makalah akuatik fix

Download Makalah Akuatik Fix

Post on 05-Oct-2015

61 views

Category:

Documents

10 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

MAKALAH AQUATIK

TRANSCRIPT

MAKALAH PENGETAHUAN LINGKUNGANEKOSISTEM AKUATIKUntuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengetahuan LingkunganDosen Pengampu: Dr. Lud Waluyo, Drs., M.Kes.

Disusun oleh:

1. Henik Kurniawati2012100703111412. Rizka Mahargian2012100703111513. Nuriza Rozaq Marufah 2012100703111524. Fenalia Putri S 201210070311172

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGIFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANGOktober 2014KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Ekosistem Akuatik ini tepat pada waktunya. Selain itu juga kami ucapkan terima kasih kepada:1. Yang terhormat BapakDr. Lud Waluyo, Drs., M.Kes. selaku Dosen Pembimbing mata kuliah Pengetahuan Lingkungan.2. Teman-teman seperjuangan khususnya Biologi kelas 5 D yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang telah memberikan saran dan masukan untuk kesempurnaan makalah ini.

Kami menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan yang terdapat pada makalah ini sebagai akibat dari keterbatasan dari pengetahuan kami. Sehubungan dengan hal tersebut,kami akan selalu membuka diri untuk menerima segala kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

Malang, 14 Oktober 2014

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................. iDAFTAR ISI................................................................................................. iiBAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang......................................................................................4B. Rumusan Masalah................................................................................. 6C. Tujuan.................................................................................................... 6BAB II PEMBAHASANA. Pengertian Ekosistem .7B. Komponen Ekosistem .7C. Pengertian Ekosistem Akuatik 9D. Macam-Macam Ekosistem Akuatik 10E. Dampak Eksploitasi Pada Ekosistem Darat dan Akuatik. 21BAB III PENUTUPKesimpulan....................................................................................................23DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................24

BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang Sejak awal mempelajarai biologi pasti kita diperkenalkan dengan hierarki kehidupan, yang diawali dengan individu, jaringan, organ, system organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.Dan pelajaran tentang ekosistem telah kita dapatkan sejak duduk di bangku sekolah dasar.Hal tersebut menjelaskan secara eksplisit betapa penting materi tentang ekosistem ini.Karena kita sebagai manusia harus mempelajari secra langsung tentang alam sekitar kita, agar kita dapat menjaga, mengolah, maupun melestarikannya.Pendidikan di Indonesia mengajarkan tentang lingkungan sedari dini agar perusakan lingkungan, eksploitasi, maupun perusakan lingkungan dapat dihentikan.Dan juga agar mereka peduli terhadap lingkungan tempat mereka tinggal.Namun yang diharapkan oleh pemerintahan tidak sejalan denganrealita yang ada, perusakan dan eksploitasi lingkungan masih terjadi dimana-mana.Pelestarian lingkunganpun hanya berlangsung beberapa tahun, bulan, bahkan hari.Pemanfaatan sumber daya alam berupa hewan dan tumbuhanpun tidak berjalan sebagaimana semestinya.Masyarakat kelimpungan, terseok-seok dalam mengelola lingkungan.Kurangnya pemahaman dan aplikasi ilmu lah yang menjadikan semua hal ini. Namun berbagai pihak yang peduli akan arti penting lingkungan tetap berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan bumi ini agar menjadi hijau kembali. Banyak hal yang mereka lakukan, dimulai dari konservasi, penghijauan, persuasi dan mengingatkan kepada khalayak tentang arti penting lingkungan. Oleh karena itu kami sebagai mahasiswa biologi yang juga mencintai lingkungan berusaha berkontribusi dalam menjaga lingkungan ini, sedikitnya dari makalah sederhana ini kami berharap akan timbul orang-orang yang paham akan lingkungan dan mengaplikasikan ilmunya. Pada materi ini kami berusaha untuk menjelaskan tentang ekosistem akuatik atau biasa disebut dengan ekosistem perairan.Pemisahan pembahasan ekosistem perairan dengan ekosistem daratan karena pengelompokan besar wilayah bumi ini terbagi menjadi wilayah daratan dan wilayah perairan. Seperti yang kita tahu wilayah perairan lebih luas daripada wilayah daratannya.Berdasarkan UNCLOS 1982, total luas wilayah laut Indonesia seluas 5,9 juta km2, terdiri atas 3,2 juta km2 perairan teritorial dan 2,7 km2 perairan Zona Ekonomi Eksklusif, luas tersebut belum termasuk landas kontinen (Lasabuda, 2013).Dari luasnya wilayah perairan tidak menjadikan warga Negara Indonesia makmur dari segi perairan/kelautannya, yang terjadi adalah sebaliknya, pemanfaatan wilayah perairan sangat minim karena alat, kepiawaian, maupun pengetahuan yang dimiliki sangatlah minim. Perairan yang ada di benak kita selalu berkutat pada kelautan saja, padahal perairan di Indonesia sangat bermacam-macam, diantaranya sungai, dimana Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak sungai, begitupun waduk, danau, kolam, rawa, dsb.

Membicarakan tentang perairan, kitapun juga harus unsur-unsur apa saja yang terdapat didalamnya, baik itu biotik maupun abiotiknya. Karena biotik dan abiotic adalah unsur dalam lingkungan yang tidak dapat dipisahkan.Membicarakan lingkungan pasti tak ada habisnya.Karena lingkungan merupakan tempat sekitar kita tinggal, dimana lingkungan terdiri dari makhluk hidup maupun makhluk tak hidup.Makhluk hidup senantiasa membutuhkan benda mati untuk kelangsungan hidup mereka.Kita tidak bisa memisahkan kedua hal tersebut, karena Makhluk hidup antara satu sama lain saling berinteraksi, baik itu dengan sesama makhluk hidup, ataupun dengan benda mati. Hubungan makhluk hidup(biotik) yang berinteraksi dengan benda mati(abiotik) disebut dengan ekosistem. Sedangkan jika ekosistem dibagi menjadi 2 bagian besar,maka dapat dilihat dengan nyata di bumi terdapat ekosistem daratan dan perairan. Bumi memiliki bagian perairan yang lebih besar daripada daratannya, dan bagian perairan terbagi lagi menjadi bermacam-macam jenis seperti danau, laut, rawa, sungai, dll.

Dari alasan-alasan itulah yang membuat kami berusaha membuat makalah ini, walaupun hanya sedikitilmu yang kami miliki, tapi setidaknya kami berusaha menyajikan yang terbaik dari sumber-sumber yang didapatkan.

B. Rumusan masalah 1. Apa pengertian dari ekosistem akuatik? 2. Apa saja komponen-komponen yang terdapat di dalam ekosistem?3. Apa pengertian ekosistem akuatik?4. Apa macam-macam ekosistem akuatik?5. Apa dampak dari eksploitasi ekosistem akuatik yang berlebihan?

C. Tujuan 1. Untuk mengetahui pengertian dari ekosistem akuatik.2. Untuk mengetahui komponen-komponen yang terdapatdi dalam ekosistem.3. Untuk mengetahui ekosistem akuatik.4. Untuk mengetahui macam-macam ekosistem akuatik.5. Untuk mengetahui dampak dari eksploitasi ekosistem akuatik yang berlebihan.

BAB IIPEMBAHASAN

A. Pengertian EkosistemEkosistem adalah suatu komunitas(kumpulan populasi) beserta lingkungan fisik dan kimia di sekelilingnya secara bersama-sama membentuk suatu lingkungan . Ekosistem merupakan satu kesatuan yang paling kompleks diantara yang kompleks dan salig mempengaruhi.System ini begitu besar dan kompleks sehingga ekologiwan cenderung untuk mempelajarinya dengan mengonsentrasikan perhatiannya pada bagian-bagian komponennya, misalnya berbagai komunitas atau populasi.

B. Komponen EkosistemSistem dengan ekosistem yang tersusun atas makhluk hidup disebut dengan komponen biotik.Faktor lingkungan yang tak hidup dalam ekosistem disebut dengan komponen abiotik.1. Komponen BiotikSetiap makhluk hidup membutuhkan tempat untuk tinggal yang disebut dengan habitat.Misalnya semut, mempunyai habitat di tanah.Namun, selain semut tanah juga merupakan habitat bagi cacing tanah dan makhluk hidup lainnya.Komponen biotik yang menyusun ekosistem mencakup seluruh makhluk hidup, baik yang sejenis ataupun berbeda jenis, yang hidup di tempat tertentu.Komponen biotik dalam ekosistem tidak dipelajari secara individual, tetapi dalam satuan populasi dan ekosistem.

a. PopulasiPopulasi tidak terdiri dari satu makhluk hidup atau individu, tetapi atas sekumpulan makhluk hidup yang menempati suatu kawasan tertentu. Sekumpulan makhluk hidup disebut makhluk hidup jika memiliki jenis yang sama. Makhluk hidup disebut satu jenis atau spesies jika mampu untuk berbiak silang dan menurunkan anakan yang tertil.b. KomunitasInteraksi antarpopulasi pada suatu area akan membentuk komunitas. Komunitas tidak harus meliputi kawasan yang luas dengan tumbuhan dan hewan yang beragam.Misalnya tempurung kelapa yang sudah terisi air hujan lebih dari seminggu dapat menjadi suatu komunitas yang tersusun atas bakteri, jamur, dan protozoa.2. Komponen AbiotikKomponen abiotik merupakan aspek tak hidup yang ada dalam ekosistem.Misalnya :a. CahayaMatahari merupakan sumber energi yang ada di muka bumi ini.Cahaya matahari yang sampai ke bumi sangat diperlukan oleh makhluk hidup.b. UdaraUdara terdiri atas berbagai macam gas yaitu nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan gas-gas lainnya.Oksigen dibutuhkan oleh banyak makhluk hidup untuk bernafas. Karbon dioksida dalam udara dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Angin dapat membantu proses penyerbukan dan penyebaran biji.c. AirAir sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup baik yang berhabitat di darat maupun perairan.Air dapat berbentuk padat, cair, dan gas.d. TanahTanah merupakan tempat hidup bagi beragam makhluk hidup mulai dari yang berukuran renik, seperti bakteri dan protozoa, hingga yang berukuran besar, seperti gajah.e. SuhuSuhu lingkungan merupakan faktor penting bagi makhluk hidup. Suhu merupakan faktor penting dalam proses metaboli