lkm aves 1 kelompok 4 pbb 2012

5
LEMBAR KERJA MAHASISWA MATAKULIAH : Taksonomi Vertebrata MATERI : Kelas Aves WAKTU : 20 menit Tujuan: 1. Mahasiswa dapat membedakan ciri-ciri umum aves dari ciri umum ikan, amfibi, dan reptil 2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri morfologi aves yang penting untuk identifikasi 3. Mahasiswa dapat menganalisis jenis pakan burung berdasarkan tipe paruh. 4. Mahasiswa dapat memprediksi habitat burung berdasarkan tipe kaki. Kelas Aves Karakter pembeda unggas (aves) adalah tubuh tertutup oleh bulu; tungkai depan mengalami modifikasi menjadi sayap, biasanya untuk terbang; dan tungkai belakang untuk berjalan, berlari, atau berenang. Burung diduga berevolusi dari Reptilia. Untuk mendapatkan kemampuan terbang, ada beberapa penyesuaian (adaptasi) pada burung terkait dengan skeleton, bulu, maupun fungsi tubuh. Namun demikian, ada beberapa burung yang tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Burung yang tidak dapat terbang dikelompokkan dalam Ratitae, sedangkan burung yang dapat terbang dikelompokkan ke dalam Carinatae. Kemampuan terbang burung yang tergolong Carinatae tidak sama, tidak semuanya mampu terbang tinggi. Berdasarkan kemampuan terbangnya. Carinatae dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok burung yang pandai terbang, kelompok burung yang tidak pandai terbang, dan kelompok burung yang tidak terbang sama sekali, misalnya penguin. Bacalah pertanyaan berikut dengan teliti, selanjutnya jawablah di ruang kosong yang tersedia. 1. Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, Anda telah mempelajari ikan, amfibi, dan reptil. Dengan menggunakan tabel, bandingkan ciri umum Pisces (ikan), Amphibia, Reptilia, dan Aves (unggas), meliputi tempat hidup, lokomosi, ciri jantung, alat pernapasan, suhu tubuh, dan karakteristik reproduksi. Jawab: 1 Nama Kelompok 4 PBB 2012 Margareth C.A 12030204012 Fransiska D. 12030204010

Upload: margarethclairine

Post on 29-Sep-2015

22 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

LKM aves

TRANSCRIPT

LEMBAR KERJA MAHASISWA

MATAKULIAH: Taksonomi VertebrataMATERI

: Kelas AvesWAKTU

: 20 menit

Tujuan:

1. Mahasiswa dapat membedakan ciri-ciri umum aves dari ciri umum ikan, amfibi, dan reptil2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri morfologi aves yang penting untuk identifikasi3. Mahasiswa dapat menganalisis jenis pakan burung berdasarkan tipe paruh.4. Mahasiswa dapat memprediksi habitat burung berdasarkan tipe kaki.Kelas AvesKarakter pembeda unggas (aves) adalah tubuh tertutup oleh bulu; tungkai depan mengalami modifikasi menjadi sayap, biasanya untuk terbang; dan tungkai belakang untuk berjalan, berlari, atau berenang. Burung diduga berevolusi dari Reptilia. Untuk mendapatkan kemampuan terbang, ada beberapa penyesuaian (adaptasi) pada burung terkait dengan skeleton, bulu, maupun fungsi tubuh. Namun demikian, ada beberapa burung yang tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Burung yang tidak dapat terbang dikelompokkan dalam Ratitae, sedangkan burung yang dapat terbang dikelompokkan ke dalam Carinatae.Kemampuan terbang burung yang tergolong Carinatae tidak sama, tidak semuanya mampu terbang tinggi. Berdasarkan kemampuan terbangnya. Carinatae dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok burung yang pandai terbang, kelompok burung yang tidak pandai terbang, dan kelompok burung yang tidak terbang sama sekali, misalnya penguin.Bacalah pertanyaan berikut dengan teliti, selanjutnya jawablah di ruang kosong yang tersedia.1. Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, Anda telah mempelajari ikan, amfibi, dan reptil. Dengan menggunakan tabel, bandingkan ciri umum Pisces (ikan), Amphibia, Reptilia, dan Aves (unggas), meliputi tempat hidup, lokomosi, ciri jantung, alat pernapasan, suhu tubuh, dan karakteristik reproduksi.

Jawab:PembedaPiscesAmphibiReptiliaAves

Tempat HidupAirAir dan daratSebagian besar di darat, sesekali di air. Darat

LokomosiBerenangBerenang, meliang, meloncat, meluncur, merayap.Berenang, merayap.Sebagian besar terbang, namun ada beberapa yang menggunakan tungkai belakang untuk berjalan dan bukan penerbang aktif.

Ciri JantungMemiliki 2 ruang : 1 atrium dan 1 ventrikelMemiliki 3 ruang. 2 atrium dan 1 ventrikel. 3 ruang. Kecuali pada buaya 4 ruang.4 ruang : 2 atrium dan 2 ventrikel.

Alat PernafasanInsang dan celah insang.Kulit dan paru-paruParu-paruParu-paru

Suhu tubuhPoikilotermPoikilotermPoikilotermHomoeoterm

Karakteristik ReproduksiFertilisasi EksternalFertilisasi EksternalFertilisasi InternalFertilisasi Internal

2. Anda dapat membedakan unggas atau aves dari anggota vertebrata lainnya berdasarkan karakter pembedanya, yaitu tubuh tertutup bulu, bersayap, dan memiliki dua kaki. Namun, bagaimana Anda dapat mengidentifikasi mereka, mengenali bahwa ini adalah burung A, burung B, burung C, dan sebagainya. Menurut Anda, bagaimana cara mengidentifikasi burung atau unggas berdasarkan ciri morfologinya?

Jawab:Untuk mengidentifikasi tipe burung A, B, maupun C, yaitu dengan melihat ciri morfologinya antara lain : Bentuk paruh, bentuk kaki, warna bulu, struktur bulu, ekor, sayap, jambul di kepala, warna kepala. 3. Gambar berikut adalah tipe-tipe paruh burung, berdasarkan gambar tersebut, analisislah jenis makanan dan berikan satu contoh burung yang memiliki tipe paruh seperti itu.

Jawab:Tipe A : Burung Penghisap nektar. Contoh : Burung KolibriTipe B : Burung Pemakan serangga dengan melubangi pohon. Contoh : Burung pelatuk.Tipe C : Burung pemakan ikan. Contoh : Burung pelikan.

Tipe D : Burung pemakan ikan. Contoh : Burung BangauTipe E : Burung yang mencari makan ditempat berlumpur, atau air. (cacing) Contoh: Bebek.Tipe F : Burung pemakan daging. Contoh : Burung Elang.Tipe G : Burung pemakan Biji kecil. Contoh : Burung Pipit.Tipe H : Burung pemakan serangga terbang. Contoh : Burung Camar.Tipe I : Burung pemakan Biji Besar atau cemara (dipecah terlebih dahulu). Contoh : Burung Beo.4. Burung menempati berbagai tipe habitat. Bentuk atau tipe kaki burung dapat menjadi ciri penting untuk identifikasi sekaligus memberikan informasi tentang cara hidup dan habitat burung tersebut. Cermati gambar berikut, prediksikan habitat burung untuk setiap tipe kaki tersebut, serta berikan satu contoh burung di sekitar Anda untuk setiap tipe.Jawab:Tipe A : Habitat : Di Pohon, hidup bertengger Contohnya ialah burung pipit. Tipe B : Habitat : Di tanah, bukan penerbang aktif. Contohnya ialah ayam.Tipe C : Habitat memanjat dan menggantung di pohon. Contohnya ialah Burung Kakak Tua.Tipe D : Habitat : Di tanah berlumpur. Contohnya ialah bebek.

Tipe E : Habitat : Di Darat (terbang bebas). Contohnya ialah Burung Elang.

Nama Kelompok 4 PBB 2012

Margareth C.A12030204012

Fransiska D.12030204010

Mega S. A.12030204023

Safira D.L.12030204213

3