soal uc_i un bindo p_02 2015

20
1 PEMERINTAH KOTA MATARAM DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA Jl. Majapahit No. 14 Telp. Sekr: 631075, Dikdas: 641362, Dikmen: 633605 PNFI: 649329, Binmudora 640826, Info & Ren : 649119 Fax. 649119 Mataram SOAL UJICOBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari, Tanggal : Senin, Februari 2015 Waktu : 120 menit Petunjuk Umum! 1. Isilah identitas Anda pada lembar jawaban yang disediakan! 2. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban. 3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya! 4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah! 5. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan bolpoint/pulpen yang bertinta biru atau hitam! 6. Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap! 7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya. 8. Jika telah selesai, periksalah kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian! Petunjuk Khusus! Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang disediakan! 1. Bacalah paragraf berikut ini! Binatang-binatang yang ada pada cerita fabel memiliki karakter seperti manusia. Karakter mereka ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. Mereka mempunyai sifat jujur, sopan, pintar, dan senang bersahabat, serta melakukan perbuatan terpuji. Mereka ada juga yang berkarakter licik, culas, sombong, suka menipu, dan ingin menang sendiri. Gagasan utama paragraf di atas adalah ... . A. Macam-macam karakter binatang dalam cerita fabel B. Karakter binatang pada ceria fabel sama dengan karakter manusia C. Para tokoh binatang memiliki karakter yang sama dengan manusia D. Binatang dan manusia sama-sama memiliki karakter dalam cerita fabel Bahasa Indonesia – Paket 02_2014/2015 UC_UN SMP/MTs Dikpora Kota Mataram

Upload: pragas

Post on 05-Nov-2015

228 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Tryout

TRANSCRIPT

PEMERINTAH KOTA MATARAM

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

Jl. Majapahit No. 14 Telp. Sekr: 631075, Dikdas: 641362, Dikmen: 633605

PNFI: 649329, Binmudora 640826, Info & Ren : 649119 Fax. 649119 Mataram

SOAL UJICOBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs KOTA MATARAM

TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia Hari, Tanggal:Senin, Februari 2015Waktu:120 menit Petunjuk Umum!

1. Isilah identitas Anda pada lembar jawaban yang disediakan!2. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.

3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya!4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah!5. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan bolpoint/pulpen yang bertinta biru atau hitam!6. Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap!7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.

8. Jika telah selesai, periksalah kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian!

Petunjuk Khusus!

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang disediakan!

1. Bacalah paragraf berikut ini!Binatang-binatang yang ada pada cerita fabel memiliki karakter seperti manusia. Karakter mereka ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. Mereka mempunyai sifat jujur, sopan, pintar, dan senang bersahabat, serta melakukan perbuatan terpuji. Mereka ada juga yang berkarakter licik, culas, sombong, suka menipu, dan ingin menang sendiri.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ... .

A. Macam-macam karakter binatang dalam cerita fabel

B. Karakter binatang pada ceria fabel sama dengan karakter manusia

C. Para tokoh binatang memiliki karakter yang sama dengan manusia

D. Binatang dan manusia sama-sama memiliki karakter dalam cerita fabel

2. Bacalah paragraf berikut!

(1)Para pahlawan telah menyerahkan jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia. (2)Mereka tidak hanya dikenal sebagai pahlawan bangsa tetapi juga sebagai inspirator bangsa bagi generasi berikutnya. (3)Semangat dan perjuangan yang mereka berikan selayaknya dapat menginspirasi anak bangsa untuk lebih berprestasi. (4)Dapat dikatakan, bangsa dan negara yang kita cintai ini tidak akan pernah ada tanpa perjuangan para pahlawan bangsa.

Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada kalimat bernomor ... .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Perhatikan kedua kutipan berita di bawah ini untuk soal no. 3 dan 4!

Kutipan 1:

JAKARTA, KOMPAS.com Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi Tatang Kurniadi mengatakan, menyelidiki isi dua black box atau kotak hitam AirAsia QZ8501 bukanlah hal yang mudah. Dia menjelaskan, untuk men-download (mengunduh) data awal dari kotak hitam saja dibutuhkan proses yang cukup rumit dengan waktu yang cukup lama. "Saya ingin sampaikan bahwa staf saya yang men-download data itu tidak tidur karena terlalu semangat," kata Kepala KNKT Tatang Kurniadi saat raker dengan Komisi V DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Kutipan 2:

JAKARTA, KOMPAS.com Sebelumnya, tim SAR gabungan yang dipimpin Badan SAR Nasional sudah menemukan kotak hitam pesawat AirAsia di kedalaman Selat Karimata. Kotak hitam itu berisi perekam data penerbangan (flight data recorder) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder) yang akan digunakan untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat. Saat ini, kotak hitam masih berada di Komite Nasional Keselamatan Transportasi yang masih mengunduh data awal. Menurut Kepala KNKT Tatang Kurniadi, petugasnya membutuhkan waktu lama untuk mengunduh data awal.

3. Persamaan informasi kedua kutipan berita di atas adalah ... A. Black box atau kotak hitam ditemukan di kedalaman Selat Karimata.B. Rumitnya mengunduh data awal dari dari kotak hitam atau black box. C. Penemuan black box digunakan untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat. D. Pengunduhan data awal dari kotak hitam atau blakc box memakan waktu cukup lama. 4. Perbedaan penyajian kedua kutipan di atas adalah ... .

A. Kutipan 1 diawali unsur siapa, kutipan 2 diawali unsur apaB. Kutipan 1 diawali unsur siapa, kutipan 2 diawali unsur siapaC. Kutipan 1 diawali unsur siapa kutipan 2 diawali unsur kapanD. Kutipan 1 diawali dengan kapan, kutipan 2 diawali unsur mengapaBacalah biografi Ki Hajar Dewantara berikut ini untuk soal no. 5 dan 6!

Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Beliau berasal dari lingkungan Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Karena ingin dekat dengan rakyat itulah, beliau berganti nama dari Raden Mas Soewardi Soeryaningrat menjadi Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara adalah pejuang di bidang pendidikan. Beliau bersama rekan-rekan seperjuangan berhasil mendirikan perguruan bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Institute Taman Siswa. Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan inilah beliau meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.

5. Keistimewaan Ki Hajar Dewantara adalah ...

A. Ki Hajar Dewantara adalah pejuang di bidang pendidikan.

B. Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional.

C. Ki Hajar Dewantara mendirikan Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa.

D. Ki Hajar Dewantara meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia.

6. Hal yang patut diteladani dari perjuangan Ki Hajar Dewantara adalah ...

A. Mendirikan sebuah perguruan bersama rekan-rekan seperjuangan.

B. Hidup sederhana meskipun berasal dari keluarga keraton.

C. Ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional.

D. Berganti nama agar dekat dengan rakyat.

Perhatikan iklan berikut untuk soal no. 7 dan 8!

Lapangkan hati dengan keikhlasan(1)Untuk berbagi maaf dan kebaikan di Hari Kemenangan(2)Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1435 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin(3)www.bii.co.id

7. Penjelasan kalimat (2) yang tepat adalah ... .

A. saling memaafkan di hari lebaran

B. saling berbuat baik pada hari tertentu

C. meminta maaf pada hari kemerdekaanD. membagikan sesuatu pada hari istimewa

8. Maksud iklan di atas adalah ...

A. Lapangkanlah hati dengan keikhlasan untuk saling memaafkan. Berbuatlah kebaikan di hari lebaran.

B. Ikhlas, memaafkan, dan berbagi hal-hal yang baik di hari kemenangan.

C. Berbuatlah ikhlas agar bisa saling memaafkan di hari Idul Fitri.

D. Mohonlah maaf lahir dan batin di hari kemenangan, Idul Fitri.

9. Perhatikan iklan berikut ini!

1) Anda ingin lebih langsing dan sehat, jangan bingung. (2) Telah hadir produk yang sehat dan berkualitas. (3) Pakailah produk Jamien, yang mujarab. (4) Produk ini telah menurunkan berat badan Bu Rahmat dari 80 kg menjadi 70 kg. (5) Anda berminat, hubungi Klinik Sehat, Jalan Kesehatan No. 11 Mataram.

Kalimat fakta dalam iklan tersebut ditandai dengan ... .

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

10. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!Letusan Gunung Merapi, menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua kali.Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

A. Awan Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan asap solfatara.B. Tokoh Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahil dalam cerita pewayangan.

C. Munculnya awan Mbah Petruk menjadi penanda Gunung Merapi akan meletus.

D. Lima jam sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.

11. Perhatikan grafik berikut!

Simpulan isi grafik tersebut adalah ...

A. Pertumbuhan pengguna internet naik turun.

B. Pengguna internet pada tahun 2009 mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

C. Pengguna internet tahun 2006 sampai 2010 selalu mengalami kenaikan.

D. Pengguna internet antara tahun 2006 dan 2010 mengalami kenaikan hingga 200%.12. Perhatikan tabel berikut! Harga Kebutuhan Pokok Per Kilogram Beberapa Bulan Terakhir

BulanBeras (Rp)Gula (Rp)Kopi (Rp)Minyak Goreng (Rp)

September8.000,-10.000,-25.000,-23.000,-

Oktober8.300,-10.500,-26.500,-22.600,-

November9.000,-11.000,-26.800,-24.000,-

Desember9.500,-12.000,-28.700,-25.000,-

Pertanyaan yang jawabanya terdapat dalam tabel tersebut adalah ...

A. Mengapa akhir-akhir ini harga beras naik?

B. Bagaimana harga kopi bisa mencapai Rp26.800,- /kg?

C. Berapa harga gula pada bulan November?

D. Dari mana daftar dalam tabel tersebut bisa tercapai ?

13. Perhatikan bagan berikut!Susunan Pengurus OSIS SMP Mandiri Mataram

Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah ...

A. Septira, S.Pd. bertanggungjawab kepada Farhan Aditya.

B. Alifito bertanggung jawab kepada Septira, S.Pd.

C. Altalariq dan Farhan Aditya bertanggung jawab langsung kepada Alifito.

D. Farhan Aditya mempertanggungjawabkan tugasnya kepada Septira, S.Pd.

14. Perhatikan denah berikut!

Berdasarkan denah tersebut, perjalanan yang efisien rombongan kontingen seni dari SMP Mataram menuju lokasi festival adalah ...

A. Rombongan menuju lokasi keluar dari halaman sekolah melewati Jalan Nusa Indah Jalan Kenanga Jalan Alamanda.

B. Dari halaman sekolah menuju lokasi rombongan keluar melewati Jalan Alamanda Jalan Mawar Jalan Jalan Melati.

C. Dari halaman sekolah rombongan keluar melalui Jalan Alamanda Jalan Mawar Jalan Melati menuju lokasi.

D. Rombongan keluar dari halaman sekolah melalui Jalan Alamanda Jalan Mawar Jalan Melati menuju lokasi.

15. Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama!

PEJUANG

[ ... ]

Pahlawanku ...

Engkau berhasil untuk memerdekakan negerimu,

negeri Indonesia

Rakyatpun bersorak untuk dirimu

merdeka ... merdeka ...

Pahlawanku ...

Terima kasih ...

Jasamu akan kukenang selalu

Tema kutipan puisi tersebut adalah ... .

A. tuntaskan kemiskinan

B. damaikan peperangan

C. pahlawan pendidikan

D. pahlawan kemerdekaan

16. Perhatikan kutipan puisi di bawah ini!

Lagu Gadis Itali

Kerling daun di pagi hari

Lonceng gereja bukit italik

Jika musim tiba nanti

Jemput abang di teluk Napoli

Penggunaa citraan pendengaran puisi di atas terletak pada larik ... .

A. Pertama

B. Kedua

C. Ketiga

D. Keempat

17. Bacalah puisi berikut!1. Sudah saatnya kalian tahu

2. Masa depan itu harus diperjuangkan.

3. Ia tak kan jatuh kemilau dari langit mana pun4. Hanya tekadmu yang mampu mengukir dan menentukan warnanya 5. Ayo kawan, tambatkan asamu di cakrawala

Berdasarkan puisi tersebut larik bermajas ditandai dengan nomor ... .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

Kutipan Cerpen berikut ini untuk mengerjakan soal no. 18 dan 19!

(1) Ah, kamu ini ada-ada saja! (2) Dari mana kau dapatkan gunting ini! (3) Dan langsung aku berbalik, memberikan gunting kepada kepala sekolah yang telah berada tepat di sampingku. (4) Tanpa satu kata, kurangkul lengan ke pundak Waskito. (5) Segera setengah kudorong, dia kuajak keluar menuju kantor. (6) Aku ingin mempertemukan hatiku dengan hatinya. (7) Supaya aku tahu apa yang sedang dirasakannya. (8) Supaya aku mendengar hatinya yang merintih kesakitan. (9) Orang mungkin hanya melihat Waskito sebagai sosok yang nakal. (10) Orang tidak tahu apa sebenarnya yang sedang dialaminya.

18. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut adalah ... .

A. penggambaran perilaku tokoh

B. dialog antar tokoh

C. pengungkapan jalan pikiran tokoh

D. penggambaran fisik

19. Kalimat sebagai bukti bahwa setting tempatnya di sekolah sesuai dengan kutipan cerpen tersebut tergambar pada bagian nomor ... .

A. (2) dan (3)

B. (3) dan (4)

C. (3) dan (5)

D. (5) dan (6)

20. Bacalah kutipan cerpen berikut!Kamu jangan ngaco ah, Rin.

Serius, Din! Aku bisa baca pikiran orang lain dan orang lain bisa tahu isi hatiku, kalau aku mengatakan kata-kata yang tidak sesuai dengan kata hati. Padahal aku tak mengatakan sepatah kata pun!

Kamu salah telan obat pagi ini, ya?

Boleh diuji kalau kamu tidak percaya ... Sekarang kamu lagi niat ingin bolos pelajaran geografi, kan? Karena belum buat PR tentang letak bintang?

Lho, kok kamu tahu?

Trus, kamu semakin ingin bolos, karena pas pelajaran geografi, Hari lagi olahraga, jadi kamu bisa mejengin dia?

Ya amplop, bagaimana kamu tahu? tanya Dini kaget dengan muka merah padam.

( Dikutip dari: Nurani Rina karya Dian Y.Fajri)Latar pada kutipan cerpen di atas adalah ... .

A. sekolah B. halaman C. ruang perpustakaan D. teras 21. Bacalah kutipan cerita di bawah ini!

Asmuni dengan seragam oranyenya yang lusuh tetap melaksanakan tugasnya menyapu dan membersihkan setiap sisi dan badan jalan, mesti siang itu sempat terik. Sejak tadi, ia harus menahan amarah. Para penonton iring-iringan, mobil yang membawa piala adipura, seenaknya membuang sampah. Padahal, tempat sampah jelas-jelas terlihat oleh mata mereka, sangat ironis menerima piala kebersihan, tetapi masyarakatnya kurang peduli terhadap kebersihan.

Konflik yang terdapat pada kutipan cerita tersebut adalah ...

A. Kebersihan lingkungan yang diabaikan pemerintah kota.

B. Kesadaran masyarakat dan perilaku masyarakat yang sama.

C. Tanggung jawab yang diabaikan petugas kebersihan lingkungan.

D. Ketidaksesuaian penghargaan yang diterima dengan perilaku masyarakat.

Bacalah kutipan novel di bawah ini dan kerjakan soal nomor 22 dan 23!

Kutipan novel 1Rasyid bertunangan dengan Helda, adik Titin. Kukuh dan dalam cerita remaja. Sementara Titin dua kali menolak tiada sesuai dengan pekertinya sebagai manusia yang telah menyerahkan diri pada Pergerakan Putri Sedar. Remuk dan hancur rasa hatinya terbuai dalam gelora perjuangan jiwanya.

Kutipan novel 2

Tuhan dengarkan doa kami. Jangan ambil mami! Dia satu-satunya milik kami. Kau telah mengambil papa beberapa tahun lalu. Adik-adik dan aku masih sangat membutuhkannya. Kami sangat mencintainya. Butiran air mataku makin deras meluncur.

22. Perbedaan latar sosial pada kedua kutipan novel di atas adalah ...

A. Novel 1 = latar sosial kehidupan orang dewasa; Novel 2 = latar sosial kehidupan remaja.

B. Novel 1 = latar sosial kehidupan orang berpendidikan; Novel 2 = latar sosial kehidupan orang tidak berpendidikan.

C. Novel 1 = latar sosial yang mengobral kisah percintaan dua remaja; Novel 2 = latar sosial yang mengambarkan kasih sayang anak terhadap orang tua.

D. Novel 1 = latar sosial kehidupan remaja masa kini; Novel 2 = latar sosial kehidupan anak-anak terlantar.

23. Perbedaan karakteristik bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah ...

A. Novel 1 = bahasa baku (mudah dipahami); Novel 2 = bahasanya klise sukar dipahami.

B. Novel 1 = cerita berkisar orang ternama; Novel 2 = cerita berkisar orang biasa.

C. Novel 1 = bahasa sehari-hari mudah dipahami; Novel 2 = bahasanya menggunakan majas susah dipahami.

D. Novel 1 = bahasanya klise, diksinya sukar dipahami; Novel 2 = bahasanya baku, diksinya mudah dipahami.

Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama untuk soal no. 24 dan 25!

Amal : Sebentar! Sebentar! Tadi kamu mendengar suara orang menangis.

Rumi : Ah ... Mal. Kamu jangan terlalu menghiraukan suara-suara itu. (sambil memegang tengkuknya).

Ayu : Mal ...! Mal ...! Kamu jangan suka membuat hati orang berdebar-debar.

Amal : Ini benar, tadi aku mendengar suara perempuan yang menangis. Dari sana. (jari tangannya menuju ke arah bunga kamboja).

Ayu : Sudah, sudah! Kalau begini caranya, lebih baik aku pulang saja.

24. Latar waktu yang terdapat dalam kutipan drama tersebut ... .

A. pagi hari

B. malam hari

C. senja hari

D. sore hari

25. Konflik yang terdapat dalam kutipan drama tersebut ... .

A. salah tahanan

B. ketakutan

C. tidak percaya

D. tidak kompak

26. Cermati ilustrasi berikut!

Hari ini tanggal 17 Januari 2015. Kejadian tidak menyenangkan menimpa Wadi saat berangkat sekolah, tiba-tiba ban sepeda Wadi bocor. Padahal letak sekolah masih jauh. Tukang tambal ban pun belum buka. Terpaksa hari ini Wadi terlambat sekolah. Wadi pun dihukum tidak boleh mengikuti pelajaran pertama.

Kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...

A. Waktu berangkat ke sekolah tiba-tiba ban sepedaku bocor dan aku harus menuntunnya sampai sekolah. Aku terlambat dan dihukum tidak boleh ikuti pelajaran pertama.

B. Sungguh mengharukan, aku terlambat gara-gara ban sepedaku bocor. Aku terpaksa menuntunnya. Padahal sekolahku masih jauh. Tukang tambal ban juga gak ada. Belum lagi sampai sekolah dihukum, tidak boleh mengikuti pelajaran pertama sangat mengharukan.

C. Hari yang tragis, tanggal 17 Januari 2015, aku terlambat gara-gara ban sepedaku bocor. Aku terpaksa menuntunnya. Padahal sekolahku masih jauh. Tukang tambal ban juga gak ada. Belum lagi sampai di sekolah dihukum tidak boleh mengikuti jam pertama. Uh ... Menjengkelkan.

D. Wadi terlambat gara-gara ban sepedanya bocor. Wadi terpaksa menuntunnya. Padahal sekolah masih jauh. Tukang tambal ban juga tidak ada. Sampai di sekolah dihukum tidak boleh mengikuti jam pertama.

27. Cermati ilustrasi berikut!

Rapat OSIS akan segera diadakan. Ketua OSIS meminta sekretaris OSIS untuk membuat undangan rapat. Undangan rapat ditujukan kepada semua anggota OSIS.

Kalimat MEMO yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ...

A. Harap anda siapkan undangan kepada para anggota agar semua datang.

B. Untuk rapat OSIS, siapkan undangan semua anggota.

C. Harap anda membuat undangan untuk semua anggota.

D. Saudara diminta untuk menyiapkan undangan semua anggota.

28. Cermati ilustrasi berikut!

1). Setelah kegiatan perkemahan sabtu dan minggu (persami) selesai, ketua penyelenggara melaporkan kepada ketua RW.

2). Siswa-siswi SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan perkemahan sabtu minggu.

3). Kegian yang dilakukan adalah kerjasama mendirikan tenda, shalat berjamaah, api unggun dan pentas seni, serta baris-berbaris.

4). Perkemahan dimulai hari Sabtu, pukul 20.00 dan berakhir hari Minggu, pukul 10.00.Urutan yang tepat untuk kegiatan laporan tersebut adalah ... .

A. 2), 4), 3), 1)

B. 2), 4), 1), 3) C. 4), 2), 1), 3)

D. 4), 2), 3), 1)

29. Cermati ilustrasi berikut!

OSIS SMP Muhammadiyah bermaksud menyelenggarakan lomba baca puisi. Kegitan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari guru. Panitia berharap setiap kelas mendaftarkan sekurang-kurangnya dua siswa sebagai peserta. Pendaftaran peserta paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan. Lomba akan dilaksanakan pada 25 November 2014.

Pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Lomba baca puisi akan diikuti oleh seluruh siswa SMP Muhammadiyah. Daftarkan segera pada tanggal 25 November 2014. Setiap kelas wajib mengirimkan dua peserta.

B. Dalam rangka hari guru, OSIS SMP Muhammadiyah bermaksud mengadakan lomba baca puisi akan dilangsungkan pada 25 November 2014. Peserta diharapkan segera mendaftar.

C. Dalam rangka memperingati hari guru tahun 2014, OSIS SMP Muhammadiyah akan mengadakan lomba baca puisi. Peserta harus mendaftarkan diri pada panitia paling lambat tanggal 25 November 2014.

D. Dalam rangka memperingati hari guru, OSIS SMP Muhammadiyah bermaksud mengadakan lomba baca puisi. Setiap kelas diharapkan mendaftarkan sedikitnya dua orang siswa. Pendaftaran ditutup tanggal 24 November 2014.

30. Cermati data buku berikut!

Judul Buku : Mengasah Otak Setajam Silet

Penulisan

: Astri Novia

Penerbit

: Medio Presindo

Cetakan

: Pertama 2010

Keunggulan : Uraian mudah dipahami, ilustrasi menarik

Kelemahan : Tata letak tidak teratur

Paragraf resensi yang sesuai dengan data buku tersebut adalah ...

A. Buku karya Astri Novia menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan otak. Membaca buku ini tidak membosankan karena uraiannya mudah dipahami didukung lagi dengan ilustrasi yang bagus walaupun tata letak buku ini kurang sistematis tetap di nikmati banyak pembaca.

B. Buku yang berjudul Mengasah Otak Setajam Silet fakta uraian tidak setajam judulnya. Banyak pendapatan kata tidak sesuai ilustrasi ditampilkan dengan apa adanya.

C. Sebenarnya buku ini perlu dibaca oleh guru dan anak sekolah. Buku ini mengupas masalah otak. Ternyata otak itu diibaratkan seperti senjata yang dapat berkarat lalu tumpul.

D. Sudah banyak buku yang membahas masalah otak. Akan tetapi, buku ini cukup menarik, karena disertai ilustrasi-ilustrasi, ini mempermudah pembaca memahami buku ini.

31. Cermati penggalan surat pribadi berikut ini!

Caca yang manis,

[] Aku berterima kasih kamu mau datang ke rumahku saat liburan nanti. Aku sudah tak sabar menunggu liburan tiba. Aku ingin mengajakmu keliling Kota Medan. Aku akan mengajakmu ke Menara Air, Titi Gantung dan Istana Maimun. Aku harap kamu akan senang menemaniku saat liburan nanti.

Kalimat yang tepat untuk mengawali surat tersebut adalah ...

A. Caca, apa kabar teman-temanmu di Surabaya?

B. Ku yakin kamu dan aku bersahabat selamanya.

C. Balasan surat Caca sudah kuterima.

D. Kedatanganmu akan selalu kunantikan.

32. Cermati penggalan surat dinas berikut ini!

Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon kehadiran Bapak/Ibu pada

hari,tanggal : Sabtu, 22 Februari 2014

waktu: 10.00 Wita

tempat: Aula SMP Tri Sakti

[]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat dinas tersebut adalah ...

A. Atas perhatiannya dengan ini diucapkan terima kasih.

B. Terima kasih atas segala perhatiannya terhadap surat ini.

C. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ingin mengucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami sampaikan terima kasih.

33. Perhatikan dengan saksama ilustrasi berikut ini!

Di sekolahmu kamu melihat banyak sekali sampah-sampah berserakan. Di belakang kelasmu, di halaman depan bahkan di dalam kolong meja kerap kali terdapat bekas bungkus makanan bahkan gelas plastik dan botol-botol minuman. Semua ini adalah ulah dari teman-temanmu yang dengan seenaknya membuang dan menaruh sampah sembarangan. Kamu ingin menghentikan kebiasaan buruk teman-temanmu dengan menulis surat pembaca pada mading di sekolahmu.

Isi surat pembaca yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Sekolah merupakan sebuah institusi tempat para siswa untuk mendapatkan pelajaran dan pendidikan. Karena itu petugas kebersihan sekolah harus selalu menjaga kebersihan sekolah demi kenyamanan para siswa dalam menuntut ilmu. Sarana dan prasarana kebersihan harus disediakan oleh sekolah. Jika alat-alat kebersihan tidak ada maka jangan heran sekolah itu selalu terlihat kotor. Hal ini menimbulkan suasana yang sangat tidak nyaman.

B. Melalui surat pembaca ini saya ingin menghimbau kepada teman-teman agar senantiasa menjaga kebersihan kelas dan halaman sekolah dengan membuang sampah di tempat sampah yang tersedia. Tidak membawa makanan dan minuman ke dalam kelas. Sudah menjadi keharusan kita untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebagai seorang pelajar mari kita tunjukan kepedulian kita terhadap kebersihan sehingga kita nyaman dalam belajar.

C. Dengan segala rasa hormat, saya ingin menyampaikan bahwa sekolah kita masih jauh dari kata bersih. Di mana-mana terdapat sampah berserakan. Di halaman sekolah, di kelas dan bahkan di kolong-kolong meja penuh dengan plastik-plastik bekas. Saya sungguh heran, mengapa teman-teman saya suka sekali makan dan minum di dalam kelas. Bukankah makan dan minum di halaman sekolah lebih nyaman rasanya?

D. Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan unek-unek saya kepada teman-teman agar senantiasa menyediakan alat-alat kebersihan. Dengan tersedianya alat-alat tersebut maka petugas kebersihan sekolah mudah membersihkan sampah-sampah baik yang terdapat pada halaman sekolah maupun yang ada di kelas. Saya merasa iri melihat sekolah-sekolah lain yang selalu tampak bersih.

34. Perhatikan dengan saksama teks berikut ini! Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks. Batuk dapat disebabkan oleh rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.

Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.Rangkuman isi bacaan tersebut yang tepat adalah ... A. Penyakit batuk dikarenakan rangsangan yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka harus diobati dengan ekspektoran.

B. Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Obat untuk penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.

C. Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.

D. Terjadi penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan diobati dengan obat-obatan alternatif dijual di pasaran bebas.

35. Cermatilah ilustrasi berikut! Hari Senin, 19 Januari Jalan Poros Makassar-Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin puting beliung. Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diperkirakan angin puting beliung ini sampai bulan April.

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... A. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk di jalan poros Makassar-Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada hari Senin yang lalu. Angin puting beliung akan melanda kembali di wilayah Sulawesi Selatan pada April mendatang

B. Angin puting beliung terjadi di jalan poros Makassar-Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/1) dan mengakibatkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api. Peristiwa ini diperkirakan masih akan melanda seluruh wilayah Sulawesi hingga April mendatang.

C. Di Jalan poros Makassar-Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin kencang. Peristiwa ini menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api hingga April mendatang.

D. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api di jalan Poros Makassar-Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/1). Angin puting diperkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga April mendatang.

36. Bacalah ilustrasi berikut!

SMP Bakti Bangsa menginginkan semua siswa berdisiplin dalam segala hal sehingga tidak ada lagi siswa datang terlambat, tidak berseragam, atau tidak masuk tanpa izin. Dalam pelajaran di kelas pun tidak ada lagi siswa yang lupa membawa buku dan peralatan sekolah. Dengan berdisiplin kegiatan belajar mengajar menjadi lancar dan siswa pun bersekolah dengan nyaman.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... .

A. Displin membuat semuanya jadi lebih indah

B. Ayo, laksanakan disiplin dalam setiap kegiatan

C. Laksanakan disiplin dalam semua hal agar lancar belajar

D. Berlakulah disiplin dalam kehidupan sehari-hari

37. Perhatikan ilustrasi berikut!

Bu Dina ingin menjual rumahnya yang berada di Jalan Sawo, Jakarta Barat. Rumah tersebut berada di tempat yang strategis. Luas tanah tersebut 300 meter persegi dan hendak dijual dengan harga 350 juta rupiah. Bagi yang berminat bisa menghubungi nomor telepon Bu Dina 085678901234.

Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Djl rmh, Jl Sawo JakBar, Ltk Strategis, L300m2, Hrg 350jt, serius hub 085678901234.

B. Djl ruko, Ltk Strategis, L300m2, Hrg 350jt, serius hub. 085678901234.

C. Djl ruko, Jl Sawo JakBar, Ltk Strategis, L300m2, Hrg 350jt, serius hub. 085678901234.

D. Djl rmh, Jl Sawo Jakarta barat, Letak Strategis, L300m2, Hrg 350jt, serius hub. 085678901234.

38. Perhatikan petunjuk berikut!

(1) Pilihlah tanaman rambutan yang tingginya antara 80-100 cm.

(2) Irislah kulit dahan jenis lain yang ada mata tunasnya dengan ukuran yang sama dengan kupasan kulit dahan yang pertama.

(3) Bungkus tempelan kulit dahan tersebut pada bagian kupasan dahan pertama.

(4) Tempelkan kulit rambutan tersebut pada bagian kupasan dahan tanaman yang pertama.

(5) Kupaslah kulit pada dahan yang sudah tua.

Langkah-langkah yang benar dalam mencangkok tanaman rambutan adalah ... . A. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)

B. (1)-(4)-(5)-(2)-(3)

C. (1)-(5)-(2)-(4)-(3)

D. (1)-(5)-(4)-(2)-(3)

39. Cermatilah petunjuk berikut ini!

Langkah-Langkah Menanam Bunga dalam Pot

(1) Siapkan pot bunga, tanah, dan pupuk kompos.

(2) Bersihkan bagian dalam pot.

(3) Masukkan tanah yang sudah dicampur pupuk setengah bagian pot.

(4) [...].(5) Isi kembali pot dengan tanah sampai ke permukaan pot.

(6) Siramlah bunga yang sudah ditanam dalam pot.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ... A. Siapkan bunga yang sudah dibersihkan.

B. Masukkan pupuk kompos ke dalam pot.

C. Aduk-aduk tanah yang ada dalam pot.

D. Masukkan bunga yang akan ditanam ke dalam pot.

40. Bacalah ilustrasi berikut!

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. SMP Abdi Bangsa akan mengadakan berbagai kegiatan. Untuk itu diadakan rapat guru guna membahas rencana ini. Kepala sekolah akan memberikan sambutan pada rapat guru tersebut.

Paragraf pembuka pidato berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana peringatan hari besar nasional dan HUT RI.

B. Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang sangat kita cintai ini.

C. Bapak dan Ibu guru sekalian, izinkan saya mengulas sedikit pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

D. Bapak dan Ibu guru, hari ini 17 Agustus negara kita terbebas dari tangan penjajah. Oleh karena itu, marilah kita berterima kasih kepada para pahlawan kita yang begitu gagah berani pantang menyerah dalam berjuang.

41. Perhatikan kutipan pidato berikut!

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini [...].Wassalamualaikum wr.wb.

Bagian yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...

A. Semoga acara ini berjalan lancar dan sukses.

B. Mohon maaf bila ada perkataan yang kurang berkenan.

C. Saya sebagai manusia biasa banyak kekurangan.

D. Tiada gading yang tak retak, ini kami yang sebenarnya.

42. Tema karya ilmiah: Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah.

Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah ... A. Kapan cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?

B. Bagaimana pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah?

C. Adakah tanaman yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan cahaya matahari?

D. Mengapa cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?

43. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah menjadikan siswa mencintai lingkungan sekolahnya. Dengan demikian prestasi belajar dapat ditingkatkan. Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak langsung berkontribusi bagi peningkatan gairah belajar siswa.Saran yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah ... A. Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah harus terus dipertahankan.

B. Lingkungan sekolah tidak perlu dipelihara oleh siswa serta seluruh warga sekolah.

C. Sudah seharusnya siswa menjaga lingkungan sekolah. Kalau bukan siswa siapa lagi?

D. Lingkungan sekolah yang nyaman dapat menjaga siswa berbuat yang tidak diinginkan.

44. Perhatikan data dua buku berikut!

1) Buku berjudul Teori dan Apresiasi Puisi karangan Herman J. Waluyo, diterbitkan oleh Erlangga Jakarta dengan tahun buku 2000.

2) Nur Arifin Chaniago mengarang buku berjudul Peribahasa Indonesia, pada tahun 2003 yang diterbitkan di Bandung oleh penerbit PT Pustaka Karya.

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data dua buku di atas adalah ... .

A. Herman J. Waluyo. Teori dan Apresiasi Puisi. 2000. Jakarta: Erlangga.

Chaniago, Nur Arifin. Peribahasa Indonesia. Pustaka Setia: Bandung. 2003.

B. Herman J. Waluyo. Teori dan Apresiasi Puisi. 2000. Erlangga: Jakarta.

Chaniago, Nur Arifin. 2003. Peribahasa Indonesia. Pustaka Setia: Bandung.

C. Waluyo Herman J. 2000. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Chaniago, Nur Arifin. Peribahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. 2003.

D. Waluyo, Herman J. 2000. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Chaniago, Nur Arifin. 2003. Peribahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

45. Kepada para siswa siswi yang akan mengikuti lomba futsal mohon berkumpul di lapangan.

Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ... .

A. siswa siswi

B. kepada dan para

C. kepada dan yang

D. para dan yang

46. Kalau hari ini tidak hujan saya akan menghadiri pentas seni itu.

Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...

A. Kalau hari ini, tidak hujan, saya akan menghadiri pentas seni itu.

B. Kalau hari ini tidak hujan, saya akan menghadiri pentas seni itu.

C. Kalau hari ini tidak hujan, saya akan menghadiri, pentas seni, itu.

D. Kalau hari ini tidak hujan, saya akan menghadiri pentas, seni, itu.

47. (1)Tidak harta benda yang diharapkan, tidak hidup mewah yang (2)dicari, melainkan kasih sayang yang tulus menjadi impiannya. Perbaikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ... .

A. (1) bukan, (2) diusahakan

B. (1) tak, (2) dirindukan

C. (1) bukan, (2) didambakan

D. (1) lain, (2) diimpikan

48. Perhatikan pantun rumpang berikut!

Taman bunga taman yang indah

Tempat bermain anak balita

[...]

Damai akhirat hidup bahagia

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ... .

A. Masa muda masa bahagia

B. Mari kita giat beramal

C. Aku seing mendengar azan

D. Jika kamu tekun ibadah

49. Perhatikan kutipan puisi rumpang berikut!

Butir-butir berdering di rumput kering terbaring

[...]

jatuh ke tanah

enggan melekat

Larik bermajas untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar bermakna utuh adalah ... .

A. Buatan kasih sayang

B. Terik mentari menari-nari

C. Tengadah rayap merayap

D. Di pagi yang cerah

50. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

(1) Deri : (wajahnya pucat) Ibu, banyak si Jerry!

(2) Ibu : [ ... ].

(3) Deri : Maksud Deri banyak tikus keeil.

(4) Ibu : [ ... ].

Kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang untuk drama tersebut adalah ...

A. (2) Ibu : Jerry, siapa itu Jerry? (4) Ibu : Di mana?

B. (2) Ibu : Mengapa, Jerry? (4) Ibu : Dari manakah dia?

C. (2) Ibu : Kenapa Jerry? (4) Ibu : Pergi ke mana?

D. (2) Ibu : Siapa dia? (4) Ibu : Dengan siapa?

PEMBINA

Septira S.Pd.

BENDAHARA

Altalariq

SEKRETARIS

Alifito

KETUA

Farhan Aditya

Bahasa Indonesia Paket 02_2014/2015

UC_UN SMP/MTs Dikpora Kota Mataram