thtt paper 2003

9
1. Pengertian kelas Placodermata Kelas Placodermata (Aphetohyioidea) Placo = pelat, dermis = kulit Ikan yang mempunyai sisik tulang dan pelat- pelat tulang terutama pada bagian depan tubuh. Merupakan ikan primitif dan telah punah semuanya. Kelas ini dibicarakan karena banyak dari struktur tubuhnya merupakan peralihan Ostracodermi dan ikan-ikan berderajat tinggi yang telah mempunyai rahang. Hewan ini mungkin dianggap merupakan nenek moyang kelas-kelas hewan yang sudah maju. Muncul pada zaman Silurian 435 juta tahun yang lampau. 2. Ciri Umum Kelas Placodermata Ciri-ciri umum Placodermata : a. Merupakan ikan pertama yang memiliki rahang. b. Mempunyai sirip berpasangan. c. Mempunyai pelopor (perintis) gelembung udara. d. Notochordnya tetap. e. Mengandung rangka dalam. f. Ikan yang pertama kali melakukan pembuahan internal g. Lapisan pelindung berbentuk segmen-segmen yang berada disekitar kepala dan dada. h. Terdapat pelat tulang di bagian mulut untuk menangkap mangsanya 3. Ordo pada klas Placodermata beserta ciri-cirinya Pada klas Placodermata dibedakan menjadi 6 Ordo, yaitu

Upload: ade-apsari-furqon-aritonang

Post on 24-Nov-2015

47 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

ya gitulah

TRANSCRIPT

1. Pengertian kelas PlacodermataKelas Placodermata (Aphetohyioidea) Placo = pelat, dermis = kulit Ikan yang mempunyai sisik tulang dan pelat-pelat tulang terutama pada bagian depan tubuh. Merupakan ikan primitif dan telah punah semuanya. Kelas ini dibicarakan karenabanyak dari struktur tubuhnya merupakan peralihan Ostracodermi dan ikan-ikanberderajat tinggi yang telah mempunyai rahang. Hewan ini mungkin dianggap merupakan nenek moyang kelas-kelas hewan yang sudah maju. Muncul pada zaman Silurian 435 juta tahun yang lampau.2. Ciri Umum Kelas PlacodermataCiri-ciri umum Placodermata :a. Merupakan ikan pertama yang memiliki rahang.b. Mempunyai sirip berpasangan.c. Mempunyai pelopor (perintis) gelembung udara.d. Notochordnya tetap.e. Mengandung rangka dalam.f. Ikan yang pertama kali melakukan pembuahan internalg. Lapisan pelindung berbentuk segmen-segmen yang berada disekitar kepala dan dada.h. Terdapat pelat tulang di bagian mulut untuk menangkap mangsanya3. Ordo pada klas Placodermata beserta ciri-cirinya Pada klas Placodermata dibedakan menjadi 6 Ordo, yaitu

1. Ordo Antiarchia. Merupakan Placoderma yang kecil panjangnya mencapai 15-20 kaki, tetapi mayoritas ordo paling pendek dari ordo lainnya.

b. Memiliki permukaan perut yang rata.

c. Memiliki mata diatas rongga kepala.

d. Mempunyai sirip dada bertulang.2. Ordo Arthrodiraa. Kulit keras melapisi kepaladan bagian insang juga melapisi sebgaian besar bagian tubuhnya.

b. Sisa sebagiantubuhnya dilapisi oleh skala tulang yang lebih kecil

c. Mempunyai dua pasang plat gigi rahang atas.

d. Bentuk tubuh menyerupai hiu.

e. Beberapa diantaranya memiliki ukuran tubuh yang sangat besar, misalnya Dunkleosteus dan Gorgonichthys berukuran 6-9 meter.

3. Ordo Petalichthydaa. Kerabat dekat ordo arthrodira

b. Tidak banyak yang berukuran lebih dari 1 meter

c. Merupakan penghuni perairan dasar

d. Ikan datar dengan tubuh panjang dan pendek, tulang belakangnya menyerupai pelat

e. Lubang hidung dan pelindung anterior kepala bagian depan dilapisi oleh sejumlah ulang dengan skala yang sangat kecil, sama seperti sepanjang bagian tubuhnya.

4. Ordo Rhenanidaa. Mengalami pengurangan bagian dada yang tersusun dari besi

b. Tubuhnya tertutupi oleh batu yang berbentuk kotak-kotak kecil

c. Bagian perut berbentuk pipih

d. Bagian sirip membesar

e. Hidup dilaut yang banyak terdapat cahaya matahari

5. Ordo Acanthothoracia. Secara umum tubuhnya tersusun dari tulang berukuran besar yang bersal dari lempeng tengah dorsal.

b. Beberapa dari Acanthothoraci menyerpai ikan pari dan memliki sirip dada yang berbentuk rata.

c. Memiliki pelindung dikepala seperti perisai dan batang tubuh yang pendek.

d. Memiliki mata dan sirip dorsal yang runcing cenderung mengarah ke atas

e. Tempat hidupnya di dasar laut.

6. Ordo Ptyctodontidaa. Mempunyai bentuk tubuh yang memanjang

b. Mempunyai dada yang keras

c. Menunjukkan ciri seksual hermaprodit

d. Mempunyai ekor seperti cambuk

e. Seekor Ptyctodontida jantan Rhamphodopis mempunyai organ intromittent seperti penjepit meyerupai apa yang ditemukan pada hiu dan familinya

Perbedaan

Ostracoderms

Acanthodians

Placoderms

diketahui sebagai vertebrata tertua ikantanpa rahang Tidak mempunyai sirip yang berpasangan

ikan berahang yang tertua rangkanya terdiri dari tulang keras dan tulang rawan

hewan pertamayang menunjukkan fertilisasi telur secara internal ikan baja yang berahang

Ikan Placoderm adalah kelompok pertama vertebrata berahang, dan mendominasi ekosistem perairan antara 430 dan 360 juta tahun yang lalu.Ikan purba ini memiliki lapisan kulit seperti jubah/armor sebagai pelindung (placoderm = kulit lapis baja). Placoderm terbesar yang pernah ditemukan disebut dengan Dunkleosteus Terrelli dengan panjang 33 kaki (10 m) dan berat 4 ton. Ikan ini pasti menjadi predator terhebat di lautan.

Saat ini, ahli biologi membuat rekonstruksi biomekanik otot-otot rahang ikan ini, untuk membuktikan bahwa makhluk ini memiliki gigitan yang paling kuat dari setiap ikan yang pernah ada, melebihi hiu terbesar dan menyaingi buaya atau dinosaurus punah Tyranosaurus. Ilmuwan menghitung kekuatan gigitan rahang dari ikan ini sebesar 11.000 pon (5.500kg/5,5ton), kekuatan ini cukup untuk menghancurkan kulit dan tulang terkeras di lautan. Rahang dari Dunkleosteus memiliki deretan gigi tajam yang tentunya akan menambah kekuatan gigitan, setelah diukur, tekanan pada tiap ujung taringnya memiliki kekuatan lebih dari 80.000 pon (40.000Kg/ 40 ton!!) per inci persegi.Model biomekanik dari mulut ikan menggambarkan bahwa ia memiliki tengkorak yang sangat mudah untuk dikendalikan karena memiliki mekanisme yang unik pada empat sendi rotasi, inilah rahasia di balik gigitan yang kuat.

Selain itu, Placoderm bisa membuka mulutnya dengan sangat cepat, hanya dalam 1 / 50 detik, yang menciptakan kekuatan hisap yang kuat, dan dapat menarik mangsa ke dalam mulutnya. Biasanya, ikan hanya memiliki gigitan gigitan yang kuat atau kemampuan rahang yang cepat, Placoderm memiliki keduanya.

Hiu, yang merupakan keturunan dari Placoderm, memiliki rahang tajam yang mampu membelah mangsa berukuran lebih besar dari mulutnya sendiri baru muncul 100 juta tahun kemudian. Ikan Placoderm adalah kelompok pertama vertebrata berahang, dan mendominasi ekosistem perairan antara 430 dan 360 juta tahun yang lalu.

Kesimpulan1. Klas Placodermata (Aphetohyioidea) Placo = pelat, dermis = kulit Ikan yang mempunyai sisik tulang dan pelat-pelat tulang terutama pada bagian depan tubuh. 2. Ciri umum Klas Placodermata Merupakan ikan pertama yang memiliki rahang, mempunyai siri berpasangan, ikan yang pertama kali melakukan pembuahan internal, terdapat pelat tulang, mengandung rangka dalam. 3. Kelas Placodermata terdiri dari 6 ordo yaitu, Ordo Antiarchi, Ordo Arthrodira, Ordo Petalichthyda, Ordo Rhenanida, ordo Achanthothoraci, dan ordo Ptytodontida.Gambar placodermi dan ciri-cirinya

Oleh :FAUZIAH NUR RANGKUTI

NIM 4103141021

Program Studi Pendidikan Biologi

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN2014 EMBED MSPhotoEd.3

_1455348138.bin