undip weekly vol. 47 september 2021

28
@undip @undip.official undip tv offiicial @undip.official Saat memberikan sambutan, Rektor Undip Prof Yos menyampaikan bahwa kerja sama ini manfaatnya sungguh sangat besar. Dirinya sudah merasakan hal itu dari hasil kerja sama periode sebelumnya. Dalam kesempatan tersebut Prof Yos berkeinginan untuk melengkapi kebutuhan akan laboratorium di Undip. Karena itu dirinya berjanji sebelum selesai masa jabatan rektor di tahun 2024, salah satu targetnya adalah selesainya pembangunan laboratorium yang dicanangkan. “Saya tidak ingin mendengar lagi mahasiswa mengeluh karena Lab. Karena ada guyonan ketika orang datang ke Lab harus hormat terlebih dahulu, kenapa? Karena alat-alat Labnya lebih tua dari dosennya,” tuturnya setengah bercanda. Rektor mengaku sangat khawatir betul ketika ada mahasiswa lulusan Undip datang ke Toyota bingung melihat alatnya begitu canggih. Karena itu, dia betul-betul berkomitmen menyiapkan peralatan laboratorium dan peningkatan kualifikasi SDM pengelolanya baik dosen maupun tenaga administrasi, agar mampu menjawab tantangan zaman. Ditegaskan, Undip memiliki visi dan misi menjadi universitas riset yang unggul, karena UNDIP WEEKLY 10 SEPTEMBER 2021 VOLUME 47 BULAN SEPTEMBER 2021 www.undip.ac.id UNDIP DAN TOYOTA SEPAKATI LINK AND MATCH PENDIDIKAN TINGGI DAN INDUSTRI Semarang, Jawa Tengah (10/9). Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum dan Presiden Direktur (Presdir) PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahyono, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepemahaman pada Kamis (9/9). Kerja sama ini menyepakati link and match antara Toyota selaku industri dan Undip melalui Fakuktas Teknik dalam posisi sebagai lembaga pedidikan tinggi. Meski pada hakikatnya link and match dapat adalah relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja, namun MoU ini mencakup semua aspek Tridarma Perguruan Tinggi, sehingga kerjasamanya menjadi lebih luas cakupannya.

Upload: others

Post on 20-Nov-2021

6 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

Saat memberikan sambutan, Rektor UndipProf Yos menyampaikan bahwa kerja sama inimanfaatnya sungguh sangat besar. Dirinyasudah merasakan hal itu dari hasil kerja samaperiode sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut Prof Yosberkeinginan untuk melengkapi kebutuhanakan laboratorium di Undip. Karena itudirinya berjanji sebelum selesai masa jabatanrektor di tahun 2024, salah satu targetnyaadalah selesainya pembangunanlaboratorium yang dicanangkan.

“Saya tidak ingin mendengar lagi mahasiswamengeluh karena Lab. Karena ada guyonanketika orang datang ke Lab harus hormatterlebih dahulu, kenapa? Karena alat-alatLabnya lebih tua dari dosennya,” tuturnyasetengah bercanda.

Rektor mengaku sangat khawatir betul ketikaada mahasiswa lulusan Undip datang keToyota bingung melihat alatnya begitucanggih. Karena itu, dia betul-betulberkomitmen menyiapkan peralatanlaboratorium dan peningkatan kualifikasiSDM pengelolanya baik dosen maupuntenaga administrasi, agar mampu menjawabtantangan zaman.

Ditegaskan, Undip memiliki visi dan misimenjadi universitas riset yang unggul, karena

UNDIP WEEKLYProduced by Humas UNDIP

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

UNDIP DAN TOYOTASEPAKATI LINK ANDMATCH PENDIDIKANTINGGI DAN INDUSTRI

Semarang, Jawa Tengah (10/9). RektorUniversitas Diponegoro (Undip), Prof Dr YosJohan Utama SH MHum dan PresidenDirektur (Presdir) PT Toyota MotorManufacturing Indonesia, Warih AndangTjahyono, menandatangani Memorandum ofUnderstanding (MoU) atau notakesepemahaman pada Kamis (9/9).

Kerja sama ini menyepakati link and matchantara Toyota selaku industri dan Undipmelalui Fakuktas Teknik dalam posisi sebagailembaga pedidikan tinggi.

Meski pada hakikatnya link and match dapatadalah relevansi pendidikan tinggi dengankebutuhan tenaga kerja, namun MoU inimencakup semua aspek Tridarma PerguruanTinggi, sehingga kerjasamanya menjadi lebihluas cakupannya.

Page 2: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

itu laboratoriumnya tidak boleh lagi out ofdate. “Makanya saya senang sekali dariToyota menjulurkan tangannya buat kita danUndip akan menyediakan bangunannya”tambah Prof Yos.

“Jadi kita siap betul, Insyaallah tahun 2022gedungnya akan kita bangun”, ungkapnyakembali.

Sementara itu Warih Andang Tjahyono,menyampaikan kebanggaannya bisabekerjasama dengan Undip, apalagi kerjasama tersebut bisa dilakukan secaraberkelanjutan. “Saya sangat mengapresiasiapa yang disampaikan Bapak Dekan FakultasTeknik Prof Agung hasil yang didapat dalammemanfaatkan Lab yang ada di FakultasTeknik bagi mahasiswa,” katanya.

Andang Tjahjono juga mengarisbawahi apayang disampaikan Rektor Undip mengenaitantangan yang dihadapi lembaga pendidikantinggi dan industri ke depan. Andangmengingatkan yang perlu dipersiapkan tidakhanya tentang hard skill tetapi bagaimanamasuk ke era transformasi atau the nextgeneration.

“Secara teori 2023 Undip harus estafet ke thenext generation. Tentu apa yang disampaikanPak Rektor tadi pentingnya hard skill-nya. JadiLabnya harus ada karena kalau tidak adaLabnya untuk lompatnya pasti susah,” ujarnya

Sebelumnya Dekan Fakultas Teknik Undip,Prof. Ir Mochammad Agung Wibowo, M.M.,M.S.c., Ph.D., memaparkan hasil-hasil yang

SUSUNAN REDAKSIUNDIP WEEKLY

Redaktur PelaksanaUtami Setyowati, SS., M.I.Kom.

EditorNinok Hariyani, S.Sos., M.I.Kom.

Reporter dan FotograferLinda Wahyuningsih, S.I.Kom.

Titis Dyah, S.Hum.Dhany Dimas Oktriyanto, S.I.Kom.

Indra Bayu Adji, S.I.Kom.Sidiq Ariyadi, S.Sn.

Desain GrafisDiska Rahmita Gasti, S.Sn.

Rahadyan Wishnu Byantoro, S.Hum.

UNDIP WEEKLY

Penanggung JawabRatna Wahyu Setyaningtyas, S.H., M.Si.

Page 3: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

SEMARANG — Universitas Diponegoro(UNDIP) mampu menjaga keberadaannya diposisi terhormat pada pemeringkatanperguruan tinggi dunia yang dilakukan THEWorld University Ranking (WUR) Tahun 2022.Dari seluruh perguruan tinggi di Indonesiayang masuk dalam pemantaun THE WUR2022, Undip menduduki peringkat ke-7nasional.

Sedangkan secara global, Undip masuk dikelompok 1.200+ bersama beberapauniversitas ternama di Indonesia sepertiUniversitas Gajah Mada, UniversitasBrawijaya, Institut Pertanian Bogor (sekarangmemakai nama IPB University), UniversitasPadjajaran, dan Universitas Airlangga.Pemeringkatan secara global Times HigherEducation World University Ranking (THEWUR) 2022 melibatkan 1.600 universitas yangtersebar di 99 negara dan wilayah.

Dalam berbagai kesempatan, Rektor Undip,Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, selalu

UNDIP PERTAHANKANPOSISI TERHORMAT DITHE WORLD UNIVERSITYRANKINGS 2022

telah dicapai dalam kerjasama Undip danToyota pada periode sebelumnya. Salahsatunya melakukan penelitian ekosistemindustri UKM/IKM dengan lokasi diPurbalingga Jawa Tengah.

Dalam kaitan menjawab dinamika lingkunganyang strategis, Undip teris menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. “Kerja samaterus dijalin untuk meningkatkan kualitaslulusan Undip”, ungkap Agus Suherman,Kepala Sekretariat dan Protokol Undip.

Ia menambahkan, kerja sama dengan BUMNmaupun swasta yang sedang berjalan saat iniantara lain dengan Pertamina, Pupuk Kaltim,Wijaya Karya, Petrokimia Gresik, Adhi Karya,Pupuk Sriwijaya, dan PembangunanPerumahan.

“Undip saat ini juga sedang menjajakirencana kerja sama dengan PT Unilever, PTInka, dan PT Telekomunikasi Indonesia”,pungkas Agus.

Page 4: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Kemudian di posisi kelima ditempati BinaNusantara University Overall: 10,6-22,3;keenam Universitas Brawijaya Overall: 10,6-22,3; ketujuh Universitas Diponegoro Overall:10,6–22,3; kedelapan Universitas GadjahMada Overall: 10,6-22,3; kesembilanUniversitas Hasanuddin Overall: 10,6-22,3;dan kesepuluh Institut Pertanian BogorOverall: 10,6-22,3.

Sebagai catatan, hasil tahun ini menunjukkanuniversitas yang mempublikasikan risetbidang Kesehatan terkait Covid-19 memilikikenaikan signifikan pada sitasi, meski belumjelas apakah peningkatan di aspek sitasi iniakan mengubah hirarki pendidikan tinggiyang ada. Analisisis tim data THEmengidentifikasi 19 institusi pendidikan tinggiyang menunjukkan peningkatan tinggi padanilai sitasi dari 2021-2022, 11 diantaranyaberasal dari China, satu dari Taiwan danlainnya dari HongKong.

Institusi dengan lompatan besar pada sitasiadalah Capital Medical University, WenzhouMedical University and Wuhan University,semuanya berada di China daratan danmenunjukkan peningkatan sampai 30 poin.Peningkatan sitasi ini menjadi bagian daritren besar di China, dan banyak terjadi padauniversitas elite.

David Watkins, Kepala Bagian Data Sciencepada THE mengatakan riset terkait Covid danterutama yang terkait vaksin mendapat danasangat besar dan diprioritaskan, beberapaartikel mendapat lebih dari 20.000 sitasidalam masa setahun setelah dipublikasikan.

mengapresiasi hasil pemeringkatan yangdilakukan lembaga internasional dannasional, termasuk hasil pemeringkatan yangdibuat THE WUR. “Kami menerimanya denganbersyukur karena apapun itu adalah hasilupaya yang tidak mudah. Namun perlu kamitegaskan, seluruh sivitas akademika Undiptidak akan berhenti berupaya memperbaikikinerja, dan hasil pemeringkatan tersebutmenjadi salah satu masukan yang kami catatuntuk bahan evaluasi kami,” kata Prof YosJohan, Jumat (3/9/2021).

Dengan raihan tersebut, Undip tercatatmampu mempertahankan posisi terhormatdalam jajaran 10 perguruan tinggi terbaik diIndonesia dalam dua tahun pemeringkatansecara berturut turut. Pada THE WUR 2021yang dipublikasikan September tahun lalu,perguruan tinggi yang berpusat di KotaSemarang ini juga berada dalam jajaran 10perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Untuk membuat peringkat, THE WURmemakai indikator sama dengan yangdipakai tahun 2021, yaitu teaching, research,citations, industry income, dan internationaloutlook.

Berdasarkan hasil pemeringkatan kali ini,urutan pertama ditempati oleh UniversitasIndonesia, dengan hasil Overall: 27,2-31,9;posisi kedua Institut Teknologi BandungOverall: 22,4-27,1; posisi ketiga UniversitasPendidikan Indonesia Overall: 22,4-27,1;keempat Universitas Airlangga Overall: 10,6-22,3.

Page 5: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Kemudian di posisi kelima ditempati BinaNusantara University Overall: 10,6-22,3;keenam Universitas Brawijaya Overall: 10,6-22,3; ketujuh Universitas Diponegoro Overall:10,6–22,3; kedelapan Universitas GadjahMada Overall: 10,6-22,3; kesembilanUniversitas Hasanuddin Overall: 10,6-22,3;dan kesepuluh Institut Pertanian BogorOverall: 10,6-22,3.

Sebagai catatan, hasil tahun ini menunjukkanuniversitas yang mempublikasikan risetbidang Kesehatan terkait Covid-19 memilikikenaikan signifikan pada sitasi, meski belumjelas apakah peningkatan di aspek sitasi iniakan mengubah hirarki pendidikan tinggiyang ada. Analisisis tim data THEmengidentifikasi 19 institusi pendidikan tinggiyang menunjukkan peningkatan tinggi padanilai sitasi dari 2021-2022, 11 diantaranyaberasal dari China, satu dari Taiwan danlainnya dari HongKong.

Institusi dengan lompatan besar pada sitasiadalah Capital Medical University, WenzhouMedical University and Wuhan University,semuanya berada di China daratan danmenunjukkan peningkatan sampai 30 poin.Peningkatan sitasi ini menjadi bagian daritren besar di China, dan banyak terjadi padauniversitas elite.

David Watkins, Kepala Bagian Data Sciencepada THE mengatakan riset terkait Covid danterutama yang terkait vaksin mendapat danasangat besar dan diprioritaskan, beberapaartikel mendapat lebih dari 20.000 sitasidalam masa setahun setelah dipublikasikan.

Sedangkan hasil studi Caroline Wagner,Kepala Bidang Kerjasama Internasional padaOhio State University, menyimpulkanmayoritas sitasi terkait Covid adalah artikel-artikel yang ditulis oleh Lembaga di Chinabekerjasama dengan universitas ternama diAmerika Serikat atau Inggris.

Pada skala global Universitas Oxford dariInggris memuncaki keseluruhan ranking, danberhasil menempati posisi ini selama enamtahun berturut-turut. California Institute ofTechnology dan Harvard University sama-sama berada di posisi kedua. University ofOxford adalah universitas tertua di Inggrismemiliki kurang lebih 20.000 mahasiswadengan komposisi yang relative sama antaraundergraduates dan postgraduates.Universitas ini memiliki staf yang berasal dari100 negara dan 40% mahasiswanya berasaldari berbagai negara.

California Institute of Technology memilikikeunikan tersendiri karena jumlahmahasiswanya relative sedikit dibandingkanuniversitas lain. Mereka memiliki 1.000mahasiswa S1 dan 1.250 S2 dan S3. Caltechmemiliki enam departmen denganpenekanan kuat pada pengajaran dan risetscience dan technology. Lembaga ini berdiripada 1891 dengan nama Throop University in1891 dan berubah menjadi Caltech pada1920. Harvard University yang sama-samaberada di posisi kedua adalah salah satu dariIvy League, sekelompok universitas swastatop di Amerika Serikat. Harvard berdiri pada1636, merupakan universitas tertua di negaraitu. (tim humas)

Page 6: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

Semarang, Jawa Tengah (4/09/21). UniversitasDiponegoro (Undip) bekerjasama denganOtoritas Jasa Keuangan (OJK)menyelenggarakan program baru magistermanajemen (MM) konsentrasi manajemenresiko.

“Kebanggaan bagi Undip karena konsentrasiManajemen Resiko program MagisterManajemen ini satu-satunya di Indonesia”,ucap Rektor Undip Prof Yos JohanUtama,SH,M.Hum, dalam acarapenandatanganan Nota Kesepahaman danPeresmian Konsentrasi Manajemen RisikoKerjasama Undip dan OJK pada Jumat (03/09).

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Undipyang kerap di sapa Prof Yos inimenyampaikan apresiasi dan dukungan dariOJK atas terlaksananya kerjasamapenyelenggaraan konsentrasi manajemenresiko Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)Undip.

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Hal ini merupakan bagian dari upaya Undipuntuk menjawab tantangan global di sektorindustri jasa keuangan yang membutuhkanSDM yang mumpuni di bidangnya”,ungkapnya.

Sementara itu, Ketua OJK Prof. WimbohSantoso, M.Sc, Ph.D., yang juga anggotaMajelis Wali Amanat (MWA) Undipmengapresiasi Undip yang begitu cepatmerespon kondisi saat ini melalaui sinergidengan otoritas dan industri.

“Dengan sinergi antara universitas, industridan otoritas diharapkan mampumenumbuhkan inovasi supaya ekonomi tidaktergantung pada mobility dan basispertumbuhan ekonomi yang sustain”, ungkapProf. Wimbo.

Sementara Dekan FEB Undip Prof.Suharnomo, SE., M.Si., menjelaskan programkonsentrasi Manajemen Risiko bertujuanuntuk mempercepat peningkatan kapasitas dibidang industri jasa keuangan, dimana prosespembelajarannya bersifat aplikatif danmenyesuaikan dengan kebutuhan di duniakerja.

Semua mata kuliah wajib yang ditawarkan dikonsentrasi ini telah mendapatkanpenyesuaian agar selalu berfokus padabidang manajemen risiko, khususnya diindustri jasa keuangan. Mata kuliahkonsentrasi didesain secara khusus untukmemperdalam pengetahuan mahasiswa agarmenguasai kompetensi di bidang areamanajemen risiko perusahaan.

SATU-SATUNYA DIINDONESIA, PROGRAMMAGISTER KONSENTRASIMANAJEMEN RESIKOUNDIP

Page 7: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

SEMARANG – Universitas Diponegoro (UNDIP)menjalin kerja sama dengan perguruan tinggibereputasi yang berasal dari lima benuauntuk mendorong percepatan peningkatanmutu pendidikan, pengajaran, riset sertapertukaran mahasiswa dan pemberianbeasiswa. Kerja sama tersebut juga bagiandari upaya membawa Undip masuk dalamjajaran world class university.

Sedikitnya ada 118 perguruan tinggibereputasi yang sudah secara resmimelakukan kerja sama dengan Undip. Kerjasama dengan perguruan tinggi bereputasidari berbagai belahan dunia itu bisadimanfaatkan oleh seluruh unit kerja yangada. Data yang tercatat per awal September2021, dikelompokkan per benua, sebanyak 80perguruan tinggi di Asia, dari Eropa 21perguruan tinggi), tujuh perguruan tinggi dariAustralia dan sembilan Perguruan Tinggi dariAmerika Serikat, dan beberapa perguruantinggi di Afrika dalam kerja sama khusus.

“Selain kerja sama dengan perguruan tinggi

UNDIP JALIN KERJA SAMADENGAN UNIVERSITASDARI LIMA BENUA

Para pengajar di konsentrasi ini terdiri dariakademisi dan praktisi yang profesional dantersertifikasi, yang berasal dari Undip, OJKInstitute serta pakar-pakar di industri jasakeuangan. Secara periodik, dosen tamu yangberlatar belakang praktisi akan secara khususdiundang untuk melengkapi pemahamanmahasiswa akan seluk-beluk risiko.

Mahasiswa diharuskan untuk menempuhtotal 42 SKS untuk menyelesaikan gelarMagister Manajemen dengan konsentrasiManajemen Risiko ini. Untuk syarat kelulusan,mahasiswa membuat tesis dengan temabesar Manajemen Risiko, yang dapatditempuh dengan mengadopsi metode risetkuantitatif, kualitatif atau metode campuran.

Kepala Sekretariat dan Protokol Undip, Dr.Agus Suherman, S.Pi, M.Si menambahkanterdapat beberapa bidang kerja sama yangdijalin antara Undip dan OJK dan salah satupoinnya di bidang pengembangan keilmuandi sektor jasa keuangan, yang diwujudkandengan pembukaan program KonsentrasiManajemen Risiko di FEB Undip.

“Kerja sama ini disepakati untuk lima tahun,dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhanserta dinamika lingkungan strategis”,pungkasnya. (Utami/tim humas).

Page 8: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

negara di kawasan Asia, Undip menggandeng8 universitas di China, Iran (2 perguruantinggi/PT), India (2), Jepang (13), Kazakhstan(1), Korea (10), Malaysia (8), Filipina (3),Pakistan (1), Singapura (1), Taiwan (17),Thailand (5), Timor Leste (2), Turki (5), danVietnam (2), dan dengan SEAMEO RegionalCentre for Tropical Biology. Perguruan tinggidi Asia yang menjadi mitra Undip diantaranyaUniversiti Kebangsaan Malaysia, ChibaUniversity Jepang, Toyohashi UniversityJepang, dan Tunghai University Taiwan.

Untuk kawasan Eropa, mitra kerja samaUndip berada di Belanda (4 PT), Inggris (5),Itali (1), Jerman (2), Kroasia (1), Rusia (1), Swiss(1) dan Prancis (5). Beberapa namauniversitas terkemuka yang menjadi mitraUndip di Erpa di antaranya ErasmusUniversity Rotterdam Belanda, University ofApplied Sciences and Arts NortwesternSwitzerland Swiss, The University of TrentoItaly, University of Birmingham UnitedKingdom Inggris, dan Universite De PoitiersPerancis.

Untuk benua Amerika, beberapa PT yangmenjadi mitra Kampus Diponegoro diantaranya adalah The University of CaliforniaDavis, Trusteers of Boston University,Oklahoma State University, dan TheUniversity of Wyoming, Laramie. Sedangkandi Benua Kanguru adalah Griffith University ,The University of Queensland, MurdochChildrens Research Institute, CurtinUniversity, Universitas Canberra, TheUniversity of Newcastle, dan QueenslandUniversity of Technology.

bereputasi, Undip juga melakukan kerja samadengan lembaga swasta dan lembagaindependen. Sehebat apapun sumber dayayang dimiliki, semua lembaga punyaketerbatasan. Karena itu membangun kerjasama, kolaborasi adalah sebuahkeniscayaan,” kata Ymt Wakil Rektor 3 BidangKomunikasi dan Bisnis Undip, Dwi CahyuUtomo SE, MA, PhD; Senin (6/9/2021).

Dwi Cahyo menegaskan, semua kerja samadilakukan dalam posisi setara, salingmemberi dan menerima, meski perspektifdan cara pandangnya bisa saja berbeda.Karena itu, luasnya jaringan kerja sama yangdimiliki Undip bisa dimaknai juga sebagai“kontribusi Undip di tataran internasional”.

Secara tegas dia menepis persepsi kerja samadengan perguruan tinggi di luar negerisebagai upaya penguatan pendanaansemata. Menurut dia, itu pemahaman lamayang sudah tidak relevan lagi. “Dalam semuakerja sama pasti keduanya mendapatkanmanfaat. Undip juga memberikan beasiswakepada mahasiswa asing untuk belajar disini,” ungkapnya.

Mengenai masih banyaknya kerja samadengan universitas di Asia, hal itu karenamemang ada kesamaan kebutuhan dalampengembangan. Misalnya dalam riset, karenadi wilayah yang berdekatan, cakupan risetnyamenjadi lebih kuat. Juga karena kesamaanobyek penelitian, karena kondisi alam yangmirip, itu salah satu penyebab kerjasamaregional lebih menonjol.

Mengacu data yang ada, jika dirinci per

Page 9: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologibekerja sama dengan Lembaga PengelolaDana Pendidikan (LPDP).

Program IISMA sendiri merupakan programpertukaran pelajar (student exchange) yangdiselenggarakan oleh KementerianPendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologibekerja sama dengan universitas di seluruhIndonesia. Universitas akan mengirimmahasiswanya untuk melakukan prosesbelajar mengajar selama 1 semester diuniversitas-universitas mitra IISMA dan ICT diluar negeri. Pada tahun 2021 ini, UniversitasDiponegoro mengirimkan 42 mahasiswanyauntuk belajar di beberapa Universitas terbaikdunia antara lain: University of Pennsylvania,Amerika Serikat; University of Pisa, Italia;Tohoku University, Jepang; University ofMaastricht, Belanda, serta beberapa kampuskenamaan dunia.

Hadir memberikan sambutan dalam agendatersebut, Direktur Akademik, Kemahasiswaandan Alumni Universitas Diponegoro, HanifaMaherdanny, Ph.D. memberikan sambutankepada para awardee IISMA yang berharapagar mahasiswa Universitas Diponegoroselalu sehat dan bisa menjadi wakil BangsaIndonesia di Universitas tujuannya masing-masing. Senada dengan hal tersebut, KepalaKantor Urusan Internasional, AnggunPuspitarini Siswanto, Ph.D. mengatakan“mahasiswa awardee program IISMA sayaharapkan dapat mengambil pengalamansebanyak-banyaknya sehingga bisa menjadibekal kelak ketika telah kembali ke Indonesiauntuk turut serta membangun bangsa kita”tambahnya.

UNDIP MELEPASMAHASISWA PROGRAMSTUDENT EXCHANGE KEBERBAGAI UNIVERSITASBESAR DI LUAR NEGERI

“Membangun kerja sama, sudah pasti untukmembangun networking. Juga untuk salingberbagi kekuatan baik itu sumber daya,sistem atau yang lainnya yang dimilikimasing-masing perguruan tinggi. Dalampraktik penyelenggaraan pendidikan yangbermutu, masing-masing universitas memilikikelebihan dan kekurangannya. Oleh karenaitu, dalam peningkatan mutupenyelenggaraan pendidikan tinggikerjasama perlu dilakukan,” tukasnya. (timhumas).

Universitas Diponegoro menggelar kegiatanPelepasan Peserta Indonesian InternationalStudent Mobility Awards (IISMA) danInternational Credit Transfer (ICT) UniversitasDiponegoro 2021. Acara yang dilaksanakanpada 7 September 2021 ini mengundangpemangku kebijakan di lingkunganUniversitas Diponegoro serta awardeepenerima beasiswa program IISMA dan ICTyang dilaksanakan oleh Kementrian

Page 10: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

SEMARANG – Memasuki usia yang tidakmuda lagi, namun semangat belajar terusdiperlihatkan Prof DR Sultana MH Faradz PAK,PhD dalam hal pengembangan kelimuan dibidang genetika. Baru-baru ini dosensekaligus peneliti kedokteran di FakultasUniversitas Diponegoro (UNDIP) Semarangmemberikan ide tentang pengembanganpenggunaan obat-obatan yang lebih personalberdasarkan profil genetika yang kompleks.

Saat menjadi narasumber utama di sebuahmajalah Australia Indonesia AssociationVivtorian (AIAV) News yang diterbitkan akhirAgustus 2021, Prof Sultana melalui hasilwawancara bersama redaksi AIAV yaitu CarlyNorman menjelaskan, untuk mengantisipasitren permasalahan munculnya seputargenetika di tahun mendatang, Prof Sultanabersama tim akan mengusulkan penelitianpenggunaan obat-obatan yang personal(personal medicine).

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Perempuan yang pernah dianugerahiberbagai penghargaan atas karyanya dibidang medis, termasuk: Finalis AlumniAustralia dalam Riset dan Inovasi dariKedutaan Besar Australia di Jakarta padatahun 2009; Peneliti Kedokteran TerbaikNasional dari Yayasan Bakrie Tahun 2012menjelaskan, bahwa dengan obat-obatanyang lebih personal berpotensi setiap orangdimasa mendatang mungkin akanmenggunakan chip. Di masa mendatangdokter dapat membaca file berdasarkan chip.Hal ini akan membuat dokter memahamiobat ideal pasien berdasarkan pola DNAmereka.

“Ini sangat penting dilakukan untukmengatasi persoalan terkait gejala penyakityang disebabkan faktor genetika yangsemakin kompleks di masa mendatang bagimasyarakat,” kata Prof Sultana kepada timhumas, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, setiap ilmuwan harusmemimpikan apa yang bisa mereka lakukanuntuk dunia ini sehingga bisa bermanfaat.Melalui kepakarannya, dirinya inginmembantu banyak orang. Prof Sultana jugamenyinggung pola pikir di negaraberkembang bagi orang yang hanya untukmengincar lebih banyak uang dari padapengetahuan dan berhenti begitu merekamencapai posisi tinggi.

“Misalnya, pekerjaan saya dimulai dengandisabilitas intelektual, tetapi sekarang dalamgangguan perkembangan seks. Denganmendapatkan gelar PhD saya, itu adalah awaldari kehidupan ilmiah saya. Sains adalah

GURU BESAR UNDIP PROFDR SULTANA USULKANPENGUNAAN OBATBERDASAR PROFILGENETIK

Page 11: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

genetik untuk menasehati, memberikanedukasi kepada keluarga dan pasien tentanghal itu.

Kemudian, dirinya menulis buku tentangmasalah ini berjudul “Mengenal SindromDown: panduan untuk orang tua danprofesional”, dan memberikannya kepadaorang tua/pasien. Orang tua sering terkejutdan malu memiliki anak dengan downsyndrome dan tidak ingin memiliki anak lagikarena kekawatiran penyakit menurun , tetapiini adalah pendapat yang salah yang dipicuoleh informasi yang salah. Hal ini sangatmenginspirasi untuk membantu danmendidik keluarga-keluarga.

“Inilah sebabnya mengapa belajar adalahpembelajaran sepanjang hayat. Semuapekerjaan ini telah membawa saya untukmempelajari gangguan diferensiasi seks, jugadikenal sebagai alat kelamin yang ambigu(rancu). Sampai saat ini saya masih risetdengan MCRI/Royal Children’s Hospital,Australia. Saya bisa melakukan ini karenaAustralia kaya dana dan peralatan canggih,sedangkan Indonesia banyak kasus,”pungkasnya. (tim humas)

bidang yang dinamis dan membutuhkanpembelajaran terus menerus, oleh karena itumengapa belajar adalah pembelajaransepanjang hayat,” tuturnya.

Sebagai seorang perempuan yang memilikibanyak prestasi, Prof DR Sultanamenceritakan pengalamannya pertama kalibelajar sitogenetika di Jepang. Dirinya merasasenang mempelajari ini karena tidak adaperkembangan pengetahuan ini di Indonesia.“Saya cukup frustrasi ketika saya kembali keIndonesia karena saya tidak memilikiperalatan yang sama, untungnya sebuahrumah sakit swasta mengizinkan saya untukmenerapkan ilmu ini dan saya dapatmenyebarkan pekerjaan saya di pusat-pusatlain. Saya kemudian pergi ke Sydney,Australia untuk mempelajari sitogenetikakanker selama tiga bulan, di mana merekamendorong saya untuk melanjutkan ke PhDsaya. Jadi, saya kembali lagi ke Australiadengan beasiswa selama lima tahun diUniversity of NSW. Saat itu mengalamikehidupan yang sulit, karena saya membawaketiga anak saya dan suami saya di Belandasedang menyelesaikan PhD,” jelasnya.

Mengenai ketertarikan belajar genetika, Prof.Sultana menceritakan pertama kali tertarikbekerja dengan disabilitas intelektual padaanak-anak, karena waktu itu dirinya tidakmenemukan informasi tentang downsyndrome atau pada wanita di atas tiga puluhlima tahun yang mempunya risikokemungkinan mereka untuk memiliki anakdengan down syndrome. Dari situ dirinyabelajar bagaimana melakukan konseling

Page 12: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

SEMARANG – Dua Program Studi (Prodi)Fakultas Hukum Universitas Diponegoro(UNDIP) tengah mengikuti proses penilaianuntuk memperoleh Akreditasi Internasionaldari Foundation for International BusinessAdministration Accreditation (FIBAA) sebagaibagian dari upaya Undip menjadi world classuniversity. FIBAA merupakan lembagapenjaminan mutu dan pengembangankualitas pendidikan tinggi yang berbasis diJerman.

Adapun kedua program studi yang tengahdiproses akreditasinya oleh FIBAA adalahProdi S1 (Sarjana) Hukum, dan Prodi MagisterHukum. Adapun untuk Prodi lain di FH Undip,yakni Prodi Doktor Ilmu Hukum dan ProdiMagister Kenotariatan akan menyusul setelahS1 Hukum dan Prodi Magister Hukum resmimempereoleh akreditasi FIBAA.

Ketua Tim Penyiapan FH Undip, Dr. AdityaYuli Sulistyawan, S.H., M.H., kepada timhumas, Senin (6/9/2021) mengatakan langkah

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

ini selaras dengan visi dan misi FakultasHukum Undip menjadi salah satu fakultasyang berstandar Internasional dan berdayasaing global. “Hal ini juga mendukung langkahUndip yang terus meningkatkan kualitaspelayanan maupun pembelajaran di kampusguna menjadi yang terbaik dalamperangkingan perguruan tinggi baik ditingkatnasional maupun global,” katanya.

Mengenai persiapan yang dilakukan, secarainternal sudah diselesaikan berbagaidokumen yang diperlukan dengan pola self-assesment report (SAR) sebagai syaratpenilaian untuk mendapatkan predikatterakreditasi Internasional dari FIBAA.Pimpinan Fakultas Hukum Undip juga sudahmembentuk panitia khusus yang bertugasmengerjakan persiapan penilaian ini.

“Kebetulan yang ditunjuk sebagaipenanggung jawab tim panitia penilaianadalah saya. Sehingga saya langsungmembentuk tim untuk mempersiapkandokumen-dokumen yang diperlukan dalampenilaian akreditasi Internasional dari FIBAA,”tutur Aditya Yuli.

Persiapan yang dilakukan sudah berlangsungsejak sembilan bulan lalu. Aditya dan timberupaya keras melengkapi dokumen yangdiperlukan, serta mengisi berbagai formuliryang diperlukan sebagai syarat kelengkapanakreditasi. “Komponen penilaian terdiri dariprosedur penerimaan mahasiswa, kurikulum,kualitas infrastruktur penunjang perkuliahan,proses pengajaran dan quality assurancepada program studi terkait,” diamenambahkan.

DUA PRODI FAKULTASHUKUM UNDIP MENUJUAKREDITASIINTERNASIONAL FIBAA

Page 13: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Undip mengirimkan tenaga pengajarnyauntuk membantu pendidikan dan pelatihanUMKM binaan Dinas Perdagangan KoperasiUKM Kabupaten Demak yangdiselenggarakan pada Jumat 27 Agustus 2021dan Kamis 2 September 2021. Dinas tersebutmengirimkan surat permohonan bantuantenaga pengajar kepada Kepala LembagaPengelola PSDKU UNDIP Dr. Redyanto Noor,M.Hum. Pihak PSDKU Undip kemudianmenugasi salah satu dosennya yaitu RopinovSaputro, S.E., M.M. yang memiliki kompetensikewirausahaan sekaligus mengajar matakuliah kewirausahaan di Program Studinyayaitu D3 Administrasi Pajak K. Batang.

Kegiatan berjudul Pelatihan PenumbuhanWirausaha Baru Bagi Masyarakat TerdampakCovid-19 Tahun Anggaran 2021 dengan temaPenyusunan Pembukuan Praktis Bagi UMKMdiselenggarakan pada Jumat 27 Agustus 2021di Balai Desa Tegalarum Kecamatan

Adapun pelaksanaan asesmen oleh TimAssesor FIBAA dilakukan secara daringmelalui platform zoom meeting pada tanggal31 Agustus 2021 sampai 2 September 2021.Proses penilaian dilakukan denganmewawancarai sejumlah pejabat di FakultasHukum mulai dari Dekan dan para wakildekan; kemudian para guru besar,perwakilan dosen, alumni, staf kependidikan,juga beberapa mahasiswa.

“Hal ini dilakukan oleh Tim Assesor FIBAAuntuk mengkroscek dan menyesuaikaninformasi yang dilampirkan dalam dokumenSER dengan beberapa informan kunci. ProsesAssesement berlangsung dengan lancar danFakultas Hukum Undip akan menerimapengumuman hasil penilaian pada bulanNovember 2021 nanti,” jelasnya.

Sebagai informasi, baru-baru ini Undipberhasil meraih prestasi pada peringkatTimes Higher Education World UniversityRanking 2022. Undip berada di peringkat1201+ sebagai Top Indonesian University.(tim humas).

KONTRIBUSI UNDIPDALAM PEMBANGUNANUMKM DAERAH DITENGAH PANDEMI TAHUN2021

Page 14: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

komunikasi negosiasi bisnis luring, maknerepeat order dimata algoritma maupunkonsumen dan lain-lain. Narasumber jugamenjelaskan jika sebuah pemasaran yangbaik, selain menawarkan produk bermutu,juga harus mampu membuat konten yangSEO (Search Engine Optimization) sehinggamesin pencarian/marketplace dapatmerekomendasikan konten/produk tersebutkepada calon pembeli yang relevan.

Sama dengan pelatihan yang pertama, acaraini ditutup oleh narasumber dengan memintafeedback dari para peserta pelatihan yangberisi mengenai kepuasan sebagai pesertadan juga usulan tema pelatihan UMKM yangdibutuhkan oleh para peserta. Dari keduapelatihan tersebut mayoritas pesertamengharapkan pelatihan bertemapemasaran digital, permodalan, ataupengelolaan pegawai/tim (SDM). Ropinovmengatakan bahwa kebutuhan pelatihanmasing-masing kelompok UMKM berbeda,untuk meningkatkan kecocokan pelatihandengan kebutuhan UMKM salah satunyaditempuh dengan feedback dari para pesertaUMKM.

Kegiatan kerja sama ini merupakan salah satuIndikator Kinerja Utama (IKU) UniversitasDiponegoro dimana dosen diharuskanmemperbanyak kegiatan di luar kampus.Lebih lanjut, hubungan kerja sama antaraUniversitas Diponegoro dan DinasPerdagangan Koperasi UKM KabupatenDemak ini akan segera dilegalkan melaluiperjanjian kerja sama kedua instansi dimanaPKS ini berada dalam tahap penyusunan olehkedua belah pihak. Jaya UMKM Naik Kelas!

Mranggen. Sekitar 40 UMKM bidangmanufaktur kerajinan dengan antusiasmengikuti pelatihan ini. Acara berlangsungselama 90 menit diisi dosen Undip denganpematerian untuk mengubah mindset UMKMagar mulai melakukan pembukuan usahanya.Ropinov mengatakan bahwa sesuai denganUU No. 20 Tahun 2008 mengenai UMKM danSAK EMKM, UMKM setidaknya mampumemproduksi 3 jenis laporan keuangan yaituneraca atau laporan posisi keuangan, laporanlaba rugi, dan catatan atas laporan keuangan.Ropinov menambahkan bahwa UMKM perludibekali wawasan dan contoh nyatakeuntungan membuat pembukuan, laporankeuangan, termasuk perpajakan, sehinggamereka lebih semangat membuat laporankeuangan.

Masih pada rangkaian PelatihanPenumbuhan Wirausaha Baru BagiMasyarakat Terdampak Covid-19 TahunAnggaran 2021, pada Kamis 2 September2021, kegiatan dilakukan di KecamatanMranggen, Demak. Pelatihan yang diikutipara pelaku usaha konveksi ini mengangkatTopik “Pemasaran Produk UMKM Fashiondan Konveksi”. Ropinov Saputromembawakan materi berisi konsep dasarpemasaran seperti Strategi SegmentingTargeting Positioning dan Marketing Mix yangkemudian dilanjutkan dengan memberikanpengantar konsep berpikir algoritmaperiklanan digital. Tentu bukan Koding ataualgoritma sulit namun lebih kepadamenerjemahkan makna dari sebuah CookiesCache, like, share, interaksi dengan calonpembeli secara daring sebagai ganti

Page 15: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

Semarang (7/9/21). Universitas Diponegoro(Undip) Semarang Jawa Tengah kembalimenorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kaliini, Tim Debat Universitas Diponegoroberhasil menyabet Juara 3 Bersama Nasionaldalam National University DebatingChampionship (NUDC) dan Juara 3 Nasionaldalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia(KDMI) tahun 2021 yang diselenggarakanPusat Prestasi Nasional KementerianPendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Adalah Mutiara Noverita Arumdapta danKevin Rendra Pratama yang berhasilmembawa Undip memperoleh medali Emasdalam NUDC 2021”, ungkap Dr. AgusSuherman, S.Pi., M.Si, Kepala Sekretariat danProtokol Undip.

Dirinya menambahkan atas prestasi ini,membawa Undip menjadi juara 3 BersamaNasional, serta dalam Open CategoryChampionship, Undip berhasil mendudukiCo-2nd Runner Up.

“Undip menyampaikan selamat atas capaian

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

yang diraih dalam ajang NUDC dan KDMI.Semoga menjadi semangat dan inspirasi bagiteman-temannya”, tambah Agus.

Sementara itu Mutiara Noverita Arumdaptamengungkapkan rasa bangga telah berhasilmenjuarai ajang NUDC 2021.

“Saya merasa bahwa kompetisi inimerupakan ajang terbesar untuk lombaperdebatan bahasa Inggris di seluruhIndonesia dan saya yakin ini merupakansuatu milestone yang juga diharapkan olehsaya dan juga banyak teman-temankomunitas debat untuk mengikuti kompetisiini”, ungkap Mutiara di malamPenganugerahan NUDC & KDMI TingkatNasional 2021 yang disiarkan melalui channelYoutube KEMENDIKBUD RI, Sabtu (04/09).

Ia menambahkan dirinya merasa bahwakompetisi debat ini adalah kompetisi debatyang sangat inklusif karena mengirimkanseluruh perguruan tinggi di Indonesia dengankompetisi yang sangat menarik, sehinggamilestone ini lah motivasi terbesar sayamengikuti kegiatan NUDC.

Selain itu, KDMI 2021, Undip berhasilmenyabet medali emas yang diperolehHafizat Intan Amalia, dan medali perak yangdiperoleh Ryan Kam Vikri. Dengan raihanmedali tersebut, Tim Debat Undip berhasilmenjadi Juara 3 Nasional dalam KDMI 2021.Hafizat Intan Amalia juga dinobatkan menjadiPembicara Terbaik dalam KDMI 2021.

NUDC dan KDMI merupakan kegiatantahunan yang menjadi ajang positif bagi

MAHASISWA UNDIPJUARA NASIONAL AJANGDEBAT MAHASISWA

Page 16: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Toronto International Society of Innovationand Advanced Skills (TISIAS)menyelenggarakan lomba InternationalInvention Innovation Competition in Canada(iCAN) pada 29 Agustus 2021 secara online viazoom. Universitas Diponegoro mengirimkan 1tim delegasi yang terdiri dari 5 mahasiswa(Muhammad Mufaiduddin, Aulia SalwaAlfaina, Adelia Pangesti, Luh Ayu Nanamy K ES, Nur Indah Meyrianawati, dan Haidar YusufAffandy) dan 2 dosen pembimbing (Dr. RifkyIsmail, S.T., M.T, dan dr. Hari Peni Julianti,Sp.KFR, M.Kes). Karya inovasi yang diajukanoleh tim undip berjudul “The Effect ofExoskeleton Robotic Hand on the MuscleStrength in Stroke Patients”.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua tahap, yaituseleksi lolos berkas dan presentasi. Pada

mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkankemampuan terbaiknya dalam berpikir kritisdan berkomunikasi baik dalam bahasa Inggrismaupun dalam bahasa Indonesia, sertameningkatkan kepercayaan diri,mengembangkan jejaring antar perguruantinggi, dan memupuk rasa kesatuan dankebanggaan terhadap kebhinekaan, bangsa,dan budaya.

Dalam laporannya, (Plt.) Kepala Pusat PrestasiNasional, Asep Sukmayadi mengungkapkankeseluruhan peserta yang mengikutikompetisi ini sebanyak 672 mahasiswa yangberasal dari berbagai macam perguruantinggi di seluruh Indonesia.

NUDC dan KDMI dibuka secara resmi olehDirjen Dikti pada 24 Agustus 2021 danberlangsung selama 11 hari sampai dengan04 September 2021. Kompetisi yang sudahbergulir sejak tahun 2008 ini diselenggarakanuntuk mewujudkan pelajar Pancasila yangberpikir kritis, kreatif, dan berkebhinekaan.

DELEGASI UNDIPMENDAPATKAN GOLDMEDAL DAN CANADIANSPECIAL AWARD DIINTERNATIONALINVENTION INNOVATIONCOMPETITION IN CANADA(ICAN) 2021

Page 17: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

dekat dengan kehidupan sehari-hari,sehingga semakin berkembang, dan selaludibutuhkan. Departemen Ilmu Komunikasiadalah proyek penelitian yang mempelajaribagaimana memproses pesan secara efektifuntuk mencapai tujuan yang diinginkan”ungkap Erik Saropie, Alumni Ilmu KomunikasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Diponegoro.

“Selain itu, Departemen Komunikasimempelajari tingkat komunikasi yangberbeda, seperti antar individu dan antarmedia. Yang menarik, jurusan IlmuKomunikasi harus berhubungan langsungdengan manusia karena kita terlibat dalamdialog. Bukan percakapan biasa, melainkanpercakapan yang bermakna dengan tujuantertentu, seperti lobi dan negosiasi, publicspeaking, dan komunikasi persuasif yangdapat mempengaruhi orang lain” lanjutnya.

“Dalam sisi perkuliahan, cara dosenmenyampaikan materi itu berbeda-beda.Terkadang ada dosen yang memiliki carapenyampaian materi yang jelas dan mudahdimengerti oleh mahasiswa, namun adapulasebaliknya. Tetapi selama kuliah di Undip,saya merasa sangat senang dan dapatmengikuti materi yang telah disampaikanoleh dosen kepada kami. Menjadi seorangmahasiswa pada jurusan Ilmu KomunikasiUniversitas Diponegoro, membuat saya lebihpaham pada pengetahuan tentang peranhumas dan keprotokolan terhadap nilaipemerintahan secara umum. Saya jugapaham bagaimana peran dan fungsipemerintah, atau tata cara dalam menjalanisuatu hubungan yang harmonis dalam rumah

tahap seleksi berkas, setiap tim diharapkanuntuk memaparkan penemuan merekadengan baik dan meyakinkan menilai melaluideskripsi singkat dalam formulir pendaftaranitalic. Selanjutnya tahap presentasi ialahtahapan jika sudah lolos seleksi berkas,peserta akan mempresentasikan inovasisecara virtual melalui zoom. Setelah melewatiseluruh tahapan dengan penuh perjuangan,Alhamdulillah, Undip meraih mendapatkanGOLD MEDAL dan Canadian Special Award.Prestasi ini juga tidak lepas dari peranbimbingan para dosen. Semoga ke depandelegasi Undip semakin membanggakan.

ERIK SAROPIE (ALUMNIILMU KOMUNIKASI FISIPUNDIP): PENDIDIKANPENTING BAGI SETIAPORANG UNTUKMENGEMBANGKANPOTENSI DIRI

“Jurusan Ilmu Komunikasi masih menjadisalah satu program pembelajaran yang palingbanyak diminati oleh calon mahasiswa baru.Hal ini dikarenakan komunikasi sendirimerupakan salah satu bidang yang sangat

Page 18: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

“Ada juga pendidikan informal, pendidikanyang diperoleh di rumah atau di lingkungansekitar. Pendidikan informal menjadi sumbernutrisi terbaik yang diperlukan oleh calonprofesional seperti kita. Hal ini banyakdidapat dari nongkrong di suatu tempatuntuk berkumpul dan melakukan kegiatanmengisi waktu luang. Fenomena nongkrongitu sendiri menarik bagi saya, karena banyakketerampilan dasar yang saya perlukan dalammembangun karir dalam pekerjaan, atauminimalnya diligence skills. Idealnya 30:70,30% untuk ilmu formal dan 70% untuknonformal, di dalam penerapan ilmukomunikasi, sehingga proporsi hubunganantar bagian dari ilmu formal dan nonformalsecara keseluruhan bisa seimbang dan tidakmembeda-bedakan” pungkasnya. (LindaHumas)

tangga pemerintahan maupun instansiterkait yang menyangkut dengan hajat hiduporang banyak” tuturnya.

Erik masuk Undip melalui jalur SeleksiBersama Masuk Perguruan Tinggi Negeritahun 2002 dan lulus tahun 2006. Iamengawali karir di sebuah stasiun televisiswasta nasional di jalur broadcast industrytrends. Namun pada akhirnya diterima dalamformasi PNS 2009, Kementerian Hukum danHAM RI, Direktorat Jenderal KekayaanIntelektual, di Subdirektorat PemeriksaanPaten, Departemen, Direktorat Paten, DesainTata Letak Sirkuit Terpadu Dan RahasiaDagang.

Menurutnya pendidikan adalah prosespembelajaran pengetahuan danketerampilan, yang dapat dilakukan kapansaja, di mana saja. Dari kecil hingga besar,semua orang bisa mengenyam pendidikan.Pendidikan sangat penting bagi setiap orangyang bertujuan untuk mendidik danmengembangkan potensi dirinya. Melaluipertumbuhan dan perkembangan, setiaporang dapat memiliki kreativitas,pengetahuan yang lebih luas, kepribadianyang baik dan menjadi pribadi yangbertanggung jawab. Pendidikan dapatdilakukan dimana saja, seperti pendidikanformal, pendidikan di sekolah, ataupendidikan terstruktur. Selain itu, adapendidikan nonformal, pendidikan yangdilaksanakan selain pendidikan formal,seperti lembaga kurikulum (bimbel), lembagapelatihan (ekstrakurikuler), kelompok belajar,dan masih banyak lagi.

Page 19: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

“Setelah gagal ikut UMPTN tahun 2002dengan pilihan Peternakan dan BiologiUniversitas Diponegoro, saya didorongkeluarga untuk kuliah di Fakultas Sastra,padahal saya lulusan SMA Negeri 1 Semarangjurusan IPA. Bahkan, tes masuk Diploma yangdipilih adalah Bahasa Inggris, pilihan pertamadan pilihan kedua Bahasa Jepang akhirnyaditerima di pilihan kedua. Saya mahasiswaSastra angkatan 2002, dan lulus tahun 2007”tutur Denny Eko Wibowo, A.Md., S.Sn., M.A.,Alumni D3 Bahasa Jepang UniversitasDiponegoro.

“Sejak masuk kuliah di Jurusan BahasaJepang, hal menarik yang tentu diperolehadalah belajar bahasa negara lain denganaksara khas dan aturan komunikasi yangunik, juga belajar ragam budaya Jepang.Meskipun awalnya kurang tertarik, tetapikemudian menumbuhkan rasa minat yangtinggi, sebab banyak yang dipelajari dari

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

bahasa Jepang ini berkaitan dengankebudayaan manusia Jepang. Bukan hanyahal teknis menuturkan bahasa, danmenuliskan Hiragana-Katana-Kanji namunjuga belajar bagaimana sikap yang tepat saatberkomunikasi menggunakan bahasa Jepang.Hal yang membuat saya heran dan mencobamengingat pengalaman belajar bahasaJepang adalah saat terbiasa dengan pensil,maka saya tidak banyak menyediakan pulpen.Ini membuat saya menjadi merasa unik,bahkan kawan dari jurusan lain selalu heranjika hendak meminjam pulpen dari saya.Bukan masalah tidak punya pulpen, tetapihampir keseluruhan kelas menggunakanpensil sebagai alat tulis utama dalam menulisaksara-aksara tersebut.” lanjutnya.

“Undip merupakan wadah belajar sayasebagai mahasiswa pertama kali, setelah lulusdari tingkat sekolah menengah. Status siswamenjadi mahasiswa ini, bagi saya merupakanproses pengalaman yang sangat berharga.Terlebih dari pengalaman berorganisasi diUKM Kesenian Jawa Undip, kecakapan atauketerampilan teknis diperoleh dalam bangkukuliah, namun softskill menjadi kompetensidan karakter sikap yang lebih penting.Softskill adalah daya hidup yang mampumengadakan keberlanjutan kemandirianseseorang. Undip menjadi wadah tempaperalihan karakter siswa menuju mahasiswa,sekaligus wadah mengasah softskill dalamlingkungan yang baru” ungkapnya.

Setelah lulus D III Bahasa Jepang Undip,Denny memutuskan keluar kota Semarangsebagai titik awal menemukan passion sejakkecil dalam dunia seni. Ia pernah menjadi

DENNY EKO WIBOWO,A.MD., S.SN., M.A.,ALUMNI D3 BAHASAJEPANG UNDIP YANGMENJADI DOSEN SENITARI

Page 20: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

sudah berubah sedemikian rupa, bahkankelak pendidikan akan menemukan model-model pembelajaran yang sifatnya dinamissesuai perkembangan peradabanmanusianya. Berjalanlah hari ini, sebab jikatidak berjalan hari ini, esok kita harus berlari”pungkas Denny. (Linda Humas)

karyawan maintenance EDC, pernah menjadiperias pengantin, hingga “ngamen” dalamacara-acara yang memerlukan sajian seni.Tahun 2010 ia memutuskan menekunipassionnya di dunia seni dengan melanjutkanstudi di ISI Yogyakarta, jurusan S1 Seni Tari.

“Setelah lulus di tahun 2015, keinginan sayaterus belajar mendorong studi lanjut S2 keProgram Pengkajian Seni Pertunjukan danSeni Rupa UGM Yogyakarta pada tahun 2015.Tahun 2018 studi S2 saya usai, sekaligus saatitu menjadi awal karir saya sebagai dosendimulai. Pada titik ini, saya yakin bahwa seniadalah hal yang bisa sejajar dengan bidangilmu lain, yang memiliki banyak scholar ataucendekiawan, doktor atau bahkan professor.Semoga ada rezeki dan sehat sehingga studilanjut tingkat doktoral bisa diwujudkan”lanjutnya.

Saat ini ia bekerja di Universitas Universal,Batam – Kepulauan Riau, sejak 2018 terbitsebagai dosen dan memiliki NIDN diPangkalan Data Pendidikan Tinggi sekaligusmenjabat sebagai Koordinator Program StudiSeni Tari. Sebelumnya, ia menduduki posisiSekretaris Dekan Fakultas Seni yang telahditunaikan dari 2019-2021.

“Pendidikan tidak hanya penting, tetapiberdaya. Pendidikan semacam proses asah-asih-asuh, proses interaksi yang tidak hanyamengasah kemampuan teknis tetapi jugasoftskill. Kesempatan peroleh pendidikan kinisangat terbuka untuk siapa saja, warganegara Indonesia. Lantas, kenapa kita harusmemposisikan diri seperti masa lampau yangsangat susah peroleh pendidikan? Zaman

EPIDEMIOLOG FKM UNDIPINGATKAN JANGANLENGAH HADAPI COVID-19, PPKM PROSESEDUKASI

SEMARANG – Makin menurunnya levelPemberlakuan Pembatasan KegiatanMasyarakat (PPKM) dan melandainya jumlahpenderita Covid-19 di sejumlah kota dankabupaten di Indonesia, diharapkan tidakmembuat lengah masyarakat danpemerintah. Sementara PPKM dinilaiepidemiolog dari Fakultas KesehatanMasyarakat (FKM) Undip sebagai edukasikepada masyarakat.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)Undip, Dr. Budiyono, S.KM, M.Kes,mengatakan hal itu dalam temu pers yangdilakukan via Zoom Meeting bertajuk

Page 21: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

‘’Karena varian akan terus muncul dan virusakan terus berdadaptasi, maka manusiapunharus siap dan jangan lengah, karena semuaitu tidak bisa mencegah manusia untukterinfeksi,’’ jelasnya.

Ke depan, faktor sosial menjadi hal yangsangat penting dalam menghadapinya Covid-19, utamanya penerapan pemakaian masker,mencuci tangan dan menjaga jarak dalamkeseharian. Itu harus dilakukan dalam setiapkegiatan, seperti di mal, pembelajaran tatapmuka (PTM) di tempat kerja, pasar dan lain-lain. ‘’Pemerintah juga harus giat melakukantracing, sehingga bisa mengetahui rasionya.Ini penting untuk membuat PPKM level 1, 2 3dan 4 serta kebijakan lainnya.’’

Sementara itu Epidemiolog Undip, dr. AriUdijono, M.Kes, mengatakan jika hakekatPPKM adalah adanya pembatasan karenamasih ada masalah penularan Covid-19.‘’Maka PPKM, saya lihat sebagai edukasi daripemerintah agar masyarakat patuh danmengurangi potensi kerumuman,’’ kata AriUdijono.

Ari mengungkapkan, konsep dalammenghadapi wabah Covid-19 adalahbagaimana kita memutus mata rantaipenyebarannya. Sebab prinsip dari hilangnyaatau turunnya kejadian Covid-19, apabilamata rantai penularan bisa ditekan.

Upaya pengendalian dilakukan orang perorang, agent serta lingkungan. Setiap orangselain diminta menerapkan 3 M, juga harusmulai memahami teknis yang terkait, sepertijenis masker yang dipakai dan kemampuan

Mengantisipasi Kelengahan Pasca PenurunanAngka Covid-19. ‘’Kondisi saat ini, varian baruCovid dikhawatirkan akan muncul danmuncul lagi. Di satu sisi, kendornyamasyarakat dan pengawasan pemerintahbisa jadi justru menyebabkan naiknya angkaCovid di Tanah Air kembali. Karena itu perluwaspada, jangan lengah,” kata Budiyono,pada pertemuan yang digelar Minggu(5/9/2021).

Menurut dia, kesadaran menggunakanmasker di masyarakat masih kurang. Karenaitu komitmen untuk tetap menjalankan 3 Myakni mencuci tangan dengan sabun,menjaga jarak dan memakai masker. Diamengingatkan kemunculan varian baru yangnantinya bisa menjadikan pandemi atauwabah menjadi endemi Covid-19. Endemiadalah penyakit yang muncul dan menjadikarakteristik di wilayah tertentu karenamutasi virus atau bakteri penyebabnya.

Perlu dipahami, untuk mempertahankanhidup virus akan terus bermutasi denganmerubah menjadi varian baru. Di satu sisi,masyarakat sendiri belum semuanyamemperoleh vaksinasi Covid-19, di sisi lainvirus terus bermutasi. Karena itu, untukmencapai herd immunity distribusi vaksinperlu dimaksimalkan, termasuk cakupanpemberiannya yang masih ada pembatasanusia.

Secara teoritis, kekebalan tubuh seseorangbisa diperoleh dari vaksinasi atau karenaorang pernah terkena Covid-19. Namundiingatkan kekebalan tidak bersifatpermanen dalam memberikan perlindungan.

Page 22: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Menurut dia, kalaupun nantinya sudah tidakterjadi penularan, 3 M tetap harus dilakukansehingga menjadi kebiasaan yang berlanjut.Sebab ini sangat penting, mengingat virusCovid saat ini makin banyak variasi akibatmutasi. “Yang perlu diwaspadai, jika terjadikelonggaran, adalah kemudian munculnyalagi penyebaran Covid-19,’’ tukasnya. (timhumas)

proteksinya. Kemudian pemahamanterhadap agent yakni tentang benda-bendayang berpotensi menjadi medium penularan.

Tentang lingkungan juga menjadi haltersendiri yang perlu dipahami. ‘’Manusia diIndonesia senangnya kumpul-kumpul,akibatnya sekarang sudah mulai ramai lagi.Maka, kita harus mencari solusi tetapberaktivitas dan menjalankan rodaperekonomian namun mata rantai bisadicegah,’’ harap dia.

Epidemiolog Undip yang lain, Dr. dr. BagoesWidjanarko, MPH., mengatakan konsep dasarpenanganan Covid-19 sama dengan penyakitmenular lainnya. Tetapi Covid-19 adalahsalah satu penyakit yang resiko penularannyaterjadi karena adanya pola sosial yangdilakukan antar manusia, misalnyapertemuan dan kumpul-kumpul. ‘’Resikolebih tinggi jika terjadi interaksi. Makapemerintah sebagai regulator harusmembuat regulasi, kita tetap harusmenerapkan 3 M, dilakukan sampaikapanpun sampai dinyatakan tidak pandemilagi,’’ ujar Bagoes Widjanarko.

Bagoes mengakui bagaimanapun Konsep 3 Mmerupakan cara yang ampuh dalammenghadapi pandemi Covid-19, selain upayavaksinasi supaya terjadi herd immunity.Karena itu, pemerintah tetap harusmengedukasi masyarakat, bagaimanamelakukan proteksi melalui masker untukmencegah percikan dari virus yang agar tidakmencapai saluran pernafasan. ‘’Kita juga bisamelakukan tindakan sosial namun denganprotokol kesehatan yang ketat, dan manusiaharus bisa menyesuaikan diri.’’

DR. DR. SUTOPO PATRIAJATI, M.M., M.KES(DIREKTUR UTAMA RSNDUNDIP): JANGAN ABAIPADA COVID-19, TETAPJAGA PROKES

“Situasi RSND pada waktu serangan Covid-19beberapa bulan lalu seperti perang, saat itusangat prihatin dan diperparah denganoksigen yang terbatas. Namun sekarang iniRSND nol pasien covid, pada prinsipnyasudah terkendali” tutur Dr. dr. Sutopo PatriaJati, M.M., M.Kes., Direktur Utama RumahSakit Nasional Diponegoro UniversitasDiponegoro dalam acara Dialog Interaktif“Pelan-Pelan Kasus Covid Melandai, Pelan-Pelan Kondisi Membaik” Bersama Radio IdolaSemarang, (7/9).

Page 23: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi JawaTengah menuturkan pandemi ini belumselesai, tetap taat protokol kesehatan, jangansampai abai. “Vaksinasi terus dikejar danditingkatkan, Jawa tengah secarakeseluruhan, dari lansia, ibu hamil, nakes, danlain-lain masih harus terus berlari untukmenyelesaikan vaksin” pungkasnya. (LindaHumas)

dr. Sutopo menyampaikan bahwa Covid-19merupakan penyakit yang relatif baru, artinyaposisi kita belajar memahaminya.Penularannya sesuai mobilitas darimasyarakat, ini terkait kenapa kita mestimembatasi mobilitas dan akan semakinparah jika kita abai terhadap protokolkesehatan.

“Pergerakan manusia dibatasai semaksimalmungkin jangan sampai semakin parah dantidak terkendali. Dan vaksin penting sehinggakita kejar, jika vaksin terlambat akan menjadimasalah yang lain. Jadi vaksin kita keloladengan baik dan benar sebab pertahanannyaada di vaksin” lanjutnya.

Berbicara mengenai abai, menurut dr.Sutopo, abai terkait dengan masalahkesadaran, kesadaran muncul karenapemahaman dan pengetahuan, sehingga adaedukasi dan sosialisasi. Abai muncul karenafaktor lain seperti euforia dikarenakan sudahvaksin. Vaksin itu mencegah, meski demikianbukan berarti setelah vaksin membuat tubuhkebal dari virus. Makanya penting untuk tetapmewaspadai virus corona.

“Yang berat adalah mengubah perilaku,bertahan dan konsisten membutuhkandukungan dari lingkungan, ini menjadiurusan bersama, supaya terus salingmengingatkan dan juga berbenah diri sertamemberi contoh, salah satunyamenggunakan masker dan tetap menjagaprokes” pesannya.

Dalam kesempatannya Wahyu Setianingsih,M.kes (Epid) selaku Kepala Bidang Kesehatan

DR. ARINTA PUSPITAWATI, SP.S. (DOKTERSPESIALIS SARAF RSNDUNDIP): SETIAP 3 DETIK, 1ORANG DI DUNIAMENGALAMI DEMENSIA,KENALI DAN WASPADAIDEMENSIA!

Ingatan atau memori dapat dipengaruhi olehberbagai faktor salah satunya adalah usia.Pada penuaan, dengan semakin bertambahusia seseorang, berbagai macam proses danreaksi kimia yang terjadi di organ vitalmengalami perubahan, tak terkecuali otak.Otak berperan sebagai pusat kendali tubuhdan menyusun sistem saraf pusat termasukmengatur fungsi kognitif, dan bilamana ini

Page 24: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

yang masuk dalam Demensia, ciri-cirinyadiantaranya adalah gangguan memori yangbersifat progresif (misalnya sering lupa naruhbarang, sering lupa janji), keluyuran ataupergi tanpa tujuan yang jelas, perubahanperilaku (temperamen atau cenderungmenarik diri), dan didapatkan gangguan padaaktivitas sehari-hari” tuturnya.

“Tindakan pencegahan dari penyakit iniantara lain gaya hidup yang baik, tidakmerokok, mengkonsumsi makanan yangsehat, banyak sayur dan buah, olahragateratur, jangan lupa menggunakan otak kitauntuk berpikir atau jangan malas berpikirsehingga kita terhindar dari Demensia ini”,lanjut dr. Arinta.

Menurutnya di era pandemi, adanyatelemedicine dapat membantumempermudah pasien maupun keluarganyauntuk berkonsultasi. Bagi pasien-pasiendengan Demensia, pengobatan yangberkelanjutan dapat memperlambat prosespenyakit, mengurangi gejala, dapatmeningkatkan kualitas hidup. Pasien perlumelakukan aktivitas yang berguna untukmerangsang dan melatih otaknya. Butuhpendampingan yang luar biasa bagi pasienDemensia apalagi bila sudah stadium lanjut,care giver (seseorang/keluarga yang merawatpasien) juga butuh support dan informasiyang baik dalam mendampingi pasien.

“Kita semua perlu mengenal dan awareterhadap penyakit Demensia ini, karena saatini data di dunia menunjukkan setiap tigadetik ada 1 pasien baru dengan Demensia,dan penyakit Demensia ini mempunyai

terganggu atau mengalami kerusakan makadapat mengakibatkan kondisi Demensia.Demensia merupakan kondisi pikun yangpatologis. Istilah pikun lebih jamak digunakandi masyarakat merujuk pada suatu kondisimemori yang menurun. Masyarakat awammenganggap pikun sebagai sesuatu yangwajar dialami oleh lansia akibat pertambahanusia, dan pikun merupakan efek penuaanyang tidak dapat dihindari.

“Pikun erat kaitannya dengan penuruan dayaingat, sementara Demensia sendiri tidakmelulu karena adanya gangguan daya ingatatau memori tetapi ada gejala lain yangdialami oleh pasien selain penurunan dayaingat” tutur dr. Arinta Puspita Wati, Sp.S,Dokter Spesialis Saraf Rumah Sakit NasionalDiponegoro (RSND) Universitas Diponegoro.

Lebih lanjut dr. Arinta mengatakan, gejala lainyang dialami pasien Demensia dapat berupaperubahan perilaku, gangguan tidur, emosi,marah-marah, gangguan berbahasa dan lain-lain. Terdapat berbagai jenis Demensia,Alzheimer merupakan jenis Demensia yangpaling banyak ditemukan dan paling beratdengan gejala yang paling menonjol adalahgangguan memori (pelupa). Ada pulaDemensia Vaskuler yaitu Demensia yangmenyerang pasien-pasien pasca Stroke,Demensia pada penyakit Parkinson, biasanyaciri khas berupa tremor atau gemetar,Demensia Frontotemporal dan DemensiaLewy body.

“Pikun sebenarnya istilah yang sering kitadengar, tetapi pikun ini harus diperiksa lebihlanjut apakah ini Demensia atau bukan. Pikun

Page 25: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

riset yang berkualitas, artinya perlu waktudan peralatan penelitian laboratorium yanglengkap/mencukupi dan mutakhir sertametode penelitian yang tepat. Penulisanartikel ilmiah yang baik dan berkualitas, yakniberhubungan dengan kualitas literaturreferensi dan proses analisis hasil riset yangbaik. Selanjutnya pemilihan jurnal ilmiah yangtepat sebagi tempat publikasi ilmiah.

“Pemilihan jurnal ilmiah, utamakan jurnal-jurnal yang tidak berbayar terlebih dahuluatau boleh juga memilih yang berbayar dengan tujuan open access fulltext pdf, cepatmendapat Citations, dan jika adaanggarannya. Pencarian target jurnal sebagaitempat publikasi ilmiah dapat melaluiScimagoJR, Master Journal List-Web ofScience, Elsevier Journal Finder, ,Taylor&Francis Journal Finder, Scopus SourceList. Untuk pencarian jurnal-jurnal nasionalbisa di portal SINTA” terangnya.

Pada kesempatannya Prof. Dr. Zinatul AshiqinZainol menuturkan mengenai 6 hal yangharus dilakukan sebelum menulis naskah,yaitu pikirkan tentang mengapa inginmenerbitkan karya dan apakah itu dapatditerbitkan, menentukan jenis manuskripyang akan ditulis, memilih jurnal target,memperhatikan persyaratan jurnal dalampanduan untuk penulis, memperhatikanstruktur naskah dan memahami etikapublikasi untuk menghindari pelanggaran.

“Jawab tujuan Anda, jangan ulangipendahuluan dalam kesimpulan. Jika Andamemiliki dua tujuan, keduanya harus dijawabdi kesimpulan. Tulis kesimpulan dalam

dampak yang sangat besar di berbagai aspeksehingga kita perlu memberikan tata laksanadengan baik. Jangan maklum dengan pikun”pesannya. (Linda Humas)

LPPM UNDIP GELARPELATIHAN MANUSKRIPDAN SUBMIT PUBLIKASIINTERNASIONAL BATCHXLV

Lembaga Penelitian dan Pengabdian KepadaMasyarakat (LPPM) Universitas Diponegoromenggelar Pelatihan/Klinik Manuskrip danSubmit Publikasi Internasional Batch XLCTahun 2021, (6/9). Hadir sebagai narasumberdalam acara ini adalah Prof. Dr. Istadi, S.T.,MT (Undip) dan Prof. Dr. Zinatul AshiqinZainol, LLB, LLM, Ph.D dari UniversityKebangsaan Malaysia (UKM)/The NationalUniversity of Malaysia.

Dalam materinya mengenai Strategi MemilihJurnal Sebagai Tempat Publikasi Ilmiah, iamenyampaikan publikasi riset yangberkualitas antara lain overview literaturesyang komperehensif, yaitu yang menunjangnovelty atau kontribusi kebaruan. Proses risetdengan metode yang tepat dan analisis hasil

Page 26: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Webinar ini dilatarbelakangi oleh era disrupsiyang merubah paradigma berfikir para pelakukomunikasi strategis. Kompleksitas masalahdengan berbagai macam konsekuensinya,mengharuskan pelaku komunikasi strategismelakukan adaptasi. Hal ini terjadi karenasaat berbicara mengenai perencanaankomunikasi yang ditampilkan lebih banyakberbicara soal media daripada elemenkomunikasi yang lain. Dengan kata lain ketikaberbicara tentang perencanaan media, makaperhatian utamanya adalah bagaimanamenjangkau sebanyak mungkin audiens yangtepat, di tempat yang tepat, pada waktu yangtepat, dan dengan biaya yang tepat.Sedangkan perencanaan komunikasi lebihsedikit berbicara tentang bagaimanamenjangkau orang daripada memengaruhimereka. Diskusi menjadi penting karena akanmembuka persepektif/pemahaman barudengan dasar tantangan perubahan polakomunikasi manusia, khususnya padakonteks Komunikasi Strategis.

Sedangkan tujuan dari webinar adalahmemberikan pemahaman tentang perubahanpraktik perencanaan Komunikasi Strategis diIndonesia dan memberikan pemahamankompleksitas tantangan dan peluang dalampraktik Komunikasi Strategi.

Dalam materinya Dr. Edhy menyampaikanteknologi khususnya internet sosial media,telah memberdayakan orang. Di masa lalu,iklan merupakan sumber informasi utamabagi konsumen. Kini, orang dapatmemutuskan sendiri apakah mereka inginmembeli satu merek. Dengan insentif yangtepat, konsumen atau audiense cenderung

paragraf yang tepat, bukan dalam angka.Sertakan implikasi praktis, sosial, industri,komunitas jika relevan dan sertakanrekomendasi untuk pekerjaan di masa depanjika sesuai” ungkap Prof. Zinatul. (LindaHumas)

MAGISTER ILMUKOMUNIKASI UNDIPGELAR WEBINARNASIONAL “A SHIFTFROM MEDIA PLANNINGTO COMMUNICATIONSPLANNING ENTER THESUPER PLANNER”

Magister Ilmu Komunikasi UniversitasDiponegoro menyelenggarakan WebinarNasional bertema “A Shift From MediaPlanning to Communications Planning Enterthe Super Planner”, (7/9). Hadir sebagainarasumber Dr. Akhmad Edhy Aruman,Dosen Post Graduate Program (S2) SekolahTinggi KomunikasiThe London School ofPublic Relations, Jakarta. – Research AssociateCenter of Alternative Dispute Resolution andEmpowerment-Institut Pertanian Bogor(CARE-IPB) dan dimoderatori oleh dr. YanuarLuqman (Dosen Komunikasi Undip).

Page 27: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Acara yang dipandu oleh pengajar FH Undip,Rahandy Rizky Prananda S.H., M.H, dan diikutipara mahasiswa hukum Undip mengangkattema “Copyrights Issue in Digital Platform”,digelar melalui zoom, Rabu (8/9/2021). Dalampemaparannya, Dr. Vijayalakshmimengungkapkan bahwa hak kekayaanintelektual memang belum setua hukumkontrak, tetapi posisinya sangat menonjol.Hal itu terjadi karena ada banyak uang yangterlibat di dalam ide tersebut.

Menurut dia, hukum seharusnya merespondan menjadikan ide sebagai hak kekayaanintelektual juga. Hukum harus memberikanperhatian dan menjaga hak pemilik ide jikadipakai secara komersial atau dihilirisasi.

Vijayalakshmi mencontohkan fenomena “PetRock”, yakni mainan koleksi batu halus dariPantai Rosarito Meksiko yang dipasarkanlayaknya hewan peliharaan hidup, dalamkardus custom, lengkap dengan sedotan danlubang pernapasan. Kreasi yang dirancangeksekutif periklanan Gary Dahl tersebut kinimenghasilkan transaksi jutaan dolar AS,sehingga banyak orang yang mendapatkeuntungan dari ide tersebut.

Bisnis Pet Rock pun berkembang, bahkansampai muncul bisnis turunannya sepertipanduan bagaimana merawat “binatangpeliharaan”tersebut. Bahkan sudah adasertifikat sebagai bukti keabsahanpemilikannya.

Menghadapi fenomena digital yang sangatpesat, Vijayalakshmi memberikan beberapasaran kepada para creator. Yang pertama,

lebih loyal. Perencanaan komunikasimemungkinkan cara yang lebih strategisuntuk menentukan pilihan media utama danstrategi koneksinya.

“Perencanaan komunikasi di era Google danFacebook membutuhkan serangkaianketerampilan dan keahlian yang lebih luas diluar pengalaman perencanaan media danbakat untuk ide, seperti Being strategic Digitalproficiency is essential, Keahlian dalamwawasan konsumen, Multichannelunderstanding dan Collaboration qualities”tuturnya. (Linda Humas)

KULIAH TAMU DRVIJAYALAKSHMI DARISLTU MALAYSIA DI FHUNDIP BAHAS HAK CIPTADIGITAL

SEMARANG — Fakultas Hukum UniversitasDiponegoro (UNDIP) mendapat kesempatankunjungan belajar dari School of Law Taylor’sUniversity (SLTU) Malaysia, Dr. VijayalakshmiVenugopal, LL.B., LL.M. Dalam kesempatantersebut Dr Vijayalakshmi memberikan kuliahtamu dengan topik bahasan hak cipta dalamplatform digital.

Page 28: UNDIP WEEKLY Vol. 47 September 2021

@undip @undip.official undip tv [email protected]

1 0 S E P T E M B E R 2 0 2 1 V O L U M E 4 7 B U L A N S E P T E M B E R 2 0 2 1

www.undip.ac.id

Dia mengingatkan pencipta maupunpengguna karya harus paham danmenentukan pada posisi mana merekamelangkah terkait hak cipta. “Ketika kalianpaham terkait risiko yang dihadapi, kalianakan bisa memilih bagaimana caramenangani hal yang akan dihadapi ke depan,”pungkasnya. (tim humas).

sebelum mengunggah suatu ide yang punyaprospek komersial harus memahami aturanhak cipta di negeri tempat kreator berada.Pertimbangkan kelayakan dan kepatutannya.

Saran yang kedua adalah mendaftarkan hakcipta sebuah karya sebelum diunggah diruang digital. Pendaftaran hak cipta akanmenjadi bukti siapa pemilik ha katas karyakarya tersebut. “Kalaupun Anda tidakmendaftarkannya, setidaknya jagalah catatanyang baik. Apabila suatu saat nanti inginmenuntut hukum seseorang, orang yangmenantang tentunya akan memintapembuktian,” jelasnya.

Hal ketiga yang disarankan adalahmendeklarasikan kepemilikan di dalam karya,misalnya dengan watermark. Menurutnya halini penting juga karena jika ada penggunayang ingin bernegosiasi terkait lisensi,mereka bisa lebih mudah menelusurinya.

“Kalian bisa membuatnya terlihat jelas danmenunjukkan keseriusan untukpemberitahuan bahwa kalian pemilik karya.Namun, bisa jadi hal ini membuat karyaciptaan menjadi kurang menarik untukdigunakan lagi, karena orang biasanyamemilih gambar yang bersih tanpawatermark,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan apabilaseseorang peduli tentang karyanya,disarankan melakukan pemantauanbagaimana karya tersebut digunakan.Meskipun tidak ada garansi semuanya bisatermonitor karena pergerakan di dunia digitalsangat cepat, setidaknya upaya tersebut bisamenjadi pengaman atas hak cipta.