komunikasi antarbudaya ppt (modul 1)

Click here to load reader

Post on 28-Oct-2015

188 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Universitas TerbukaKorea

  • Buku Pegangan : Komunikasi Antarbudaya, Desideria dkk, Universitas Terbuka 2011.Buku ini terdiri dari 9 modul, namun akan dibahas dalam 8 kali pertemuanPertemuan 1 : Pengertian & Ruang Lingkup Studi Komunikasi Antarbudaya (KAB)Pertemuan 2 : Kebudayaan dan KomunikasiPertemuan 3 : Persepsi, Pandangan Dunia, Keyakinan, Perspektif serta Organisasi SosialPertemuan 4 : Prinsip & Penerapan Komunikasi Dalam KABPertemuan 5 : Komunikasi Antarbudaya dalam ProsesPertemuan 6 : Pesan Nonverbal dalam Komunikasi AntarbudayaPertemuan 7 : Pengertian Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Massa, dan Proses Persuasi pada KABPertemuan 8 : Langkah-Langkah ke Arah KAB yang Lebih Efektif & Penelitian KABMetode Pembelajaran : Tutorial Online dan Tatap MukaKomponen PenilaianTugas 1, Tugas 2 dan Tugas 3 Partisipasi (keaktifan)Ujian Akhir

  • Istilah yang diperkenalkan oleh Marshal McLuhan (1962)!!!Mari kita lihat sekililing kita:- E-mail, PDA, SMS, MMS, Internet, Facebook, Youtube, KakaoTalk, Messenger, Whatsup, dls.

    Apa sajakah pengaruh keajaiban teknologi di atas buat kita?

  • 1. Kemajuan Teknologi2. Populasi Dunia3. Konflik antarnegara /antarpenduduk4. Ekonomi Global

    * Beberapa hal yang wajib diketahui dalam modul 1 (bagian A)Budaya dominan, kemajuan teknologi transportasi, ciri utama globalisasi

  • BUDAYA DALAM BUDAYA(MODUL 1/B)

  • KOMUNIKASIKomunikasi dipakai sebagai alat untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, melalui simbol-simbol yang disepakai bersama, yaitu bahasa tulisan, bahasa lisan, gerak tubuh, ekspresi wajah dan para bahasa. Komunikasi adalah suatu proses pertukaran pesan antara dua invididu atau lebih dengan menggunakan simbol komunikasi yang disepakati bersama melalui suatu medium dan merupakan suatu proses timbal balik antara keduainviditu yang bersangkutan dalam konteks tertentu.

  • MARI KITA PELAJARI LEBIH LANJUT DEFINISI KOMUNIKASI MENURUT BEBERAPA PAKAR BERIKUT INI*Everett RogersJoseph A.de VitoHarold LaswellSamovar & Porter

    Harodl Laswell: Who says what in which channel to whom with what effect?* Acu pada buku pedoman untuk mengetahui apa yang dikatakan oleh pakar lainnya.

  • HAL-HAL PENTING YANG PERLU DIKETAHUIKomunikasi adalah suatu proses pertukaran pesan (exchanging messages)Orang berkomunikasi tak bisa lepas dari cara bagaimana dia dibesarkan atau lingkungan di mana dia berasal. (Cari apa maksudnya ini!)Dari segi cara, ada dua macam cara manusia berkomunikasi: - Komunikasi lisan (verbal)- Komunikasi nonverbal.

  • LANJUTAN Dalam komunikasi terjadi proses pembentukan arti. Apa maksudnya?Komunikasi merupakan suatu proses yang terus menerus berubah karena sifatnya dinamis, sepanjang hidup kita sebagai manusia.Saat berkomunikasi, manusia melakukan proses pembuatan kesimpulan. Apa maksudnya?Mengapa manusia cenderug melihat budaya asing dari perspektif budayanya sendiri?Isi dari pesan yang tersampaikan menentukan kelancaran komunikasi. Apa maksud dari pernyataan ini?