wet cooling tower

Download Wet cooling tower

Post on 15-Apr-2017

66 views

Category:

Education

12 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Wet cooling tower

Wet cooling towerSri ariska aulia34214045Kornelia pakiding34214046Hasrawanti34214047

Kelompok 63b t.konversi energiPOLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Cooling tower (menara pendingin)Merupakan suatu sistem refrigerasi yang melepaskan kalor ke udara. Cooling tower bekerja dengan mengontakkan air dengan udara dan menguapkan sebagian air tersebut. Luas permukaan air yang besar dibentuk untuk menyemprotkan air lewat nozel atau memercikkan air kebawah dari satu bagian ke bagian yang lain.

FUNGSI COOLING TOWERMemproses air yang panas menjadi air dingin yang digunakan kembali.Menurunkan suhu aliran fluida baik itu air ataupun oil dengan cara mengekstraksi panas dari fluida dan mengemisikannya ke atmosfer

Bagian bagian cooling towerKipas (fan)Kerangka pendukung menara (tower supporter)Rumah menara pendingin ( casing)Pipa sprinklerPenampung air ( water basin )Lubang udara (inlet louver)Bahan pengisi (filling material)

Jenis jenis menara pendinginMenara pendingin dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yakni :Menara pendingin basah (Wet cooling tower)Menara pendingin kering (Dry cooling tower)Menara pendingin basah kering ( wet-dry cooling tower)

Wet cooling tower (menara pendingin basah)Menara pendingin basah mempunyai system distribusi air panas yang disemprotkan secara merata ke kisi-kisi, lubang-lubang atau batang- batang horizontal pada sisi menara yang disebut isian. Udara masuk dari luar menara melalui kisikisi yang berbentuk celah-celah horizontal yang terpancang pada sisi menara. Celah biasanya mengarah miring ke bawah agar air tidak keluar. Adanya pencampuran antara air dan udara maka terjadi perpindahan kalor sehingga air menjadi dingin. Air yang sudah dingin berkumpul di bak atau basin didasar menara dan dari situ diteruskan ke condenser atau dibuang keluar, sehingga udara baru kalor dan lembab keluar melalui atas menara.

Prinsip kerja cooling tower

Klasifikasi wet cooling towerMenara pendingin basah aliran pendingin alami (natural-draft cooling water)Udara dialirkan dengan secara alami melewati cerobong/Menara yang tinggi tanpa menggunakan bantuan kipas. Udara campuran secara alami meningkat sampai terjadi perbedaan densiti dengan udara kering, pendingin udara luar. Udara campuran panas memiliki densiti yang lebih kecil daripada udara yang lebih kering pada temperatur dan tekanan yang sama. Menara pendingin basah aliran pendingin alami dibagi 2, yakni:a. Aliran lawan arah (Counter Flow)b. Aliran silang arah (Cross Flow)

Aliran lawan arah (Counter Flow)Aliran silang arah (Cross Flow)

2. Menara pendingin aliran air mekanik (mechanical draft cooling tower)

Menara draft mekanik memiliki fan yang besar untuk mendorong atau mengalirkan udara melalui air yang disirkulasi. Air jatuh turun diatas permukaan bahan pengisi, yang membantu untuk meningkatkan waktu kontak antara air dan udara. hal ini membantu dalam memaksimalkan perpindahan panas diantara keduanya.