nilai-nilai spiritual hub

Click here to load reader

Post on 09-Feb-2016

42 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Nilai-Nilai spiritual hub. dg Kesehatan jiwaNURLAELA DIRYAT, M.Ag

  • Spiritual dan kesehatan jiwaSurat al fajr ayat 27 30

    Hai jiwa yang tenangKembalilah kepada tuhanmu dengan puas lagi diridloiNya.Maka masuklah kedalam jamaah hamba-hambaku, dan masuklah kedalam surgaku.

  • PENGERTIAN KESEHATAN JIWAUU N0 23 /1992 KESEHATAN > KEADAAN SEJAHTERA DARI BADAN, JIWA DAN SOSIAL

    UU N0 3 /1966 KESEHATAN JIWA DLM ILMU KEDOKTERAN> ADLAH SUATU KONDISI MEMUNGKINKAN PERKEMBANGAN FISIK, INTELEKTUAL, DAN EMOSIONAL BERKEMBANG OPTIMAL DARI SESEORANG DAN PERKEMBANGANNYA SELARAS DENGAN ORANG LAIN.

  • PERUBAHAN SOSIAL KESEHATAN JIWA DAN AGAMAMODERNISASI.> HILANGNYA KEARIFAN LOKALERA GLOBALISASI..> PASAR BEBASURBANISASI.> MISKIN KOTATEHNOLOGI .> MULTI MEDIAILMU PENGETAHUAN > TEMUAN2 BARU

  • MASYARAKAT MADANYBertuhan, artinya bahwa masyarakat tersebut adalah masyarakat yang beragama, yang mengakui adanya Tuhan, dan menempatkan hukum tuhan sebagai landasan yang mengatur kehidupan sosial.

  • Damai, artinya masing-masing elemen masyarakat, baik secara individu maupun secara kelompok menghormati pihak lain secara adil.

    Tolong menolong tanpa mencampuri urusan internal individu yang lain yang dapat mengurangi kebebasannya

  • Toleran, artinya tidak mencampuri urusan pribadi pihak lain yang telah diberikan oleh Alloh sebagai kebebasan manusia dan tidak merasa terganggu oleh aktivitas pihak lain yang berbeda tersebut.Keseimbangan antara hak dan kewajiban sosial. Setiap anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang seimbang untuk menciptakan kedamaian, kesejahteraan dan keutuhan masyarakatnya sesuai dengan kondisi masing-masing.

  • Berperadaban tinggi, artinya bahwa masyarakat tersebut memiliki kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan ummat manusia.Berakhlak Mulia. Yang dimaksud dengan berakhlak mulia adalah akhlak yang dilandasi oleh nilai-nilai ilahiyah yang telah Alloh jabarkan secara global dalam Al-Quran dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-harinya.

  • TIDAK SEMUA ORANG MAMPU MENYESUAIKAN DENGAN PERUBAHAN2 TERSEBUT. AKIBATNYA TIMBUL KETEGANGAN ATAU STRES PADA DIRINYA. TIMBUL DEHUMANISASI> MENURUNNYA NILAI-NILAI KEMANUSIAAN

  • QS.YUNUS 5757.Hai manusia, Sesungguhnya Telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.58.Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan".

  • Surat arrum ayat 4141. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).42. Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)."

  • THE AGONY OF MODERNIZATION= AZAB SENGSARA KARENA MODERNISASI. = KETEGANGAN PSIKOSOSIAL DI TANDAI DENGAN KRN SEMAKIN MODERN SUATU MASY. BERTAMBAH INTENSITAS DAN EKSISTENSITAS DARI BERBAGAI DISORGANISASI DAN DISINTEGRASI SOSIAL. DITANDAI DENGAN

  • MENINGKATNYA ANGKA KRIMINALITAS.KRIMINALITAS DISERTAI DENGAN KEKERASANPERKOSAANPEMBUNUHANPENYALAHGUNAAN NARKOBA, PROSTITUSIKENAKALAN REMAJAKENAKALAN ORANG TUABUNUH DIRI

  • BANYAK TEKANAN DI MASY YANG HANYA BERPEGANG PADA KEBUTUHAN MATERI DAN TUJUAN YANG DEKAT SAJA ( PRAGMATIS) NILAI-NILAI KEBENARAN ( AGAMA) DIANGGAP KUNO DAN DI ABAIKAN. (CONTOH: HUTAN GUNDUL, KETAHANAN PAGAN YANG GAGAL, GIZI BURUK)IVANN ILLICH, CIRI MASY. MODERN KETIDAK PUASANKETIDAKBAHAGIAANKERAKUSANNIAT JAHATKECEMASAN TERHADAP NILAI-NILAI AGAMA, BUDI PEKERTI, MORAL, DLL.

  • ALBERT EINSTEINBAHWA ILMU PENGETAHUAN TANPA AGAMA BAGAI ORANG BUTATAPI AGAMA TANPA ILMU PENGETAHUAN AGAMA ITU SEPERTI LUMPUH

  • URBANISASI= KONFLIK PSIKOSOSIAL YANG SERING TERJADI PERBEDAAN ANTARA HIGH EXPECTATION DENGAN KENYATAAN HIDUP ( REALITY OF LIVE)

  • DOHRENWEND 1979 PENELITIANNYA BAHWA KASUS PSIKIATRIK BANYAK TERDAPAT DI PERKOTAAN( URBAN) DI BANDING RURAL( PEDESAAN) KASUS-KASUS GANGGUAN KEPRIBADIAN. HASIL PENELITIAN SEBAGIAN BESAR GANGGUAN JIWA BERASAL DARI LAPISAN MASY. BAWAH LEBIH BANYAK DARI PADA LAPISAN MENENGAH ATAS.KELOMPOK DARI MASY. YANG TIDAK MEMILIKI IKATAN ATAU STATUS DI MASYARAKAT.MEREKA YANG TIDAK MEMILIKI FUNGSI DAN PERAN DI MASYARAKAT.MEREKA YANG MENGALAMI TRAUMA KARENA KEHILANGAN STATUS DI MASY.MEREKA YANG MENGALAMI PENGALAMAN KEHIDUPAN YANG MENEGANGKAN BEBERAPA BULAN SEBELUMNYA ( STRESSFUL LIFE EXPERIENCE)

  • WHO 1959 MEMBERIKAN KRITERIA KESEHATAN JIWA ATAU MENTALDAPAT MENYESUAIKAN DIRI SECARA KONSTRUKTIF MESKIPUN KENYATAAN ITU BURUK BAGINYAMEMPEROLEH KEPUASAN DARI HASIL JERIH PAYAH DAN USAHANYAMERASA LEBIH PUAS MEMBERI DARIPADA MENERIMA.RELATIF BEBAS DARI RASA CEMAS DAN TEGANGBERHUB. DENGAN ORANG LAIN SECARA TOLONG MENOLONG DAN SALING MEMUASKANMENERIMA KEKECEWAAN UNTUK DI PAKAI NYA SEBAGAI PELAJARAN UNTUK DI KEMUDIAN HARIMELURUSKAN RASA PERMUSUHAN KEPADA PENYELESAIAN YANG KREATIF DAN KONSTRUKTIFMEMILIKI RASA KASIH SAYANG YANG BESAR.

  • 1984 WHO EMPAT DIMENSI SEHAT; BIO , PSIKO- SOSIO-SPIRITUAL/AGAMA), TERAPHI KEAGAMAAN UNTUK MEMBANGKITKAN KEKUATAN KEROHANIAN / SPIRITUALNYA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN SESEORANG.

  • SEJARAH KESEHATAN JIWADI MAMASKUS ABAD KE VIIIINDIA SEKITAR TAHUN 1000 MANDU/ BIHARTURKI TAHUN 1300 DI KOTA ANATOLIAINDONESIA 1882 KOTA BOGORINDONESIA 1902 KOTA LAWANG MALANGINDONESIA 1923 MAGELANGINDONESIA 1927 KOTA SABANGTAHUN 1947 INDONESIA MEMBENTUK DJAWATAN KESEHATAN JIWA

  • KESEHATAN JIWA DAN KECERDASAN SPIRITUALKESEHATAN JIWA=KECERDASAN SPIRITUALARIF RAHMAN HAKIM CIRI2 KEC. SPIRITUAL1. MAMPU MENGHADIRKAN TUHAN DALAM SEMUA AKTIFITAS ( ISLAM, IMAN DAN IKHSAN)2.DISIPLIN IBADAH,TEKUN BERUSAHA, BERSYUKUR3MENGERTI PERASAAN ORANG LAINMAMPU MENUNDA KEPUASAN SESAATBERKREPIBADIAN STABIL

  • PENGERTIAN LAIN:ESQ: KEMAMPUAN ORANG MEMBERI MAKNA DALAM KEHIDUPANKEMAPUAN SESORANG UNTUK BAHAGIA DALAM SITUASI APAPUN TANPA TERGANTUNG KEPADA SITUASINYA:1.CIRI2NYA SENANG BERBUAT BAIK2.MEMAHAMI TUJUAN HIDUPMERASA MEMIKUL SEBUAH MISI YANG MULIA KMDN MERASA TERHUBUNG DENGAN SUMBER KEKUATAN SEMESTA ( Tuhan)