kliping media tanggal 30 maret 2016

43
KLIPINGMEDIA BAflN IIIIIIA$ SffDA }I]RBAIil{GOA HARIAN BAI\TI'IJMAS - J*4-4."r.* _ Tarif Parkir Pasar Masih Teta PURBALI GGA- I4eskipun Pasar Segamas tengah menghadapi proses lelang parkir tertini dan memburu nilai kond&k yang tinggi, hal ini tidak berpengaruh pada tarif penarikan parkir alias sama dengan sebelumnya. Namun demikian, pjhak pasar menuntut agar pengelolaan parkir tidak mengalami kebocoran. "Meskipun kontrak lelang baru, tarif parkir masih tetap, yaitu untuk sepeda motor Rp 1.000 dan mobil Rp 2.000. Ini sudah diatur dalam Perda Purbalingga No 5 tahun 2012," kata Kepala Pasar Segamas Sunarto, Selasa (2913). Pemenang lelang parkir Pasar Segamas yang baru nantinya dimiota agar tidak sampai mengalami kebocoran dalam mengelola parkir di pasar terbesar di Purbalingga itu. Hal ini ditegaskan, agar pendapatan parkir setiap tahunnya bisa terus ditingkatkan. Menurutnya, tahun lalu dinilai masih ada sejumlah kebocoran dan ketidakteraturan dalam penataan parkir. lveskipun memenuhi target, pendapatan dinilai kurang maksimal, "Terutama untuk penjaga parkir di pintu depan dan golangan harus disiplin dalam menarik parkir," katanya. Di samping itu, dia menuntut agar pengaturan kendaraan ydng masuk ke komplek golangan saat dinihari juga harus ditertibkan, sehingga tidak semrawut, Dalam klausul lelang parkir kali ini, pihaknya juga mensyaratkan agar perusahaan jasa parkir menyediakan minimal 37 petugas yang mengelola dan menjaga parkir di pasar ini. "Ini juga diperlukan agar tidak ada lagi kasus curanmor di sini, sebab itu sangat memalukan," katanya. Hampir Selesai Sunarto menuturkan, proses lelang parkir Pasar Segamas sudah hampir selesai, Berdasarkan pengumuman lelang, perusahaan jasa parkir yang memenangi adalah CV Maju Mapan dengan kesanggupan menyetorkan Rp 90.100.000 per bulannya. Namun demikian, hingga kemarin masih dalam masa sanggahan. "Jika tidak ada sanggahan, 31 l,4aret ini baru penandatanganan kontrak, bertepatan dengan habisnya konkak pengelola sebelumnya," katanya, Seperti diketahui, pada 2015, PAD Pasar Segamas telah melampaui target ybng ditetapkan , oleh penikab. Dari target semua jenis retribusi Pasar Segamas sebesar Rp 2,64 miliar, tahun lalu mampu terealisasi Rp 2,873 miliar Dengan demikian teldh melampaui sebesar Rp 233 juta. Untuk retribusi parkir menyumbang Rp 1,174 miliar. (msos46) BAGI {N I]LINIAS SETDA KABLIPATEN PIJRBAI-IN(X;A

Upload: humas

Post on 27-Jul-2016

241 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAflN IIIIIIA$ SffDA }I]RBAIil{GOA

HARIAN BAI\TI'IJMAS

-

J*4-4."r.* _

Tarif Parkir Pasar Masih TetaPURBALI GGA- I4eskipunPasar Segamas tengahmenghadapi proses lelangparkir tertini dan memburunilai kond&k yang tinggi, halini tidak berpengaruh padatarif penarikan parkir aliassama dengan sebelumnya.Namun demikian, pjhakpasar menuntut agarpengelolaan parkir tidakmengalami kebocoran.

"Meskipun kontrak lelangbaru, tarif parkir masihtetap, yaitu untuk sepedamotor Rp 1.000 dan mobilRp 2.000. Ini sudah diaturdalam Perda Purbalingga No5 tahun 2012," kata KepalaPasar Segamas Sunarto,Selasa (2913).

Pemenang lelang parkirPasar Segamas yang barunantinya dimiota agar

tidak sampai mengalamikebocoran dalam mengelolaparkir di pasar terbesardi Purbalingga itu. Halini ditegaskan, agarpendapatan parkir setiaptahunnya bisa terusditingkatkan.

Menurutnya, tahunlalu dinilai masih adasejumlah kebocorandan ketidakteraturandalam penataan parkir.lveskipun memenuhi target,pendapatan dinilai kurangmaksimal, "Terutama untukpenjaga parkir di pintudepan dan golangan harusdisiplin dalam menarikparkir," katanya.

Di samping itu, diamenuntut agar pengaturankendaraan ydng masukke komplek golangan

saat dinihari juga harusditertibkan, sehingga tidaksemrawut, Dalam klausullelang parkir kali ini,pihaknya juga mensyaratkanagar perusahaan jasa parkirmenyediakan minimal 37petugas yang mengeloladan menjaga parkir di pasarini. "Ini juga diperlukanagar tidak ada lagi kasuscuranmor di sini, sebabitu sangat memalukan,"katanya.

Hampir SelesaiSunarto menuturkan,

proses lelang parkir PasarSegamas sudah hampirselesai, Berdasarkanpengumuman lelang,perusahaan jasa parkir yangmemenangi adalah CV MajuMapan dengan kesanggupan

menyetorkan Rp 90.100.000per bulannya. Namundemikian, hingga kemarinmasih dalam masasanggahan. "Jika tidakada sanggahan, 31 l,4aretini baru penandatanganankontrak, bertepatan denganhabisnya konkak pengelola

sebelumnya," katanya,Seperti diketahui,

pada 2015, PAD PasarSegamas telah melampauitarget ybng ditetapkan

, oleh penikab. Dari targetsemua jenis retribusi PasarSegamas sebesar Rp 2,64miliar, tahun lalu mamputerealisasi Rp 2,873 miliarDengan demikian teldhmelampaui sebesar Rp 233juta. Untuk retribusi parkirmenyumbang Rp 1,174miliar. (msos46)

BAGI {N I]LINIAS SETDA KABLIPATEN PIJRBAI-IN(X;A

Page 2: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAflAl{ H[]itA$ $MDA PI]RBATII{OOA

HARIANBANYI.IMAS

-

I d*q-r-*

-RABU, 30 N{ARIT 20t 6

Setahun, Satu Warga Ditarget iMakan, Satu Buku

PURBAUITGGA- tvtinat bacamasyamlet yang minim menjadipekerjaan rumah bagi pemkab, dalamfungsi meningkatkan sumber dayamanusia (SDM) masyarakatnya. KantorPerpustakaan dan Arsip Daerah (KpAD)memberikan solusi, salah satunyadengan sistem layanan perpustakaanpesan-antar.

Kepala KPAD Sidik purwanto berharao.dengan sistem tersebut, koleki bacaanyang dimiliki kantomya bisa menjangkaumaslarakat yang jauh atau malas datanoke perpustakaan, ',Sebab, hanpan kamisetidaknya satu warga purbalinggadalam setahun minimal bis3 ,makan,

atau menyelesaikan baci satu buku saia.itu sudah bagusr' katanya saat ditemui

'

Harmas, Senifi l2B/3).Dia menga-t+an, kunjungan di

perpustakaaf ffikh menuniukkanangka yang cukup baik, yak;i 2OO

. pengunjung per hari. Hanya saja,menurutnya, para pengunjung masihdidominasi kalangan pelaiar dengankeperluan mengedakan tuqas sekolah.Sementara pengunjung dari kalanganmasyarakat dinilai masih minim.

"Layanan pesan-antar rencananyaa(an kami launching pada AQnlmendatang, Software dan hardwaresudah kami siapkan. Ieknisnya,masyarakat bisa mengakses katalogperpustakan dengan internet,kemudian bisa dipilih dan dimintadiafltarkan. Ini gratis, termasuk saatjatuh tempo pengembalian juga akankamijemput," katanya.

Disamping itu, khusus untukpersiapan layatan terbaru ini, pihaknyatelah menyediakan 6 orang petugaspengantar dan 2 armada mobil.Sidik menutu*an, layanan ini lebihdititikbeGtkan untuk masyarakat,

khususnya yang bemda jauh dariperkotaan untuk bisa mendapatkanIayanan ini, "Misalnya dari pengadegan,RemDang, Karangmoncol, Karangjambu,Karangreja mereka cukup jauh darikantor peryustakaan, maka mereka bisamemanfaatkan layanan ir,,, katanya.

Sementara pelayanan peminjamanbuku di KPAD saat ini telahmen99unakan sistem elektronik, yaknikartu memDer dengan barcode. Saalini telah terdaftar sebanyak 18 ribumember. Sedangkan koleksi bukumencapai 48 ribu buku dengan 24 ribujudul.

Sidik menegaskan, buku-bukuyang ada di KPAD hanya bolehdipinjam oleh warga yang ber-KTpPurbalingga. "Warga dari luar daerahtetap boleh datang dan baca-bacabuku, tapi belum diperkenankan untukmeminjam," ungkapnya. (msos_06)

BAGIAN HIJMAS SII,TDA KABT]PATEN PURBAI,INGGA

Page 3: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIABAOIAil IItIlilAS stMA PINBATT{GGA

50 Penderes JatuhdanPohon Kelapa

r Rata-Rata SetahunPURBALI GGA- Pekerjaanpenderes tidak bisa tedepasdari risiko kecelakaan.Setiap tahun, di Purbalingga

rata-rata sekitar 50 orarigpenderes terjatuh dari '-

pohon kelapa, sebagian '

berujung meregang nyawa

dan sebagian hanya lukaatau cacat,

Tlga bulan temkhir,

Desember 2015 hingga

Februari 2016, tujuh orangpetani penderes meninggal

akibat terjatuh dari Pohonkelapa. sementard enam

orang lainnya juga sudahmenerima santunan dari

Bagian Kesejahtecan Rakyat(Kesra) setda, karena

menderita luka berat danperlu perawatan intensii

"Hampir setiap tahunlebih dari 20 oranq yang

kehilangan nyawanya

karena terjatuh dari pohon,"

kata Kepala Sub Bagian

Bina sosial pada Bagian

Kesra Setda Windu Hartono,Selasa (2913).

Berdasarkan data, angka

kecelakaan petani penderes

dalam dua tahun terakhircenderung sama. Pada 2014

lalu, terjadi 56 kecelakaan

dan mengakibatkan 29

kematian serta 5 cacat dan

20 orang luka beGt. Tahun

berikutnya juga tercatat 50

kejadian kecelakaan, 23

orang di antaGnya meninggal

dan selebihnya luka berat.

"Sejauh ini baru penyaluran

santunan saja yang bisa

diberikan. Ini sudah

dimulai sejak era Bupati

Triyono Budi Sasonoko,waktu itu jumlahnya cuma

sedlkit. sekamng pemkab

memberikan banhlanmasing-masing sebesar Rp

5 juta untuk keluarga yang

ditinggalkan dan bantuan

Rp 1 juta untuk pengobatan

bagi petani penderes yang

mengalami luka bemt,"katanya.

Menurut Windu,kecelakaan kerja pampenderes-terjadi di hampirseluruh keeamatan. Tapi,

angka kecelakaan tertinggiterjadi pada penderes dikawasan Karanganyar,Bojongsari, Kutasari, danKaligondang. "Mungkinkarena kawasan-kawasan itusentn gula kelapa denganjumlah penderes terbanyak,"katanya. (msos46)

BAGI,AN HU}VIAS SF,TDA KABT IPATFN PI]RRAI,INJGGA

Page 4: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KLIPING MEDIA

BAOIAN IIUI}{AS $X[DA PIIRBAIT'IOOA

pun pernah ryanq disusupiPurbalinggayang sudah dimalam, dan saatdi sini," katanya.

IlSg_lAlBIg+sRABU, ]O MARET ]016

BA(iI,qN III]\''AS ST,TDA KABI]PATF,N PI IRT]AI ,IN(i(iA

Page 5: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KLIPINGNMDIA

RABU, 30 MARET 2016 ,

BAGI:\N HLjNl,\S SI.TDA IiABI]P{TIN PtlltB\LIN(xlA

Page 6: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]II{A$ $MDA ItIIBAIil{CilA

.,.1RABU. 30 MAITET 20]6 I

Ada Mafia PelayananKesehatanPURBALINGGA - Bupati jaJaran kesehatan baik diPurbalingga Tasdi mendorong rumah sakit, puskesmasadanya perubahan mental maupun di tingkat manejemenjajaran kesehatan dalam iata kelola kesehatan.memberikan pelayanan ,.jangan lagiada mafia dikepada masyarakat. Dia tak rumah sakit. Sava tahu itu.ingin lagi mendengar adanya Masa ada RSUD merujukkeluhan dari masyarakat atas

..f qetayanan yang diberikan Bersambuni Hat 7Ada Mafia... possi :: se_:awa ren-q;pada zooo meniaoi

pasien ke rumah sakit swasta, rni tidak^sesuai ff:[:i"rt9'"'r!iaie?,1-,..*l].rfil:.,iil*,dengan hirarkinya.. selain merugtkan Rs juga posisi k;io, ,,irr",iU.ngr;

r.rrur, *tit,me-ugikan pasien karena merasa diombang- prrt .rr*, ,.n1rGn'iitter aan tioanambing," ujarnya saat memberikari ,"nga.inan itu pelu. retapt Vungl.Uih'panting uOu,"ldi Dinas Kesehatan Kabupaten purbaringga, bagaimana meningkatkan IpM kita m'rimarSelasa (2913). djbawah 20. Syukur bisa kembati berada di_ seliiin menekankan adanya revolusi mental, neringlat t6i';iania.- ''-Tasdijuga meminta jajaran kesehatan untuk fuiOi ,enefr.nf,ai-agar seturuh ;ajaranmengg"enjot perannya dalam meningkatkan r,esenatun ,erar,rlln i,raiu"si tine6arnoeK Pembangunan Manusia (lPt4) kahupaten sebelumnya agar dilai rieiingtat, utamanyaPurbalingga, Menurutnya. saaf ini lpM Oa-tam mening't<itt<aiiinru"r_rr.r, p"nyrrO.ng!*:1ff:: ::::lr.l:Ti-,Iyi.,. 111 rnu seperti anlri ie,iiln ruu Merahirkan

Purbalingga sesuai data 2O1S ad;tai 132,44 Kecamatan Kalim;nah dan purbatingg; Kota.per 100,000 kelahiran hidup dan AKB 10,12 sayangnya, iniu*.rri il'i.,uryu o"*.rifper 1000 KH,Kepara DKK dr Nonot Muryono mensakui fl5:iX?:[.i,:[::,#i,,::,i:l'ilil:i B:?:..ada.pekerjaan rumah vang berat yang-harus k"s;i..lirl tih"; ,0 is iatu angka t<esat<itandriaianL laat ini, diajuga menjabit pit Direktur DB-di x...r"t., rj-i*"h menurun drastisR'UD dr R Goeteng Tarunadibrara. Dikatakan, ail p.rirgiiui'p",tu;u'ii'iunr, ,ot+ r.n.,uoiylyf r"*rbgl] daya tampung rumah sak,t, poriii : pio" )"oii.

- " "ora terus menginisiasi puskesmas untuk dapat

,.. Intervensi terhadap penyakit menular jugaditingkatkan menjadi rawat jnap. Sehingga. dilakukan terhadap berkembangnya mataria.

:ejumlah penyakit ringan dapat ditangani dan Oi lurUafingga m-a'sifi aai'Oi..u.nO.ri, Oidr rawat inap ditingkat puskesmas. sejumlah kilamatan Kal,gondang, pengadegan,

Selain itu, juga ditakukan intervensi di x#"s;..J a;;R"ro]ig, ,put,u ll"ngdua kecamatan untlk mencegah makin .. olitr-t". o"inJji ,"nr-intan.ngt a ler"tit"nmerebaknya penyakit demam berdarah di uururia arriluiii.iu rdo'tir. p"nutunn

Purbalingga pernah mengalahi kenaikan dari dan Angka Kematian *r,. ,#,rii^"lirIl

endemis setempat pada 2014, manjaditurunmta-rata hanya 19 kasus Dada 2015.

Untuk menurunkan AKI dan AKB terusdilakukan berbagai upaya, Diantamnvadengan membentuk Kelas Bidan seb;gaisarana menambah pengetahuan oam;idan diPurbalingga. Sebelumnya, juga sudah ada (etasIbu Hamil, Ketas Ibu Balita dar yang terkiniadatah Kelas Bidan, ,,Saat ini seluruh bidan jugadiharuskan magang di RSUD secara bergantiandalam s-"pekan," katanya. Semua upaya prefentjfyang dilakukan, terus didu(un9 dengan kegiatanpromotti seperti pemasangan baliho, spandukdan penyelelggaraan sejumlah event yang akanterus ditingkatkan kedepannya, (puos)

HARIANBANYUMAS

BACIAN IILI\{AS SETDA LABLiP.{TE\ PURBALI\GCJA

Page 7: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

JUARA: lM Purwokerto menjadijuara turnamen Bina Remaja cup yang digelar Karang Taruna Bina Remaia,Desa Timbang, Kecamatan Kejobong di tapangan desa setdmpai, Setala a2g/3).

lM Punruokerto Juarai Bina Remaja CupPURBALII{GGA - IM Purwokerto berhasil menjuarai Unggul satu gol membuat barisan pertahanan IMTurnamen Bina Remaja Cup yang digelar Karang purwokerto lengah. Excellent purwokerto mampuTaruna Bina Remaja, Desa Timbang, Kecamatan menyamakan kedudukan dengan gol yang terciptaKejobong di lapangan desa setempat, Selasa (2913) oleh kaki Fikri tiga menit kemudian.sore. Setelah dalam partai final mengalahkan Excellentdengan skor 5-4 lewat drama adu penalti.

Pertandingan terpaksa diundur. Pasalnya, lapanganbanjir akibat diguyur hujan deras sejam lebih. panitia

harus menyedot air terlebih dahulu dengan pompa air.Pada babak pertama, kedua tim bermain sangat

hati-hati. Lapangan yang becek dan licin jadi salahsatu penyebabnya. Pertandingan berlangsung dengantempo yang lambat. l.4ereka tak ingin kecolongan.Walhasil, hingga jeda tak ada satu 9ol tercipta.

Di babak kedua, kondisi lapangan yang sudah tidakterlalu licln membuat kedua tim bermain menyeftlng,Hasilnya. pema#$01'Rnwokerto, LuWi membuattimnya memimpin dengan gol cepat ketika babakkedua baru berjalan lima menit.

Namun sayang, kesenangan itu hanyasementara.

Hingga akhir pertandingan, 'tak ada gol tambahan.

Pertandingan pun harus dilanjutkan melalui adupinalti. Keberuntungan berpihak pada IM Purwokerto,Dani, pemain Excellent gagal mengeksekusi pinalti.Skor akhir 5-4 memastikan IM Punvokerto menjadikampiun.

Ketua Karang Taruna Bina Remaja Desa Timbang,Kecamatan Kejobong Edi Susanto mengucapkanselamat atas prestasi yang diraih tim tersebut. Kedepan, turnamen ini akan menjadi agenda rutin darikarang taruna.

- "Dengan adanya turnamen ini kami berharapfilthcut pemaiffiimain muda berbakat yangnantinya bisa masuk ke tim PeBibangga atau timprofesional lainnya sehingga bisa membawa nama baikPurbalingga," katafl ya. (sHN.rwork/H82.os)

<lRAAU.30 MAREr 2016, I

BACIAN HfMAS SETDA KABUP {TEN PLIRBALII{CCA

Page 8: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

HARI^A(I.tsANYUMAS

Tuiuh Pasarlkan Mangkrak

-rOitinggal PedagEnglagi oleh para pedagang ikan. AlYal

berdirinya Pasar ikan di sejumlah

lokasi meruPakan Permintaandari kelompok Pembudidaya ikan

sendiri. Mereka sangquP untuk

berjualan di Pasar ikan Yangdibangun Pemerintah,

"Namun karena tidak ada

pembeli, mereka memilih tidakberjualan. Di samping ltu, juga

disebabkan pedagang memilih

menjual di pasar ikan Yang lebih

ramai, misalnya seperti di Pasar

lkan Kembaran Kulon, di sana

sudah cukup terkenal, maka

konsumen pun juga leblh sering

datang ke sana," ungkaPnya,

senin (28/3).Untuk pasar ikan Yang mangkrak

dan berada di atas tanah desa,

akan diserahkan ke desa, terutama

bangunannya. Di antaranya seperti

pasar ikan yang ada diTlahap

Kidul, Mangunegam, Tunjungmuli,

dan Banjarkerta. Pihaknya saat

ini hanya sebatas melakukanpembinaan dan mengevaluasi

keberadaan Pasar ikan Yang tidak

becktivitas itu. HaGPannYa, ke

depan ada keinginan dan Pasar ikan

kembali diminatt PedBga!} mauPUn

masyarakat.

Tetap Beroperasilleski ada yang sePi aktivitas

dan mangkrak, masih ada

pasar ikan yang ramai dan

tetap beroperasi sampai kini.

tlasing- masing di empat lokasi,yaitu Pasar lkan Kembaran

Kulon, Pasar lkan Kutasari, los

ikan Kaligondang, Pasar Ikan

llangunegara, dan los ikan Desa

Makam, Kecamatan Rembang. "Dipasar ikan maupun los ikan ini

menyediakan berbagai jenis ikan

dan buka setiaP hari," tambahnya.Saat ini, sejumlah Pasar ikah

yang mangkrak itu sudah menjadi

kewenangan Pemerintah desa,

karena sudah diserahkan kePada

mereka sejak dulu, terutamayang ada di atas tanah desa

bersangkutan. Saat ini Yang sudah

diierahkan ke Pemerintah desa,

yaitu Pasar Ikan TlahaP Kidul,

Mangunegara, Tunjungmuli, dan

Pasar Ikan Banjarkerta

INGGA.

pedagang Yang lebihmem!lih memasarkan

di tempat lain Yanglebih ramai.

ABID Perikanan PadaDinas Perikanan danPetemakan (Dinnakan)

Siswanto, ketujuh Pasarikan yang mangkrak adalah Pasar

Ikan Banjarkerta, Karanganyar;Pasar Ikan TIahap Kidul,

Kecamatan Karangreja; Pasar

lkan Karangjambu, Pasar IkanPadamara, Pasar Ikan Kutawis,Kecamatan Bukateja, dan Pasar

Ikan Tunjungmulir Karangmoncol.

Siswanto mengakui, Pasar ikan

tersebut sudah tidak dimanfaatkan

Kadus u Desa Tlahap Kidul,

Kecamatan Kardngreja, Sutarman

mengal(rJi iika gAsatikan di

wilayahnya saat ini mandek. Namun

bukan berarti tidak ada aktivitas

tmnsaksi Perdagangan. Saat ini

Iokasi pasar ikan di desanya ada

yang sudah dimanfaatkan-gnlukkios pakan dan lainnya.

"Tidak benar-benar mangkrak

Kalau pasar ikannya memang tidak

ada Deniual laqi. Kata Pedaganq,

karena iepi Peminat, Kurang lebih

tioa bulan seiak beroPerasi 2014

silim, pedagang kan sudah mulai

mundur, Belum lagi saat muslm

kemarau, air susah didapat,"jelasnYa. (ms05-06)

UA(ilAN HIILIA-S SEl DA KABIIPAl Ei" PITRIIALINGGA

Page 9: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

IA$IISGAXoA KUR'{IAMN

l^1%9ll!9 lhl tebih banyak memitih pasar ikan yans ramaisepenr ot Keturahan Kembaran Kulon, sehingga paiar -kan di desabanyak ditingqal.

BAGIAN HUMAS SETDA KABTJPATEN PURBALINGGA

Page 10: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAON }IIIII{A$ $MDA PINBII}.IOOA

SATELITPOSTRABU WAGE3O MAREI2O16

Relokasi PasarBobotsari

Ora [YSgrnahr Ruas Jalan Brigjen

Suwondo jadi AlternatifPTJRBALINGGA. SATE-LIIPOST-Dinas Perin-dustrian Perdagangan danKoperasi (Dinperindagkop)Purbalingga berencanamerelokasi pedagang PasarBobotsari ke ruas jalanBrigjen Suwondo, Bobotsar:i.Wacana tersebut akhiinyameniadi kesimpulansementara dalam pertemuanantara perwakilan paguyu-ban pedagang; Dinpe-rindagkop serta unsurMuspika Bobotsari di -

Kantor Polsek Bobotsari,Selasa (29l3).

"Pertirrbangan waktumenjadi hal yang palingkrusial. Dengan berbagaipertimbangan tain, relokasike ruas jalan BrigjenSuwondo ini kita anggaplebih efisien da:ri sisi waktumaupun pembiayaan," kataAgus l{inamo, KepalaDinperhdagkop Purba-lingga.

Jila tetap pada rencanasemula, yakni dipindah kelahan terrninal sisi barat,tentu akan memakan waktu

yang cukup lama. Sebab,sejauh ini belum dimulaiPembangunan sfte1fer

oapak) sementara untukditempati pedagang.

"Proses pembangunamyabelum bisa dimulai, sampaiselesai lelang. Sampaisekarant sara proses itubelum mulai," katanya.

Selain itu, iika teiap akandipindah ke area terminal,anggaran yang dibutulkantidal hanya untuk memba-ngun lapak. Karena landa-sannya masih benipa tanahterbuka, dinas juga harusmembuat saluran air daninstalasi lainnya.

"Kalau hujan, ini pastibecek dan tidak nyamanuntuk belan a," katanya.

Dengan demikian,beberapa rmsur menilai ruaslalan Brigjen Suwondommjadi alternatif terba <.

Nantinya, di ruas jalansepan ang 350 meter itu,akan ditempatkan pedagangdalam pasar maupunpedagang yang saat iniberjualan di ruas ]alan

Kolonel Sugii baratmaupun timur.

"Kami sudah perkiral<an,kemungkinan akan culupmenampurg lebih dari 700pedagang. Selain lebihgamparg diakses dannyaman,lokasinya iugatidak alan menggangguproses pembangunanPasar," ujamya.

Berdasarkan pertemuantersebut, kata Agus, padaminggu ketiga Mei meda-tang semua pedagang sudahharus dipindah. "Unhrkpenataarmya, segera kitarumuskan " katanya.

Relokasi ke ruas jalantersebut, kata dia, hanyaberlaku bagi pedagangpasar. Sedangkan bagi PKLtetap pada rencana semuladipindahkan ke lahanterminal.

"Hasil pertemuan iniakan kami sampaikan padaBupati. Sekaligus menyiap-kan sosialisasinya kepadapara pedagang," ujamya.([email protected]) -) I\Z

BAGI-AN HUM,\S SETDA LABUPATE\ IL-RBALTNCGA

Page 11: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

6clii o)

ho)E.s;o

Eo.o.=o(E

E€-coo,!ccoi-grvoo-6c-6r!a'= ao

dgcro.groE

C'i -o(\io

.@9EddiEEi$

-38o-!.-. -QEP96OEo(!oEk9di:lL 0)

-o9sl! o)JCo-==-3o5YIL

B A( ij ,1,\- HI rl\':l AS SETDA K.AIll rPATtrN PI rRB .\IINC,1L\

Page 12: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

Darl halaman 1

Tasdi: Aila MafiafiRStII) Goeteng

haian di RSUD."Keberadaan mafia ke-

sehatan di RSUD Purbaling-ga ini harus dibongkar. I$--LrD Purbalingga harus men-jadi rumah sakit Pemkabyang kredibel," katanya.

Dia juga menyampailGntantangan yang dihadapi ia-iaran Din-kes dan para dok-ter di Pemlab Purbal.ingga,bukanlah hal yang ringan.Pasalnya, saat ini lndeksPembangunan Manusia(IPM) di Kabupaten Purba-lingga, melorot ke posisi 20dari 35 kabupaten/kota diJawa Tengah. Padahal sebe-Jumnya, IPM KabupatenPurbalingga berada di posisi16.

"lni ielas ada kaitannvadengi kesehatan, misalni,akarena tingginya angka (e-matian ibu dan bayi. Untukmendongkrak IPM, minimaldengaa menunmkan angkakematiaa ibu dalr bavi. fer-

BUPATI Purbatingga, Tasdi (kedua dari kanan) memberi pengaraha" dt #'j:'i33:f;:HlPurbalingga, Selasa (29l3).

masuk juga meningkatkanstandar kesehatan dan pela-yanan kesehatan," katanya.

Menanggapi tudingan ilu-pati soal adanya mafia kese-hatan di RSUD, PIt DLekturRSUD Pwbalingg4 dr Nonot

Mulyono mengatakan, akansegera membenahinya. Me-nurutnya, hal itu mungkinsaja terjadi sebagai reaksi ren-dalmya tunjangan jasa me-dis.

"Sepertinya ini terkait ke-

bijalan dari pejabat di RSUDsebelumnya. Tapi kami akanmelakukan pembenahan.Sehingga, rumah sakit ini te-tap meniadi rumah sakit uta-ma di Purbalingga," ujar-nya. (enk)

KTIPINGMEDIA

MflN IIIIII$ SXDA IIRBAIil{GGA

SATELITPOST-..r-^.-RABU WAGE,30 MARET 2016

Mafia -'ry'' B

urSdr rru qrd, mernDuar pasren yallq 5e-dr.tontarkanrya, saat membe. harusnya ditingani seiara -- I B€.ta,trb,,rg ke halfl

di RSUD Goetenrrb!? ftOeraOaan mafia kesehatan di medis di RSUD malah dirul

RSUD purbatingsa ini harus,,l5,H;lffl;Xi};Xi"ildibongkar. RSUD Purbalingqa harus gis dan berhliaf supava ma-

menj;di rumah sakit P;;[;o v"ns ffi'."#"jlH,f$flffitrffikrediber.tt i:?trfl#l*;J:ff#HTASDI yalrg berobatnya ke rumah

Bupatipurbatinsga *f:i#X.,#Iilllf,*0,",

prrRBArrNGcAv sArELrr- rikan pengar. ahan kepada se- ;k ,i;. n:X*"mhf,nTrul_O_!I-l1b".:l$la.peta- turuh'staidan jajarJn pegu-'pemafrriiuh-,r,"r,iuUit

"Jyanan d.l Kuman :iakit Umum wai dj lingkungan Dinas Ke_ bagai Drektr.u RSUti purba_

?.T',*-trP]!9Tr 11. :**- r-uruuiingsu, setasa linlsiselag,i K"p"r" D;_nudrbrata, .diangtap. Btpan Q9/3\ pag]. kes.-Nonot-dimi-nia seeera

if [:*-Yffi m1,i;l"Xff;"Y*1fi::]::ll'hlf ^"'0""*peravanank"ese-

Tasdi: Ada

BACIAN HUN'I CS SITDA KABI'PATEN PLRB.\LINC,G,\

Page 13: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KLIPING IUEDIA

BAflA}i HUI{AS ffiMA PURBAI}'IOOA

SATELITPOSTRABU ffiE,

30 MARET 20]6

IPHI Harus DorongKesalehan Sosia1

PURBAI.UVGGA" SATELITPOST.Ikatan Persaudaran Hali Indonesia(IPF[) diminta terus mendorongkesalehart sosial, IPHI harus men--dorong kebaikan atau keharmo-nisan dalarrr hidup bermasvaralat-. "Mulai dari kiluarga, 'masva-rakat, dan negara," uiar KeiuaUmum IPHI KabuDaten Purba-lingga Sukento Riio Marhaen-drianto saat Peringatar Hari LahirIPHI Ke26 Kabupaten Purba.ting-gaMinggt (27 / 3) di Gedung IPIXPurbalingga.

Se"lain kesalehan soial, kataSulento, IPHI luga dimhta ber-tanggung iawab membantu pe-merintal dalam melianggulairgi

penyakit masyarakat seperti me-merangi korupsi, peredaran mi-numan keras, pe4udian dan pros-titusi iuga adanva Lesbian GavBisetital nanpginder (LGBT) ciiPurbalingga serta ilut mendoronqpemberdayaan ekonomi yanq !s;pihal kepada ralyat.

IPHI di Purbalingga denganjurdah argtota sekitar 5000 orang,sambung Sukento, merupakanorganisasi yang berpiiak padakebajikan dan bulanlah oreaiisasi'politik,

sehingga anggotania beru-paya menjaga kemabrutanya se-panjang hidup.

"Sehingga dengan wadah IpHIinilah dan kemabrurann ya para

jamaah yang sudah memrnaikanibadah haii bisa berkiprah danmemberikan sumbargsihnya ke-pada masyaralat," ujamya.

Kepala Bagian KeselihteraanRal<yat (Kabag Kesra) Setda Kabu-paten Purbalingga MuhammadNurhadi saat menyampaikan sam-butan Bupati Purbalingga me-nyatakan, bahwa Pemerintah Ka-bupaten Purbalingta tetap ko-mitrnen mendukrmg kegiatan kea-gamaan di Purbalingga secarautuh. Satu komitmen tersebutadalah akal dibangunnya satanaprasarana kegiatan agama Islamdalam satu kawasan yaitu pur-balingga Islamic Cente; (e!*)

BAGTAN' HUNIAS SETDA L'T]SLIPr\I'EN PURts-\LINGGA

Page 14: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGIIMDIABAflN IIM$ $[XDA PURMIT{OOA

SATELITPOST

Santri Jangan Sampai NyabuPURBALINGGA, SATELTT-POST-Santri dan warga pon-dok pesantren (Ponpes), di-harapkan ikut berperan aktifmemerangi bahaya penya-lahgunaan narkoba. Untukmewuiudkannya, bisa dila-kukan dengaa ide-ide kreatifbersama masyarakat sekitarpondok. Demikian dilatakanKepala Badan Narkotika Na-sional Kabupaten (BNNK)Purbalingga, AKBP Supri-narto, saat melalulan kun-jungan ke Ponpes Darussa-lam, Desa Cipawon, Bukateja,kemarin malam.

Mel*{lulsuprinarto, saatini Indonesia darurat nar-

koba. Bahkan, Kepala BNNRI pun pernah menyampai-kan bahwa, ada sejumlahPonpes yang sudah terma-suki bahaya buruk nar-koba. ,

"Ini bahaya, kalau Ponpesyang mmjadi pilar pentingpendidikan dan tegaknyanorma agama sudah diobrak-abrik narkoba. Entah maudibawa kemana generasi mu-da Indonesia," ujamya.

Karena itulah, BNNK Pur-balingga berinisiatif inspeksike beberapa sasaran. sebe-lunnya, tes urin mendadaksudah dilalukan di kalanganDPRD Purbalingga, rumah-

rumah kos inahasiswa, danbeberapa tempat hiburanmalam.

"Kali ini kami mencolamasuk ke Ponpes dan peralgini tidak akan berhenti," uj4r-nYa b(-

Dalam kesempatan'terse-but, sebanyak 44 santri dipe-

ksa petugas BNNK. Sebe-lumnya, mereka mendapatpencerahan seputar darnpakburuk penyalahgunaan nar-koba. Setelah dilakulan pe-meriksaan pupil mata, dela-par di antaranya menjalanipemeriksaan laniutan ujisampel urin dengan rapid te6fnarcot'cs 5 parameter (en*)

RABU WAGE,

BAGIAN HLIMAS SETDA KABT]PATEN PIJRBALINCGA

Page 15: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KLIPING N{EDIA

BAflA}{ HIIldA$ SIDA fllRBAIil{Cr0A

SATELITPCISTRABU WAGE,30 MAREI20i6

Karya Tulis Terbaik Siap Dikirim: r LombaKarya llmiah Tingkat provinsi JawaTengah

ngat layak. Kami harapkan, merekasegeta menyempr[ralar kekurangan_nya, sebelum dilombakan di tinikatprovinsi," kata Rien Anggraeni, KeialaSeksi Kepala Seksi Seiarafr aar AenaaPurbakala yang mengetuai panitiaseleksi tintkat k;bupat6n, ternarirl.

Adapun peserta lain yarq mendaDatnilai terbaik adalah'Di&y WitianRavandhi-ka dari SMAN t Xitasari de-ngar judu['Perjuangan PenyelamatanCagar Budaya Yang Terancam (pabrikCula Kalbagor), serta Dwisuyoko daiiSMAN 2 P.urbalingga dengin karyayangberjuduJ'Konservasi Masiid paraWali untuk LEMPER', sebagai karyaterbaik ketiga.

PI,'RBALAIGGAV SAIELII?O T-RUN-tulurya bekas kantor surat kabar Belan-da De Loamotief, meniadi karya tulisyang akan diandalkair purbilinggabersiing di Lomba Karya Ilmiah T.ilg-kat Provinsi Iawa Tene;h.

. Tulis"n tentang kor; pertama yargterbit di Semarang pada iaman HindiiBelanda itu ditulis Widyaningtyas,siswi SMKN t purlathgb; Karlanyamenjadi yang terbaik birsamj limakarya l,ain hasil seleksi Dinas Kebuda-y3ar Pariwisata Pemuda dan Olaluaga(Dinbudpaiftiia! Purbalingga sejik,Senin (1413) hingga Rabu (r73) Iatu.

"Secara kualitas, baik ka ryanyamaupun pertorma presentasinya sa_

"Tahur ini ada sekitar 30 karya varrgdiseleksi. Pen jaringan rahub ir,.,a'idilakul<ar seieki naskah dengan mem-pertimbangkan tata tulis, mitodo]ogidan substansi naskah yang meniti-kberatkan tentang cagar 6udiya,, ujat

Dari penjaringan tahap awa) itu,panitia mendapatkan 20 naskah yangIolos untuk menjalani seleksi tihapkedua. Mereka diiaring kembali untui(dini.lai dalam periormi presentasinya,nrngga menladt enam peserta terbail.

"Hasil lo;ba ini, h'arapannya bisadimarrfaatkan sebagai sarana pembela-jaran, pendidikan, pendtian iertangenalan cagar budaya," katanya. (e

BA(iIAN HLTMAS SETDI\ KAI]LIP'\]'LN PI]RBAI JNG{iA

Page 16: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGIIMDIA

MflA}{ IIWAS ffi[DA PI]XBAIil{O{iA

SATELITPSSTRABU WAGE;

3O MARET 2OI6

Pedagang ManutDinKBTUA Paguyuban peda-gang Pasar Bobotsa , puDutAdi Purnomo mengatak'an,para pedagang akan mengi-kuti instruksi Dinperindag-kop. Pada dasamya, pedi-gang bakal manutkalau oundirencanakan pindah ke to-kasi sementara

"Idealnya pedagang diatursesuai kelompok barang da-ga[].garmya" Itlng-ihmg tial anderr-o| penataan pedagang dipasar yang baru nanti,', ujamya.

Sementara itu, Kep;la Di-nas Perhubungan Komunika-si dan Informadla (Dinhub-kominfo) Purbalingga, Jo-

nathan Eko Nr..rgroho menga-ku. belum mengetahui h;ilpertemuan antara DinDerin_dagkop dengan pedjga.rePasar Bobotsari-terse"butlTerkait adanya perubahanlokasi pemindahan sementa-ra pedagang, Jonathan rne_nyerahkan sepenuhnya ke-

ASpada dinas terkait.

"Sejauh ini, kami masihber_pedoman pada irutrulsi Buna_ti, pedagang ditempatkan' dilandasan {erminal ;isi barat.Dan kami sudah mempersiap-karmya. Soal perubahan itu, ter-ganhrng instruksi Bupati nantibagaimana," katanya. (enk)

BAGI.{N HLMAS SETDA LABUPAI'EN PUiIB-ALINGGA

Page 17: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIABAOIN IIIIII{A$ SIXDA PIIIBAIT{OOA

SATELITPOSTRABU WAGE,30 MARET 2016

Purbalingga Punya ProgramKartu Tani

WAKIL Bupati Purbalingga' memberi pengarahan saat Apel Pagi di Kantor Dinas Pertanian Perkebunan danKehutanan Kabupaten Purbalingga, Selasa (2913).

PTJRBALINGGA, SAIEUI"OST-Wakil Bupati Purbalingga DyahHa,.uning Pratiwi berharap swa-sembada pangan di wilayah se-tempat meningkat. Pada tahun2015 suplus beras di Purbalinggamencapai &.000 ton.

"Hal tersebut tercapai tidaklepas dari kerja keras semuapihak, utamanya dhas pertaniandan instansi lainya. Sehingga atas

pencapaian tersebut, saya ucap- bagai subsidi diberikan kepadakan terima kasih," ujar Wabup petani. Metiputipupuk dan obat-saat memberi pengarahan pada obatan pencegah hama penyakitapel pagi di Kantor Dinas Per- tanaman.tanian Perkebunan dan Kehu- "Untuk itu, saya minta etos kerjatanan (Dintanbunhut) Kabupaten ditiagkatkan " ujar Wabup.Purbalingga, Selasa (29,/3). Sebagai informasi. Pada tahun

Menurut wabup, Pemerintah 2013 Purbalingga surplus berasKabupaten (Pemkab) Purba- 45.000 ton. Setahun berikutnyalingga punya program kartu tani. menurun menjadi 23.000 ton.Dengan program tersebut ber- (gus)

NN, 0857265262M

I} \(iI \\ III lI \S SJTDC Ii \BI P \ I I,\ PT RB.[I\!,Li \

Page 18: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

7

KTIPINGNMDIABAflA}'I flUl}{AS $X[DA PINBIIJilCilA

Radar Banyumas . Rabu wage 30 \,,aret 2oi6

edagang

Soewondo

epet, P

elalan

lVI

rir

Iryahun

Dipindahl

LanjutanPembangunanPasar BobotsariBOBOTSARI _ TemDat

baru untu_k relokasi semen_tara pedagang pasar Bo_borsari akfi irnya menemu_kan ritjk teraDg. Hasjl raDatkoordir as i dengan MusplkaBoborsari, Dina s peiin,dustrian perdagangan dan

_ Koperasi(Dinperindagkop)Purbalj Dgga serta perwi_kilan paguyrban peiaganqpada Selasa (29/3) sianimenghasilkan kesepal(aran,reiokasi diara hkan ke se_panjang Jalan Brig.jend Soe-wondo Bobotsari.

Sebelumnya pemkab sudahmengalokasilln temDar dilahan ca)on pengembineanTermbat Bus BoLotsari. Na_mun dari hasil rapat ber_sama kemarin, semua sepa-kat.jika pedagarg di dalampasar dan di luar (ruas JalanKolonel Soegiri, red) akandipindah ke iatan Brigjend

Soewondo. Tepatnya dariperempatan Timur polsekBobotsari sampai perem_patanMaiapura.

Kepala Din perin daekoo.Agus \4 inarno mengtiai-,pertlm ba ngan waktu pe-kerja an fisik yung -"o",menjadi salah sat,r alaianpergantian tempat relokasi.Pertimbangan lainnya, la-han calon Terminal tsobotsari selalu tergenang aJrpada musim hujan danmemburuhkan biava rrnrr rkdra.inase dan tidai diang_garkan."Iika tetap dipindah ke

calon lahan Termin al BusBobotsari akan lebih pan-;ang wakrunya. pad ahalwaktu pem banqun an di_hitung 7 bulan hari ka-lender. Saatini sudah tersirasaru bulan, iika terap me_maksa relokasike Iahan rer_minal, waktunya akan sa-ngat mepet. Tapi ka lau diIaian Soewondo bisa lebihcepat dan efi sien anggaran,,,papar Agus, kemarin usairapatkesepakatan.

. Data terakltir, jumiah pe-

dagangyang akaa d jpjndahyaitu 700 orang. Darj sur-vei awal, Jaian BrierendSoewondo -nrnor''-"_nampung ratu san peda-gang ltu. > ke hata

BACI,\\ IlU\{AS SETDA },ABL!P,\TEN PURB]\I,INGGA

Page 19: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

PKL Bakal Ditatar Waltu Pihalnya hanya menunggu

realisasi dari pembangunanIapak sementara itu. Namunpedagang meminta jika me-mungkinkan, penataan lapakdigolongkan sesuai barangdagangannya.

"Pengelompokan jenis ba-rang dagangan seperti peda-gang baju sendiri, pedagangsayur spndiri, pedagang ma-kanan sendiri, jadi lebihriremudahkan pembe)i. Kamiingin cepat rampung pa-samya dan segera beraktifitas .

normal di tempat yang lebihnyaman," ulgkapnya.

Kepala Dinas Perhubu-ngan Komunikasi dan In-formatika (Dinhubkomin-fo) PurbaJingga, YonathanEko Nugroho mengaku be-lum mengetahui hasil per-temuan antara Dinpetin-dagkop dengan pedagangPasar Bobotsad. Sehinggasaat ini dinas masih ber-pedoman pada arahan bu-pati untuk menyiapkan la-han dii landasan calon ter-minal bus sebelah Barat.

"Perubahan lokasi tersebutmenjadi kewenangan dariDinperindagkop. Kami ma-sih menunggu arahan se-Ianjutnya dari bupati,' u-jarnya kepada wartawan,kemarin (2913). (amr/bdg)

Samb'un9an dari hal 5

Baik pedagangyang masihdi dalam pasar maupunyangsudah lebih dari dua tahunmenempati Jalan KolonelSoegiri.

Pertemuan itu juga me-nyepakati, pada mingguketita Mei, serirua peda-ngang sudah pindah danberada di tempat baru. Se-bab pada April, surat pe-rintah kerja (SPK) pem-bangunan pasar, kemung-kinan alan turun. Sedang-kan penataan pedagang diIokasi sementara itu, nantiakan diatur kembali.

"Pemindahan ini hanyauntuk pedagangnya saja.Sedan8kan unnr-k PKL tidak.Mereka direncanatan akanditempatkan ke lahan terminal. Sosialisasinya nantimenyusul. Kemungkinanawal pekaD April mendatang.Kami segera sampaikan ke-pada bupati soal kesepakatanini," tambahnya.

Ketua Paguyuban PedagangPasar Bobotsari Puput AdiPumomo mengata.kan, parapedagang mengikrti instruksiDinperindagkop denganpindah ke lokasi sementara.

B-{GI-.\N HUMAS SETDA KABUP-,\TEN PTITTB]\LINGGA

Page 20: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

I

iI

i

/

ol! ^ q:tl

E EE}.3fiietfiii ss-*{.-- r.: o)

! 'sf rq8EEIEI

BAGIAN HUM-{S SETDA L.\BL?.\TEN PI 'RBAI ,INGGA

Page 21: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGIIMDIA

BAOIA}{ II[]INA$ $[MA PURBAIil{OOA

Radar Banyumas. Rabu Wage 30 Nilaret 2016

Bupati MendugaAda "Mafia" Rumah SakitPURBALINGGA Buparj

Pubalihgga H Tasdi SH VMmenuding ada "ma6a" pela-

-vanan kesehatan di Kabu-paten Purbalingga. Bupatimenemukan adanya penga-rahal pasien ke rumah sakitswasta, yang dilahrtar olehpetugas kesehatan.

"Jangarr lagi ada mafia di ru- .

mah sakit. Saya tahu itu. Masaada RSIID (dr Goeteng Taroe-nadibrata) merujuk pasien kerumah sakit swasta. Ini tidak

FENGARAHAN: Bupati Purbalingga memberikan penEarahandi hadapan pegawai Dinas Kesehatan Purbalingga.

sesuai dengan hirarkinya,"lijar Tasdi, saat member'kanpengarahan di Dinas Ke-sehatan (Dinkes) K4bupatenPurbalingga, Selasa (2913).

Hal itu, menurut Tasdi sa

ngat merugikan pasien, ka-rena merasa diombang-am-bingkan dalam mendapat-kan pelayanan kesehatair.Seiain itu, hai itn iuga me-n r8ikan RSIJI-1.

Sebelumnya, saat ditemuidi kediamannva Tasdi juga

mengungkapkan a da nyaoknum hldan dc\a vangjustru men garahkall pasienke salah satu rumah sakitswasta- > ke hal S

B,\GI]N HllNlAS SETDr\ liAlllrPATEN PLiRIIAI ]licc \

Page 22: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

r Bu[ati peringkat 16," katanya.Tasdi menekankin agar

seluruh iaiaran kesehatanm el a kukan evaluasiJcirterjasebelurnnya agar dapat me-ningkat, utamarrya dalammeningkatkan unsur,un-sur penyumbang IPM se-peni Angka Kematian IbuMelahirkan dan AngkaKemarian Bavi. Saar ini,A(I di Purbalingga scsuaidata 2015 ad,alah 132,44per 100.000 kelahiran hi-dup dan AKB 10,12 per1000 KH.Ditemui seusai p enga -

rahan Bupati, Kepala DKKdr Nonot Mulvono me-ngakui.ada pekerjaan ru-mah yang berat Yang harusdijalani jajaran kesehatandi Purbalingga. Selain se-bagai Kepala DKK, Nonotjuga diserahi tugas sebagaiPlt Direktur RSUD dr R

Goeteng Tarunadibrara.Saat ini, kata Nonot, ber-

bagai program sedang di-jalankan sebagai dukungandunia kesehatan dalammeningkatkan IPM di Pur-baiingga. Untuk menam-bah daya tampung rumahsakit, pihaknya terus me-nginisiasi Puskesmas un-tuk dapat ditingka tkanmeniadi Puskesmas rawatinap. Sehingga sejumlahpenvakit ringan dapat di-tangani dan di rawat inapditingkat Puskesmas.

Selain itu, juga dilakukaninterlensi di dua keca -

matan untuk m encegahmakin merebaknya pe-nyakit Demam Berdarahdi Kecamatan Kalimanahdan Purbalingga Kota.Sayangnya, intervensi ituhanya berhasil dilaksa -nakan di Kecamatan Ka-Iimanah dengan melakukan promosi PSN setiapJumat pagi.

Dari kegiatan itu, tahun2015 lalu angka kesakitanDB di Kecamatan Kali-manah menurun drastisdari peringkat pertaIrla ditahun 2014 men.iadi posisi3 pada 2015. "Di keca-matan Purbalingga masilr

perlu upaya lebih ker asIagi," katanya.

Intervensi terhadap pe-nyakil menular iuga dila-kukan terhadap berkem-bangnya Malaria. Di Pur-balingga rnasih ada 6 desaendemis di sejumlah ke-camatan Kaiigondang, Pe-ngadetan, Karangmoncoldan Rembang. Upaya yangdilakukan berhaiil me-nurunkan angka kesakitanMalaria dari rata-rata I00kasus penularan endemissetempat pada 2014, man-.iadi turun rata-rata hanya19 kasus pada 2015.Sedangkan upaya me-

nurunkan angka kesakitanpenyakit tidak menular,telah dilakukan .denganmembentuk Pos Pembi-naan Terpadu (Posbindu),sejenis Po svandu untukorang-orang dewasa. Pos,bindu ini memberikanIayanan pemantauan ter-hadap penderita penyakitkencing manis atau diabe-tes mellitus (DM) dan hi-pertensi. " Kegi atannyamelakukan pemeriksaantensimetet gula, asam urat,kolesterol dan lemak. Sayatargetkan tiap desa mini-mal ada 1 posbindu," je-lasnya.Menurunkan AKI dan

AKB menurutnya, telahdilakukan berbagai upaya.Diantaranya denganmembentuk Kelas Bidansebagai sarana menambahpengetahuan para bidan diPurbalingga. Sebelumnya,juga sudah ada Kelas IbuHamil, Kelas Ibu Balita danyant terkini adalah KelasBidan. "Saat ini selLrruhbidan juga diharuskan ma-gang di RSUD secara ber-gantiah dalam sepekan,"katanya.

Semua upaya prefentifyang dilakukan, terus di-dukung dengan kegiatanpromotif seperti perfla-sangan baliho, spandukdan penyelenggaraar$e-iumlah event yang atanterus ditingkatkan kede-pannva. (tya)

Perbanyak Puskesmas Rawat Inap

Sambungan darihal 5

Padahal, sebagai bidandesa yang digaii oleh pe-merintah, sudah seha',rusnya merujuk ke rumahsakit milik daerah.

Tasdi menemukan fakta,hal iru dilakukan oleh ok-num bidan desa. Karena,bidan desa tersebut di-berikan imiug-iming uangnominal tertentu oieh rrr -mah sakit swasta tersehut-Selaiqiitu, juga adanyaoembilran oleh lJinas Ke-sehatan.

Atas dasar adanya temuanters ebut. mantan Ketu aDPRD Purbalihgga ini,mendorong adanya p er-ubahan sikap mental ia-iaran kesehatan daiammemberikan p elayanankesehatan kepada masva-rakat. Bupati tak ingin lagimendengar adanya ke-luhan dai masyarakat ataspelayanan yang diberikaniajaran kesehatan baik diRumah Sakit, Puskesmasmaupun di tingkat me-nejemen tata keiola ke-sehatan.Selain menekankan a-

danya revolusi mental,Tasdi juga meminta.iajarankesehatan untuk meng-genjot perannya daiammeningkatkan Indek Pem,bangunan N{anusia (IPM)Kabupaten Purbalingga.Menurutnya, saat ini IPMPurb alingga mengalamipenurunan. IPM Purba-lingga pernah mengalamikenaikan dari posisi 33 seIawa Tengah pada 2000menjadi peringkat 16 pada2010. Saat ini posisi IPMPurbalingga di tingkat JawaTengah menempati posisike 20-- "Membangun rumah sa-kit, Puskesmas, menambahdokter dan bidan itu perlu.Tetapi yang lebih pentingadalah bagaimana me,ningkatkan I I,\4 kila minimal dibau,ah 20. Svukrrrbisa kembali bcrada di

B.{GIAN HTI\,I,AS SETDA LqBT'P-\TEN PURBALINGGA

Page 23: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING MEDIA

BAffN II[]II{A$ sx[DA PIJIBAIT,IOOA

Radar Banyumdli o RABU wAGE 30 MAREr 2oi6

PegawaiPIIBBALINGGA - Perpustakaan Dacrah (Perpusda)

Kabupaten Purbalingta hingga saat ini masihkekurangan pegawai. Sebab, saat ini PerpusdaPurbalingga, hanya memiliki 22 pegawai. Idealnya,perpusda memiliki 40 Pegawai.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Per-pustakaan dan ArsiP Daerah (KPAD) KabupatenDurbalingga Sidik Purwanto kepada Radarmas,kemarln (zglg). ")umlah pegawai tersebut, didalamnya termasuk pegawai arsip daerah. Jadimemant belum ideali' jelasnYa.

Dengan rencana KPAD Kabupaten Purbalinggameluncurkan layanan pesan antar peminjaman danpengembalian buku bagi warga Purb alin88a. Pihaknya,

akan semakin kekurangan Pegawai. > bhalS

Hanya Miliki Satu Pustakawani Peruusda t"-i rnrt ti-ilt ur,

"garbu- -ta bahnya'

dava membaca di masyir- Dia menambahkan' saat

riat Purbalingga bisa ter- ini, Perpuda Purbalinggabenruki' lanjutnya. memiliki 48 ribujudul buku'

TaL hanla jumlah pega Tapi tingkat kunjungannya

*ainva, vutte belum ideal, masih jauh dari lralapanperpu"ai iuga Lekurangan Iarena balu mencapai 200

,rerreas pusiakawan. "Saat pengunjung per harinya'

inl, frunvu ada satu pus "Ktirnggoraan Perpusta-

rakawan, yang kami miliLi," Laan iuga baru sekitar I B

Sambungan darihal 5

Sebab, rencananYa akanada enam pegawai Yangbertugas, melakukan laYa-

nan pesan antar pemrn_jaman dan pengembalianbuku. "Namun, akan tetap

llA(ilAN HI Ifvl AS SFTI);\ kARtiPAl },\ Pl RB\l I\(i{i.r

Page 24: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

BAGIAN HIIMAS SBTDA KABIJPATEN PI'RBALINGGA

Page 25: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIII{AS $XTDA PIIIBAIil{OOA

Radar Barylumas . Rabu wage 30 Maret 2016

Pantau PKL, Satpol pp laga AJun_alun

.PURBALINGGA _ I<on_ Kat.d

isi _Arun_a run pu.ronri*.,i""#X,i"j,l i"ili,illf ri,yang sempat,,kebaniiran,, Alun_alun.Seoagang

kaki Iima (pKL), Kasi Dalops satpol pp Ka_llerapawa-l,nu talu remyala buparen nriUuf irgi" f

"griIeniadi pela jaran berharga Sungkono sso, irirg"",r-

i+U{}ill1,TilJli:: ;s;5;1ii,rffi"r,,,#illy,Liili" {1r:1ur,, "s* urrn, unn*,i,"_*", iii,re_om tertata. Seial( beberapa seriap tr"rl rnuf rj-oriliinan lalu, Saruan poljsi pa- rS.Oti Wie ,rir}.g"a

rr;:.Imong Praja (satpol pp) WIB. > kehato

Akui Personel Teibatasr Pantau Alun-alun dipindah ke se-

belah selatan Alun-alun,tepatnya di Jalan KaptenPiere Tendean. Hal itu,dilakukan agar alun-alunlebih tertib dan.tidak ter-lihat kumuh, karena ke-beradaan PKL.

Selain itu, untu-k meniagaketertiban di wilayah'KI-bupaten Purbalingga, pi-haknya menerjunkan tigaregu Satpol Pl untuk me-mantau ra.ilayah Purbaling-ga. "Tiga regu Sarpol ppte6ebut, berkerja meman-tau wilayah Purbalinggasecara berganrian," ujarnya.

. Dia menjelaskan, satu reguberrugas memantau wil ayahpagi hari, saru regu di siangnan dan satu regu lainnyadi sore hari. "Iika merekamenemu.kan petmasalahanyang bisa diselesaikan saatitu, maka akan diselesaikan.Jika masalah tersebut, harusdilaporkan dulu ke kantor,maka akan ditindak lanjutisetelah dtapatkan," je tasnya.(tva)

Sambungan darihal5

"llal iru, dilakukan agarPKL lebih terrib dalam ber-jualiin, serta tidak munculPXL baru di Al u n- alun,,,Jeiasnr a diternui di ruangkerjanvc, kemann (29l3).

Sebelurnnya, Teguh me-ngakui, Saeol pp kesuliranmemantau PKL di Alun_a1un, karcna terbatasnyapersonel Sarpol pp Sehingga, PKL di Alun-aiun tidakrerkontrol dengan baik.

Namun, setelah adanyatarnbah,ur personel SatpolPP dari lcflaga harian lepas[THi ) atau perugas reknisoperasional pembantu Sat_pol PP (PTO Banpot pp),pihaknya jadi lebih leluasamenerjunkan personel un-tuk menjaga Alun-alun.

Beberapa waktu Ialu, SamolPP juga menertibkan p'KLyang ada di Alun-alun pur-balingga. PKL yang tidakmemiliki izin berjualan di

B.A.GIAN HL]\,IAS SETDA KABT iP,\TF,N PURBALINGG:\

Page 26: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIWA$ $MDA PURBAiil{OOA

Radar Banyumas o Rabu wage 30 Maiet 2016

TerbuldiM*pr,Dua Terdala,va Dihmtut 2,6 Tahun

PT RBALINGGA - Dua ter-dakwa Sunaryo (53), danSamuel,Sugidi (50), dinya-takan terbukti melakukantindak pidana penipuan se-cara bersama-samayang me-ngakibatkan kerugian Rp 250

iuta. Jaksa penuntut umum(IPU) Agung Pmsetya Aji St{,menuntut kedua terdakwamasing-masing dua tahun e-

nam bulan penjara.TrDtutan itu disampaikan

jPU kepada majelis hakim PNPurbalingga, yang dik-etuaiNenden Rika Puspitasari SH,arggota Ageng PriambodoPamungkas SH, dan IndahPoksa SH, didampingi Pa-nitera Pengganti (PP) Su-priyanto sH, Senin (2813).

Menumt IPU terdakwa Su-

naryo, warga Desa Boja-negara, Padamara, dan Sa-mueIsugidiwarga KelurahanKatikabong, Kalimanah, ter-bukti secara sah dan me-yakin-kart bersalah melakrkantindak pidana penipuansecara bersama-sama, se_

bagaimana dakwaan pasal378 KUHP jo pasal55 ayat (i)ke-1 KUHP. > khat B

rasa tertarik, kemudianmenghubungi saksi KuntoPrasetyo untuk memin-iamkan uangnya terkaitproyek yang sedang dita-ngani Sunaryo dan Samuel.

Kemudian Haryono min-ta Kunto mentransfer kerekening Sunaryo. Selan-iutnya 26 Deserdber 2013Kunto mentransfer Rp 25juta, dan 27 Desember2013 mentransfer lagi Rp125 juta ke rekening Sunaryo.

Kemudian I2lanuad 2014terdakwa minta tambahanpiniaman Rp 100 juta, dandisanggupi Kunto. lalu Kun-to menghubungi Haryono28 Ianuari 2014, mem-b eritahu uang tambahan Rp100 iuta telah ditransfer kerekening Sunaryo.

Sehingga uang piniamanmodal seluruhnya Rp 250

l'uta. Sunaryo dan Samuelberjanji akan mengembalikan pinjaman berikut ke-untungan Rp 200 juta ke-pada Haryono, pada Maret20t4.

Sampai jatuh tempo pen-janiian, Sunaryo dan Sa-muel tidak mengembalikanuang serupiahpun dari totalpinjaman Rp 250 juta. Uangitu telah digunakan untukkepentingan pribadi Su-naryo dan Samuel. (nis)

Ianjikan Keuntungan Rp 100 ]utaI TcMuIfii

Sambungan darihal5

Yang memberatkan keduaterdekl!'a, salah satunya ter-dalca'a Sunaryo dan Samuelpernah dihukum. Sedang-kan yang medngankan, ter-dakwa sopan di persida-ngan, dan terdakwa merasamenyesal.Atas tuntutan lPU, ter-

dakwa Sunaryo dan SamuelSugidi yang didampingipenasehat hukum Sup onoSH dan R Kentos P Mur-dono SH, menyatakan akanrnenyampaikan pembelaantertuiis dalam persidanganmendatang.

Kejadiarulya berawal Ma-ret 2014, terdalo,va Sunaif,odan Sarnuel bertemu saksiDrs Haryono. Keduanyamenjelaskan kepada saksikorban Haryono, bahlr,amereka berdua sedangmempunyai proyek peng-adaan alat-alat kesehatarr diRSII Madical Center Ma-gelang dan Salatiga.Untuk kedua proyek itu

dibutuhkan modal Rp 300iuta. Juga disampaikan, iikaHaryono bisa memberikanpinjaman modal Rp l50juta,Ijaryono akan diberi keun-tungan Rp 100 Iuta.

'

Saksi Harlono yang me-

BA(JIAN I{I ]M AS SI,TDA KARI ]PATF,}{ PI ]R RAI ,INGG {

Page 27: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAffAN IIUII{A$ $[XDA PtllBAtfl{f]0ARadar Barynrmas . RABU WAGE 30 MARET 2016

Prihatin Pergaulan

AnakBawahUmurPERKEMBANGAN zaman

saat ini bisa membawa dam-pa.k positif sekaligus negatif.Perlu sikap bijak da4 waspadadalam menyikapi perkem-bangan dan kemajuarr.iananitu. > bH I

Banyak Anak Tersanglafi Hukumr Prinafin renanya saya sangat prihatin,

Karena sejumlah upaya sudahkamj lahrkal, sekaligus pen_dampingan kepada korbanpergaulan ini," ungkap_le:rempuan muah sen\,,urnifii.

Perarr oranltua saaianal diluar jam sekolal sangat pen_trng. orangtua ridak bisahaaya mengandalkan oeranguru di sekolafi. Iustru rurnrkmembentengi dari pergaulanyang negatif, peran orargtuasangat dominan.

"Komufikasi ajrtara orans_nra dengan analharus terialirsinergis. Tidak bisa diieoasbegiru saja. Terutama dalammenjawab keprihatinan ke-pada pergaulan anak- anakmuda jaman sekarang,, tam-bah penlda jilbab ini (amr)

Sambungan dari hal5

Termasuk pada alur per_Baulan anak- anak muda ataudi bawah umur yans kinimasih memprihatinkan.

Bagi Lianah Widvawati SH.salah satu relawar Tim Harz-pan yang bermarkas di BadarKeluarga Berencana danPemberdayaan perempuan(BKBPP) kabupaten purba_lingga, kondisi pergaulan yanememprihatinkan saat inlsudah serbg ditangani. Mi-sahya ada anak di bawah um r r rtersangkut persoalan hukum.

"Ta-hun 2015 lalq anak- ara.kyang berurusan dengaanhukum masih banvak. Ka_

BAUI \\ HI \,I,\5 SFTDA K \BI 'P \T} \ PI RBAI-II\(n, \

Page 28: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING MEDIA

fiAOIAIi HIj[{A$ $[IDA NJMAItrffiA

Radar Banyumas. Rabu wage 30 Maret 2016

_ RIIRBlLlllGG[ ElGPntS -Pemkab Bakal Luncurkan Karu Tani

PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)

Purbalinem. dalam a?ktu dekat ini akan meluncr'ukan

kartu ta*n"i. Program tersebut diluncurkan, untukmendukung swaiembada pangan di Kabupaten Pur-

balinega.Haliru diugkapkan oleh Walcil Bupati Purbalingga

Dvah Havunins Pratiwi saat apel PaBi di kantor Dinaspenanlan perkibunan dan Kehutanan (Dintanbur*rut)

Kabupaten Pubatingg4 selasa (2913).

Dia -menielaskan,

dengan program tesebut nantin)"berbagai subsidi dibirikan kepada petani untukoenindratan produkti-Etas pertanian. "Berbagai subsidi

mui ali arl pupuk frhgga obat'oba tan, masuk dalam karn-t

lani. Diharapl€n, dengan adanya kam.r tani surplus pangan

d, Puba.tingga dapar dipertahankani' jetasnya'

Dia berharip, piolam tersebu! pedu di sengkuyung

serta didukung oleh semua pihak. 'Agar program

oemerinLah ini iepat sasaran, tePat manfaal dan daPat

dim alJaarkan seluruh masfamkail' imbultrlya'Dia iusa meminta, seturuh pegawai di semua jaiamn

oemeriritahan meni.irgkarkan etos kerianya. Selain inr,

iuua dioerlukan keria kiras, keria cerdas dan kerja iktrlas'

ki-rja ce.das adalafi kerja yang sesu ai dengan aruran dan

kerja keras adalah keda ,ang tatas, titis serta tetes atau

lepat sasaran iugaikl asbekerja.':Sel"in diniitj bekeria untuk mengabdi kepada

masyardkat, juga bekerja dilandasi ikhlas dengan ibadah'

Sehingga tidak hanya dunia saia yang diraih, namunakhirat juga akan tercapaii' larjumya.

Seperi diketahui, Kabupaten Purbalingga pada tahln2013 mengalami surplus beras mencaPai 45.000 ton danpuda ral ruir 2014 justru mengalami penurunan meniadi

23.000 ribu ton. (tva/bdg)

?,A(11 !:!i Hl rld {S Sl.1'l)A H.{PL I? A l}.l.t P1 lRP, A1 I}.i( i( i q

Page 29: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING IIMDIABAOIN HIJI}{AS $IIDA fl]IBAtil{IilA

Radar BanyrfmaS . Rabu wage 30 Marer 2016

Salcit, Nurhamam BatalIalani Sidang Laniutan

PURBAIINGGA - Terdakta Perkaratukar guling tanah bondo Desa Da-\1uhan Kecamdtan Padamara, Nur-hamam tak bisa mengikuti sidanglaniutan di Pengadilan Tipikor Se-marang, Selasa (2913). Pasalnya, NHharus menjaiani perawatan karena sakitdi RS Kadadi Semarang. Sesuai kabardari kuasa hukum Sugeng SH MSi,kliennya sakit pada kaki dan harusdtawat di rumah sakit.

"Klien saya mengatakan di8iSit se-.rangga dan kaki susah untul< berjalan-

"Klien saya menerima pembantaranitu dengan masa waktu sampai sembuhdan bisa mengikuti persidangan kem-balii tambahnya.

Sesuai agenda, seharusnya sidanghariitu masih p emeriksaan saksi saksi yangd ihadirkan oleh jaksa. Kab ar dari jaksa,sejumlah salsi sudah hadir Sedangkankliennya harus mendapatkan pe-mwatan kesehatan sampai sembuh.

Meski begitu, pihatnya siap menjalanipersidangan berikutnya dengan ber-pegang pada tata aturan yang ada.

Sekitar pukul 10.00 hari yang sama,kami menerima penetapan pengadilanjika klien kami diDirkan pentbantaranpenahanan karena sakit,' kata Sugeng,semalam (2913).

Pembanriran penahanan merupakanpenundaan penahanan sementaraterhadap tersangka karena alasankesehatan. Pembantaran penahanan

iuga dapat diberikan karena alasankesehatan (rawat jalan/rawat inap),serta harus diperkuat. depgan ke-terangan doker

Misalnya sebelumnya sudah pernahmengajukan ekepsi, masa.putusan seladan lainnya.Pihaknya tetap berkeyakinan iika

kliennya merupakan korban kebiial<anpimpinan sebelumnya. Usai peme-riksaan saksi- saksi, pihaknya masihbelum bisa mengungkapkan langkahlebih teknis selanjuorya.

Seperti diketahui, pada persidangansepekan sebelumnya, sejumlah pejabatdan mantan pejabat dihadirkan men-j adi saksi Dalam perkara ini tukar guling

menr.ut-iaksi saksi telah rerjadisebelum kliennya NH menjabar. Ada-nya keterangan sal<si- saksi ini nantinyaakan dilanjutkan dengan sidang saksilainnya.

Diberitakan sebelumnya, Nurhamam(Kepala Dinpendukcapil) dan MulatSetiyadi (di Bappeda Purbalingga) ter-seret kasus dugaan penyimp angan tukarguling tiinah kas Desa Dawuhan Ke-camatan Padamara. Saat itu keduanyamasih di Bagian Tata PemerintahanSetda Purbalingga. (amr/bdg)

P,AGIA\ ltl i\L\S SL ID\ l.-\}{tPrf}:\ Pr i{p,lr.!\(i(iA

Page 30: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

Radar Banyrmas o Rabu wage 30 Maret20'16

niotarl

ftIlro.

t!

E

o!

BACI,III HI n'f ,\S SFTDA }.A]]IIPAI'I;N PI:RRAI,INGCl

Page 31: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KIIPING I!ffiDIABAffIAI{ HU[{A$ $[IDA ruNBAIfi{OOA

Radar Banyrmas o Rabu wage 30 Maret 2016

PURBA1IlIGG[

Anda memiliki unek-unek tentang berbagaihai demiperbaikan dan kemajuan Purbalingga yang penting tidak

menyinggung sara Can fitnah.Caranya ketik PBGj unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081'327-333-778

Parkir G0R Goentoer Dariono Tidak TertibPak Bupati, parkir GOR Gunturtiap minggu pagibayarnyaRp 2 ribu. Tapidikarcisnya Rp 1000,-. Yang benerberapa?Gak tertib banget, tksh atas perhatiannya.

NN 0a2243602013

Avrad Penyaldrgunaan Dan Bdrab Rurnah GakinPurbalingga jangan lengah dalam mencairkn dana dipedesaan. Banyak sekali penggorokan danpenyalahgunaan dana seperti rumah gakin. Surveilapangan tetap masih gak beres. Dana yang sepuluh juta

dibelanjakan material ku.ang dari delapan juta. Tolonglakukan kroscek atau penyelidikan. Kasian negara kita,daerah kitajadiobyekan oknum yg tak bertanggungjawab,kami LSM Bpindo di Mrebet mengajak kerja sama pemdapbs.

NN 08564785 t455

Tetiblon l-emhg Mengabsnamalon KoperasiBupati pbg, tolong instruksikan dinQs terkait agar

' menedibkan lembaga keuangan non pemerintah yangmengatasnamikan koperasi yg beroperasidi Pbg. tetapitidak punya kantor di Pbg. Karena sebnarnya renteni. ygdalam penagiliainya tdk tahu waktu kdng2 krngmanusiawi-

NN 045642952400

BAGt.$l H\_'\'tAS SL fI)A t\Alil,?.\ f !:\ Pt,RPi.\-ll\(XiA

Page 32: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

I

\/ly'awasan ' R"bu wrq", 30 Maret 2o1o

Bnpati TudinMafiaKeseh

di RSUT)PURBALINGGA- Bupati H Tasdi SH MM menudingada mafia kesehatan di lingkungan Rumah SakitUmum DAbrah (RSUD) Purbalingga. Keberadaanmafia kesehatan ini membuat pelayanan di rumahsakit milik Pemkab tersebut amburaduf sehingga parapasien lebih memilih berobat ke rumah sakit swastayang lain.

"Mafia kesehatar ini juga menempatiiabatan tersebut. Nonotmembuat pasien yang seharusnya yang saat ini Fga menjabat sebagaiditangani secara medis di RSLrD Kepala Dinkes diminta mqnbenahimalah dirujuk ke rumah sakit pelayanan kesehatan di RSLJD.swasta. Ini kan tidak logis. Ma- "Ktjberadaan mafia kesehatan dikanya saya minta agar marnjemen RSUD Purbalingga harus dibong-dan pelayanan kesehaian di RSLID kar. RSUD Purbaliagga harusPurbalingga dibenahi" kaia Tasdi, mmjadi mmah sakit Per*ab yangsaat memberikan pengarahan di memarg kedibel" lanjutnya.hadapan stafdarr jajaran pegawai diIirgkurgan Dinas Kesehatan il} Tantangan(Dinkes), Selasa (2913). Dia irga menyampaikan

Tasdi juga menyebutkan karena tantangan yang dihadapi jajaranberbagai kondisi tersebut, maka dia Dinkes dan para dokter di Pemkabkembali menempatkan Kepala Purbalingga sangat berat. PasalnyaDinkes dr Nonot Mulyono yang saat ini lndeks Pembangunan

gAdaatan

Dinkes dr Nonot Mulyono yang saat ini lndeks Pembangunanpemah 12 tahunmenjabat sebagai Marusia (IPM) di KabupatenDirektur RSUD Purbalingga, Purbatingga melorot ke posisi 20

Foto : ST

H Tasdi SH

dari 35 kabupaten,/kota di Jateng.Sebelumnya IPM KabupatenPurbalingga berada di posisi 16."Salah satr.r penyebabnya adalahkarena tingginya angka kematianibu darr bayi," terangnya.

Oleh karena itu dia bertekad

agar IPM bisa diperbaiki. Salahsatunya tentu dengan memuunkanangka kematian ibu dan bayi.Termasul yuga meningkatkinstandar kesehatan dan pelayanankesehatan. Target teEebutmembutuhkan dukungan danperan serta jajaran pegawai dil.ingkungan Dnkes. "Saya mintadibantu," ulamya.

Menanggapi tudingan Bupatisoal adanya mafia kesehatan diRSUD, Plt Direktur RSUD Pur-balingga dr Nonot Mulyono me-ngatakan, pihalnya akar mencoba

memffiahinya-Eitelah dnakukanpenelusuran, kondisi tersebutterjadi karena adanya proies dariseiumlah dokter terkait rendalmyatuniangan iasa medis.

"Ird terkait kebijakan dari pe-jabat di RSLrD sebelumnya. Namun

akan meLakukanpembenahan. Termasuk pelayanankesehatan di RSL,'D akan kamiperbaiki, sehingga rumah sakit initetap meniadi rurnah sakit utama,"imbulmya &

sr-ri

BAGI N IIT:TIAS SETD:\ L.IBIIPi\TEN PI,RJ]f] ]N(}(JA

Page 33: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

Rabuwase,30Maret2ols I warvasan

PURBALINGGA- Jaiaran SatuanPolisi dan Pamong Praia (SatPol

PP) Pemkab Purbalingga ber-komitmen untuk memberantasPenvakit MasYarakat (Pekat) danpen'yalahgrnian narkoba Lang-kah tersebut sesual den8anprogram Yang dilaksanakan olehDemedntah Pusat' Demikian disamPaikan Ke-pala SatPoI PP Pemkab.Purba-Iinesa, Suroto, usar PerlngaranHJf Ke-oo Satuan Polisi Pa-

mons Praia (SatPol PP), HUTKe-5i Satuan Periindu ngan Ma-svarakat (Satlinmas), dan HUTtie-97 Pemadam Kebakaran(Damkar), Senin (28/3) Dalamkesempatan itu sebanYak 3 054

botol minuman keras (miras)berbas.ai merk dan 67[ liter ciutradis'ional dimusnahkan dijalan utara Alun-alun Purba-lineea.

FEmusnahan diPimPin BuPatiPurbalineqa Tasdi menggunakanalat berai.-disaksikan oleh WakilBuDati Dvah HaYuning Prdtiwi,Forkompinda dan seiumlah

DIMUSNAHKAN : Ribuan botol minuman kerqs (mitas) dan ratusan litetciu dimusnohk-an denlan alat berat, usai upacara peringalan HUT Ke-65

Satuan Polisi Pamon{Praja (satpot PP),HUT K?-54 Satuan Perlindungan

Masuarakat $atlinias),ian HiT Ke-97 Pemadam Kebakararu (Damkar)

tingiat Knbupaten PurbalinSSa, Senin t28l3t. ',

Eoto : loko Santoso-Tj

oersonel Satpol IP iuga harus sehingga mamPumemahami aiuran yang berlaku, pelayanan yang

:memahami manusia yang lain masyarakat. !l*

. atau humanis dan disiPlin

Satpol PP Kgmitmen BerantasD Pekatdin NarEoba

p"r"Uut al ti"gt"nga" PetfaUi,1-irbuhtresu. "Miras tersebutmerupakiir hasil oPerasi PekatSatpoj PP di sejumlah lokasiseijk akhir Desember.2016 hing-gJ b"b"tupu waktu terakhir,"kata Suroto.

Keqiatan tersebut,uga sebagai

imple"mentasi dari PenegakanPeiaruran Daerah (Perda) No-mor 22 Tahun 2000 Larangan,Pensawasan dan PengendalianMin"uman Beralkohol.

Sementara itu dalam sam-butannvaTasdi mengalakan,ierson6l gatPol PP dan Sat'iinmas harus memiliki in tegri-tas tinggi serta siaP mengabdioada masvarakat.' "fuva ingin ada Perubahan-oerubihan-di tubuh lembagalemerintahan daerah termasukbatpol PP, Satlinmas dan Dam-kaiuntuk mendukung ProgramJokowi soal Revolusi Mental,"uiar Tasdi.' Melaksanakan revolusi men-tal. laniut Tasdi, harus PunYaintegritis dan etos kerja Seluruh

memberikanbaik bagi

sT-'ri

BAGIAN I'IUMAS SETDA LABUPATDN PTIRB,AL]NGGA

Page 34: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

SUARA MERDEKA MBU,30 MARET 20'16

Seleksi MTQ PelajarKalimanah Gelar

PIIRBALINGGA - SelekiMTQ pelajar dan umum tingkatKecamatan Kalimanah digelardi kompleks KUA Kalimanah.Selasa(2913).

Seleksi ini meliputi tigacabang, yakni tilawah, tartil, dantahfidz.

Kenra Panitia Syarif Hidayatmengatakan, peserta yang lolosseleksi ini selanjutnya akanmewakili Kecamatan Kali-manah dalam ajang MTQ ting-kat Kabupaten Purbalingga.

"Kegiatan ini selain seleksijuga pembinaan dan pengirimankontingen yang akan berangkatke MTQ Kabuparen mewakiliKalimanah," kata Syarif.

Menurut dia, panitia meng-adakan seleksi bukan lomba.Peserta seleksi adalah sebagianbesar adalah parajuara lombaMTQ pelajar tingkat KecamatanKalimanah yang diadakan bebe-rapa waktu lalu.

"Yakni dalam PeringatanHari Besar Nasional bulanAgustus 2015, Aksioma ringkatMI dal lomba Mapsi tingkat SD.Ditambah_perwakilan desa, "uJamya.

Dia menambahkan. setelahterpilih peserta yang akanmewaki[ kecamataa, pihaknyaakan melakukan pembinaanintensil

Sebab MTQ tinglat kabupa-

ten akan diadakan bulan Aprii.Syarif mengatakan, pihak-

nya secara rutin mengadakanMTQ tingkat kecamatan setiaptahun. Namun MTQ tingkatkabupaten baru dilaksanakanselarna dua tahun terakhir.

"MTQ pelajar ini dilakukanberjenjang, dari tingkat keca-rnatan, kabupaten, Fovinsi, dannasional. Tahun lalu kontingenKabupaten Purbaiingga berhasiljuara di tingkat provinsi," kata-nya.

Dia berharap, dalam MTQpelajar tingkat kabupaten, per-wakilan dari Kecamatan Kali-maaah ada yang menjadi juaradan mewakili kabupaten ketingkat plovinsi.

Syarif menjelaskan, pelak-sanaan seleki MTQ pelajar danumum ini mendapat bantuandari Pemkab, des4 SD/MI danSMP/MTs. Juga bantuan dariinstansi te*ait.

Tujuan diadakannya kegiat-an itu yaitu untuk meningkatkankecintaan terhadap kitab suciAlquran sebagai pedoman hidupguna membentuk generasi mudadan masyarakat yang berbudiluhur

"Serta menggairahkan danmeningkatkan syiar Islam diwilayah Kabupaten Purba-lingg4 khususnya di KecamatanKalimanah," ujamya. (F10-78)

IKUTI SELEKSI : Dua pelajar mengikuti r"lW'ffif,pelajar tingkat Kecamatan Kalimanah, Selasa (29/3 ). (78)

t},\GIAN }II]I\{.\S SI]'fDA }.ARI P\'1 I]N PI RB.U,I\G(i]\

Page 35: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

SUARA ilIERDEKA RABU, 30 MARET 2016

Thurtangan Kerukunan UmatBeragama Bertambah

PURBALINGGA - Dewasa

ini antangan telhad4 kerukunan

umal beragama sernakin bertam-

bah. Tanungan itu tak hanYa se-

putar rumah ibadat, Penyiaranagama, atau penodaan agama."Secara nyata masyarakat daPat

melihat merebaknya berbagaipaham keagamaan yang keluardari arus pemaharnan agarna yang

akan berpengaruh terhadaPkerukunan," kata Kasubag TUKankemenag, AhmadMuhdzir.

Da mengatakan hal itu saat

workshop pencegahan konflikkeagamaan bagi tokoh lintasagama Kabupaten Rnbalingga diobjek wisata Purbasari Pancuran

Mas,.Padamara Selma (2913).

Dia menjelaskan, ekspresikeagamaan terbaru yalg keluarMi e[i.ts main*eam agama seti-

dalcrya dapar digolongkan dalam

dualatub eksaem."Kutub pertama dikenal

dengan kutub radikalisme dankuhrb kedua adalah liberalisme,"kata dia dalam kegiatan yangdiikuti para tokoh dan pegiat lintas

agamaitu.Dia menambahkan, kutub

radikal ditandai dengan beftagaisilap fanatisme. Hal yang palingberat adalah kelompok selalumengatakan di luar dirinya adalah

salah secara mudak."Ekspresi yang bedebihan ini

beryotensi mengganggu keruku-

nan," ujamya dalam workshopyang diadakan KantorKemeniedan Agama KabupatenPntatinggaiil.

Sedangkan kuub liberat pada

dasarnya sangat menghargaikenrkr:nandanmultilcrltrrralisnp.Tetapi terjerumus pada setular-isme, inklusifisnr dan pluralismeagama tanpa keridali yangjelas.

Ajaran Cinta"Gambamn iu menuqiukkan

persoalan kerukunan umatberagama sangat luas dan kom-pleks. Agama bukanlah pemicukonflik Sebab semua agara pada

prinsipnya menanamkan ajarancinta sesarna manusiA" katanya"

Sementara Kasat BinmasPolrcs PubalinggaAKPPurwokomengaakan, kerusuhan dan kon-flik sosial di bertagai daerah diIndonesia disebabkan karenakesenjangan ekonomi dan kepen-

tingan politik."Eskalasi politik meningkat

karena yang bertikai melibatkansentimen keagamaan untuk mem-peroleh duhngan yang cepat dan

luas. Jadi dalam hal ini agamabukan pemicu konfl ih" tutumya"

Untuk mencegah konflikkeagamaan maka perlu deteksidini terhadap unsur pemicu kon-flik, membangun budaya hiduprukun dan toleransi melaluiForum Kerukunan UmatBeragama (FKtlB). (F1G78)

S!,4/Arief Noegroho

IKUTI WORKSHOP : Peserta mengikuti workshoppencegahan konflik keagamnan yang diadakan Kantor.K*brugmmdcnprJwtpaparanpematen. (78) -

RAGi {N IIIII\'IAS SF,TDA KARI ]PATI]N PI ]RR {],I\GG {

Page 36: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING MEDIA

BAffN HIJI{AS $[IDA Nmfifl{fffA

SUARA MEADEKARABU, SO MARETZ)16

SarrtriEinta

PURBALINGGA - Pon-dok pesantren dan para santridiminta berperan aktif meme-rangi narkoba. Banyak ide-idelreatif ya g bisa dilakukanbersama masyarakat sekilaruntrik mencegah peredaranbarang haram iu.

Hal itu diungkapkan KepalaBadan Narkotika NasionalKabupaten (BNNK) Purba-lingga, AKBP Supdnarto saatkunjungan ke Ponpes Darus-salam di Desa Cipawon, Keca-matan Bukateja, Senin (2813)malam.

Menurut dia Indonesia saatini dalam situasi perang mela-

wan narkoba, bahkan KepalaBNN RI pun pemah menyam-paikanbahwa ponpes sudah adayang disusupi narkoba.Pttar Pendidikan

Jika ponpes sebagai salahsatu pilar pendidikan dan tegak-nya norma agama sebagai pedo-man hidup sudah dimsak, lantasmau dibawa kemana generasimuda Indonesia?

"Mengingat hal itulah,BNNK Pubalingga melakukaninspeksi ke beberapa tempat,yang sudah di DPRD Purba-lingg4 kos mahasisw4 tempathiburan malam dan saat ini pon-pes, tentunya tidak terhenti di

sini," katanya-Dalam kegiatan ini,44 santri

selain mendapat pencerahanseputar dampak burukpenyalahgunaan narkoba, pundilakukan pemeriksaan pupilmata, delapan di antaranya men-jalani pemeriksaan lanjutanberupa uji sarnpel urine denganmpid test narcotics 5 parameter.

"Hasilnya semua negatifnarkoba. Meskipun negatifsemua bukan berarti lantas pasifda:n adem ayem, diharupkan

, pihak ponpes jristru berperanahif secara nyata mendukunggerakan stop narkob4" katanya.

Gr82-78)

TES (INNE : Sejwntah rmri forrpn Oor*riffiffiCipawon, Kecarnatan Bulcateja melahi@ tes uine olehpetugas BNNK Putualinqgq Seniil (2A3 ) malan (75)

BAGI,].\ !]L\1.T.S SI:-f DA KABUP.\ f tN PL1{P,AL1\GGA

Page 37: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

SUANA TERIIEf,A RABU,30 MARET 2016

Dipindah ke lerminalperempatan pasar ke arah timur.

Nantinyd di lokasi itu, tidakhanYa

pedagang di dalam Pasar sajayang diiempatkan, taPijuga@a-gang yang saat ini berada di ruas

Jalan Kolonel Sugiri baik di sisi

Sedangkan penataan @agang di pedagang makanan sendiri, jadilokasi sementara itu, nanti akan lebih adil. Intinya kami ikutdiaturkemhali. instruksi dinas, yang penting

"Ini hanya untuk peda- pasarc€patjadi,"katanya.gangnya Sedangkan untuk PKL Semenlaxa itu, Kepala Dinas(pedagangkakilima)tida(mere- Perhubungan Komunikasi danka akan dipindabkan ke lahan ter- Informatika (Dinhubkominfo)minal. Sosialisasinya nanti Purbalingga, Jonathan Ekomenyrsul. Nah, untuk hasil Nugroho mengaku belumkesepakatan ini akan disampai- mengetahui hasil pertemuankan ke Bupati secepatnya," antara Dinperindagkop dengankatanya- pedagang Pasar Bobosari.

Sementara itu, Ketua Pagu- "Ibrkait pemindahan lokasi

lubanPedagangPasarBobotsari, sementaraitr,saatinikamimasihPuputAdi Pumomo rnengatakarL perpedoman pada instmki pakpara pedagang akan mengikuti Bupati, yaitu pedagang ditem-instuksi Dinpdndagkop dengan patkan di landasan terminal sisipindah ke lokasi sementara. barat. Kami sudah mempeniap-Pihaknya hanya mtnmggu real- kannya," katanya. Adapun

ttrSffdiTetrlfiilrgirrrdflarpak- adaryaperubalnnlokasitemebu!itu menjadi kewenangan dariDinperindagkop. Pihaknya punsaat ini akan menunggu langkahselanjuhya sesuai instruksi dariBupmi. (H82-78) fl-,t_/

& Pembangunan Pasar BobotsariBOBOTSARI - Para pedagang Pasar Bobotsari

kemungkinan besartidak jadidipindah

sementara di Terminal Bobotsari.

sernentara itu."Nanti sebaiknya, di lokasi

sementara, pedagang diatursecam kelompok. Pedagang bajusendiri, pedagang salur sendiri,

Merekaakandipindahkeruas mePet. Jika teraP dipindah di barallaunmtimur

laun srigj*-5r*';ao. H"l it, lahan termi-nal sisi barat, akan Untuk lokasi baru te6ebut'

sesuai deigan hasil pertemuan memakan waktu yang cukup diperkirakan membunrtrkan ruas

"nt." f"t'*"fifun pedagang lama- Sedangkan unt':k-memba- jalan sepanjang 350 meter

O"ngun'Oitu. perinOuirlai ngun slrrlter-(lapak) sementara dimanamampumenampungT0O

P;ffi;;;g", dan Koperasi hius dilakukan setelah lelang lebih pedagang l-okasi ini dik-

@ind.iniagtop) p*uaingga sele'sai,"katanya" laimtidakakanmutggangguprc

i"ri irg" "oittikan o'iJtr Atasanhnr,jikadiarcat€nni- :": pembangunan Pasar

irf*rpii."" di kilntor Polsek nal itu, tidak hanya dibangun Bobotsari'

ilbu:o-i, S"fu*tZSn). lapak sementara saja, tapi juga Penat"anPedagang

Wacana perpindahan lokasi harus dibuat saluran air'karena . - m Pg.r-lemuan SYblti)9lsementara itu dilontarkari oleh JiIa tidah- m:aka lokasi tersebut disepiikati minggu kelga Mer'

piii"fbirp"ri.a"gkop. Agus 'rt* dt o- t"u , tiout nvu- semua ryalqans yff ry^n$

wur*ro,tipauoiri-iirougtop manlagiuntrk@agang' . - danberadadi tempat bam sebab'

.*g"-*it4 a^-"yul"Uit MJnurutnya, aiematif ter- pada April sumt Perintah kerja

t fiaefisiensiwakuaanbiaya- baik yaitu dipindah di ruas Jalan ISPK) pembangunan pasar';;P"rtu-u, *ukt*yu.uduh Brigien Suwondo, yakni dari kemungkinan akan turun'

]]AGIAN HTII'IAS SETDA KABUPATEN PTIRB.{LINGGA

Page 38: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

;'F<

.J;o

-aona

\\l:

!s

OO

\

o

t4

.v

cq

=\-ts

OO

(3

-d

\

S')

Eiooos

.:

\

io

:o.,

&1+i

:

qi

t.-laB

{ .:q:<aa

U'i<i.g*El

B,,\GI,$' HLI\{.\S SETD.,\ K,\BI'P.\TE\ PlIRB.\I,IN(i(i\

Page 39: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING MEDIA

}AOIAil fltJUAS $[TOA ntnBAIIIiffiA

SUARA MERDEI(ARABT',30MARET 2016

Enam Karyallminh Cagar BudayaI-olos ke ProvinsiPURBALINGGA - Seba-

nyak enam siswa dari SMA,/-SMK se-Purbalingga dinyatal0nlolos maju lomba karya ilmiahtentang Cagar Budaya'di tingkatProvinsi Jawa Tengah. Hal iniditetapkan setelah diadakansejumlah seleksi yang dilak-sanakan oleh Dinas KebudayaanPariwisata Pemucla dan Olalrraga(Dinbudparpora) Purbalinggasejak Senin (14/3) hingga Rabu

Q3B).Kepala Seksi Sejarah dan

Bendahrbakala DinbuQarporaPurbalingga, Rien Anggraeniselaku. ketua panitia seleksitingkat kabupater! Seniu (2813)mengaalcaa ad4unpesertayanglolos dengan nilai tertaik adalahWidyaningtyas dari SMKN IPurbalingga dengan judulkaryanya " Runtuhnya BekasKantor Sur* Kabar Belanda DeLocorrntif'.

Disusul oleh Dicky WitidhRavandhika dai SMA I Krrasaidengan judul "PerjuanganPenyelamatan Cagar BudayaYang Terancam (Pabrik GulaKalibagor)" . Kemudian yang ter-baik ketiga adalah Dwi Suyokodari SMA 2 hubelingga dengankarya yang be{udul "Konservasi

Masjid Para Wali unnrk LEM-PER".

Sementara para pemegangjuara harapan diantamnya TrianaWahluni dari MAN h"ubatinggadengan karyanya "Menghilang-nya Jejak ?ra-Atsara di DesaWisata Limbasari", Fathunokh-man dari MAN htbalingga de-ngan karya "Pemanfaatan Apli-kasi Android Sebagai MediaPromosi dan Sosialisasi Kom-pleks Candi Dieng di EraDigital" ; serta Noka NurlaelaSMA Muharnmadiyah 1 Rrba-Iingga dengan karya "MasjidSayyid Kuning Sebagai PotensiWisata Religi di Kabupatenhnbatingga".Sempunakan femrangan

'Mereka yang lolos adatahyang memiliki kualitas baikdalam karyanya maupun dalamperforma presentasinya. Kamibampkaq bagi yang lolos segera

lenyenpunakan kekUiaDgankryany4 sebelum dilombakan ditingkat povinSi." kaUnya"

Adapun pendaftar lombakarya ilmiah ini sebelumnnya 30pesertadari siswa SMA"/SMK se-Purbalingga. Penjaringan rahapawal dilakukan seleksi naskahdengan mempertimbangkan tala

P,.{ti A\ iil j \lA-q s!r'! 1}A ti.\P,t P A f t;\ P| RB.\Lt\cc\

Page 40: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

tulis, metodoogi, dan substansinaskah yang menitik beratkantentang .qg2r budaya

Dari penjaringan tahap awaiitu didapatkan 20 naskah yanglolos untuk menjalani seleksitahap kedua. Mereka dijadng10q166[i rmtrrk dinilai daldm per-forma pesentrsinya, didapatkart

enam peserta yang terhit'Dengan dilalsamkanlomba

ini, diharapkan karya.kaya yangdihasilkan bisa dimanfaatkansebagai sarana pembelaj aran,pendidikan, penelitian sata pen-garalancagarbudaya' katanya

Iajugarnenjelaskan lombainirutin diselenggarakan tiap tahun

dan karya-karya pelajarPutalingga selalu masuk nomi-nasi di tingkar provinsi.

Penilaian di Pemprov akandilaksaaakan pada tanggal I sam-pai 11 April dan pengumumanpemenang akan terselenggarapada 26 sampai 28 April diKabupaten Demak. fiI82-78)

PEMENANG I0MBA: Pesefia pemena g lombakarya ilmiah cagar budnya tixtgl<at ka-bupaten mercrima tofi dan piagatn pmgharyaan dan Dinbudpatpora Purbalingga (78)

SnnAyan Rachrnan

RAGTAN HI ]MAS SF,TDA KARII?ATF,N PI IRRAT,INGGA

Page 41: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING MEDIA

BAOIAil HIII{AS $IXTA NilBflilffiA

).d.,4@rUgrt

RABU WAGE,30 MARET 2016 (20 JUMADILAKIR 1949)

Lomba Karya'llmiah Cagar BudayaPURBALINGGA (KR) - Enam siswa dari SMA dan SMK se

Purbalingga mengikuti lomba karya ilmiah tentang Cagar Budayatingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, enam siswa itu sudahdinyatakan lolos seleksiyang dilaksanakan oleh Dinas Kebuda-yaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) purba-lingga pada Senin (1413) hingga Rabu (23/3). K6enam siswa ma-sing-masing Widyaningtyas (SMKN 1 purbalingga) karya'Runtuhnya Bekas Kantor Surat lGbar Belanda De Locomotif, Dic-ky Wilian Ravandhika (SMAN 1 Kutasari) karya ,periuangan

Penyelamatan Cagar Budaya Yang Terancam (pabrik Gula Kaliba-gor)', dan Dwi Suyoko (SMAN 2 Purbalingga) karya,KonservasiMasjid Para Wali Untuk LEMPER'.

Peraih juara harapan masing-masing Triana Wahyuni (MANPurbalingga) karya 'Menghitangnya Jejak pra Aksara di DesaWisata Limbasari', Fathunokhman (MAN purbalingga) karya ,pe-

manfuatanAplikasiAndroid Sebagai Media promosi dan SosialisasiKompleks Candi Dieng di Era Digitat', serta Noka Nurlaela (SMAMuhammadiyah 1 Purbalingga) karya'Masjid Sayyid KuningSebagai Potensi.Wsah Religi di Kabupaten purbalingga,. "Merekayang lolos memiliki kualitas baik dalam karyanya maupun dalamperforma presentasinya. Kami harapkan, bagi yang lolos segeramenyempumakan kekurangan karyanya, sebelum dilombakan ditingkat provinsi," tutur Kepata Seksi (Kasi) Sejarah dan BendaPurbakala, Dinbudparpora Purbalingga, RienAnggraeni. (Rus)-g

ll \Cl \\ Hr \1.\! SL i lJ \ k.\tst P.\'lt\ !,1!.!J \t_t\Uri.\

Page 42: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

KTIPING MEDIA

BAfiAIi HUI}{A$ ffiDA NilBfiT{fffAsetasa Pon,29 Maret 2016 | wawasan

Protes Galian C,Warga Tutup lalan

PURBALINCGA - Warga DesaJatisaba, Kecamatdrr pu16;lirrggamenutup paksa Jalan LetnaKusni, dengarr nrengguna L.rrrbeton. ALsi itu dilaluLjri sebaeaibentuk protes Leras warqa tir-hadap kegiatan penamblngangalian c dan gilingan batu, yingada di desa tersebut-

Kepala Desa i Kades ) Jatisaba,Sutrimo, Senin (28l3) men-gatakan Lemarahan warga dipicusetelah melihat kondisi ja lantersebut, yang semakir rusak ak-ibat sering dilewati truk pen-gangkut pasir dan batu. Wirsamarah, atas ketidakpedulian pei-gusaha galian c darr gilingan pasirdan batu, yang membiarkan ialanrusak, tanpa ada ko-pensasi upapun ke warga.

, "Kami juga sempat mengun-dang ttma pengusaha galian Cyang ada di desa tersebut, untukmeredam gejolak warga. Sebab,warga tetap melakukan profesdengan memblokr jalan, iika pen-gusaha galian C tidak memper-baiki jatan yang rusak terseb'ut,,

Sehingga, warag bersikeras agarpengus.lha galian C menutupusaha mereka-

. Setelah melalui diskusi pan-Jang, pertemuan vans iusa di_hadiri oleh Kapols"t pirUuirqenAKP Supdhatin, Camat puriil-ingga Endro Irianto, Kasi DalDosSatpol PP Teguh Sungkono, per-

ungkapnya.Dijeiaskan, sebenarnva ada

perjaniian yarrg,litanda tangan i

April 20ll lalu. bahrra jalan teise-but, harrya boleh dilewdti truLpenSangkut galian C yangkosong. Sedangldn, truk yangberisi "gaiian

C"hurus -etJrv"rija)an Iain yang melewati Desa La-mongan. "Namun, perjanjianIersebut diindahlan oleh nen-gusaha." ungkapnya.

Tak hanya itu, pengusaha jugatidak konsisten dengan jaiirmereka, untuk ikut memeliirarakondisi jalan. Sehingga, kondisijalan menjadi rusak pirah.

Warga semakin marah, karenarusaknya ialan tersebut, serinsmemakan korban, Beberaoiwarga, harus dirawat di rumlhsakit, karena mengalami kece-lakaan di jalan tersebut. .,Terakhir

pada hari Minggu (2013) lalu, ada!\/arga yang mengalami kece_lakaan cukup parah," Ianjutnya.

Apalagi diketahui, para pen-gusaha galian C tersebut tidakmemiliki izin dari pihak terkait.

wakilan dari Koramil, DpU danKMPT itu, melahirkan keseoa-katan deng.rtl pengusaha.

"Selama proses negosiasi pen_gusaha detrgan warga terkaitkerusakan jalan selesai, oen-gusaha galian C harus mentiruousahanya," imbuhnva. , '

' ST-ad

H.\(;lA\ !{\ t\l}-S Sltfi}.l}:..\p,l ?IlL\?\ RL:, \-1_1\(,(ir

Page 43: Kliping Media Tanggal 30 Maret 2016

TIITUP IAI"AN : Warga Desa latisaba, Kecnmatan Purbalingga, Purbal'ingga menutup jalan desa yang rusak akibat sering dilalui truk pengangkutgilian C. Mereka menufitut pengusaha galian C membayar Santi rugikerusakan jalan tersebut, W Foto Joko Safltoso-qd

BAGIAN HUMAS SETDA KABf,TATEN PL]RBALINGGA