teacher guidance pbl kehamilan normal 2013

7
Disusun oleh : Dewi Ariani dan Tim PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN MODUL PBL BLOK 5 (TEACHER GUIDANCE) ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN NORMAL

Upload: yusevasariati

Post on 25-Nov-2015

6 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Merupakan guidence PBL di kebidanan

TRANSCRIPT

Disusun oleh :Dewi Ariani dan TimPROGRAM STUDI S1 KEBIDANANFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYATA. 2013

MODUL PBL BLOK 5ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN NORMALI. Metode pembelajaran :

PBL (Problem-Based Learning) dengan menggunakan pendekatan masalah tentang masa kehamilan untuk merangsang belajar siswa terhadap topik yang bersangkutan. Dalam hal ini problem dimunculkan dari klien hamil.II. Tujuan Pembelajaran : Menstimulus proses belajar mahasiswa untuk memahami masa kehamilan dalam ruang lingkup asuhan kebidanan.

Merangsang pembelajaran yang terintegratif dan berkelanjutan dalam serial topik pembelajaran dengan topik dari blok-blok sebelumnya

Melatih mahasiswa menggunakan berbagai sumber pembelajaran untuk mempelajari masalah yang dipaparkan dan menemukan solusi yang tepat Melatih mahasiswa melaksanakan pembelajaran mandiri dan pembelajaran terkolaborasi dalam satu kelompok belajar yang bertanggung jawab. Melatih mahasiswa untuk berkomunikasi dengan pasien, mengidentifikasi permasalahan dan pemeriksaan fisik pada ibu hamil. Melatih mahasiswa untuk dapat membuat intervensi dan memberikan asuhan pada ibu hamil.III. Format skenario : Real case Jenis skenario: Patient/klien Simulation (yang bertujuan agar mahasiswa dapat menggali data dan informasi melalui anamnesa dan pemeriksaan fisik pada klien hamil serta mampu merumuskan diagnosa dan masalah pada klien serta memberikan penanganan yang tepat.IV. Case study :KASUS didapatkan dari simulasi klien hamil sesuai kelompok.Masing-masing fasilitator harus dapat membimbing mahasiswa dalam penggalian data dan permasalahan sesuai dengan kondisi klien hamil yang ada.

V. Langkah-Langkah Problem Solving :

A. Clarifying concepts :

1. PARA2. HPHT3. UK4. Posisi Janin5. Denyut Jantung janin6. Kondisi Payudara7. Hb, Protein Urine, Reduksi Urine8. Pola Dan Perilaku Dalam Kehamilan9. Keluhan Fisiologis Kehamilan10. Kondisi Psikologis11. Kondisi Sosial, Keluarga Dan Ekonomi12. Riwayat Terkait Obstetri (Kehamilan Persalinan, Nifas, Kontrasepsi), Penyakit(item yang dimunculkan disesuaikan dengan kasus yang ada)

13. Resiko komplikasi (kalau ada)B. Identifikasi Masalah :

Disesuaikan dengan hasil tahap 1 dan penggalian data yang telah dilakukan.C. Analisa Masalah (Brain Storming) tentang :

Dianalisa berdasarkan hasil dari identifikasi masalah yang ditemukan di tahap 2D. Systematic classification

Dari hasil analisa masalah dilakukan klasifikasi sesuai kasus.E. Learning Objective :

1. Memahami perubahan anatomi dan fisiologi pada masa kehamilan.2. Memahami siklus menstruasi, HPHT, HPL dan umur kehamilan. 3. Mampu mendiagnosa kehamilan dan mengidentifikasi tumbuh kembang janin4. Memahami tentang ketidaknyamanan umum dalam kehamilan serta mampu memberikan penatalaksanaan.5. Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kehamilan.6. Mampu memberikan konseling prenatal.7. Mampu melakukan deteksi dini adanya komplikasi dan kondisi patologis.F. Belajar Mandiri (Self Study) :

Memberdayakan berbagai sumber pembelajaran bagi pengkayaan dan pemahaman mahasiswa untuk mencapai learning objective dan memecahkan masalah asuhan kebidanan pada masa prakonsepsi. Untuk itu, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan berbagai akses informasi baik dari berbagai literature maupun akses luas dari internet. Mahasiswa juga diperkenankan untuk bertanya dan mengembangkan pengetahuannya dari dosen-dosen yang dipercaya mempunyai pengetahuan tentang topik yang terkait. Hal yang menjadi catatan hendaknya berbagai akses di atas dipastikan validitasnya untuk dijadikan sumber pembelajaran. G. DiskusiDi bawah arahan tutor,para anggota dalam kelompok mahasiswa saling bekerja sama melakukan diskusi secara interaktif untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menyelesaikan masalah dengan menghasilkan solusi yang tepat.H. PresentasiTiap kelompok mahasiswa menyampaikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk presentasi hasil lewat program Power Point dan laporan tertulis.NB :

Laporan Hasil Diskusi Kelompok 1 :

1. Clarifying concepts

2. Identifikasi Masalah

3. Learning Objective

Laporan Diskusi Kelompok 2 :

Jawaban dari LO berdasarkan referensiMODUL PBL BLOK 12

KEHAMILAN NORMAL

I. Case study

Seorang perempuan berusia 25 tahun datang ke Bidan Praktek Mandiri pada tanggal 08-10-2013 untuk memeriksakan kehamilan anak keduanya. Anak pertama berusia 6 tahun, riwayat pernikahan 2 kali. Hasil anamnesa HPHT : 08-06-2013 dengan keluhan pegal-pegal dan mudah capek serta payudara terasa tegang dan sakit. Memiliki riwayat keturunan kembar dan riwayat obstetric secio sesaria, Ibu selama hamil masih bekerja sebagai seorang pelatih tari. Ibu juga mengatakan senang dengan kehamilannya. Pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum baik, kesadaran compos mentis, Tekanan Darah 110/80 mmHg, Nadi 92 x/mnt, pernafasan 20 x/menit dan suhu badan 362 o C, BB 44 kg, TB 155 cm, lila 23,5 cm. Tinggi Fundus uteri pusat-sympisis, TF.UT 11 cm, Ball +, DJJ belum jelas. Pemeriksaan laboratorium Hb 11 gr%, Protein urine (-), Reduksi urine (-). II. Langkah-langkah Problem Solving

A. Clarifying Concepts

B. Identifikasi Masalah

C. Analisa Masalah (brain Storming)

D. Systematic classification

E. Learning objective

F. Belajar mandiri (self study)

G. Discussion

MODUL PBL BLOK 5

(TEACHER GUIDANCE)

ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN NORMAL