komunikasi antarbudaya ppt (modul 1).ppt

Download Komunikasi Antarbudaya PPT (modul 1).ppt

Post on 04-Mar-2016

82 views

Category:

Documents

9 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Universitas Terbuka Korea-Gregorius R. Harvianto-

  • Buku Pegangan : Komunikasi Antarbudaya, Desideria dkk, Universitas Terbuka 2011.Buku ini terdiri dari 9 modul, namun akan dibahas dalam 8 kali pertemuanPertemuan 1 : Pengertian & Ruang Lingkup Studi Komunikasi Antarbudaya (KAB)Pertemuan 2 : Kebudayaan dan KomunikasiPertemuan 3 : Persepsi, Pandangan Dunia, Keyakinan, Perspektif serta Organisasi SosialPertemuan 4 : Prinsip & Penerapan Komunikasi Dalam KABPertemuan 5 : Komunikasi Antarbudaya dalam ProsesPertemuan 6 : Pesan Nonverbal dalam Komunikasi AntarbudayaPertemuan 7 : Pengertian Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Massa, dan Proses Persuasi pada KABPertemuan 8 : Langkah-Langkah ke Arah KAB yang Lebih Efektif & Penelitian KABMetode Pembelajaran : Tutorial Online dan Tatap MukaKomponen PenilaianTugas 1, Tugas 2 dan Tugas 3 Partisipasi (keaktifan)Ujian Akhir

  • Istilah yang diperkenalkan oleh Marshal McLuhan (1962)!!!Mari kita lihat sekililing kita:E-mail, PDA, SMS, MMS, Internet, Facebook, Youtube, KakaoTalk, Messenger, Whatsup, dll.

    Apa sajakah pengaruh keajaiban teknologi di atas buat kita?

  • - Komunikasi yang membuat frustasi dan penuh hambatan+ Dengan penuh pengertian, justru akan ada komunikasi yang efektifDalam Komunikasi antar budaya kita dihadapkan terdapat:Perbedaan bahasaAturan-aturanNorma-norma

  • 1. Kemajuan Teknologi (Komunikasi dan Transportasi)2. Populasi Dunia (SDM dan SDA)3. Konflik antarnegara /antarpendudukKonflik hadir oleh adanya perbedaan kepentingan dan tujuan4. Ekonomi Global (Kerjasama Ekonomi)Era globalisasi, kompetisi global.Pembangunan jaringan bisnis global.

  • Adanya budaya lain yang muncul dalam suatu lingkup budaya yang sudah mapan (subkultur/subbudaya)IMIGRASI ???Kuncinya: bersatu, bersama membangun negara dalam segala aspek kehidupan.Mengkomunikasikan ide, gagasan, kritik dan saran. Bisa?

  • Komunikasi sebagai alat untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, melalui simbol-simbol yang disepakai bersama, yaitu bahasa tulisan, bahasa lisan, gerak tubuh, ekspresi wajah dan para bahasa. Komunikasi suatu proses pertukaran pesan antara dua invididu atau lebih dengan menggunakan simbol komunikasi yang disepakati bersama melalui suatu medium dan merupakan suatu proses timbal balik antara kedua invididu yang bersangkutan dalam konteks tertentu.

  • Everett RogersJoseph A.de VitoHarold LaswellSamovar & Porter

    *Buka buku pedoman untuk mengetahui apa yang dikatakan oleh pakar pakar.

  • Komunikasi adalah suatu proses pertukaran pesan (exchanging messages) untuk pemahaman yang sama dengan cara efektif.Orang berkomunikasi tak bisa lepas dari cara bagaimana dia dibesarkan atau lingkungan di mana dia berasal. Dari segi cara, ada dua macam cara manusia berkomunikasi:Komunikasi lisan (verbal)Komunikasi non-verbal.

  • Dalam komunikasi terjadi proses pembentukan arti. Apa maksudnya?Komunikasi merupakan suatu proses yang terus menerus berubah karena sifatnya dinamis, sepanjang hidup kita sebagai manusia.Saat berkomunikasi, manusia melakukan proses pembuatan kesimpulan. Apa maksudnya?Mengapa manusia cenderug melihat budaya asing dari perspektif budayanya sendiri?Isi dari pesan yang tersampaikan menentukan kelancaran komunikasi. Apa maksudnya?

  • Pada awalnya hanya diplomat, pemerintah, politikus, pakar ekonomi, pakar pendidikan, dll.Saat ini: pada era globalisasi Tuntutan untuk mampu melakukan komunikasi lintas budaya.Dimulai dari diri sendiri, masyarakat, bangsa dan dunia.

  • Universitas Terbuka Korea-Gregorius R. Harvianto-