tgs online pip unhasy01 2014

3
TUGAS ONLINE KE 1 (T0_01) MATAKULIAH LANDASAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (Program Studi: S2 Manajemen Pend Islam UNHASY) Dosen Pembina: Prof. Dr. H. M. Sulthon Masyhud, M.Pd) PETUNJUK: 1. Kerjakan semua tugas secara individual 2. Pada bagian subyek email tulis: Nama Mahasiswa/NIM/Matakuliah/Kelas 3. Tulislah Nama, NIM dan Program Studi serta kelas dan nomor urut daftar hadir anda pada sudut kanan atas lembar pekerjaan anda. 4. Anda boleh berdiskusi, akan tetapi hasil akhir tugas tidk boleh sama. Jika hasil akhir ada yang sama, maka nilai tugas tersebut saya anggap satu dan akan saya koreksi satu tugas dan nilainya dibagi rata untuk semua mahasiswa yang tugasnya sama. 5. Jawaban tugas harus dibuat dua macam. Yang pertama diserahkan dalam bentuk cetak/print dan yang kedua dalam bentuk online. 6. Tugas dalam bentuk prinout dikumpulkan secara kolektif melalui ketua kelas dan kemudian diserahkan kepada dosen pembina pada saat pertemuan perkuliahan yang akan datang. 7. Jawaban kedua, diserahkan secara online dikirimkan melalui email tugas untuk kelas ini . yaitu untuk : a. kelas A: [email protected] b. kelas B: [email protected] 8. Tugas online diserahkan paling lambat pada hari Ahad, tanggal 18 Januari 2015 pukul 00.00 WIB. 9. Pengiriman tugas secara online harus dalam bentuk lampiran (attachment file), dan tidak boleh langsung ditulis di lembar email. TUGAS: 1. Seiring dengan perkembangam IPTEK yang cepat dalam era global, tuntutan profesionalisme ketenagaan, termasuk tenaga guru semakin gencar. Di Indonesia

Upload: imamwachyudi

Post on 01-Oct-2015

216 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

kapan lagi

TRANSCRIPT

TUGAS ONLINE KE 1

TUGAS ONLINE KE 1 (T0_01)MATAKULIAH LANDASAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN(Program Studi: S2 Manajemen Pend Islam UNHASY)

Dosen Pembina: Prof. Dr. H. M. Sulthon Masyhud, M.Pd)PETUNJUK:

1. Kerjakan semua tugas secara individual

2. Pada bagian subyek email tulis: Nama Mahasiswa/NIM/Matakuliah/Kelas

3. Tulislah Nama, NIM dan Program Studi serta kelas dan nomor urut daftar hadir anda pada sudut kanan atas lembar pekerjaan anda.

4. Anda boleh berdiskusi, akan tetapi hasil akhir tugas tidk boleh sama. Jika hasil akhir ada yang sama, maka nilai tugas tersebut saya anggap satu dan akan saya koreksi satu tugas dan nilainya dibagi rata untuk semua mahasiswa yang tugasnya sama.

5. Jawaban tugas harus dibuat dua macam. Yang pertama diserahkan dalam bentuk cetak/print dan yang kedua dalam bentuk online.

6. Tugas dalam bentuk prinout dikumpulkan secara kolektif melalui ketua kelas dan kemudian diserahkan kepada dosen pembina pada saat pertemuan perkuliahan yang akan datang. 7. Jawaban kedua, diserahkan secara online dikirimkan melalui email tugas untuk kelas ini . yaitu untuk :

a. kelas A: [email protected]. kelas B: [email protected]. Tugas online diserahkan paling lambat pada hari Ahad, tanggal 18 Januari 2015 pukul 00.00 WIB. 9. Pengiriman tugas secara online harus dalam bentuk lampiran (attachment file), dan tidak boleh langsung ditulis di lembar email.TUGAS:

1. Seiring dengan perkembangam IPTEK yang cepat dalam era global, tuntutan profesionalisme ketenagaan, termasuk tenaga guru semakin gencar. Di Indonesia pengakuan terhadap profesionalisme guru dapat dikatakan sangat terlambat. Bagaimanakah pendapat anda tentang hal-hal berikut:

a. Faktor-faktor apakah yang menyebabkan kurang adanya pengakuan terhadap keberadaan profesionalisme guru di Indonesia?

b. Bagaimanakah usul/saran anda untuk peningkatan profesionalisme tenaga guru agar sejajar dengan guru-guru di negara lain yang lebih maju?

c. Buatlah profil harapan tentang guru yang profesional di Indonesia di masa yang akan datang!

2. Anak-anak sekolah sekarang ini tampak semakin pandai dilihat dari penguasaan IPTEK dibandingkan dengan anak-anak pada jaman dahulu. Namun dilihat dari sisi moral, tampak anak-anak sekarang memiliki moralitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anak-anak jaman dahulu. Buatlah analisis berdasarkan acuan ilmu pendidikan dengan berpedoman di bawah ini:

a. Mengapa hal itu terjadi?

b. Apa saran anda untuk pendidikan calon guru di masa mendatang, agar dapat mengajarkan ilmu pengetahuan yang tinggi dan sekaligus dapat mendidik moral yang bagus pada anak didiknya?

3. Bacalah Undang-undang No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Setelah membaca secara teliti, tugas anda adalah sebagai berikut:

a. Apa sasaran utama dari diterbitkan Undang-Undang tersebut? Jelaskan!

b. Apakah menurut anda UU tersebut dapat menjamin terciptanya kemajuan pendidikan di tanah air kita? Beikan alasan yang rasional atas jawaban anda!

c. Buatlah kritik. Terhadap isi Undang-Undang tersebut, terutama dari sisi kepentingan pendidikan dan guru sebagai pendidik profesional yang ideal.

d. Buatlah usul perbaikan (amandement) terhadap Undang-undang No. 14 tersebut agar memenuhi harapan peningkatan kalitas pendidikan di Indonesia di masa mendatang.

4. Akhir-akhir ini peran manusia banyak digantikan oleh teknologi/komputer, termasuk dalam hal pembelajaran. Bagaimana pendapat anda, apakah dengan kemajuan teknologi ini peran guru dalam mendidik anak dapat juga digantikan oleh komputer? Jelaskan pendapat anda dengan berbagai alasan yang berkaitan dengan teori pendidikan. Untuk itu sebelum menjawab, anda perlu membaca hal-hal yang berkaitan dengan masalah ilmu pendidikan.5. Di jaman modern ini dikenal dengan jaman instnat. Hal in ternyata berpengaruh juga dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Banyak orang tua dan guru yang menginginkan anak-anaknya dapat menyelesaikan pendidikan dengan cepat pula. Untuk merespon hal tersebut, banyak sekolah menyelenggarakan pendidikan AKSELERASI. Bagaimana pendapat anda tentang pendidikan akselerasi tersebut. Anda harus menentukan sikap setuju atau tidak setuju, dan kemudian anda harus menjelaskan alasannya dari berbagai sudut pandang. Paling tidak alasan anda harus bertolak dari sudut pandang ilmu pendidikan dan psikologi, namun dapat juga ditambah alasan lainnya.6. Apakah perbedaan pelaksanaan pendidikan berdasar teori psikologi behavioristik, kognitif, dan humanistik. Jelaskan dan berikan masing-masing sebuah contoh praktis dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah/luar sekolah.SELAMAT BEKERJA, SEMOGA SUKSES...!