pgn inside apr 2010

12
inside EDISI NO. 25 TAHUN KE-3, APRIL 2010 NEWSLETTER PGN Cetak Peningkatan Laba Bersih Signifikan HSE Induction Bagi New Comers SBU TSJ PGN Jalin Kerjasama dengan Konsorsium Riau Kalimat bernada persuasif hidup bersih dan peduli bagi kesehatan ini, akan mudah ditemui di beberapa sudut ruangan sekitar kantor Perusahaan Gas Negara (PGN). (Jakarta/PGN Inside) PGN Kampanyekan ”Let’s do Hygiene” P PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dan PT Pertamina (Persero) menandatangani akta pendirian “PT Nusantara Regas”, Joint Venture Company Floating Storage and Regasification Terminal (FSRT) gas alam cair (LNG) Jawa Barat. Penandatanganan akta pendirian tersebut dilakukan oleh pemegang saham masing-masing perusahaan yaitu Direktur Pengembangan PGN, Bambang Banyudoyo dan Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PERTAMINA, Ferederick ST Siahaan yang disaksikan oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar. Dalam acara penandatangan itu hadir pula jajaran pimpinan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Direktorat Jenderal MIGAS, BP MIGAS, BPH MIGAS serta pimpinan kedua perusahaan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta. Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari Perjanjian Pemegang Saham untuk pembentukan perusahaan patungan bidang LNG di Jawa Barat yang ditandatangani pada 4 Februari 2010 lalu oleh PGN dan Pertamina. Dengan ditandatanganinya akta pendirian ini, maka Pertamina dan PGN telah membentuk perusahaan patungan dengan kepemilikan saham masing-masing yaitu; Pertamina sebesar 60% dan PGN sebesar 40%, dengan struktur permodalan yaitu Modal Dasar sebesar Rp 2 Triliun dan Modal disetor/ditempatkan sebesar Rp. 500 Milyar. Seperti diketahui, kerjasama antara PGN dengan Pertamina ini merupakan pembangunan dan pengoperasian LNG Receiving Terminal dengan teknologi Floating Storage dan Regasification Unit (FSRU) di daerah Jawa Bagian Barat. Pemanfaatan LNG tersebut PT Nusantara Regas Bangun LNG Receiving Terminal Jawa Barat Bersambung ke hal. 3 Penandatanganan akta pendirian PT Nusantara Regas yang dilakukan oleh Direktur Pengembangan PGN, Bambang Banyudoyo dan Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PERTAMINA, Ferederick ST Siahaan serta disaksikan oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar dan Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso

Upload: komunikasi-korporat

Post on 22-Mar-2016

255 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

PGN Inside Apr 2010

TRANSCRIPT

Page 1: PGN Inside Apr 2010

insideEdisi No. 25 TahuN kE-3, aPRiL 2010

NEW

SLET

TER

PGN Cetak PeningkatanLaba Bersih signifikan

hsE induction Bagi New Comers sBu TsJ

PGN Jalin kerjasama dengan konsorsium Riau

kalimat bernada persuasif hidup bersih dan peduli bagi kesehatan ini, akan mudah ditemui di beberapa sudut ruangan sekitar kantor Perusahaan Gas Negara (PGN).

(Jakarta/PGN Inside)

PGN kampanyekan ”Let’s do hygiene”

PPT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dan PT Pertamina (Persero) menandatangani akta pendirian “PT Nusantara Regas”, Joint Venture Company Floating Storage and Regasification Terminal (FsRT) gas alam cair (LNG) Jawa Barat. Penandatanganan akta pendirian tersebut dilakukan oleh pemegang saham masing-masing perusahaan yaitu direktur Pengembangan PGN,

Bambang Banyudoyo dan direktur Perencanaan investasi dan Manajemen Risiko PERTaMiNa, Ferederick sT siahaan yang disaksikan oleh Menteri BuMN Mustafa abubakar.

dalam acara penandatangan itu hadir pula jajaran pimpinan kementerian Energi dan sumber daya Mineral (EsdM), direktorat Jenderal MiGas, BP MiGas, BPh MiGas serta pimpinan kedua perusahaan di kantor kementerian BuMN, Jakarta. Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari Perjanjian Pemegang saham untuk pembentukan perusahaan patungan bidang LNG di Jawa Barat yang ditandatangani pada 4 Februari 2010 lalu oleh PGN dan Pertamina.

dengan ditandatanganinya akta pendirian ini, maka Pertamina dan PGN telah membentuk perusahaan patungan dengan kepemilikan saham masing-masing yaitu; Pertamina sebesar 60% dan PGN sebesar 40%, dengan struktur permodalan yaitu Modal dasar sebesar Rp 2 Triliun dan Modal disetor/ditempatkan sebesar Rp. 500 Milyar.

seperti diketahui, kerjasama antara PGN dengan Pertamina ini merupakan pembangunan dan pengoperasian LNG Receiving Terminal dengan teknologi Floating Storage dan Regasification Unit (FsRu) di daerah Jawa Bagian Barat. Pemanfaatan LNG tersebut

PT Nusantara Regas Bangun LNG Receiving Terminal Jawa Barat

Bersambung ke hal. 3

Penandatanganan akta pendirian PT Nusantara Regas yang dilakukan oleh direktur Pengembangan PGN, Bambang Banyudoyo dan direktur Perencanaan investasi dan Manajemen Risiko PERTaMiNa, Ferederick sT siahaan serta disaksikan oleh Menteri BuMN Mustafa abubakar dan direktur utama PGN, hendi Prio santoso

Page 2: PGN Inside Apr 2010

syukur alhamdulillah, pencapaian PGN per akhir tahun 2009 cukup membanggakan. Pencapaian ini semakin menguatkan kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan sekaligus memberikan yang terbaik dari pelanggan. Pencapaian PGN tersebut tidak terlepas dari jalinan komunikasi kami dengan masyarakat luas, termasuk pelanggan,

dan juga para stakeholder.

kami telah siap membuka mata dan telinga selebar-lebarnya atas masukan dan bahkan kritik masyarakat. kami akan menindaklanjutinya dengan bersungguh-sungguh. kami percaya, dari jalinan komunikasi yang baik, kami akan mengetahui dengan pasti apa yang diharapkan pelanggan dan masyarakat dari PGN.

di 2010, PGN telah menjalin sinergi dengan PERTaMiNa untuk membentuk Joint Venture Company Floating Storage and Regasification Terminal (FsRT) gas alam cair (LNG) Jawa Barat. selain itu PGN terus berbenah dengan memperluas jaringan gas. hal ini dilakukan agar selalu memberikan layanan yang terbaik bagi masayarakat.”

Menyambut usia ke 45 banyak acara dilakukan, salah satunya yaitu “karnaval 45 tahun PGN”. Tiada pesta yang tak pernah usai, demikian kata orang bijak. Namun, kebersamaan dan kegembiraan yang dialami bersama dalam pesta, semoga dapat menjadi pemicu semangat dalam berkarya di hari-hari mendatang.

usia 45 tahun bukanlah waktu yang sebentar hingga menjadikan PGN seperti sekarang. sementara sebagian masyarakat dan dunia usaha mungkin sedang cemas atas kemungkinan terkena dampak krisis keuangan global yang kini telah terjadi, namun kita akan terus berusaha konsisten menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada PGN sebagai mitra terpercaya. semoga, di ulang tahunnya yang ke 45, PGN bisa tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi. Jangan mudah merasa puas dan terlena dengan semua pencapaian yang sudah ada, sebaliknya gali terus potensi-potensi terbaik yang kita miliki, kembangkan ide-ide kreatif dan hasilkan produk-produk yang inovatif.

serangkaian acara dalam menyambut huT 45 tahun PGN yang telah dimulai sejak bulan april memang terasa lebih istimewa. Terlebih, bulan april merupakan hari kelahiran tokoh nasional R.a kartini. seperti kita ketahui, R. a kartini dikenal sebagai sosok pembaharuan nasional yang mampu membawa perubahan positif bagi bangsa dan negaranya. dialah sosok pendobrak yang patut dicontoh oleh seluruh masyarakat indonesia.

dari sana, terdapat sebuah persamaan yaitu ada pada sikap pembaharuan. Terbukti, tahun 2009 lalu, prestasi yang cukup menggembirakan berhasil diraih PGN yaitu pencapaiannya meningkat sebanyak 800 persen. suatu pembaharuan yang lebih baik untuk kedepannya.

sama halnya dengan PGN, melalui pencapaian kinerjanya, dobrakan demi dobrakan patut diberikan acungan jempol dan apresiasi setinggi-tingginya. Meski demikian, perjuangan tidak boleh berhenti sampai di sini, tetap harus terus diperjuangkan demi kemajuan bersama.

sukses dan maju bersama PGN.

halo pgn

Inspirasi

daftar isi

2 haLo PGN

iNsPiRasi

3 iNFo PGN

10 kELuaRGa kiTa

11 iNFo sBu

12 GaLERi

Pengarah: santiaji Gunawan

Ketua Penyunting:

sri Wahyuni Penyunting:

Enik indriastuti, debby sianipar, Nasihin, Tri Endang s, R. Wahyono Talogo,

YE sujana, ardi Viryawan, Patricia dwi Putri, dhian Widuri,

Vietor hL Tobing, irlita Vyndiasari, Emung indriastanto,

houstina dewi anggraini, arie kusmayadi, Meutia Prima, Elfan Triawan, sulistianingsih,

Bagus Rachmadi, Yosephine ina sabrina, krisdyan Widagdo adhi, Joice Juliana, kurnia Permasari, Febrilian hindarto

Koresponden SBU DW I JBB: Maisalina, irfan kurniawan F,

iwan Yuli Widyastanto Koresponden SBU DW II Jabati: Budi Priswanto, Natalia Tipung h,

Bagus Fernata Koresponden SBU DW III Sumbagut:

solorida, subandi Koresponden SBU

Transmisi Sumatra Jawa: andaya E saputra, astrid Taruli debora

Koresponden PTGI & PDJB: salim Tribuana W, asep herlambang,

andi krisna a

“Tertawa bisa mengubah situasi buruk yang anda hadapi menjadi lebih baik. Jika anda mampu menemukan humor dalam banyak hal, sekalipun dalam kemiskinan, anda pasti

mampu bertahan.” Bill Cosby

“saya ingin mengubah dunia. Tapi, saya menemukan hanya ada satu hal yang bisa memastikan perubahan itu, yaitu diri sendiri”

Aldous Huxley

“kebahagiaan adalah maksud dan tujuan hidup, seluruh tujuan dan akhir eksistensi manusia”

Aristoteles

“segala sesuatu adalah sulit sebelum akhirnya menjadi mudah” Thomas Fuller

Semangat Optimisme di Usia ke 45 Tahun

Edis

i No

. 25

Tah

uN

kE-

3, a

PRiL

201

0

2

Page 3: PGN Inside Apr 2010

info pgn

Susunan kepengurusan PT Nusantara Regas sendiri adalah sebagai berikut:

a. direksi :

- direktur utama : djohardi angga kusumah - direktur Teknik dan operasi : ariadji - direktur keuangan dan adminisrasi : sutikno

b. dewan komisaris: :

- komisaris utama : karen agustiawan - komisaris : M. Baskoro PN

nantinya akan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gas domestik khususnya bagi pembangkit listrik milik PLN. Pasokan gas untuk kebutuhan fasilitas tersebut antara lain diharapkan berasal dari sumber gas di kalimantan Timur dengan total volume sebesar 11,75 juta ton selama 11 tahun.

dengan berdirinya perusahaan patungan untuk LNG Receiving Terminal ini diharapkan proses konstruksi fasilitas tersebut dapat dimulai di tahun 2010 ini. ke depan, PGN dan Pertamina berharap dapat terus berperan dalam peningkatan penggunaan gas bumi, sebagai sumber energi yang lebih efisien, bersih dan ramah lingkungan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi domestik.

sambungan : PT Nusantara Regas...

PGN Sepakat Harga Gas dengan Kalangan Industri

PGN telah mencapai kesepakatan dengan beberapa asosiasi industri mengenai Perjanijian Jual Beli Gas (PJBG) terkait penyesuaian harga gas, penerapan surcharge

serta jaminan pembayaran. kesepakatan itu dijalin saat rapat koordinasi antara kementerian Perindustrian, PGN dan asosiasi industri yang digelar di kantor kementerian Perindustrian pada 30 Maret 2010. Rapat koordinasi itu dipimpin secara langsung oleh direktur Jenderal industri agro & kimia dan dihadiri pula oleh direktur Jenderal industri Logam, Mesin, Tekstil dan aneka.

direktur utama PGN, hendi Prio santoso menyatakan pihaknya berkomitmen tinggi memenuhi kebutuhan gas untuk berbagai segmen pelanggan di dalam negeri. “kami menyambut baik adanya kesepakatan antara PGN dengan asosiasi industri

mengenai hal-hal penting dalam PJBG. “kedepan PGN tetap berkomitmen dalam menyalurkan gas untuk kebutuhan berbagai segmen pelanggan di dalam negeri”, ujarnya. hendi Prio menuturkan mulai 1 april 2010, PGN akan menyesuaikan harga gas untuk segmen pelanggan industri dan komersial.

Penyesuaian harga baru tersebut berlaku menurut lokasi dimana pelanggan berada, sesuai wilayah sBu dan area serta kelompok besaran pemakaian gas. secara rata-rata, harga gas untuk pelanggan dengan pemakaian diatas 300.000 m3 per bulan menjadi sebesar us$4,30/ MMBTu + Rp 743/m3. Rincian harga gas telah disosialisasikan kepada pelanggan di masing-masing wilayah. Rapat koordinasi antara kementerian Perindustrian, PGN dan asosiasi industri ditutup oleh Menteri Perindustrian, Ms hidayat.

(Jakarta/PGN Inside)

Edisi N

o. 25 Ta

hu

N kE-3, a

PRiL 2010

3

Page 4: PGN Inside Apr 2010

PGN Cetak PeningkatanLaba Bersih Signifikan

(Jakarta/PGN Inside)

info pgn

kinerja PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk pada tahun 2009 mengalami pertumbuhan positif. Terbukti, sepanjang tahun 2009, PGN berhasil mencatatkan

pendapatan usaha sebesar Rp 18,02 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 6,23 triliun atau meningkat 882,7 % dari periode yang sama tahun sebelumnya. Catatan ini cukup menggembirakan karena tercatat sebagai salah satu prosentase peningkatan tertinggi dari emiten LQ 45. sementara, pada periode yang sama, laba usaha yang mampu dibukukan senilai Rp 7,68 triliun dan EBiTda senilai Rp 9,30 triliun.

Menurut direktur utama PGN, hendi Prio santoso, perseroan turut berkontribusi pada peningkatan efisiensi nasional melalui pemanfaatan gas bumi oleh industri dan listrik selama tahun 2009.

“upaya kami secara aktif untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi secara luas oleh industri dan sektor tenaga listrik disertai dengan perluasan jangkauan dan kapasitas infrastruktur pipa, membuahkan hasil yang signifikan di tahun 2009. Manfaat dari penggunaan gas bumi sangat dirasakan oleh para pelanggan maupun secara nasional dalam bentuk penghematan biaya subsidi BBM untuk listrik.” ungkapnya

hendi menyatakan kinerja di tahun 2010 akan bergantung pada ketersediaan pasokan gas dan kebijakan alokasi gas nasional karena permintaan akan gas bumi terus meningkat.

Langkah itu akan dilakukan dengan cara mengoptimalkan kapasitas jaringan distribusi sebesar 1.125 MMscfd, karena selama ini baru termanfaatkan sebesar 792 MMscfd.

Pemenuhan kebutuhan domestik, lanjut hendi Prio juga sedang diupayakan melalui pembangunan LNG Receiving Terminal di Jawa Barat dan sumatera utara. Terminal di Jawa Barat akan dibangun oleh konsorsium PGN dan Pertamina melalui Joint Venture Company. sedangkan untuk lokasi terminal di sumatera utara akan dilakukan oleh PGN. dengan adanya pembangunan proyek ini diharapkan manfaat gas

bumi dapat semakin luas dirasakan oleh masyarakat dan PGN dapat terus meningkatkan kinerja dan kontribusinya kepada seluruh pemangku kepentingan/stakeholders.

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasi dan hasil audit dari kantor akuntan Publik Purwantono, sarwoko & sandjaja (a member of Ernst & Young Global) selama tahun 2009 menyatakan pencapaian kinerja keuangan ini diperoleh dari hasil peningkatan volume penjualan gas pada usaha distribusi yang mencapai 792 MMsCFd (juta kaki kubik standar per hari) atau meningkat sebesar 37% dibandingkan tahun 2008 sebesar 578 MMsCFd. Peningkatan volume ini didorong oleh adanya peningkatan kebutuhan dan penyerapan gas oleh pelanggan industri terutama sektor pembangkit tenaga listrik. Pada bidang usaha transmisi, volume penyaluran gas turut mengalami kenaikan sebesar 1% atau dari 758 MMsCFd di tahun 2008 menjadi 767 MMsCFd selama dua belas bulan tahun 2009.

sementara, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 81 tahun 2007 tentang Penurunan Tarif Pajak Penghasilan bagi Wajib Pajak Badan dalam Negeri yang berbentuk Perseroan Terbuka, perhitungan pajak penghasilan tahunan PGN dikenakan tarif pajak penghasilan sebesar 23%. Tarif ini diberlakukan karena jumlah kepemilikan saham publik perseroan sebesar 40% atau lebih dari keseluruhan saham yang disetor dan saham tersebut dimiliki paling sedikit oleh 300 pihak dimana masing-masing pihak hanya boleh memiliki saham kurang dari 5% dari keseluruhan saham yang disetor dan seluruh ketentuan tersebut harus dipenuhi oleh Perseroan dalam waktu paling sedikit 183 hari dalam jangka waktu 1 (satu) tahun pajak.

angsuran pajak penghasilan PGN di tahun 2010 berdasarkan surat kPP BuMN No. s – 00033/RkaP/WPJ.19/kP.0303/2010 tanggal 10 Februari 2010 perihal Pemberitahuan Besarnya angsuran Pajak Penghasilan Pasal 25 Tahun 2010 dikenakan tarif sebesar 25%. Pengenaan tarif pajak penghasilan untuk tahun 2010 akan ditetapkan berdasarkan pemenuhan ketentuan PP No. 81 Tahun 2007 untuk tahun 2010.

Edis

i No

. 25

Tah

uN

kE-

3, a

PRiL

201

0

4

Page 5: PGN Inside Apr 2010

info pgn

Pada 26 Maret 2010, ada sesuatu yang berbeda dengan ruang galeri di kantor PGN Pusat. suasana terlihat meriah selayaknya sedang menanti kehadiran tamu istimewa.

Benar, hari itu kantor PGN Pusat mendapat kunjungan dari tamu istimewa yaitu Prof. Mark Mwandosya, Minister of Water and irrigation serta delegasi EWuRa (Tanzanian Energy and Water Utilities Regulatory Authory). dalam kunjungan tersebut juga hadir Yudhistira sugandi duta Besar indonesia untuk Republik Tanzania.

direksi PGN yang diwakili oleh Bapak direktur Pengusahaan Baskoro Palwo dan direktur keuangan merangkap direktur umum Riza Pahlevi menyambut baik kunjungan tersebut, adapun maksud dari kunjungan itu adalah dalam rangka studi banding terkait dengan pengelolaan usaha gas bumi yang dilakukan oleh PGN..

PGN Kedatangan Tamu dari Tanzania

(Jakarta/PGN Inside)

Edisi N

o. 25 Ta

hu

N kE-3, a

PRiL 2010

5

Page 6: PGN Inside Apr 2010

Wujudkan Excellent Service, PGN Terus Perkuat Jaringan Gas

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berkomitmen meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat dengan meningkatkan kinerja serta memperkuat jaringan gas.

sebagai langkah nyata, PGN melakukan penandatanganan kontrak konstruksi pipa CP-3a Bojonegara – Cikande sepanjang 35 km dimeter 24” dengan PT kelsri pada 23 april 2010 bertempat di PGN Multimedia Room.

Penandatanganan tersebut dilakukan secara langsung oleh koordinator Pelaksana Proyek Pembangunan Jaringan Pipa Gas Bumi PGN , M komaruddin dan Presiden direktur PT kelsri, ir Togar s. Tambunan yang disaksikan oleh direktur Pengembangan PGN, Bambang Banyudoyo.

Banyu, biasa beliau disapa, mengatakan bahwa CP-3a ini sama halnya seperti pipa paket 11, 12 dan 13 yang sudah ada sebelumnya atau yang lebih dikenal dengan Paket distribusi Tekanan Ekstra Tinggi (disTET). diharapkan, proyek ini bisa direalisasikan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama. dengan demikian, proyek pengadaan yang bernilai lebih dari Rp 120 miliar ini akan mengalirkan gas yang dapat memperkuat backbone jaringan distribusi di Jawa Bagian Barat.

info pgn

(Jakarta/PGN Inside)Pelaksanaan CP-3a ini merupakan bagian dari rencana keseluruhan jalur Muara Tawar – Rawamaju – Cimanggis – serpong – Bitung – Bojonegara. selanjutnya, CP-3a ini akan dilanjutkan dengan CP-3B jalur Cikande – serpong.

“Jika seluruh proyek berjalan tepat waktu, maka system distribusi gas bumi yang dikelola oleh sBu i di Jawa Bagian Barat akan meningkat kehandalannya,” imbuhnya.

adapun lingkup perjanjian yang dijalin itu menyangkut empat hal penting yaitu, engineering, procurement, construction dan commissioning.

Pertama, secara teknik engineering, kontraktor harus membuat desain yang terdiri dari gambar dan spesifikasi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. kedua, menyangkut procurement, dimana kontraktor bertanggungjawab atas pengadaan Long Lead Item, termasuk pengepakan, pengiriman dan transportasi. ketiga adalah tahap construction, di sini segala bentuk pekerjaan pembangunan hingga pengadaan suku cadang serta peralatan yang dibutuhkan selama pengujian harus dilakukan uji coba terlebih dahulu. dan terakhir commissioning, dimana kontraktor harus melakukan commissioning khususnya untuk jaringan pipa distribusi.

Edis

i No

. 25

Tah

uN

kE-

3, a

PRiL

201

0

6

Page 7: PGN Inside Apr 2010

info pgnRakor Direktorat PengembanganSatukan Visi, Bangun Kebersamaan

untuk membangun komitmen bersama dalam upaya pencapaian kinerja, PGN menyelenggarakan Rapat koordinasi direktorat Pengembangan pada 15 april 2010 bertempat di

hotel Le Meridien, Jakarta. Rakor tersebut mengambil tema “Fokus pada investasi usaha Baru dan Memperkuat infrastuktur sistem informasi”.

sementara, sub tema yang diusung yaitu mengembangkan usaha dengan melakukan investasi yang dapat menghasilkan peningkatan tambahan gas jangka panjang dan mengembangkan sistem pendukung operasional dan pemantauan kinerja bisnis.

Rakor yang dibuka secara langsung oleh direktur Pengembangan PGN, Bambang Banyudoyo yang dilanjutkan dengan pemaparan tentang evaluasi pencapaian direktorat Pengembangan tahun 2009. seusai pemaparan, dilakukan presentasi oleh masing-masing

kepala satuan kerja mengenai pencapaian kerja tahun 2009 dan penyampaian rencana kerja masing-masing satuan kerja tahun 2010.

sekitar 40 peserta menghadiri rakor tersebut. diantaranya, dari divisi Pengembangan usaha, divisi Perencanaan dan Enjinering, divisi Pembangunan, divisi sistem & Teknologi informasi, Proyek Pembangunan Jaringan Pipa Gas Bumi, Proyek Pembangunan Terminal Penerimaan LNG dan para staf ahli direktur Pengembangan.

seusai rakor, dengan ditandai pemotongan tumpeng, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam Pencapaian RkaP 2010 dan Penyempurnaan Proses Bisnis direktorat Pengembangan. Penandatanganan itu diwakili oleh masing-masing kepala satuan kerja. (Jos)

(Jakarta/PGN Inside)

Edisi N

o. 25 Ta

hu

N kE-3, a

PRiL 2010

7

Page 8: PGN Inside Apr 2010

Tujuan dari hsE Induction ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa semua pejabat baru yang bertugas di sBu TsJ mempunyai pengetahuan dasar tentang sistim Manajemen kesehatan, keselamatan dan Lingkungan kerja yang berlaku di sBu TsJ.

diharapkan dengan diselenggarakan kegiatan itu para pajabat baru di sBu TsJ mampu bekerjasama untuk menghasilkan pencapaian yang maksimal.

info PGN

kerjasama antara dua belah pihak yang berkompeten jelas akan membawa dampak positif dan keuntungan bagi masing-masing pihak. oleh sebab itu, PGN terus

membangun hubungan dengan beberapa pihak melalui jalinan kerjasama.

kali ini, PGN melakukan Memorandum of Understanding (Mou) dengan konsorsium Pengembangan investasi Riau ZuG industri indonesia. Mou yang ditandatangani pada 15 april 2010 bertempat di Nikko hotel, Jakarta merupakan kerjasama Badan usaha Milik daerah (BuMd) Provinsi Riau dengan PT ZuG indonesia.

PGN Jalin Kerjasama dengan Konsorsium Riau

(Jakarta/PGN Inside)

sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan terhadap pejabat baru yang bertugas di sBu Transmisi Jawa - sumatra, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

menyelenggarakan Health, Safety and Enviroment (hsE) Induction. kegiatan tersebut telah diselenggarakan pada Jumat, 26 Maret 2010 bertempat di Wisma 77 sBu Transmisi Jawa Bali Lt.3.

sebanyak sepuluh pejabat baru tampak antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh dame harahap, kepala Bagian k3PL sBu TsJ.

(Jakarta/PGN Inside)

HSE Induction Bagi New Comers SBU TSJ

Nota kesepahaman ini dibuat dan ditandatangani secara langsung oleh masing-masing pihak yaitu direktur utama PGN, hendi Prio santoso bersama ketua konsorsium Pengembangan lnvestasi Riau Zug industry indonesia PT Pengembangan lnvestasi Riau, Rida k Liamsi.

Tujuan dari kerjasama, salah satunya untuk memfasilitasi proses Heads of Agreement (hoa) atau Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) yang akan mengalokasikan gas di Riau. hal itu dimaksudkan untuk menyediakan tenaga listrik untuk mendukung pelaksanaan Pekan olah Raga Nasional (PoN) ke XVlll tahun 2012 dan untuk persiapan pengembangan kawasan Ekonomi khusus (kEk) dumai.

Edis

i No

. 25

Tah

uN

kE-

3, a

PRiL

201

0

8

Page 9: PGN Inside Apr 2010

info PGN

kalimat bernada persuasif hidup bersih dan peduli bagi kesehatan ini, akan mudah ditemui di beberapa sudut ruangan sekitar kantor Perusahaan Gas Negara (PGN).

Mulai saat ini, kampanye hidup bersih di sekitar perkantoran, tempat yang menjadi sarana bekerja karyawan PGN, akan terus digalakkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Melalui surat keputusan direksi, secara resmi PGN telah membentuk Tim keselamatan kantor dan Pengamanan kantor Pusat.

Pembentukan Tim keselamatan kantor dan Pengamanan kantor Pusat dinilai mempunyai arti positif, khususnya dalam hal menyadarkan arti pentingnya kesehatan bagi para karyawannya. Pasalnya, selama ini, kesehatan para karyawan dianggap belum sepenuhnya terperhatikan.

Melalui sub Tim hygiene yang diketuai oleh susy hermawati telah melakukan sosialisasi hidup bersih yang dimulai dengan cara sederhana seperti mencuci tangan sebelum melaksanakan kegiatan ataupun aktifitas.

Tidak hanya itu, selain sosialisasi gerakan sehat mencuci tangan sebelum melaksanakan kegiatan ataupun aktifitas, sub Tim hygiene juga membuat stiker yang berkaitan dengan kesehatan perorangan.

”dicontohkan, penempatan stiker dilarang merokok dan stiker tutup mulut bila batuk akan ditempatkan di lobby dan ruang kerja. stiker tempat merokok akan ditempel di area atau ruang yang memang dikhususkan untuk merokok. sedangkan, stiker cuci setelah digunakan dan stiker buang sampah pada tempatnya akan diletakkan di pantry atau dapur,” ujarnya.

dengan moto ”Let’s do Hygiene”, sosialisasi hygiene telah dilaksanakan pada 5 hingga 7 april 2010 bertempat di Gedung a, B dan C dengan menampilkan duta hygiene dari divisi LuPP. sementara, penempelan stiker kesehatan (Hygiene) dilakukan pada 31 Maret hingga 5 april 2010 yang mengambil fokus di tiga tempat, yaitu di kantor Pusat

PGN Kampanyekan

”Let’s do Hygiene” (Gedung a, B, C dan utilitas), Mess Mega Mendung dan Wisma diklat Bandung.

sosialisasi Hygiene oleh duta Hygiene juga dilakukan bertepatan dengan kegiatan Budaya Perusahaan (ProCISE) dengan menampilkan stiker ”Let’s do Hygiene” pada 8 april 2010 yang bertempat di hotel Borobudur.

kedepan, menurut susy, program mencuci tangan sebelum beraktifitas akan terus menerus dilaksanakan dengan meletakkan cairan antiseptik di lobby gedung a, B dan C. selain itu, pihaknya akan melakukan inspeksi secara berkala terhadap sarana dan fasilitas terkait dengan Hygiene.

Tujuan akhirnya jelas, mengajak seluruh karyawan peka dan sadar pada lingkungan bersih yang diawali dari diri sendiri sehingga menciptakan lingkungan sehat di kawasan perkantoran.

seperti kata pepatah, dalam tubuh yang sehat terhadap jiwa yang kuat.

(Jakarta/PGN Inside)

Edisi N

o. 25 Ta

hu

N kE-3, a

PRiL 2010

9

Page 10: PGN Inside Apr 2010

keluarga kita

BERITA KELAHIRAN

BERITA DUKA CITA

keluarga Besar PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk turut berbahagia atas kehadiran sang buah hati, semoga menjadi anak shalih/shalihah, berbakti kepada orang tua, dan menjadi tunas harapan bangsa.

keluarga Besar PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menyampaikan bela sungkawa dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada almarhum/almarhumah. semoga Tuhan YME menerima amal ibadahnya, dan bagi keluarga diberi ketabahan.

DAFTAR ULTAH PEGAWAI PGN

Nama Pegawai Tgl Lahir Satuan /Unit Kerja

sony achmad 1 Mei sBu TsJ

achmad Fahruzaman 2 Mei PTGi

antonius aris sudjatmiko 2 Mei PTGi

ade Zulkarnaen 2 Mei Pusat

Tridarty Rame Tulus Tambunan 3 Mei sBu TsJ

anindito 5 Mei sBu TsJ

John helmon Manurung 5 Mei PTGi

Etiko kusjatmiko 6 Mei Pusat

Wahyu hardian 7 Mei sBu TsJ

sri suminarti 8 Mei Pusat

Laura Gultom 10 Mei Pusat

Edwin alfani soleh 10 Mei Pusat

kartono 10 Mei sBu TsJ

Richard Napitupulu 10 Mei Pusat

hari Nurcahyanto 11 Mei PdJB

Widya ayu Ratnasari 11 Mei Pusat

kokoh Parlindungan 11 Mei Pusat

agus sukriya 12 Mei Pusat

Wahyu irianto 12 Mei sBu TsJ

Luky agung Yusgiantoro 12 Mei PTGi

Triyono heriyanto 13 Mei Pusat

Nama Pegawai Tgl Lahir Satuan/Unit Kerja

ardith Wedha sudana 13 Mei Pusat

Liza soenar Windarti 14 Mei Pusat

aris Nugroho 14 Mei PTGi

Ninik sunarti 14 Mei sBu TsJ

Lisna Wahijawati 16 Mei Pusat

herman hartanto 16 Mei Pusat

Meidy aryaldi 16 Mei Pusat

Mahfudz 16 Mei Pusat

anang Wahyudi 17 Mei PdJB

Tis’an sobichah 18 Mei Pusat

Timbul Pramono 20 Mei Pusat

R. hanny setiawan 20 Mei sBu TsJ

Rini Restumi 23 Mei Pusat

Efi Muzdalifah 23 Mei Pusat

adhi Nugroho 23 Mei Pusat

Bukti Tamba 25 Mei Pusat

idrul 26 Mei Pusat

arif Yunizar 27 Mei PdJB

Reza Yusandi 27 Mei Pusat

Lintong sopar Ms. 29 Mei PdJB

Niken astria safitri 30 Mei sBu TsJ

Nama Pegawai Nama Istri / Suami Nama Anak Tanggal Kelahiran

Satuan/Unit Kerja

Yatmoko Nugroho Nanda P anggrainy adzkiya Namiro shafana 10 Maret 2010 Pusat

Riko Teguh s. Wibisono Nuruk kamaril Ngasarati Yudhistira Fausta hamdani 14 Maret 2010 sBu dW ii Jabati

Elfan Triawan irma damayanti Nadhifa azkia izzanafisa 8 april 2010 Pusat

Nama Meninggal Dunia Keterangan

sutarsiyah sobirin 21 april 2010 orang tua dari agus saptono

Edis

i No

. 25

Tah

uN

kE-

3, a

PRiL

201

0

10

Page 11: PGN Inside Apr 2010

terbangunnya sistem dalam mengelola perubahan, sub komite investigasi insiden menangani insiden yang terjadi agar tidak terulang, dengan menganalisa penyebabnya, pelajaran yang diperoleh, dan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah terulangnya kejadian.

sub-komite terakhir adalah sub-komite Contractor Management Safety yang berfungsi turut menyeleksi kontraktor dari segi persyaratan safety.

dalam meeting ini ditemukan bahwa masing-masing sub-komite harus terus meningkatkan intensitas kerjanya di sela-sela kesibukan masing-masing anggota pada pekerjaan utamanya. (irf )

info SBU DW I JBB

info SBU DW III Sumbagut

Putri duyung Cottages (Taman impian Jaya ancol-Jakarta utara), 25 Februari 2010, menjadi saksi digelarnya event yang mereview Perjalanan Menuju Safety yang sedang

dijalani sBu dW i JBB.

duPont sebagai konsultan safety sudah beberapa lama mendampingi PGN terutama sBu dW i JBB, untuk menanamkan budaya baru yang mengandung nilai-nilai safety, dalam operasional perusahaan sehari-hari. Pertemuan ini merupakan review akan implementasi safety selama ini, disamping merupakan ajang sosialisasi sub-sub komite dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

sub-sub komite ini memiliki tugas masing-masing, yang keseluruhannya mendukung perjalanan menuju zero accident hingga zero incident untuk mewujudkan PGN menjadi world class company.

Terdapat enam sub-komite yang memaparkan presentasi sosialisasi protokolnya, antara lain sub-komite Prosedur, sub-komite audit dan observasi, sub-komite Emergency Repsonse, sub-komite Management of Change, sub-komite investigasi insiden. dan sub-komite Contractor Management Safety.

sub-komite Prosedur bertujuan untuk memastikan tersedianya dokumen acuan kerja (dak), review, revisi dan penyusunannya. sub-komite audit dan observasi melakukan audit RCa untuk mengaudit kondisi di lapangan, sedangkan sub-komite Emergency Response adalah tanggap gawat jaringan, menangani dengan segera keadaan gawat di jaringan. kemudian sub komite Management of Change (MoC) memiliki tujuan untuk memastikan

Central Safety Committee Meeting danSosialisasi Protokol Sub Komite(Jakarta/PGN Inside)

acara pengukuhan dan sertijab Pekerja sBu iii sumbagut Peringkat Jabatan V s/d Vii dilaksanakan pada tanggal 26 april 2010.

Bertempat di Ruang kerja sekda Pempropsu RE.Nainggolan, kamis 25 Maret 2010 dilaksanakan pertemuan untuk membicarakan berbagai hal terkait pembangunan LNG di sumatera utara.

Pertemuan ini dihadiri oleh korpel LNG doddy adianto dan dinas terkait diantaranya Bappeda, dinas Ekonomi,dinas Pertambangan Energi. Pertemuan ini diawali oleh sekda selanjutnya korpel LNG menyampaikan beberapa hal terkait perizinan yang memerlukan kerjasama dari dinas-dinas terkait yang berhubungan langsung dengan kegiatan proyek LNG sumut. Pertemuan ini diharapkan adanya dukungan dari pemerintah setempat yang dalam hal ini sekda meminta agar dinas terkait membantu kelancaran perizinan yang dibutuhkan oleh LNG khususnya untuk memenuhi kebutuhan Gas di sumatera utara. (Slr)

untuk meningkatkan kompetensi pekerja dibidang peralatan MRs , pada tanggal 20 s/d 22 april 2010 dilaksanakan Pelatihan MRs

yang diikuti oleh pekerja bidang operasional dan Teknik bertempat di area diklat sBu iii area Medan.

(Medan/PGN Inside)

(Medan/PGN Inside)

(Medan/PGN Inside)

Tim LNG Sumut Sambangi Sekda Pemprov Sumut

Edisi N

o. 25 Ta

hu

N kE-3, a

PRiL 2010

11

Page 12: PGN Inside Apr 2010

serangkaian acara kian semarak dalam menyambut ulang Tahun PGN yang ke-45 tahun. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh PGN untuk memasuki usia ke-45 bukanlah sebuah

rangkaian acara biasa yang berujung tanpa suatu makna. Pada Minggu 25 april 2010 bertempat di Logde, Jagorawi digelar sebuah acara menarik yaitu karnaval 45 Tahun PGN dengan tema “Berbagi keceriaan Bersama”. semangat yang diusung kali ini berbeda dengan perayaan ulang tahun sebelumnya. Tujuannya terlihat sederhana, tapi bermakna mendalam. dengan melibatkan seluruh karyawan PGN, dari mulai jajaran direksi tertinggi hingga outsourcing, kegiatan family gathering ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kebersamaan dan keakraban. seiring dengan pencapaian kinerja PGN yang tumbuh secara positif di tahun 2010, maka karnaval 45 Tahun PGN diwarnai dengan semangat berbagi antar karyawan yang diharapkan mampu berkompetisi untuk kedepannya.

Semangat Berbagi Bersama PGN di Karnaval 45 Tahun