narasi prak bulanan bulan april 2015

5
1 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Stasiun Klimatologi Banjarbaru akan menyampaikan prakiraan curah hujan dan sifat hujan bulan April 2015 di Provinsi Kalimantan Selatan. Saya .................................. akan menyampaikan informasi selengkapnya: Prakiraan curah hujan dan sifat hujan bulanan disusun berdasarkan hasil perhitungan dan analisa disertai pertimbangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer di wilayah Indonesia dan sekitarnya. Pertama, akan saya informasikan prakiraan curah hujan bulan April 2015 di Provinsi Kalimantan Selatan. Secara umum, curah hujan di Kalimantan Selatan pada bulan April 2015 berkisar antara 151 mm sampai dengan 400 mm dengan sebaran sebagai berikut: Kab. Tanah Laut, curah hujan pada bulan April 2015 diprakirakan berkisar antara 151 – 200 mm di wilayah Kintap untuk wilayah Pelaihari, Kurau, Takisung, Sukaramah, dan Jorong berkisar 201 – 300 mm. Selanjutnya, untuk wilayah Tambang Ulang berkisar antara 301 – 400 mm Kota Banjarbaru, curah hujan di wilayah Kota Banjarbaru pada bulan April 2015 diprakirakan berkisar antara 201 – 300 mm di wilayah landasan ulin timur dan Bnajarbaru Selatan, selanjutnya untuk wilayah landasan ulin berkisar antara 301 – 400.

Upload: yosef-luky-d-prasetya

Post on 29-Sep-2015

223 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Desiminasi Cuaca

TRANSCRIPT

3

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Stasiun Klimatologi Banjarbaru akan menyampaikan prakiraan curah hujan dan sifat hujan bulan April 2015 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Saya .................................. akan menyampaikan informasi selengkapnya:

Prakiraan curah hujan dan sifat hujan bulanan disusun berdasarkan hasil perhitungan dan analisa disertai pertimbangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer di wilayah Indonesia dan sekitarnya.

Pertama, akan saya informasikan prakiraan curah hujan bulan April 2015 di Provinsi Kalimantan Selatan. Secara umum, curah hujan di Kalimantan Selatan pada bulan April 2015 berkisar antara 151 mm sampai dengan 400 mm dengan sebaran sebagai berikut:Kab. Tanah Laut, curah hujan pada bulan April 2015 diprakirakan berkisar antara 151 200 mm di wilayah Kintap untuk wilayah Pelaihari, Kurau, Takisung, Sukaramah, dan Jorong berkisar 201 300 mm. Selanjutnya, untuk wilayah Tambang Ulang berkisar antara 301 400 mmKota Banjarbaru, curah hujan di wilayah Kota Banjarbaru pada bulan April 2015 diprakirakan berkisar antara 201 300 mm di wilayah landasan ulin timur dan Bnajarbaru Selatan, selanjutnya untuk wilayah landasan ulin berkisar antara 301 400. Kota Banjarmasin, wilayah kota Banjarmasin diprakirakan memiliki curah hujan bulanan berkisar antara 201 300 mm. Kab. Banjar, curah hujan pada bulan April 2015 diprakirakan berkisar antara 201 300 mm di wilayah Mataraman, Gambut, Simpang Empat, Martapura Kota, Kampung Baru, Atayo, Kertak Hanyar, dan Umbul sedangkan wilayah Atanik, Gn.Sari, Lawa Baru, Danau Salak, Salam, Sei Tabuk, Lawa, dan Pengaron berkisar 301 400 mm.Kab. Barito Kuala, secara umum diprakirakan memiliki curah hujan bulanan berkisar antara 301 400 mm, kecuali wilayah Tamban, Barambai, Wanaraya, dan Tabunganen diprakirakan memiliki curah hujan antara 201 300 mm pada bulan April 2015.Kab. Tapin, wilayah kab Tapin diprakirakan memiliki curah hujan bulanan berkisar antara 201 300 mm.Kab. Hulu Sungai Selatan, wilayah di Kab. Hulu Sungai Selatan, secara umum juga diprakirakan memiliki curah hujan antara 201 300 mm pada bulan April 2015, kecuali wilayah Simpur, Padang Batung, dan Kandangan dengan prakiraan curah hujan antara 301 400 mm.Kab. Hulu Sungai Tengah, wilayah Hulu Sungai Tengah diprakirakan memiliki curah hujan antara 201 300 mm, kecuali wilayah Batang Alai Selatan diprakirakan berkisar antara 151 200 mm dan wilayah Labuan Amas Utara yang diprakirakan berkisar antara 301 400 mm.Kab. Hulu Sungai Utara, wilayah kab Hulu Sungai Utara diprakirakan memiliki curah hujan bulanan berkisar antara 201 300 mm.Kab. Balangan, wilayah di Kab. Balangan diprakirakan memiliki curah hujan berkisar antara 201 300 mm kecuali untuk wilayah Paringin Selatan yang diprakirakan memiliki curah hujan berkisar antara 151 200 mm.Kab. Tabalong, secara umum wilayah Kab. Tabalong diprakirakan memiliki curah hujan antara 201 300 mm, kecuali wilayah Banua Lawas dan Haruai diprakirakan memiliki curah hujan berkisar antara 151 200 mm.Kab. Kotabaru, wilayah kab Kotabaru diprakirakan memiliki curah hujan bulanan berkisar antara 201 300 mm.Kab. Tanah Bumbu, wilayah Kab. Tanah Bumbu diprakirakan memiliki curah hujan bulanan berkisar antara 201 300 mm.

Selanjutnya, akan kami sampaikan informasi prakiraan sifat hujan bulanan bulan April 2015 di Kalimantan Selatan. Secara umum, curah hujan di Kalimantan Selatan pada bulan April 2015 bersifat normal dengan sebaran sebagai berikut:

Kab. Tanah Laut, secara umum curah hujan bulan April 2015 di Kab. Tanah Laut diprakirakan masih berada pada kondisi normalnya.Kota Banjarbaru, secara umum curah hujan bulan April 2015 di Kota Banjarbaru diprakirakan masih berada pada kondisi normalnya, kecuali untuk wilayah Landasan Ulin Timur yang diprakirakan kondisi curah hujannya bersifat bawah normal. Sedangkan Kota Banjarmasin, curah hujan pada bulan April 2015 diprakirakan masih berada pada kondisi normalnya. Kab. Banjar, secara umum curah hujan di wilayah Kab. Banjar diprakirakan masih bersifat Normal, kecuali wilayah Kampung Baru, Danau Salak, Martapura Kota, dan Lawa diprakirakan bersifat Atas NormalKab. Barito Kuala, secara umum curah hujan di wilayah Barito Kuala pada bulan April 2015 diprakirakan bersifat Normal, kecuali wilayah Karang Indah diprakirakan bersifat Atas Normal.Kab. Tapin, curah hujan di wilayah Tapin diprakirakan bersifat Bawah Normal.Kab. Hulu Sungai Selatan, curah hujan di wilayah Hulu Sungai Selatan diprakirakan bersifat Normal, kecuali wilayah Padang Batung dan Kandangan diprakirakan bersifat Atas Normal.Kab. Hulu Sungai Tengah, curah hujan di wilayah Hulu Sungai Tengah diprakirakan bersifat Normal, kecuali wilayah Labuan Amas Utara dan Barabai diprakirakan bersifat Atas Normal.Kab. Hulu Sungai Utara, secara umum curah hujan di Hulu Sungai Utara diprakirakan bersifat Normal, kecuali curah hujan di wilayah Amuntai Tengah diprakirakan bersifat Bawah Normal dan wilayah Banjang yang diprakirakan bersifat Atas Normal.Kab. Balangan, secara umum curah hujan di Balangan diprakirakan bersifat Normal, kecuali curah hujan di wilayah Paringin Selatan diprakirakan bersifat Bawah Normal Kab. Tabalong, secara umum wilayah Kab. Tabalong diprakirakan memiliki curah hujan yang bersifat Normal pada bulan April 2015, kecuali wilayah Banua Lawas diprakirakan bersifat Bawah Normal dan wilayah Upau yang diprakirakan bersifat Atas Normal.Kab. Kotabaru, curah hujan di wilayah Kab. Kotabaru pada bulan April 2015 diprakirakan bersifat Bawah Normal.Kab. Tanah Bumbu, curah hujan di wilayah Tanah Bumbu pada bulan April 2015 diprakirakan bersifat Normal untuk wilayah Kusan Hulu dan Karang Bintang dan bersifat Atas Normal untuk wilayah Marga Mulya dan Kusan hilir.

Demikianlah informasi prakiraan curah hujan dan sifat hujan bulanan bulan April 2015 di Kalimantan Selatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan bagi semua pihak yang berkepentingan. Terima Kasih dan Selamat Malam.