lomba karya jurnalistik pgn 2011

8
  LOMBA KARYA JURNALISTIK PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk 2011 Karya diterima mulai 1 Juni 2011 - 25 Oktober 2011 Latar Belakang PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) adalah pe rusahaan milik negara yang didirikan untuk menyalurkan gas dari daerah eksploitasi minyak dan gas kepada konsumen. Ketika PGN didirikan pada 1859, bisnis inti PGN adalah mendistribusikan gas ke kawasan perumahan. Seiring dengan waktu, kini bisnis inti PGN adalah mendistribusikan gas dan menyediakan transportasi gas di wilayah operasional di Pulau Jawa, Sumatera, dan akan terus memperluas jaringannya ke seluruh wilayah Indonesia. PGN telah merumuskan Rencana Strategis Jangka Panjang Perusahaan 2010-2020 dan Rencana Usaha Perusahaan 2010-2014 untuk memandu pertumbuhan Perseroan mencapai visi dan misinya. Dalam kerangka ini, PGN telah menetapkan fokus bisnis pada pengembangan terminal penerima gas alam cair atau Liquid Natural Gas  (LNG), Gas Metana Batubara atau Coal Bed Methane  (CBM) ataupun moda transportasi gas bumi lainnya. Dalam pengembangan berbagai rencana strategis tersebut, PGN senantiasa dituntut untuk menerapkan asas transparansi kepada publik. Prinsip transparansi dan keterbukaan informasi adalah salah satu prinsip penting Good Corporate Governance (GCG) yang selalu dipegang oleh PGN. Dalam ikhtiar menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan keterbukaan informasi ini, media massa memegang peranan penting bagi perusahaan untuk mencapai berbagai tujuan perusahaan saat ini dan di masa depan. Maksud dan Tujuan Lomba jurnalistik ini kami maksudkan sebagai ajang bagi Perusahaan memberikan apresiasi kepada para jurnalis di Indonesia atas karya jurnalistik yang telah mereka hasilkan seputar gas bumi yang berkaitan dengan bisnis PGN. Lomba ini juga kami harapkan menjadi pemacu motivasi bagi para jurnalis untuk menghasilkan karya  jurnalistik yang terbaik seputar gas bumi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang masalah tersebut.

Upload: hari-djogja

Post on 08-Jul-2015

598 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

lomba karya jurnalistik 2011

TRANSCRIPT

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 1/8

 

LOMBA KARYA JURNALISTIK PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk 2011

Karya diterima mulai 1 Juni 2011 - 25 Oktober 2011

Latar BelakangPT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) adalah perusahaan milik negara yangdidirikan untuk menyalurkan gas dari daerah eksploitasi minyak dan gas kepadakonsumen. Ketika PGN didirikan pada 1859, bisnis inti PGN adalah mendistribusikan gaske kawasan perumahan. Seiring dengan waktu, kini bisnis inti PGN adalahmendistribusikan gas dan menyediakan transportasi gas di wilayah operasional di PulauJawa, Sumatera, dan akan terus memperluas jaringannya ke seluruh wilayah Indonesia.

PGN telah merumuskan Rencana Strategis Jangka Panjang Perusahaan 2010-2020 danRencana Usaha Perusahaan 2010-2014 untuk memandu pertumbuhan Perseroanmencapai visi dan misinya. Dalam kerangka ini, PGN telah menetapkan fokus bisnispada pengembangan terminal penerima gas alam cair atau Liquid Natural Gas  (LNG),Gas Metana Batubara atau Coal Bed Methane  (CBM) ataupun moda transportasi gasbumi lainnya.

Dalam pengembangan berbagai rencana strategis tersebut, PGN senantiasa dituntutuntuk menerapkan asas transparansi kepada publik. Prinsip transparansi danketerbukaan informasi adalah salah satu prinsip penting Good Corporate Governance

(GCG) yang selalu dipegang oleh PGN. Dalam ikhtiar menerapkan prinsip-prinsiptransparansi dan keterbukaan informasi ini, media massa memegang peranan pentingbagi perusahaan untuk mencapai berbagai tujuan perusahaan saat ini dan di masadepan.

Maksud dan TujuanLomba jurnalistik ini kami maksudkan sebagai ajang bagi Perusahaan memberikanapresiasi kepada para jurnalis di Indonesia atas karya jurnalistik yang telah merekahasilkan seputar gas bumi yang berkaitan dengan bisnis PGN. Lomba ini juga kamiharapkan menjadi pemacu motivasi bagi para jurnalis untuk menghasilkan karya

 jurnalistik yang terbaik seputar gas bumi dan memberikan edukasi kepada masyarakattentang masalah tersebut.

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 2/8

 

Tema LombaKarya jurnalistik yang akan dilombakan sesuai dengan tema dan sub tema berikut:

1.  Memperkuat Daya Saing Ekonomi dengan Penyediaan Gas Bumi melalui LNGReceiving Terminal.

2.  Pentingnya Kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) Gas Bumi untuk Meningkatkan Ketahanan Energi Dalam Negeri.

Sub Tema Lomba1.  Gas Bumi Meningkatkan Daya Saing Industri Menghadapi ASEAN-China Free

Trade Area (ACFTA).2.  LNG Receiving Terminal Menjawab Tantangan Geografis dan Kebutuhan Energi

Hijau Ramah Lingkungan.3.  Meningkatkan Ketahanan Energi Melalui Pemantauan Gas Bumi sebagai Upaya

Nyata Pelaksanaan Kebijakan Energy Mix.

Kriteria Karya:Karya yang bisa diajukan adalah karya-karya jurnalistik yang mengandung informasiyang penting bagi publik, proporsional, mengedukasi publik, berdasarkan keakuratanfakta dan data, dan berwawasan ke depan..

Jenis Media dan Karya Jurnalistik 

Lomba Karya Jurnalistik PGN akan melombakan karya di Media Cetak, Media Online,Media Radio, Media Televisi, dan Karya Foto. Jurnalis dari masing-masing media di atas,dapat mengirimkan karyanya sesuai dengan kategori karya jurnalistik yang akan diikuti:

Media Cetak: Terdiri atas Kategori Berita/Reportase dan Kategori Feature.

Media Online: Terdiri atas Kategori Berita/Reportase dan Kategori Feature.

Media Televisi: Terdiri atas Kategori Feature dan Kategori Indepth Reporting

Media Radio: Hanya Kategori Feature

Karya Foto: Hanya Kategori Berita (single)

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 3/8

 

Ketentuan Umum Lomba:1.  Peserta lomba adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di media

massa nasional atau lokal, di Jakarta atau di daerah, baik di media cetak, online,

radio, atau televisi.2.  Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba ini adalah karya jurnalistik 

berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.3.  Semua karya yang dikirimkan ke panitia harus orisinal. Jika ada ralat atau koreksi

harus disertakan untuk menjaga akurasi karya. Seluruh peserta harusmenyatakan bahwa karya jurnalistik yang didaftarkan benar-benar karya orisinaldan membubuhkan materai Rp 6.000 di atas surat pernyataan tersebut.

4.  Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau disiarkan di mediamassa yang bersifat umum pada rentang waktu November 2010 sampai dengan25 Oktober 2011.

5.  Jumlah karya yang dikirimkan bersifat terbatas. A: Karya media cetak: Maksimal dua karya untuk setiap kategori lomba.B. Karya media online: Maksimal dua karya untuk setiap kategori lomba.C. Karya media televisi Maksimal dua karya untuk setiap kategori lomba.C. Karya media radio: maksimal dua karya.D. Karya foto: maksimal lima karya.

6.  Untuk karya tim, peserta harus menyebutkan ketua tim dan anggotanya.7.  Batas waktu pendaftaran dan penyerahan karya jurnalistik kepada panitia adalah

25 Oktober 2011 (cap pos).8.  Peserta melampirkan foto kopi Kartu Pers dan Kartu Tanda Penduduk yang

masih berlaku.

9.  Karya jurnalistik yang memenangkan lomba jurnalistik ini akan menjadi hak milik PGN, dengan tetap disebutkan nama media dan penulis/jurnalis di dalampublikasi yang dilakukan oleh PGN.

10.  Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat. Juri berhak untuk menolak suatu karya yang didaftarkan yang dianggap tidak memenuhi persyaratan. Juriberhak menarik kembali penghargaan yang diberikan bila karya yangmemenangkan penghargaan ternyata terbukti hasil plagiat dan tidak orisinal.

Ketentuan Khusus:1.  Untuk kategori media televisi, durasi jenis feature maksimal 15 menit dan jenis

investigasi durasinya maksimal 20 menit untuk satu karya.2.  Kategori foto diikuti oleh jurnalis foto di media cetak maupun online.3.  Karya foto yang diajukan dalam lomba ini belum pernah memenangkan lomba

apapun.4.  Nominator pemenang karya foto jurnalistik dimungkinkan untuk disertakan

dalam pameran pada acara pengumuman pemenang.

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 4/8

 

Teknis Pengiriman Karya

Selain menyertakan surat pernyataan keaslian karya bermaterai, peserta harus mengisi

formulir pendaftaran yang dapat diunduh di www.pgn.co.id.

Karya di media cetak , peserta harus mengirim klipping karya yang telah dimuat dansatu photocopy.

Untuk media online , peserta harus mengirim karyanya berupa print out berita yang

diambil langsung dari situs berita serta menyertakan copy dalam bentuk CD. Karyakategori online yang dimuat dalam CD dalam format HTML, plus dilengkapi alamat situsyang memuat karya itu dan URL-nya.

Peserta media radio harus mengirim karyanya dalam bentuk CD (format digital audio  MP3 atau WAV), salinan skrip, dan bukti siar.

Sedang untuk karya di media televisi, peserta harus mengirimkan karyanya dalambentuk VCD/DVD, MiniDV, DVCam, baik gambar master edit ataupun edisi tayang, danskripnya. Dan, untuk karya foto, peserta harus mengirimkan kliping karya foto yangtelah dimuat, dan format digital file yang telah dimasukkan ke dalam CD (format  jpg minimal sisi terpanjang 3000 pixel, resolusi 300 dpi).

Dokumen yang dikirimkan adalah surat keaslian karya, formulir pendaftaran, kartuidentitas, dan karya yang akan dilombakan melalui pos atau dikirim langsung ke alamat

berikut:Panitia Lomba Jurnalistik PGN 2011 KOJI Communications:Jl. Kalibata Timur IVG No.10 Kalibata Jakarta Selatan 12740

Penyeleksian dan Penilaian

Karya yang telah diterima akan diseleksi oleh panitia berdasarkan kategori untuk kemudian diserahkan kepada juri. Masing-masing juri mengajukan nominasi karya yangterbaik untuk dibicarakan dalam rapat pleno dewan juri. Rapat akhir juri menentukan

dua nominator untuk masing-masing kategori dan pemenangnya.

Dewan Juri bersifat independen dan PGN tidak terlibat dalam menentukan parapemenang. Pemilihan juri berdasarkan kompetensi dan rekam jejak mereka di bidang

 jurnalistik.

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 5/8

 

Juri lomba ini adalah:

  Amarzan Loebis, selain sebagai wartawan senior, juga seorang sastrawan dan

sejarawan. Pada 1963 mempelajari pers di China dan menjadi redaktur Harian Rakyat.Mantan Redaktur Pelaksana Majalah Matra dan konsultan sejumlah majalah, sekarangmenjadi redaktur senior di Majalah Tempo. Selain itu, Amarzan yang pernah menulisdan menyutradarai telefeature untuk televisi itu sering memberikan training jurnalistik di dalam dan luar negeri, yakni di Radio Netherland, Belanda.

  Abdullah Alamudi memiliki pengalaman luas dalam dunia jurnalistik. Ia pernahbekerja di berbagai media nasional dan internasional, di kantor berita, suratkabar,majalah, radio, dan televisi. Setidaknya sudah 40 tahun lebih karirnya dihabiskan dibidang jurnalistik sejak kembali dari studi di Faculty of Commerce, University of Tasmania, Australia tahun 1964. Karir jurnalistiknya dimulai sebagai reporter yunior di

  Associated Press biro Jakarta, kemudian berlanjut di Harian Pedoman, BBC, TEMPO,The Jakarta Post, dan Bisnis Indonesia. Bermacam buku telah ia terjemahkan dansunting. Pada tahun 2006 ia turut mendirikan Institut Pengembangan Media Lokal(IPML) dan dipercaya sebagai Pemimpin Umumnya. Dan pada 2007-2010 sebagaianggota Dewan Pers. 

 Andi Riccardi Jatmiko. Juri yang satu ini, dikalangan jurnalis televisi, dikenal sebagaispesialis wartawan peliput peristiwa besar di dalam dan luar negeri. Sejak 1997 bekerjasebagai Senior Producer/ Video Journalist Associated Press Television Network (APTN ).Lelaki kelahiran 22 April 1965 ini meliput tumbangnya Soeharto (1998), konflik di Timor

Leste hingga terbentuk pemerintahan baru Timor Leste (1999), Perang Afganistan(2001, 2007, 2009), Bom Bali (2002), Perang Iraq (2003), Tsunami Aceh (2004),Konflik Israel (2004, 2005, 2006), Burma (2008), Gunung Merapi (2010), TsunamiJepang (2011), dan Konflik di Libia (2011).

Hariyanto dan Hendra Suhara. Kedua juri foto ini adalah pegiat di Pewarta FotoIndonesia (PFI). Hariyanto   adalah redaktur foto Harian Media Indonesia (2005-sekarang). Pria kelahiran Lamongan ini tercatat beberapa kali menjadi juri lombaberskala nasional dan internasional. Karya-karya foto jurnalistiknya juga telahmemenangkan beberapa lomba bergengsi. Antara lain Frist Prize ASEAN photoCompetition 2001, Highly Commended Ballantine’s International Photography Award1996 United Kingdom, Nomination The World 10C Best of Sport Photographic Contest

1997, dan Juara I Mochtar Lubis Award 2010, Hendra Suhara adalah redaktur foto diHarian KONTAN (2007-sekarang). Pria kelahiran Sukabumi ini beberapa memenangkanlomba foto jurnalistik dan menjadi finalis di lomba foto internasional. Di antaranya,finalis Lomba Foto oleh BBC Inggris tentang Tsunami Aceh Tahun 2005, dan FinalisLomba Foto oleh Sasakawa Sport Foundation, Jepang, 2004-2005.

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 6/8

 

Pri Agung Rakhmanto dikenal luas sebagai pengamat industri migas nasional. Priakelahiran Wonosobo, 18 Agustus 1975 adalah lulusan Teknik Perminyakan ITB (1994-1998) dan Universiteit Twente, Belanda jurusan Energy and Environmental

Management (2001 –

2002) dan Colorado School of Mines, AS, mengambil Msc dalamstudi Mineral and Energy Economics (2004  – 2005). Pri memulai karirnya denganmenjadi asisten pengajar di almamaternya di ITB, kemudian sempat bekerja di sebuahKPS di lepas pantai Laut Jawa-Lampung, masuk ke Departemen ESDM, kemudian diColorado School of Mines, dan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan PeneranganEkonomi dan Sosial (LP3ES). Sekarang ia adalah Direktur Eksekutif Lembaga KajianReformasi Pertambangan dan Energi (ReforMiner Institute), sebuah lembaga nirlabadalam pengkajian bidang pertambangan dan energi.

Lomba ini diumumkan di media massa cetak dan online, serta di website PGN(www.pgn.co.id). Pemuatan iklan bertujuan untuk memberikan informasi agarkepesertaan lomba ini diikuti oleh jurnalis di Jakarta dan di daerah.

Pengumuman Pemenang Panitia akan melayangkan surat pemberitahuan kepada masing-masing nominator agarmenghadiri acara malam penganugerahan. Pengumuman pemenang akan dilaksanakanpada acara malam penganugerahan lomba jurnalistik, sekaligus menyerahkanpenghargaan kepada masing-masing pemenang.

Penghargaan

Para pemenang akan memperoleh penghargaan berupa sertifikat, plakat, alatkomunikasi, dan uang tunai. Setiap juara I dari masing-masing kategori lomba akanmendapat hadiah uang tunai senilai Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) dansatu unit Tablet PC. Sedangkan juara II akan menerima hadiah uang tunai Rp7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) dan satu unit smart phone .

PenutupBatas waktu pengiriman naskah: 25 Oktober 2011 (Cap pos)

Informasi lebih lanjut :Panitia Lomba Jurnalistik PGN 2011KOJI CommunicationsJl. Kalibata Timur IVG No.10 Kalibata Jakarta Selatan 12740No. Telp: 0818865889 (Sdr. Felix Lamuri)email: [email protected]

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 7/8

 

FORMULIR PENDAFTARANLOMBA KARYA JURNALISTIK PT PGN (Persero) Tbk 2011

DATA DIRI

Nama : __________________________________________ 

E-mail pribadi : __________________________________________ 

Alamat Rumah : __________________________________________ 

Telepon Rumah/HP : __________________________________________ 

DATA MEDIA TEMPAT BEKERJA

Nama Media : __________________________________________ 

Lama bekerja : __________________________________________ 

Posisi : __________________________________________ 

Telepon & Ext : __________________________________________ 

Fax : __________________________________________ 

E-mail : __________________________________________ 

MEDIA Cetak

 Online

 Radio

 Televisi

 Foto

JENIS KARYA

 Berita/Reportase

 Feature

  Investigasi

 Foto berita/single

KARYA DAN WAKTU PENERBITAN/PENYIARAN

Judul : __________________________________________ 

Tanggal Terbit/Siar : __________________________________________ 

MENGAPA KARYA TERSEBUT PERLU MASUK NOMINASI JUARA?

 ______________________________________________________________ 

 ______________________________________________________________ 

 ______________________________________________________________ 

 ______________________________________________________________ 

(Nama lengkap dan tandatangan)

5/9/2018 Lomba Karya Jurnalistik PGN 2011 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/lomba-karya-jurnalistik-pgn-2011 8/8

 

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA

Dengan ini, saya menyatakan bahwa karya yang saya kirimkan untuk mengikutiLomba Karya Jurnalistik PGN 2011 adalah benar-benar karya asli atau orisinal.Jika dikemudian hari diketahui karya ini adalah plagiat, saya mematuhi biladewan juri menganulir atau menarik kembali penghargaan ini.

Tanda tangan : ____________________ 

Nama dan materai

Tanggal : ____________________