tugas_pbw_css-1210651163-abdul wafi

Download Tugas_pbw_css-1210651163-abdul wafi

Post on 14-Aug-2015

41 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Pemrograman Berbasis Web Page 1 of 10 Pemrograman Berbasis Web Tugas CSS Di Susun Oleh : Abdul Wafi 1210651163 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER 2014
  2. 2. Pemrograman Berbasis Web Page 2 of 10 I. Dasar Teori Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokument. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. Ada tiga jenis cara dalam penggunaan CSS ini, yaitu: 1. External Style Sheet 2. Internal Style Sheet 3. Inline Style Sheet Dalam artikel kali ini akan dibahas satu-persatu. External Style Sheet Adalah CSS yang dibuat dalam file terpisah dengan ekstensi file .css. Untuk memanggilnya menggunakan script html yang disisipkan antara tag head sebagai berikut: Pada bagian href tersebut tinggal diisi mengarah ke direktori dimana Anda menempatkan file cssnya. Penggunaan sistem embeding css ini sangat disarankan karena memang banyak kelebihan yaitu mudah untuk melakukan pengeditan, mengatur semantik dan praktis terkumpul dari satu file. Internal Style Sheet Adalah cara embeding css dengan menulis langsung di dalam file html yang ingin kita atus tampilannya. Penulisan ini disisipkan diantara tag head juga dengan diapit oleh tag style. Berikut ini contohnya:
  3. 3. Pemrograman Berbasis Web Page 3 of 10 font-family:Arial; } Inline Style Sheet Adalah penulisan script css langsung pada tag html dengan menambahkan style di dalamnya. Contoh:

    Tulisan yang di atur

    Dua cara terakhir ini tidak disarankan digunakan karena rumit dan memperbesar file setiap html anda sekaligus harus menulis di beberapa tempat sekaligus, kecuali memang sangat darurat. Darurat disini berarti memang tampilan segera dibutuhkan oleh pengguna saat itu sedangkan anda sedang membuka fie itu dan tidak sempat membuka file css karena keterbatasan koneksi misalnya. Namun penggunaan external css akan memudahkan Anda di waktu kedepan dalam hal update dan editing. Sejarah CSS Nama CSS didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk hubungan ayah-anak (parent-child) pada setiap style. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Setelah CSS distandarisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekati dengan standar CSS.
  4. 4. Pemrograman Berbasis Web Page 4 of 10 II. Tugas Silahkan dibuka folder css 1. Ubahlah teks dalam list (kandungan susu) sehingga property font (warna, jenis font, ukurannya sama dengan paragraf pertama) 2. Ubahlah teks dalam panel menu atas menjadi link dan ketika disorot dengan kursor, warna teks dan background-nya berubah. 3. Isilah bagian sebelah kanan halaman (bagian berwarna biru) dengan suatu konten (misalnya daftar artikel, dsb). Dan percantiklah dengan kreasi CSS anda (tidak ada CSS berarti juga TIDAK ADA NILAI). 4. Tambahkanlah teks/ tulisan yang proporsional di bagian header halaman 5. Dibuat laporan ya, upload di slideshare.net dan URLnya disubmit di elearning. Tampilan Sebelum Di Edit
  5. 5. Pemrograman Berbasis Web Page 5 of 10 Sorce Code :
  6. 6. Pemrograman Berbasis Web Page 6 of 10
  7. 7. Pemrograman Berbasis Web Page 7 of 10 Tampilan Setelah Di Edit Source Code :
  8. 8. Pemrograman Berbasis Web Page 8 of 10
  9. 9. Pemrograman Berbasis Web Page 9 of 10
  10. 10. Pemrograman Berbasis Web Page 10 of 10