pertanyaan dari cerpen juru masak bahasa indonesia semester i kurikulum 2013

12
PERTANYAAN DARI CERPEN “JURU MASAK”

Upload: yohannes-nababan

Post on 23-Jul-2015

259 views

Category:

Education


7 download

TRANSCRIPT

PERTANYAAN DARI CERPEN “JURU MASAK”

1. Tema merupakan makna keseluruhan yang didukung cerita. Tema ini bersifat mengikat keseluruhan masalah yang ada di cerita. Untuk menemukan tema, terlebih dahulu harus diidentifikasikan masalah yang ditemukan tema tersebut. Lalu, dapatkah kalian mengidentifikasi masalah yang ada dalam cerpen “juru masak” tersebut? Kemudian, apa tema yang “tersembunyi’’ di balik cerita pendek tersebut?

- Azrial gagal mempersunting Renggoni - Makaji tidak jadi memasak di pesta pernikahan

Renggogeni - Kacaunya pesta pernikahan Renggoni dengan suaminya

Tema dari cerpen “juru masak” tersebut adalah perjuangan meraih sukses.

2. Oleh para ahli sastra, istilah tokoh dan penokohan dalam sebuah cerita rekaan dianggap berbeda. Tokoh dalam cerita akan dimasukkan untuk orang yang ditampilkan dalam suatu karya naratif yang oleh pembaca ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diekspresikan dalam ucapan dan apa yang dilakukan dalam tindakan. Sementara istilah penokohan merujuk pada pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita. Penokohan yang kerap disebut sebagai karakter, adalah sikap, ketertarikan, keinginan, emosi, dan prinsip moral yang dimiliki tokoh cerita. Dengan demikian, tokoh adalah orang yang melakukan perbuatan dan mengalami peristiwa dalam sebuah rekaan, sementara peokohan lebih mengacu pada pandangan, sifat, sikap, dan emosi yang dipunyai oleh tokoh dalam karya rekaan tersebut,. Maka, siapa sajakah tokoh yang ada dalam cerpen “juru masak” tersebut dan bagaimana penokohan tersebut?

Makaji : Seorang orang tua yang gigih di masa tuanya dan orang yang tidak suka mengingkari janjinyaAzrial : pendendam namun Azrial adalah orang yang gigih untuk mencapai cita-citanya.Renggoni : anak yang taat pada orang tuanyaMengkudum: orang yang tidak tau kebahagiaan anaknya Renggogeni

3. Berdasarkan peranannya dalam cerita, tokoh terbagi atas tokoh utama atau tokohsentral dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang berhubungan dengansetiap peristiwa dalam cerita. Tokoh ini selalu ada dan relevan dalam setiap peristiwadi sebuah cerita. Biasanya dalam sebuah cerita, tokoh utama ini mendominasisebagian besar cerita. Dia lebih sering diceritakan dibandingkan dengan tokoh-tokohlainnya. Dia juga diberi kesempatan lebih banyak diberi kesempatan lebih banyakuntuk mengemukakan pendatap dan sikapnya, sementara tokoh tambahan adalahtokoh yang tidak sentral kedudukannya dalam cerita, tetapi kehadirannya sangatdiperlukan dalam tokoh utama. Kecenderungan jumlah tokoh tambahan yang relatiflebih banyak dibandingkan dengan tokoh utama, membuat tokoh ini tidakdiceritakan dan dibicarakan secara mendetail dalam cerita.

Dengan demikian, para tokoh yang telah kalian sebutkan pada butir soal 2), siapasajakah yang termasuk tokoh utama dan tokoh tambahan? Berilah tanda (v) padakolom jenis tokoh utama sesuai dengan peran tokoh masing-masing.

4. apakah permasaahan yang dihadapi tokoh dalam cerpen? Dapatkah tokoh tersebut menemukan solusi atas permaslahan yang dihadapinya?

- Azrial gagal mempersunting Renggoni - Kacaunya pesta pernikahan Renggoni dengan suaminya- Makaji tidak jadi memasak di pesta pernikahan Renggogeni

5. Sikap kewirausahaan apa yang dapat kalian teladani dari cerpen tersebut?

Tetaplah berusaha untuk meraih sukses.

6. Bagaimana pendapat kalian tentang perjuangan tokoh dalam cerita itu?

Menurut kami perjuangan para tokoh dalam cerpen tersebut sudah cukup mengagumkan atau menarik dengan melihat banyaknya perubahan yang terjadi bagi mereka.

7. Jika kelak kalian berprofesi sebagai pengusaha, apa yang harus kalian lakukan ketika menghadapi hamabatan yang menghadang?

Jika salah seorang dari kami berprofesi sebagai pengusaha dan bila perusahaan kami ada masalah, kami akan berpikir untuk tetap menjalankan usaha kami dengan mengusahakan dan membentuk relasi dengan orang lain agar dapat membantu usaha saya tetap berdiri.

8. Jikakalian melakukan hal yang positif, tetapi hal tersebut bagi sebagian orang masih merupakan hal yang ganjil, contohnya kalian berjualan di sekolah, tetapi tidak menganggu kegiatan belajar, dan teman-teman mencemooh kalian, bagaimana tanggapan kalian?

Kami akan tetap berjualan, karena menurut kami cemooh bukanlah halangan bagi Kami untuk menjadi orang sukses.

9. Bagaimana cara kalian menunjukkan simpati atau empati kepada teman yang sedang mengalami kesulitan?

Kami akan menunjukkan simpati atau empati dengan ikut terlibat dalam maslahnya jika dia mengizinkan untuk di bantu. Kami akan membantu dia dengan senang hati sesuai kemampuan yang dapat Kami berikan kepada teman Kami yang membutuhkan tersebut.

10.Jika teman kalian meraih sukses, apa yang akan kalian lakukan?

Kami akan mendukungnya.

TERIMAKASIH