bedah skl un bindo smk

Download Bedah Skl Un Bindo Smk

Post on 30-Oct-2014

127 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAHAN KAJIAN UN

TIM BAHASA INDONESIA BKS KEVIKEPAN SEMARANG

Ide Pokok Paragraf

Cari pernyataan yang paling umum dan luas cakupannya! Pernyataan yang diacu/dijelaskan pernyataan lain. Adakah kata ganti yang merujuk bagian lain? Adakah konjungsi penyimpul? Pada umumnya ide pokok diletakkan di awal paragraf. Apakah kalimat terakhir merupakan penegas?

Soal 1kata ganti

Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya. a. memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada b. menjaga lingkungannya agar tetap sehat

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

c. perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar lainnyad. berperilaku sehat akan menjaga kebersihan e. perilaku sehat merupakan pilar utama

(1) Memberikan "asupan" makanan yang sehat dan seimbang adalah cara yang baik untuk memastikan tumbuh kembang serta menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. (2) Pola makan yang dianjurkan adalah yang mengandung tiga kelompok zat nutrisi, yaitu sumber zat tenaga, pembangun, dan pengatur. (3) Makanan yang tergolong dalam sumber zat tenaga adalah nasi, tepung-tepungan, umbi-umbian, gula, dan minyak. (4) Sumber zat pembangun terdapat pada makanan seperti ikan, telur, susu, daging ayam, daging sapi, dan kacangkacangan. (5) Sedang sumber zat pengatur banyak terdapat pada sayur dan buah, terutama yang berwarna hijau dan kuning. Ide pokok paragraf tersebut adalah .... A. cara yang baik untuk memberikan asupan makanan B. cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat C. asupan makanan, sehat dan seimbang D. asupan makanan yang sehat untuk berkembang E. makanan yang sehat dan seimbang pada sayur dan buah

Kata kunci: Pernyataan (1) diacu/dijelaskan pernyataan lain

(1) Keadaan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia menyebabkan banyak pencari kerja yang rela melakukan apa saja agar dapat bekerja di Malaysia, Singapura, dan Thailand. (2) Mereka rela mengeluarkan uang puluhan juta agar berangkat ke negara tujuan. (3) Sesampainya di negara tujuan memang dengan mudah mereka memperoleh pekerjaan. (4) Akhirnya, pemalsuan paspor, visa, dan identitas mereka lakukan agar mudah memasuki negara tujuan tersebut. (5) Banyak para pekerja itu yang meminta upah melebihi kemampuan kerjanya. Kalimat utama paragraf tersebut adalah .... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)

Pertanyaan Isi TeksPerilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut adalah ...

a. Mengapa perilaku sehat merupakan pilar paling utama?b. Bagaimana cara menjaga agar lingkungan tetap sehat? c. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat? d. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan

lingkungan? e. Kapan pemerintah harus memberi pelayanan kesehatan?

Pertanyaan Isi Teks

Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Seperti halnya mata, mulut juga merupakan jendela bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Keadaan gigi, lidah, dan bibir dapat menentukan bagaimana kita berbicara maupun makan sesuatu. Salah satu masalah yang sering terjadi di mulut adalah gangguan gusi. Gangguan gusi terjadi karena adanya infeksi pada jaringan pendukung gigi. Ketika plak gigi muncul, bakteri akan mengiritasi gusi dan menyebabkan gusi menjadi bengkak. Mengapa gusi dapat membengkak? Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ... A. Mengalami gangguan gusi.

B. Sedang tumbuh jaringan pendukung gigi.C. Terdapat plak gigi. D. Bakteri mengiritasi gusi. E. Bakteri bersarang di gusi.

Isi grafik, tabel, diagram Penentuan isi tabel, grafik, atau diagram dilakukan dengan cara memahami fakta yang terdapat dalam tebel, grafik, atau diagram tersebut. KATA KUNCI: judul, subjudul pada kolom, cek satu-satu. Biasanya yang ditanyakan: tertinggi, terendah, lonjakan, penurunan, isi yang sesuai, dan simpulan. Grafik/diagram -Tertinggi atau terendah - Kenaikan (lihat sesudahnya) - Penurunan (lihat sebelumnya)

Volume dan Sumber Sampah Kota Mataram 2003500 450 400 350 300 250 200 150 100 50 01. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Sampah Pemukiman Sampah Pasar Sampah Komersial Sampah Perkantoran Sampah Umum Penyapuan Jalan Kawasan Industri Saluran Lain-lain

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Diagram Hal yang digambarkan dalam diagram tersebut adalah ...

a. Sumber dan jumlah sampah di kota Mataram pada tahun 2003. b. Sampah pasar menduduki persentase terendah di kota Mataram tahun 2003. c. Sampah umum paling sedikit persentasenya di kota Mataram pada tahun 2003. d. Sumber sampah tertinggi di kota Mataram pada tahun 2003 adalah saluran. e. Sampah umum peringkat ketujuh di kota Mataram pada tahun 2003.

DiagramPernyataan yang sesuai dengan isi diagram tersebut adalah ... a. Sampah pemukiman volumenya terbanyak kedua dibandingkan sampah lainnya. b. Sampah umum volumenya lebih banyak dibandingkan sampah komersial. c. Sampah lain-lain volumenya lebih banyak dibandingkan jumlah sampah pasar. d. Sampah pasar volumenya lebih besar dibandingkan jumlah sampah komersial. e. Sampah pasar volumenya lebih banyak dibandingkan sampah pemukiman.

TabelAlasan ke Pameran Buku Produk yang dijual menarik Mengikuti perkembangan buku baru Bukunya lebih lengkap Mengikuti acara pendukung di pameran Mengi si waktu kosong/jalanjalan Lainlain Total

Membeli Buku dengan harga murah 20 Tahun 59,6

15,8

8,8

3,5

10,5

1,8

100,0

21-25 Tahun

50,0

7,6

13,6

4,5

9,1

15,2

100,0

26-30 Tahun

65,5

3,4

19,0

1,7

1,7

8,6

100,0

31-40 Tahun 41 tahun

69,7

1,5

18,2

6,1

3,0

1,5

100,0

54,5

6,1

24,2

6,1

3,0

6,1

100,0

Tabel

Pemyataan yang sesuai dengan data tabel tersebut adalah ... A. Orang yang berusia 41 tahun. B. Para manula banyak yang mengikuti acara pendukung di sebuah pameran buku untuk menambah wawasan. C. Orang yang berusia 30 tahun datang ke pameran buku karena ingin mengikuti acara pendukung pameran. D. Produk yang dijual pada sebuah pameran buku lebih menarik minat pengunjung yang berusia 30 tahun. E. Orang mengunjungi pameran buku umumnya karena ingin berekreasi yang bermanfaat sambil membaca buku.

Tabel

Simpulan data tabel tersebut adalah ... A. Orang mengunjungi pameran buku pada umumnya karena ingin membeli buku dengan harga murah. B. Orang mengunjungi pameran buku karena semua buku di pameran dijual dengan harga yang menarik. C. Sebuah pameran buku selalu disertai dengan berbagai acara pendukung yang menarik para pengunjung. D. Sebuah pameran buku selalu menampilkan buku-buku terbaru dengan lengkap meskipun tidak ada diskon. E. Sebuah pameran buku lebih menampilkan buku-buku untuk pembaca remaja dan anak- anak.

Fakta & Pendapat

Fakta KATA KUNCI: sudah terjadi,sudah pasti,objektif

PendapatKATA KUNCI: belum terjadi, belum pasti, subjektif

Fakta & OpiniBeberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di Puncak. Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat... a. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut. b. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. c. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor. d. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal. e. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.

(1) Memberikan "asupan" makanan yang sehat dan seimbang adalah cara yang balk untuk memastikan tumbuh kembang serta menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. (2) Pola makan yang dianjurkan adalah yang mengandung tiga kelompok zat nutrisi, yaitu sumber zat tenaga, pembangun, dan pengatur. (3) Makanan yang tergolong dalam sumber zat tenaga adalah nasi, tepungtepungan, umbi-umbian, gula, dan minyak. (4) Sumber zat pembangun terdapat pada makanan seperti ikan, telur, susu, daging ayam, daging sapi, dan kacang-kacangan. (5) Sedang sumber zat pengatur banyak terdapat pada sayur dan buah, terutama yang berwarna hijau dan kuning. Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut adalah .... A. (1), (2) dan (3) B. (1), (3) dan (4)

C. (2), (3) dan (4) D. (2), (4) dan (5) E. (3), (4) dan (5)

Tindakan konsisten dan berkelanjutan merupakan tantangan kita. Baru saja dipertontonkan lagi kelemahan kita pada bencana gempa di Bengkulu dan Sumatra Barat. Bantuan segera diangkut dengan pesawat terbang ke Bengkulu dan Padang. Segera pula tampak lewat laporan multimedia keluh kesah warga di luar ibukota provinsi yang belum kebagian bantuan. Setelah dua minggu pun kel