struktur organisasi

Download struktur organisasi

Post on 09-Oct-2015

169 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

mankep

TRANSCRIPT

Ns. Evanita Siahaan. S, Kep

Ns. Evanita Siahaan. S, KepSTRUKTUR ORGANISASI KEPERAWATAN

Insitusi Organisasi KeperawatanRumah sakit tipe A, B, C, DKlinikHealth Management OrganizationHome healthPublic health

Tipe Rumah SakitBerdasarkan KMK No. 340 thn. 2005 Bab IV pasal VI * Rumah Sakit Tipe AAdalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas oleh pemerintah ditetapkan sebagai rujukan tertinggi (Top Referral Hospital) atau disebut pula sebagai rumah sakit pusat.

* Rumah Sakit Tipe BAdalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis terbatas.Rumah sakit ini didirikan disetiap Ibukota propinsi yabg menampung pelayanan rujukan di rumah sakit kabupaten.

* Rumah Sakit Tipe CAdalah rumah sakit yang mapu memberikan pelayanan kedokeran spesialis terbatas.Rumah sakit ini didirikan disetiap ibukota Kabupaten (Regency hospital) yang menampung pelayanan rujukan dari puskesmas.

* Rumah Sakit Tipe DAdalah rumah sakit yang bersifat transisi dengan kemampuan hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan gigi. Rumah sakit ini menampung rujukan yang berasal dari puskesmas.

* Rumah Sakit Tipe KhususAdalah rumah sakit khusus (spesial hospital) yang menyalenggarakan hanya satu macam pelayan kesehatan kedokteran saja. Saat ini banyak rumah sakit kelas ini ditemukan misal, rumah sakit kusta, paru, jantung, kanker, ibu dan anak. KlinikPermenkes RI No. 028/Menker/per/I/2011Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis).Health Management OrganizationA health maintenance organization (HMO) is an organization that provides or arranges managed care for health insurance, self-funded health care benefit plans, individuals and other entities.Contoh:Aetna, Blue Cross Blue Shield Association, CIGNA, Kaiser Permanente, Humana, Health Net, UnitedHealth Group, WellPoint, Magnacare, WellCare Health Plans

Home HealthHome health care is a wide range of health care services that can be given in home for an illness or injury.

Public HealthPublic health is "the science and art of preventing disease, prolonging life and promoting health through the organized efforts and informed choices of society, organizations, public and private, communities and individuals.

Contoh: DinkesPuskesmasLSM, dsbORGANISASIOrganisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.

Cakupan organisasi1. Interaksi manusia.2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan. 3. Struktur organisasi itu sendiri.

Struktur Organisasi

Fungsi organisasi PROFESI(PPNI) Pembina, pengembang dan pengawas terhadap mutu pendidikan keperawatanPembina, pengembang dan pengawas terhadap pelayanan keperawatanPembina serta pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatanPembina, pengembang dan pengawas kehidupan profesi

Organisasi :FormalOrganisasi formal adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab maupun pertanggungjawaban dirancang oleh manajer agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

2. InformalOrganisasi informal pada struktur oragnisasi tidak akan terlihat tetapi akan selalu mengikuti keberadaan organisasi fornnal. Organisasi informal ini keberadaannya tidak direncanakan tetapi terjadi secara otomatis karena hubungan antar perseorangan pada sesama anggota organisasi formal ( perusahaan ).Tipe Working RelationshipBirokrasiOrganisasi NetworkMatriksFungsi-fungsi dalam organisasiFormal dan informalFinancial giantEfisiensiPublic imageAvoiding critismAvoiding lawsuitsMeeting individual needsNursing care delivery systemCase MethodeMetode pembagian kasus, dimana pasien dibagi dan ditempatkan pada suatu ruangan.Fungsional MethodePembagian berdasarkan target fungsi kerja perawat Team nursing

Metode pemberian asuhan keperawatan dimana seorang perawat profesional memimpin sekelompok tenaga keperawatan dengan berdasarkan konsep kooperatif & kolaboratif(Douglas, 1992)

Menggunakan tim yang terdiri atas anggota yang berbeda-beda dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap sekelompok pasien. Perawat ruangan dibagi menjadi 2-3 tim/ grup yang terdiri atas tenaga professional, tehnikal, dan pembantu dalam satu kelompok kecil yang saling membantu.KONSEP METODE TIMPrimary nursingPrimary NursingConsults with physician or other healthcare providersCommunicate with supervisorsMETODE TIM PRIMER (MODIFIKASI)7-8 PASIEN7-8 PASIEN

7-8 PASIEN7-8 PASIENJADWAL DIATUR PAGI, SIANG, MALAM DAN LIBURNursing Case ManagementPembagian berdasarkan spesialisasi penyakit tertentu.Contoh:Penyakit menularTidak menular

Di ruang rawat inap kelas II bagian anakPatient focus carePemberian pelayanan askep yang ditujukan terhadap pasien tertentu.

Contoh:HomecareDAFTAR PUSTAKA Marquis, Bessie L. & Huston, Carol J. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Teori & Aplikasi Edisi 4. Jakarta: EGC.Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta: Salemba MedikaSlide show MAKP Pak Irman