihak-pihak lain untuk mewujudkan bisnis Anda. Mulai dari para penyedia bahan baku dan supplier lainnya hingga para penyalur akan Anda butuhkan untuk membangun mata rantai bisnis Anda. Semakin Anda bisa mengendalikan kolaborasi tersebut, semakin Anda siap memulai bisnis Anda. Demikian pula sebaliknya, semakin lemah kolaborasi Anda maka semakin rapuh bisnis yang akan Anda jalankan. Satu saja dari mereka menolak berbisnis dengan Anda, maka bisnis Anda bisa terhenti. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mencari kolaborasi alternatif. Bila Anda tidak menemukan kolaborasi pengganti maka Anda harus siap-siap menawarkan deal yang lebih menarik bagi mereka yang artinya Anda harus siap-siap mengurangi margin keuntungan Anda. Jadi, dalam hal ini, yang lebih penting adalah meningkatkan posisi tawar Anda dalam mata rantai bisnis Anda tersebut.

CAPItALBila bisnis Anda berhasil melalui

keempat ‘C’ di atas, maka sekarang tiba giliran Anda untuk menguji kesiapan permodalan Anda. Secara garis besar, ada dua jenis modal yang dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis yaitu modal investasi dan modal operasi. Modal investasi diperlukan untuk mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan untuk membangun bisnis Anda. Gedung, mesin, dan alat produksi merupakan bentuk modal investasi. Meskipun secara proporsi modal investasi jumlahnya jauh lebih besar dari modal operasi, namun sebenarnya modal investasi tidak langsung menghasilkan produk yang bisa Anda jual. Namun tanpa modal investasi, Anda tidak bisa memulai bisnis Anda. Disinilah dilemanya, khususnya ketika permodalan Anda tidak begitu kuat. Modal operasi diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda. Tenaga kerja,

bahan baku, distribusi dan pemasaran merupakan bentuk modal operasi. Modal operasi harus disiapkan berlipat khususnya ketika para pelanggan Anda tidak membayar secara cash kepada Anda. Apalagi bila terjadi pembayaran macet (bad debt), seandainya Anda tidak memiliki cadangan modal operasi, maka bisnis Anda akan berhenti beroperasi. Di sinilah Anda perlu berhitung secara cermat.

ComPAtIBILIty ‘C’ yang ke-enam ini mungkin

terasa agak asing bagi sebagian Anda. Saya menambahkan compatibility berdasarkan hasil sebuah survey yang menunjukkan bahwa di tahun pertamanya, hanya 10% dari bisnis baru yang bisa bertahan. Nah, di sinilah pentingnya compatibility. Bisnis yang bagus adalah bisnis yang compatible artinya Anda bisa keluar dari bisnis tersebut tanpa mengalami kerugian yang besar.

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan sebuah bisnis memiliki compatibility yang tinggi yaitu: Anda masuk ke bisnis tersebut dengan modal investasi yang relatif rendah misalnya karena Anda tidak membeli tapi menyewa gedung. Atau, kemungkinan yang kedua, bisnis Anda bisa diubah menjadi bisnis lain tanpa tambahan modal investasi yang besar. Misalnya, Anda membeli sebuah properti di depan sebuah kampus. Anda membuka rumah makan di tempat itu namun ternyata tidak berhasil. Anda kemudian bisa mengubahnya menjadi mini market. Semakin tinggi compatibility bisnis Anda maka semakin rendah resiko yang Anda hadapi.

CommItmentAkhirnya kita sampai pada ‘C’

yang terakhir yaitu commitment. ‘C’ yang satu ini barangkali merupakan ‘C’ yang paling sulit untuk dites namun paling menentukan keberhasilan bisnis Anda. Andai Anda sudah memiliki ke-enam ‘C’ di atas, maka tidak serta merta bisnis Anda akan berhasil

Page 16: WINGS AGUSTUS 2012

14

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

tRAVeL

Lompat Kapal Kejar SisikDigelar dengan tema berbeda tapi makna senada, Festival erau diwarnai acara tambahan berupa seminar kebudayaan nasional dan kehadiran para sineas. erau dan Kutai akan difilmkan?

FeStIVAL eRAu 2012

TEKS: GEGEN, RISTIyoNo | FoTo: MAKHFUDz SAPPE

Page 17: WINGS AGUSTUS 2012

15

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

matahari menyiram sinarnya dengan keras di kawasan Tanjung Batu, Kutai Lama. Pada

saat bersamaan, angin berembus keras, menggulirkan ombak cukup keras di persimpangan sungai Mahakam itu. Beras kuning dan air jernih dari sungai telah disiapkan oleh ibu-ibu pemuka adat. Kelak beras kuning itu akan ditebarkan ke tamu adat yang akan datang, tak lain dari rombongan Putera Mahkota Keraton Kutai Kartanegara HAP Adipati Prabu Anuem Surya Adiningrat. Seperti halnya air yang akan dipercik-percikan. Prabu Anum

memang telah datang. Rombongannya menggunakan dua speedboat yang melaju dari dermaga di depan Museum Mulawarman, Tenggarong. Tapi puncak acara dari rangkaian penutupan Festival Erau 1-8 Juli lalu adalah upacara Mengulur Naga, di mana ada sepasang naga yang berlayar dengan kapal dari Tenggarong untuk ditenggelamkan/dilaboh di sungai Kutai Lama.

Ritual Ngulur Naga membutuhkan dua ekor naga, yaitu Naga laki dan Naga Bini. Setiap naga terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah kepala, yang terbuat dari kayu dengan hiasan sisik warna-warni dan sebuah

ketopong (mahkota). Bagian kedua adalah leher yang dihiasi kalung dan kain berumbai-rumbai berwarna-warni, disambungkan dengan badan yang terbuat dari rotan dan bambu dan dibungkus kain berwarna kuning dan dihiasi sisik-sisik berwarna-warni. Badan ini dibuat lima lekukan yang memperlihatkan seolah-olah naga sedang berjalan. Bagian ketiga adalah ekor yang terbuat dari kayu. Selama tujuh hari tujuh malam kedua ekor naga tersebut disemayamkan di serambi keraton kesultanan. Naga Laki disemayamkan di serambi kanan dan Naga Bini di serambi kiri, sedangkan di bawah masing-masing dipasang

Page 18: WINGS AGUSTUS 2012

16

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

tRAVeL

peduduk lengkap beserta isinya. Selain itu dibuat titian yang disebut Rangga Titi yang dihamparkan kain berwarna kuning sebagai jalan ketika naga akan dibawa keluar dari keraton menuju sungai Mahakam ketika ritual Mengulur Naga berlangsung.

Dan pagi itu, 8 Juli, bertempat di keraton kesultanan, Tenggarong, dihadiri Sultan Kutai Kartanegara Haji Muhammad Salehuddin II, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, S.Sos, MM dan undangan lainnya, para Dewa dan Belian memberi jamuan dan Besawai sebagai tanda bahwa naga siap untuk diturunkan. Berikutnya sebanyak 17 laki-laki berbusana celana panjang batik, baju Cina lengan panjang berwarna putih, sarung diikatkan di pinggang dan mengikatkan kain Pesapu (kain batik) di kepala, mulai mengangkat naga menuruni titian menuju sungai Mahakam. Sementara itu, Dewa dan Belian berjalan di bagian depan sambil membawa perapen. Selain Dewa dan Belian, dalam perjalanan ke sungai Mahakam, naga juga diiringi oleh empat orang Pangkon Laki dan Bini serta seorang membawa seorang pembawa guci (molo) untuk mengambil Air Tuli.

Di atas kapal, kedua ekor naga ditempatkan di sisi kanan dan kiri kapal dengan posisi kepala naga menghadap ke haluan. Kapal kemudian bertolak menuju Kepala Benua, lalu berputar sebanyak tiga kali dan menuju hilir sungai. Ketika melewati daerah Pamerangan di desa Jembayan, Loa Kulu, kecepatan kapal diperlambat, alunan gamelan dibunyikan, Dewa dan Belain melakukan Memang sebagai tanda pemberitahuan kepada seluruh mahluk gaib di sekitar Pamerangan bahwa naga sedang diturunkan menuju Tepian Batu, Kutai Lama. Dalam sejarahnya, Pamerangan pernah menjadi ibukota kerajaan sebelum akhirnya dipindahkan ke Tenggarong. Perjalanan kapal belum selesai, karena di Tepian Aji, Samarinda Seberang, digelar ritual penyambutan yang melibatkan berbagai tokoh dari etnis Bugis.

Dan akhirnya sekitar pukul dua siang, dari bibir Tepian Batu, Kutai Lama tampaklah kapal pembawa sepasang naga itu. Kapal berputar tiga kali di perairan di hadapan

Page 19: WINGS AGUSTUS 2012

17

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Tepian batu. Sebelum naga diturunkan/dilaboh, pada bagian kalung dan ekor naga disembelih/dipotong terlebih dahulu. Bagian kepala dan ekor ini kemudian dibawa ke Tenggarong untuk disemayamkan untuk acara Mengulur Naga di masa mendatang. Pada saat prosesi ini dilakukan, Air Tuli diambil untuk Belimbur.

Namun praktiknya di lapangan tidaklah sesederhana itu, karena sejak dua jam sebelum kapal tiba, masyarakat telah berkerumun di Tepian Batu. Bukan hanya di darat, melainkan di sungai. Ya, puluhan kapal bermotor dari berbagai ukuran hilir mudik di sungai, berputar-putar atau diam menanti. Menanti kedatangan sepasang naga.

Dan usai putaran ketiga, pemandangan yang dramatis pun terjadi. Badan naga yang dipotong-potong dilepas masuk ke sungai. Sontak berbagai kapal merapat ke sekitar kapal pembawa naga. Beruntunglah bagi kapal kecil, bisa cepat menyelip di sela-sela kapal besar. Pemandangan seperti di film-film bajak laut, di mana para penghuni kapal bisa berlarian dan berloncatan untuk merebut sisik-sisik dari tubuh naga yang akan tenggelam itu. Masyarakat di situ umumnya meyakini akan khasiat sisik tersebut untuk mencapai tujuan tertentu, lazimnya keberuntungan. Tentu saja, begitu kapal kembali ke Tenggarong, pada setiap kampong yang dilalui oleh kapal melakukan Belimbur massal alias saling menyiram air sebagai ungkapan rasa syukur dan membuang hal-hal jahat melalui air. Namun perkara Belimbur sebenarnya tidak perlu menunggu selama itu, karena begitu kapal meninggalkan Tenggarong di pagi harinya, warga Tenggarong tidak bisa ditahan lagi untuk saling menyiram. Dan hukum adat melarang warga untuk marah bila disiram, meski telah basah kuyup.

Seminggu sebelumnya, suasana meriah penuh warna sudah tampak sejak pagi di Stadion Rondong Demang, Tenggarong. Seluruh masyarakat seakan tumpah ruah memenuhi stadion tempat dihelatnya pembukaan pesta budaya Erau Pelas Benua Etam 2012. Dalam sambutan pada acara pembukaan ini, Wakil Menteri Pariwisata

Page 20: WINGS AGUSTUS 2012

18

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar meminta Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk menjadikan pesta adat, seni dan budaya Erau sebagai tujuan wisata internasional.

Sementara Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari S.Sos, MM mengatakan dengan kearifan lokal yang dimiliki Kutai Kartanegara (Kukar), merupakan modal utama dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Dengan latar berlakang kerajaan tertua, berbagai potensi budaya dapat dikelola dan dikembangkan menjadi komoditas guna meningkatkan pendapatan asli daerah. “Melalui Erau ini akan semakin memperkuat kecintaan pada adat, sekaligus memberikan informasi bagi investor tentang peluang

investasi di Kukar, serta menjadi dorongan bagi masyarakat untuk mengimplementasikan ide kreatif yang menghasilkan,” harapnya.

Pembukaan Erau ditandai dengan penyalaan tujuh Brong atau obor, diantaranya dilakukan oleh Wamen Parekraf Sapta Nirwandar, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Bupati Kukar Rita Widyasari, Ketua DPRD Kukar Awang Jacoub Luthman, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subekti, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAP Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat. Acara ini semakin meriah dengan munculnya tarian massal yang berjudul Semarak Budaya Erau Kutai Kartanegara. Melibatkan tidak kurang dari 400

penari yang tergabung dari kalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa.

Sebelum acara pembukaan di Stadion, terlebih dahulu dilaksanakan upacara adat mendirikan Ayu di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang dipimpin Sultan HAM Salehuddin II, sebagai tanda dimulainya Erau. Prosesi sakral ini dimaksudkan agar Erau yang dihelat selama tujuh hari tersebut dapat berjalan lancar.

Malamnya, setelah selesai melakukan prosesi Bepelas Sultan di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sultan HAM Salehuddin II menganugerahkan gelar bangsawan kepada Wamen Parekraf Sapta Nirwandar.

tRAVeL

Page 21: WINGS AGUSTUS 2012

19

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Salah satu yang menarik selama rangkaian perhelatan Erau ini adalah diadakannya acara Beseprah, yaitu makan bersama seluruh masyarakat Kutai Kartanegara. Dengan duduk bersama beralaskan tikar yang digelar di jalan sepanjang satu kilometer tersebut seluruh masyarakat larut dalam bahagia bersama. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada yang lebih tinggi maupun rendah, semua sama baik pemerintah, kesultanan maupun masyarakat. Sama-sama memajukan Kutai Kartanegara.

“Tahun ini kami juga melibatkan partisipasi pihak swasta dalam melaksanakan dan mengembangkan Festival Erau,” ujar Dafip Haryanto, S.Sos, MSi, Kabag Humas Pemkab

Kutai Kartanegara. Tahun ini, menurut Dafip, Festival Erau digelar dengan tagline Festival Erau Pelas Benua Etam. Sebelumnya ada tajuk Tepong Tawar. “Namun maknanya mirip,” tambah Dafip. Untuk tahun ini, di dalam rangkaian Festival Erau, digelar pula

seminar nasional tentang kebudayaan. Hadir dalam seminar tersenut aktor Slamet Rahardjo dan sineas Hanung Bramantyo. Sineas kondang ini direncanakan menyutradarai film tentang sejarah kerajaan tertua di Indonesia ini.

melalui erau ini akan semakin memperkuat

kecintaan pada adat, sekaligus memberikan

informasi bagi investor tentang peluang

investasi di Kukar

Page 22: WINGS AGUSTUS 2012

20

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

SPeCIAL

Page 23: WINGS AGUSTUS 2012

21

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

bisnis maupun liburan bersama keluarga.

Bed & Breakfast Gaya Amaris Hotel

AMARIS Hotel merupakan Smart Hotel yang dimiliki oleh jajaran Grup Santika Indonesia Hotels & Resorts. Mengusung konsep smart, low cost, simple, minimalis, efisien, trendy full colour, dan modern terasa cocok untuk para eksekutif muda yang saat ini banyak bepergian ke luar kota. Meski masuk dalam jajaran budget hotel, Amaris mengutamakan layanan dan fasilitas yang berkualitas. Disebut

Dikenal dengan sebutan Budget hotel atau cheap hotel, membuat setiap hotel yang masuk

dalam kelompok ini identik dengan harga kamar yang murah. Tapi jangan salah, meski murah bukan berarti menjadi hotel murahan dengan fasilitas dan layanan ala kadarnya! Jika kita cermati beberapa tahun belakangan budget hotel dengan kategori hotel bintang dua plus ini makin menjamur di Indonesia. Investor maupun manajemen hotel yang telah mengoperasikan hotel bintang tiga keatas pun turut berlomba membuka budget hotel ini. Kenapa banyak yang tertarik dengan bisnis hotel ini? Yang jelas nilai investasinya lebih kecil, tidak memerlukan tanah yang luas dan yang paling penting adalah tingkat okupansi yang selalu tinggi sehingga investasi cepat kembali.

Selain murah, dengan kisaran harga antara 300 – 450 ribu permalam, beberapa ciri umum yang bisa kita temukan di beberapa budget hotel antara lain: lokasi hotel yang sangat strategis (biasanya di tengah kota), komplek hotel tidak terlalu luas, desain hotel yang simpel, minimalis dan modern serta luas kamar berkisar 16 m2. Sementara fasilitas yang tersedia

juga cukup lengkap seperti ranjang single maupun twin, kamar mandi dengan shower, AC, TV kabel, dan jaringan internet bahkan ada juga yang menyediakan safe deposit box di dalam kamar. Nah, hotel seperti ini tentu menjadi tempat yang cocok bagi para business traveler yang jumlahnya makin meningkat di Indonesia. Tidak hanya itu, tentu para wisatawan baik domestik maupun mancanegara juga banyak memanfaatkan budget hotel sebagai tempat menginap selama berlibur. Nah, beberapa budget hotel berikut ini dapat menjadi pilihan saat kita sedang melakukan perjalanan

BuDGet HoteLmurah tidak Berarti murahan!

Page 24: WINGS AGUSTUS 2012

22

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

SPeCIAL

dengan “Bed & Breakfast”, kita dapat merasakan tempat tidur yang sangat nyaman yang biasa mereka sebut “Amaris Dream” dan makan pagi prasmanan dengan berbagai pilihan menu di @Xpress.

Saat masuk ke dalam kamar kita akan temui sebuah kamar yang terasa kompak. Mereka biasa menyebutnya dengan “Smart Room”. Fasilitas kamar sesuai dengan kebutuhan tamu seperti LCD TV, Safe Deposit Box dan dilengkapi dengan kamar mandi yang simpel. Untuk memudahkan para business traveler dapat selalu online di Amaris juga menyediakan fasilitas Wifi dan high internet access. Beberapa Amaris Hotel saat ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruang meeting yang berkapasitas hingga 50 peserta. Amaris Hotel dikenal dengan image sebagai hotel “bersih” dan pelayanan yang berkualitas. Lokasi yang strategis dan dekat pusat bisnis & belanja menjadikan hotel ini pilihan tepat bagi kita yang selalu dinamis.

Hingga saat ini Santika Indonesia Hotels & Resorts telah mengelola 18 Amaris yang tersebar di 11 kota berbeda. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Bogor, Bandung, Jogja, Semarang, Bali, Banjar – Kalimantan Selatan, Pekanbaru – Riau, Makassar, Palangkaraya – Kalimantan Tengah dan

Ambon. Dan akan menambah jumlah Amaris Hotel di Cirebon, Embong - Malang, dan dua unit lagi di Jakarta, yaitu Juanda dan Panglima Polim 2 serta satu Amaris yang berekspansi ke Negara Singapura.

Fun, Fresh & FriendlySepertinya tidak salah tagline yang

diusung oleh budget hotel satu ini. Fun, Fresh & Friendly terasa benar saat berada di favehotel, di kota manapun juga. Ya, budget hotel garapan Aston International yang diluncurkan sejak Juli 2009 lalu nyatanya mampu mencuri perhatian orang. Dengan warna dominan magenta baik eksterior maupun interiornya favehotel ini pusat perhatian manakala kita melewatinya.

Seperti salah satunya yang berada di Jalan Wahid Hasyim Jakarta terasa sangat berbeda dari deretan gedung-gedung disebelahnya. Paduan warna magenta dengan putih menjadikan eksterior hotel ini terlihat fresh & fun. Pelayanan yang ramah langsung terasa saat kita masuk dan bertemu dengan front officer, begitu friendly dan mampu membuat para tamu merasa nyaman.

Rasa nyaman juga dapat dirasakan saat berada di dalam kamar. Menggunakan tempat tidur berkualitas dengan brand Serta, linen yang terbaik, fasilitas bathroom yang nyaman dengan shower, fasilitas free WiFi berkecepatan tinggi di seluruh area publik maupun di kamar, TV

Page 25: WINGS AGUSTUS 2012

23

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

LCD dan meja kerja yang ergonomis. Tentu ini akan membuat para business traveler merasa nyaman dan terjawab kebutuhannya. Selain itu, fasilitas check-in dan check-out juga sangat cepat. Perlu dicatat juga bahwa di beberapa favehotel juga memiliki fasilitas kolam renang dan meeting room.

Saat ini favehotel yang sudah beroperasi ada 2 di Bali, 1 di Surabaya, 1 di Jakarta, 1 di Solo, 1 di Bandung dan 1 di Langkawi Malaysia. Tahun ini direncanakan pembukaan 20 hotel baru yang meliputi berbagai destinasi wisata seperti Bali (5 hotel), Balikpapan, Bandung, Bogor, Jakarta (4 hotel), Serpong (2 hotel), Solo Baru dan Yogyakarta.

Max One Hotels – Maksimal Untuk Pelayanan Nomor Satu

Saat berkunjung ke Jakarta dan mencari penginapan maka Max One Hotel menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan harga terbilang cukup murah kita mendapatkan hotel yang berlokasi di tengah kota Jakarta tepatnya di Jl. Agus Salim No. 24 Jakarta Pusat. Memasuki hotel ini memang terasa berbeda desain yang menarik mulai dari area lobi dengan citarasa seni serta warna dominan hijau terang. Pelayanan yang ramah membuat setiap tamu yang datang merasa nyaman.

Hotel ini memiliki beberapa pilihan kamar seperti, Happiness

Room sebagai standard, Warmth Room sebagai deluxe dan Love Room sebagai suite. Masing-masing kamar memiliki fasilitas seperti kamar mandi pribadi dengan shower, air conditioner, televisi dengan satelit/tv kabel. Adapun fasilitas lainnya yang diberikan di dalam hotel Max One yaitu, free Wifi, coffee shop, mini mart, dan ATM. Selain fasilitas tersebut, juga memberikan layanan 24 jam Security, laundry/dry cleaning dan taxi service.

Menariknya lagi disetiap kamar kita akan menjumpai empat buah bantal. Tentu ini untuk kenyamanan para tamu dimana memberi pilihan bagi tamu yang suka bantal yang lembut atau yang padat.

Page 26: WINGS AGUSTUS 2012

24

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

mereka. Berangkat dari kesuksesan ini, Whiz Hotel mengembangkan jaringannya ke kota - kota lain di Indonesia seperti Semarang, Bali, Balikpapan, Palangkaraya, Bogor, Jakarta, dan lain - lain.

Pop! Hotels For The Smart Traveler

Inilah budget hotel yang sepertinya sangat cocok buat generasi muda yang gemar traveling. Desain yang unik dengan warna yang menyala hijau dan orange membuat hotel ini terlihat fresh dan enerjik. Menariknya lagi keberadaan hotel ini juga ditujukan untuk menjadi sebuah sarana dalam mempromosikan kesadaran akan

lingkungan, juga untuk menjadi sebuah contoh dikalangan para tamu hotel, pemasok, penduduk sekitar juga para rekanan bisnis. Mereka menyebutnya dengan “Eco-friendly”.

Sebagai saudara muda dari Harris Hotel yang juga dikelola oleh Tauzia Hotel Management keberadaannya menjadi jawaban bagi para pelancong yang mengutamakan hotel yang murah namun berkualitas. Ada yang menarik di dalam kamar hotel yang berukuran 16 m2 ini, yaitu kamar mandi shower berbentuk kapsul yang inovatif. Sementara untuk tempat tidurnya menggunakan TAUZIA king size bed yang dibuat secara eksklusif oleh King Koil, 100% cotton linen.

Simplicity With StyleSebagai smart traveler tentu kita

akan mencari hotel yang terjangkau namun berkualitas bagus baik dari sisi pelayanannya maupun sisi propertinya. Nah, jika kita sedang mengadakan perjalanan dinas maupun liburan di Yogyakarta, ada satu hotel yang dapat menjawab kebutuhan tersebut yaitu Whiz Hotel yang berlokasi di daerah wisata dan bisnis Malioboro. Lokasinya yang sangat strategis berdekatan dengan pusat makanan, hiburan dan wisata tentu akan memudahkan kita mengakses tempat-tempat wisata tersebut. Satu lagi yang dapat kita rasakan langsung saat berada di hotel ini adalah keramahan para stafnya dalam memberi pelayanan yang khas kepada para tamu.

Jika berbicara tentang kamarnya kita akan menemukan desain kamar yang modern minimalis serta kualitas kasur dan linen nomor satu sudah tentu akan membuat kita bisa tidur dengan nyaman. Fasilitas lainnya yang dapat kita nikmati seperti akses internet cepat menggunakan broadband internet cable, serta jaringan TV kabel yang menayangkan siaran lokal maupun internasional. Satu lagi, Whiz Hotel juga menyediakan fasilitas untuk kebutuhan meeting.

Yogyakarta adalah kota pertama yang menjadi lokasi pembangunan Whiz Hotel tahun 2010. Berlokasi di daerah wisata dan bisnis malioboro, Whiz Hotel Yogyakarta cukup banyak menyerap minat tamu - tamu untuk beristirahat dan menjadikan Whiz Hotel sebagai pilihan akomodasi

SPeCIAL

Page 27: WINGS AGUSTUS 2012

25

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Whiz Hotel Room

Masih ada lagi yaitu tempat tidur ke 3 yang nyaman bagi anggota keluarga atau teman. Fasilitas Lain dengan harga yang terjangkau, kita akan mendapatkan fasilitas wifi gratis, 60-saluran TV kabel, keamanan yang selama 24 jam, kamera CCTV dan juga disediakan “Nasi Jinggo” sebagai sajian sarapan. Menarik juga untuk dicoba!

Dari beberapa hotel ini, sebagai smart traveler sudah tentu kita akan memilih diantara mereka sebagai akomodasi yang tepat saat melakukan perjalanan baik bisnis maupun liburan. Karena dengan harga yang sangat terjangkau kita memperoleh kualitas layanan dan fasilitas yang sangat baik. Harga murah tidak berarti murahan dengan layanan seadanya!

Page 28: WINGS AGUSTUS 2012

26

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

LeISuRe

Aston Rasuna-Jakartamenjawab Kebutuhan Anda Saat Pembantu Pulang Kampung

Mulai 19 Juli 2012 sampai akhir bulan Agustus 2012, Aston Rasuna-Jakarta menawarkan “Ramadhan Package” untuk menghabiskan waktu selama bulan Ramadhan dan hari lebaran dengan keluarga ataupun kerabat dekat. Hotel ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengakomodir keluarga Anda selama pembantu mudik. Menyediakan fully furnished apartemen lengkap dengan fasilitas dan pelayanan dari hotel bertaraf internasional. Menawarkan harga Rp. 925.000nett per malam untuk tipe kamar 2 bedroom apartemen serta Rp. 1.025.000 nett permalam untuk tipe kamar yang 3 bedroom apartemen. Termasuk makan sahur untuk 2 orang. Para tamu dapat menikmati hidangan buka puasa “Ta’jil” yang tersedia secara hi-tea atau hidangan buffet ringan di mezza cafe bar & lounge yang tersedia selama bulan puasa dengan harga Rp. 55.000nett.

Cosmo Hotel & Spa adalah tempat ekslusif bagi eksekutif muda untuk bersantai dan melepas kepenatan. Terletak di pusat kota Surabaya,

memiliki fasilitas nomor satu untuk memilih treatment yang tersedia seperti spa, massage, refleksi, dengan terapis yang handal. Para tamu dimanjakan dengan pilihan kamar VIP dan Suite dengan masing-masing fasilitas didalamnya serta fasilitas pendukung lain seperti Sauna yang luas, Aromatic Steam, Bar & Lounge, Jacuzzi, Wifi, Pool, Gym. Menempati area seluas 6000m2 dan desain bangunan yang modern

baik interior dan eksterior, Cosmo Hotel & Spa tidak hanya memberikan fasilitas untuk treatment spa saja, tetapi bisa dijadikan tempat untuk bermalam bagi wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Soal harga pasti sudah sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

Gedung Go Skate Lt. 3-4Jl. EMBONG MALANGNo. 33-37 Surabaya 60261Telp. 031-5463333 031-5457999 Fax. 031-5480000www.cosmohotelandspa.com

Cosmo Hotel & Spa

Page 29: WINGS AGUSTUS 2012

27

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Salah satu ikon kuliner Semarang adalah mangut. Ya, mangut adalah berbagai macam ikan seperti ikan pari,

manyung, sembilang dan tongkol yang dimatangkan dengan cara diasap. Mengasap ikan sudah lazim dilakukan oleh para juru masak tradisional di pesisir Jawa untuk menghasilkan aroma sedap pada masakan. Nah, di Semarang sentra produksi mangut ini banyak terdapat di daerah Bandarharjo Semarang Utara. Sementara untuk warung makan yang menyediakan menu mangut ikan sudah tentu banyak terdapat di kota yang juga dikenal dengan cemilan loenpia ini.

Salah satunya adalah Warung Makan “Bu Kanan” yang letaknya berdekatan dengan kantor Polsek Semarang Barat. Warung yang sangat sederhana ini menyajikan menu mangut ikan yang rasanya tidak sesederhana tampilannya. Kenikmatannya mengundang banyak orang datang. Boleh dibilang warung ini sudah berjualan mangut ikan tidak kurang dari 20 tahun. Wah, sudah pasti jaminan mutu! Dalam warung ini saya jumpai dua wajan besar yang berisi potongan-potongan ikan. Menu yang ada mangut kepala manyung, sembilang dan ikan pari. Saya pesan dua potong mangut pari ditambah tahu dan tempe.

Aroma khas mangut yang smoky langsung menyergap saat terhidang

di meja. Tekstur daging ikan pari yang lembut dan gurih terasa nikmat saat mendarat di lidah. Sesaat kemudian, “huahhh” teriakan dari beberapa pengunjung terdengar. Pastinya mereka kaget dengan rasa pedas luar biasa dari menu ini. Sebenarnya rasa pedas juga membuat saya kaget. Tapi

nyatanya dua potong besar mangut pari beserta sepiring nasi ludes tak meninggalkan sisa. Perpaduan aroma smoky dengan rasa gurih, pedas serta bumbu rempah menjadikan ikon kuliner Semarang ini menjadi buruan para penggemarnya. Mangut ini memang ngangeni!

Jangan Luput Dari Pedasnya mangutTEKS & FoTo : RISTIyoNo

Page 30: WINGS AGUSTUS 2012

28

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

DeStInAtIon

Page 31: WINGS AGUSTUS 2012

29

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

tembus Pasar InternasionalTEKS & FoTo : RIDWAN

Ukiran Tembaga

Sebuah karya seni memang tak ternilai harganya, walaupun seni itu sendiri terlihat dari bahan-bahan yang mudah dan sederhana.

Karya seni tercipta dari tangan-tangan terampil dan pola pikir yang matang, tentu membutuhkan kreativitas yang lihai dalam mengolahnya, sehingga menghasilkan suatu hal yang unik dan luar biasa.

Bicara soal seni kerajinan tangan memang tidak ada habisnya, di Indonesia sendiri begitu banyak jenis kerajinan tangan yang unik dan menarik. Bersifat manual menggunakan tangan bukan mesin, dan selalu saja tercipta inovasi-inivasi baru yang memiliki khas dari pekerja seni itu sendiri. Seperti halnya kerajinan tangan ukiran tembaga buatan bapak Cecep.

“Saya mulai membuat ukiran tembaga ini sejak saya masih duduk di bangku SMP. Awalnya saya melihat ukiran seperti ini di Tasikmalaya dan Pekalongan sebagai alat penjiplak untuk membuat berbagai pola pada kain batik. Kemudian ide itu muncul

dikepala saya, lalu saya coba kemas untuk menjadikan ukiran tembaga tersebut menjadi sebuah pajangan yang beralaskan sebuah kayu atau besi.” Ungkap Cecep, sambil menyelesaikan ukiran tembaga yang sedang dibuat.

Page 32: WINGS AGUSTUS 2012

30

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Melihat kerajinan tangan seperti ukiran tembaga ini, semoga dapat menggali inspirasi masyarakat luas untuk menciptakan sebuah karya, yang mana dapat belajar mengembangkan sebuah kreativitas yang memiliki nilai seni khas Indonesia. Pasalnya, dari bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita dapat menjadi suatu kreasi yang menghasilkan keuntungan lumayan.

ukiran tembaga merupakan sebuah

kerajinan tangan khas Indonesia yang

berupa pajangan atau cinderamata. Bentuknya pun beranekagaram, ada yang berbentuk becak,

wayang, andong atau delman, dan lain-lain.

Setelah coba berinovasi ternyata hasilnya sangat memuaskan, pemberitaan media di internet sangat membantu Cecep dalam memperkenalkan kerajinan yang ia buat, sehingga banyak yang melihat dan pesanan pun terus datang menghampirinya. Bahkan nyatanya Cecep pun kebanjiran rejeki setelah kerajinan tangan ukiran tembaga buatanya menembus pasar internasional. Pemesan yang berdatangan kebanyakan orang asing, mulai dari orang Amerika, Jepang, Cina, dan India. Setiap pemesanan disesuaikan dengan gambar yang diminta oleh si pemesan, Cecep tinggal membuatnya sesuai kemauan mereka.

Ukiran tembaga merupakan sebuah kerajinan tangan khas Indonesia yang berupa pajangan atau cinderamata. Bentuknya pun beranekagaram, ada yang berbentuk becak, wayang, andong atau delman, dan lain-lain. Tergantung Anda mau pesan apa. Jika Anda tertarik, datang saja langsung ke pengrajinnya. Jl. Parung Poncol, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Kerajinan ukiran tembaga ini memang sangat luar biasa, dan menurut Cecep sangat langka di Indonesia. Kerajinan seperti ini dapat memberi potensi pada sentra kerajinan serta perdagangan Indonesia, yang mana memanfaatkan media sederhana menjadi istimewa.

Melihat pengerjaannya memang cukup rumit. Meliuk-liukan lempengan tembaga menyerupai gambar dari si pemesan. Kemudian dibentuk menjadi sebuah pola dasar dari gambar itu sendiri, lalu di tempelkan pada sebuah alas yang berupa kayu atau besi kemudian di usap hingga alus dan mengkilap. Memang tak mudah membuatnya, membutuhkan keahlian khusus, kesabaran serta ketelatenan yang akurat.

“Untuk pengerjaan satu unit yang sederhana cukup banyak memakan waktu hingga seharian, sedangkan untuk bentuk yang sulit mencapai dua hari dalam menyelesaikannya. Soal harga, saya menjualnya mulai dari 150 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Tergantung besar kecil serta tingkat kesulitannya.” Pungkasnya.

DeStInAtIon

Page 33: WINGS AGUSTUS 2012

31

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Mudik, kemungkinan hal ini biasa dilakukan bagi kita yang memiliki kampung halaman nan jauh disana. Tradisi mudik atau pulang kampung menjelang lebaran ini sangat dinantikan oleh sebagian orang yang merantau. Dengan melakukan mudik, menjadikan sebuah alasan banyak orang untuk merayakan hari raya bersama keluarga di kampung halamannya. Sebelum mudik, tentu ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum meninggalkan rumah agar tetap aman dan terjaga saat ditinggalkan. Berikut beberapa tips tersebut di bawah ini :

Pertama, pastikan semua pintu dan jendela rumah •tertutup dengan aman, agar tidak dimasuki orang lain yang tidak bertanggung jawab.Pastikan stop kontak segala peralatan elektronik •yang ada di rumah dalam keadaan tidak terpasang. Tentu hal ini menghindari adanya sesuatu yang fatal dan mencegah adanya listrik yang konslet agar tidak terjadi kebakaran.Beritahukan kepergian kita kepada tetangga •terdekat, agar tetangga bisa turut menjaga rumah kita saat kita tidak ada di rumah.Mengganti lampu depan rumah dengan lampu •otomatis. Maksudnya, secara otomatis pada siang hari lampu akan mati dan saat malam tiba akan menyala dengan sendirinya. Hal ini menghindari oknum jahat yang mengira kalau rumah kita tidak kosong.Setelah tiba di kampung halaman, jangan lupa cek •kembali keadaan rumah kita dengan berkomunikasi simpel lewat telepon atau sms dengan tetangga terdekat, apakah baik-baik saja atau tidak. Tentu hal ini akan membuat rasa khawatir kita menjadi hilang dan membuat liburan bersama keluarga besar di kampung halaman menjadi plong dan ceria.

Sebagai umat muslim, ketika bulan Ramadhan tiba saatnya melaksanakan kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh. Bulan ini sangat dinantikan para umat muslim, karena banyak amal ibadah yang bisa dilakukan seperti puasa, shalat tarawih, tadarus, shalat malam maupun zakat dengan pahala yang lebih besar dibanding bulan biasanya. Agar puasa tetap sehat dan fit. Berikut ada beberapa tips puasa sehat yang perlu anda ketahui agar puasa yang anda jalankan terasa nikmat dan sama sekali tidak mengganggu aktifitas Anda...

Tetap makan ketika sahur• . Makan sahur penting untuk kita yang menjalankan puasa, sebab makan sahur untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia yang mana kadar gula dalam darah akan turun. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lesu, loyo, dan mengantuk, bahkan mudah marah. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, hindari terlalu banyak makanan yang manis-manis.Menjaga kebersihan gigi dan mulut selama •berpuasa. Saat berpuasa tidak makan dan minum sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang, menyebabkan mulut cepat asam dan bau. Untuk itu dianjurkan menggosok gigi setelah makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.Tetap berolahraga• . Salah satu penyebab cepat lelah adalah kebiasaan berolahraga setelah sahur. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah setengah jam menjelang berbuka puasa dan jangan melakukan olahraga yang terlalu berat.Berbuka puasa• . Berbukalah dengan makanan yang manis-manis secukupnya. Makanan manis baik untuk usus yang kosong, lalu lakukan ibadah shalat magrib sebelum makan makanan yang mengenyangkan. Hindari minuman dingin atau es, karena itu akan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal.

meninggalkan Rumah Ketika mudik

Tetap Sehat & FitSelama Puasa

tIPS

Page 34: WINGS AGUSTUS 2012

32

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Hot StuFF

Sebagai Jurnalis, terkadang pekerjaan menuntut Anda untuk diselesaikan kapan saja dan dimana saja. Tentu membutuhkan sebuah alat yang praktis. Dalam hal ini alat saja kurang lengkap jika tak disertai sebuah kenyamanan tempat untuk mengerjakannnya. Dalam hal ini, ada inovasi terbaru yakni sebuah tas untuk laptop. Ya, tas laptop yang bernama Open Aire ini merupakan sebuah tas yang memiliki fungsi ganda, dapat membawa laptop Anda kemana saja menggunakan tas ini, sekaligus dapat dijadikan meja pribadi untuk mengetik Dilengkapi sisi kanan dan kiri, dimana dapat menggunakan mouse dan meletakkan barang-barang pribadi Anda di sisi satunya. Pada bagian luar tas ini juga dapat dijadikan sebagai kursi. Ketika selesai mengetik, Anda dapat melipatnya kembali menjadi tas dan membawa laptop Anda. Dengan ini maka dapat menyelesaikan pekerjaan Anda secara efektif.

Seiring perkembangannya, kini JVC mengeluarkan kamera tangguh yang dapat merekam segala aksi extreme dengan nama resmi JVC GC-XA1 ADIXXION atau dengan julukan “Action

Camera”. Kamera ini memiliki fitur-fitur dan kemampuan yang melebihi para pesaingnya. Mudah untuk dibawa-bawa dengan ukurannya yang mungil. Adapun fitur unggulan dari kamera ini yaitu tahan terhadap air hingga kedalaman 5m, juga tahan banting jika terjatuh dari jarak 2m, selain itu kamera ini juga tahan debu dan beku jika Anda bawa ke tempat yang dingin dan bersalju. Fitur lainnya dari kamera tangguh ini antara lain, dilengkapi dengan WiFi, layar LCD 1. 5inc, image stabilizer dan mampu merekam full HD dengan 1920x1080/30p.

Hiking adalah cara yang menyenangkan untuk mencari pengalaman yang berhubungan dengan aktivitas alam luar. Meskipun nantinya bisa tergoda dan menjadi hobi untuk melakukan pendakian-pendakian selanjutnya. Dalam pemilihan sebuah sepatu hiking yang tepat adalah, tidak menyebabkan cidera pada kaki dan nyaman ketika digunakan, baik jarak pendek bahkan jauh sekalipun. Sepatu gunung Hi-Tech merupakan sebuah pilihan tepat untuk anda para pendaki, dengan bentuknya yang tinggi seperti sepatu bot hiking, sepatu ini juga terbuat dari kulit yang sangat kuat, tentunya dapat melindungi kenyamanan kaki anda dari goresan-goresan batu saat di

perjalanan. Sepasang sepatu hiking yang berkualitas

dapat meningkatkan kenikmatan hiking dan melindungi kaki Anda, kususnya bagian

pergelangan kaki dan telapak

kaki.

Sepatu Gunung Hi-tech

Kamera tangguh terbaru dari JVc

tas Sekaligus meja Lipat

Page 35: WINGS AGUSTUS 2012

33

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Pada umumnya senter hanya menjadi alat bantu penerangan ketika keadaan yang kurang cahaya, namun kali ini ada yang beda dari Trioh, yang mana bukan hanya sekedar senter biasa. Selain sebagai alat bantu penerangan, nyatanya Trioh dapat diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga tuk dijadikan sebuah penerangan rumah Anda. Senter luar biasa ini dapat diatur tingkat cahayanya, memberikan pilihan bagi pengguna untuk membantu penerangan atau hanya sebagai lampu di ruangan Anda. Memiliki baterai yang rechargeable, sehingga tak perlu khawatir kehabisan. Selain itu ada keunggulan lainnya dari Trioh yaitu, Emergency Light, yang mana ketika listrik di rumah mati, maka Trioh otomatis dapat menyala sehingga Anda tidak perlu lagi mencari-cari Trioh. Ketahanan baterai dapat mencapai 12 jam waktu pemakaian, juga mampu bertahan hingga 3 hari ketika sedang tidak digunakan.

Untuk Anda yang mengharapkan kedatangan Motorola terbaru Atrix HD, kini Motorola baru saja menghadirkan perangkat Motorola Atrik Hd. Dilihat dari segi gambarnya, sepertinya

Motorola Artix HD ini akan berujuk pada AT&T. Spesifikasi dari ponsel ini yaitu memiliki prosesor dual-core 1.5 GHz, kamera utama 8 megapixel dan kamera depan 1.3 megapixel. Adapun besar layar 4.5inc yang mampu menampilkan tampilan HD dengan LCD ColorBoost. Ponsel ini terbilang baik, karena RAM yang disediakan sebesar 1GB, dan juga terdapat memori internal sebesar 8GB. Untuk konektivitas, ponsel ini sudah memiliki jaringan 4G/LTE, juga memiliki WiFi dan Bluetooth. Atrix HD akan berjalan dengan sistem Android 4.0 Ice Cream Sandwitch. Hal lainnya adalah, ponsel ini dibalut dengan serat karbon fiber pada bagian belakangnya dan memiliki tebal 8.4mm.

Logitech merilis produk mouse teranyarnya yaitu seri M235. Mouse teranyar ini memiliki corak yang unik nan menarik, yang mana merupakan bagian dari koleksi Logitech Global Graffiti yang terinspirasi dari keanekaragaman warna yang memadukan tren global. Koleksi terbaru Logitech ini menonjolkan rancangan yang otentik, warna-warni, ekspresif, serta menghadirkan paduan tekstur pada pola surreal. Masing-masing desain dirancang berbeda sehingga menjadikan keunikan dalam cita rasa global. Menyediakan 2 warna serta pola yang berbeda, yaitu Pink Splash dan Black Typography. Masing-masing mencerminkan semangat dan keberanian serta gaya yang memudahkan penggunanya untuk memadupadankan tampilan.

Motorola Atrix hd

mouse Wireless m235 Penuh Warna

Trioh Bukan Sekedar Senter Biasa

Page 36: WINGS AGUSTUS 2012

34

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

marhaban Ya Ramadhan, itulah kalimat yang kerap diucap seluruh umat muslim di

dunia saat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Ya, bulan Ramadhan telah tiba, saatnya sebagai umat muslim untuk menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Jika jalan-jalan ke Jakarta, tentu begitu banyak bangunan bersejarah yang memiliki kesan dan cerita. Bicara tentang bangunan sejarah, salah satunya adalah sebuah masjid besar yang berdiri kokoh di sebelah utara Lapangan Monas, Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dan diklaim sebagai masjid terbesar ke tiga di dunia. Dibangun pada tahun 1961 oleh Presiden Bung Karno kemudian diteruskan serta diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1978, dan pembangunannya memakan waktu selama 17 tahun. Masjid ini merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia, karena bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam dapat berhasil memperjuangkan

kemerdekaan dan terbentuknya Negara RI. Maka masjid ini dinamakan Istiqlal yang artinya Merdeka.

Saat memasuki area masjid ini, atmosfer religius begitu terasa dan sangat membangkitkan jiwa. Pasalnya kenyamanan hati ini benar-benar terasa saat berada di dalamnya. Dan biasanya, setiap datangnya bulan suci Ramadhan, Masjid Istiqlal selalu diisi dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Seperti Buka bersama, Siraman Rohani, dan lain-lain.

“Di mana biasanya buka bersama dilakukan?”, tanyaku kepada seorang petugas. “Lurus saja dari pintu masuk lalu belok kanan,” jawab petugas itu. Langkah ini terus menelusuri pelataran masjid sesuai petunjuk yang diberikan petugas tadi. Sesampainya di lokasi tersebut, ternyata sudah begitu banyak umat muslim yang tengah bergabung untuk menunggu buka puasa bersama. Kerumunan orang tersebut dipisah menjadi dua barisan. Perempuan dan laki-laki, mulai dari anak-anak, remaja,

Teks & FoTo : Ridwan

Berbagai Kegiatan

Ramadhandi Masjid Istiqlal

DeStInAtIon

Page 37: WINGS AGUSTUS 2012

35

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 38: WINGS AGUSTUS 2012

36

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

bahkan yang tua sekalipun juga ikut hadir di sini untuk buka bersama. Dan panitia pun membagikan Ta’jil satu-persatu.

Menurut Drs, H. Subandi, M. Si, selaku Sekretaris BPPMI (Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal), “Kegiatan Ramadhan di Istiqlal mempunyai 17 program, mulai dari sore menjelang buka puasa. Diadakan Ta’jil untuk buka bersama sebanyak

3000 Ta’jil untuk 3000 orang. Di dalam kegiatan buka bersama ini, diadakan siraman rohani atau ceramah agama, kemudian setelah buka puasa bersama lalu dilanjutkan sholat Magrib dan setelah itu dilanjut lagi sholat Isya berjamaah, pengajian Al’quran, ceramah Ramadhan serta Tarawih dll.”

“Tarawih disini ada dua gelombang, pertama adalah 11 rakaat dan gelombang kedua 23 rakaat.

Artinya setelah melaksanakan tarawih gelombang pertama dengan 11 rakaat, kemudian dimulai lagi sholat tarawih dengan 23 rakaat,” tambahnya.

Mengenai kegiatan ini memang sudah terprogram dan terencanakan, dananya sendiri dari masyarakat, tromol kotak amal, dan juga ada beberapa orang yang mengirim nasi bok, kue, dan lain-lain.

Selanjutnya pada tanggal 28-29 Juli ini, ada donatur dari Kedutaan Uni Emirat Arab yang akan menyediakan Ta’jil sebanyak 6000 untuk dua hari tersebut. Dan pada 10 hari terakhir akan disiapkan saur sebanyak 1000 bok untuk 1000 jamaah.

Wahai umat muslim yang berbahagia, mari kita sama-sama tingkatkan amal serta ibadah kita melalui kegiatan Ramadhan yang baik dan positif. Semoga di bulan yang suci dan penuh rakhmat serta ampunan ini kita senantiasa diberikan kesehatan serta nikmat syukur dari Allah SWT dan diampuni segala dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Amin Ya Rabbal Alammin.

DeStInAtIon

Page 39: WINGS AGUSTUS 2012

37

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

BALI MEMANG TIDAK ADA MATINyA. SELALU ADA SPoT BARU yANG MAMPU

MENARIK PERHATIAN. MENyUSURI PULAU DEWATA INI SEAKAN TAK PERNAH

PUAS MEREGUK KEELoKANNyA. BERBAGAI DESTINASI LIBURAN SIAP MENGISI

ALBUM KENANGAN SETIAP INSAN yANG DATANG.

BALI SEcTIoN

Page 40: WINGS AGUSTUS 2012

38

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Bercengkerama Dengan IkanDi Dasar Laut

Indahnya pantai dan laut di Bali tak terbantahkan. Itu kenapa pantai-pantai ini menjadi tujuan favorit para pelancong saat liburan di Bali. Nah, kali

ini kita kita akan mencoba salah satu olahraga air yang seru dan asyik. Bukan snorkeling, scuba diving atau surfing, tapi seawalker alias berjalan di dasar laut. Meski sudah bukan hal baru lagi di Bali, tapi yang satu ini sepertinya wajib kita coba. Banyak operator seawalker beroperasi, salah satunya adalah Seawalker yang ada di Grand Mirage Resort & Thalasso Bali yang beroperasi di Tanjung Benoa. Perlengkapan yang dipakai cukup helm selam seberat kurang lebih 40 Kg dengan kaca tembus pandang yang cukup lebar yang dirancang khusus untuk aktifitas

Seawalker ini. Menariknya, aktifitas ini bisa diikuti bahkan oleh kita yang tidak bisa berenang sama sekali. Dari resor ini kita akan diantar dengan boat ke pontoon di tengah laut dan sebelum terjun ke laut, kita akan diberikan briefing dulu mengenai teknik-teknik saat menyelam. Setelah itu kita akan dipasangkan helm tadi yang dialiri oksigen murni. Dipandu sang instruktur, kita akan menuruni tangga hingga menjejakkan kaki didasar laut yang kedalamannya sekitar 4 meter saja. Wah, tenang saja di dasar laut kita bisa berjalan seperti layaknya di darat dan bernafas dengan normal. Bagi yang pakai kacamata atau kontak lens tidak masalah karena tetap bisa dipakai dalam helm tersebut. Kita bisa bercengkerama dengan ikan-ikan dan karang yang indah di dasar laut dengan memberi makan ikan-ikan yang ada pastilah menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sekitar 30 menit kemudian kita akan di pandu kembali oleh instruktur naik ke atas pontoon lagi. Pengalaman ini bisa kita bawa pulang dalam bentuk foto maupun video. Menarik bukan?

BALI SeCtIon

Page 41: WINGS AGUSTUS 2012

39

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

38 derajat. Biarkan di beberapa titik semprotan air laut itu memijat bagian tubuh kita seperti kaki, pinggang dan pundak. Wah, pasti menyenangkan! S

ebuah resor dengan berbagai layanan istimewa siap memanjakan para pelancong yang

tandang ke Pulau Dewata. Grand Mirage Resort & Thalasso Bali merupakan resor bintang lima yang berada di pinggir pantai Nusa Dua. Di tengah desa Tanjung Benoa yang terkenal sebagai pusatnya wisata air. Begitu masuk, kita akan mendapati sebuah area resor yang dikelilingi taman tropis yang indah dengan pemandangan pantai pasir putih yang menawan. Menilik dari segala fasilitas yang ada, resor ini menjadi pilihan yang sangat tepat buat liburan keluarga. Tersedia berbagai macam aktivitas seperti berjemur

Grand mirage Resort & thalasso Bali

Pilihan Tepat Liburan Keluarga

di pantai pasir putih sepanjang setengah kilometer, kita juga bisa yoga dan aerobik. Selain itu juga tersedia lapangan tenis, meja billiard, volley pantai dan tentu saja berbagai macam water sports. Sementara untuk anak-anak bisa menghabiskan waktu mereka di kids club dengan berbagai aktivitas yang tentu saja menyenangkan.

Salah satu yang menarik juga di resor ini adalah menikmati relaksasi di Thalasso Spa. Berbagai macam treatment siap mengembalikan kesegaran tubuh setelah lelah beraktivitas sepanjang hari. Ya, kita bisa pilih treatment andalan di Thalasso yaitu aqua medic pool. Rasakan sensasi berendam di kolam air laut yang murni dengan suhu

Page 42: WINGS AGUSTUS 2012

40

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

berlibur ke Bali. Sebuah penginapan yang unik dan menarik ini dapat memberi pengalaman yang berbeda buat setiap tamu yang datang. Ya, kalau penginapan di Bali bernuansa perkampungan Bali itu sudah biasa. Tapi apa jadinya jika kita menginap

Kampung CenikTak Sekecil Namanya

Cenik dalam bahasa Bali berarti “kecil”. Tapi saat ke tempat ini rupanya tidak sekecil namanya.

Ya, boleh jadi Kampung Cenik menjadi alternatif penginapan saat kita

serasa ditengah-tengah kampung Jawa di Pulau Dewata ini? Wah, pastinya menarik!

Kampung Cenik yang berlokasi di Jalan Dewi Sri I no. 3 Legian ini hanya terdiri dari 9 kamar yang tersebar di 9 rumah kayu yang bentuknya khas rumah tradisional Jawa. Dengan system bongkar pasang, kesembilan rumah ini di datangkan langsung dari beberapa daerah seperti Paiton, Bawean dan Gladak. Meski berupa rumah tradisional kayu tapi soal fasilitas tidak kalah dengan hotel berbintang.

Tersedia kolam renang, TV kabel, free wifi, safe deposit box, kamar mandi lengkap dengan bathtub serta shower. Rasanya benar-benar seperti di kampung saat pagi hari duduk-duduk santai di teras kamar sambil menyeruput secangkir kopi hangat.

BALI SeCtIon

Page 43: WINGS AGUSTUS 2012

41

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 44: WINGS AGUSTUS 2012

42

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

BALI SeCtIon

Grand OpeningHotel Santika Siligita nusadua - Bali

Bali masih menjadi industri perhotelan yang prospektif di pangsa pasar bintang tiga. Hotel Santika Siligita Nusa Dua Bali hadir sebagai hotel Santika yang ke-18 dan hotel ke-50 dalam jaringan Santika Indonesia Hotels & Resorts. Berada tepat di Jl. Pintas Siligita no 3A, Banjar Peminge Nusa Dua Bali, sangat dekat dengan kawasan wisata Nusa Dua, yang merupakan daerah tujuan wisata dan convention di Bali. Memilki total 153 kamar dan suites berdesain modern minimalis dengan sentuhan Balinese artwork yang elegan. Dilengkapi juga dengan lobby lounge, Mengiat Kafe yang terletak di area lobby, Meeting Room serta fasilitas lainnya seperti, Fitness Center, Spa, Kolam Renang untuk dewasa dan anak-anak. Apapun pilihan tujuan destinasi Anda, baik bisnis ataupun liburan, sentuhan kenyamanan rumah akan tetap Anda rasakan.

Bali Hyatt Kite Festival 2012 Bali Hyatt merayakan Festival Layang-layang ke-17, 20 Juli 2012 lalu. Sebelumnya diawali dengan parade dari Restoran Telaga Naga ke Beachfront. Pawai ini semakin meriah dengan diiringi tetabuhan unik dari baleganjur. Delapan kreasi indah dan warna-warni layang-layang Bali, terutama yang dibuat oleh kelompok dari masing-masing departemen dari Bali Hyatt terbang tinggi di langit. Beberapa kreasi mereka diantaranya dengan tema “Save the turtle” dari Human Resources, Guest Activities, SPA dan Security Department. Sementara dari Accounting and Materials Department membuat layang-layang dengan tema “Dewi Saraswati”, tema “The legend of Koi fish” ditampilkan oleh Gardener Department dan beberapa tema lainnya. Sebelum menerbangkan layang-layang tersebut, setiap kelompok diberi kesempatan untuk menampilkan atraksi selama lima menit yang mencerminkan tema dari layang-layang yang dibuatnya. Dan mereka diberi skor untuk usaha, kreativitas, desain, kekompakan dan tentunya kemampuan layang-layang itu terbang. Dan sebagai pemenangnya adalah dari kelompok Engineering dengan tema “Naga Basuki”.

nirwana Cup 2012

Turnamen Golf Bergengsi di Nirwana Bali Golf Club

n irwana Bali Golf Club yang terletak di kawasan resor mewah yang baru saja di renovasi, Pan Pacific Nirwana Bali Resort akan

menyelenggarakan turnamen golf bergengsi yang akan diikuti oleh para pemain golf profesional dari Indonesia dan mancanegara, Sabtu, 1 September 2012. Nirwana Cup merupakan turnamen golf yang pertama kali diadakan oleh Nirwana Bali Golf Club dan akan menjadi agenda tahunan nantinya. Shotgun dimulai pukul 07.00 dan 13.00 dengan system kompetisi stroke play 18 hole. Harga untuk turnamen golf ini hanya Rp. 1.700.000 net per orang dan Rp. 850.000 net per anggota Nirwana Bali Golf Club. Ditawarkan juga paket kamar dengan harga Rp. 1.500.000 net per malam di Golf View beserta sarapan pagi untuk dua orang di Pan Pacific Nirwana Bali Resort bagi para pemain yang ingin menginap saat turnamen ini. Tentu saja hadiah – hadiah mewah ‘hole in one’ dan hadiah hiburan sudah disiapkan oleh tim Nirwana Bali Golf Club untuk memeriahkan acara ini.

Page 45: WINGS AGUSTUS 2012

43

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Pada 29 Juni 2012 lalu, Umalas Hotel & Residence, Seminyak, Kuta-Bali dengan bangga menyajikan pesta malam yang didedikasikan untuk semua pemangku kepentingan pariwisata yang telah memberikan kontribusi khusus terhadap sektor pariwisata Bali yang terus menerus tanpa lelah menopang keberhasilan secara keseluruhan industri pariwisata Bali.

Pada saat yang bersamaan, Umalas & Residence memperkenalkan kepada seluruh mitra kerja hotel tersebut, sekaligus pembukaan Kopi Langit rooftop bar dan restaurannya yang terletak di atas atap gedung hotel. Dihadiri lebih dari 170 biro perjalanan, biro penerbangan, media dan perusahaan-perusahaan yang menjadi rekanan Umalas Hotel & Residence.

Pada sambutannya, General Manager Umalas Hotel & Residence Seminyak, Bapak Ulatun Nyunda mengatakan, “sangat beruntung memiliki bar dan restaurant yang berlokasi di atap hotel, dapat memberikan kenyamanan sekaligus pemandangan dalam menyaksikan kota Seminyak, Kuta-Bali dari lantai 5.”

Kopi Langit rooftop Bar & Restaurant memiliki kapasitas hingga 200 orang, sekaligus memiliki tempat yang terbuka dan tertutup di lantai 5 hotel. Menawarkan kombinasi makanan Asing dan Asia, baik untuk makan pagi, siang, dan malam

BALI SeCtIonRESTO / KAFE

TEMPATPENGINAPAN

SPA

PURA

TEMPATBELANJA

TEMPATMENARIK

Umalas Hotel & Residence

Page 46: WINGS AGUSTUS 2012

44

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 47: WINGS AGUSTUS 2012

45

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 48: WINGS AGUSTUS 2012

46

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Route mAP

Page 49: WINGS AGUSTUS 2012

47

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 50: WINGS AGUSTUS 2012

48

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

PONSELSemua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada didalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat.

PERALATAN ELEKTRONIKUntuk penggunaan Laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbelt “OFF” dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat maka penumpang harus mematikan pengguna laptop dan PDA tersebut.

BARANG -BARANG BERBAHAYA LAINNYABarang- barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa.

MEROKOKPeraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan, Terdapat detektor asap disemua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar peraturan.

PERJALANAN DENGAN ANAK-ANAKWings Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan dipesawat. Wings Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi.

BAGASIBarang atau benda tajam harus di pak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa kedalam bagasi kabin.Bawalah benda berharga dalam tas yang Anda bawa sendiri.Perhatikan berat bagasi Anda.

•BagasiuntukRuteDomestik Kelas Ekonomi : 25 kg - MD Series : 15 kg - ATR

UTAMAKAN KESELAMATANSabuk pengaman harus selalu terpasang •sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan.

Barang bawaan harus diletakan di atas •kepala atau dibawah kursi di depan Anda.

Silakan membaca kartu instruksi keselamatan •yang terdapat di dalam kantung kursi. Di kartu tersebut Anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung.

Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan •instruksi yang diberikan oleh cabin crew.

Apa yang harus Anda ketahuiTentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan Anda didalam pesawat

Selamat Datang...

Page 51: WINGS AGUSTUS 2012

49

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012

Page 52: WINGS AGUSTUS 2012

50

WIN

GS

MA

GA

ZIN

E

AG

US

TU

S 2

012