rpp pemasaran online smk - 02 - 2013 2014

10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Identitas Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Probolinggo Program Studi Keahlian : Tata Niaga Kompetensi Keahlian : Pemasaran Mata Pelajaran : Pemasaran Online Kelas / Semester : X/ Pertemuan ke : Alokasi Waktu : jp @ 45 Menit Kompetensi Inti : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Meng hay ati dan Meng amalkan peri laku tanggung jawab, kerjasama, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian d ari sol usi atas berbagai permasalaha n dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memaha mi , mener apk an da n menga nal isi s pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penggunaan internet di bidang pemasaran untuk kegiatan pemasaran online 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melak sanakan tugas sp esifik di bawah pengawasan langsung. Kompetensi Dasar dan Indi kato r Pembel ajaran :   Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu; bertanggung jawab; kreatif; dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari Mene rapk an cara pembuata n Webs ite Mengetahui pengertian Website. Mengetahui Jenis-jenis website berdasarkan fungsinya. Membedakan website statis dan dinamis. Merancan g Webs ite Membuat perencanaan website. PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 Jl. Mastr ip No. 357 Tel p. (033 5) 421121, Probol inggo - 67239 e-mail : [email protected] 

Upload: edi-wrntowsky

Post on 11-Oct-2015

612 views

Category:

Documents


16 download

DESCRIPTION

mencoba membuat RPP berdasar K13

TRANSCRIPT

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

    IdentitasNama Sekolah : SMK Negeri 1 ProbolinggoProgram Studi Keahlian : Tata NiagaKompetensi Keahlian : PemasaranMata Pelajaran : Pemasaran OnlineKelas / Semester : X /Pertemuan ke :Alokasi Waktu : jp @ 45 MenitKompetensi Inti : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama

    yang dianutnya2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku

    tanggung jawab, kerjasama, responsif danproaktif dan menunjukan sikap sebagaibagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif denganlingkungan sosial dan alam serta dalammenempatkan diri sebagai cerminan bangsadalam pergaulan dunia.

    3. Memahami, menerapkan dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, danprosedural berdasarkan rasa ingin tahunyatentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penggunaan internet dibidang pemasaran untuk kegiatanpemasaran online

    4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranahkonkret dan ranah abstrak terkait denganpengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampumelaksanakan tugas spesifik di bawahpengawasan langsung.

    Kompetensi Dasar danIndikator Pembelajaran

    : Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu;bertanggung jawab; kreatif; dalam aktivitaspembelajaran sehari-hari

    Menerapkan cara pembuatan Website Mengetahui pengertian Website. Mengetahui Jenis-jenis website

    berdasarkan fungsinya. Membedakan website statis dan dinamis.

    Merancang Website Membuat perencanaan website.

    PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGODINAS PENDIDIKAN

    SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1Jl. Mastrip No. 357 Telp. (0335) 421121, Probolinggo - 67239

    e-mail : [email protected]

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    Membuat website

    I. Tujuan PembelajaranSetelah melaksanakan kegiatan belajar siswa dapat:

    1.2.3.4.5.6.7.8.9.10.11.12.13.14.

    II. Materi Pembelajaran (Pokok-pokok materi)1. Pengertian Website2. Jenis-jenis website3. Merencanakan website4. Membuat website

    11 Komponen Penting untuk Blog Jualan Online

    Tempat untuk berjualan online cukup mudah ditemukan di dunia maya. Salahsatunya adalah blogging site seperti blogspot dan wordpress. Agar produkmudah ditemukan oleh calon pembeli, penjual perlu mencantumkankomponen berikut pada blogging site yang didedikasikan khusus untukberjualan online.Tampilan blogging site yang minimalis tapi informatif akan membuat calonpembeli betah mengeksplorasi produk-produk yang disediakan oleh penjual.Templates blog untuk berjualan online kini mudah didapatkan. Cukup banyakblogger yang berbagi template secara gratis berikut tutorialnya. Walaupunbegitu, penjual tetap perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang wajib hadirdi blog jualannya.

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    1. Nama, Logo, dan Tagline TokoNama toko online berfungsi sebagai identitas. Oleh karena itu, penjualperlu mencari nama toko yang mencerminkan barang-barang apa sajayang ia jual. Penjual juga bisa menjadikan nama tersebut sebagaialamat blog jualannya agar calon pembeli lebih mudah menemukandan mengingat toko online tersebut.Nama toko sebaiknya diletakkan di bagian paling atas setiap halamanblog jualan. Supaya pengunjung selalu mengetahui di toko mana yangsedang ia kunjungi. Penjual juga sebaiknya memilih ukuran font yangbesar untuk nama toko. Setidaknya, lebih besar dibandingkan ukuranfont untuk general text pada blog tersebut.Agar bagian header ini tidak hambar, penjual bisa menambahkanvisualisasi dari toko online-nya berupa logo. Selain itu, ia bisamenambahkan tagline dari tokonya supaya terlihat lebih menarik.

    2. Selamat datang!Pada halaman utama atau landing page blog jualan, penjual jugasebaiknya mencantumkan pesan yang berfungsi untuk menyambutpengunjung di toko online. Misalnya, kalimat sapaan seperti Selamatdatang di Toko 123!.Selain kalimat tersebut, penjual juga bisa menambahkan beberapakalimat yang berfungsi untuk memperkenalkan tokonya kepadapengunjung. Di kalimat ini, penjual bisa menuliskan hal-hal apa ataubarang apa yang bisa ditemukan oleh pengunjung di blog jualantersebut.

    3. Produk yang AdaSupaya pengunjung lebih mengenal tokonya, penjual perlumemamerkan produk-produk yang dijual dalam bentuk foto. Fotoproduk ini perlu ditemani dengan nama produk dan juga harganya. Jikapengunjung ingin mengetahui informasi yang lebih rinci, ia bisa meng-click foto tersebut.Selain itu, penjual sebaiknya menampilkan produk-produk yang palingbaru di bagian ini.

    4. Kategori ProdukPenjual juga perlu membuat beberapa kategori produk agar calonpembeli tidak tersesat di blog jualan. Tidak ada batasan jumlahkategori produk yang sahih untuk sebuah blog jualan. Jumlah kategoritergantung kebutuhan penjual. Namun, semakin banyak kategoriproduk yang dimiliki oleh penjual, calon pembeli juga akan semakinpercaya.

    5. Produk Terpopuler dan RekomendasiPengunjung terkadang ingin mengetahui barang apa yang menjadikeunggulan dari toko online tersebut. Oleh karena itu, penjual perlumemperlihatkan kepada pengunjung barang-barang yang palingdiminati oleh pembeli-pembeli sebelumnya.

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    Rekomendasi atau kolom testimoni juga perlu ditampilkan supayapengunjung merasa ia mengunjungi toko yang tepat. Testimoni ini bisadidapatkan dari pembeli-pembeli terdahulu yang pernah melakukantransaksi dengan penjual.

    6. Pilihan PembayaranInformasi mengenai tata cara pemesanan dan alternatif atau jenispembayaran merupakan hal yang cukup krusial. Oleh karena itu,informasi ini harus selalu ada di setiap halaman blog jualan. Penjualbisa mencantumkan logo alat pembayaran maupun bank yangmenerima pembayaran dari transaksi pembelian.

    7. Pilihan Pengiriman BarangInformasi mengenai jenis jasa pengiriman apa yang dimiliki olehpenjual juga perlu disampaikan kepada calon pembeli. Hal ini dilakukansupaya calon pembeli mengerti dan memahami sistem jasa kurir yangdipilih oleh penjual.

    8. Tempat BerinteraksiSegala informasi yang ada di toko online tentu bersifat satu arah.Artinya, informasi tersebut hanya diberikan melalui satu corong, yaknipenjual. Untuk memfasilitasi pertanyaan dari calon pembeli, penjualperlu menyediakan sarana interaksi. Mulai dari layanan chat hinggainformasi kontak penjual yang bisa diakses oleh calon pembeli.Misalnya, nomor telepon, alamat email, username Twitter, akunFacebook, sampai pin Blackberry Messenger.

    9. Kolom PencarianPenjual juga perlu menyediakan kolom pencarian di blog jualan untukmengakomodasi para calon pembeli yang ingin cepat menemukanbarang yang dicari.

    10.Alamat TokoJika penjual memiliki toko offline, sebaiknya ia menuliskan alamat tokotersebut di bagian informasi kontak. Banyak calon pembeli yang inginmembuktikan dan melihat secara langsung barang yang akan ia beli.

    11.Konten BerkualitasSalah satu cara supaya seorang penjual dianggap sebagai penjualkredibel adalah memproduksi konten-konten yang berkualitas. Konten-konten seperti ini memiliki daya pikat yang sangat tinggi. Sehinggabisa berguna sebagai alat pemancing pelanggan loyal. Contoh-contohkonten yang bisa diproduksi oleh penjual di blog jualannya adalahtulisan, foto, dan juga video yang memuat informasi terkait produkyang dijual. Misalnya, penjual baju batik memproduksi tulisan atauvideo tentang cara membuat motif batik yang sederhana.

    (sumber: http://netpreneur.co.id/11-komponen-penting-untuk-blog-jualan-online - 18 agustus 2014)

    5. Membedakan website statis dan dinamis

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    III. Metode PembelajaranPendekatan :1. KonstruktifModel :1.2.Metode :1. Ceramah2. Question Asking3. Penugasan4. Demonstrasi

    IV. Langkah PembelajaranKegiatan 1 (3 @ 45 minute)a. Kegiatan awal 15 menit

    1. Doa dan Salam2. Guru melakukan Presensi3. Ice breaking

    Guru mendeskripsikan aktivitas seseorang dalam mencari informasi/meteri media di internet. Apa yang dilakukan Ketika memerlukan filedokumen? Ketika mencari file multi-media? Ketika perlubertanya/Berdiskusi? Ketika ingin membaca berita? dll

    b. Kegiatan inti menitMengamati1. Guru menunjukkan beberapa website dari berbagai jenis fungsinya.

    A.L.: Search Engine (Google Search, Yahoo Search, dll), Web Portal(Yahoo, MSN), Wiki (Wikipedia), Archieve Sites (Scrib), Socialnetworking/socmed (Fb, Twitter), Forum (kaskus, detik forum,serayamotor), Portal berita( detik, kompas), Media sharing (Youtube,4shared), cloud (sound cloud, Google drive), web site toko online. dllSiswa diminta guru untuk mengamati informasi apa saja yang bisadiambil dari website tersebut.

    Mengeksplorasi (Menanya dan mengumpulkan data)1. Siswa membentuk kelompok terdiri dari 4-5 orang

    Masing-masing kelompok membuka satu jenis website (berbeda setiapkelompok)Setiap kelompok mengeksplorasi website tersebut. Bagaimanatampilannya?, apa fungsi/tujuan utamanya?, Bagaimana website tersebutberinteraksi dengan pengunjungnya?, apa saja fitur-fitur dalam websitetersebut? Dll.Siswa membuat catatan dari kegiatan eksplorasi website tersebut.

    Mengasosiasi1. Dari catatan yang sudah dibuat, masing-masing kelompok membuat bahan

    presentasi tentang bagaimana sebuah situs ( ex:cloud) Yang sudahdieksplorasi bekerja.

    Mengkomunikasikan

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil temuannya di depankelas.

    c. Kegiatan penutup 20 menit

    1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan. Dan menambahkan beberapainformasi terkait denga Web site Statis dan Dinamis

    2. Guru menerangkan bahwa sebuah website hendaknya digunakan untukkegiatan positip. Bukan difungsikan untuk kegiatan negatif seperti,attacking, phissing, gambling, dll.

    Kegiatan 2 ( @ 45 minute)a. Kegiatan awal 15 menit

    1. Doa dan Salam2. Guru melakukan Presensi3. Ice breaking

    Guru mengajak siswa berbagi pengalaman berbelanja online. Berceritabagaimana proses berbelanja online. Kemudahan-kemudahan yangdiberikan serta kendalanya. Terutama dalam pembuatannya.

    b. Kegiatan inti menitMengamati1. Guru menunjukkan berbagai cara mendapatkan website Toko Online baik

    melalui jasa pembuatan toko online (jejualan.com) maupun membuatsendiri.Guru menunjukkan software pembuat toko online Opencart. SertaKelebihan dan kekurangannya.Guru meminta siswa mengamati tahap demi tahap pembuatan tokoonline dengan menggunakan opencart.

    Mengeksplorasi (Menanya dan mengumpulkan data)1. Siswa mengikuti guru membuat toko online menggunakan opencart,

    setahap demi setahap.Mengasosiasi1. Siswa menentukan tema/ barang dagangan untuk toko online-nya masing-

    masingMelakukan pengaturan toko onlinenya sesuai tema/ barang daganganyang ditentukan.

    Mengkomunikasikan1. Siswa mempresentasikan hasil kerjanya.

    Siswa memberi masukan untuk hasil kerja yang dipresentasikanc. Kegiatan penutup 20 menit

    1. Guru bersama siswa menyimpulkan hal-hal yang perlu dilakukan dalammembuat toko online

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    V. Alat/ Bahan/Sumber Belajar1. Alat

    a. Komputerb. Jaringan Internet

    2. Sumber belajara. Situs Web Toko Online.b. Buku-buku pemasaran online.

    Riantono Astono, 2012, Cerdas mengelola Toko Online, Elek mediaComputindo

    c. Tutorial Opencart : Membuat Toko Online Dengan Perangkat Lunak E-Commerce OPENCART

    d. Google search

    VI. Penilaian

    Penilaian 1 . Lembar Pengamatan Sikap.Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

    NoIndikator Sikap

    Nama Peserta didik

    Kerja

    sama

    Meng

    harga

    ipe

    ndap

    atKo

    munik

    asi /

    tanya

    jawa

    bMa

    ndiri

    Rasa in

    gin ta

    hu

    Perca

    ya di

    ri

    Pedoman penilaian: Rentang skor yang diberikan 1 4 (kurang, cukup, baik, sangat baik)

    Penilaian 2. Soal Tes TertulisJawablah Pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik dan benar!

    Penilaian 3 . Lembar Penilaian Portopolio- Hasil kerja kelompok/ individu

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

  • No. Formulir :Revisi/ Tgl berlaku :

    SOAL TEST TULIS1.2.3.7.8.9.12131519

    PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGODINAS PENDIDIKANSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1

    11 Komponen Penting untuk Blog Jualan Online