pengadaan ideal

Click here to load reader

Post on 05-Feb-2017

227 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • MAJALAH PENGADAAN INDONESIA

    MENUJU TERWUJUDNYAPENGADAAN IDEAL

    LKPP Raih e-Government Award 2011

    AWARD

    Penunjukan Langsung Pengadaan Kendaraan Bermotor

    REGULASI

    Diterbitkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) | www.lkpp.go.id

    KREDIBEL

    EDIS

    I 01

    | OK

    T-D

    ES 2

    011

    KONEPS, e-Procurement Nomor 1 Dunia

    MANCA NEGARA

    ISSN 2089-2411

    9 772089 241131

  • MENGHEMAT ANGGARANNEGARA

    PENGADAAN YANGKREDIBEL

    PORTAL PENGADAAN NASIONAL | WWW.INAPROC.LKPP.GO.ID

  • DAFTAR ISIEdisi 01/Oktober-Desember 2011

    FOKUS UTAMA

    PROFIL LPSE

    Balai LPSE yang beroperasi sejak 1 Juli 2008 ini terus menunjukkan perkembangan yang positif atas jumlah paket yang dilelang. Per akhir Oktober 2011 saja, jumlah paket yang dilelang mencapai 5.046 paket dengan nilai mencapai angka Rp 5 triliun lebih. 36

    REGULASI Penunjukan Langsung Pengadaan Kendaraan BermotorPerpres No. 54/2010 menyatakan bahwa pengadaan kendaraan bermotor untuk pemerintah menggunakan harga khusus dan telah dipublikasikan secara luas kepada masyarakat. Di penjelasan ayat ini dinyatakan bahwa publikasi harga antara lain melalui Portal Pengadaan Nasional dan melalui website masing-masing penyedia barang dan jasa.

    28

    KILAS & PERISTIWA............................................. 06

    WAWANCARA............................................. 22

    MEDIAWATCH............................................. 31

    SEREMONIA............................................. 32

    OPINI............................................. 40

    TESTIMONIAL............................................. 46

    TANYA JAWAB............................................. 47

    JALAN-JALAN............................................. 50

    S E H A T............................................. 52

    TOKOH BANGSA............................................. 54

    RESENSI............................................. 55

    REFLEKSI............................................. 56

    Pengadaan Ideal Menuju Indonesia BermartabatMeski terbilang agak terlambat, terbentuknya LKPP menandai era baru bagi sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah di Indonesia. Namun demikian, di usianya yang baru menjelang empat tahun, LKPP berhasil meraih beberapa capaian penting.

    10

    Dorong Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan

    BALAI LPSE PROVINSI JAWA BARAT

    MANCANEGARA

    KONEPS didirikan oleh Public Procurement Service (PPS) Korea Selatan. Dengan volume total transaksi mencapai US$ 44 miliar, menjadikan KONEPS sebagai salah satu pasar terbesar di dunia maya.

    KONEPS, e-Procure-ment No. 1 Dunia

    42

    KREDIBEL Edisi 01 | Oktober-Desember 2011 3

  • SEMOGA DAPAT BERPERAN BAGI INDONESIAIbarat benalu yang terus tumbuh setelah dipangkas, korupsi masih saja menjadi persoalan pa-

    ling pelik bagi bangsa. Perkembangan praktik korupsi disinyalir telah melebihi pengetahuan aparat penegak hukum serta masih memiliki celah dalam aturan hukum yang ada.

    Kehadiran Majalah KREDIBEL ini diharapkan dapat memberi andil besar terciptanya perbaikan terkait bagaimana menyelamatkan uang negara agar anggaran untuk rakyat tak lagi berasal dari am-pas sisa korupsi. Hal ini menjadi relevan mengingat pengadaan barang dan jasa pemerintah masih menjadi sektor tersubur terjadinya tindak pidana korupsi. Dari catatan kasus yang ada, sebanyak 70 persen dari korupsi di Indonesia terjadi pada proses pengadaan barang dan jasa di sejumlah kemen-terian dan lembaga.

    Informasi-informasi yang disajikan nantinya diharapkan makin memperkaya pengetahuan masyarakat seputar pengadaan barang dan jasa pemerintah. Hal ini menjadi penting mengingat se-lama ini dunia pengadaan barang dan jasa kurang diketahui banyak orang. Anggapan khalayak umum, proses yang terjadi di dalamnya merupakan ruang gelap yang takkan lepas dari permainan. Meski-pun belum tentu benar, namun masyarakat terlanjur berpandangan demikian dan tentunya berbagai upaya pencerahan bagi masyarakat wajib dilakukan.

    Makin pahamnya masyarakat akan aturan main, pada akhirnya bakal berguna pada makin efek-tif dan efisiennya pengadaan melalui pengawasan dan mendorong tak adanya penyelewenangan di dalamnya. Makin banyaknya informasi mengenai hal itu tentu juga berguna bagi kalangan seperti pers, mahasiswa, ataupun LSM sesuai bidangnya masing-masing.

    Bagi jajaran pemerintah sendiri, informasi yang ada diharap menjadi referensi utama mereka dalam penyerapan anggaran agar kepentingan rakyat makin tersalurkan. Selamat untuk Majalah KREDIBEL, dan semoga dapat berperan dalam menapaki Indonesia yang lebih baik.

    Haryo SudrajatHarian Koran Jakarta...........................................................................................................................................................................................

    MEWARNAI KHASANAH DUNIA PENGADAAN

    Segenap anggota Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) mengucapkan selamat dan sukses atas terbitnya Majalah KREDIBEL.

    Saya membayangkan majalah ini akan menjadi media untuk membawakan pergulatan gagasan berkaitan dengan kebijakan di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah. Tersampaikannya pergu-latan tersebut akan mewarnai khasanah dunia pengadaan di Indonesia kita, melengkapi media-media yang sudah ada sebelumnya seperti misalnya Majalah Procurement yang diusung oleh IAPI.

    Tersampaikannya pergulatan gagasan menjadi penting bagi LKPP sebagai lembaga sentral dalam pembenahan sistem pengadaan barang/jasa di Indonesia untuk mampu menciptakan benang merah yang kuat antara gagasan-gagasan praktis dengan kebijakan di bidang pengadaan demi tu-juan berbangsa dan bernegara.

    Pada akhirnya, konsistensi gagasan yang dibawakan oleh LKPP akan mampu mencerminkan kehendak semua stakeholder karena di situ ada kebijakan yang harus berpihak kepada kepentingan nasional.

    Sekali lagi, majalah ini harus dimanfaatkan oleh LKPP sebagai alat untuk menajamkan sekaligus memperkuat konsistensi itu.

    Ir Ikak Gayuh Patriastomo, MSPKetua Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI)

    Surat Pembaca dapat Anda kirimkan via email: humas@lkpp.go.id atau melalui fax ke 021-7996033.

    SuratPembaca

    KREDIBEL Edisi 01 | Oktober-Desember 20114

  • EDISI 01/OKTOBER- DESEMBER 2011Cover: Jembatan Suramadu

    Desain & Tata Letak: Arif Haryanto

    D I T E R B I T K A N O L E HLembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

    SME Tower Lt.8Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.94

    Jakarta 12780Telp. 021-7991025Fax. 021-7996033www.lkpp.go.id

    P E L I N D U N GAgus Rahardjo

    R E D A K T U R A H L IEiko Whismulyadi

    Himawan AdinegoroBima Haria Wibisana

    Agus Prabowo Djamaludin Abubakar

    P E M I M P I N U M U MSalusra Widya

    P E M I M P I N R E D A K S IR Adha Pamekas

    R E D A K S IM Firdaus

    SuhartiRatna Ayu MarutiMustika Rosalina

    Gigih PribadiHimawan Giri Dahlan

    Arif Haryanto

    F O T O G R A F E RTim Humas LKPP

    Redaksi menerima kiriman tulisan dan foto yang relevan dengan isi majalah ini. Kirim ke humas@lkpp.go.id dan dilengkapi dengan

    identitas diri yang jelas.

    Bahagia rasanya akhirnya kami bisa hadir ke hadapan pembaca sekalian, setelah sekian lama mempersiapkan media ini. Majalah KREDIBEL, demikian nama bayi yang kami idamkan dan harapkan kelahirannya ini. Nama ini kami pilih tak lepas dari motto LKPP, yaitu untuk mewujudkan pengadaan yang kredibel demi kesejahteraan bangsa.

    Kami memiliki harapan media ini bisa mengabarkan kiprah, kinerja, dan capaian LKPP dalam upayanya mewujudkan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah yang kredibel, transparan, dan akuntabel. Di sisi lain, media ini juga diharapkan mampu memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat pada umumnya tentang kebijakan seputar pengadaan barang/jasa pemerintah, sehingga bisa bersama-sama memiliki visi dan pemahaman yang sama akan pentingnya pengadaan yang bersih demi terwujudnya kesejahteraan bangsa.

    Akhirnya, kami berharap apa yang kami sajikan di edisi ini bisa memberikan stimulasi dan kontribusi positif bagi pembaca sekalian. Namun tentunya kami sadar masih banyak kekurangan di sana-sini, sehingga saran dan masukan dari pembaca sangat kami harapkan. Salam Pengadaan!

    Pembaca yang Terhormat,

    Outing LKPP. Diikuti oleh pimpinan dan staf di lingkungan LKPP.

    KREDIBELDari Redaksi

    R Adha PamekasPemimpin Redaksi

    KREDIBEL Edisi 01 | Oktober-Desember 2011 5

  • Kilas & Peristiwa

    Jakarta, KREDIBEL. Kepala LKPP Agus Rahardjo menandatangani deklarasi antikorupsi di Kementerian Pertahanan RI, Kamis (6/1). Deklarasi ini juga ditandatangani oleh tujuh pimpinan lembaga negara, yang meliputi lembaga pemerintah nonkementerian, kementerian, dan TNI.

    Dari lembaga negara nonkementerian, deklarasi ditandantangani oleh Agus Rahardjo (Kepala LKPP), Busyro Muqoddas (Ketua KPK), dan Mardiasmo (Kepala BPKP). Dari pihak Kemhan, deklarasi ditandatangani oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro. Dari lingkungan TNI deklarasi ditandangani oleh Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, KSAD Jenderal George Toisutta, KSAL Laksamana Soeparno, dan KSAU Marsekal Imam Sufaat.

    Deklarasi tersebut berisi empat butir penting, yaitu pertama, tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan baik langsung maupun tidak langsung untuk kepentingan pribadi dan atau kelompok tertentu; kedua, bekerja secara profesional, penuh semangat, dan menjunjung tinggi integritas; ketiga, tidak meminta atau menerima hadiah atau gratifikasi dalam bentuk apa pun; dan keempat, bersedia menerima sanksi apabila terbukti melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. []

    Deklarasi Anti Korupsi LKPP-KPK-BPKP-Kemhan

    Jan

    06

    Pelatihan Saksi Ahli Pengada