lampungpost edisi 10 agustus 2012

28

Click here to load reader

Upload: lampung-post

Post on 25-Mar-2016

308 views

Category:

Documents


47 download

DESCRIPTION

Lampungpost Edisi 10 Agustus 2012

TRANSCRIPT

  • CMYK

    CMYK

    Kupasan Tafsir al-Mish-bah edisi ini membahas surah Yunus ayat 110. Di ayat ini allah menjelaskan alquran mempunyai hikmah. Hikmah ini berarti kendali. Hikmah merupakan sesuatu yang bila diperhatikan dan diperindah pasti membawa kebaikan dan terhindar dari keburukan.

    alquran berisi hikmah dan tuntunan agar terhindar dari keburukan dan mengantar-kan seseorang pada kebaikan. Boleh dibilang hikmah itu ilmu amaliah dan amal ilmiah. Hik-mah adalah kendali dan dalam hidup ada pengendalinya.

    seperti dalam kehidupan nyata. Hidup ini ada lalu lintas yang harus dilintasi setiap yang perlu peraturan. Jika tidak be-gitu, hidup kacau, sebagaimana lalu lintas di jalanan.

    pengatur lalu lintas adalah yang tidak mempunyai kepen-ting an apa pun dan mengerti lalu lintas. Dalam agama, Tuhan yang tidak mempunyai ke pen-tingan apa pun terhadap makh-luk dan mengerti bagaimana lalu lintas kehidupan diatur.

    Tuhan menciptakan alam se-mesta dalam waktu enam masa. Tapi bukan tidak mungkin Tu-han menciptakan alam semesta dalam waktu cepat, karena allah mempunyai peraturan, proses, dan sistem untuk mengatur lalu lintas alam semesta.

    Hidup ini seperti lalu lintas. Banyak orang beranggapan peraturan di jalan raya seper-ti lampu merah menghambat ja lan. (u-1)

    n GEMA RAMADAN...Hlm.15-16

    38 Tahun SetiaMemaknai Hari!

    BURASH. BAMBANG EKA WIJAYA

    KURS

    kamis, 9 agustus 2012SUMBER BI

    1 US$Rp9.483

    Terbit Sejak 1974Sirkulasi: (0721) 788999Layanan Umum: (0721) 783693Iklan: (0721) 774111SMS: 0815 4098 5000Redaksi (0721) 773888SMS: 0812 7200 999

    www.lampungpost.com

    Idealisme para

    pendiri itu

    dari waktu ke

    waktu mengha

    dapi tantangan

    zaman yang terus

    berubah.

    BarcelonaUngguli MUlewat adupenalti... HLM. 17

    Diskusi 38 Tahun Lampung Post,merawat identitas Lampung... HLM. 6

    Perparkiran,Pemkot belumdapat jalaniputusan MA... HLM. 4

    n REUTERSn HENDRIVAN

    Add on: facebook.com/buraslampost

    Follow on: @buraslampost

    Imsakiah 1433 HBandar Lampung dan Sekitarnya

    10 Agustus 2012Imsak 04.39Subuh 04.49Zuhur 12.06Asar 15.28Magrib 18.04Isya 19.15

    11 Agustus 2012Imsak 04.39Subuh 04.49Zuhur 12.06Asar 15.28Magrib 18.04Isya 19.15

    TeRbIT 28 HaLaMan i HaRGa eCeRan : Rp3.000jUMaT, 10 aGUSTUS 2012 i no. 12521 i TaHUn XXXVII DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

    n METRO TVQuraish Shihab

    naTaR (Lampost): Tak terima kerabat nya tewas d i ha k i m i karena dituduh mencuri sepeda motor, massa mengamuk di Desa pur wosari, Kecamatan natar, Lampung selatan, Kamis (9-8), sekitar pukul 22.00.

    Dua rumah milik suh dan Dn, warga yang diduga ikut berperan dalam kasus tewasnya Mahmu-din (26), warga Kampung Banyu-wangi, Desa Mandah, natar, ludes dibakar. Mahmudin yang diduga mengalami gangguan jiwa tewas dihakimi massa Desa purwosari, selasa (7-8), seki-tar pukul 10.00, karena diduga merampas sepeda motor.

    saat itu, Mahmudi ditengarai hendak mencuri sepeda motor merek Viar BE-6136-DC milik seorang warga Desa purwosari yang diparkir di pinggir areal persawahan. Menurut sejumlah

    warga, sebelumnya Mahmudin sempat diamankan warga di Balai Desa purwosari. Tapi, suh dan Dn menyeretnya ke lapang-an sehingga akhirnya Mahmu-din tewas di tangan massa.

    selain rumah suh dan Dn, massa juga mencoba membakar rumah Iw, Dusun Gajahmati, Desa Rulungraya, Kecamatan natar. namun, rumah Iw hanya terbakar sebagian.

    Kapolda Lampung Brigjen Jodie Rooseto yang datang ke lokasi kejadian malam itu juga mengatakan dalam kasus yang menyebabkan korban tewas itu, polisi telah menangkap salah satu tersangka, Bd, warga Metrokibang, Lampung Timur.

    Tadi malam, Kapolda juga mengumpulkan sejumlah tokoh masyarakat dari kedua pihak un-tuk mengantisipasi agar kerusu-

    han tidak meluas. sekitar 300 Brimob dan Dalmas juga kami siagakan di lokasi untuk berjaga-jaga, ujarnya.

    Menurut sejumlah warga di lo-kasi kejadian, ratusan warga yang menyerang ke Desa purwosari berasal dari Banyuwangi dan Ru-lunghelok, Kecamatan natar. Be-berapa hari lalu, kerusuhan massa juga terjadi di wilayah Kabupaten pesawaran. pertikaian antarwarga berlanjut pada pembakaran polsek padangcermin, senin (6-8), sekitar pukul 22.00. Massa marah karena menduga pihak polsek berpihak ke salah satu pihak.

    akibat kejadian itu, kantor polsek padangcermin ludes, dua tahanan kabur dan belum diketahui keberadaannya, tujuh sepeda motor ludes, dan tiga mobil terbakar sebagian bodi-nya. (RIs/MG6/KRI/R-2)

    Demikian pendapat Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pengetahuan (FKIp) univer-sitas Lampung (unila) Bujang Rahman, Kamis (9-8), terkait dengan hasil uKG tahap per-tama. Kementerian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendik-bud) melansir rata-rata nilai uKG tahap pertama 44,5 dari poin 70 yang diharapkan.

    Dari sisi konseptual dan im-plementasi, menurut Bujang, uKG patut dipertanyakan. Bujang menilai terlalu dini menghakimi guru. Terlebih, validitas soal perlu dikaji kem-bali apakah sesuai dengan yang diajarkan guru sehari-hari.

    penerapan uKG kurang tepat karena hanya mengukur segi kognitif. Logikanya sederhana, apakah yang pandai bercerita tentang berenang itu pandai be-renang, kan belum tentu. Begitu juga uKG. apakah peserta yang nilainya baik juga baik mengajar di kelas, kata Bujang.

    untuk mengetahui kualitas guru, menurut Bujang, ada pada uji kinerja guru berlandaskan yang sedang dilakukan guru di kelas, bukan uji teori penguasaan materi. Jika materi ujian yang sehari-hari dibawakan guru, dia yakin hasil uKG tidak jeblok.

    namun, uKG tetap membe-ri kan sisi positif. pertama, jadi menge tahui kondisi infrastruk-tur di daerah. pasalnya, ada tiga ka bu paten di Lampung yang t idak siap menggelar uKG, yakni Way Kanan, Mesuji, dan Lampung Barat. Kedua, selama ini guru minim pembinaan. Ketiga, bisa menjadi bahan evaluasi apakah pendidikan

    dan pelatihan profesi guru (pLpG) diimplementasikan.

    Saling Tidak PercayaDampak jeblok nya uKG,

    menurut Hadi aspirin, dari Fo-rum Martabat Guru Indonesia (FMGI) Lampung, menimbul-kan rasa saling tidak percaya. Tidak hanya dari masyarakat kepada guru, tetapi guru kepada pemerintah atau sebaliknya.

    persoa la n va l id itas soa l uKG, menurut Hadi, harus menjadi sorotan. Bagaimana bisa guru bersertifikat biologi sMp menjawab soal mata pela-jaran Ipa secara keseluruhan. artinya, soal yang diajukan lari dari kompetensi alias tidak valid, kata Hadi.

    Keluhan serupa diajukan Ketua persatuan Guru Repub-lik Indonesia (pGRI) Bandar Lampung Haryanto. Meskipun mendukung uKG, Haryanto mempertanyakan soal uKG. apakah relevan mata pelajar-an Ipa bagi guru sMp diberi-kan soal untuk guru Ipa tingkat sMa, kata Haryanto.

    Jebloknya hasil uKG, menu-rut Rektor universitas Muham-madiyah Lampung agus pah-rudin, menunjukkan jebloknya kinerja pemerintah, terutama Kemendikbud. Jangan gu-runya yang dipojokkan. Ini tidak adil, karena pemerintah tidak optimal membina guru. seharusnya bukan guru yang mundur, tetapi Menteri pen-didikan. Dinas pendidikan kabupaten/kota juga harus tanggung jawab, kata agus pahrudin. (MG1/MG4/u-1)

    n soAl ukG sEsuAi...Hlm. 19

    UKG Jeblok, Mutu GuruDiragukanBANDAR LAMPUNG (Lampost): Hasil uji kompetensi guru (UKG) yang jeblok menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat, orang tua, dan siswa. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak buruk bagi guru.

    n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONOMENINJAU BAKAUHENI. Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said bersama sejumlah pejabat meninjau kesiapan Pelabuhan Bakauheni menghadapi mudik Lebaran 1433 H, Kamis (9-10). n Berita Hlm. 8

    TAfSiR Al-MiShBAh (22)

    Alquran Penuh Hikmah

    AMUk MASSA

    Dua Rumah di Natar Ludes Dibakar

    BanDaR LaMpunG (Lampost): Cindy anggrenia, siswa sMp Xaverius 2 pahoman, Bandar Lampung, meraih medali emas di ajang Olimpiade Matema-tika Internasional (IMO) di Hong Kong, 28 Juli1 agustus 2012. Cindy menyisihkan sekitar 1.200 peserta dari belasan negara peserta.

    Dia ma mpu menyelesa i ka n 30 soa l matematika dalam waktu 120 menit.

    Remaja yang gemar melukis dan meraih banyak prestasi bidang seni lukis ini men-gakui 30 soal matematika yang diberikan tergolong sulit, tetapi karena waktu cuk-up lama, dia mampu memecahkannya.

    Cindy baru tiba di Indonesia, sela-sa (7-8) lalu, karena harus mengikuti tiga rangkaian kegiatan lomba sekaligus, kata Julyna, ibu Cindy, Kamis (9-8).

    Cindy menyatakan bang-ga dan terus me ningkatkan ke mam puan nya di bidang ma tematika.

    sebelu m ber tola k ke IMO di Hong Kong, Cindy beserta tujuh wakil dari Lam-pung mengikuti Olimpiade sains nasional (Osn) sMp 2012 di pon-tianak pada 28 Juni4 Juli 2012.

    Di ajang yang diikuti 100-an peserta ini, remaja bersuara lembut ini mendapat perak.

    usai mengikuti Olimpiade sains nasional (Osn) dan IMO, remaja kelahiran Lampung, 10 Juli 1999, ini melanjutkan ke lomba International

    Mathematic Competition ke singapura pada 36 agustus 2012. Di lomba yang

    juga diikuti ribuan peserta ini, Cindy meraih perak.

    sebenarnya soal IMC lebih mudah, tetapi waktu yang disediakan sangat sempit, hanya 90 menit, sehingga tak semua soal diselesaikan, ujar dia.

    saat lomba, Cindy didampingi Mu-lyono, guru matematika seko-

    lahnya, dan pembina dari Di-nas pendidikan provinsi Lam-pung. sementara pada lomba internasional, orang tuanya tak boleh mendampingi de-

    ngan tujuan kemandirian siswa.

    Keberhasilan Cindy ini bukan yang pertama karena

    sejak sD dia meraih perak da-lam IMC 2011 untuk siswa sD di

    si ngapura dan medali yang sama di IMsO 2010. (saG/u-1)

    OliMPiADE MATEMATikA

    Sisihkan 1.200 Peserta, Cindy Raih Emas

    HaRI ini usia Lampung post genap 38 tahun! ujar umar. untuk itu, kita menundukkan hati dan kepala bersyukur atas segala nikmat yang telah dicurahkan-nya setiap saat sepanjang usia Lampung post itu! utamanya nikmat hidayah yang mem-beri daya untuk setia menjalankan fungsi dan peran universal pers melayani masyarakat sebagai mediator memaknai peris-tiwa demi peristiwa yang mengalir sehari-hari!

    alhamdulillah wa syukrillah! sambut amir. Demi tekad untuk hadir sebagai mediator dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pilihan sajian informasi aktual dan mendidik itulah para pendiri Lampung postH. solfian akhmad dan para sejawatnya38 tahun lalu menggabungkan koran poesiban dan Independen bersama orangnya ke wadah baru Yayasan Masa Kini dan menerbitkan harian Lampung post!

    Idealisme para pendiri itu dari waktu ke waktu mengha-dapi tantangan zaman yang terus berubah dengan sifat yang berbeda-beda pula! Dari tantangan bersifat teknis dan taktis sampai yang sistemik dan strategis! tegas umar.

    Tantangan teknis dan taktis itu tentu menjadi bagian dari day by day business mengatasinya! Beda tantan-gan sis te mik yang menjadi bagian per ubahan peradaban, semisal peru-bahan proses komunikasi massa dari sistem broadcasting (sebuah sumber mendikte jutaan customer alias audiens) menuju sistem broadband (jutaan sumber atau situs melayani satu customer).

    perubahan sistem komunikasi massa itu, hingga tinggal klik orang bisa mendapat informasi yang dibutuhkan, menuntut pekerja media bekerja keras memaknai simpang-siur informasi untuk menjaga relevansi medianya sebagai sumber informasi pilihan masyarakat! timpal amir. Belum lagi era media sosial, setiap warga menjadi sumber berita maupun mediator bagi komunitas-nya, lewat Facebook, Twitter, BBM dan berbagai versi messenger lainnya, hingga media massa bisa kalah cepat dari penyebaran informasi yang dilakukan oleh para aktornya sendiri!

    Menjaga relevansi media sebagai pilihan sumber informasi itu jadi bersifat strategis ketika perubahan sosial-politik yang terjadiseperti dari Orde Baru ke era reformasisebenarnya hanya perubahan semu! tukas umar.

    Yakni, yang berubah hanya rangka atau kulitnya, sedang-kan isinya, seperti kultur kekuasaan yang korup, sama sekali tak berubah, malah jauh lebih korup daripada sebelumnya! Jelas, ketika kecenderungan itu telah mengencundangi usaha bangsa memajukan kesejahteraan umum dalam memaknai ke-merdekaan, relevansi idealisme para pendiri media ini sebagai koran perjuangan justru kembali menguat! selamat berjuang memaknai hari-hari merdeka! Dirgahayu Lampung post! ***

  • CMYKCMYK CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    (Kebonjeruk)

    Bandar Lampung2I LAMPUNG POST JUMAT, 10 AGUSTUS 2012

    Pada sidang yang digelar, Rabu (8-8), dipimpin Teguh Heriyanto, Jaksa Agus Priam-bodo dalam dakwaanya menye-butkan terdakwa Sigit Kuncahyo Eko Nugrono dengan sengaja menerbitkan faktur fajak ilegal. Kasus itu terungkap setelah Direktorat Pajak Pusat melaku-kan pengecekan ke Kantor Pajak Cabang Lampung di Jalan M. Noor, Telukbetung Utara.

    Perbuatan terdakwa berlaku juga bagi wakil, kuasa, pegawai dari wajib pajak atau pihak lain yang menyuruh melakukan, termasuk pihak yang memban-tu tindak pidana perpajakan, kata jaksa Agus Priambodo dalam persidangan.

    Jaksa juga mengungkapkan segera membidik mafi a pajak lain yang belum dipenjara yakni Deviyana Sandy dan Ronny Hadisaputra. Masing-masing akan dituntut secara terpisah, ujar Jaksa Agus Priambodo.

    Jaksa mengancam terdakwa dengan Pasal 39 A huruf (a) dan Pasal 39 Ayat (1) huruf d jo Pasal 43 Ayat (1) Undang-Unda ng No. 6 Ta hun 1983 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum

    dan Tata Cara Perpajakan jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

    Sementara dua terdakwa mafi a pajak lainnya yaitu Alek Sitanggang dan Tiara Harahap yang juga direktur PT Nianjaya. Alek dihukum 2 tahun 6 bulan penjara dan Tiara Harapah di-ganjar 2 tahun 4 bulan masing-masing oleh Majelis Hakim PN Tanjungkarang. Namun, Jaksa mengajukan banding atas putus-an terhadap Tiara Harahap.

    Syamsudin, kuasa hukum terdakwa, menyatakan aktor intelektual mafi a pajak ini bu-kan kliennya. Diduga kuat, hal itu dilakukan konsultan pajak perusahaan. Semua ini akibat ulah konsultan pajak terdakwa. Kami akan beberkan di hadap-an sidang nantinya, ujar kuasa hukum Syamsudin.

    Dasar Syamsudin menga-ta ka n ha l tersebut ka rena yang mengurusi perpajakan perusaha an ialah konsultan pajak perusahaan. Perusaha-an sudah menyerahkan bi-dang masing-masing, khusus masalah pajak diserahkan ke-pada konsultan, malah konsul-tannya tendensius bermain, dan belum tersentuh hukum pula, ujar Syamsudin. (MG6/K-3)

    MINUMAN KEDALUWARSA

    Sejumlah minuman kedaluwarsa ditemukan pada pedagang di Terminal Induk Rajabasa pada sidak Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said dan sejumlah pejabat Pemprov Lampung, Rabu (8-8). Minuman ini sudah habis massa edarnya sejak 2011.

    LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

    BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Wakil Gubernur Lam-pung M.S. Joko Umar Said me-minta PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan pengelola Terminal Induk Rajabasa mengantisipasi lonjakan penumpang saat pun-cak arus mudik 2012.

    Usai meninjau Stasiun Tan-jungkarang, Rabu (8-8), Joko mengatakan setiap tahunnya saat puncak arus mudik penum-

    pukan penumpang pasti terjadi. Bahkan, banyak penumpang kereta yang tidak terangkut karena keterbatasan tempat duduk.

    Untuk itu, kata Joko, PT KAI harus mencari solusi agar selu-ruh penumpang bisa sampai di kampung halamannya, dengan menambah gerbong dan bek-erja sama dengan Dinas Per-hubungan untuk menyiapkan

    pilihan armada lainnya.Menanggapi hal ini, Humas

    PT KAI Tanjungkarang Za-karia mengatakan sejak 22 Juli 2012 pihaknya sudah menam-bah satu gerbong pada rangka-ian kereta Ekspres Rajabasa. Dengan demikian, ada lima gerbong dengan kapasitas masing-masing 104 penump-ang yang akan mengangkut para pemudik. (LIN/K-2)

    BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Pengisian jabatan kosong di l ingkungan Pemerinta h Kota (Pemkot) Bandar Lam-pung akan dilakukan setelah Idulfi tri 1433 H.

    Selain mengganti beberapa pos pejabat yang kosong, juga akan dipilih pejabat untuk mengisi kursi camat dan lurah hasil pemekaran kecamatan dan kelurahan.

    Hal itu dikatakan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. Dia juga mengatakan akan segera mengisi beberapa jaba-tan lurah yang kosong karena telah memasuki masa pen-siun. Bukan itu saja, kata dia, pihaknya juga akan menem-

    patkan camat dan lurah pada kecamatan dan ke lurahaan hasil pemekaran.

    Semua jabatan strategis yang memang penting akan segera diisi. Namun, tentunya hal itu efektif dilakukan setelah Lebaran Idulfitri nanti, kata Herman, di hadapan wartawan di rumah dinasnya, Rabu (8-8).

    Menurut orang nomor satu di Kota Bandar Lampung ini, tampuk pemimpin setingkat camat dan lurah harus harus segera diisi dan bersifat men-desa k. Meng ingat, jabatan tersebut merupakan jabatan vital yang bisa langsung ber-sentuhan dengan kepentingan masyarakat. (VER/K-2)

    Korupsi Pajak, Direktur PT RSN DiadiliBANDAR LAMPUNG (Lampost): Direktur PT Ratu Sedia Nugraha (RSN) Sigit Kuncahyo Eko Nugroho diadili di Pengadilan Negeri Tanjungkarang terkait dengan transaksi pajak ilegal yang merugikan negara hingga Rp1,2 miliar.

    MUDIK LEBARAN

    Lonjakan Penumpang Harus Diantisipasi

    BANDAR LAMPUNG (Lam-p o s t) : K e j a k s a a n T i n g g i Lampung masih mendalami perkara dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) Bidang Pendidikan Lampung Tengah (Lamteng) tahun 2010 yang te-lah merugikan negara sebesar Rp10 miliar.

    Dalam perkara tersebut, Ke-jati belum dapat meningkat-kan status perkara ke tingkat

    penyelidikan, sehingga belum ada saksi-saksi yang dipanggil secara resmi.

    Kami masih memperdalam perkara itu. Keterangan yang kami mintai dari beberapa pihak juga sifatnya masih se-batas keterangan bukan seba-gai saksi, karena ini belum dit-ingkatkan pada penyelidik an, termasuk mengumpulkan da-ta-data dari beberapa sumber,

    ujar Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejari Lampung M. Teguh melalui ponselnya, Rabu (8-8).

    Teguh tidak dapat memasti-kan batas waktu pengumpu-lan bahan data untuk penye-lidikan. Alasannya, korps tim-bangan emas tersebut hanya memiliki satu bukti awal, yaitu hasil audit investigasi dari pihak BPKP. (HER/K-2)

    APARATUR

    Pengisian JabatanLowong Usai Lebaran

    DUGAAN KORUPSI

    Kejati Lampung Dalami DAK Lamteng

    BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Pemerintah Kota (Pem-kot) Bandar Lampung belum dapat menindaklanjuti putus an Mahkamah Agung (MA) terkait pengelola parkir wajib mengganti kendaraan hilang di area parkir.

    Meskipun Pemkot siap me-ngeluarkan peraturan daerah (perda), masi h menu ng g u pay ung hukum berupa un-dang-undang terkait dengan hal itu. Hal itu dikatakan Wali Kota Bandar Lampung Her-man H.N. kemarin.

    Menurut dia, pihaknya siap meneruskan aturan pusat jika sesuai dengan undang-undang. Seperti halnya adanya putusan peninjauan kembali (PK) ter-tanggal 21 April 2010.

    Putusan itu berbunyi: setiap penyedia layanan parkir wajib mengganti kendaraan yang hilang, dengan sejumlah uang senilai kendaraan yang hilang.

    Menurut Herman, hal itu tentu sudah menjadi kewajiban pengelola parkir untuk mem-beri kenyamanaan kepada pemilik kendaraan. Meskipun untuk segera melaksanakan putusan, diakui Wali Kota, masih belum dapat dilakukan. Undang-Undangnya mana. Untuk semua t indak lanjut harus ada payung hukumnya baru bisa kita buat perdanya, kata dia, saat ditemui di ru-mah dinas Wali Kota Bandar Lampung.

    Pelayanan Maksimal Dia menga k u i pengelola

    pa rk i r ha r us member i ka n pelayanan maksimal. Misal-nya, denga n mener t ibk a n kenda raa n pa rk i r mela lu i pember ia n k a r t u, ba i k d i swala yan maupun di ping-gir jalan untuk mengurangi perbuatan jahat.

    Seperti diketahui, Mahka-mah Agung (MA) mengeluar-kan putusan. Masyarakat yang pernah kehilangan kendaraan, baik sepeda motor atau mobil, bisa menggunakan dasar pu-tusan Mahkamah Agung (MA) ini untuk minta ganti-rugi pengelola parkir.

    Lewat putusan Peninjauan Kembali (PK) tertanggal 21 A pr i l 2 010, s et i ap p enye -d i a l a y a n a n p a r k i r w aj i b mengganti kendaraan yang h i l a n g , den g a n s e j u m l a h uang senilai kendaraan yang hilang.

    Untuk diketahui, putusan MA yang keluar baru-baru ini berdasar permohonan PK perkara 124 PK/PDT/2007 yang diajukan PT Securindo Packa-tama Indonesia (SPI), yang mengelola Secure Parking.

    PT SPI meminta peninjauan pembali (PK) atas putusan kasasi yang memenangkan konsumennya, Anny R. Gul-tom, untuk dibebaskan dari kewajiban membayar ganti rugi. (VER/K-2)

    PENCURIAN KENDARAAN

    Perparkiran, Pemkot BelumDapat Jalani Putusan MA

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    Pariwara I3jumat, 10 agustus 2012 lampung post

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    TULANGBAWANG (Lampost): Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Tulangbawang Ismet Roni-Soleh (ISO) memakai tim khusus untuk membidik massa pendukung pasangan calon yang gagal, Frans Agung-Darwis Fauzi (Frada).

    Ketua tim pemenangan ISO yang saat ini menjabat selaku ketua DPD II Partai Golkar, Herwan Saleh, yang ditemui pada Kamis (9-8), mengatakan saat pihaknya telah mengin-struksikan kepada tim yang ada di kampung-kampung untuk merapatkan barisan kepada masyarakat yang dahulunya memberikan dukungan kepada pasangan calon yang tidak lulus verifikasi oleh KPU.

    Tim kami melobi massa pen-dukung pasangan yang tidak

    lolos yakni Frans dan Darwis. Massa ini boleh dikatakan massa mengambang. Masyarakat yang se mula mendukung pasang an Frada, setelah didekati tim khu-sus ini, akan bersatu dengan ISO untuk membangun Kabupaten Tulangbawang, kata Herwan.

    Menurut Herwan, tim pen-dukung pasangan calon Frada telah merapatkan barisan de-ngan ISO. Hal itu dicapai berkat lobi-lobi dan pendekatan se-cara santun oleh tim yang be-rada di kampung-kampung.

    Kami yak in masyarakat Tulangbawang saat ini da-pat dikategorikan masyarakat pemilih yang terbaik dan cer-das serta dapat melihat ke de-pan siapa yang akan dipilihnya untuk menjadi pemimpin, kata dia. (ATA/U-3)

    TULANGBAWANG

    Gunakan Tim Khusus, ISO Bidik Massa Frada

    KOTAAGUNG (Lampost): KPU Tanggamus masih membagi tempat untuk dipakai kampa-nye oleh enam pasangan calon bupati dan wakil bupati Tangga-mus. KPU juga tengah mengatur secara teliti jadwal kampanye yang padat karena diikuti oleh enam pasangan kontestan.

    Untuk menghadapi kam-panye, tentu melalui tahapan-tahapan terlebih dulu. Ini yang saat ini masih kami persiapkan, kata anggota KPU Tanggamus Bambang Hariadi, Selasa (7-8).

    Menurut Bambang, persiapan yang dilakukan KPU Tanggamus meliputi pembagian tempat kam-panye, pengaturan jadwal, serta pengamanan. KPU juga akan melakukan simulasi-simulasi, termasuk simulasi pengamanan dengan Polres Tanggamus.

    Lokasi kampanye, menurut Bambang, dibagi dalam empat zona. Di setiap zona ditentu-kan jadwal kampanye untuk setiap pasangan calon. Saat ini zona kampanye itu mengikuti daerah pemilihan, yakni zona I untuk daerah pemilihan (DP) I, zona II untuk DP II, zona III untuk DP III dan IV. Pasangan calon harus mengikuti jadwal kampanye yang sudah ditentu-kan oleh KPU, ujar Bambang.

    Dalam simulasi yang akan dilaksanakan setelah jadwal kampanye dibuat, Bambang mengatakan melibatkan Pani-tia Pengawas (Panwas) Pemilu-kada, Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas), partai pengu-sung, tim kampanye, dan juga aparat kepolisian. (*/U-3)

    Pesta Demokrasi I4jumat, 10 agustus 2012lampung postPEMILIH

    Pemilih Lambar297.728 JiwaLIWA (Lampost): Jumlah pemi-lih untuk Pemilukada Lampung Barat mencapai 297.728 jiwa. Jumlah itu merupakan aku-mulasi dari rapat pleno panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Lampung Barat yang selesai pada Kamis (9-8).

    Dibandingkan daftar yang diserahkan Pemerintah Kabu-paten Lampung Barat dalam daftar penduduk potensial pemi-lih pemilukada (DP4), terjadi penurunan sebanyak 11.146 jiwa atau turun sekitar 3,5%.

    Sekretaris KPU Lampung Ba-rat Maidar, yang ditemui, Kamis (9-8), mengatakan jumlah mata pilih yang sudah masuk DPT sebanyak 297.728 jiwa itu sifat-nya masih hasil rapat pleno di tingkat PPK.

    Karena itu, pi ha k nya me-nyatakan jumlah itu merupa-kan angka sementara, sebab hasil pendataan calon pemilih yang disampaikan PPK kepada pihaknya itu masih akan dicek ulang untuk memastikan apa-kah angka itu sudah pas atau belum.

    Angka itu merupakan DPT hasil pleno PPK. Karena itu, sifatnya masih angka semen-tara. KPU masih akan mengecek kemba l i da n penetapa n nya akan dilaksanakan 15 Agustus mendatang melalui rapat pleno KPU, kata Maidar.

    Berdasarkan hasil rekapitulasi dari 25 PPK se-Lampung Barat itu, kaum laki-laki mendominasi seluruh kecamatan. Dari 297.728 mata pilih itu, sebanyak 157.685 di antaranya adalah laki-laki, semen-tara perempuan hanya 140.043.

    Perincian ke-25 kecamatan terdiri dari Kecamatan Airhitam yaitu mencapai 8.096 orang, 4.290 di antaranya laki-laki. Ke-mudian DPT Kecamatan Beng-kunat sebanyak 5.740 orang, 3.080 di antaranya laki-laki.

    Kecamatan Belalau sebanyak 9.620 orang, 5.170 di antaranya pria. Kecamatan Krui Selatan 6.094 orang, 3.194 di antaranya pria. Bandarnegeri Suoh 17.590 orang, 9.818 di antaranya pria. Pesisir Utara 6.851 orang, 3.645 di antaranya pria.

    Kecamatan Sumberjaya 15.926 orang, 8.133 di antaranya adalah pria. Kar yapenggawa 10.144 orang, 5.303 di antaranya laki-la-ki. Sekincau 12.752 orang, 6.647 di antaranya pria. Kecamatan Pagardewa 13.009 orang, 7.206 di antaranya pria.

    Batubrak 9.695 orang, 5.101 di antaranya pria. Pesisir Tengah 11.676 orang, 5.979 di antaranya adalah laki-laki. Kemudian Way Tenong 21.593 orang, 11.186 di antaranya laki-laki. (ELI/U-3)

    TANGGAMUs

    Tempat Kampanye Dibagi untuk 6 Pasangan

    K a m i, pa r a kom i sioner KPU dan PPK (panitia pemi-lihan kecamatan) serta PPS (panitia pemungutan suara), tetap bekerja menyelesaikan tahapan. Kami optimistis pemi-lukada tetap berlangsung sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan, kata Ketua KPU Tulangbawang Muhammad Rozi, Kamis (9-8).

    Menurut dia, lima komisioner KPU kini terus berkoordinasi dengan PPK dan PPS. Tahapan y a ng se da ng d i seles a i k a n ada lah peny usunan jadwal kampanye dan pemutakhiran data pemilih. Satu komisioner berkoordinasi dengan tiga PPK. Dem i k ia n seter usnya, PPK berkoordinasi dengan PPS, ujar Rozi. Menurut dia, dirinya membawahi PPK Menggala, PPK Gedungmeneng, dan PPK Denteteladas.

    Terkait dengan jadwal kam-panye, Rozi mengatakan PPK kini sedang mendata tempat-tempat yang akan digunakan untuk kampanye. KPU, menu-rut Rozi, akan membahas pen-jadwalan kampanye itu ber-sama dengan tim kampanye, panitia pengawas pemilukada, serta Polres Tulangbawang sete lah tempat-tempat kampa-

    nye itu dilaporkan seluruhnya oleh PPK.

    Untuk pendataan pemilih, sebagian besar PPK telah me-laporkan ke KPU. Data pemilih yang sudah masuk di-entry oleh empat pegawai dari sekjen dan juga pegawai honorer yang

    tidak ikut ditarik. Jadi kami tetap bekerja, ujar Rozi.

    Selanjutnya, Rozi mengimbau sekretaris KPU Tulangbawang dan juga kepa la subbag ian (kasubbag) di Sekretariat KPU kembali ke kantor dan bekerja. Tahapan Pemilukada tetap berjalan. Kami mengimbau se-luruh pegawai, sekretaris, dan kasubbag untuk masuk kantor dan kembali bekerja, kata dia.

    Berdasarkan informasi, ada 17 PNS yang diperbantukan dari Pemkab Tulangbawang. Namun, saat ini tidak lagi da-tang ke kantor pascapenetapan

    pasangan calon bupati-wakil bupati. Kalau ada mutasi, se-mestinya dilaporkan dahulu ke Sekjen (Sekretariat Jenderal) KPU, karena mereka bekerja di bawah koordinasi Sekjen KPU. Jadi tidak, bisa semena-mena meninggalkan tugas, ujar Rozi.

    Berdasarkan laporan t im investigasi, selain sekretariat yang lumpuh, kendala yang dihadapi KPU Tulangbawang saat ini adalah pencairan dana pemilukada. Kalau bendahara dan kasubbag tidak ada, tidak ada pegawai yang memiliki oto-

    ritas untuk mencairkan dana. Padahal, sudah ada beberapa tender yang memerlukan pen-cairan dana segera, kata Ketua Tim Investigasi M. Luthfie, yang dihubungi Rabu (9-8).

    Mance KecewaDi sisi lain, puluhan orang

    yang selama ini menduduki kantor KPU dan pintu gerbang kantor Pemkab, Kamis (9-8), menemui Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini. Puluh-an orang yang mengatasnama-kan Masyarakat Cinta Tulang-bawang itu mendesak Pem-

    kab Tulangbawang bersikap tegas dengan menunda tahapan pem i lu kada da n membu ka kembali pencalonan.

    Merek a d iter i ma Bupat i Tu la ngbawa ng Abdu r rach-man Sarbini, Kapolres Tulang-bawa ng A K BP Shoba r men, Komandan Kodim 0426 Letkol Inf. Yana Susana, Wakil Ketua DPRD Tulangbawang Syarnubi, Ketua Komisi A DPRD Tulang-bawang Hendriwansyah.

    Dalam pernyataannya, Bu-pati Abdurrachman Sarbini mengatakan kecewa karena penetapan calon bupati-wakil bupati oleh KPU Tulangbawang di Rumah Makan Sari Kuring tanpa mengundang dirinya.

    Waja r ma s ya ra k at nga-muk-ngamuk karena mereka mempertahankan hak mere ka. Tetapi saya sangat menyayang-kan karena ini terkesan ulah saya. Ga ra-ga ra a na k saya tidak lolos. Padahal bukan. Ini murni kemauan masyarakat Tulangbawang sendiri karena mereka menuntut hak, kata Bupati yang biasa dipanggil Mance itu.

    Kepada puluhan orang yang dipimpin Sopuan Ismail itu, Mance meminta agar mereka tidak bertindak anarkistis.

    Hal yang sama juga disampai-kan Komandan Kodim Letkol Inf. Yana Susana. Dalam masalah ini, saya mengimbau untuk dise-lesaikan lewat jalur hukum. Saya mendukung penyelesaian mela-lui jalur hukum. Marilah kita jaga situasi yang kondusif, kata Dandim. (KIS/ATA/U-3)

    KPU, PPK, PPS Tetap BekerjaBANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekretariat KPU Tulangbawang lumpuh karena ditinggalkan oleh PNS yang diperbantukan dari Pemerintah Kabupaten Tulangbawang. Namun, penyelenggaraan Pemilukada Tulangbawang tetap berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan.

    n LAMPUNG POST/RIAN PRANATAPOSTER FRADA. Pasangan bakal calon bupati-wakil bupati Tulangbawang Frans Agung Mula Putra-Darwis Fauzi gagal mengikuti Pemilukada Tulangbawang. Namun, poster pasangan Frada itu masih tetap terpasang di beberapa tempat. Seperti di Jalan Cemara, lingkungan bekas kantor Pemkab Tulangbawang, Kamis (9-8).

    n LAMPUNG POST/ARIPSAHPOSTER PITERSON. Sejumlah poster bakal calon bupati Lampung Barat Piterson Syukri, Kamis (9-8), masih terpasang di beberapa tempat seperti di Pekon Sebarus, Kecamatan Balikbukit. KPU Lampung Barat membatalkan pencalonan Piterson Syukri yang berpasangan dengan Rusli Rasid itu.

    Bupati Abdurrachman Sarbini

    MeNGATAkAN kecewA karena penetapan calon bupati-wakil bupati oleh kPU

    Tulangbawang di Rumah Makan Sari kuring tanpa

    mengundang dirinya.

    No. Nama No. Test No. Nama No. Test

    1 Sitaresmi Kusuma ningrum 39 24 Sutaji 7

    2 Muhamad Zayadi 36 25 Danang Prihanto 13

    3 Sutarja 4 26 Muntaha 26

    4 Herwati 16 27 Murniyati 9

    5 Hafzon Exaputra 41 28 Triana Asih 24

    6 R. Mardiah Isnaeni 20 29 Ngimron Rosadi 43

    7 Sugiyono 21 30 Nur Ritawati 47

    8 Risma Diana 30 31 Mujiono 12

    9 Suratijo 35 32 Yuni Hanarti 25

    10 Minarmi 42 33 Dwi Rahayu 34

    11 Dwi Noviyanti 3 34 Munawaroh 6

    12 Joko Yuwono 29 35 Satiman 31

    13 Suwalono 33 36 I Wayan Mawan Setiawan 32

    14 Andri Jaya Kesuma 37 37 Tri Wahyuni 40

    15 Merita Diana 38 38 Suparno 22

    16 Ahmad Zaini 5 39 Dedy Irawan 23

    17 Helyati 10 40 Sumini 27

    18 Hasbullah 11 41 Dewi Eniwati 46

    19 Mugiyono 14 42 Mariman 1

    20 Nurul Huda 15 43 Joko Wahono 8

    21 Isnaini Annau Ammah 17 44 Eni Susiati 18

    22 Sulistiyani 28 45 Sri Astuti 19

    23 Ida Royani 2 46 Eni Yunanti Utami 45

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSIPROGRAM PASCASARJANA S2 PENDIDIKAN BIOLOGI

    UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO TA 2012/2013 ANGKATAN I

    DAFTAR NAMA LULUS SELEKSI

    Catatan:1. Bagi yang lulus seleksi segera melakukan registrasi pada tanggal 27 Agustus 1 September 20122. Hasil seleksi akan dikirim melalui surat resmi ke alamat saudara atau dapat diambil ke sekretariat PPs.3. Informasi selengkapnya dapat diunduh di www.pascasarjana.ummmetro.ac.id4. Bagi peserta yang belum lulus tidak dikenakan biaya pendaftaran dan seleksi untuk angkatan berikutnya.

    Metro, 10 Agustus 2012

  • CMYKCMYK CMYKCMYK CMYKCMYK

    Nasional & Internasional I5JUMAT, 10 AGUSTUS 2012 LAMPUNG POSTLINTAS

    BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPD Partai Gerindra menarget-kan penjaringan calon anggota le gislatif (caleg) tingkat provinsi dan kabupaten/kota selesai pada akhir 2012.

    Dengan begitu, pada awal 2013 caleg yang terpilih untuk meng ikuti pileg sudah bisa tu-run ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

    Proses penjaringan caleg su dah ber jalan efektif sehabis Le baran dan kita harap selesai akhir 2012. Dan April 2013, mere-ka (caleg, red) sudah akan kami daftarkan di KPU, kata Sekjen DPP Gerindra Ah mad Muzani, di sela-sela buka pua sa bersama dengan kader par tai berlambang kepala burung Garu da tersebut, di bilangan Ba tu putu, Telukbe-tung Utara, Rabu (8-8).

    Hadir dalam acara buka puasa bersama tersebut, Ketua DPD Par tai Gerindra Lampung Guna-di Ibrahim, Sekretaris DPD Ge-rindra Lampung Pattimura, dan seluruh kader dari tingkat DPC Gerindra se-Lampung.

    Muzani menjelaskan meski-pun juklak dan juknis tentang penja ringan caleg dari Dewan pimpin an Gerindra di tingkat pusat belum keluar, pihaknya berharap DPD dan DPC Gerindra sudah melakukan penjaring an se-cara internal dan resmi dilakukan mulai September mendatang.

    Muzani mengatakan pada proses penjaringan caleg Gerin-dra tidak hanya terbatas pada unsur administratif, tapi akan lebih mengedepankan potensi, kapasitas, dan kapabilitas caleg. Jika hanya sebatas administratif, itu terlalu mudah. Oleh sebab itu, kita akan lebih meng acu kepada track record caleg, ujarnya.

    Muzani menargetkan dapat meraih 100% dari setiap kursi yang ada di dapil masing-masing caleg Gerindra. Sedangkan target yang akan diusung untuk caleg Provinsi dan kabupaten/kota nantinya bisa menduduki unsur pimpinan di tingkat DPRD. Minimal jadi wakil ketua DPRD, ujarnya.

    Menurut Muzani, pergerakan par tai untuk pileg akan terus dila kukan evaluasi selama pe-riode Ja nuari hingga April 2013. Sebab, ji ka nama-nama caleg yang sudah disetor ke KPU, su-dah tidak akan bisa lagi dilaku-kan perubahan. (YAR/U-3)

    PARPOL

    GerindraLampungJaringCaleg

    Sembilan puluh sembilan per sen kami yakin lolos verifi -kasi KPU. Seluruh persyaratan sudah sudah kami lengkapi. Besok (ha r i i n i, red) ka m i serahkan ke KPU, kata Ketua DPW Pa r ta i NasDem La m-pung Zamzani Yasin dalam konfrensi pers di Hotel Ama-lia, Bandar Lampung, Kamis (9-8).

    Menurut Zamzani, kepeng-u r u s a n Pa r t a i Na sDem d i Lam pung telah terbentuk di 99% kabupaten/kota, 100% di kecamatan-kecamatan di seluruh Lampung, serta 100% di kelurahan di Bandar Lam-pung.

    Terkait dengan syarat du-kungan minimal untuk lolos verifikasi KPU, Zamzani me-ngatakan di setiap struktur ke pengurusan itu Partai Nas-Dem sudah mengantongi 3.000 KTA (kartu tanda anggota)

    dari setiap kabupaten/kota di Lampung.

    J u m l a h t e r s e b u t j a u h mela mpau i a mba ng bat a s yang diatur pada Undang-Un-dang Pemilu yakni sebanyak 1.000 anggota. Kami sudah ada 3.000 KTA manual yang akan kami serahkan ke KPU, ujar Zamzani.

    Menurut dia, pendaftaran kepengurusan Partai NasDem di Lampung juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Mulai tingkat kabupaten dan kota serta provinsi di Indonesia, pendaftaran ke KPU dilakukan serentak besok (hari ini, red), kata dia.

    Partai NasDem yang meng-usung tema Restorasi Indonesia itu tidak sekadar ikut-ikutan menjadi peserta Pemilu 2014. Partai NasDem mengusung misi perubahan ke arah yang lebih baik. Karena itu, Partai

    NasDem ikut serta dalam Pemi-lu 2014 adalah untuk membawa per ubahan untuk restorasi, jelas dia.

    Kredibilitas KaderMengenai penjaringan bakal

    calon legislatif (caleg) untuk pemilu legislatif 2014, Zamzani menjelaskan pihaknya akan prioritaskan kader-kader dari kalangan internal. Meskipun begitu, pihaknya tidak menutup pintu untuk kalangan eksternal yang akan maju menjadi caleg melalui Partai NasDem.

    Menu r ut Za m za n i, ca leg dari internal partai nantinya dibekali dengan pengaderan berbasis kompetensi, sehingga nantinya dapat mempunyai k redibilitas. Kader internal Partai NasDem, ujar Zamzani, harus mempunyai kemampuan mumpuni sehingga nantinya dapat mewakili rakyat secara maksimal.

    Sementara caleg dari ekster-nal, pihaknya akan melakukan selektivitas di antaranya de-ngan mengedepankan inde-pendensi, k redebilitas, dan loyalitas. Waktu penjaringan caleg baru akan kami tentu-kan waktunya setelah lolos

    verifi kasi KPU terlebih dahulu, kata dia.

    Sementara itu, ketua DPD NasDem Kota Bandar Lampung Fauzan Sibron mengatakan NasDem tidak hanya ingin lolos verifi kasi KPU, tapi juga ingin menjadi pemenang Pemilu 2014. Sebab itu, kaderisasi par-tai terus dilakukan hingga ting-kat ranting dan anak ranting.

    Mengenai jumlah kader Par-tai NasDem di Kota Bandar Lampung, Fauzan mengatakan h i ng ga k i n i tercatat suda h ada 15 ribu anggota. Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat sosialisasi NasDem akan terus dilakukan. Kami target kan untuk kaderisasi sebanyak-banyak nya, kata dia.

    Mengenai strateg i pe me-nang an NasDem, Fauzan me-ngatakan pihaknya akan mem-perkuat infrastruktur. Ke peng-urusan tidak hanya ber jalan di tingkat kecamatan dan kelurah-an, tapi hingga me nembus di tingkat TPS. Hing ga tingkat TPS kami me miliki kepengurus-an yang nya ta dan militan. Jika strategi ini berjalan, kami bisa menjadi pe menang pemilu, ujarnya. (YAR/*/*/U-3)

    NasDem Lampung OptimistisBANDAR LAMPUNG (Lampost): DPW Partai NasDem Lampung optimistis lolos veri kasi menjadi partai peserta Pemilu 2014. Bermodal 99% struktur kepengurusan di 14 kabupaten/kota serta puluhan ribu anggota, NasDem hari ini (10-8) akan mendaftarkan diri ke KPU Lampung.

    JAKARTA (Lampost): Miranda Swaray Goeltom melalui tim pengaca ra nya sempat me-nolak anggota DPR periode 19992004, Agus Condro, un -tuk bersaksi dalam persi dang-an perkara cek pelawat se nilai Rp20,850 miliar di Pe ngadilan Tindak Pidana Ko rupsi (Tipikor) Jakarta, kema rin.

    Ti m pengaca ra M i ra nda me nilai keterangan Agus tidak dapat didengarkan dalam per-sidangan karena mantan poli-tikus PDIP itu pernah dipidana dalam kasus yang sama.

    Orang itu tidak bisa dide ngar sebagai saksi karena terli bat dan dijadikan tersangka dalam perkara cek pelawat, kami secara tegas menolak saksi ini, kata salah satu pe nga cara Miranda, Andi Sima ngungsong.

    Menurut Andi, sesuai de ngan Pasal 169 KUHP, harus ada izin dari terdakwa jika jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ingin mengha dirkan saksi se-perti Agus dalam persidangan.

    Sementara itu, tim jaksa KPK menilai Agus dapat didengar ke-terangannya dalam persidang-an karena dia tidak didakwa b e r s a m a - s a m a M i r a n d a . Perkara Agus dan Miranda merupakan perkara yang ber-

    beda, Agus sebagai penerima terdakwa (Miranda) sebagai pemberi, kata jaksa Supardi.

    Menanggapi perdebatan itu, Ke tua Majelis Hakim Gusrizal men skors sidang selama lima me nit. Usai skors, Majelis Ha-kim me mutuskan bahwa Agus dapat di dengarkan ketera ngan-nya dalam sidang. Alasannya, Agus dan Mi randa di dakwa dalam berkas terpisah.

    Saat memberikan kesaksian, Agus Condro mengakui dirinya tetap memberikan dukung an kepada Miranda menjadi deputi senior gubernur Bank Indone-sia, meskipun tidak mendapat-

    kan uang dari pihak Miranda.Saya tetap akan memi lih

    Miranda Goeltom karena yang saya lihat, yang paling mumpuni itu Ibu Miranda. Tanpa dikasih uang pun saya akan memilih Ibu Miranda, ujarnya.

    Miranda terancam hukuman maksimal 5 tahun pen jara. Ia didakwa bersama-sa ma ter-dakwa Nunun Nurbaetie mem-berikan cek pelawat Bank In-ternational Indonesia (BII) se nilai Rp20,850 miliar kepada ang gota DPR periode 19992004, yaitu Hamka Yandhu, Dhu die Mak-mun Murod, Endin J. Soe fi hara, dan Udju Djuhaerie. (MI/U-2)

    KASUS CEK PELAWAT

    Miranda Sempat Tolak Kesaksian Agus Condro

    JAKARTA (Lampost): Pernya-ta an mantan Ketua KPK An-ta sari Azhar tentang adanya pertemu an sejumlah tokoh di Istana Presiden pada Oktober 2008 sebelum bailout Bank Century bakal menjadi babak baru yang seru terkait dengan megaskandal Century.

    Adanya pengakuan Antasa-ri yang pernah dipanggil ke Istana Ne gara oleh Pesiden SBY terkait bai lout Century memperlihatkan adanya indi-kasi dalam men cari bank-bank yang sakit un tuk pembiayaan pemilu, ka ta anggota Timwas Century DPR Ahmad Yani, di Jakarta, kemarin.

    Menurut Yani, bailout Century merupakan pola lama yang biasa dilakukan, terlebih menjelang pemilu. BI (Bank Indonesia) sudah pegang nama-nama bank yang sakit, lalu diajukan untuk di-bailout, ini pola lama menje-lang pemilu, kata Yani.

    Melihat progres penanganan yang ada saat ini, Yani yakin akan ada tersangka dan bisa se-lesai sebelum 2013 seperti janji Ketua KPK Abraham Samad. Jika skandal megakorupsi itu bisa terbongkar, pada 2014 Yani

    bisa memastikan tidak akan ada lagi kejadian seperti itu.

    Wakil Ketua DPR Priyo Bu-di Santoso mengaku kaget men dengar informasi itu. Jika pernyataan Antasari itu be-nar bahwa bailout Century terkait dengan Pemilu 2009, ini akan menjadi berita yang sangat menggemparkan. Dia berharap aparat hukum men-dalami informasi tersebut.

    Kalau berita ini benar, ini se perti disambar geledek di siang bolong. Saya harap ada penje lasan lebih lanjut me-ngenai hal ini, dan kalau me-mungkinkan, kami ingin ada pendalaman, ujar Priyo.

    Sementara itu, Menpora An di Mallarangeng, yang di-sebut A ntasari ikut dalam pertemuan itu, mengatakan tidak mengetahui dan tidak meng ingat adanya pertemuan a nt a ra P re siden SBY da n mantan ketua KPK Antasari Azhar.

    Saya tidak tahu apa yang dimaksud dan saya juga enggak ingat ada pertemuan seper ti itu, kata Andi di sela acara bu-ka puasa bersama di Kemenpo-ra, Jakarta, kemarin. (MI/U-2)

    BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Persaingan mempere-butkan kursi anggota Badan Peng awas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung semakin ketat. Mantan KPU dan panitia pengawas pemilu (panwaslu) masih mendominasi pendaftar.

    Tim Seleksi (Timsel) Bawas-lu pun menggandeng Kepoli-sian Daerah (Polda) Lampung untuk menguji kesehatan fi sik dan psikologi para kandidat. Berdasarkan data Timsel Ba-waslu yang diperoleh, Kamis (9-8), 51 orang telah mengam-bil formulir pencalonan.

    Dari jumlah itu, terdapat mantan Ketua Panwaslu Lam-pung Desmy Jayasinga, man-tan Komisioner KPU Lampung Nila Nargis, Komisioner KPU Bandar Lampung Fauzi Heri.

    Kemudian ada mantan KPU Tanggamus, yang juga anggota Panwas Pemilukada Tangga-

    mus, Nanang Sumarlin, serta Ketua Panwas Pemilukada Tu-langbawang, yang juga mantan Ketua Komisi Penyiaran Indo-nesia Daerah (KPID) Lampung, Ansyori Bangsaradin.

    Ketua Timsel Bawaslu Lam-pung Wahyu Sasongko, yang ditemui kemarin, mengatakan t im sel akan menggandeng Polda La m pung unt u k tes kesehatan fi sik dan psikologi para kandidat.

    Tes psikologi dan kesehat an, kami menggandeng Polda Lam-pung agar tes berjalan lebih transparan dan tidak menim-bulkan kecurigaan-kecurigaan. Dalam proses seleksi ini, kami memercayakan sepenuhnya kepada tim medis Polda Lam-pung, kata Wahyu.

    Tes kesehatan dan psikologi digelar pada Minggu (26-8), da n hasi l nya d iu mu m ka n pada Jumat (31-8). (*/U-3)

    SKANDAL CENTURY

    Keterangan Antasari Harus Ditindaklanjuti

    SELEKSI BAWASLU LAMPUNG

    Persaingan Makin Ketat,Timsel Gandeng Polisi

    CARDIFFKorea Selatan dan Je pang akan terlibat duel untuk mem perebutkan perunggu ca-bang sepak bola putra Olimpiade Lon don 2012 di Millennium Sta-dium, Cardiff , Sabtu (11-8) dini hari WIB. Target memenangkan pertandingan menjadi pilihan kedua tim.

    Laga ini diyakini akan berlang-sung ketat dan keras. Sebab, pere-butan perunggu di ajang sekaliber Olimpiade menjadi kesempatan pertama bagi kedua tim.

    Korsel pada semifi nal menye-rah dengan skor cukup telak 0-3 dari Brasil, gol Tim Samba Romulo dan dua gol lainnya dari Leandro Damiao. Sementara Jepang dikalahkan Meksiko 3-1. Meskipun sempat unggul mela-lui gol Yuki Otsu, mereka harus mengakui keunggulan Meksiko yang mencetak tiga gol melalui Fabian, Peralta, dan Cortes.

    Sebagai dua wakil benua Asia, mereka a ka n membu k t i ka n siapa yang terbaik di antara keduanya. Sebenarnya performa kedua kesebelasan dari penyi-sihan grup hingga perempat fi nal cukup baik.

    Pema i n kedua t i m mem i-liki semangat juang yang cukup

    tinggi dalam setiap laga yang dilakoni. Namun, itu tak terli-hat dalam laga semifi nal yang dijalani keduanya.

    Pastinya, kedua pelatih, Myung-Bo Hong di kubu Korsel dan Takashi Sekizuka di sisi Jepang, sudah menyiapkan strategi ampuh untuk bisa memberi yang terbaik bagi negara nya. Jika dilihat dari sisi kualitas, kedua tim memiliki kemampuan yang seimbang.

    Hanya saja Jepang lebih ba-nyak memilik i pemain yang beredar di kompetisi Eropa. Ini akan menjadi kelebihan yang akan dimanfaatkan benar Seki-zuka untuk bisa memenangkan pertandingan.

    Selain itu, perjalanan Jepang mengarungi ajang sepak bola Olimpiade kali ini sedikit lebih baik daripada lawannya. Yuki Otsu dkk. mampu menunduk-kan favorit juara Spanyol di penyisihan grup.

    Kini tinggal bagaimana pelatih dan para pemain kedua t im mengimplementasikan target tersebut di lapangan. Bermain disiplin ditambah konsentrasi tinggi yang didukung semangat tinggi akan menjadi penentu dalam laga ini. (O-2)

    LAMPUNG POST/ZAINUDDINNASDEM SERENTAK. Ketua Partai NasDem Lampung Zamzani Yasin menggelar jumpa pers, seusai buka puasa bersama di Hotel Amalia, Bandar Lampung, Kamis (9-8). Partai NasDem akan mendaftarkan struktur kepengurusan dan keanggotaan secara serentak ke KPU, Jumat (10-8), sebagai syarat verifi kasi peserta Pemilu 2014.

    ANTARA/ROSA PANGGABEANHAMKA YANDHU BERSAKSI. Terdakwa kasus suap cek pelawat Miranda S. Goeltom Mantan (kanan) dan anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Golkar Hamka Yandhu (kiri) bersalaman saat sidang diskors di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (9-8).

    OLIMPIADE 2012

    Bertarung Habis-habisan demi Medali

    ASEAN Isyaratkan Bantu RohingyaJAKARTAASEAN akhirnya mempertimbangkan untuk me-nyalurkan bantuan kemanusiaan resmi untuk etnis minoritas Rohingya di Myanmar. Bantuan dari organisasi negara-negara Asia Tenggara ini diharapkan bisa melengkapi penyaluran ban-tuan yang selama ini dilakukan secara bilateral, sekaligus untuk memperkuat legitimasi ASEAN.

    Saya telah membuat proposal (untuk negara-negara anggota ASEAN), bahwa ASEAN harus sekali lagi menawarkan bantuan kemanusiaan, seperti yang kami lakukan terhadap efek topan Nargis 4,5 tahun lalu, kata Surin Pitsuwan, sekretaris jenderal ASEAN, di Jakarta, Kamis (9-8). Itu dikatakannya dengan me-ngacu pada badai yang menewaskan 138 ribu orang tewas atau hilang di Myanmar pada Mei 2008. (MI/U-2)

    Penyelamatan WNI Masih BerlangsungJAKARTAUpaya penyelamatan seorang warga negara indone-sia (WNI) yang diculik kelompok bersenjata di Nigeria bersama dengan empat warga negara asing lainnya masih diupayakan dengan profesional. Hal itu ditegaskan Duta Besar RI untuk Ni-geria Sudirman Haseng lewat pesan singkat kepada Lampung Post, Kamis (9-10). Masih terus ditangani secara profesional. Ke-jadiannya di laut jadi agak rumit dan kompleks, tulis Sudirman.Dia meminta kepada semua pihak untuk bersabar. Pasal-nya, untuk membebaskan para tawanantermasuk WNImemerlu kan waktu dan kesabaran. Sebelumnya, Sabtu pekan lalu (4-8), sekelompok orang bersenjata menyerang kapal milik perusahaan Sea Trucks Group dan menyandera empat warga negara asing (WNA) yang berada di atasnya. (BBC/U-2)

    NTC Alihkan Kekuasaan ke ParlemenTRIPOLILibya mengikuti jejak Mesir dan Tunisia sebagai negara yang mampu melangsungkan peralihan kekuasaan se-cara damai dan demokratis setelah terimbas gelombang Arab Spring. Kepastian itu didapat pada Rabu malam (8-8) di Tripoli tatkala Ketua Dewan Transisi Nasional (NTC) Mustafa Abdel Jalil me-nyerahkan kekuasaan secara simbolis kepada anggota tertua Kongres Nasional, Mohammed Ali Salim.

    Seiring diserahkannya kekuasaan kepada Kongres Nasional, kewa-jiban konstitusional untuk menjadi wakil rakyat resmi menjadi lem-baga legislatif yang beranggotakan 200 orang tersebut. (MI/U-2)

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    6I jumat, 10 agustus 2012lampung post Diskusi

    BANDAR LAMPUNGSelain margin keuntungan dari tiras koran, sumber penghasi lan terbesar media massa berasal dari pendapatan iklan. Banyak koran baru bermunculan di Lampung yang banting harga, tetapi Lampung Post tetap bertahan.

    Di kalangan pengusaha Lampung, tarif iklan Lampung Post dikenal paling tinggi dibandingkan media massa lain. Untuk space yang sama, harga iklan di Lampung Post bisa dua kali lipat lebih mahal dibandingkan koran kompetitor. Sering para pengusaha kesulitan melakukan negosiasi karena manajemen harian ini berkukuh tidak melepas space sesuai dengan standar perusahaan. Kalau sudah bicara tarif iklan, Lampung Post agak kaku, kurang fleksibel. Saya sendiri sering mengalami. Kalau dua koran yang lain masih bisa kami negosiasi, saya minta sekian dia minta sekian. Lantas saya naikkan lagi, dia mau turun banyak. Kalau Lampung Post sulit. Perbedaan tarif iklan di Lampung Post dengan media lain kadang terlalu jauh, ujar Yusuf Kohar.

    Yusuf berharap manajemen Lampung Post tidak mematok harga terlalu jauh dibandingkan kompetitor agar semua bisa berjalan dengan baik. Menurut dia, perlu ada keberimbangan antara iklan dan idealisme pers. Ia yakin Lampung Post bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengubah budaya kaku dalam hal penetapan tarif iklan tersebut. Ya harus ada keseimbanganlah, kalau isinya iklan terus, nanti bagaimana dengan idealisme

    persnya. Tapi kalau berita terus, nanti tidak ada pemasukan dari iklan, ujar Yusuf, disambut gelak tawa peserta diskusi.

    Komentar Yusuf Kohar segera disambut Yuria Putra Tubarad, koleganya sesama pengusaha. Ia menyarankan Lampung Post secara berkala menerbitkan edisi tertentu dengan harga yang lebih murah yang tarif iklannya lebih murah. Bisnis enggak boleh kaku begitulah, ujar Yuria, lagilagi disambut gelak tawa.

    Titik Temu Terkait dengan tarif iklan, Sudjarwo

    dapat memahami bila harga space iklan di Lampung Post lebih mahal dibandingkan media massa lainnya. Mungkin ada margin tertentu ketika Lampung Post tidak bisa menerima iklan di bawah harga tertentu. Saya bisa memahami hal ini. Tetapi bagaimana pun tetap harus titik temu antara kepentingan bisnis dan idealisme pers, ujarnya.

    Sependapat dengan Yuria, Sudjarwo menyarankan agar Lampung Post menambah halaman untuk edisi khusus pada harihari tertentu setiap seminggu sekali. Dengan cara tersebut, kepentingan bisnis bisa dilayani dengan baik, sedangkan di pihak lain proporsi iklan tidak mendesak halamanhalaman tertentu. Dengan demikian, dari sisi bisnis, Lampung Post mendapat pemasukan iklan, sedangkan dari sisi penyajian berita Lampung Post tetap memberikan kepada pembaca hakhak mereka untuk memperoleh informasi, urainya. (MG1/S1)

    BANDAR LAMPUNG (Lampost): Publik pembaca saat ini tidak cukup hanya disodorkan liputan faktual berupa fenomena sesaat yang bisa dilihat secara kasat mata. Pembaca perlu mendapat sajian liputan investigasi untuk mengungkap persoalan besar di balik sebuah peristiwa.

    Banyak sekali peristiwa kecil yang terserak dan seperti berdiri sendiri tetapi ada masalah besar di belakangnya. Ini yang harus diungkap untuk memberi kesadaran kepada masyarakat, kata Bustomi Rosadi.

    Bustomi mengatakan banyaknya lahan

    pertanian di Lampung yang terancam puso setiap memasuki kemarau. Zaman Orde Baru dahulu, pemerintah serius menjaga ketahanan pangan dengan menyediakan infrastruktur pertanian, semisal membangun irigasi hampir di semua daerah.

    Namun, setelah Orde Baru tumbang dan

    digantikan Orde Reformasi, salah satu hal yang diutamakan adalah penerapan otonomi daerah. Sebagai implementasi otonomi tersebut, tanggung jawab pembangunan dan pemeliharaan irigasi diserahkan kepada kabupaten/kota. Hasilnya, hampir semua saluran irigasi di daerah rusak karena tidak ada kabupaten/kota yang tertarik untuk membangun dan memperbaikinya. Tidak ada dana khusus yang difokuskan untuk membangun irigasi, sedangkan petani di minta meningkatkan produksi, ujar Bustomi.

    Selain puso, masyarakat juga perlu disadarkan bahwa iklim kita saat ini sudah berubah dan dampaknya benarbenar sudah kita rasakan. Dampak perubahan iklim pun tak kalah merusak dibandingkan dengan bencana alam lainnya. Bencana gempa bumi, banjir, atau tanah longsor barangkali hanya menerjang satu titik dengan membawa korban jiwa yang tinggal di daerah tersebut.

    Tetapi bencana perubahan iklim menelan korban jauh lebih besar. Media massa berperan menggugah kesadaran

    masyarakat agar bisa beradaptasi dengan perubahan iklim tersebut, kata dia.

    Anggaran PemerintahHampir sama dengan Bustomi, Syarief

    Makhya juga menekankan pentingnya reportase investigasi untuk mengungkap persoalan besar di balik penyusunan dan perencanaan anggaran pemerintah daerah.

    Lampung Post juga dapat melakukan peran investigasi dengan mengangkat persoalan strategis yang tersembunyi ataupun kasat mata. Seperti halnya dalam penyusunan APBD biasanya ada proses kasat mata pertempuran kepentingan dalam penyusunan anggaran ini.

    Reportase investigasi yang dikembangkan setidaknya dapat melihat secara teperinci daftar penggunaan anggaran (DPA) karena tidak semua pihak bisa melihat dokumen tersebut. Bahkan hanya beberapa anggota DPRD yang bisa mengetahui DPA. Ini harus diungkap agar publik mengetahui untuk apa saja uang pajak yang mereka bayarkan kepada negara dibelanjakan, ujarnya. (MG1/S-1)

    Sulitnya Negosiasi Iklan

    Masyarakat Lampung harus merawat dan m e m p e r t a h a n k a n identitas lokal agar tidak habis ditelan zaman. Lampung Post bisa memulainya dengan mencari identitas Lampung apa yang

    paling cocok untuk dijadikan sebagai penanda karakter lokalitas, kata Yuria Putra Tubarad.

    Yuria optimistis awak redaksi Lampung Post dapat meningkatkan kreativitas untuk merawat lokalitas tersebut. Ia juga menyarankan agar Lampung Post mengambil alih peran yang seharusnya dilakukan pihak yang berkompeten tetapi tidak dilakukan. Mantan aktivis pers kampus di era 70an itu mencontohkan banyak sosok berprestasi di Lampung tetapi tidak mendapat perhatian yang layak dari pemerintah daerah. Bentuk penghargaan bisa dilakukan dengan cara memberikan semacam reward dengan menggandeng institusi lain, semisal dari kalangan perguruan tinggi. Banyak orang Lampung yang berprestasi, tapi mereka tidak diperhatikan.

    Yuria juga berharap pers sebagai pilar ke empat demokrasi setelah eksekutif, legsilatif, dan yudikatif tetap menjaga komitmen membela kepentingan publik. Mengutip ucapan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud M.D., menurut Yuria, dari dari keempat pilar demokrasi itu, hanya satu yang belum busuk, yaitu pers.

    Informasi Alternatif Sependapat dengan Yuria, Syarief Makhya

    melihat Lampung Post harus segera menemukan unsur lokalitas yang bisa digunakan sebagai alat perekat untuk menyamakan persepsi. Ia mencontohkan, harian Pikiran Rakyat tetap dianggap yang terbaik di Bandung dan Jawa Barat meskipun digempur pesaing yang memiliki jaringan lebih luas. Kiat Pikiran Rakyat mempertahankan identitas sebagai representasi masyarakat Bandung dan Jawa Barat bisa dipakai Lampung Post di Lampung. Harus segera mencari bentuk Lampung Post itu merepresentasikan apa? Misalnya jika secara produk apakah berupa Buras atau rubrik yang lain, kata Syarief yang menulis opini di Lampung Post sejak 1987 itu.

    Dari aspek pemberitaan, Syarief berharap Lampung Post harus bisa menghadirkan informasi alternatif untuk menghindari kecenderungan terciptanya informasi tunggal. Informasi yang baik semestinya tidak monolitik. Informasi yang baik juga tetap harus memiliki sisi kontroversi. Beberapa pihak bisa memberikan alternatif gagasan yang berbeda, kata dia.

    Jaga Iklim Usaha Dari sisi pemberitaan, Yusuf Kohar menilai

    Lampung Post bukanlah termasuk koran provokator yang mengipasngipasi suasana agar memanas. Sebab, ada juga media massa provokator yang sejak awal merancang situasi agar menjadi kisruh dengan mengadu berbagai pihak yang bersengketa. Gaya bahasa dalam pemberitaan Lampung Post tidak kasar tetapi terasa tajam, ujar Yusuf.

    Yusuf juga menilai Lampung Post mampu menjaga iklim bisnis di Lampung tetap kondusif, tetapi tetap berani menyampaikan fakta secara berimbang. Saya punya pe ngalaman tahun 2002 ketika saya dikepung berbagai kepentingan. Koran daerah yang lain tidak berani memberitakan. Maka saya datang ke Lampung Post, dan keesokan harinya berita itu dimuat, kata dia.

    Selain itu, kebijakan pemberitaan Lam-pung Post cukup independen dan sulit untuk dimasuki berbagai kepentingan dan dikendalikan. Ia mengisahkan beberapa tahun silam pernah terlibat dalam persoalan di Pelabuhan Panjang. Sempat saya cobacoba untuk memasukkan kepentingan saya melalui Lampung Post. Tetapi ternyata memang tidak bisa, kata dia.

    Tokoh Kunci Lain lagi pemaparan Sudjarwo. Guru besar

    Unila itu mengenal Lampung Post sejak masamasa awal berdiri di era 1970an. Ada satu periode ketika Lampung Post berselingkuh

    dengan penguasa dan hampir semua kepala desa berlanggganan Lampung Post. Ada saatnya ketika Lampung Post dalam posisi berseberangan dengan penguasa. Ketika itu ada pejabat yang melarang berlangganan Lampung Post. Dari sisi masyarakat awam, sebenarnya ini indah sekali, ujarnya.

    Sudjarwo menceritakan 12 tahun silam Lampung Post ditinggalkan awak redaksi nya yang sebagian besar anakanak muda. Dalam situasi tersebut, Bambang Eka Wijaya dengan rendah hati meminta anakanak muda itu untuk kembali melalui panggilan kemanusiaan. Isinya, meminta agar awak redaksi bergabung lagi dengan Lampung Post dalam waktu tujuh hari. Ini langkah yang amat bijak. Beliau tokoh kunci yang bisa menjaga keutuhan Lampung Post hingga seperti sekarang. Saya tetap akan mengingat peristiwa itu, ujarnya.

    Di masa mendatang, Sudjar wo menyarankan Lampung Post menyiapkan regenerasi awak redaksi agar kaderisasi internal tidak mandek di tengah jalan. Selain menyiapkan regenerasi, Lampung Post juga perlu merencanakan diversifikasi usaha untuk melengkapi media massa edisi cetak.

    Usia Matang Dari sisi kinerja, Agus Nompitu me ngatakan

    bila diibaratkan manusia, usia 38 tahun merupakan masa yang cukup matang untuk melahirkan prestasi besar. Sekarang berusia 38 tahun. Masa dua tahun tinggal sebentar lagi. Banyak pemimpin yang tampil saat berumur 40 tahun, ujarnya.

    Namun, ia mengingatkan agar Lampung Post berhatihati karena di usia tersebut sering berlaku law of diminishing return. Tetap harus berhatihati agar situasi ini tidak terjadi di Lampung Post, kata dia.

    Budaya Menulis Berbeda dengan narasumber lain, Toha

    B. Sampurnajaya memandang peran sentral Lampung Post dalam membentuk budaya menulis. Menurut dia, budaya membaca dan berpikir harus dikembangkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Tetapi ada satu hal penting yang tidak boleh ditinggalkan, yakni setelah membaca dan berpikir perlu dikembangkan budaya menulis.

    Saat ini kita dituntut untuk menghidupkan budaya menulis. Untuk dunia akademis, edaran Dirjen Dikti beberapa waktu lalu mewajibkan mahasiswa untuk aktif menulis. Mereka yang diwisuda September mendatang harus sudah menulis di jurnal ilmiah meskipun berskala lokal, kata dia.

    Di sinilah peran sentral Lampung Post untuk menumbuhkan budaya menulis. Karena pada hakikatnya manusia yang mampu membaca dan mampu berpikir, jika terus berlatih pasti bisa menulis dan berkreativitas. Sehingga memunculkan budaya malu: malu karena tidak bisa membaca, malu karena malas berpikir, malu karena tidak kreatif, dan malu karena tidak bisa menulis, kata dia. (MG1/S-1)

    Informasi yang baik semestinya tidak monolitik.

    INFORMASI yang baik juga tetap harus memiliki sisi kontroversi. Beberapa

    pihak bisa memberikan alternatif gagasan yang berbeda.

    Merawat Identitas LampungBANDAR LAMPUNG (Lampost): Era globalisasi yang sedang kita hadapi saat ini cenderung menggerus unsur lokalitas. Untuk menangkal masuknya tata nilai baru yang belum tentu sesuai dengan karakter daerah, semua pihak harus merawat identitas budaya dan kearifan lokal.

    mENYamBut ulang tahun ke-38, harian Lampung Post menyelenggarakan diskusi bertemakan Peran Lampung Post dalam membangun informasi yang sehat bagi masyarakat Lampung. Diskusi kecil, yang ber-langsung di kantor redaksi harian ini pada Rabu (8-8), menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan pengusaha, yakni guru besar dan Direktur Pascasarjana universitas Lampung sudjarwo, Pembantu Dekan I FKIP unila m. toha B. sampurnajaya, dosen Fakultas Pertanian universitas Lampung Bustomi Rosadi, dan dosen FIsIP universitas Lampung syarief makhya. Narasumber lain Yuria Putra tubarad (Kamar Dagang dan Industri Lampung), Yusuf Kohar (asosiasi Pengusaha Indonesia Lampung), dan agus Nompitu (Keluarga alumni Himpunan mahasiswa Islam Lampung). Diskusi yang dipandu Wakil Pemimpin Redaksi Iskandar Zulkarnain dihadiri Wakil Pemimpin umum Djadjat sudrajat, Pemimpin Perusahaan Prianto a. suryono, dan Pemimpin Redaksi gaudensius suhardi. Hasil diskusi yang dirangkum wartawan Lampung Post abdul ghofur kami sajikan dalam edisi khusus ini.

    Optimalkan Liputan Investigasi untuk Mengungkap Fenomena

    n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAYDISKUSI HUT LAMPUNG POST. Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung Bustomi Rosadi (kanan) menyampaikan pandangannya dalam diskusi menyambut HUT ke38 Lampung Post, di kantor redaksi harian ini, Rabu (88).

    n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAYDIVERSIFIKASI USAHA. Guru besar dan Direktur Pascasarjana Universitas Lampung Sudjarwo (kanan) menjelaskan pentingnya Lampung Post untuk segera melakukan diversifikasi usaha, dalam diskusi menyambut ulang tahun ke38 Lampung Post, di kantor redaksi harian ini, Rabu (88).

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    Pariwara I7jumat, 10 agustus 2012 lampung post

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    I 8Jumat, 10 agustus 2012 www.lampungpost.com

    WAT-WAT GAWOH

    Kakek Tanam Pohon GanjaADU tuha lain rajin beibadat tobat, malah namom ganja (Sudah tua bukannya rajin beribadah, malah menanam ganja). Itulah kelakuan Edward Bogunovich (87) yang didakwa karena menanam lebih dari 400 ganja di halaman rumahnya.

    Dasar bangkilan (sudah tahu salah tetapi tetap merasa benar), Bogunovich malah berkeras membela diri dengan mengatakan dia bukan pengisap ganja. Saya tidak memiliki pipa, saya bisa membuktikan hal itu, ujar Bogunovich, seperti dikutip ABC, Rabu (8-8).

    Meskipun demikian, Bogunovich mengaku sempat menjual tanaman itu sebelum polisi mendatangi ru-mahnya. Kakek itu mengatakan ia memiliki dokumen penjualan mari-yuana itu. Anggota Polisi di Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS), mengatakan Bogunovich memberi-

    kan dokumen yang cukup masuk akal kepada polisi. Penangkapan kakek itu menuai pro tes di jejaring sosial

    Facebook, se kira 430 orang memberikan komen tar mereka. Sejumlah orang pun men desak polisi agar membebaskan Bo-gunovich. Tinggalkanlah kakek itu, dia tidak dapat membeli makan sendiri dengan pendapatan sehari-harinya, ujar seorang bernama Lopez Borrero Minerva.

    Bogounovich dibebaskan dari Pusat Penahanan Denver dan di minta untuk membayar denda cukup besar. Kakek itu pun siap ha dir di pengadilan. Kidang api guwai, Mong. Acak nyepok guwai ba reh (Tapi buat diteruskan, Kek. Lebih baik mengerjakan yang lain). (U-2)

    Terbit Sejak 1974 n Sirkulasi: (0721) 788999 n Layanan Umum: (0721) 783693 n Iklan: (0721) 774111 sms: 0815 4098 5000 n Redaksi (0721) 773888 n sms: 0812 7200 999

    n DP. RAHARJO

    BAKAUHENI (Lampost): Wakil Gu bernur (Wagub) Lampung M.S. Joko Umar Said menya-ran kan pemudik agar t idak ta kut melanjutkan perjalanan menuju dan minap di Terminal Rajabasa pada malam hari.

    Pihak kepolisian dan peme rin-tah daerah menjamin ke amanan para pemudik saat naik angkutan umum menuju ter minal Rajabasa pada malam hari.

    Imbauan tersebut untuk meng hindari terjadinya stagna-si (penumpukan) pemudik di Pe labuhan Bakauheni seperti Lebaran tahun lalu. Pemda dan kepolisian menjamin keaman-an pemudik yang mengguna kan jasa angkutan umum, seperti bus dan travel, kata Joko saat meninjau persiap an Pelabuhan Bakauheni menghadapi arus

    mudik dan arus balik Lebaran 1433 H di pelabuh an tersebut, Kamis (9-8).

    Di Terminal Rajabasa, ujar Joko, pemerintah juga telah me-nyiapkan sarana pendukung untuk pemudik yang menginap di terminal itu sehingga pemu-dik tidak perlu khawatir.

    Menurut Wagub, jumlah ar-ma da bus rute BakauheniRa-ja basa sangat mencukupi untuk mengangkut pemudik Lebaran ta hun ini. Namun, armada bus akan kekurangan jika pemudik te tap bertahan untuk menginap di Pelabuhan Bakauheni pada malam hari dan kembali me ne-ruskan perjalanan di pagi hari.

    Pada kunjungan itu, Wagub memberikan apresiasi atas ke-siapan pelayanan ASDP Cabang Bakauheni dalam menyambut

    arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, pada beberapa fasilitas memberikan kenyamanan bagi pemudik lebih baik persiapannya dibanding tahun se belumnya.

    Kesiapan armada kapal roll on roll off (ro-ro) yang disiapkan saat ini juga telah menunjukkan keberhasilan pihak manajemen pengelola pelabuhan untuk me-layani penumpang.

    Melihat rencana pihak ASDP Cabang Bakauheni untuk men-ingkatkan pelayanan di ruang tunggu dan ruang menginap itu sangat baik, di lokasi itu akan tersedia fasilitas air minum, baik kopi maupun teh secara gratis. Selain itu, juga disediakan AC dan karpet untuk kenyamanan pemudik, terutama pemudik lansia dan ibu menyusui, kata Joko Umar Said. (KRI/U-2)

    MUDIK LEBARAN

    Aparat Jamin Keamanan Rajabasa Malam Hari

    Tuntutan kasus korupsi APBD Lam-pung Timur sebesar Rp119 miliar itu di bacakan Jaksa Kohar dalam sidang di Peng adilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Kamis (9-8).

    Mendengar tuntutan itu, Sopian Sitepu, pe ngacara terdakwa, langsung mengaju-kan keberatan. Menurut dia, tuntutan itu men jungkirbalikkan hukum atau di luar hukum yang berlaku di Indonsia.

    A lasannya, tuntutan itu melebihi hu kum an maksimal karena secara aku-mulasi mencapai 20 tahun 6 bulan. Tun-tutan jaksa ini benar-benar melanggar hukum, kata Sopian.

    Sopian mengatakan hal itu sudah di atur Pasal 12 KUHP Ayat (4) yang menyebutkan pidana penjara selama waktu tertentu sekali-kali tidak boleh lebih dari 20 tahun. Kalau tuntutan jaksa ini sudah 20 tahun 6 bulan, apakah itu hukum, kata Sopian.

    Terlebih, ujar Sopian, Alay yang lahir pada 19 Desember 1953 itu sedang menja-

    lani vonis 5 tahun 6 penjara dalam kasus tindak pidana perbankan (Tipibank). Jadi, kalau diakumulasi lagi, bisa 26 tahun 6 bulan, ujarnya.

    Pentingkan CitraSopian mengatakan jaksa semata-mata

    mementingkan citra kejaksaan, tidak lagi mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, kami prostes keras, kata dia.

    Pada sidang yang dipimpim Hakim Teguh Heriyanto, kemarin (9-8), jaksa menyatakan terdakwa bersalah secara hukum melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dan berlanjut.

    Alay secara bersama-sama dengan mantan Bupati Lampung Timur Satono telah melakukan tindak pidana korupsi APBD setempat, kata Jaksa Kohar. Satono sudah divonis 15 tahun penjara sekitar setengah tahun lalu oleh Mahkamah Agung.

    Kohar mengatakan perbuatan terdakwa itu sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tin-

    dak Pidana Korupsi dan ditambah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP dalam dakwaan primair. (MG6/K-3)

    Alay Dituntut Melebihi BatasBANDAR LAMPUNG (Lampost): Mantan Komisaris Utama BPR Tripanca Setiadana, Sugiarto Wiharjo alias Alay (59), dituntut 15 tahun penjara, membayar uang pengganti Rp108 miliar subsider 5 tahun, dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan.

    n LAMPUNG POST/ZAINUDDINSIDANG ALAY. Jaksa Kohar membacakan tuntutan terhadap Sugiarto Wiharjo alias Alay, terdakwa korupsi APBD Lampung Timur sebesar Rp119 miliar, dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Kamis (9-8). Mantan Komisaris Utama BPR Tripanca Setiadana ini dituntut 15 tahun penjara, membayar uang pengganti Rp108 miliar subsider 5 tahun, dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan.

    BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Ombudsman RI menilai masalah yang menyebabkan sering terhambatnya pencairan tunjangan sertifikasi bagi guru ada di daerah, bukan di pusat.

    Hal itu kami ketahui sete lah melakukan investigasi ka rena dari sejumlah pemberi taan, kami menilai ada permasalah-an, kata anggota Ombudsman RI Budi Santoso saat berkunjung ke Lampung Post, kemarin.

    Budi mengatakan Ombuds-man telah memanggil pihak Ke menterian Keuangan dan men dapat informasi bahwa tun-jangan profesi guru dari APBN itu selalu ditransfer sesu ai jad-wal tiap triwulan ke daerah.

    Sehingga, ujar Budi, ada in-dikasi pemerintah daerah se-ngaja menahan uang tersebut dengan tidak segera menyerah-kan kepada guru yang berhak. Ada dugaan hal itu karena sang pejabat mau mengambil keun-tungan dari bunga bank.

    Budi bahkan mengaku men-dengar pengakuan dari salah seorang wali kota bahwa me-

    mang ada bunga dari uang sertifikasi yang mengendap di bank. Dua hari saja di bank sudah ada bunganya, ujar Budi mengutip pejabat yang meng-aku pernah menjadi pengelola keuangan di daerah.

    Menurut Budi, dari investigasi di beberapa daerah juga ditemu-kan bahwa penerapan sertifikasi guru tidak konsisten. Misalnya, tidak jelas aturan siapa yang harus diprioritaskan. Sehingga

    ditemukan praktek pemberian uang meskipun secara sukarela dari calon peserta kepada petugas yang mengurus peng usulannya. Ini juga harus menjadi pertim-bangan, kata Budi.

    Budi Santoso datang ke kantor Lampung Post, didampingi dua asistennya, Dominikus Dalu S. dan Ibnu Firdaus, untuk menyo-sialisasikan rencana pemben-tukan perwakilan lembaga itu di Lampung. (AAN/*/R-2)

    TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU

    Temuan Ombudsman, Pencairan Terhambat di Daerah

    n LAMPUNG POST/ZAINUDDINK uNjuNGA N K erjA. A nggota Ombudsman R I Budi Santoso didampingi dua asistennya, Dominikus Dalu S. dan Ibnu Firdaus, berkunjung ke Lampung Post, kemarin.

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

    KURS JUAL KURS BELI

    DOLLAR KANADA (CAD)

    KURS JUAL KURS BELI

    DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

    KURS JUAL KURS BELI

    KOMODITAS LOKASI SENTRA HARGA (Rp/Kg)YEN JEPANG (JPY) 100

    KURS JUAL KURS BELI

    DOLLAR SINGAPURA (SGD)

    KURS JUAL KURS BELI

    EURO (EUR)

    KURS JUAL KURS BELI

    DOLLAR AMERIKA (USD)

    KURS JUAL KURS BELI

    DOLLAR HONGKONG (HKD)

    KURS JUAL KURS BELI

    POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

    KURS JUAL KURS BELI

    Inde

    ks V

    ALU

    TA A

    SIN

    G

    Inde

    ks K

    OM

    OD

    ITA

    S

    I 9lampung postJumat, 10 agustus 2012

    per Kamis, 9 agustus 2012 n sumber Bank Indonesia per Kamis, 9 agustus 2012 n sumber: Bappebti-Kementerian perdagangan

    minyak Kelapa Bitung 9.003

    Kopi arabika medan 0

    Kopi Robusta lampung 19.761Karet tsR 20 palembang 25.248lada Hitam lampung 47.953lada putih pangkalpinang 74.498Jagung (kering) lampung 2.266

    Cpo medan 8.529

    Kakao makassar 20.038

    12,720.44 11,438.94 9,983.00 8,983.00

    10,039.22 9,029.96 8,030.08 7,224.55 1,287.25 1,158.23

    8,126.16 7,303.18 12,358.95 11,120.06 15,648.35 14,078.16

    10,574.99 9,511.20

    Ekonomi & Bisnis

    BANDAR LAMPUNG (Lampost): Forum komunikasi asosiasi kelis-tikan Lampung meminta PT PLN untuk memberlakukan sertifikat laik operasi (SLO) bagi pelang-gan sesuai dengan undang-un-dang. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat pengguna jasa kelis-trikan terhindar dari penggunaan instalasi listrik yang tidak standar.

    Menurut Ketua Asosiasi Kon-traktor Kelistrikan Indonesia (Aklindo) Lampung Herman Bandarsyah, akibat tidak berop-erasinya konsuil (lembaga yang berwenang me ngelola SLO ber-dasarkan SK Dirjen, red) meng-akibatkan PT PLN melayani calon pelanggan baru tidak menggu-nakan SLO cukup menggunakan surat pernyataan dari pelang-gan. Selain bertentangan dengan undang-undang, pembuatan surat pernyataan tersebut dapat mem-bahayakan pelanggan karena be-lum tentu menggunakan standar instalasi yang diperlukan, kata Herman Bandarsyah, kemarin.

    Untuk itu, kata Herman, sebaik-nya PT PLN mengajak seluruh asosiasi kelistrikan di Lampung untuk membahas pemberlakuan SLO. Jangan mengambil langkah sendiri. Apalagi September nanti sudah ada lembaga

    Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) wilayah Lampung yang ditunjuk sesuai Undang-undang untuk mengurus masalah SLO.

    Hal senada juga disampai-kan ketua Asosiasi Kontraktor Elekt r ica l Indonesia (A K EI) Lampung A. M. Juhri. Menurut dia, pengelolaan SLO sudah ditetapkan berdasar undang-undang. (UMB/E-2)

    BANDAR LAMPUNG (Lam-post): Sogo sebagai pusat jins branded ternama terus mendatangkan produk baru. Salah satunya produk Levis Jeans 501, 505, 503, 504, 511, dan 551 yang bernama Levis Modern Vintage.

    Rancangannya ini terins-pirasi dari momen-momen se-jarah terbaik Levis di masa lalu dan dipadukan dengan sentu-han modern. Sebelumnya pada akhir Juli lalu, Levis meluncur-kan Levis Roadwear.

    L ev i s Moder n V i nt age menampilkan bahan pre-mium bertekstur kasar de-ngan teknik finishing vintage. Paduan detil elemen, seperti kancing, kantung, dan riverts yang diambil dari jeans Levis masa lalu justru menjadikan tampilan koleksi jins ini se-makin modern.

    Levis Modern Vintage pun hadir dengan beberapa tipe potongan untuk disesuaikan dengan bentuk tubuh. Sogo sebagai branded jeans store menjelang Lebaran menda-

    tangkan jins Levis terbaru tersebut bagi kaum adam de-ngan pilihan potongan tight straight dan slim straight, kata owner Sogo Sofyan Lim, Kamis (9-8).

    Dalam koleksinya ini, Le-vis juga menegaskan nilai orisinalitas dan kreativitas yang menjadi napas dalam setiap rancangannya. Sofyan mengatakan paduan antara elemen heritage dan desain-nya yang modern merupa-kan formula yang berhasil memberikan kenyamanan dan keindahan secara ber-samaan.

    Kami juga mendatangkan beberapa motif baru untuk t-shirt maupun kemeja ka-sual dengan bahan katun 100% yang enak dipakai dan menye rap keringat.

    Untuk bulan Agustus ini Sogo member i ka n bonus mug Levis untuk transaksi pembelian minimal Rp1 juta dan t-shirt cantik Levis untuk setiap pembelanjaan Rp2,5 juta. (NOV/E-1)

    ENERGI

    Forum Asosiasi Listrik Minta PLN Terapkan SLO

    TOKO PAKAIAN

    Sogo Rilis Jins Levis Terbaru

    n DOKUMENTASI SHARPBIG AQUOS. (Kiri ke kanan) Group Deputy General Manager Global Sales & Marketing ASEAN Group Kazuhiro Kitamura, Manager Product Planning Dept-AV/LCD Digital Systems Sales & Marketing Division Eijiroh Tohsen, SEIDs Product General Manager Herdiana Anita Pisceria, Sharps Brand Ambassador Ahmad Dhani, SEIDs President Director Fumihiro Irie, dan SEIDs Sales & Marketing Senior General Manager Shinji Teraoka pada peluncuran Sharp Big Aquos di Jakarta, Rabu (8-8).

    Sha r p Big Aquos LC-80 -LE940X memilik i tampilan layar 214% lebih luas dari LED 55 inci. Produk ini mengajak konsumen untuk memiliki pe-ngalaman layaknya menonton di bioskop dan melihat dunia dengan layar lebih besar See the world in big picture.

    Product General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Herdiana A. Pisceria menga-takan Sharp mulai memperke-nalkan televisi big size ke pasar Indonesia sejak tahun 2010

    dengan meluncurkan Aquos 60 inci. Dilanjutkan dengan peluncuran A bigger size Aquos 70 inci pada 2011. Sejak dilun-curkan, minat konsumen terha-dap televisi layar besar sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan peningkatan pangsa pasarnya yang mencapai 25,9% dari total penjualan LCD TV 55 inci ke atas di Indonesia.

    Seperti para pendahulunya, Aquos 80 inci tetap mengusung teknologi Quattron, yakni de-ngan menambahkan warna

    kuning pada tek nolog i t iga warna dasar RGB (red, green, blue) sehingga menghasilkan kualitas gambar sangat nyata dan menakjubkan.

    Target penjualan rangkaian big size TV Aquos ditetapkan sebesar 1.000 unit/bulan, di mana dari jumlah tersebut Sharp menetapkan target pen-jualan Aquos 80 inci 80 unit. Aquos 80 inci dijual seharga Rp88 juta, kata Herdiana.

    Terbesar di IndonesiaMarketing and Sales Senior

    Genera l Ma nager PT SEID Shinji Teraoka mengatakan Big Aquos 80 inci dari Sharp akan menjadi ukuran televisi pa-ling besar di Indonesia. Sharp akan terus melakukan pengem-bangan produk disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan pasar.

    Diharapkan, dengan pelun-curan produk ini Sharp akan menjadi nomor 1 di pasar LCD di Indonesia, ujarnya.

    Desain elegan dengan lapisan aluminium halus dan ramping menambah tampilan Big Aquos semakin mewah. Kualitas gam-bar yang baik dan tajam dihasil-kan dari kombinasi Quattron, X-Gen Panel, dan teknologi high speed LCD. Melalui fitur-fitur tersebut, Sharp ingin membawa para konsumennya merasakan tontonan mewah setara dengan tampilan bioskop.

    Fitur baru yang dibenamkan dalam produk ini adalah 3D au-tochange yang membuat peng-guna tidak perlu lagi meng atur pola 3D yang tepat, sepert i side by side atau dari 2D ke 3D, ka rena secara otomatis me-nyesuaikan dengan tampilan gambar di televisi. (NOV/E-1)

    n LAMPUNG POST/MG-3PRODUK BARU. Sogo Branded Store menghadirkan produk Levis terbaru jelang Lebaran ini. Selain itu, Sogo memberikan suvenir untuk pembelian dengan nilai transaksi tertentu.

    BANDAR LAMPUNG (Lampost)L: PT Sharp Electronics Indonesia meluncurkan seri terbaru dari Aquos dengan mengeluarkan ukuran layar 80 inci. Peluncuran produk ini mengikuti tren pengguna televisi yang semakin menyukai layar datar dan besar untuk mendapatkan kepuasan saat menonton televisi di rumah layaknya di bioskop.

    Sharp Rilis Big Aquos 80 Inci

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    10I Jumat, 10 agustus 2012lampung post Pariwara

  • CMYKCMYK CMYK

    CMYK

    pariwara I11Jumat, 10 aGuStuS 2012 lampung post

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    CMYK

    Syarief MakhyaPengajar Program Pascasarjana Magister Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Lampung

    MUNGKINKAH media cetak, semisal Lam-pung Post, memiliki peran yang berarti dalam pem-bang unan pemerintahan di Lampung? Pertanyaan ini memi-liki relevansi untuk menjawab kebutuhan informasi apa yang diperlukan untuk mengantisipasi tuntutan dinamika pemerintah-an yang terjadi Lampung?

    Untuk menjawab ini, Lampung Post sebagai salah satu media cetak yang paling berpengaruh di Lampung dituntut untuk memi-liki visi yang jelas dan memiliki peran yang kontributif terhadap pembangunan pemerintahan di Lampung, khususnya dalam merespons berbagai perubahan dinamika pemerintahan yang berlangsung di Lampung.

    Di era demokrasi yang sudah berlangsung 14 tahun terakhir ini, proses berlangsungnya pe-merintahan di daerah berkem-bang sangat dinamis. Dina-mika pemerintahan itu meru-pakan efek dari berkembangnya demokrasi di daerah. Dinamika pemerintahan bukan hanya sebatas terjadinya pergantian kepemimpinan yang menim-bulkan berkembangnya potensi konf lik di lingkaran elite dan masyarakat, tetapi juga mun-culnya tuntutan masyarakat terhadap berbagai layanan yang diberikan pemerintah daerah.

    Dari sudut dinamika pemerin-tahan, setidak-tidaknya ada bebe-rapa isu yang diberitakan di harian Lampung Post yaitu masalah pemi-lukada, pelayanan publik, kontro-versi penyusunan APBD, korupsi yang dilakukan penguasa, konflik elite atau konflik di masyarakat, dan perilaku pejabat publik.

    Lalu, dari berbagai isu tersebut, kepentingan informasi apa yang disampaikan media pada kha-layak? Apakah masyarakat seka-dar tahu persoalan aktual, apakah informasi yang disampaikan bisa dipakai sebagai bahan pengambil

    kebijakan, apakah informasi itu cukup efektif untuk mengon-trol pemerintahan atau memba-ngun sebuah kesadaran kolektif masyarakat untuk bersikap kritis terhadap pemerintah, atau apakah informasi itu bisa dipakai sebagai

    data sekunder untuk kajian akade-mis atau penelitian ilmiah?

    Informasi media yang dinilai baik seharusnya menyampaikan fakta agar masyarakat memiliki informasi yang utuh dan ter-percaya. Bisa dipakai sebagai bahan pengambilan keputusan dan membangun sikap kritis masyarakat atau dipakai sebagai data penelitian yang valid.

    Peran Lampung Post? Harus diakui bahwa Lampung

    Post sejauh ini cukup informatif

    dalam memberitakan berbagai hal seputar persoalan masalah-masalah politik-pemerintahan, khususnya yang terjadi di Lam-pung. Namun, ke depan Lam-pung Post harus menyuguhkan informasi yang memiliki makna

    terhadap pembangunan peme-rintahan di Lampung.

    Pertama, Lampung Post harus mengetahui peristiwa-peristiwa strategis yang akan dilakukan pe-merintah. Contohnya, penyusun-an APBD yang selalu menimbul-kan kontroversi yang harus sorot yaitu pada saat penyusunan isu dan penyusunan agenda setting. Dua peristiwa tersebut dilakukan pada saat pembahasan antara DPRD dan pemda. Pertarungan kepentingan akan terjadi pada peristiwa tersebut. Di samping itu,

    Lampung Post juga harus mampu menemukan dokumen penting untuk dievaluasi, seperti daftar pengguna anggaran (DPA).

    Kedua, Lampung Post harus melakukan peran investigatif untuk bisa memperoleh infor-

    masi yang tersembunyi di balik proses pembuatan kebijakan publik. Melalui kekuatan inves-tigatif, informasi akan lebih bisa diungkap sampai pada hal-hal yang tersembunyi.

    Ketiga, Lampung Post harus mampu menyuguhkan informasi alternatif yang mencerahkan publik dalam merespons berbagai kebi-jakan dan perilaku pejabat. Jangan sampai publik dicekoki suguhan informasi tunggal sehingga tidak mampu melakukan evaluasi kritis terhadap fenomena yang terjadi.

    Keterbatasan Akses InformasiSeperti halnya institusi kekuatan

    masyarakat sipil yang lain, media cetak juga dihadapkan pada keter-batasan akses untuk memperoleh informasi yang lengkap dan utuh dari pihak pemerintah. Akses sengaja dibatasi sedemikian rupa karena pemerintah masih enggan untuk menerapkan prinsip trans-paransi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

    Pemerintah masih meraha-siakan sumber daya yang ada ka rena memiliki kepentingan u nt u k meraup kepent i nga n ekonomis, memiliki kehawatir-an jika apa yang di la ku kan pemerintah bisa diadukan ke lembaga pengadilan, dan pe-merintah juga hawatir kalau se-gala bentuk kebijakannya dinilai gagal oleh masyarakat.

    Keterbatasan akes informasi ini berakibat informasi yang disampaikan ke publik sangat terbatas sehingga peristiwa dan masalah pemerintahan yang muncul tidak bisa ditangkap utuh dan tidak bisa dijadikan rujukan untuk menyimpulkan sebuah kasus atau peristiwa.

    Komisi Informasi PublikKeberadaan Komisi Informa-

    si Publik (KIP) seharusnya bisa memberi kekuatan baru untuk mendorong dan memastikan bahwa berbagai informasi yang dimiliki oleh institusi publik dapat diakses oleh masyarakat. Sehingga institusi ini benar-benar bisa mem-bantu publik untuk memperoleh informasi yang lengkap, utuh, dan mendorong berkembangnya transparansi dalam proses penye-lenggaraan pemerintahan.

    Tetapi, KIP tidak otoritatif dan belum menunjukkan eksitensi-nya sebagai salah satu pilar dalam membangun kehidupan demokrasi. Ak hirnya, untuk memperoleh informasi yang sehat bukan hanya persoalan ketidakberdayaan publik dalam mengaksesnya, melainkan juga ditentukan oleh peran negara yang tidak mendorong tumbuh dan berkembang nya proses transparansi pemerintahan. n

    SudjarwoGuru Besar dan Direktur Pasca sarjana Universitas Lampung

    TIDAK terasa bulan Agustus ini harian Lampung Post berusia 38 tahun. Kalaulah ini diumpama-kan manusia, dia sedang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Pada usia ini pemimpin-pemimpin kelas dunia menapaki karier puncaknya.

    Harapan itu pun penulis pikulkan ke pundak harian ini. Walaupun itu sangat bergantung juga dengan sistem yang dibangun di dalam tubuh Lampung Post sendiri. Pergolakan itu pernah terjadi di dalam Lampung Post dalam kurun perjalanannya; lintasan sejarah yang tidak selamanya mulus.

    Ada satu periode saat Lampung Post terkena eksodus para penggiatnya ka-rena alasan tertentu. Ada juga periode ketika Lampung Post t idak disukai petinggi daerah karena dipersepsi-kan memihak kepada yang berhadap-hadapan dengan petinggi tadi. Namun, pernah juga Lampung Post berpeluk

    mesra dengan penguasa, sehingga mem-peroleh fasilitas monopoli untuk penye-baran koran sampai ke desa-desa.

    Masa bulan madu dan masa bercerai itu begitu singkat dengan penguasa, tetapi dengan publik justru kondisi ini sangat menguntungkan. Sebab, jika sedang masa bulan madu, publik akan mendapat informasi yang banyak dan berlimpah. Sementara jika masa berce-rai tiba, informasi tidak banyak sampai ke publik. Jika ada, tentunya lebih bersi-fat berat sebelah dan membela diri.

    Hal seperti itu adalah sunatullah atau conditio sinquanon. Tapak sejarah me-mang dimulai dari konflik dan damai. Namun, untuk media seperti Lampung Post tentu hal tersebut seperti memiliki makna tersendiri.

    Bobot PenulisanBobot penulisan berita sekarang su-

    dah cukup baik, bahkan ada semacam ikon bahwa dengan style tersendiri su-dah dapat dikenal itu tulisan wartawan Lampung Post. Tentu saja pengaruh tangan dingin dari Mbah Kakung

    Bambang Eka Wijaya yang banyak ber-peran dalam pembentukan trust dan karakter media ini.

    Namun, ada sejumlah kekhawatiran akan kelangsungan dari media ini. Pertama, ada rasa jenuh dari para pen-dukung sehingga menjadikan monoton. Tidak ada semacam ide-ide baru yang kreatif untuk mengembangkan lagi Lampung Post.

    Kedua, seiring perjalanan waktu, generasi Mbah Kakung sudah harus minggir, dan perlu disiapkan kader-kader muda yang andal untuk tetap menjaga trust Lampost . Untuk ini, Lampung Post sedikit teledor. Orang-orang seperti Heri Wardoyo, Sabam Sinaga, Sudarmono, dan lain-lain lagi perlu dicarikan generasi penerusnya, karena mereka sudah harus siap duduk di samping generasi muda penerus Lampung Post.

    Ketiga, Lampung Post sudah perlu memikirkan bagaimana melakukan diversifikasi usaha bidang media. Jika ini tidak dilakukan, akan terjadi kemande-kan bagi para penggiatnya.

    Ide KreatifLampung Post bukan apa-apa jika

    tidak ada pembacanya. Usaha yang di-lakukan melalui program reporter cilik dan dunia remaja adalah kiat yang harus terus dikembangkan. Sebaliknya, ide-ide kreatif mestinya juga terus dikembang-kan sesuai kondisional pembaca.

    Sebagai contoh, saat bulan Ramadan seperti sekarang mestinya Lampung Post menerbitkan secara berkala situs-situs sejarah Islam di Lampung. Bisa berupa artikel tentang masjid-masjid tua di Lampung, perguruan Islam tertua di Lampung, atau tentang liputan lain yang berbau religius. Reportase tersebut san-gat penting guna mengobati kehausan akan informasi jejak-jejak Islam masa lalu dan kini di Provinsi Lampung.

    Masih banyak lagi ide-ide kreatif yang dapat diketengahkan Lampung Post. Tinggal bagaimana kita keluar dari bayang-bayang pendiri dengan tidak berarti me-ninggalkannya, akan tetapi justru membuat tali sambung antargenerasi agar Lampung Post semakin kokoh. Selamat ulang tahun Lampung Post, aku tetap bersamamu. n

    Untung Ada LampostUntung Ada Saya. Begitu judul film inspiratif Warkop DKI. Ya, inspi-

    ratif karena menghibur dan bisa dipinjam buat judul Nuansa ini. Hihii...

    Untung ada Johannes Geinsfleich zur Laden zum Gutenburg yang berhasil menemukan teknologi mesin cetak pada 1450 dan terus mengembangkan teknologi ini bersama rekan-nya yang bernama Andreas Dritzehn.

    Ya, untung ada mesin cetak Gutenberg. Den-gan penemuan mesin cetak ini, ilmu pengeta-huan tidak lagi menjadi eksklusif bagi kalangan tertentu. Ilmu pengetahuan dan informasi tidak lagi dimonopoli kalanga