proposal rom 1429

17

Click here to load reader

Upload: muhtadin

Post on 08-Jun-2015

332 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Rom 1429

PROPOSAL

IQOMUR ROMADHON 1429 HSMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

TAHUN PELAJARAN 2008 – 2009

TEMA

Romadhon Bulan SuciKeberkahan Alloh di Bulan ini

Siapa yang menghidupiNiscaya hati kembali fitri

PANITIA PENYELENGGARA IQOMUR ROMADHON

OSIS SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

Page 2: Proposal Rom 1429

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1429 H / 2008 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

1) MUQODDIMAH

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Rob pengatur Alam Semesta, Yang Maha Kasih dengan segala kasih, Yang Maha Penyayang dengan segala sayang, Raja yang menguasai hari akhir, Yang patut disembah dan dimintai pertolongan, hanya kepada-Nyalah kita menyembah dan memohon petunjuk ke jalan yang lurus bukan jalan yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.

Kita bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan tiada menyekutukan-Nya terhadap sesuatu apapun. Dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang tiada nabi setelahnya.

Shalawat dan salam semoga terlimpah atas Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallama, keluarga, para sahabat dan semua orang yang telah mengikutinya. Amma Ba’du.

“Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”(Q.S. Ali Imron 3:102)

“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan puasa atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian termasuk orang-orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Baqoroh 2:183)

“Barang siapa yang berpuasa di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah)

Barang siapa yang mendirikan malam di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)

Diwajibkannya puasa bagi seorang yang beriman sejak tahun 2 hijriah setalah diwajibkannya sholat, bukan suatu yang senda gurau. Namun, puasa sebulan penuh merupakan kewajiban yang tidak ada tawar-menawar, yang harus dilaksanakan karena menjadi tolak ukur ketaqwaan. Dengan berpuasa diharapkan ketaqwaan bertambah, meninggalkan maksiat dan keburukan, berakhlak mulia, solidaritas muslim terjaga dan saat yang tepat untuk bertobat, memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada sang Kholiqur Rahman.

Selain itu, Rosulullah mengingatkan kepada kita akan kedatangannya, sebagaimana riwayat dari Anas bin Malik berkata : Bulan Ramadhan telah tiba, maka Rosulullah bersabda :

Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Padanya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi darinya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi darinya kecuali mahrum (yang memang terhalangi dari kebaikan).

Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Maad mengatakan bahwa puasa dapat memberikan pengaruh mengagumkan dalam pemeliharaan anggota badan dan kekuatan batin, serta mengatur metabolisme, sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan. Dia membersihkan zat-zat yang dapat mempengaruhi kesehatan. Puasa juga akan menjaga kesehatan hati dan anggota tubuh, setelah dikuasai oleh jerat-jerat syahwat. Ia sangat berperan dalam membantu mendatangkan ketakwaan.

Page 3: Proposal Rom 1429

Terlepas dari itu semua, tidak akan mencapai derajat taqwa, hati bersih, iman yang teguh, dan Islam Kaffah seseorang dengan berpuasa asal-asalan. Perlu diimbangi dengan niat yang sempurna, amalan yang dibenarkan oleh Al Qur’an dan As-Sunnah serta tata cara beribadah yang pernah dituntun oleh Rosulullah , para sahabat, dan para salafush sholih.

Sehingga kesempatan di bulan Ramadhon 1429 H ini, kami berkeinginan untuk mensyi’arkan betapa mulyanya syahrush shiyam dan mengisinya dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita pengamalan puasa sesuai kitabullah dan Sunnatur Rosul .

2) NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini dinamakan : “IQOMUR ROMADHON 1429 H”

3) TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bertemakan tentang : “Romadhon Bulan Suci Keberkahan Alloh di Bulan ini, Siapa yang menghidupi, Niscaya hati kembali fitri”

4) JUDUL KEGIATAN

Adapun yang menjadi judul dari kegiatan ini adalah : “IQOMUR ROMADHON WA QIYAMUHU”

5) JENIS KEGIATAN

a) Sholat Dhuhab) Kuliah Dhuhurc) Kuliah Ashar dan Buka Bersamad) Tadarus Al Qur’ane) Dialog Interaktif Remajaf) Al-Irsyad Berbagi Kasihg) Bakti Sosialh) Pengetahuan Umum / Ceramahi) Bekal Beribadah ( I’tikaf Wal Mabiit )

6) MATERI KEGIATAN

a) Fiqihb) Akhlaqur Rosul c) Kaidah-kaidah Islam untuk remaja.

7) METODE KEGIATAN

a) Ceramah Umumb) Praktik dan Pengalaman Belajarc) Pemutaran Filmd) Kunjungan ke Panti Asuhane) Diskusif) Tanya Jawab

8) NARA SUMBER

Selaku narasumber dalam kegiatan ini terbagi atas :a) Pemandu Sholat Dhuha

i) Muhtadin Abroriii) Solichun, S.Ag.iii) Fahmi Zulfikar, Lc.

b) Kuliah Dhuhuri) Muhtadin Abroriii) Mustofiyah, S.Ag.iii) Solichun, S.Ag.iv) Fahmi Zulfikar, Lc.v) Ahmad Hufron, Lc.

Page 4: Proposal Rom 1429

vi) Drs. Yusufvii)Agus Sasmoyo, SEviii) Sakuri, S.Pd.ix) Waryadi, S.Pd.x) Awan Onasis. S.Si.xi) Yunus Anis, SE.xii)Karto, S.Pd.xiii) Drs. Kadinoxiv) Saefuddin Zuhri, SHI.

c) Tadarus Al Qur’an i) Tadaarus Al Qur’an menjelang berbuka puasa di pimpin sesuai kelompokii) Tadarus Al Qur’an di kelas dipimpin oleh Guru Pengampu Mata Pelajaran Jam

Pertamad) Buka Bersama Sesuai jadwal terlampir dilaksanakan di Panti Asuhane) Bekal Beribadah ( I’tikaf Wal Mabiit )

i) Muhtadin Abroriii) Mustofiyah, S.Ag.iii) Solichun, S.Ag.iv) Fahmi Zulfikar, LC.v) Ahmad Hufron, LC.vi) Saefudin Zuhri, SHI

9) JADWAL KEGIATAN

Terlampir

10) TUJUAN KEGIATAN

a) Memberi wasiat kepada remaja – generasi – Islam, untuk bertaqwa dan beristiqomah dalam ketaqwaannya.

b) Mendorong remaja – generasi – Islam untuk bertafaquh fiddin yang merupakan salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan

c) Maidan peningkatan ibadah dan menghidupkan bulan suci ROMADHON dalam rangka meraih amal ukhrawi

d) Mempererat jalinan tali Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan mengembangkan Ghirrah terhadap beragama Islam dengan keteguhan yang kuat

e) Masa berlatih hidup mandiri, sederhana dan berakhlaqul karimah dalam I’tikaf wal Mabiit

f) Sarana bermuhasabah, bermunajat dan bertafakur bi fi’lillah

11) LANDASAN KEGIATAN

a) “Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”(Q.S. Ali Imron 3:102)

b) “Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan puasa atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian termasuk orang-orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Baqoroh 2:183)

c) “Barang siapa yang berpuasa di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah)

d) Barang siapa yang mendirikan malam di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)

12) PESERTA KEGIATAN

a) Peserta Kuliah Dhuhur, Kuliah Ashar, Tadarus Al Qur’an dan Buka Bersama

Page 5: Proposal Rom 1429

Remaja Islam SMA Al Irsyad kelas X, XI, dan III yang telah terdaftar sebagai siswa-siswi tahun pelajaran : 2008-2009

b) Peserta I’tikaf Wal Mabiit

Siswa-siswi SMA Al Irsyad kelas X yang telah terdaftar sebagai siswa-siswi tahun pelajaran : 2008-2009

c) Peserta Al-Irsyad Berbagi Kasih

Siswa-siswi SMA Al Irsyad kelas XII yang telah terdaftar sebagai siswa-siswi tahun pelajaran : 2008-2009

13) RENCANA ANGGARAN

Terlampir

14) SUSUNAN PANITIA

Terlampir

15) KHATIMAH

Demikianlah proposal ini kami susun dengan seideal mungkin dan serealistis mungkin. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan limpahan petunjuk dan kemudahan serta keridho’an-Nya, sehingga ini dapat berjalan seperti yang direncanakan. Hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala lah kita kembalikan semua urusan. Dialah yang mengetahui segala sesuatu yang ghaib.

Tegal, 24 Agustus 2008Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1429 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

Wakasek. Kesiswaan Pembina Agama,

Drs. M. YUSUF ALWI MUHTADIN ABRORI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 6: Proposal Rom 1429

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1429 H / 2008 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

PANITIA KEGIATAN

Pelindung : Kepala SMA AL IRSYAD KOTA TEGALPenasehat : Wakasek Kesiswaan

Wakasek KurikulumWakasek Sarana PrasaranaWakasek HumasKoordinator BP

Penanggung Jawab : 1. Wakasek Ur. Kesiswaan2. Pembina OSIS/OPPBMS

Ketua : Muhtadin AbroriSekretaris : Drs. Tri SetiadiBendahara : Mustofiyah, S. Ag.Seksi-seksi1. Kuliah Dhuha : Solichun, S.Ag.2. Kuliah Dhuhur : Awan Onnasis, S.Si.3. I’tikaf Wal Mabit : Drs. Herry Susdiyanto4. Bakti Sosial : Drs. Tri Setiadi5. Dialog Interaktif Remaja : Saefuddin Zuhri, SHI6. Al Irsyad Berbagi Kasih : Yularso H, SE.7. Tadaarus Al Qur’an : Agus Sasmoyo, SEKeamanan : Sudiyo Trijadi

Satpam SMA GlatikPembantu Umum : Wali Kelas

KaryawanPengurus OSIS

Tegal, 24 Agustus 2008Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1429 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

Wakasek Kesiswaan Pembina Agama

Drs. M. YUSUF ALWI MUHTADIN ABRORI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 7: Proposal Rom 1429

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1429 H / 2008 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

RENCANA ANGGARAN KEGIATAN PESANTREN ROMADHON

NO. URAIAN BIAYA SUMBER

1. Konsumsi Buka Puasa Bersama Siswa Rp.

2. Dokumentasi Rp.

3. Rp.

4. Rp.

5. Rp.

6. Rp.

Jumlah Total Rp.

Terbilang :

Tegal, 24 Agustus 2008Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1429 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

Wakasek Kesiswaan Pembina Agama

Drs. M. YUSUF ALWI MUHTADIN ABRORI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 8: Proposal Rom 1429

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1429 H / 2008 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

Alamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

JADWAL KULIAH DHUHUR SELAMA ROMADHON

NO. HARI TANGGALNARA SUMBER

JL. GAJAHMADA Jl. GLATIK

1. Rabu 3 Rom 1429 Saefuddin Zuhri, SHI Muhtadin Abrori

2. Kamis 4 Rom 1429 Muhtadin Abrori Saefuddin Zuhri, SHI

3. Sabtu 6 Rom 1429 Fahmi Zulfikar, Lc. Muhtadin Abrori

4. Senin 8 Rom 1429 Solichun, S.Ag. Ahmad Hufron, Lc.

5. Selasa 9 Rom 1429 Ahmad Hufron, Lc. Saefuddin Zuhri, SHI.

6. Rabu 10 Rom 1429 Awan Onnasis, S.Si. Drs. Herry Susdiyanto

7. Kamis 11 Rom 1429 Sakuri, S.Pd. Waryadi, S.Pd.

8. Sabtu 13 Rom 1429 Drs. Tri Setiadi Agus Sasmoyo, SE.

9. Senin 15 Rom 1429 Karto, S.Pd. Drs. Kadino

10. Selasa 16 Rom 1429 Drs. M. Yusuf Alwi Drs. Yunus Anis

11. Rabu 17 Rom 1429 Saefuddin Zuhri, SHI Muhtadin Abrori

12. Kamis 18 Rom 1429 Muhtadin Abrori Saefuddin Zuhri, SHI

13. Sabtu 20 Rom 1429 Fahmi Zulfikar, Lc. Muhtadin Abrori

14. Senin 22 Rom 1429 Solichun, S.Ag. Ahmad Hufron, Lc.

15. Selasa 23 Rom 1429 Ahmad Hufron, Lc. Saefuddin Zuhri, SHI

16. Rabu 24 Rom 1429 Saefuddin Zuhri, SHI Muhtadin Abrori

17. Kamis 25 Rom 1429 Muhtadin Abrori Saefuddin Zuhri, SHI

Tegal, 24 Agustus 2008Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1429 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

Wakasek Kesiswaan Pembina Agama

Drs. M. YUSUF ALWI MUHTADIN ABRORIMengetahui,

Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 9: Proposal Rom 1429

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1429 H / 2008 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

Alamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

JADWAL SHOLAT & KULIAH DHUHA SELAMA ROMADHON

NO. HARITGL Romd

KelasNARA SUMBER

JL. GAJAHMADA Jl. GLATIK

1. Senin 8X.1 X.2XII IPA.1

Saefuddin Zuhri, SHI Muhtadin Abrori

2. Selasa 9X.3 X.4XII IPA.2

Fahmi Zulfikar, Lc. Solichun, S.Ag.

3. Rabu 10X.5 X.6XII IPS.1

Solichun, S.Ag. Drs. Kadino

4. Kamis 11XI IPA.1XII IPS.2

Muhtadin Abrori Saefuddin Zuhri, SHI.

5. Jum’at 12XI IPA.2XII IPS.3

Ahmad Hufron, Lc. Muhtadin Abrori

6. Sabtu 13XI IPS.1XII IPS.4

Fahmi Zulfikar, Lc. Saefuddin Zuhri, SHI.

7. Senin 15XI IPS.2XII IPS.5

Saefuddin Zuhri, SHI Muhtadin Abrori

8. Selasa 16 XI IPS.3 Fahmi Zulfikar, Lc. -

9. Rabu 17 XI IPS.4 Solichun, S.Ag. -

10 Kamis 18 XI IPS.5 Muhtadin Abrori -

Catatan :a. Sholat Dhuha mulai jam 07.10b. Sholat Dhuha 4 rekaatc. Dialog Interaktif Seputar Agama Islam

Tegal, 24 Agustus 2008Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1429 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

Wakasek Kesiswaan Pembina Agama

Drs. M. YUSUF ALWI MUHTADIN ABRORIMengetahui,

Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 10: Proposal Rom 1429

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1429 H / 2008

MSMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

Alamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

AGENDA KAJIAN REMAJA ROMADHON

NO.NAMA

KEGIATANHARI/TANGGAL PELAKSANAAN

PESERTA PENJABACARA /

NARA SUMBER

1. I’tikaf dan Buka Puasa Bersama

Selasa, 9 Sept. 08Mulai Pk. 13.00 s.d. Pk. 18.30

XI IPA.1XI IPA.2XI IPS.1

Waka KesiswaanWali KelasDrs. Slamet T.Drs. A. YaniSulistiyoMuhidin

Saefuddin Z.SHIAcara : Pk. 13.00 TadarusPk. 13.30 DialogPk. 15.00 SholatPk. 15.30 TadarusPk. 16.00 KajianTempat : Di SMA Al-Irsyad Gd.2 Jl. GlatikPakaian :Busana Muslim/ah

Rabu, 10 Sept. 08Mulai Pk. 13.00 s.d. Pk. 18.30

XI IPS.2XI IPS.3XI IPS.4

Waka SarprasWali KelasM. Arif Usmn,SPdRetno Amb, SPdCristiana, SkomWarningsihAyu

Fahmi ZulfikarAcara dan Tempat SDA

Kamis, 11 Sept. 08Mulai Pk. 13.00 s.d. Pk. 18.30

XI IPS.5XII IPA.1XII IPA.2

Waka KarikulumWali KelasDewi Ratih, SPdSyafiera, SPd.Fuji R, S.Pd.Bety KAisyah

Solichun, S.Ag.Acara dan Tempat SDA

Sabtu, 13 Sept. 08Mulai Pk. 13.00 s.d. Pk. 18.30

XII IPS.1XII IPS.2XII IPS.3

Waka HumasWali KelasSri G, SsosDrs. MulyartonoDra. ChamidahJamilah, SHSiti Aminah

Muhtadin AbroriAcara dan Tempat SDA

Senin, 15 Sept. 08Mulai Pk. 16.00 s.d. Pk. 18.30

Guru dan Karyawan SMA Al-Irsyad

- -

Page 11: Proposal Rom 1429

NO.NAMA

KEGIATANHARI/TANGGAL PELAKSANAAN

PESERTA PENJABACARA /

NARA SUMBER

Selasa, 16 Sept. 08 XII IPS.4XII IPS.5

Koordinator BPWali KelasErwin Bahar, BA.Nurjanah, S.Pd.Lies Tyowati,SHDrs. Tri SetiadiR. WisnuR. Mukhodis

Fahmi ZulfikarAcara dan Tempat SDA

Rabu, 17 Sept. 08 X.1X.2 X.3

Waka SarprasWali KelasA. Rosidi, SPd.A. Hufron, Lc.Dra. Retno WuriZubaedah, S.Ag.

Solichun, S.Ag.Acara dan Tempat SDA

Kamis, 18 Sept. 08 X.4 X.5X.6

Waka KesiswaWaka HumasWali KelasAbdul Haris,SPdDrs. A. Yani

Muhtadin AbroriAcara dan Tempat SDA

2. Al-Irsyad Berbagi Kasih

Sabtu, 20 Sept. 08 Perwakilan Kelas

Guru yg ditunjukPemb. OSIS

Kunjungan Ke Fakir-MiskinPk. 09.00 s.d. selesaiPengumpulan Beras dan Mie Instan, serta penentuan tujuan dilakukan 3 hari sebelum pelaksanaan (Rabu-Jumat)

3. I’tikaf dan Mabit

Rabu, 24 Sept. 08Kamis, 25 Sept. 08

Guru dan Karyawan

Pemb. Agama Kuliah AshrTadaarusQiyamullailKuliah ShubuhKuliah Dhuha15.00 s.d. 12.00

Tegal, 24 Agustus 2008Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1429 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

Wakasek Kesiswaan Pembina Agama

Drs. M. YUSUF ALWI MUHTADIN ABRORIMengetahui,

Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134