sejarah etika kedokteran ~ dr.hamzah hari ke 1

Click here to load reader

Post on 08-Jan-2016

449 views

Category:

Documents

42 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

sejarah etika kedokteran indonesia

TRANSCRIPT

KOMUNIKASI

Sejarah Etika Kedokterandr. H. Hamzah,MM1Ilmu Kedokteran bagian dari Ilmu Biologi. Ilmu Kedokteran adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia baik proses, bentuk, fungsi, gangguan penyakit dan penanggulangannya.Ilmu Kedokteran salah satu ilmu tertua didunia telah berkembang sejak lebih kurang 2500 tahun SM mulai dari lembah mesopotamiaPada zaman Yunani telah melahirkan folisof hipocrates lebih kurang 500 tahum SM yang selanjutnya melahirkan sumpah Hipocrates yang melandasi sumpah dokter yang kita anut sekarang 2Defenisi etikaEtik berasal dari bahasa latin yang terdiri dari: Ethos Akhlak dan perasaan Mores Kesopanan, moral, watak dan sikapArtinya Kesopanan masyarakat ataupun akhlak manusia.Kata etika/etichs berasal dari kata yunani artimya adalah perasaan atau kecenderungan bathin yang ada pada diri seseorang yang mengarahkan atau mengendalikan perilakunya ke arah yang benar dan menghindari yang salah.3Etika memiliki beberapa pengertian antara lain adalah watak, perasaan, sikap akhlak, cara berfikir dan kebiasaan. Dalam kamus besar bahasa indonesia, arti etika: 1. Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral.2. Kumpulan aas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak.3. Nilai mengenai benar/salah yang dianut suatu gololngan atau masyarakat.Etika sebagai praktis adalah nilai dan norma moral sejauh dipraktekkan atau tidak dipraktekkanwalaupun seharusnya dipraktekkan.Perkataan moral selalu mengacu kepada baik buruknya manusia sebagai makhluk manusia itu sendiri. Penilaian seseorang itu baik atau buruk adl memandangnya dari segi hatinya, wataknya maupun sikapnya. Dengan demikian maka norma2 moral akan menjadi tolak ukur apakah tindakan manusia itu betul atau salah,baik atau buruknya.Moral lebih banyak dipakai atas perbuatan2 yang ada hubungannya dengan adat kebiasaan baik yg mendasar dan universal sedangkan etik dipakai utk adat kebiasaan baik yg berlaku lebih khusus dalam suatu kelompok atau masy. tertentu.Sejarah Kode Etik KedokteranKode Etik pertama kali sebagai Kode Etik Praktek Medik 2500 tahun SM Babylonia Kode Etik HammurabiCode of Conduct yang rinci mengatur sikap yang dituntut dari seorang dokter.

Pada abad ke-5 SM pada masa kejayaan peradaban Yunani lahirlah Sumpah Hipocrates suatu pernyataan pendek mengenai kelakuan (conduct) dokter. Sumpah Hipocrates melindungi hak pasien dan menimbulkan perasaan yang lebih dalam dan luhur dari dokter tanpa menjatuhkan hukuman dan sanksi kepada dokterLafal sumpah dokter sekaligus juga menjadi sumber kode etik kedokteran dan diterima dikalangan dokter diseluruh dunia. Oleh karena keteladanannya Hipokrates dijadikan sebagai Bapak Kedokteran.

6Pada tahun 1803, Thomas Pereival seorang dokter, pengarang dan ahli filsafat Inggris menerbitkan Code of Medical Ethics yang berisi hal ikhwal sikap profesional dalam hubungan Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan.

Pada tahun 1949 dalam muktamar ke-3 Ikatan Dokter Sedunia (World Medical Association) di London, dilakukan Kode Etik Kedokteran Internasional sebagai suatu rujukan dalam menyusun Kode Etik Nasional masing-masing negara.7Dalam penyempurnaan Kode Etik IDS / WMA dilakukan beberapa deklarasi:Deklarasi Helsinski tahun 1964 tentang penelitian terhadap objek manusia.Deklarasi Sydney tahun 1968 dan Deklarasi Venice tahun 1983 tentang kriteria mati dan penyakit terminal transplantasi organ.Deklarasi Oslo tahun 1970 tentang Aborsi.

8Deklarasi Munich tahun 1973 tentang penerapan teknologi kedokteran.Deklarasi Tokyo tahun 1975 penggunaan obat terlarang.Deklarasi Brussel tahun 1985 tentang bayi tabung.Deklarasi Madrid tahun 1987 tentang Enthanasia dan Rekayasa Genetika.

9Dimasa lalu perilaku para dokter dalam melaksanakan tugas dokter tdk bnyk diatur dengan undang2. pada waktu itu tata cara kerja tanpa diatur dengan peraturan perundang-undangan diharapkan masih dapat berjalan karena jumlah dokter sedikit dan jiwa pengabdian sosial yg tinggi. Yg menjadi tolak ukur adalah moral yg berakar didalam hati nurani masing2 dokter sebagai anggota masyarakat.Tapi sekarang dengan pesatnya kemajuan bidang kedokteran akibat berkembangnya teknologi, berimbas kepada dilema etik. Ini akan memepengaruhi sikap dan prilaku seorang dokter, untuk itu dibutuhkan pedoman Kode Etik Kedokteran.

11 Di indonesia, ada Kode Etik Kedokteran Indonesia :Disusun pertama kali Musyawarah Kerja Susila Kedokteran, Jakarta 1969. Sebagai rujukan Kode etik kedokteran internasional (WMA).Musyawarah Kerja Nasional Etik Kedokteran ke 2 di Jakarta 1983 dengan SK Menkes No. 434/1983 ditetapkan penyempurnaan Kode Etik Kedokteran Indonesia yang berlaku bagi semua Dokter di Indonesia.Melalui Rakernas PB IDI 1993Terakhir KODEKI 2012.12Kecenderungan Penyimpangan EtikPelayanan Kedokteran Sesuai dengan Etika dan HukumSesuai dengan Etika dan bertentangan dengan HukumBertentangan dengan Etika dan HukumBertentangan dengan Etika tapi sesuai dengan HukumPelanggaran Etika KedokteranMelanggar Etika Kedokteran berarti juga melanggar prinsip-prinsip moral, nilai dan kewajiban-kewajiban yang menuntut diambilnya tindakan-tindakan berupa: teguran, skorsing atau dikeluarkan dari keanggotaan (perkumpulan seprofesi). Namun, dalam hal-hal yang bersifat policy atau kebijaksanaan, seorang dokter yang tidak setuju dengan suatu policy berhak membela dirinya.14Pelanggaran Etik KedokteranDitangani oleh MKEK IDIMencegah pelangaran etika dalam praktek dokterPRAKTEK KEDOKTERANMenghormati Martabat Manusia (Respect of Person / otonomi)Berbuat baik (Beneficien)Tidak berbuat yang Merugikan(Non Malefiction)Keadilan(Justice)16KesimpulanDokter yg baik dari dulu sampai kini adalah dokter yg tetap menjaga Etika profesi.Dalam menjalankan tugas profesi kedokteran, seorang dokter harusMenghayatiMengamalkan Kode EtikSehingga martabat profesi lebih terpeliharaTERIMA KASIH18