soal uc_i un bindo p_04 2015

19
1 PEMERINTAH KOTA MATARAM DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA Jl. Majapahit No. 14 Telp. Sekr: 631075, Dikdas: 641362, Dikmen: 633605 PNFI: 649329, Binmudora 640826, Info & Ren : 649119 Fax. 649119 Mataram SOAL UJICOBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari, Tanggal : Senin, Februari 2015 Waktu : 120 menit Petunjuk Umum! 1. Isilah identitas Anda pada lembar jawaban yang disediakan! 2. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban. 3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya! 4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah! 5. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan bolpoint/pulpen yang bertinta biru atau hitam! 6. Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap! 7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya. 8. Jika telah selesai, periksalah kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian! Petunjuk Khusus! Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang disediakan! 1. Bacalah paragraf berikut ini! Promosi besar-besaran yang dilakukan maskapai penerbangan sering kali menggoda kita untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri.Terlebih lagi, beberapa tahun terakhir tidak ada lagi biaya fiskal yang harus dikeluarkan sehingga ongkos perjalanan ke luar negeri semakin terjangkau. Gagasan utama paragraf di atas adalah ... . A. Godaan untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri B. Promosi besar-besaran maskapai penerbangan ke luar negeri C. Maskapai menggoda kita untuk melakukan perjalanan ke luar negeri D. Biaya fiskal ditiadakan sehingga ongkos perjalanan ke luar negeri semakin terjangkau Bahasa Indonesia – Paket 04_2014/2015 UC_UN SMP/MTs Dikpora Kota Mataram

Upload: pragas

Post on 14-Sep-2015

258 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Yh

TRANSCRIPT

PEMERINTAH KOTA MATARAM

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

Jl. Majapahit No. 14 Telp. Sekr: 631075, Dikdas: 641362, Dikmen: 633605

PNFI: 649329, Binmudora 640826, Info & Ren : 649119 Fax. 649119 Mataram

SOAL UJICOBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs KOTA MATARAM

TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia Hari, Tanggal:Senin, Februari 2015Waktu:120 menit Petunjuk Umum!

1. Isilah identitas Anda pada lembar jawaban yang disediakan!2. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.

3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya!4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah!5. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan bolpoint/pulpen yang bertinta biru atau hitam!6. Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap!7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.

8. Jika telah selesai, periksalah kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian!

Petunjuk Khusus!

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang disediakan!

1. Bacalah paragraf berikut ini!Promosi besar-besaran yang dilakukan maskapai penerbangan sering kali menggoda kita untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri.Terlebih lagi, beberapa tahun terakhir tidak ada lagi biaya fiskal yang harus dikeluarkan sehingga ongkos perjalanan ke luar negeri semakin terjangkau.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ... .

A. Godaan untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri

B. Promosi besar-besaran maskapai penerbangan ke luar negeri

C. Maskapai menggoda kita untuk melakukan perjalanan ke luar negeri

D. Biaya fiskal ditiadakan sehingga ongkos perjalanan ke luar negeri semakin terjangkau

2. Bacalah paragraf berikut ini!(1) Waduk Jatiluhur memerlukan hutan lindungdi bagian hulu Sungai Citarum sebagai penahan banjir, pencegah erosi, dan sumber mata air). (2) Danau Toba memerlukan hutan lindung di sekitarnya sebagai sumber mata air, pencegah erosi, dan banjir. (3) Bandung Selatan sering kebanjiran karena hutan-hutan daerah aliran sungai (DAS) Citarum gundul. (4) Hal ini menunjukkan, daerah-daerah kritis sangat memerlukan hutan lindung.

Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat pada kalimat bernomor ... .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Bacalah kutipanberita berikut ini untuk soal no. 3 dan 4!

Kutipan berita 1:

Liputan6.com, Jakarta : Pemberlakuan Undang-undang Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang melarang ekspor bahan mentah dan pembangunan smelter merupakan pilihan tepat bagi Indonesia. Kebijakan ini dinilai bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara maju. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (22/1/2014), mengatakan, dampak penerapan UU Minerba pada neraca perdagangan kemungkinan hanya akan berpengaruh sekitar 1-2 tahun. Namun pada 2016, pendapatan negara diproyeksikan bakal meningkat cukup tajam dengan kebijakan UU minerba tersebut. Kutipan berita 2:

Liputan6.com, Jakarta : Kementerian Perdagangan belum menerima rekomendasi soal eksportir terdaftar (ET) yang ingin melakukan ekspor tambang mineral dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral. Hal itu terkait larangan ekspor mineral mentah yang mulai berlaku per 12 Januari 2014. Untuk mendukung penerapan aturan ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 4 tahun 2014 yang mewajibkan para eksportir barang tambang untuk mendapatkan izin berupa status eksportir terdaftar (ET) jika ingin melakukan ekspor. 3. Persamaan informasi kedua kutipan berita di atas adalah ... A. UU Minerba tentang larangan ekspor mineral mentah.

B. Larangan ekspor mineral mentah mulai berlaku per 12 Januari 2014.

C. Pemberlakuan UU Minerba bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara maju.

D. Pendapatan negara diproyeksikan bakal meningkat cukup tajam dengan kebijakan UU Minerba pada tahun 2016.

4. Perbedaan penyajian kedua kutipan berita di atas (soal no. 3) adalah ... .A. Kutipan berita 1 diawali unsur bagaimana, sedangkan kutipan 2 diawali unsur mengapa

B. Kutipan berita 1 diawali unsur mengapa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur di mana

C. Kutipan berita 1 diawali unsur siapa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur kapan

D. Kutipan berita 1 diawali unsur apa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur siapa

Bacalah teks biografi berikut ini untuk soal no. 5 dan 6!

Willibrodus Surendra Broto Rendra (lahir Solo, 7 November 1935) adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai "Burung Merak".Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta pada tahun 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di Depok.

Rendra menghabiskan masa kecil hingga remaja di kota kelahirannya, Solo. Ia memulai pendidikannya dari TK (1942) hingga menyelesaikan sekolah menengah atasnya, SMA (1952), di sekolah Katolik, St. Yosef di kota Solo. Setamat SMA Rendra pergi ke Jakarta dengan maksud bersekolah di Akademi Luar Negeri. Ternyata akademi tersebut telah ditutup. Lalu ia pergi ke Yogyakarta dan masuk ke Fakultas Sastra, Universitas Gajah Mada. Walaupun tidak menyelesaikan kuliahnya, tidak berarti ia berhenti untuk belajar. Pada tahun 1954 ia memperdalam pengetahuannya dalam bidang drama dan tari di Amerika, ia mendapat beasiswa dari American Academy of Dramatical Art (AADA). Ia juga mengikuti seminar tentang kesusastraan di Universitas Harvard atas undangan pemerintah setempat.

5. Keistimewaan seorang WS. Rendra adalah ... A. WS. Rendra seorang penyair ternama dari Solo.

B. WS. Rendra mengenyam pendidikan mulai dari TK.

C. Memperdalam pengetahuan bidang drama dan tari di Amerika.

D. Mengikuti seminar di Universitas Harvard atas undangan pemerintah setempat.

6. Sifat WS. Rendra yang patut diteladani adalah ... .

A. semangat untuk terus belajar

B. mendapat julukan Burung Merak

C. menghabiskan masa kecil hingga remaja di daerah kelahiran

D. Pendiri Bengkel Teater di Yogyakarta dan Bengkel Teater Rendra di Depok

7. Perhatikan iklan berikut ini!

(1). Hati-hati berkendaraan

(2). Patuhi aturan nyaman di jalan

(3). Kesadaran kita keselamatan semua

(4). Begitulah harapan warga kota

Penjelasan kalimat (2) pada iklan tersebut adalah ... A. Seharusnya kita sadar akan aturan lalu lintas sehingga harapan warga terpenuhi.

B. Kalau kita menaati aturan lalu lintas, akan selamatlah warga kota.

C. Seharusnya semua orang menaati aturan lalu lintas agar selamat.

D. Kalau kita mematuhi aturan lalu lintas, di jalan akan nyaman.

8. Perhatikan iklan baris berikut!

Dcr sgr koki/jr msk wnt u/villa di Jl Imam Bonjol-Dps

Berpengalaman&Bs msk eropa, cina, Indo Hub. 0816571027Maksud iklan di atas adalah ...

A. Dicari sgr koki/junior masak wanita urusan villa di jalan Imam Bonjol-Denpasar. Memiliki pengalaman dan bisa masak makanan Eropa, makanan Cina, dan makanan Indonesia. Yang berminat hubungi 0816571027.

B. Dicari segera koki/juru masak wanita untuk villa di jalan Imam Bonjol-Denpasar. Memiliki pengalaman dan bisa masak makanan Eropa, makanan Cina, dan makanan Indonesia. Yang berminat hubungi 0816571027.

C. Dcri segera koki/junior masak wanita untuk villa di jalan Imam Bonjol-Denpasar. Memiliki pengalaman dan bisa masak makanan Eropa, makanan Cina, dan makanan Indonesia. Yang berminat hubungi 0816571027.

D. Dicari segera koki/junior masak wanita urusan villa di jalan Imam Bonjol-Denpasar. Memiliki pengalaman dan bisa masak makanan Eropa, makanan Cina, dan makanan Indonesia. Yang berminat hubungi 0816571027.

9. Perhatikan iklan berikut ini!

L O W O N G A N

1. Project Manager

2. Manager Mal & Pabrik

3. HRD Rumah Sakit & Pabrik

4. Marketing Mall

Syarat:

Pendidikan min D3/S1

Bahasa inggris aktif diutamakan

Menarik

Jujur dan kreatif

WNI

PT. DUNIATEX

Jl. Raya Palur KM 7.1

SOLO Jawa Tengah

atau email :

[email protected]

Pernyataan yang merupakan opini dalam iklan di atas adalah ... .

A. PT. DUNATEX. Jl. Raya Palur KM. 7.1 SOLO-Jawa Tengah

B. Berbahasa inggris dengan aktif akan diutamakan

C. Pendidikan min. D3/S1

D. WNI

10. Bacalah paragraf berikut ini!

Karya ilmiah dibagi menjadi dua macam, yaitu karya ilmiah populer dan karya tulis ilmiah. Karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang dipublikasikan media massa. Bentuk karya ilmiah populer yaitu artikel dan esai. Sedangkan karya tulis ilmiah yaitu karya ilmiah yang disusun secara sistematis dan dibukukan. Contoh-contoh karya tulis ilmiah berupa laporan karya wisata, makalah, skripsi, tesis, dan disertasi. Baik karya ilmiah populer maupun karya tulis ilmiah harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Simpulan isi paragraf di atas adalah ...

A. Karya ilmiah terbagi menjadi dua.

B. Bahasa Indonesia harus digunakan dalam penulisan karya ilmiah.

C. Penulisan karya ilmiah harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

D. Karya ilmiah harus ditulis secara sistematis, harus dibukukan, dan harus dipublikasikan.

11. Perhatikan grafik siswa penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) di bawah ini!

Pernyataan yang sesuai dengan grafik batang tersebut adalah ... A. Penerima BSM terbanyak siswa kelas IX adalah pada tahun 2012.

B. Penerima BSM tahun 2011 sama dengan tahun 2012.

C. Penerima BSM kelas VII paling sedikit pada tahun 2010.

D. Penerima BSM terbanyak adalah siswa kelas VII pada tahun 2013.

12. Perhatikan tabel berikut!Perkiraan Volume Pembaca Buku Ilmiah

di Perpustakaan SMP Bina Karya

TahunKelas 7Kelas 8Kelas 9

2012447408439

2013298211367

2014386423475

Simpulan isi tabel tersebut adalah ...

A. Volume pembaca buku ilmiah selama tiga tahun cenderung meningkat.

B. Terjadi penurunan volume pembaca buku ilmiah di perpustakaan SMP Bina Karya tahun 2014.

C. Selama tiga tahun volume pembaca buku ilmiah tidak stabil.

D. Volume pembaca buku ilmiah selama tiga tahun cenderung terjadi peningkatan yang stabil.

13. Perhatikan bagan berikut

Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah ...

A. Ketua OSIS bertanggung jawab langsung kepada anggota OSIS.B. Pengurus OSIS bertanggung jawab kepada pembina OSIS.C. Seksi BelaNegara bertnggungjawab kepada Sekretaris.

D. Bendahara membawahi seksi Olah Raga dan Keagamaan.

14. Perhatikan denah berikut!

Berdasarkan denah tersebut, perjalanan yang efisien menuju Griya Batik dari SMP 1 adalah ... .

A. Jalan Flamboyan belok kiri menuju Jalan Mawar lantas belok kiri melewati Jalan Anggrek.

B. Dari Jalan Flamboyan menuju Jalan Melati dan belok kiri ke Jalan Kana.

C. Menuju Jalan Mawar belok kiri ke Jalan Anggrek dan berbelok ke kiri Jalan Kana.

D. Melalui Jalan Flamboyan ke Jalan Anggrek belok kiri ke Jalan Melati, masuk Jalan Kana.

Bacalah puisi berikut ini, kemudian kerjakan soal nomor 15, 16, dan 17!Keranda berbalut kain hijau

Perlahan berjalan

Di bawah siraman mentari tengah hari

Diiringi taburan bunga dan wewangian zikir

Mengantarmu di keheningan abadi15. Tema puisi tersebut adalah ... .A. kepasrahan

B. perjalanan

C. kematian

D. perjuangan

16. Citraan pada larik kedua puisi di atas adalah citraan ... .

A. gerak

B. pendengaran

C. penciuman

D. penglihatan

17. Larik bermajas yang terdapat dalam puisi di atas adalah ... . A. Keranda berbalut kain hijau

B. Perlahan berjalan

C. Di bawah siraman mentari tengah hari

D. Mengantarmu di keheningan abadi

18. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Sakerah adalah salah satu prajurit yang gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam seribu bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya. Satu per satu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.

Dalam kutipan cerpen tersebut, watak tokoh disampaikan dengan ... .

A. penuturan tokoh

B. penjelasan pengarang

C. tanggapan tokoh lain

D. penggambaran fisik atau tubuh

Kutipan Cerpen untuk soal no. 19 dan 20!(1) Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya, padahal Wulan tak kenal sama sekali. (2) Astaga, jangan-jangan ... melintas kembali pikiran buruk dibenakku. (3) Jangan-jangan lelaki itu mau menculikku, dia membayarkan supaya aku tidak curiga kepadanya. (4) Jantung wulan kembali berdegup kencang. (5) Baru saja kemarin, ia membaca koran tentang penculikan anak-anak. (6) Seingat Wulan, lelaki itu tadi juga naik dari sekolahnya.

19. Bukti watak tokoh Wulan menjadi penakut, digambarkan pada kutipan ... .

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) 20. Latar pada kutipan cerpen di atas adalah ... .

A. di sekolah

B. di halaman C. di dalam bus

D. di ruang tunggu

21. Cermati cerpen di bawah ini!

Tengah malam Didi terbangun, dikejutkan oleh ketukan di jendela kamarnya. Dipasangnya telinganya mendengarkan dengan baik-baik. Sekali lagi jendela diketuk dari luar. Tiba-tiba Didi jadi takut. Di samping rumahnya, dekat jendela kamarnya ada pohon jambu. Kata ibu Tini, pohon itu ada penghuninya.

Konflik yang terdapat pada kutipan cerita tersebut adalah ... .

A. Was-was dan ketakutan

B. Gelisah dan tidak bisa tidur

C. Ketakutan tanpa alasan

D. Terbangun karena mimpi buruk

Cermati novel di bawah ini untuk soal no. 22 dan 23!

Kutipan novel 1

Salah ku juga! kata-kata itu bergema lagi seolah-olah suara hatiku. Mengapa aku sekarang mudah naik darah? Ya, setiap kali aku habis bertengkar dengan suamiku, pasti aku ditimpa oleh perasaan sesal yang mendalam, pasti aku mengakui bahwa aku terlalu lekas marah, terlalu lekas mengayunkan tangan untuk menghamburkan kutuk.

Kutipan novel 2

Setelah Eyang Kakung meninggal, Eyang Putri tidak mau hanya menghandalkan hidup dari uang pensiun suaminya sebagai guru. Eyang Putri mengandalkan keterampilannya membuat jamu. Setiap pagi Eyang Putri ke pasar membeli rempah-rempah.

22. Perbedaan latar sosial pada kedua kutipan novel tersebut adalah ... .

A. Novel 1 = menggambarkan latar sosial mandiri; Novel 2 = menggambarkan pribadi yang tidak stabil

B. Novel 1 = situasi yang stabil dalam hidup tokohnya; Novel 2 = kemandirian hidup tokoh utamanya

C. Novel 1 = kemandirian hidup tokoh utamanya; Novel 2 = menggambarkan pribadi yang tidak stabil

D. Novel 1 = menggambarkan pribadi yang tidak stabil; Novel 2 = menggambarkan latar sosial sikap mandiri

23. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut adalah ... .

A. Novel 1 = menggunakan bahasa baku mudah dipahami; Novel 2 = menggunakan bahasa dengan makna konotatif

B. Novel 1 = pemakaian bahasa sehari-hari yang ekspresif; Novel 2 = pemakaian bahasa yang komunikatif dengan gaya bahasa

C. Novel 1 = menggunakan bahasa sehari-hari yang ekspresif; Novel 2 = menggunakan bahasa Indonesia dengan unsur serapan daerah

D. Novel 1 = pemakaian bahasa klise yang susah di pahami; Novel 2 = pemakaian bahasa baku yang mudah di pahami

Cermati kutipan dialog drama berikut ini untuk soal no. 24 dan 25!

Aziz : Aku memang bersalah. Aku yang mencuri uang itu.

Parto : Sekarang kamu mau apa? Mencuri lagi?

Sule : Ya, akui saja kamu mau mencuri.

Aziz : Aku mau minta uang saja.

Sule : Kami tidak punya uang.

Aziz : Aku minta baik-baik, kalian tidak kasi, bagaimana tidak dicuri. (sambil membanting pintu ruang tamu, dia keluar)

24. Latar tempat kutipan drama di atas adalah ... .

A. jalan raya B. sekolah C. rumah

D. pasar

25. Konflik yang terjadi dalam drama tersebut adalah ... .

A. salah tahan B. kecurigaan C. tanggung jawab

D. kurang perhatian

26. Cermati ilustrasi di bawah ini!

Pengumuman itu mewujudkan keinginan Asifa yang tertunda sejak dua tahun yang lalu, Sabtu, 2 Januari 2015, namanya dipanggil panitia sebagai juara 1 lomba menggambar.

Kalimat dalam buku harian asifa yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...

A. Sabtu, 2 Januari 2015. Hari ini tak akan kulupakan seumur hidupku. Sudah dua tahun aku menunggu saat seperti ini. Asyik ... . Akhirnya aku dapat meraih juara I lomba menggambar.

B. Sabtu, 2 Januari 2015. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, untuk juara 1 lomba menggambar diraih oleh Asifa. Asifa sangat bangga dan bersyukur atas prestasinya.

C. Sabtu, 2 Januari 2015. Aku dipanggil oleh panitia. Hari itu diadakan lomba menggambar. Aku harus segera menyiapkan diri karena setelah ini aku harus menggambar di depan juri.

D. Sabtu, 2 Januari 2015. Berdasarkan keputusan dewan juri, juara satu lomba menggambar diraih oleh Yanuar. Untuk juara II dan III diraih oleh Fajar dan Yona.

27. Cermati ilustrasi berikut!

Kepala tata usaha meminta staf persuratan membuat undangan rapat persiapan perpisahan siswa kelas IX. Undangan itu ditujukan kepada staf dan wali kelas IX.

Isi pesan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

A. Harap segera dilaksanakan berbagai persiapan perpisahan bagi seluruh kelas IX.

B. Buat daftar hadir rapat persiapan perpisahan siswa kelas IX untuk staf dan wali kelas IX.

C. Segera buat undangan rapat persiapan perpisahan kelas IX untuk staf dan wali kelas IX.

D. Undangan semua staf dan seluruh guru kelas IX untuk rapat persiapan perpisahan kelas IX.

28. Cermati ilustrasi berikut!

1). Kelompok kami bertugas mengamati pasar tradisional.

2). Barang-barang tersebut di antaranya beras, ikan asin, bumbu dapur, sayur-sayuran segar, dan masih banyak yang lainnya.

3). Pagi-pagi kami diberi tugas guru melakukan pengamatan.

4). Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelas. 5). Di dalam pasar tradisional itu, kami mengidentifikasikan sejumlah barang yang siap jual.

Agar menjadi laporan yang padu, urutan kalimat yang tepat adalah ... .

A. (3), (1), (4), (2), (5)

B. (3), (2), (4), (5), (1)

C. (3), (1), (5), (2), (4)

D. (3), (1), (2), (5), (4)

29. Cermati ilustrasi berikut!

OSIS SMP Hang Tuah bermaksud menyelenggarakan lomba baca puisi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Panitia berharap setiap kelas mendaftarkan sekurang-kurangnya dua siswa sebagai peserta. Pendaftaran peserta paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan lomba. Pelaksanaan lomba akan diadakan pada 28 Oktober 2014.

Pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... .

A. Lomba baca puisi akan diikuti oleh seluruh siswa SMP Hang Tuah. Daftarkan segera pada tanggal 28 Oktober 2014. Setiap kelas wajib mengirimkan 2 siswa terbaiknya.

B. Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, SMP Hang Tuah bermaksud mengadakan lomba. Lomba baca puisi akan dilangsungkan pada 28 Oktober 2014. Peserta diharapkan segera mendaftar.

C. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2014. OSIS SMP Hang Tuah akan mengadakan lomba baca puisi. Peserta harap mendaftarkan diri kepada panitia pada 28 Oktober 2014. Harap tidak terlambat.

D. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, OSIS SMP Hang Tuah bermaksud mengadakan loma baca puisi. Setiap kelas diharapkan mendaftarkan sedikitnya 2 orang siswa. Pendaftran ditutup 27 Oktober 2014.

30. Cermati data buku berikut!

Judul : Pendulang Emas di Pulau Pedas

Penulis : Joko Suroso

Penerbit : Mataram Unipress

Cetakan : 2012

Keunggulan : Paparan kekayaan daerah di pulau pedas dalam lintas budaya dan ekonomi melalui pariwisata tergambar jelas.

Kelemahan : Penyampaian informasi diuraikan berbelit-belit.

Paragraf resensi yang sesuai data buku tersebut adalah ... .

A. Joko Suroso dalam bukunya berjudul Mendulang Emas di Pulau Pedas, terbitan Mataram Unipress, memaparkan dengan jelas kekayaan alam dan budaya daerah, walaupun penyampaian informasinya diuraikan berbelit-belit, tetapi sangat menarik untuk dibaca.

B. Buku berjudul Mendulang Emas di Pulau Pedas karya Joko Suroso memiliki informasi kekayaan daerah yang diuraikan berbelit-belit. Buku ini diterbitkan oleh Mataram Unipress pada tahun 2012.

C. Mendulang Emas di Pulau Pedas merupakan buku yang kaya informasi tentang daerah Lombok. Disampaikan dengan jelas oleh Joko Suroso. Terbit pertama pada tahun 2012.

D. Joko Suroso mengupas tentang budaya dan ekonomi daerah Lombok dalam bukunya berjudul Mendulang Emas di Pulau Pedas, dengan jelas dan terinci. Terbit pertama pada tahun 2012.

31. Cermati penggalan surat pribadi berikut ini!

Tisa sahabatku,

[] Kabarku juga baik-baik. Aku, adikku, serta ayah ibuku sehat selalu. Sudah lama juga kita tidak saling berkabar. Apakah kamu masih aktif di Sanggar Tari Gemulai tempat kita bertemu dan menjalin persahabatan?

Kalimat yang tepat untuk mengawali surat tersebut adalah ...

A. Aku berharap kamu senang menerima suratku ini.

B. Aku berharap kamu dan keluargamu dalam keadaan baik-baik.

C. Aku berharap kita akan segera bertemu lagi.

D. Aku berharap akan ada kesempatan untuk mengunjungimu.

32. Cermati penggalan surat dinas berikut ini!

Sehubungan dengan akan diadakannya work shop dengan tema Dunia Gerabah, kami mengharapkan kehadiran Saudara, besok pada

hari,tanggal : Kamis, 6 Maret 2014

waktu: 09.00 Wita

tempat: Aula Kantor Lurah Kayangan

[]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat dinas tersebut adalah ...

A. Demikian, atas perhatian Saudara, kami sampaikan banyak terima kasih.

B. Terima kasih banyak atas perhatiannya dan kehadirannya.

C. Kami sampaikan terima kasih atas segala perhatian Saudara.

D. Atas kehadiran Saudara, kami sampaikan terima kasih.

33. Perhatikan dengan saksama ilustrasi berikut ini!

Kamu membaca berita tentang tiga jenazah korban kecelakaan Pesawat Airasia QZ8501, yang diberangkatkan ke Bandara Juanda, Surabaya, menggunakan Pesawat Casa NC212 Skuadron Udara 600 Wing Udara I Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut, dari Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Anggota SAR Pos Kotabarun Muhammad Imam Nazarudin mengatakan, tiga jenazah tersebut terdiri atas dua perempuan dan satu laki-laki. Mereka diterbangkan dari Bandara Stagen, Kotabaru ke Surabaya sekitar pukul 08.05 Wita.

Setelah membaca berita tersebut kamu ingin menulis surat pembaca pada harian tersebut.

Isi surat pembaca yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah

A. Saya sangat salut kepada Anggota SAR Pos Kotabaru yang telah berani menerima berbagai resiko di laut. Mereka menemukan tiga jenazah terdiri atas dua perempuan dan satu laki-laki.

B. Saya seorang pelajar SMP, saya sangat prihatin dengan sering terjadinya kecelakaan pesawat terbang, seharusnya peristiwa ini tidak terjadi berulang-ulang.

C. Kecelakaan pesawat di Indonesia memang sering terjadi. Tetapi dengan kehati-hatian pilot hal tersebut mungkin tidak terjadi.

D. Sudah selayaknya kita hati-hati dalam bepergian dengan pesawat, mengingat kecelakaan pesawat terbang kerap kali terjadi.

34. Perhatikan dengan saksama teks berikut ini! Petani berterima kasih kepada Pemerintah karena telah memberikan jaminan bahwa produksi beras petani akan dibeli oleh Bulog. Petani juga berterima kasih karena dapat membeli pupuk bersubsidi. Akan tetapi ada bantuan pupuk dari pemerintah tersebut tidak sesuai dengan kehendak petani.

Beberapa masalah teknis sering terjadi di lapangan. Bantuan benih dari Pemerintah biasanya disalahgunakan oleh sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab. Bantuan benih merupakan pembagian langsung dari Pemerintah secara gratis. Akan tetapi, fakta di lapangan ada pihak yang memperjualbelikan benih gratis tersebut kepada petani. Hal tersebut dikarenakan Pemerintah kurang memantau jalannya program tersebut.

Rangkuman isi bacaan tersebut yang tepat adalah

A. Pemerintah menjamin kehidupan petani untuk lebih sejahtera. Pemerintah mencanangkan beberapa program untuk meringankan beban petani. Akan tetapi, program tersebut tidak berjalan dengan lancar.

B. Pemerintah mencanangkan beberapa program untuk meringankan beban petani. Akan tetapi, program tersebut tidak berjalan dengan lancar karena ulah pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut dikarenakan Pemerintah kurang memantau jalannya program yang dicanangkan.

C. Petani merasa ditipu dengan program Pemerintah yang berdalih ingin menyejahterakan petani. Petani merasa rugi karena program-program tersebut membuat beberapa pihak dapat bertindak sewenang-sewenang terhadap mereka.

D. Petani semakin tidak percaya terhadap program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah. Hal tersebut dikarenakan program dari Pemerintah selalu dimanfaatkan oleh pejabat untuk mencari keuntungan.

35. Cermatilah ilustrasi berikut!

Pada tanggal 11 Juni 2012 sebanyak 104 ibu yang mewakili 104 kelurahan di Padang, berlomba menggiling cabai di batu gilingan tradisonal di Pantai Padang. Setiap tahun Pemerintah Kota Padang sengaja menyelenggarakan lomba pembuatan kuliner tradisional untuk melestarikannya. Lomba kuliner ini berhadiah seekor sapi, kambing, dan televisi.

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... A. Sebanyak 104 ibu yang mewakili 104 kelurahan di Padang berlomba menggiling cabai di batu gilingan tradisional di Pantai Padang pada tanggal 11 Juni 2012. Pemerintah Kota Padang menyelenggarakan lomba kuliner yang bertujuan untuk melestarikan kuliner tradisional setiap tahunnya. Lomba kuliner ini berhadiah seekor sapi, kambing, dan televisi.

B. Di Pantai Padang (11/6) diadakan lomba menggiling cabai di batu gilingan tradisional. Pemerintah Kota Padang setiap tahun menyelenggarakan lomba kuliner tradisional. Lomba kuliner ini berhadiah seekor sapi, kambing, dan televisi.

C. Setiap tahun Pemerintah Kota Padang menyelenggarakan lomba kuliner yang bertujuan untuk melestarikan kuliner tradisional di Pantai Padang. Lomba kuliner ini diikuti oleh 104 ibu yang mewakili 104 kelurahan di Padang. Lomba ini berhadiah seekor sapi, kambing, dan televisi.

D. Pemerintah Kota Padang mengadakan lomba menggiling cabai di batu gilingan tradisional yang diikuti oleh 104 ibu yang mewakili 104 kelurahan di Padang. Lomba kuliner ini berhadiah seekor sapi, kambing, dan televisi.

36. Bacalah ilustrasi berikut!

Untuk membudayakan gemar membaca, sekolah mengadakan lomba membuat sinopsis buku fiksi dan membuat rangkuman buku nonfiksi. Agar memacu motivasi peserta, panitia membuat slogan.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... .

A. Membaca untuk mengisi waktu

B. Membaca itu sangat penting

C. Pengetahuan diperoleh dari membaca

D. Sinopsis dilombakan, membaca dibudayakan

37. Perhatikan ilustrasi berikut!

Perusahaan Prima bergerak di bidang usaha jual beli peralatan kantor dan bank, mengiklankan jenis usahanya berupa computer, printer, kalkulator, mesin hitung uang. Alamat kantor tersebut berada di Jalan Darmawangsa Kebayoran Baru, dengan nomor telepon 021-7397658, 7202520. Dengan menghubungi Bapak Andre.

Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Prima jual beli alat ktr & bnk: komputer, kalkulator, mesin hitung uang. Hub. Andre 021-7397658, 7202520.

B. Prima usaha bergerak dalam jual beli alat bank dan kantor. Jalan Darmawangsa Kebayoran baru. Segera hubungi 021-7397658, 7202520.

C. Prima usaha jual cepat komputer, kalkulator, printer. Hubungi Bapak Andre. Jalan Darmawangsa Kebayoran Baru.

D. Hubungi 021-7397658, 7202520 pada Prima Usaha. Anda akan mendapatkan kalkulator, printer dan komputer secara cuma-cuma.

38. Perhatikan petunjuk berikut!

(1) Mulailah menyetrika dari bagian yang paling sulit, misalnya lengan, kerah, atau saku.

(2) Basahi terlebih dahulu dengan sedikit air agar pakaian menjadi lembab sehingga mudah disetrika.

(3) Siapkan semua pakaian yang akan disetrika.

(4) Lanjutkan penyetrikaan pada bagian yang lebih mudah.

(5) Gantung atau lipatlah pakaian dengan rapi.

Langkah-langkah yang benar dalam menyetrika pakaian adalah ... . A. (2)-(1)-(5)-(4)-(3)

B. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)

C. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)

D. (3)-(2)-(1)-(4)-(5)

39. Cermatilah petunjuk berikut ini!

Petunjuk Membuat Masker untuk Kulit Berminyak

(1) Siapkan buah mentimun. Kemudian, cucilah mentimun tersebut.

(2) Siapkan pula 1 sendok teh air perasan jeruk lemon dan 1 sendok teh air perasan daun mint.

(3) Blender semua bahan hingga tercampur rata.

(4) [. . .]

(5) Setelah dingin, masker untuk kulit berminyak siap digunakan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ... A. Oleskan ramuan pada wajah, diamkan selama 15 menit.B. Masukkan ke dalam lemari es selama 15-20 menit agar dingin.C. Aduk rata ramuan lalu diamkan selama 10-15 menit.D. Cucilah wajah terlebih dahulu lalu oleskan merata hingga leher.40. Bacalah ilustrasi berikut!

Ketua OSIS SMP Bintang Jaya Jogja mendapat giliran pertama, memberikan sambutan atas nama ketua penyelenggara pada acara pembukaan lomba mendongeng, dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

Paragraf pembuka pidato berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Melalui lomba mendongeng, diharapkan generasi muda lebih mengenal dan mencintai dongeng yang berasal dari negeri sendiri. Dongeng, memang sudah tidak disenangi lagi di kalangan anak-anak.

B. Puji syukur marilah kita sampaikan kepada Tuhan karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada acara pembukaan lomba mendongeng dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

C. Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada khilaf kata. Semoga lomba mendongeng ini berjalan lancar.

D. Tujuan pelaksaan lomba mendongeng ini untuk memperingati Bulan Bahasa. Dengan harapan, kita generasi muda semakin mengenal yang berasal dari negeri sendiri.

41. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Teman-teman pengurus OSIS yang saya cintai.

Tadi telah saya sampaikan cara menjaga kebersihan kelas. Sekarang bagaimana cara memperindah halaman kelas kita? [ ... ]

Lomba ini kita adakan dua bulan sekali dan pemenangnya kita belikan bola voli dengan uang kas OSIS. Saya berharap, melalui lomba ini semua kelas akan memperindah taman kelas masing-masing.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato rumpang tersebut adalah ...

A. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk memperindah halaman kelas kita adalah dengan mengadakan lomba keindahan taman depan kelas kita masing-masing. B. Cara yang dapat kita lakukan adalah merawat taman kelas kita secara bergiliran antarregu piket setiap pagi.

C. Agar taman kita tampak indah, kita harus mengatur taman kita dan menanaminya dengan bermacam-macam tanaman hias yang kita beli dengan uang kas kelas. D. Agar taman kita tampak indah, kita harus membawa bermacam-macam tanaman hias dari rumah kita masing-masing dan kita sirami setiap hari.

42. Tema karya ilmiah : Upaya meningkatkan prestasi belajar. Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah ...

A. Siapa sajakah yang prestasi belajarnya meningkat?

B. Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar?

C. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar?

D. Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi?

43. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kecakapan hidup, siswa memerlukan fasilitas penunjang yang variatif dan kepedulian seluruh pihak pada sekolah.

Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...

A. Peningkatan kecakapan hidup juga tidak melulu pada aspek akademis semata.

B. Peningkatan mutu berbasis sekolah lebih berorientasi pada upaya peningkatan pelayanan.

C. Pimpinan sekolah terus aktif membangun kerja sama dengan swasta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

D. Perlu diadakan fasilitas penunjang yang variatif dalam mengelola sekolah agar program kecakapan hidup tercapai.

44. Perhatikan data dua buku berikut!

1) Buku berjudul Argumentasi dan Narasi karangan Gorys Keraf, diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2007 di Jakarta.

2) Asul Wiyanto mengarang buku berjudul Kesusasteraan Sekolah, pada tahun 2005 yang diterbitkan di Jakarta oleh penerbit Grasindo.

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data dua buku di atas adalah ... .

A. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: Grasindo.B. Gorys, Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Asul, Wijayanto. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

C. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Gramedia: Jakarta.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Grasindo: Jakarta.

D. Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi. 2007. Jakarta: Gramedia.

Wiyanto, Asul. Kesusasteraan Sekolah. 2005. Jakarta: Grasindo.

45. Kami datang agak terlambat. Dengan begitu kami tidak dapat mengikuti acara pertama.

Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah ...

A. Kami datang agak terlambat, akibatnya kami tidak dapat mengikuti acara pertama.

B. Kami datang agak terlambat. Oleh sebab itu kami tidak dapat mengikuti acara pertama.

C. Kami datang agak terlambat sehingga tidak dapat mengikuti acara pertama.

D. Kami datang agak terlambat. Oleh karena itu, kami tidak dapat mengikuti acara pertama.

46. Kalimantan Barat bukan bagian Waktu Indonesia Tengah melainkan Waktu Indonesia Barat.

Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...

A. Kalimantan Barat, bukan bagian Waktu Indonesia Tengah melainkan Waktu Indonesia Barat.

B. Kalimantan Barat bukan bagian Waktu Indonesia Tengah, melainkan Waktu Indonesia Barat.

C. Kalimantan Barat bukan, bagian Waktu Indonesia Tengah melainkan Waktu Indonesia Barat.

D. Kalimantan Barat bukan, bagian Waktu Indonesia Tengah, melainkan Waktu Indonesia Barat.

47. Aku (1)mengintip kecelakaan kendaraan bermotor di depanku, kemudian warga (2)hadir dari arah lorong kecil di sebelah rumahku.

Perbaikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ... .

A. (1) menonton, (2) datangan

B. (1) melirik, (2) datang

C. (1) menyaksikan, (2) berdatangan

D. (1) melihat, (2) berdatang

48. Perhatikan pantun rumpang berikut! Hendak sekolah makan ketupat Makan di bawah pohon randu

Belajarlah engkau dengan giat

[...]

Agar menjadi pantun yang baik, larik yang tepat untuk melengkapinya adalah ...

A. Pasti akan menyesal nanti B. Cita-citamu pasti kan tercapai

C. Supaya dapat juara satu

D. Menyesal di kemudian hari 49. Perhatikan kutipan puisi rumpang berikut!

Denting jam tengah malam [...]

Tuk bersujud

Kuagungkan Asma-Mu

Mohon ampunan-Mu

Larik bermajas untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar bermakna utuh adalah ... .

A. terdengar nyaring

B. bangunkan diriku

C. kusebut nama-Mu

D. tepat pukul tiga

50. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

(1) Rina: Apa-apaan sih? Kok posterku disobek? (menahan marah)

(2) Aji: [...] .

(3) Rina: Maaf.. maaf, enak saja!

(4) Aji: (dengan sangat menyesal) Iya deh, aku ganti postermu, tapi kamu mau maafin aku kan? (5) Rina: [...] . (6) Aji: (dengan tersenyum) Oke, Boss! Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...

A. (2) Tidak tahu Rin, orang iseng. (5) Ya, harus ada yang mengganti.

B. (2) Jatuh mungkin Rin, kurang tahu. (5) Pokoknya sekarang harus ada!

C. (2) Maafin aku Rin. Aku tidak sengaja. (5) Pokoknya sekarang harus ada!

D. (2) Maafin aku Rin. Aku tidak sengaja. (5) Ya, lain kali kamu jangan ceroboh.

SMP 1

Jalan Kana

Jalan Anyelir

Jalan Flamboyan

Jalan Mawar

Jalan Anggrek

U

GRIYA BATIK

Bahasa Indonesia Paket 04_2014/2015

UC_UN SMP/MTs Dikpora Kota Mataram

_1483414443.xlsChart1

321518

351343

452033

561834

KELAS VII

KELAS VIII

KELAS IX

Sheet1

KELAS VIIKELAS VIIIKELAS IX

2010321518

2011351343

2012452033

2013561834

To resize chart data range, drag lower right corner of range.