menangani permasalahan dalam sistem besar organisasi, komunitas, dan masalah sosial

Download Menangani Permasalahan Dalam Sistem Besar Organisasi, Komunitas, Dan Masalah Sosial

Post on 17-Jul-2015

112 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Bekerja dengan Sistem yang Lebih Besar Organisasi, Komunitas, dan Masalah Sosial

Menangani Masalah Dalam Sistem BesarOrganisasi, Komunitas, dan Masalah Sosial

Organisasi adalah sebuah struktur sosial atau institusi dengan tujuan yang berkelanjutan, seperti bisnis atau agensi umum.Organisasi adalah perkumpulan orang-orang, tapi ia mempunyai status dan kelanjutan dibanding individu yang lain.Organisasi ?Organisasi yang efektif dan bisa diakui jika memiliki Kriteria Area, Kriteria nilai individu yang kreatif , tanggung jawab kepemimpinan untuk memelihara karyawan , dan persyaratan yang jelas bahwa upaya dan inovatif semua orang harus benar-benar selaras dengan tujuan organisasi . Elemen kunci lainnya adalah bahwa organisasi harus mengenali dan mendokumentasikan perbaikan terus-menerus. Efektif dan bisa diakuiPsikolog dalam Kepemimpinan Manajerial

Psikolog membawa keterampilan tertentu yang berharga dan pengetahuan untuk manajemen pelayanan manusia.

Perawatan klien secara langsung di lembaga publik dan praktek swasta akan diberikan kepada para profesional lebih murah dan nonprofesional , dan psikolog klinis akan pindah ke pekerjaan pengawasan , konsultasi , dan manajemen.Pemahaman Mendasar manajerialManajer berdiri sebagai jembatan antara orang-orang di dalam organisasi dan orang-orang di luar organisasi. Tanggung jawab mereka termasuk hubungan dengan sistem yang lebih besar, tetapi pada saat yang sama mereka harus peka terhadap masalah intern struktural dan personilKegiatan manajerial klasik adalah merencakan, mengorganisasi, mengarahkan, meninjau kembali, dan mempelopori. Perlu penambahan yang lebih kontemporer seperti mengklarifikasi nilai-nilai, tujuan, dan tujuan; memberdayakan dan memotivasi staf dan memastikan bahwa usaha mereka selaras dengan tujuan keseluruhan organisasi; dan mengidentifikasi, menjalankan, dan melakukan perbaikan prosesSebagai sistem hidup, organisasi selalu berubah. Manajer atau pemimpin adalah tokoh kunci dalam proses perubahan.

Organisasi Kesehatan MentalAbad ke-20 di Amerika, beberapa rumah sakit jiwa negara bagian, yang mereka sebut lebih awal, mejadi sangat besar hingga populasi meningkat. Dan kemudian diawal tahun 1960an, setelah masalah mengkaji nasional, pemimpin kesehatan mental dan para legislator melihat kepentingan pusat komunitas kesehatan mental. Mekanisme kasus manajemen atau kasus koordinasi harus memastikan bahwa pasien mempunyai masa perubahan yang lembut antara pelayanan, yang mana mereka tidak pernah hilang dari sistem, dan mereka telah mendukung untuk otonomi maksimum.Advokasi Profesional dan Organisasi AkreditasiPsikolog kadang-kadang terlibat dengan organisasi advokasi. Ide-ide tentang organisasi advokasi berkembang dan membedakan di bagian terakhir abad ke-20 Psikolog cenderung berurusan dengan organisasi akreditasi , paling sering dalam mempersiapkan diri untuk bertemu dan memelihara standar profesional , tetapi juga sebagai pemeriksa terlatih.KONSULTASI ORGANISASIPsikolog klinis bekerja hampir sebagian didalam organisasi; industri organisasi (I-O) psikolog fokus bekerja pada organisasi, berupaya untuk perbaikan gaya pengelolaan, semangat kerja, produktifitas, penyimpanan, dan performa.Fokus pada karakteristik organisasi daripada individu, konsultasi psikolog I-o merespon untuk pelibatan bisnis dan industri dengan mengaplikasikan penemuan dari sistem penelitian, pemilihan karyawan, motivasi, dinamis grup, dan daerah lainnya dari pengetahuan psikolog.Apakah yang dilakukan psikolog I-O?Pekerjaan I-O mencakup analisis pekerjaan, klassifikasi pekerjaan, dan pemilihan karyawan.

Adanya jembatan antara psikologi I-O dengan pekerjaan pelayanan manusia dinilai penting, karena kontribusinya baik dalam penempatan kerja dan status keamanan dalam sektor industri pribadi.KomunitasKonsepsi Komunitas

Menekankan kepentingan umum dan berusaha dan kemanan dan mendukung anggota menyediakan untuk orang yang lainMenekankan kepentingan umum dan berusaha dan kemanan dan mendukung anggota menyediakan untuk orang yang lainPengkonsepsian komunitas adalah kunci dari jaringan komunikasi orang-orang, dimanapun mereka tinggalPengkonsepsian menekankan pada struktur organisasi dan interaksi.Bagaimanakah seorang psikolog mengetahui komunitas?Psikolog bisa mengemukakan cara mengobservasi, menilai, dan mengevaluasi kebutuhan manusia dan masalah di dalam area yang dibatasi.

Melalui sudut pandang yang bagus dari komunitas, psikolog bisa menaruh kemudian bekerja bersama agensi dan program dalam perspektifSubsistem KomunitasSelama orang-orang mengikuti perkembangan periode yang bisa diprediksi dan krisis kehidupan, hubungan baru komponen komunitas akan dibuat dan yang tua diberhentikan. Psikolog yang bekerja bersama sistem komunitas, khususnya perusahaan resmi, membagi masalah tersebut bersama subsistem komunitas.Kebutuhan Kohesi antara SubsistemKomunitas membantu subsistem mencoba untuk memaksimalkan dana dan staf daya dan meminimalkan kemungkinan tuntutan hukum dan konsekuensi negatif lainnya.

Mengelola pelayanan melibatkan penempatan wakil dari perusahaan membayar, manajer perawatan, antara dokter (atau psikolog) dan pasien. Banyak perusahaan mngubah diri menjadi organisasi pemeliharaan kesehatan.Kompetensi BudayaHampir semua layanan bantuan dan kantor beberapa psikolog swasta diberikan sesekali. Karena perbedaan-perbedaan budaya yang ada dalam pemahaman dan komunikasi. Seperti sekelompok pekerja klinik berbagi banyak kesamaan dengan semua klien, tetapi mereka harus peka terhadap masalah yang mungkin dan mengembangkan kompetensi lintas budaya mereka.Menghormati keunikan dan kebutuhan budaya sebagai mekanisme utama untuk mendukung populasi minoritas, dan pemahaman bahwa ada perbedaan besar dalam budaya serta keragaman antar budaya.Pekerjaan Komunitas PsikologZax dan Specter ( 1974) Psikologi Komunitas adalah pendekatan untuk masalah perilaku manusia yang menekankan kontribusi yang diberikan terhadap perkembangan masalah dengan kekuatan lingkungan serta potensi kontribusi yang akan dibuat ke depan.Pendekatan ini memerlukan visi yang luas. Orang-orang bekerja pada promosi kesehatan mental dan pencegahan psikopatologi dalam komunitas harus tertarik dalam perkembangan masa depan.

Konsultasi dan pencegahan.Konsultasi dan pencegahan adalah aktifitas utama dari psikolog masyarakat. Konsultasi sering melibatkan pengorganisasian dan menawarkan pelatihan lokakarya untuk kelompok masyarakat.Pencegahan masalah kesehatan dan kesehatan mental memerlukan pendekatan multidisiplin mempelajari populasi risiko dan ketahanan.MASALAH PATOLOGIMasalah psikologis tampaknya lebih berhubungan dengan jumlah, tingkat keparahan, dan mengurutkan faktor predisposisi dan stressor daripada trauma tunggal tertentu. George Albee (Albee & Joffe, 1977) telah memiliki cara terbaik untuk meringkas faktor-faktor yang penting dalam pencegahan psikopatologi.Pencegahan patologi,melalui rumus:

Faktor organik + stres + ketidakberdayaan sosial (dan eksploitasi) Kompetensi (mengatasi keterampilan) + harga diri + dukungan sosial

Bencana di masyarakatPsikolog masyarakat telah memulai penelitian bagaimana menolong masyarakat yang menderita bencana dalam skala yang besar.fase heroik. mereka melibatkan dalam aksi yang mengesankan untuk meyelamatkan hidup dan meminimalisasi kehilangan,pada minggu pertama.fase berbulan madu melibatkan perhatian dari media, kunjungan dari politikus, dan kuatnya rasa membagi pengalaman diantara para korban, khususnya dalam rekonstruksi kerja seperti membersihkan puing-puing atau membangun rumah kembali,3-6 bulan berikutnya.Selanjutnya fase kekecewaan, dari kemungkinan beberapa bulan dalam setahun. Penundaan, kegagalan, kekecewaan terhadap bantuan resmi menjadi fokus dalam kemarahan, kedongkolan, dan kegetiranFase terakhir, membangun kembali, terlihat akhir dari pencarian kembali dan kesukarelaan individu sekali lagi untuk mengajak kehidupan mereka dengan kemandirian dan individualis. Meningkatkan Sistem Sosial Dukungan, fungsi yang sangat penting dari jaringan, termasuk umpan balik tentang bagaimana seseorang melakukan serta dorongan emosional dan bantuan dengan tugas. Jenis lain dari dukungan, menawarkan individu dengan penyakit mental yang berat dan persisten berhubungan jangka panjang dengan seorang individu yang menggabungkan fungsi terapis dan dukungan jaringan fasilitator keluar di masyarakat.Membangun kompetensi dan PemberdayaanMembangun kompetensi dan rasa keberhasilan dapat memerangi demoralisasi. Terkait dengan pendekatan ini , hipotesis dasar untuk advokasi pemberdayaan bagi kaum tertindas dan miskin yaitu, bahwa kurangya pengendalian tujuan seseorang dan rasa yang menyertai keterasingan atau marah tentang peran di masyarakat dapat merusak kesehatan mental.Skala luas progam pemulaian lebih awal untuk anak- anak prasekolah yang kurang mampu tidak hanya mencakup pembangunan kompetensi kognitif tetapi juga sosial dan dukungan emosional.Salah satu cara penting untuk memberdayakan orang lain adalah member mereka penghormatan dan pekerjaan yang menarikIsu dan Kebijakan SosialDi tahun 1989 delapan psikolog terpilih untuk legislatif negara Amerika, dan beberapa telah melayani dengan Kongres AS (Sullivan, 1999). Ada banyak isu psikolog menemukan bahwa mereka berada di sisi yang sama dengan psikiater, pekerja sosial, dan lain-lain dan berkolaborasi untuk saling menguntungkan. Pada isu-isu lain ada ketidaksepakatan. Umumnya dibutuhkan organisasi profesional yang bekerja selama periode waktu yang lama untuk membuat tanda pada negara atau bangsa. Seperti yang telah kita sebutkan, medicaid dan penggantian asuransi memiliki aturan hukum dan administrasi yang mempengaruhi psikologBelajar Dari Negara Lainnya dan banyak negaraNegara dan tempat-tempat sendiri suatu negara telah menghadapi masalah yang sama. Meskipun masing-masing negara dan budaya memiliki sejarahnya sendiri, nilai-nilai, dan hukum, ada model potensial

Recommended

View more >