tugas terstruktur tatakoordinat.doc

Download TUGAS TERSTRUKTUR TATAKOORDINAT.doc

Post on 27-Sep-2015

121 views

Category:

Documents

39 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Soal-soal latihan :

TUGAS TERSTRUKTUR TATA KOORDINAT

PEMBELAJARAN ASTRONOMI

NAMA: Sherly Amalia Eka Parameswari Denada Efrilia

Eka Trisnawati

Shellonia Aninda

Siti Solfia I.W

Endik Irniawan

Firda Awalia Putri

Rosi PawestriOff/Kelas: B-B

Soal-soal latihan :

1. Apa yang dimaksud dengan bola langit toposentrik ?

Bola langit toposentrik adalah bola langit dimana cara memandang/mendefinisikan posisi benda-benda langit denganBumisebagai pusatnya.Posisi toposentrik sendiri adalah posisi yang merujuk pada bola dengan radius yang amat besar(dibanding dengan radius bumi), tempat objek-objek langit diproyeksikan. Semua objek-objek langit (bulan, planet, bintang, galaxy dll) diproyeksikan pada bola langit dan perbedaan jarak objek-objek tersebut diabaikan.2. Apa yang dimaksud dengan bola langit geosentrik ?

Bola langit geosentrik adalah benda langit yang diproyeksikan pada bola langit standar yang akan diamati oleh pengamat jika ia berada di pusat Bumi. Posisi benda langit tersebut merujuk pada bola langit standar. Posisi geosentrik sendiri adalah posisi dimana bola langit yang pusatnya berimpit dengan pusat bumi. 3. Berikan contoh, dalam situasi apa kita membutuhkan tata koordinat horison. Koordinat horison sangat bermanfaat ketika kita berurusan dengan serapan cahaya bintang oleh atmosfir. Penentuan falakiyah Menentukan rasi bintang Menentukan pembagian 4 musim pada bumi4. Apa hubungan antara katulistiwa bumi dan katulistiwa langit ?

Tata koordinat katulistiwa adalah garis yang memisahkan bumi bagian utara dan bumi bagian selatan, dibuat agar diperoleh koordinat bintang yang relatif tetap. Katulistiwa langit digunakan untuk menentukan posisi bintang apakah berada pada bagian utara atau selatan (deklinasi). Lingkaran katulistiwa langit adalah perpotongan antara bidang katulistiwa bumi (yang diperluas) dan bola langit. Kemiringan bidang equator terhadap horizon menggambarkan letak lintang pengamat di permukaan Bumi. Jika pengamat berada di belahan Bumi selatan, maka KSL berada di atas horizon, begitu juga sebaliknya.5. Gambarkan katulistiwa langit untuk pengamat yang berada pada lintang geografis 6 Lintang Selatan