mutiara hexa 2010

22
Mutiara Hexa Periode 2009-2010 Opening It’s beautiful life. Hidup fokus untuk berbagi. Berbagi ilmu, berbagi tenaga, berbagi harta, berbagi senyum dan berbagi kebahagiaan. “Siapa yang ingin senang, diluaskan rezekinya dan di panjangkan usianya, hendaklah ia bersilaturahmi” (HR. Bukhari- Muslim) “...dan peliharalah hubungan silaturahmi” (QS : An-Nissa) Perasaan bahagia memiliki kandungan energi positif, ikhlas, syukur dan cinta. Dan perasaan bahagia adalah pilihan, karena dengan memiliki perasaan bahagia itu berarti kita sedang bersyukur dan Allah mencintai hambanya yang selalu bersyukur dan bertakwa. Pantaulah selalu kondisi hati kita agar selalu dalam perasaan bahagia, kemudian bagikan rasa bahagia itu dalam bentuk senyuman, maka hidup akan semakin indah, semakin berkah dan semakin mudah. “La tafafakkar khoiro man walaakin tafakkar khoirol amal” artinya, janganlah berfikir untuk menjadi yang terbaik, tapi berfikirlah untuk melakukan yang terbaik. Hari Minggu Oleh : Roisyatin 1. Seringkali perbuatan kecil menjadi besar karena dibesarkan oleh niat, dan seringkali juga perbuatan besar menjadi sia- sia karena dikerdilkan oleh niat. 2. Usaha=hasil. Orang yang usahanya biasa-biasa saja, akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa saja. Namun, orang yang usahanya luar biasa, tentu akan mendapatkan hasil yang luas biasa juga. 3. Malam ini pengganti esok hari, semoga berkenan di hati. “Muslim sejati tak akan merasa sepi, karena Allah lebih dekat dengan urat nadi”, karena aku ingin memberitahu kalian Hexa Motivation

Upload: danz-wadezig

Post on 14-Jun-2015

404 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

This is statement from my Friend and me too

TRANSCRIPT

Page 1: Mutiara hexa 2010

Mutiara HexaPeriode 2009-2010

OpeningIt’s beautiful life. Hidup fokus untuk berbagi. Berbagi ilmu, berbagi tenaga, berbagi harta, berbagi senyum dan berbagi kebahagiaan.

“Siapa yang ingin senang, diluaskan rezekinya dan di panjangkan usianya, hendaklah ia bersilaturahmi” (HR. Bukhari-Muslim)“...dan peliharalah hubungan silaturahmi” (QS : An-Nissa)

Perasaan bahagia memiliki kandungan energi positif, ikhlas, syukur dan cinta. Dan perasaan bahagia adalah pilihan, karena dengan memiliki perasaan bahagia itu berarti kita sedang bersyukur dan Allah mencintai hambanya yang selalu bersyukur dan bertakwa. Pantaulah selalu kondisi hati kita agar selalu dalam perasaan bahagia, kemudian bagikan rasa bahagia itu dalam bentuk senyuman, maka hidup akan semakin indah, semakin berkah dan semakin mudah.

“La tafafakkar khoiro man walaakin tafakkar khoirol amal” artinya, janganlah berfikir untuk menjadi yang terbaik, tapi berfikirlah untuk melakukan yang terbaik.

Hari MingguOleh : Roisyatin

1. Seringkali perbuatan kecil menjadi besar karena dibesarkan oleh niat, dan seringkali juga perbuatan besar menjadi sia-sia karena dikerdilkan oleh niat.

2. Usaha=hasil.Orang yang usahanya biasa-biasa saja, akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa saja. Namun, orang yang usahanya luar biasa, tentu akan mendapatkan hasil yang luas biasa juga.

3. Malam ini pengganti esok hari, semoga berkenan di hati. “Muslim sejati tak akan merasa sepi, karena Allah lebih dekat dengan urat nadi”, karena aku ingin memberitahu kalian bahwa tak ada kata “kesepian” jika Allah telah menghuni hati kalian kawan.

Hari SeninOleh : Septian Eka

1. Hari ini adalah hari paling PD (Percaya Diri), tenang dan berani yang ku punya dalam menghadapi hidup. Bagaimana tidak, janji Allah mengabulkan do’a orang-orang yang berpuasa. So...ku sangat PD menghadapi UTS hari ini, menghadapi hidup ( semua akan dilapangkan), bahkan jika meninggal hari ini pun ku PD. Ternyata

Hexa Motivation

Page 2: Mutiara hexa 2010

ketenangan itu indah dan mudah. Sudah Allah fasilitasi lewat puasa, shalat dan berbagi.

2. Hari ini terbukti ternyata yang menciptakan semangat atau lemas ya fikiran dan perasaan kita sendiri. Logikanya ketika sedang berpuasa selama satu hari kita tidak makan dan minum (tidak ada asupan energi dan dehidrasi), apalagi sisa energi yang dipakai untuk belajar seharian (berfikir itu menyita banyak energi dibandingkan kerja fisik). Luar biasanya, fikiran (mind set) mampu mengalahkan logika itu, Alhamdulillah.....hari ini lebih powerful, UTS lancar dan aktivitas yang lain pun lancar.

3. “Dan Allah ‘azza wa jalla akan menolonghamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya” (HR : Muslim).

4. Waktu adalah singkat bagi seorang petualang mimpi. 1 tahun....5 tahun....10 tahun....Bukanlah hal yang lama bagi dia, malah amat sebentar. Karena diaa tidak fokus pada jangk a waktu, tapi dia fokus pada usahanya mewujudkan mimpi.So....fokuslah pada usaha, maka hasil akhir yang sudah kita mimpikan akan tercipta tanpa terasa lama. Jaga keindahan syukur dalam hati.

5. Ada sosok hebat jagat raya. Ia tidak punya harta tapi merasa kaya. Dengan kata-kata dan cintanya dia membuat orang lain bahagia , itulah muslim.Syukur itu temanku yang paling setia, menemaniku di setiap susah dan senang, membantuku disaat susah menjadi mudah, dan disaat mudah menjadi semakin bertambah.

6. Setiap hari saya mendapatkan rizki yang tiada terkira. Hampir setiap hari saya bisa makan enak, buah dan makanan apapun yang saya mau tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Ini hal yang luar biasa untuk seorang anak kosan. Tau kenapa? Kuncinya adalah tebarkanlah kebaikan jika ingin mendapatkan lebih banyak kebaikan.

7. Pahamilah bahwa do’a orang tua anda menjadi penerang seumur hidup anda. Sayangilah, bahagiakanlah, maka kesuksesan akan berlari mendekati anda.

8. Life is twice. First in the word and then in heaven or hell. Raihlah kebahagiaan dan ketentraman hidup di dunia dan akhirat yang kekal abadi dengan cara berbagi, sehingga Tuhan pun tidak akan membiarkan kita menangis di dunia maupun akhirat.

9. Ada pelajaran berharga dari guru kehidupanku. He said “if you want to be happy in your life, u must give more, take less and don’t expect to much”.

Hexa Motivation

Page 3: Mutiara hexa 2010

10. Kebaikan itu akan menarik beribu-ribu kebaikan. Asalkan kita tahu rahasianya. Rahasianya adalah syukur dan ikhlas.

11. Hari ini ku mendapatkan kado yang luar biasa. Kritikan yang membangun dari seseorang yang peduli akan kesuksesanku. Ku sama sekali tidak marah, malah bersyukur. Semoga lebih baik.

12. The secret of reading,Kanapa ketika kita membaca cerpen atau novel hanya satu kali baca kita bisa menceritakannya ke pada orang lain. Tapi jika kita membaca pelajaran, brulang-ulang kita baca namun terkadang sulit menceritakannya kembali? Perbedaanya adalah terletak pada pola fikir dan perasaan kita,Ketika kita membaca novel perasaan kita begitu senang, tanpa tekanan, rileks, sehingga emosi positif. Sedangkan jika membaca pelajaran, kita merasa terpaksa, tidak rileks, tidak merasa bahagia sehingga emosinya negatif. So...mulai sekarang perbaiki perasaan anda saat membaca pelajaran, luapkan emosi positif anda.

13. Sombong itu tidak enak, pamer itu beban. Lebih baik low profie, zuhud, hidup sederhana dan sewajarnya.

14. Biarkan kaki melangkah mengikuti kehendak Tuhan-Nya. Nikmati tajamnya kerikil hingga lenbutnya halaman syurga.

15. Pahamilah karakteristik hati (kekuatan maha dahsyat) semakin kita melakukan kebaikan maka semakin hidup hati kita. Ketika hati itu hidup maka kita bisa menggunakan kekuatan tersebut. Tidak ada batasan antara Allah dengan kita. Setiap keinginan dan do’a kita menjadi kenyataan. Jaga hati tetap positif.

Hari SelasaOleh : Ajat

1. Suasana pagi hari selaras terbitnya mentari indah di ufuk timur semesta ini, sorak sorai gema takbir seakan ikut serta menambah buaian kenikmatan di pagi hari. Deretan air mata yang seakan menetes dalam hati di kesunyian malam, seakan diungkit kembali lewat getaran keimanan suara takbir ribuan orang. Menguat, mengingat keikhlasan Ibrahim yang rela memberikan anaknya ketika Allah SWT uji keimanannya. Melemah, karena ternyata diri ini belum sanggup untuk melaksanakan itu semua. Bersyukur, karena Allah bukakan pintu hati ini lewat keteguhan terhadap Islam. Ya Rabb....

Hexa Motivation

Page 4: Mutiara hexa 2010

Engkau berikan banyak hikmah pagi ini, terima kasih ya Allah atas segala kenikmatan yang selama ini engkau berikan, baik masa lalu, sekarang ataupun masa depan yang semuanya telah engkau rencanakan serta tentukan. Sahabat...Mungkin diri ini belum bisa memberikan apa yang Ibrahim telah berikan. Tapi sungguh, setidaknya kita bisa memberikan senyuman ikhlas kepada semua orang.

2. Hari ini...bangunan hijau lantai 6 jasadku tegap. Memandang panorama alam, tata surya jagad raya. Ruh ku melayang terbang ke awan. Menembus mimpi, menuju antariksa langit ke tujuh. Tersentak ku terpaku, menelaah sang puteri pagi berwajah merah, yang baru bangun dari tidur malam sang purnama. Pancaran mentari indah harmonisasi warna pelangi, seakan turut mendorong tuk semakin cepat meraih mimpi. Tubuhku kaku....melihat pancaran panorama, tetesan embun qalbu ini, hanya syukur, dan aku bersyukur, walaupun impian masih di depan mata, setidaknya kita nisa melakukan apa yang bisa kita lakukan.

3. Dari setiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Lakukanlah yang terbaik selagi masih ada kesempatan. Kesempatan tidak akan selalu datang silih berganti. Untuk itu manfaatkan kesempatan yang kita miliki sebelum kesempatan itu pergi. Memanfaatkan suatu kehidupan adalah suaru kecerdasan, karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, selalu mengikhlaskan dan menyabarkan, serta optimis dalam menjalani kehidupan adalah kunci dari segalanya. Nikmatnya jikalau kita saling berbagi, indahnya jikalau kita saling memahami, tenangnya jikalau kita saling melengkapi, bersatu saling mengisi kekurangan serta kekosongan dalam ruang lingkup kehidupan adalah kunci terciptanya suatu kebersamaan yang berdampak pada kebahagiaan.

4. Walaupun tubuh terbaring lemas, tapi tetap merasakan betapa nikmatnya menghirup oksigen yang telah Allah anugerahkan. Hari ini adalah ujian terhadap sesuatu yang baru dalam hidupku. Tak ada kata selain semangat, tak ada perbuatan selain kerja keras.

5. Suara hati...Suara ikhlas di sore hari. Suara gema takbir, menggugah hati yang sedang menyendiri. Seruan panggilan di tengah senyapnya malam, membuat hati tak lagi bimbang. Rintihan qalbu, sertaderaian air mata yangn penuh kesabaran seakan membuka pintu-pintu keikhlasan. Senandung sujud di atas sajadah panjang, membuka hati tuk semakin ikhlas mengharap ampunan Ya Rabb....Memang indah jikalau hati sudah terbuka, membuka diri kita tuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Hexa Motivation

Page 5: Mutiara hexa 2010

6. Assalamu’alaikum....Sahabat hexa, bagaimana kabarmu hari ini? Cukup dijawab dalam hati. Walaupun senantiasa kita dipisahkan oleh jarak, tapi sungguh tali silaturahmi ini tidak akan sanggup untuk berpisah walaupun hanya sebentar. Hati ini kan terus berkumpul, saling berpadu, memahami serta saling melengkapi satu sama lain. Bagian keluarga ini saling membutuhkan, membutuhkan tuk saling menopang dalam menggapai kesuksesan. “Sahabat”, hanya tutur, senyuman serta perbuatan ikhlas yang bisa ku lakukan di atas keterbatasan ini.

7. Ikhlas itu berkah, sabar itu manfaat dan sifat positif adalah salah satu kunci dari kebahagiaan. Kata-kata hanya bersyarat makna, tapi perbuatan menggambarkan masa depan.

8. Perbedaan antara ikhlas dengan ria sangatlah tipis. Ibarat semut hitam yang berada diatas batu hitam pekat, seraya pada saat gelap pula. Siapa yang bisa membedakannya? Saudaraku...mungkinkah hati ini ikhlas? Atau malah ria? Apakah kita tahu? Atau hanya Allah lah yang tahu. Sanubariku ingin mengatakan kalau ini bukanlah suatu hal yang mudah. Mr. Ikhlas, atau malah Mr. Ria? Aku malu dengan semua ini, sadar akan masih banyaknya kekurangan serta kekufuran dalam diri. Sendiri dalam tafakurku, dalam renungan di kesunyian. Aku belum menjalankan peranku sebagai imam serta sebagai muslim, maafkan hamba ya Allah.

9. Dengan pertolongan Allah aku bisa10. Sederhana sederhana dan sederhana. Tapi, mudah-mudahan syarat

dengan makna. Pelaut yang ulung tidak pernah lahir di laut yang tenang, pemimpin yang kuat tidak pernah bersandar pada ranting yang rapuh, Orang yang hebat akan slalu menghargai kelebihan oran dan orang yang sangat dihargai akan selalu mementingkan serta menghargai orang-orang disekitarnya. Selalu ada kesempatan untuk melakukan baik dan salah dalam kehidupan.Pertanyaannya, apakah kita akan terus berkendara dijalan ini?? Memang tidak mudah untuk jalan 10 kilometer, tapi bukankah semua berawal dari satu langkah?

11. Kita tidak akan bisa mengatur orang lain dengan efektif, sebelum kita bisa mengatur diri kita sendiri. Tidak akan pernah merasa rugi jikalau kita melakukan sesuatu selama kita bisa mengambil hikmah dari sesuatu itu. Semua kejadian itu bernilai positif selama kita memandangnya dengan positif pula. Musuh akan menjadi kawan jikalau kita memperlakukannya dengan baik, kecuali hawa nafsu. Tidak mudah memang untuk mempunyai jiwa yang besar, tapi akan tidak mudah lagi jikalau kita berfikiran sempit serta kerdil dalam menjalankan kehidupan ini.

12. Temanku diberikan cobaan yang lebih besar dariku. Malu iman ini melihat diri yang masih berliku dengan kekufuran.

Hexa Motivation

Page 6: Mutiara hexa 2010

Astagfirullahal’adzim, ampunilah hamba ya Allah. Hikmah banyak yang bisa kita ambil dari setiap kejadian serta peristiwa dalam kehidupan ini. Tersirat begitulah Allah berikan rizki lewat pengetahuan dalam sebuah hikmah, supaya kita lebih peka terhadap kehidupan ini. Manusia adalah makhluk sosial serta sesama musllim adalah satu tubuh dan setiap tubuh ada yang memiliki. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.

Hari RabuOleh : Aline

1. Suatu hari ada seorang pemuda sedang melewati perkampungan yang dilanda kelaparan. Pemuda itu merasa sangat iba, tapi dia tidak bisa berbuat apa-apa. Ia melihat sebuah gunung kemudian ia berdo’a dalam hatinya “ya Allah...seandainya gunung itu adalah tumpukan gandum, maka aku akan bagikan gandum itu pada semua warga, agar mereka tidak kelaparan. Pemuda itupun berlalu dengan hati yang sedih. Tidak berapa lama dikabarkan bahwa pemuda itu meninggal dunia, kemudian ada seorang ulama yang bermimpi bertemu dengannya sedangkan ia sedang bersenang-senang di syurga. Sang ulama bertanya “hai pemuda, amalan apakah yang kau perbuat hingga kau mendapatkan kenikmatan syurga??”. Kemudian si pemuda menjawab “karena dulu saya pernah berniat dengan sepenuh hati untuk membagikan segunung gandum”.

2. Aku lelah, tapi akau bahagia. Aku mau terus lelah, asalkan aku tetap bahagia. Bahagia waktuku optimalBahagia dapat bermanfaatBahagia bisa berbagiBahagia mampu bersabarBahagia target tercapaiBahagia mengenal HexaBahagia berjiwa besarBahagia merencanakan kebahagiaan

3. Orang mukmin itu sedikit bicara dan banyak bekerja, sedangkan orang munafik itu banyak bicara dan sedikit bekerja

4. Muslim yang baik bukanlah orang yang mengabaikna dunia untuk akhiratnya atau mengabaiikan akhirat untuk dunianya. Tetapi dialah orang yang mencari kedua-duanya.

5. Muslim yang baik adalah yang mampu mengambil hikmah dari balik semua peristiwa. Namun, muslim yang terbaik adalah yang mampu mengambil hikmah terbaik dari balik seluruh peristiwa yang sama.

6. Hidup adalah pilihan. Maka, dipagi hari ada orang yang memilih bangkit dan beraktifitas, ada pula yang memilih tetap bergemul dan berselimut. Manakah yang akan kamu pilih?

Hexa Motivation

Page 7: Mutiara hexa 2010

7. Seringkail motivasi tidak muncul dari para motivator dunia atau para pembicara handal atau konsultan profesional. Tetapi dia hadir dengan sangat sederhana dari malaikat kecil yang kita sebut sahabat, Bukan dengan tepukan tangan atau pujian, namun justru dengan kritik penuh ketulusan dan telinga yang selalu siap mendengarkan. Thank sahabat, tetaplah menjadi cermin kejujuran yang senantiasa menjadi pantulan kebaikan.

8. Manusia tempat lupa dan salah, fungsi teman adalah untuk mengingatkan. Tapi, sebanyak apapun dosa mustahil melebihi banyaknya rahmat dan ampunan Allah SWT. U just to believe!!

Oleh : Mecca

1. Tanah basah yang berlumpur tebal, raungan jepp yang menantang,suara detak jantung yang diminta adrenalin tinggi. Itulah tiga hal yangmenjadi satu-satunya yang bisa ku miliki di dunia, tapi semua itu tidak abadi, hanya cinta kepada Allah lah yang bisa ku gapai di setiap nafasku. Ya Allah...Kau yang maha segalanya, aku hanya hamba-Mu yang bergelimang dosa, aku mohon diberikan hidayahhidayah-Mu untuk orang yang telah menyakitiku dan berikan segala kebarokahan untuk semua sahabatku.

2. Masih berdiri di tempat yang sama seperti dulu. Meski semua telah berubah, tapi ku masih berdiri di tanah basah yang berlumpur untuk terus bisa kau lihat. Ya Allah....Ku masih berusaha terlihat tapi tetap dia tidak dapat melihatku. Di pagi ini aku harus tetap tersenyum untuk menjaga semuanya.

3. Alhamdulillah aku masih bisa merasakan kenikmatan dunia. Bangun di pagi hari dengan menghirup udara yang sangat segar. Dengan semangat 45 dan keoptimisan hari ini pasti bisa di lewati dengan baik.

4. Pernah ku merasa sendiri dengan luka kehidupan. Tapi ku menemukan sebuah lilin yang bermerk optimis. Jadi lilin optimis menemaniku selalu, Alahamdulillah ku semangat dalam keoptimisan.

5. Aku harus bangun pagi ini , harus tetap terjaga walau tanpa kepala di badanku. Ku lelah dengan semua hal, tapi ku berusaha bertahan. Aku harus mencintai ini. Aku angin yang bisa berubah menjadi badai.

6. Malam ini, aku sedang memikirkan putaran film kehidupanku.Sekedar merievew memoriku agat tidak melakukan kesalahan yang sama. Aku tidak akan come back to one big mistake. I’m here for new life. I life again, no tears from my eyes. Thanx Hexa.

Hexa Motivation

Page 8: Mutiara hexa 2010

Hari KamisOleh : Dadang

1. Apa kabar hati? Masihkah ia seperti embun?Merunduk tawadu di pucuk-pucuk daun.

2. My conclution today :Sekecil kebaikanHanya uang receh yang ditebarkan pagi hari ini. Siang hari telah menjadi syari’at membuka proyek bisnis yang begitu besar, Alhamdulillah....

3. Hexa 7 habit for succses!!Love membawa ke keikhlasan untuk berbuat, sehingga jadi lebih proaktif dan dilakukan dengan optimispenuh rasa sabaruntuk mencapai hasil yang maksimal yang diakhiri dengan syukuruntuk mencapai keberkahan, share to succses.

4. Salah satu kunci lapangnya hati adalah melupakan semua kebaikan yang kita berikan, jangan di ingat-ingat apalagi disebut-sebut agar orang lain tau dan balas budi.

5. Proses menuju kesuksesan memang kadang menyakitkan, tapi percayalah akan jauh lebih menyakitkan lagi jikalau kita gagal dalam kehidupan. Jalani proses dan jangan pernah menyerah tuk mendapatkan apa yang kita tuju lalu lihat apa yang akan terjadi. Akan ada suatu sosok yang berdiri tegak di puncak tertinggi.

6. Di pagi ini ku tertegun sejenak teringat sosok seorang guru yang selalu bilang “yang tidak kalah penting adalah proses” karena disana banyak hikmah yang dapat kita ambil yang sebenarnya akan membawa keberkahan. Ternyata setelah memulai usaha, bnayak berdoa dan bersyukur, betapa indahnya dapat merasakan kekuatan kata tersebut.

7. Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu (QS : At-Taubah ayat 105). Begitu banyak hal yang harus kita lakukan dalam ayat ini.

8. Tentang pola pikir. Berpikirlah apa yang bisa berikan, jangan berpikir apa yang dapat mereka berikan. Jika kita bisa mengkaji lebih dalam, Insya Allah etos kerja kita akan jauh lebih baik.

9. Mayoritas orang besar berasal dari orang kecil, berjiwa besar yang membuatnya demikian. Setiap orang pasti pernah berbuat salah, tetapi tidak semuanya berjiwa besar untuk mengakuinya.

Hexa Motivation

Page 9: Mutiara hexa 2010

10. Tidak mudah mencari yang hilang, tidak mudah mengejar impian dan yang jauh lebih susah adalah mempertahankan apa yang ada, karena yang tergenggam bisa terlepas dan yang terikat justru bisa membelenggu.

11. Apa kabar hati dan pikiranmu saat ini? Kita awali pagi ini dengan hujan yang penuh berkah. Hari ini saya menamakan hal ini dengan do’a yang tertunda. Beberapa hari ini saya merasakan hal-hal yang sebenarnya diharapkan waktu-waktu lalu, tau kenapa perasaannya lebih seneng bisa terwujud sekarang. Mungkin inilah yang terbaik menurut Allah.

12. Tubuh ini lelah bagaikan mesin yang terus dipacu sehingga terasa sakit. Tapi hati tak pernah merasa lelah asalkan kita berjiwa besar.

13. Ketika kita ingin dimengerti, hati ini lelah. Namun, ketika kita mencoba tuk mengerti, kemudahan datang begitu saja.

Hari Jum’atOleh : Aline

1. Hari ini aku mau mengukur tinggi jagung, bertafakur betapa Maha Cerdas Allah yang telah menciptakan makhluk (tumbuhan) yang bekerja double action (menyerap CO2 dan menghasilkan O2). Belajar darinya bahwa ketika pun ia gagal berbuah, namun pada hakikatnya ia telah berhasil menyuplai gas untuk kita bernafas, sementra hijau daunnya meciptakan nuansa keindahan. So....saudara Hexa, tak usah menunggu berhasil untuk kita mau berbagi, pun saat kita tak mampu memberi manfaat, minimal kita tak memberi mudharat

2. Hidup bersosialisasi tidak berarti kita harus membahagiakan semua orang, karena semua itu yang mustahil, bahkan bagi Rosul sekalipun. Kita tidak diciptakan untuk menyenangkan manusia, kita hanya diminta untuk memahami dan menerima mereka apa adanya.

3. Bismillah....Hari penuh berkah ini lakukan apa yang tidak orang lain lakukan untuk mendapat apa yang tidak orang lain dapat. Hari ini tutup lembar jawaban UTS dengan senyum tersungging, bukan kening berkerut.Karena keberhasilan amat dipengaruhi harapan untuk berhasil, sedangkan kegagalan amat dipengaruhi oleh kekhawatiran untuk gagal.

4. Allah mengajarkan makna kesungguhan dengan begitu dalam dan menghujam. Betapa tidak, terkadang usaha yang kita kira telah

Hexa Motivation

Page 10: Mutiara hexa 2010

maksimal, namun di mata Allah ternyata belum cukup untuk menembus tingkat kesuksesan. Menguji kesungguhan kita berjuang, tuk mengetahui sejauh mana kesanggupan kita bertahan dalam perjuangan. Robbana....teguhkan langkahkku di jalan-Mu.

5. “Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS : Hud : 115)

6. Manusia tempat lupa dan salah. Tetapi sebanyak apapun dosa, mustahil melebihi banyaknya rahmat dan ampunan Allah. You just have to believe!

7. Masing-masing orang menginfaqkan masing-masing yang dimilikinya, baik ataupun buruk :- Orang bijak menginfaqkan butir nasihat- Orang fasik menginfaqkan kata keji- Orang dermawan menginfaqkan harta- Orang kikir manginfaqkan dusta diri tak mempunyai apa-apaApa yang akan kau infaqkan hari ini saudaraku??

8. Setiap perkara telah ada ketetapannya. Jangan memupuk apa yang seharusnya tidak tumbuh, begitu pula jangan memangkas apa yang semestinya bersemi dan mari menjadi hamba yang hanif (lembut tapi keras. Hatinya selalu mudah menerima kebaikan atau aturan dari Allah, sekaligus gundah tatkala merasa telah melanggar aturan-Nya, terhadap kejahatan ia menolaknnya).

9. Hidup manusia itu seperti sebuah buku. Sampul depan adalah tanggal lahir dan sampul belakang adalah tanggal berpulang. Tiap lembarannya adalah hari-hari dalam hidup, ada yang tebal dan ada yang tipis. Hebatnya , seburuk apapun halaman sebelumnya, selalu tersedia halaman selanjutnya yang bersih, baru dan tiada cacat. Sama dengan hidup kita. Seburuk apapun kemarin, Allah selalu menyediakan hari yang baru untuk kita. Kesempatan yang baru untuk bisa melakukan sesuatu yang benar setiap hari, memperbaiki kesalahan dan melanjutkan alur cerita yang sudah ditetapkan-Nya.

10. Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah bersabda “sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya dan shalat shubuh” (HR. Bukhari).

Hari SabtuOleh : Dany

1. Jiwa dan raga adalah salah satu titipan-Nya. Terkadang kita lupa bahwa semuanya adalah kepunyaan-Nya. Malam dijadikan siang...ketika itu ku mulai sadar bahwa ku telah merusak titipan-Nya itu.

Hexa Motivation

Page 11: Mutiara hexa 2010

Pagi ini...ku meminta kekuatannya kembali, untuk jiwa dan raga, agar senantiasa beribadah, belajar, bekerja, bermain dan lain-lain. Thanx God

2. Lagi-lagi seperti ini, sampai kapan rasa penyesalan ini akan berakhir?? Akankah bisa satu hari saja ku tak melakukan maksiat atau dosa? Setiap hari, bagiku selalu lebih buruk dari hari kemarin. Sungguh aku ini termasuk orang yang merugi. Apa Cuma perasaanku saja? Ya Allah...dari lubuk hati yang terdalam, ampunilah semua dosa-dosaku.Answer :a. Khilaf adalah bagian dari manusia yang sulit dipisahkan. Tapi Allah

maha Rahman. Allah ciptakan shalat untuk membersihkan dosa kita.b. Tidak ada manusia yang sempurna. Yakinlah bahwa kita masih bisa

melakukan hal yang baik walau itu seujung kuku dan tidak selamanya hitam itu buruk, justru putihlah yang mudah ternoda dengan hitam. Justru orang yang jalan hidupnya pernah terjal daan curam, maka ia akan belajar untuk lebih kuat dari sebelumnya. Lain hal dengan orang yang lurus-lurus saja, mungkin ia belum siap untuk menghadapi masalah. Percayalah temanku, bahwa dosa itu bisa dijadikan pelajaran ke depan dan bukan sebuah penyesalan.

3. Ini mengenai nilai kasih IbuSeorang anak yang mendapati ibunya sedang sibuk di dapur kemudian menuliskan sesuatu di selembar kertas . Ibu menerima kertas tersebut dan membacanya.Ongkos upah membantu ibu :- Pergi ke warung = Rp. 20.000- Menjaga adik = Rp. 20.000- Membuang sampah = Rp. 5.000- Membersihkan tempat tidur = Rp. 10.000- Menyiram bunga = Rp. 15.000- Menyapu = Rp. 15.000Jumlah = Rp. 85.000

Selesai membaca ibu tersenyum, mengambil pena dan menulis di belakang kertas yang sama :- Mengandung selama 9 bulan = Gratis- Jaga malam untuk menjagamu = Gratis- Air mata yang menetes karnamu = Gratis- Khawatir memikirkan keadaanmu = Gratis- Menyediakan makan, minum dsb = GratisJumlah = Gratis

Air mata anak berlinang membacanya, lalu memeluk ibunya dan berkata “Aku sayang Ibu”.Mother is the super hero in yhe world

Hexa Motivation

Page 12: Mutiara hexa 2010

4. Janganlah memperdebatkan apa yang sudah diperdebatkan, berdirilah di ujung dan lihatlah ke sekeliling, betapa banyak yang harus kita lakukan.

5. Kupu-kupu tidak tau warna sayap mereka, tapi orang-orang tau betapa indahnya sayap mereka. Seperti juga dirimu, tidak tau betapa indahnya dirimu, tetapi Allah tau betapa istimewanya dirimu di mata-Nya. Ketika engkau tunduk didalam syariat-Nya, ridha atas takdir-Nya, tersenyum dalam musibah, tegar dalam ujian, taguh dalam pendirian. Semoga engkau termasuk ke dalam orang-orang yang terpilih menjadi hamba-hamba terindah dalam lindungan-Nya, amin....

6. Ketika wajah penat memikirkan dunia, maka berwudulah. Ketika tangan letih menggapai cita-cita, maka bertakbirlah. Ketika pundak tak kuasa memikul amanah, maka bersujudlah. Ikhlaskan semua dan mendekatlah pada-Nya, agar tunduk disaat yang lain angkuh. Agar teduh disaat yang lain runtuh, agar sabar disaat yang lain terlempar.

7. Perubahan berawal dari sebuah keterpaksaan, kemudian menjadi pembiasaan dan akhirnya menjadi irama hidup. Paksakan dari kita untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik.

8. Selemah-lemah manusia adalah orang yang tidak bisa mencari sahabat. Dan orang yang lebih lemah daripada itu ialah orang yang menyia-nyiakan sahabat yang telah dicari dan berburuk sangka pula kepadanya (Ali Bin Abi Thalib)

9. Malam itu panjang, maka jangan kau singkat dengan tidurmu (lakukan shalat malam). Siang itu terang, maka jangan kau gelapkan dengan dosa-dosamu.

10. Terkadang akal bisa setipis rambut, maka tebalkanlah ia dengan ilmuTerkadang hati bisa serapuh kaca, maka kuatkanlah ia dengan imanTerkadang perasaan bisa selembut sutera, maka hiaslah ia dengan akhlak mulia

11. Teruslah bergerak hingga kelelahan itu lelah mengikutimuTeruslah berlari hingga kebosanan itu bosan mengejarmuTeruslah berjalan hingga keletihan itu letih bersamamuTetaplah berjaga hingga kelesuan itu lesu menemanimu

12. Ketika kerjamu tak dihargai, maka saat itu aku sedang belajar tentang ketulusanKetika usahamu dinilai tak penting, maka saat itu kau sedang belajar tentang keikhlasanKetika hatimu terluka dalam, maka saat iru kau sedang belajar tentang kesabaran

Hexa Motivation

Page 13: Mutiara hexa 2010

Ketika kau merasa lelah dan kecewa, maka saat itu kau sedang belajar tentang kesungguhan

13. Tiap pagi adalah kesempata baru dari Allah. Sadar bahwa kita meminjam 1 kali lagi hidup dari-Nya. Jadi jangan sia-siakan pagi, ucaplah syukur pada-Nya, kejar tiap harapan dan kesempatan.

14. Siapa diantara kalian yang 1/3 malam ini sanggup menjauhkan punggung kalian dari tempat tidur untuk segera bertahajud, niscaya Allah menjauhkan kalian dari segala kesusahan, ini janji Allah.

15. Cinta kadang tidak adil, kenapa cinta pada pasangan lebih besar dari cinta kepada Allah? - Jika pacar marah kita mati-matian minta maaf, tapi gimana jika

Allah yang marah? Apa kita berdo’a seharian agar Allah memaafkan kita?

- Jika pacar menyuruh kita kerumah kita pasti langsung datang dengan senang hati, tapi bagaimana jika Allah suruh kita datang kerumah-Nya dengan seruan adzan? Kita malah seolah-olah tidak mendengar.

Sadarlah kawan, bahwa cinta kepada Allah itu lebih penting dari apapun.

16. Peluklah seseorang yang kamu sayangi waktu dia masih ada dihatimu! Jaga dan cintailah dia waktu dia takut! Hapus air matanya waktu dia menangis! Buatlah dia tertawa disaat dia bersedih! Rasakan kesedihannya pada saat nanti kamu akan sadar betapa pentingnya dia, saat dia tak berada disampingmu tuk pergi selama-lamanya.

17. “Rabb...jadikanlah cintaku padaMu berhenti di titik ketaatan. Meloncati rasa suka dan tidak suka karena ku tau, mencintaiMu dalam hal yang tak ku sukai adalah perjuangan dan gemilang pahala. Karena seringkali ketidaksukaanku hanyalah bagian dari ketidaktahuanku”.

18. Allah tak pernah janjikan langit selalu biruJalan hidup tanpa batu Matahari tanpa hujan Kebahagiaan tanpa kesedihanSukses tanpa perjuangan.Tapi Allah....jadikan kekuatan dari kelemahanDia berikan cahaya untuk terangi kegelapan Dia berikan rahmat dari segala ujianDia berikan pertolongan untuk segala kesusahan

Subhanallah....Kami tau hakikat hidup ini adalah perjuangan, asa dan harap selalu mengiringiKami tau kebahagiaan itu adalah kebersamaan

Hexa Motivation

Page 14: Mutiara hexa 2010

Ya Rabb...ajarilah kami hakikat perjuangan. Perjuangan di jalanMu dan kebersamaan di jalanMu, amin.

19. Hidup adalah proses pendewasaan. Tak selamanya yang diinginkan bisa didapatkan. Hidup adalah perjuangan dan pengorbanan. Terkadang hal yang menyakitkan kita, beri yang lain kebahagiaan. Keikhlasan mengubah semua menjadi lebih baik. Sesuai dengan ridho-Nya. Akhir indah menanti disaat yang tidak terduga.

20. Setiap kesuksesan bermula dari usahaSetiap usaha bermula dari cita-citaSetiap cita-cita bermula dari mimpiSetiap mimpi bermula dari tidurTidur dulu ah, biar sukses!

21. Saat anda membawa al-Qur’an, setan biasa-biasa saja. Saat anda membukanya, setan mulai curigaSaat anda membacanya, ia gelisahSaat anda memahaminya, ia kejang-kejangSaat anda mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, ia stroke.

Terus baca dan amalkan agar setan stroke total, jantungan bahkan mati.

22. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan perlindungan-Nya kepada kita.

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda “tellah ditulis atas anak Adam bagiannya dari zina. Ia pasti mendapatkannya, tidaak mungkin lolos. Zina kedua mata adalah memandang, zinanya lisan adalah berbicara, zinanya tangan adalah ayunannya dan zinanya kaki adalah melangkah, sedangkan hati menginginkan dan mengharapkannya, dan kemaluan membenarkan hal tersebut atau mendustakannya” (HR. Bukhari & Muslim).

23. Bismillah...Andai perjuangan ini mudah, pasti banyak yang menyertainyaAndai perjuangan ini singkat, pasti banyak yang istiqomahAndai perjuangan ini menjanjikan kesenangan dunia, pasti banyak yang mengikutinyaTapi....hakikat perjuangan bukan begitu. Naik turunnya, sakit perihnya bagi kemanisan yang tidak terhingga. Andai jatuh, bangkitlah! Mengapa perjuangan itu pahit? Karena syurga itu manis. Selamat berjuang menegakkan agama yang suci ini.

24. Syair “ahsin ila annaasi tasta’bid quluubahum fathoolama ista’badal insaana ihsaanu”, berbuat baiklah kepada orang-oran niscaya kau akan dapat menguasai hati mereka, begitu sering perbuatan baik sanggup menguasai hati orang.

Hexa Motivation

Page 15: Mutiara hexa 2010

25. 5 hal melalui 5 jalan :- Berkah rezeki akan diperoleh dari solat dhuha- Cahaya dalam kubur melalui solat tahajud- Kemudahan dalam menjawab pertanyaan Munkar & Nakir melalui

mebaca Al-Qur’an- Kemudahan melintasi jembatan siratul mustaqim melaui puasa dan

sedekah- Mendapat perlindungan arasy Illahi pada hari hisab melalui zikrullah

(dzikir).

26. Setiap-setiap sunah pasti ada manfaatnya. Nabi melarang minum sambil berdiri, ternyata didalam tubuh kita ada penyaring yang bernama sfringer, saringan ini terbuka ketika duduk dan tertutup jika berdiri. Air yang diminum belum 100% steril. Jika diminum sambil berdiri, maka air tidak tersaring sfringer dan jika air yang tidak tersaring itu masuk ke tubuh, maka memperberat kerja ginjal dan bisa mempercepat terkena penyakit ginjal. Subhanallah...

27. Sesungguhnya hidup dan mati kita ada diantara salah satu hembusan nafas. Nafas yang kita hirup dan nafas yang kita keluarkan. Sedangkan kita tidak akan pernah tahu, melalui nafas yang mana ruh itu akan dikeluarkan. Ya Allah, tetaplah kami dalam keselamatan hingga hari pertemuan dengan-Mu, jadikanlah amal ibadah kami ini sebagai bekal untuk menghadapi-Mu.

28. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (Ar-Rad : 11) Man jadda wajada “siapa bersungguh-sungguh akan berhasil”.

29. Teu dianggap beunghar jelema nu boga harta, tapi jelema nu beunghar teh jalma nu beunghar hate.

30. Kita sekarang adalah hasil dari masa lalu dan kita dimasa depan adalah hasil dari kita yang sekarang.

31. Gagal itu pedih. Tapi lebih pedih melihat diri sendiri tak dapat belajar dari kegagalan. Sehingga kegagalan selalu menyertai langkah kaki ini. Oleh karena itu, maknai kegagalan sebagai guru seummur hidup. Sehingga di lain waktu tidak tersandung dengan kegagalan-kegagalan yang sama.

32. Seorang sahabat bertanya pada Rasulullah SAW, “siapakah sahabat yang paling baik bagi kami?” jawab Rasulullah “seseorang yang bila kamu memandangnya akan teringat pada Allah, bila kamu mendengar ucapannya pengetahuanmu bertambah dan bila kamu melihat kelakuannya, kamu teringat pada hari akhirat” (At-Taghrib).

Hexa Motivation

Page 16: Mutiara hexa 2010

33. 7 sunah Rosul setiap hari :- Sholat tahajud- Tadabbur Al-Qur’an- Sholat dhuha - Sedekah- Istigfar- Menjaga wudhu

34. Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan dan ketenangan. Mereka dibentuk dari kesukaran, rintangan dan air mata. Ketika kamu mengalami seesuatu yang sangat berat dan merasa ditinggalkan sendiri dalam hidup ini. Angkatlah tangan dan kepalamu ke atas. Tataplah masa depanmu dan ketahuilah Allah sedang mempersiapkanmu jadi orang yang luar biasa.

35. Hidup layaknya sederetan kata yang hanya menyisakan beberapa spasi. Terkadang kita butuh koma untuk mengistirahatkan perjalanan kita. Seringkali muncul tanda tanya disaat kita kehilangan arah. Sesekali kita juga menghadirkan tanda seru ketika kenyataan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Sadarlah bahwa perjalanan ini kadang butuh peta dan catatan yang senantiasa memberi petunjuk sebagai evaluasi jalan kita. Yakinlah bahwa titik bukan akhir dari segalanya, karena masih banyak yang haaus kita untai menjadi sebuah lembar kehidupan yang indah.

36. Tidak ada keberanian yang sempurna tanpa kesabaran. Sebab kesabaran adalah nafas yang menentukan lama tidaknya sebuah keberanian bertahan dalam diri seeorang pahlawan. Maka ulama kita dahulu mengatakan “keberanian itu sesungguhnya hanyalah kesabaran yang sesaat” (M. Anis Matta). Allah SWT berfirman “jika ada diantara kamu dua puluh orang yang penyabar, niscaya mereka akan mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada diantara kamu seratus (orang penyabar), niscaya mereka akan mengalahkan seribu orang kafir” (Al-Anfal : 65).

37. Rasulullah bersabda “barang siapa yang bangun tidur di pagi hari dan hanya dunia yang di pikirkannya, sehingga seolah-olah ia tidak melihat hak Allah dalam dirinya, maka Allah akan menanamkan 4 penyakit :- Kebingungan dan kesedihan yang tiada putus-putusnya- Kesibukan yang tidak pernah ada habisnya- Kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi- Khayalan dan cita-cita yang tidak pernah sampai

Hexa Motivation

Page 17: Mutiara hexa 2010

(HR : Imam Thabrana).

38. Hati mempunyai sifat cinta kepada orang yang berbuat baik kepadanya, dan benci kepada orang yang mendzaliminya. Hati senang kepada orang yang tersenyum, yang menyapa, yang memberi dan yang menjawab. Oleh karena itu bahagiakanlah hati, jangan buat ia sedih, jangan buat ia menangis dan jangan buat ia kecewa. Yaa muqalibal qulluub tsabbit quluubana ‘alaa diinik, tsabbi quluubana ‘ala mahabbatik.

Hari MingguOleh : Roisyatin

1. Tak ada istirahat bagi seorang Muslim kecualil di syurga. Hidup adalah bergerak, diam berarti mati. Meski hari libur, tapi tak pernah menganggur.

2. 7 karakter orang sukses :- Love (cinta)- Share (berbagi)- Patient (Sabar)- Ikhlas- Syukur- Optimis dan- ProaktifDengan cinta kita mampu berbagi terhadap sesama dengan ikhlas sebagai bukti syukur kita pada Allah. Yakin dan optimislah bahwa usaha yang kita kerjakan dengan proaktif dan do’a yang kita panjatkan dengan sabar akan dijawab oleh-Nya dengan kesuksesan sebagai imbalan atas perjuangan dan harapan kita pada rahmat-Nya.So...bersiaplah untuk menjadi sukses sekarang juga!! Tunggu apa lagi??!

Oleh : Fakhri1. Mintalah nasihat sesuatu kepada hatimu. Karena kebaikan dan

kebenaran ada pada hati yang tentram, bukan pada hati yang resah dan ragu-ragu. Walaupun orang-orang membenarkan hal tersebut. Jadi, percayalah pada hatimu sendiri.

2. Setiap masalah yang kita hadapi dan rasa takut yang kita pikirkan. “ketahuilah sahabat, kenyataan tidak seburuk apa yang kita pikirkan” maka hadapilah dengan berpikir positif dan semangat. Jadikan tiap masalah sebagai anak tangga menuju impianmu.

Hexa Motivation

Page 18: Mutiara hexa 2010

3. Dengan masalah kita jadi lemah, awalnya kita kuat. Dengan masalah kita jadi kasar, awalnya lemah lambut. AtauDengan masalah kita jadi lebih harum, awalnya kita biasa saja.So....jadikan masalah sebagai kunci kebaikan, jangan sebagai kesusahan yang menjadikan kita lemah dan kasar.

Hexa Motivation