kliping media tanggal 3 maret 2016

48
KTIPING MEDIA BAON Ht]lllA$ $ITDA PI]IBAIT{OGA Radar Banyumas . xrri" Prhing 3 Maret 2016 Transparan Kades Diminta Terkait Pengelolaan Dana Desa PURBALINGGA - Desa Tuniungmuli Kecamatan Karangmoncol, menjadi desa pene ma dana desa terbesar di Kabupaten Pur- balingga. Desadengan salah satu penduduk terbanyak ini, mendapa&an dana desa Rp 797,955 iuta. Sedangkan, Desa Jompo, Kecamatan Kalimanah menjadi desa penerima dana desa ter- kecil, yakni Rp 611,992iuta. Hal itu terungkap dalam acara Sosialisasi Dana Desa Kabupaten PurbalinSSa Ta- hun 2016 di Pendapa Di- pokusumo, Rabu (2/3). "Dana desa alan digelon- torkan untuk 224 desa di wilayah Kabupaten Pur- balingga untuk pembangu- nan desa. Tekad kita ber- .sama adalah untul< mem- bangun kemandirian de- sa,"jetas Bupati Purbalingga H Tasdi sH MM. Adapun Desa Tuniungnuli Kecamatan Karangmoncol akan menerima dana yang tertinggi di Kab Purba- lingga. Karena desa tersebut penduduknya paling banyak dan untuk penerimaan da- na desa yg paling kecil ada- lah Desalompo Kecamatan Kalimanah. Tasdiiuga meminta kepada para kepala desa agar me- ngecek dan mendata ma- syarakatnya, terutama ru- mah yang ddak layak huni. Sebab hat itu meniadi pe- pati dan wakil bupati di Semarang. "Mari kita sama-sama tun- taskan kemiskinan yang ada di Kab Purbalingga untuk menuiu Kabupaten Pur- balingga yang maju dan sejahteral' ujamya. Dalam kesempatan itu, Tasdi juga menianjikan, ada kebijakan yang akan di- tuangkan dalam produk regulasi terkait dengan ke- sejahteraan aparatur per- angkat desa. Salah satu regulasi teEebut adala pe- doman pemberian peng- hasilan tetap (siltap), tun- jangan dan penerimaan lain aparatur pemdes tahun 2016. Serta regulasi pem- berian jaminan social bagi aparatur pemdes, yang iu8a merupakan r.espon dari fo- rum kades dan perangtat desa. Kepala Kelaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Pur- balingga T Banjar Nahor SH mengatakan, p.ara Kades harus transparan dalam pengelolaan dana desa. Sebab jumlah dana desa yang dikcurkan ;'umlahrlya sangat banyak, serta rawan penyimpangan. "Jangan sampai melakukan korupsi dalam pengelolaan dana desa laporan administrasi dilakul€n dengan baik dan benar. Pengeluaran keu- angan harus terperinci ka- rena itu bentuk pertanggung .jawaban laporan baik di- dunia maupun di akhirat," jetasnya. Kajari menjelaskan, jami- nan dan dukungan yang diberikan kqiaksaan, bertu- juan agar dalam melalsa-

Upload: humas

Post on 26-Jul-2016

243 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPING MEDIA

BAON Ht]lllA$ $ITDA PI]IBAIT{OGARadar Banyumas . xrri" Prhing 3 Maret 2016

Transparan KadesDiminta

TerkaitPengelolaanDana Desa

PURBALINGGA - DesaTuniungmuli KecamatanKarangmoncol, menjadidesa pene ma dana desaterbesar di Kabupaten Pur-balingga. Desadengan salahsatu penduduk terbanyakini, mendapa&an dana desaRp 797,955 iuta. Sedangkan,Desa Jompo, KecamatanKalimanah menjadi desapenerima dana desa ter-kecil, yakni Rp 611,992iuta.

Hal itu terungkap dalamacara Sosialisasi Dana DesaKabupaten PurbalinSSa Ta-hun 2016 di Pendapa Di-pokusumo, Rabu (2/3).

"Dana desa alan digelon-torkan untuk 224 desa diwilayah Kabupaten Pur-balingga untuk pembangu-nan desa. Tekad kita ber-.sama adalah untul< mem-bangun kemandirian de-sa,"jetas Bupati PurbalinggaH Tasdi sH MM.

Adapun Desa TuniungnuliKecamatan Karangmoncolakan menerima dana yangtertinggi di Kab Purba-lingga. Karena desa tersebutpenduduknya paling banyakdan untuk penerimaan da-na desa yg paling kecil ada-lah Desalompo KecamatanKalimanah.

Tasdiiuga meminta kepadapara kepala desa agar me-ngecek dan mendata ma-syarakatnya, terutama ru-mah yang ddak layak huni.Sebab hat itu meniadi pe-

pati dan wakil bupati diSemarang.

"Mari kita sama-sama tun-taskan kemiskinan yang adadi Kab Purbalingga untukmenuiu Kabupaten Pur-balingga yang maju dansejahteral' ujamya.Dalam kesempatan itu,

Tasdi juga menianjikan, adakebijakan yang akan di-tuangkan dalam produkregulasi terkait dengan ke-sejahteraan aparatur per-angkat desa. Salah saturegulasi teEebut adala pe-doman pemberian peng-hasilan tetap (siltap), tun-jangan dan penerimaanlain aparatur pemdes tahun2016. Serta regulasi pem-berian jaminan social bagiaparatur pemdes, yang iu8amerupakan r.espon dari fo-rum kades dan perangtatdesa.

Kepala Kelaksaan Negeri(Kajari) Kabupaten Pur-balingga T Banjar Nahor SHmengatakan, p.ara Kadesharus transparan dalampengelolaan dana desa.

Sebab jumlah dana desayang dikcurkan ;'umlahrlyasangat banyak, serta rawanpenyimpangan. "Jangansampai melakukan korupsidalam pengelolaan danadesa laporan administrasidilakul€n dengan baik danbenar. Pengeluaran keu-angan harus terperinci ka-rena itu bentuk pertanggung

.jawaban laporan baik di-dunia maupun di akhirat,"jetasnya.

Kajari menjelaskan, jami-nan dan dukungan yangdiberikan kqiaksaan, bertu-juan agar dalam melalsa-

Page 2: Kliping media tanggal 3 maret 2016

-

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIt]lrlAS $I[DA PI]RBAINOOA

Radaf Banyfmas . Kamis Pahing 3 Maret 2016

Draft Perda Belum DiaiukanTerkaitKenaikanRetribusi ParkirPURBALINGGA- Renca-

na perubahan atas PemturanDaerah tentang Penyelengg-araan Parkir di tempat u-mum atau tepi ialan umumdisorot Komisi IV DPRDPurbalingga.

Dewan melalui komisi IVsepakat dengan catatan se-lain Pendap atan Asli Daerah(PAD) juga naik signifikan,pelayanan serta iaminan takadakebocoran maupun mac-etnya setoran parkir harus

bisa dijamin penyelenggara."Kamipemah usulkan opsi

menggunakan pihal ketigadan menaikkan retribusiparkir tepi jalan umum. Jikaperda sudah ada perubahandan tarifnaik dan tetap asal-asalan serta masih jelekpelayanannya, maka samasaja bohong,' tegas KetuaKomisi MPRD Purba-lingga, Sugimin, Selqsa (1/3). Saat regulasi sudah di-ubah dan ditetapkan sertaditerapkan, dalam peria-lanannya harus dikawal ke-tal Karena ini soal pelayanan

jasa dan rawan disorot olehpenggunajasanya. Iika sudahmembayar lebih tinggi darisebelumnya, pelayanan iuluparkrr tidak nyaman.

Kabag Hukum dan HAMSetda Purbalingga, TavipWurjono mengatakan, Din-hubkominfo pernah rasanakan mengajukan usulanperubahan retribusi parkirtepi jalan umum. Perda yangada saat ini ada beberapayang diubah. Nramun hinggakini, pihaknya belum mene-rima draft atau usulan secararesmi. (amr)

Page 3: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAON HI]I}{A$ $[IDA ruNBAM{OOA

Radar BanyUmaS . Xarnis pahing g Maret 2016

PUNBIIIIGGIEIGPRTS

Ikut Curi Laptop, Remaja 16TahunDibuiSBulan

PURBALINGGA-Sidani peradilan anak denganterdakwa.DTP (f6), yang biasanya berlangsungtertutup, dalam sidang putusan di PN Purbalingga,dinyatakan terbuka untuk umum. Terdakwa yangterbuld ikut mencuri laptop beIsama pelaku dewasa,dijatuhi hukuman lima bulan penjara.

"Karena sekarang sidang putusan, persidangannyaterbuka untuk umum," kata Humas PN PurbalinggaABeng Priambodo Pamungkas SH, seusai sidangkepada Radarmas, Rabu (2/3).

Sidang peradilan anak dengan terdakwa DTP,warga Desa Suro, Kecamatan Kalibago! Banyumas,dihadid penasehat hukum terdakwa Imbar SumisnoSH, dan Nur Himmah dari Balai Pemasyarakatan(Bapas) Purwokerto.Majelis hakim yang menyidangkan terdakwa

diketuai Nenden Rika Puspitasari SH, anggotaAgeng Priambodo Pamungkas SH, dan BagusTrengSono SH, didampingi Panitera Pengganti(PP) Supriyanto SH.

Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana pen-curian dengan pemberatan yang dilakukan anak-anak, sebagaimana dakwaan pasal363 ayat (1) ke-4KIJHP jo UU RI Nomor Il Tahun 2012. Sebelumnyaiaksa penuntut umum (JPU) Agung Prasetya Aii SH,menuntut terdakwa DTP 10 bulan penjara.Yang memberatkan terdakwa DTR !erbuatan

terdakwa meresahkan masyarakat dan merugikanorang lain. Terdakwa sudah menikmati hasil keia-hatannya, dan terdakwa pernah dihukum.

Sedangkan yang meringankan, terdakwa terusterang mengakui perbuatannya. TBrdakwa merasamenyesal dan bersalah. Selain itu, terdakwa masihmuda sehinSga dharapkan masih dapat mem-perbaiki diri di kemudian hari.

Terdakwa DTP bersama terdakwa Luksi Pri-hastono (20), iuga warga Desa Suro, KecamatanKalibagor, yang disidang terpisah, melakukan aksipencurian di rumah kos mahasiswa, di DesaI(alimanah Wetan,. Kecamatan Kalimanah, Jumat 3Iuli 2015 pukul I8.Ob. (nis)

Page 4: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUI}{AS $t[DA PII[BAtiliOOA

Radar Banyrmm . Kamis Pahing 3 Marei 20'16

ffi , PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA

-wJ_ BADAN LTNGKUNGAN HTDUP

-7! Jah. L€l Kol. rsdiron No 117 Terp tar 02! r {91065 pu"bat,ng?a 53316

PENGUMUMAN PERMOHO}.IAN IZIN LINGKUNGAN'lNDUSTRI OBAT TRADISIONAL"PT. HERBA EIi'AS WAHIDATAMA

Nomor: 560.1/BLH.llU14t20l 6

Berkenaan dengan Roncana Kegiaian Industri Obet Tradisionaloleh PT. Herbs Emas Wahidatama di Jl. Gerilva RT 01 RW 05Kelurahan Kalikabong Kecamatan Karimanah purb;tingga. dengan in,diumumkan bahwa "FIOLOH THREEYATI' Selaku Pemrakarsa letahmengajukan lZlN LINGKUNGAT{ tepada BUPATI PT RBALTNGGACq, BADAN LINcKUNGAiI HIDUP KABUPATEN pURBAL|NGGA.

Sehubungan dengan hal ters6but, i,IASYARAKAT dapetm€mb9rlkan ralgn, pondapat, d6n tenggsprn ataB permohonEn lzll{LINGKUNGAi{ k.glat6h dlmsksud kepsda KEPALA BADANLII{GKUNGAN HIDUP KABUPATEI{ PURBALINGGA, denganalEmat Jl. Letkol lsdlman No 117 Purbelingga FAX: 0281 891065 aiauEmail: [email protected] palinq lambal 5lIARET 20l 6-

Purb.llna;a, 3 MaGt 2016

ffi PEMERINTAHKABUPATENPURBALINGGA

-\ts,_ BADAN LTNGKUNGAN HTDUP\*, L Jd.an Ler xor. lsdrnan I!o, 11 7 lelorFar 0281.891065 ou6€f ngg. 5Jt1o

PENGUMUMAN PERMOHONAN IZIN LINGKUNGANINDUSTRI KOSMEIK OLEH

CV. CAHAYA ADIPRANA DISTRIBUSINDO

_ Nomor:660.1/81H.flU146/2016

Berkenaan dengan Rencana Kegiatan tndustri Kosmetik oleh CVCahaya Adiprana Distribusindo o. Jt.Raya (atikabong RT O1/RW 0aKecamatan Kalima'rah Pumatirgga. cerEan in: diu;umkan bahwa"ROFIK HANANTO" Setaku peql?ka.sa letah mengajukan lZtNlllt9l-!.ll!94!! kepada aUPAI PURBAL|NGGA cq. BADAr,lLINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PURSALINGGA.

Sehubungan dengan hEt tersBbut, MASYARAKAT dapatfiol1b9rik6lr

-eEian, pendEpEt. ctan Enggapsn atas pemohonsn l2tN

LINGKUNGAN keglatan drmakE!,d k€pada KEPALA BADANLINGKUiIGAN HIDUP XABUPA?EN PURBALINGGA, deTgaTalamal:Jl. Lotkollsdimsn No 117 Pu.tat,ngga FAX:0281 g91065aiti(lEmail: blhJrurballngga@yahoo cor pahrg lambal s mARET 2016

Purb.lln8g., 3 Ma ret 2016TEPAIA EADAII UNGKUNGAN HIDUP

P.mbin Ltah. Mud.NrP. 19570410 :.97705 1 m1

PURB lIGGA

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Jalan Terlalu SemrawutMOHON perhatian pihak terkait ruasjalan darituguknalpot sampai Pegadaian terlalu semrawut.

085642232092

Desa Tak Punya KadesYTH pak bupatiTasdi kapan dong akan dilaksanakanpemilihan kades desa kami larna nih nggak adakadesnya-

Page 5: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGIIMDIA

BAOIN }IUll{,{$ $[IDA }INBAIJNGOA

KAMIS PAHING 3 MARET 2OI6

DukungPembenahan

SepakbolaCEO PT Persibangga Spor-

tama, badan hukum yangmenaungi Persibangga Pur-balingga, Rohman Supri-yadi, mendu.kung pemyataansikap dari sejumlah perrrya-kilan klub divisi utama yangmeminta agar kompetisi se-gera digulirkan. > bda

Ada Sejumlah Agendar llulung

Sambungan dari hal5

Selain itu, Persibanggajuga mendukung langkahp emerintah yang berencanamencabut pembekuan ter-hadap PSSI."Kita juga mendukung

pembenahan tata ketolasepakbola nasional. yangterpenting bagi kami ma-najemen dan tata kelolasepakbola dibenahi, namuukompetisi juga harus jalan,,uiamya.

Dia mengatakan, pembe-kuan PSSI yang berakibatmandegnya kompetisi me-mbuat pembinaan sepak-bola nasional berhenti. pa-dahal di depan mata ada

sejumlah agenda yang hamsdijalani oleh tim nasional,mulai dari perhelatan SeaGames dan tuan rumahAsean Games tahun 2018."Kami mendukung pem-benahan sepakbola. Namunpembenahan jangan sampaimengorbankan kompetisi,,ungkapnya. Mengenai lang-kah apa yang akan diambilsehubungan dengan hasilpertemuan CEO torsebut.Rohman menyata-kan masihmenunggu keputusan pe-medntah."Kami siap menuntgu.

Kami berharap ada anginsegar yang muncul darikeputusan tersebut. Kamibersepakat tata kelola sepak-bola harus dibenahi," re-gasnya. (q,a)

Page 6: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IIAS $ITDA PIIIBAIT{OOA

Radar Banyumas o KAMts pAHrNGa MARET2o16

Parkir Utara Alun-AunBakaT Dihilanglcan

Jalan Iambu Karang danJalan Onje Iadi Sati Arah

. P_URBALMGGA.- pemkab purbalingga

?:i:l:liu -*sllangkan parkir tepi laiindi se.belah utara AIun-alun depan GirLangPendapa Dipokusumo.

-llfu,rdu..1** !ryil rapat dengan pj Sekdaareal parkir tepijalan, di sebelah utara Alun_

alun akan dihi.langkan, sehingga ruas ialanoi depan Pendapa Dipokusumo steril daripalkir," jelas Kasi Dalops Satpol pp pur_balingga, Teguh Sungkono, Rabu (2/3).ura menjelaskan, parkir di alun_alun

sebe.lah.utala.dihilangkan karena ruas jalandi lokasi tersebur menjadi semrawut, akbatadanya parkir.

"Terutama saat pada momen-momentertentu, parkir sepeda motor membeludak

Iy*" !r: baris, sehingga peng8una ialanrerganggu,' ungkapnya.

,. . Tak hanya iru, dengan adanyaparkir disebelah utara alun-alurimenjadikanarea oepan pendapa Dipokusumo, meniadiKUmuh_

, Rencananya, parkir di sebelah utaraarun-atun akan ditiadakan para tahun ini.rlamun langkal lebih masih ikan menunggupembahasan lebih lanjut. > bhata

Rencananya pemkab pur-balingga akan meniadikanIalan Jambu Karans danIalan Onje yang terleiak disisi barat dan timurpendaDaDipokusumo, menjadi jallnsatu arah-

_"lalan Jambu Karang nan-trnya hanya boleh ditalui

kendaraan yang ke arahutara. Sedangtkan, Ialan Oniemenjadi jalan satu arah i"arah selatan,,, bebernya.

Diharapkan, dengan ada-nya rekayasa lalu lintas se_perti itu, serra dihilans_kannya parkir di sisi utar"ialun-alun, akan meniadikanjalan di seputaran pindaoaDipokusumomeniadi tenib."Tiddk laSi diremukan anrslalu.lintas yang semrawut,,,tegasnya. (tya)

r ParfiilIalan Akan Lebih Tertib

Sambungan dari hal5

Page 7: Kliping media tanggal 3 maret 2016

;l

2oE6

:'!E

:-'E

'aoE

o---t-!

tl0)

Yf-oE

c-g

ql

t

EE

E.g

ltco.(,.oE

E53T

.b3

<-t(k<E:f!,cdE

Page 8: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPING MEDIA

BAflA}{ IIU}trAS $IXIA PtnBAtl}{C,0A

Radar Banyumas o liamis Pahing 3 Maret 2016

Angin RiburTerjang Rumah Warga

samaan dengan hujan de-ras, Selasa (1/3) sore me-nyebabkan satu rumahrusak berat dan beberapalainnya rusak sedang.

Satu rumah tusak beratkarena tertimpa pohonbesar dan lainnya porak-

poranda karena teranganke bagian atap rumah. Ke-jadian di Desa lingkang(Karangjambu) dan Tun-jungmuli (Karangmoncol)itu menyebabkan keru-gian puluhan iuta.' > btntg

Terjadi diKarangmoncoldan Karang;'ambu

PURBALINGGA_ Ansinrlbut yang terjadi b"er-

r [ngin ga yang mengetahui adanyaangin langsung siaga danberalih ke lokasi yang di-anggap aman, sehingga takada korban jiwa dalam mu-sibah tersebut.

BPBD segera memberikanbantuan sementara kepadapara korban, Selain itu iugamemetakan kerueakan dantingkdt kerugian. Pihaknyajuga menggerakkan ma-syalakat untuk Eotong ro-yong membantu wargayangmenjadi korban rumah ru-sak itu. Masih di Karang-moncol, Selasa (I/3) jugaterjadi angin ribut di wil-ayah Desa Pepedan dansekitarnya. Beberapa pohontumbang dan aliran listrikPLN pada sejak pagi hinggaperang. Meski takrlembuatkerugian seperti kerusakanatap rumah, namun wargasempat terganSgu aktifitasdi rumah.

'Angin kencang bersamhhujan sore kemarin medr-buat pohon'tumbang danaliran Iistrik padam. Alhaa-mdulillah rumah aman. Sel-ain itu angun iuga menye-babkan warga sempat was-was," kata Titin warga se-tempat. (amr/tya)

Berikan Bantuan Sementara

Sambungan dari ha, 5

Rumah Aminudin (35)warga Tunjungmuli Yangberukuran 7 meterxg metertenimpa pohon duku. Ke'rugian ditaksir mencapai RP

10 iuta. Angin ribut disertaihujan juga merusak rumah-rumah di Desa Iingkang,masing- masing rumah mi-lik Abdullah, Rois Setiadi,Sunafto. Masin8- masingmengalarni kerugian ki-saran Rp 2 juta.

'Tidak ada korban jiwa saat

kejadian pukul 09.30 danpule.l 17.00 kemarin. Hanyasaja, karena cuaca masihsering huian, maka per-baikan rumah dipercepatdan untuk sementara Peng- .

huni rumah harus tinggal dirumah kerabat merekal kataKepala Pelaksana BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Purba-lingga, Priyo Satmoko, ke-marid.

Priyo menjelaskan, airginrata- rata menyapu atapseng dan pepohonan disekitar lokasi kejadian. War-

R \(it \N III r\1\S Sr'1-fr \ }i \R|P \t-tj\ Pl'RR\I I\(i(i \

Page 9: Kliping media tanggal 3 maret 2016

TUMBANG i Selain merusak rumahmenumuans*an fo'rtJ'iii'i t'"ir'rirjii'

warga' ansin rihut jusa

Page 10: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIAnl/tIlll mnllfi finrn I Nmnllntn^lfftul/il ruffit Dllufl rufitflLllttJu/t

Radar Bangrumas o KAMts pAHTNG 3 MARET2016

Samurai Makan I(orban,Ayah-Anak Divonis 7 Tahun

l:l*i:l*r_, penu nr ur- Jatilaba, purbalintga..umum (IPU) Zamzam Ik_ yu.,i

1I."1.f T, :l**,* ;;; o.i;[r,T:It',1ffix;#l_maielis hakim meniatuh_ t"t rlu"'a"rgu" ri".gfr_rar proana masing_masing nal<aiserama smbirai,;;;; ;fi"-il:'li[IlHj#:p^enlara. Kemudian pena_ memberik", p"noi""*",::1_"1,huLr- terdakwa, t"rrr" t*t"i. r#,i_,""]

HlTs{Tili:i.i6;f: *:tf;;i*g#non tennganan hukuman, tidak "d, ."rgrffi],.::.lurut majelis hakim, selain rtu, terdakwa belum:11:_u-,-".duk*l terbukri pema} dihukum.

ifrii.ffi lfr"irtif nfrL{l".ffi ,i#jr:yaxm.kar bersalah melaku_ dampingi p.ru.jhut hu-Kan tindak pidana mela- kumivkr.*an kekerasan teril;; ;tiii].i -envatakan pikir-orans yans menyeb.ffi irT#l1}",,jififrltHil1"," "&;iTnff#:'H,T"ffiffi ,H;,,17

m-enghajar korban ArisPurbatin, warga DesaIatisaba, Kecamatan pur-balingga, di jalan lingkarGOR Goentoer Dariono(GD) Purbalingga, kel-urahan Purbalingga KidulKecamatan purbalingga,,umat 25 September 2015pukul 0r.00.

Berawal ketika terdakwaIH sedang duduk-dudukbersama temannva di ialanlingkar GOR GD, didaianeisaksi korban Aris purbatiibeEama sal(si Tri Hatrnoko.Saat iht, Aris menanva-kankepada temannva oerma-salahan yang pernlh tet- -

jadi Kemudian terdakvrra JHmeminta Aris jangan ikutcarnpur,

PIIRBAIb{GGA-Terbuk.ti melalq*al kekerasan danmenyebabkan matinva kor_ban, terdakwa uvui dunarak KS (a3) dan IrJ (23),warga Kelurahan purba_lingga Kidul, KecamatanPurbalingga, digan.jar hu_kuman pidana masing_masmgselama nriuh tahunpen aril.

Vonis hukuman tersebutdijatuhkan maielis hakimPN Purbalingga, yang di-ketuai Nenden R&a Fus_pitasari SH, anggota Agengrrlambodo pamungkaiSH, dan Bagus Trenee'bnoSH, didampingi pailteraPen8gantj (pp) Adhi Su-seno SH, Rabu (2/3).

Dalam pemidangan sebe-

Kemudian terjadi cekcolcSaat itu Aris menyuru}l JHmengundang I(S, ayah JH.Sekitar t0 menit kemudianJH sampai kembali ke ia.lanIingkar GOR GD bersamaayahnya. Kemudian Ksmenyerang Aris dengansepotong bambu yang u-iungnF runcing,

Namun serangan KS da_pat d.irangkis Aris denganmenahan tangan kanan KS.Saat Aris menahan sera-ntan I(S, terdak^,a ,H me-nyerang Aris dengan me_nusukkan samurai kecilmengenai dada sebelah khi.Kemudian torban Aris ter-jatuh. Akhirnya Kamis 1Okober20lS Aris meninp-gal dunia, (nts)

I] \GI \N ] II i\(.\S SETDA K..\BLT! \TLN Pl 'RB \I INGG \

Page 11: Kliping media tanggal 3 maret 2016
Page 12: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAffN IIUI}{A$ $I[DA PI]IBAIil{OOA

Radar Banlrumas

KAMIS PAHING 3 MARET2O16

Aktivitas' il

Pen$uni

lKonfrakan

Resahkanl,VargpDiduga Pengikut datang yang mengontrak

rumah salah satu wargasetempat.

Sebab kegiatan pengon-tral rumah yang mengakuIslam itu dinilai tidak u-mumnya umat Islam. pe-ngontrak rumaah itu di-ketahui berinisial pr asalDesa Penaruban, Kecama-tan Kaligondang danNr asalDesa Randegan, KecamatanWangon, Kabupaten Ba-nyumas. Keduanya me-nurut warga ja:ang ber_sosjalisasi denga n wargaSekrtar > l€hata

Aliran SanggaBuana

KALIMANA.H - Belumhabis persoalan cafatar diPurbalingga yang dianutoleh beberapa warga desadan kecamata n se Kabu-paten Purbaliogga, kali iniwarga Desa Kedungwuluh,Kecamatan Kalimandh, khu-susnya Dukuh Karangwi-non& dibuat resah dan kha-watir dengan aktifitas pen-

SEPI : Selak_ akttvlraa rumah konrrakan tni menliaisiiiiiiiwarga, kondlsl rumah terllhat sepl dan tertutup.'

Page 13: Kliping media tanggal 3 maret 2016

Keduanya Mengku Sudah Menikah

r flt['fititsSambungan dari hal5

Keduany'a mengaku sudahmenikah siri dan usahadagan8 minuman susu ke-delai.Miswanto Atmomiharjo,

yang mmahnya paling dekatdengan kedua pendatang itumengungkapkan, tetanggayang sekitar 4 bulan lalukontrak itu sempat dike-tahui melaksanakan se-macam tahlilan dan tidakpada umumnya tahlilan.Sebab ada yang disebutsalah satu nama bukan na-ma nabi atau sahabat danpara aulia.

"Saat itu malam lumatKliu'on, ada enam orangdatang ke rumah itu. IvIe-reka melakukan semacamtahlilan. Tapi saat saya de-ngarkan, tidak seperti tah-lilan yang biasanya kamilakukan," ungkapnya, Rabu(2/3).

Warga semakin curiga ka-rena rumah tersebut jugatertutup, korden jendelaiuga ditutup. Orang-orangyang datang juga membawatas-tas besar. "Kami kha-watir lagi ramai takutnyabom. Saya lalu lapor KetuaRT," ujamya.Tumiario, Ketua RT se-

tempat mengatakan, pen-datang baru itu sudah mem-berikan dokumen kepen-dudukan padanya berupafoto kopi KTP dan foto kopisurat nikah. Namun diamerasa heran, karena dalamkopian surat nikah itu tidakdikqluarkan oleh KUA, me-lainkan oleh organisasiSangga Buana di Bogor,Jawa Barat.

"Karenatakutada apa- apa,saya tanyakan dan temyatamereka nikah sid di Bekasidan belum sempat melak-ukan nikah resmi di KUA.Saya lalu menyaranl(arl a8armereka menikah di KUA.Saya iuga melaporkan ke-jadian ini ke Kadus III,"ungkapnya.

Akhirriya Kadus III, lawadibersama tokoh masyarakatdan tokoh agama menda-tangi keluarga rumah kon-trakan itu. Mereka jugamerasa heran karena wakumasuk Salat Jumat, di rumahitu justru berkumpul be-berapa orang.

"Kami lalu menanyakanaktivitas siang itu. Lalu di-jawab sedang bela.jar lu-matan. Ini ;'elas aneh, ha-rusnyakalau Salat Jumat kandi masjid, Mereka mengakujika mereka umat Islam.Mereka juga mengaku itutkelompok Sangga Buana;"

.ielasnya.Warga diwakili Kadus dan

Ketua RT, kenudian me-Iaporkan hai tersebut keKades, KUA Kalimanah danPolsek Kalimanah. Pekanlatu, polisijuga sudah men-datangi rumah tersebut.Versi polisi kepada apa-

ratur desa saat pengecekanlokasi, kelompok SanggaBuana merupakan kelom-pok menyimpahg karenadidirikan oleh sesorangbemarnaSanggaBuana asalBogor yang mengaku nabi.

"Kami resah dan khawatirada apa- apa. Warga lalumeminta agar mereka heng-kang dari sini, karena kamitidak in8in ada hal-hal yangtidak diinginkan ter.jadi,"tambahnya.

Kepala Dusun sempat me-nerima informasi jika pe-ngontrak rumah itu siappindah meminta waktusemingguan. Mereka me-minta waktu seminggu de-ngan alasan sedang mencarikontrakan baru. Saat awakmedia mendatangi rumahkeluarga Pr, kondisi rumahkosong dan sepi. Pinturumahsore itu juga temrtuprapat. Kendaraan yang biasadigunakan aktifitas tidakada. Mereka belum bisa di-konfir.masi perihal keresa-han warga. (amr)

Page 14: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUI}{A$ $I[DA IURBAI}'{OOA

KAMIS,3 MARET 2016

PIiRBALINGGA - Kabupaten Purba-lingga berhasrat menjadi destinasi wisatauama tli witayah Jawa fbngal. Karem itu.kmkab seharusnya memacu pembangunaninrastruknr dan memberdayakan masyara-kat wlsata.

Kepala Dinas Kebudayaan PariwisataPemuda dan Olahraga (Dinbudparpora)Rlbalingga Subeno mengungkapkan, pem-bangunan pariwisata di Purbaiingga terlihatdari perbaikan dan pembangunan infrasnuk-fuI pendukung.

Pada 2016 ini'&hgan melebarkan jalurKarangreja-Cua Lawa-Kutabawa,l(emudiimjalur Kutabawa-Desa Wisata Serang hinggaSelaganggeng.

"Purbalingga juga telah menyiapkansarana n sportasi raksi dan jugu reaktivxijalur kereta Purwokerto-Wonosobo.Pembangunan prasarana ini tentu akan men-dulung pertumbuhan dan perkembanganpariwisata di Purbalingga," papar Subenopada diskusi "hlbalftigga Tourism Deve-lopment Roadmap" di aula Dinbudpapora

Pu@4lingga Objek wisata buatal ini perlu

4it&an kembali clengan menambah per-maifr-permainar yang nem{i} .

lPedu ada hal yang sedikit ekstrem dansedikit nrengganti konsep agar Owabongtetap diminati wisatawan pada masa rnen-datang, Intinya, perlu semacarn Owabongreborn, melahkkan kembali Owatrongdengan konsep baruJlandas Kumuda.

Selain Owabong, Rubalingga juga perlumemiliki Lempat kuliner yang bisa.buka 24jam. Usman Jantin Park bisa dibenahi kem-bali dengan menghhdirkan kuliner yang khasdan dibuka Z jam. Selain itu, pembenahanpusar kota khususnya di alun+lun dan jugalaman kom juga perlu dilakukan agar lebihmeoarik.

R:rbalingga Selasa (l/3).Di si-si tain, sambung {ia, pembukaan

Bandara Wirasaba untuk penerbatgankomersial tentu berdampak pada aktivitaspariwisata. Tertu, hal ini perlu disambutdengan perbaikan infrastruktur pendukung.Kurangi Kemiskinan

Subeno mengemukakan, pmbangunanpariwisata mampu mengurangi angkakemiskinan di Purbulingga. Hingga saat ini.angka kemiskinan 20,53 pemen dari junnahkeseluruhan penduduk Pubalingga.

"Pemberdayaan masyarakat melaluipengembangan desadasa wisata, juga kaniyakini mampu mengurangi angka kemiski-nan dan pengangguan di dex sena mengge-

. rakkal perekonomian masyara*at di desa""papar Subeno.

Sementara itu, konsultan da-ri Abadan .

Lile Supporr- Raharja Tri Kumuda rngnge-mukakan, untuk mewujudkan obsesi sttagaidestinasi wisata pertama di Jateng.Kabupaten Purbalingga perlu mengubahwama Owabong sebagai daya tarik wisata

"Setelah pembenahan daya tarik dankondisi perkotaan, perlu dilak-ukan upayapromosi besar-besaraq dengan melaluibelbagai cara dan sar'ana. Promosi bisamelalui t'avel rnadct, Lnir6, m€da sosial,promosi langsung ke kota-kota b€sar danbahkan ke luar negeri," papamya. (K35-57)

Page 15: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ $x[DA PIIRBAIJI{OOA

SUARA MERDEKA

KAMIS, 3 MARET 2016

Ditinggal ke Sawah, Motor DicuriBOBOTSARI . Kasus pencurian kendaraan bermotor

(curanmoo kembali terjadi, Selasa ('1l3) sore, motor milik CaturWaryatun Putra, warga Desa Tlagayasa, Kecamatan Bobotsaridicuri. Sebelum kejadian, korban meninggalkan motor Supra FitR-5650-UC di tepi jalan raya Dukuh Petapean, desa setempat.Korban kemudian meninggalkan motor untuk pergi ke sawah.

"Saat itu sudah dikunci setang. Saat mau pulang qekitarpukul 16.30 ternyata motor saya sudah tidak adaditempdt sem-u la, " u ngkap korban yang merupakan perang kat desa itu kepadapolisi.

Kepala Sub-Bagian Humas Polres Purbalingga AjunKomisaris Diman mengemukakan, guna mencari pelakunya,anggota Polsek Bobotsari lalu melakukan olah tempat kejadianperkara (TKP) dan meminta keterangan dari para saksi setelahmenerima laporan pencurian itu.

Kasus curanmor ini karena kecerobohan korban yangmeninggalkan motornya di tepi jalan saat pergi ke sawah.Terlebih lagi, motornya tidak dipasangi pengamanan ganda.

"Akibat kejadian itu korban merugi Rp 5 juta. Kasusnyamasih diselidikiuntuk mengungkap siapa pelakunya, " paparnya.(H82-57],

Page 16: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIAntfilN Inn 0 fi,rrn I RImnllnl^nlltAul/1fl ruffiI ulufl ruff /ultwr

SUANAMERIIEIMKAMIS, 3 MARET2O16

EmpatRumahRusakakibatAngin Ri6ut

PURBALINGGA - Angin ribut melanda Kecamatan

Karangjambu dan Karangmoncot, Selasa (1/3)' Empat rumah

rusak,Ieruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu'Tiga rumah rusak di Desa Jingkang, Kecamatan

Karineiambu. Masing-masing milik Abdullah warga RT

3/RW faapnya terbawa angin. Rois warga RT 3/RW 2 atap

dan tembok roboh dan milik Sunarto warga RT 4/RW 2 atap-

nYa terbawa angin.

"'K al au di hitu-ng secara maierial . keru sakan ketiga rumah itu

mencapai Rp 7 juta. Warga sudah bekerja bakti memper-

baikinya. Namun belum selesai semua." karaKades Jingkang'

Bambang Hermanto. kemarin.Sementara itu di Desa Tunjungmuli, Kec{matan

Karangmoncol angin ribut membuat pohon tumbang dlnmenim-pa rumah warga. Akibatnya, rumah milik Aminudinwarga-RT 3/RW 5 mengalami rusak parah. Beruntungpenghuni rumah selamat dari musibah itu.' "frarga dan aParat memembereskan matedal' Kerugian

korban ditaksir mencapai Rp lojuta. Kami sudah mendatanya

dan segera dilakukanpenanganan"' kata Kepala Pelaksana

Badan- Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Purbalingga, Priyo satmoko.Lebih Waspada

Selanjutnya, Priyo mengimbau kepada masyarakat untuk

lebih waspada mengingat kondisi cuaca sedang tidak bai\'Hujan deras disertai angin kencang masih serinS,terjadidengan intensitas linggi. Selain angin bencana longsor

ifi;;; Ji*""pr?""i mengingit dil daerah KecamatanKaranglambu dan Karangmoncol dalam peta rawan

longsor"Jika hujan deras dengan tinggi, warga Yang

rumahnya berada di dekat tebih harus

padaan. Kalau perlu keluar rumah danyang lebih aman,' katanya. (H82-48)

kewas-ke tempat

Page 17: Kliping media tanggal 3 maret 2016

RaSAK P.ARAH : Rwnah milik Aminudin warga RT3/RW 5, Desa Tunjungmuli. Kecamatan Karang-moncol rusak tertimpa pohon akibat angin.ribut,Selasa(l/3). (48)

Page 18: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPING IUEDIA

BAOIN H[]I'A$ $I[DA IIJRBAIJ}{OOA

SUARA MERDEKA

KAMIS,3MARET 2016

BPJS Ketenagakeriann Serahlmn Santunnn

Rp lW,Sluta

PURBALINGGA - BadanPenyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) Ketenagakerjaan Ca-bang Purwokerto memberi san-tunan jaminan kecelakaan kerjadan kematian kepada empat ahliwaris aparat pemerintah desa diKabupaten Pu6alingga.

Santunan itu diserahkaosecara simbolis oleh BupatiPurbalinggq Wakil Bupati, danKetua DPRD di pendapaDpokusumo, Rabu (26).

Menurut Kepala KantorCabang Pembantu BPJS Kete-nagakerjaan Purbalingga Guna-di Heri, total santunan jaminankecelakaan ke{a dan kematianyang diberikan kepada ketigapesena yang terdaftar di BPJS

dungan kepada para pesertaBPJS Ketenagakedaan," ung-kapnya.

Dia mengemukakan, jumlahkepesertaan program BPJSKetenagake{aan dari kalanganaparat pemerintah desa diKabupaten Purbalingga relatiftinggi. Dari jumlah 224 desa,l4l desa di antaranya telahterdaftar menjadi peserta. Tiapdesa rata-rata terdapat 10perangkat desa.Dukungan Pemkab

"Khusus urituk perangkatdesa jumlah kepesertaannyasudah banyak. Pemerintah desamenfasilitasi kepesertaan pro-gram BPJS Ketenagakerjaan

Ketenagakerjaan Rp 109.565.-114.

Perincianny4 santunan jami-nan kecelakaan kerja diberikankepada perangkat DesaJingkang, Kecamatan Karang-jambu dengan ahli waris NurulAfidah sebesar Rp 6l . 199.620.

Kemudian, jaminan kema-tian diberikan kepada perangkatDesa Kemangkon, KecamatanKemangkon dengan ahli warisSetiyowati sebesar Rp 24.286.-977 dan jaminan kematian kepa-da perangkat Desa Kasih,Kecamatan Kertanegara denganahli waris Asmiyah sebesar Rp24.078.5t'1.

"Pemberian sannrnan kema-tian merupakan bentuk perlin-

melalui APBDes," ujamya-Dia mengemukakan, jurnlah

kepesertaan yang tinggi darilingkungan pemerintah desajuga tidak lepas dari dukunganPemkab hrbalingga.

Apalagi Pemkab denganBPJS Kercnagakedaan Puwo-kerto telah menandatangani notakesepahaman pelaksanaanProgram BPJS Ketenagaker-jaan.

"Untuk meningkatkan jum-lah kepesertaan, kami beke{asama deogan Pemkab. Selain itu,kami terus berupaya melakukansosialisasi kepada perusahaandan masyarakat umunl" tandasGunadi. (II6G57)

<9

Page 19: Kliping media tanggal 3 maret 2016

MENERIMA SANTUNAN, nso ohti.o*Y;l;X;:santutwt janitwn kecelal<aan kcrja dan l<cmatian pm-gratn BPJS Ketenagalcerjaan l<zpesertctan aparat penw-rinuh desa di Kabupaten Purbalingga kerrunn. Q7 )

Page 20: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUI}{AS $I[DA PIIRBAIINOOA

g13ggg '':.:r'

"' ;' - '::

KAMIS PAHING, 3 MARET 2016

Thekwondoin

PITIBALINGGA - Para atlet taekwoBdoKabwden Pubatingga mulai u4iuk gigi di kancahnasio4l. Meskipun demikian, perjuangan berattusilltarus ditempuh oleh Pengkab Taekwondohdoriesia (TI) Purtralingga untuk bisa menjadiyang teftaik.

Torehan 42 medali pada Kejumas Mok s Open2016 di GOR Jati Diri Sema'ang, belum lama ini,sudah menjadi buhi kemampuan para taekwon-doin dari Kota Perwira ini.

Pada kejuaraan itu, Purtalingga menerjunkan49 atlet dad tiga kldb, masing-masing 26 atlet dariJagrataraTaekwondo Club (JTC). l5 adetdari SingaBarong Taekwondo Club, dan 8 atlel dari Unit SMPIslam Terpadu Ha-apan Umrnfl Purbalinega

"Kami meraup 17 emas, 12 perak, dan 13perunggu. Kejuaraan itu dii(-uti 2.300 atlet dariseluruh penjuru Nusanara- Dengan mengirim 49atlet dan meraih 42 medali, pe{uangan para atletsudah memuaskan. Kami berterima kasih atasdukungan moral dari Ketua KOM Frwbalingga dantransportasi dari Bagian Umum SeAa pinOik OanDinbudparpora," ungkap Ketua PengkabTaekwondo Indonesia Purbalingga AgungPtaarna, Rabu (2/3).'Pernah Vakum

lvft*rqtny4 prestasi ini menjadi tonggak bagi

kembalinya gairah taekwondo di Purbalingga.Sebab, olahraga bela diri ini pirnah vakumbeberapa tahun dan baru bangkit kembali setahunlalu. Sebab, pada kejuaraan di Semarang ihr diikurioleh atlet dengan kualitas dan,pengalaman yangberada di atas para atlet hnbalingga.

. "Untukbisa berada dii aiaran elite taekwondo ditingkat Jawa Tengalf kami akui saat ini masih berat.Sebab, taek:wondo baru setahun digencartan lagi.Tapi dalam waktu tiga atau empat tahuD men-datang, karni yakin bisa disejajarkan dengan dae*drlain yang mernitiki tradisi kuat di olahraga ini,seperti Semarang dan kota lain " papamya.

Pada ahun ini, Pengkab TI Prubalingga masihmemiliki agenda untuk mengikuti duakejuaraanIagi. yaitu Kejuaraan Trngkat Pelajar Bupati C\p diMagelang pada April dan Kejirras di Jakara pade.September. Kedua ajang iu, akan menjadi persiapan bagi Thekwondo Indonesia Pr.ubalingga untukbisa berpartisipasi di KejuaraBn Internasional untukFa),uniordan ,,unioryang akan digelar di Bali pada2017.

"Sebelumnya, bulan ini kami akan nrenggelarujian kenaikao tingkat terlebih dahulu bagi paraadet. Dari sini nanti akan dikerahui juga a0et.atletmana yang. akan kami ikutsertakan dalamkejuraan tadi," karanya. (H82-57)

UqiukGigr

Page 21: Kliping media tanggal 3 maret 2016

TAEK$ilONDOIN BERTANDING : Taet<wondoin asat purbalingga (btrul Ue#-(i1S filn Kejumas Mok's Open 2016 di GOR Jati Oirt, Semaranil biberapa watauAt/!L"*--

Page 22: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAGIAN IIUI{AS SIIDA PIJRBAI}'IOOA

KAMIS,3 MARET 2016

LayarTanj leb FFP Buka PendaftaranPURBALINGGA - Panitia Festival Film.

Purbalingga (FFP) 2016 mulai membukapendaftaran lokasi pemutaran programLayarTanileb. Menurut rencana, ajang kom-petisifilm yang 2016 ini memasukitahun ke-10 berkeliling ke 20 desa seantoro Banyu-mas Flaya (Purbalingga, Banjarnegara,Banyumas, dan Cilacap).

Pengelola FFP Asep Triyatno menge-mukakan, pada FFP 2016 yang akan digelar30 April - 28 Mei 2016 ini, lokasi layartanilsbherdasarkan usulan warga BanyumasRaya. Panitia tetap melibatkan kelompokpemuda untuk mengelola program.

''Bagi komunitas, kelompok, ataupunkarangtaruna yang tertarik untuk bekerjasama agar desa atau wilayahnya dijadikanlokasi, silakan mongirim nama, alamatlengkap, dan nomor telepon seluler kepadakami. Setelah itu usula0 lokasi kami kamisurvei," papamya, kemarin.

Dia menyebutkan, pada saai pelak-sanaan program ini akan diputar lilmlndonesia panjang sertja pendek.

Untuk lilm pendek, dewan program akanmemilih tilm peserta kompetisidan nonkom-petisi yang ikrrtberkeliling.

Adapun program layar tanlleb ini lahirkarena adanya larangan dari Pemerintah

Kabupaten (Pomkab) Purbalingga saatCLC Purbalingga hendak memutar ,ilm diGraha Adiguna kompleks Pendapa Bupatipada 2006. Kebiiakan inilah yangmelahirkan program layar tanileb dengantuiuan mendekatkan tilm pendek kepadamasyarakat.

Bahkan, layar tanileb menjadi programunggulan di setiap penyelenggaraanFestival Film Purbalingga (FFP).Film lndonesih Lawas

"Data berupa nama, alamat lengkap,dan nomor telepon seluler, dapat dikirim kenomor 085642809356 atau media sosialFestival Film Purbalingga s€perti Facobook,Twitter, dan lnstagram. Sementara itu, infor-masi selengkapnya btsa dibuka lewat$Xrswww.clcpu rbali ngga.r4" papar dia.

Sementara itu, Manajer FFP NankiNirmanto mengemukakan, program layarlanileb di testival satu-satunya yang berke-lanjutan di Kabupaten Purbalingga ini akanmemutar fllm lndonesia lawas denganproyektor 1 6 milimeter.

'Nanti, warga lfulak hanya akan menge-nang layar tanileb masa silam secara lebihdekat. Tapi bagi generasi sekarang, sekali-gus pengetahiJan bagaimana teknologiberkembang cepai," ungkapnya. (K35-57)

Page 23: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

KAMIS,3MARET 2016

kepada Dandim 0702 LetkolKav Dedi Safrudin. "Kamimemberi apresiasi kepadasemua Pihalq termasuk jajaranKodim 0702 yang telah bekerjasama dengan bagus, sehingga

produksi pangan pada 2015meningkat tajam," ujar Zainal.

Dia mengemukakan hal itusaat upacara penyerahan traktordi halaman Kodim 0702.Upacara dihadiri Kepala Badan

Pelaksana Penyuluhan danKetahanan Pangan (BPPKP)Lily Purwati dan para danramil.

Zainal mengemukakan, pro.duksi pangan beras pada 2015melonjak hingga 43 persendibandingkan tahun lalu.Dengan demikian, KabupatenPurbalingga mengalami surplus63.000 ton pada 2015.

"Pada 2016 ini Purbalinggadiurget oleh Pemerintah Pusatuntuk tetap bisa surylus. Denganluas area tanam 210.000 hektare,produksi kami diminta sebesar252.000 ton," ucapnya-Madh Reatistis

Zainal menuturkan, targetdari Pernerintah Pusat itu masihrealistis. Sebab, Purbalinggamempunyai potensi untuk sur-plus. Lahan yang biasanyapanen setahun sekali, pada tahunini akari dijadikan panen setahundua kali; "Terkait dengan bantu-an traktor itu, kami halus tetapmenjaga kerja sama denganjajaran TNI AD gunameqingkatkan kinerja dengan

memanfaatkan sumber dayayang ada, termasuk peralatalmesin peftanian," katanya

Bantuan traktor ini. harapZainal, bisa meningkatkankinerja untuk mencapai targetsurplus yang telah ditetapkanPemerintah PusaL

Dandim 0702 letkol KavDedi Safrudin menyampaikanterima kasih kepadaKementerian Pedanian melaluiDintanbunhut yang sudah mem-beri bantuan traktor kepadajajarannya.

"Nanti pafa babinsa jugaharus menguasai cara penggu-naan trakor tangan itu. Babinsaperlu mendapat pelatihankhusus agar bisa terampil dalammengoperasikannya,"paPamya.

Dandim menekankan. ban-tuan baktor ihr nanti akan digu-nakan membantu program per-cepatan tanam di wilayahKabupaten Purbalingga- sehing-ga bisa mencapai target sur-plus.(Fl0-57)

Kodfui Grima Bantuan LimaTraktor

PLIRBALINGGA - Kodim0702 Purbalingga menerimabantuan lima trakor tangan dariKementerian Pertanian.Bantuan diserahkan oleh KepalaDintanbunhut Zainal Abidin

Page 24: Kliping media tanggal 3 maret 2016

BERFOTO BERSAMA: Dandim 0702 Letkol Kav Dedi Srf*dir:*ff:f,Dinanbunhut Zninnl Abidin Kepala BPPKP Lily Purwati, dan para danrarnil befotobersarw setelah penyerahan tralaor (57)

Page 25: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPING MEDIA

BAOIN III]IIAS $X[DA PI]RBAIT{OOA

$UAee MERDEKAKAMIS,3 MARET2O16.

Warga Resah dengan l(egiatan

Pendatang

& Diduga lkutAliran Sangga BuanaKAUMANqH - Warya Dukuh Kaliwinong, Desa

Kedungwuluh, Kecamatan Kalimanah akhir-akhir

inidibuat resah oleh kegiatan salah satu

keluaqa pendatang diwilayah itu.

Mereka menilai kegiatankeagamaan yang dilakukan pen-datang itu tidak seperti padaumumnya umat Islam.

Adapun keluaga pendatangitu, Prayoto asal Desa PernrubanKecamatan Kaligondang dan NurHayani asal Desa Randegan,Kecarnatan Wangon, KabupatenBanyumas. Mereka mengontrakdi salah satu rumah warga

Seorang warga, MiswantoAtmomiharjo, Rabu (2/3),mengemukakan, tetangga baru-nya itu mulai tinggal di sitr rkiarempat bulan lalu. Dia yangrumahnya berdekatan mengakumerasa heran dengan kegiatankeagamaan tetangganya yangdirasa tidak sepeni umat muslimpada umurniya-

'Malam Jumat Kliwon lalu,ada enam orang datang ke situ.Mereka melakukan semacamtahlilan. Tapi saat saya

tidak sepe(i tahlilan yangbiasanyakami lakukan. Terus saatitu, rurnalmya juga tertutup, gor-den jendela juga dilrtup. Orang-orang yang datang membawa tas-tas besar. Thkumya bom, apalagikemarin lagi merebak soalGafatar. Saya lalu lapor ke ketuaRI," papamya.

Ketua RT setempat,Tumia{o, mengemukakan, pen-datang baru itu sudah mem-berikan dokumen kependudukanpadanya berupa fotokopi KTPdan fotokopi surat nikah. Namundia merasa herau sebab dalamfotokopian surat nikah itu tidakdikeluarkan oleh KUA, tetapiorganisasi SanggaBuana.

' Saat saya tanyakm, katanyamereka nikah siri di Bekasi danbelum sempat melakukan nikahresmi di KUA. Saya lalu menya-rankan agar mereka menikah diKUA. Saya juga melaportan hal

ini ke Kadus," papamya-

Kadus III Jawadi menye-butka4 pihaknya bersama tokohmasyarakat dan tokoh agama disitu lalu mendatangi keluargabaru ini. Mereka juga merasaheran karcna saat Shalat Jurnal dirumah pendatang iur berkumpulbeberapa orang.

"Saat kami tanyakan apayang dilakukan, katanya sedangbelajar Shalar Jumat. Kan aneh.harusnya kalau Shalat Jumat ya dimasjid. Mereka mengaku jikamereka umat Islam. Mereka jugamengaku ikut kelompok SanggaBuan4" ucapnya.Didatangi Polsi

Kadus dan Kerua RT lalumelaporkan hal tersebut keKades, KUA Kalimanah, danPolsek Kalimanah. Pekan lalu,lanjut Jawadi, polisi juga sudahmendatangi rumah tersebut. Katapolisi, kelompok Sangga Buanamerupakan kelompok menyim-pang karena didirikan olehSangga Buana asal Bogor yangmengaku nabi.

"Terus terang kami resahdengan keberadaan mereka.Sebab, awal-awal datang merekajuga tertutup. Warga lalu meminta

l-r

Page 26: Kliping media tanggal 3 maret 2016

agar mereka keluar dai sini, kare_na kami tidak ingin ada hal-halyang tidak diinginkm Erjadi. Ke-nurin, ada warga kami yang ilrutGafahr. kami sudah dLepotkan,apalagi ini pendatang," katanya.

Jawadi menyebutkan. pen-dafiing tiaru iu menpaku seserapindah dari *itayatrit . M#kameminta waktu seminggu de-ngan alasan sedang mencari kon-

Fakanbaru.Sementam itu, hingga berita

ini ditulis, keluarga prayoto be_lurn bisa dimintai konfirmasi oe-rihal kaesahan warga. Kedka se-junrlah awak nidia mendatangirumahny4 terlihatrumah sepi dant€Itunrprdpat.

Ketika mencoba mengetukpintu dqi dalam nrmah tidak adajawaban.8182-57)

TERTTITUP MPAT : Runah pendatairy Uo*WffiPrayoto di Ddglt Kaliwinong, Desa Kedangwuluh Keca-matan Kalimoffih tertutup rapar. Warga resah larern pen-danng iu nwngilat;1i l<ebmpok aliran mmyilnpang. (57)

Page 27: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIUMAS $I[DA PI]IBAI]NOOA

SUARA MERIIEKAKAMIS, 3. MARET 2016

UmmuHaniJadiRumah Sakit Kelas C

PURBALINGGA - RumahSakit Ibu dan Anak (RSIA)Ummu Hani telah ditetapkanmenjadi RS Khusus Ibu danAnak Kelas C. Penetapan inidilakukan setelah RSIA inidikunjungi tim, baru-baru ini.

"Tim itu terdiri atas DinasKesehatan Provinsi, PersatuanRumah Sakit Indonesia JawaTengah, dan Dinas KesehatanKabupaten," ujar Direktur FrfUmmu Hani Reksa Husada BudiPrasetyo.

Tim memantau apakahrumah sakit itu bisa diperpanjangizin operasional dan ditetapkankelasnya. Hal ini sesuai denganPermenkes Nomor 56 Tahun2014 tentang Perizinan danKlasifikasi Rumah Sakit.

"Dari hasil pemantauan danpenilaian itu, tim memutuskanizin operasional RSIA UmmuHani diperpanjang hingga limatahun ke depan dan diretapkanmenjadi RS Khusus Ibu danAnak Ketas C," papamya.

Budi mengungkapkan, saarini FSlAUnmu Hani.rnerniliki14 dokteri terdid atas 6 dokterumum, 2 dokter kandungan, Idokter anak, I dokter penyakitdalam, I {okerbedah, I radiologi, dan 2 dokter anestesi.

Dia me+11ebutkan, RSIAUmmu Hani mempu aya51 beddengan bed orcuponcy ,at"(BOR) 92,5 selama Februari.Kelas yang tersedia VIP, utam4dan kelas 1,2,3. Sebesar 65persen pasien menggunakan

BPJS.Pilihan Utama

"Visi kami adalah menjadirumah sakit ibu dan anak pilihanutama masyarakat Purbalinggadan sekitarnya pada tahun20l8,"jelas Budi.

Lingkup pelayanan yangdiberikan di RSIA Ummu Hanimeliputi pelayanan rawat ialanyang meliputi poliklinikkebidandn dan kandungan,poliklinik anak, poliklinikpenyakit dalam, poliklinik KIAdan KB, serta poliklinik umum(rGD).

"Kemudian layanan medispenunjang meliputi IGD 24jam,instalasi farmasi, instalasi labo-ratorium dan instalasi radiolo-gi," papamya.

Menurut Budi, pada periode20 I 6-20 I 8 program-programyang dilaksanakan lebih fokuslagi kepada peningkatan kualitaslayanan dan pencapaian standarrumah sakit melalui akreditasirumah sakit.

Pertumbuhan bisnis l5%-- 2O7a porrahu+,merupakan pen-capaian memadai tragi perusa-haan. Hasil yang didapat daripertumbuhan bisnis ini akanmenjadi sumber daya bagi ren-caha pengembangan bisnisberilumya.

"Adapun rencana pengem-bangan perusahaan pada limatahun berikut akan lebih padaperluasan cakupan layananrumah sakit," tambah Budi.(Fl0-s7)

Page 28: Kliping media tanggal 3 maret 2016

SLVArtd iloEnho

TERUS BERBENAH : RSIA Ummu Hani di.IalanMayjen DI Parjainn Purbalingga teius berbenah unukmeninglatl<an mua pelayarun lcepada pasien. (57)

Page 29: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ III]IIA$ $ITDA PiNB}tiliOOA

$UARA MERIIEKAKAMIS,3 MARET 2016

Peserta SMP Berkurang,Junra Bertahan Putri Kalah

I Popda20l6Cabang Olahraga Bola BasketPURBALINGGA - Juntlah

peserta untuk tingkat SMP diajang Pekan Olahraga Pelajar(Popda) 2016 cabang olahragabota basket yang digelar di GORKong Kwan Purbalingga akhirFebruari lalu menurun. Tahunlalu, ajang ini diikuti oleh sebelastim, tapi sekamng hanya detapansekolah.

Koordinator pertandingantingkat SMP Satria Wijayanto,Rabu (23), mengemukakarq tiga

sekolah yang tahun ini tidak iku(yaitu SMP 2 Kutasari, SMPSambas, dan SMP5 Purwokerto.Alasan mereka ada yang tidakmemiliki adet karena siswanyaberbadan pendek-pendek dantidak memiliki pelatih.

Selain itu, ada kejutan dalarnpartai final untuk kategori putribaiktingkx SMPmaupun SMA,/-SMMA. Juara tahun lalu,SMA I Bobosari dan SMP3 Bo-botsari tidak mampU memperta-

hankan gelar. Keduanya haruspuas mendapatkan pemk setelahdalam partai final dikandaskanoleh SMP I Purbalingga danSMA 1 Purtalingga. Perunggudisabet oleh SMP I Katimamhdan SMP Santo Boromeus serta

SMA 2 hubalingga dan SMA tBukateja-IkutiSd*si

Sernentara itu, untuk kategoriputra, SMP t Purbalingga danSMA I Pubalingga masih mem-

pertihankan juara. D partai finat,kedua tim ini menaklukkan SMPI Bobotsari dan SI{,4 1 Bukateja.Adapun juara ketiga bersamatingkat SMP diraih oleh SMP 1

Kalimanah dan SMPSano Boro-meus. Tingkat SMA sederajatdiraih SMA 2 Purbalingga danSMA Santo Bcromzus.

'Untuk peserta tingkat SMAsederajat sama seperti uhun lalu,

-- diikuti oleh sebelas sekolah,"wrgkap Koordinator Penanding-an Tingkat SMA sederaiarBuyung Wibowo. Para juara di

tiap kategori akan berangkat keCilacap pada pertengahan bulanini untuk mengikuti seleksi pe-ringkat ela-Karesidenan Banyu-mas. Pada seleksi itu, tahun lalu,Pubalingga kandas oleh Cilmappada pertandingan awal. Namuntahun ini jika bertemu lagi, Pur-balingga oprimis mampu mene-bus kekalahan. "Jika melihatkomposisi adetoya, lawan yangpaling berat adalah Banyumas.Kalau Cilacap dan Banjamegar4kami masih bisa mengim-banginya" tegasnya. fi 82-57)

Page 30: Kliping media tanggal 3 maret 2016

€!

oN:tNd

-:€+<

\EER-c\ r):!es\: -:

're-s ':

Pd;E$'s -E:+

==Tg!o"

tvGe-!)dooSs

d-N--|qq

€*.n .:s.-tt<.lv

\-s

=-E$E

Page 31: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPING MEDIA

BAOIN IIIIII{A$ $[MA PUIBAIil{OOA

SATELITPOSTKAIIiIS PAHING,

3 MARET 20I6

iryaBoleh Nrilq TapiJanganDikonrpsi

r Parkir Akan DikelolaSwasta

,t Tetapi dengan catatan,PAD harus naik signifikan dan ada

jaminan tidak ada kebocoransetorannya. t,

SugiminKetua Komisi lV DPRD Purbatingga

,,r*Or^*O, SATELIT- "Pemedntdh metatui dinasPOST-Komisi IV DPRD Pur- terkait iuga harus menghi-balingga mempertimbang- tr.ng cermat. Baryak pertim-kan pengelolaan parkir di bangan dan harus matang,tempat umum atau tepi ialan agar tetap optimal dalamdikelola pihak ketiga. Hal itu manaiemen pengelolaan par-disampaikan Sugirnh, Ketua kir tepi jalan umum,,,u;ar-Komisi TV DPRD Purbaling- nya.ga,Rablt(2/3). Sugimin mengaku sempat

'Tetapi dengan catatan, menerima inlormasi adaayaPAD harus naik signilikan uarg parkir yang tidak diie-dan ada jaminan tidak ada tor ke kas daerah. Kejadiankebocoran setoramya," kata semacam itu, kata dia; diha-Sugimjn. rapkan tidak te4adi lagi.

Sugimin menambahkan, "Pada dasamya kami sepa-saat regulasi sudah diubah kat adanya kenaikan taiif.dan ditetapkan serta diterap- Tetapi yang paling perlu di-kan, dalam perjalanannya perhatikan, kebijikan itujuga harus dikawal ketat. harus dibarengi dengan upa-Karena hal tersebut terkait ya perbaikan manajemenpglayanan jasa dan disorot parkir yang prima,,, katanya.oleh masyarakat. Jika pelaya- Kabag Hukum dan ff,rifr4nan tidak nyamar, jelas akan Setda Purbalingga, Tavipmenuai kiitik. Wurjono mengatalan, pihai-

nya mengetahui jika dinasperhubungan komunikasidan informatika (Dinhubko-minfo) pernah berencanauntuk mengaiukan usulanperubahan retribusi parkirtepi jalan umum. Tetapi draftusulan itu, kata dia, belumditerima secara resmi olehbagian hukum.

"Tahun 2016 ini memangsudah ada rasan-rasaa bakalada pengajuan perubahantarif parkir. Tetapi, tentuprosesnya harus ditempuh '

sesuai aturan hingga adapersetuiuan Gubernur," ka-tanya,

Pada kesempatan terpisah,Kepala Dinhubkominfo Pur-balingga, Yonathan Eko Nu-groho mengatakan, targetPAD sektor parkir tepi ialanumum tahun 2015 sebesar Rp750 juta dengan realisasiakhir tahun tercapai 100 per-sen.

"Tahun ini kami sedangupayakan urttul< adanya re-gulasi perubahan tadf retri-busi parkir tepi jalan urnumdengan target PAD Rp 1 mi-liar lebih. Harapan kami bisaterealisasi tahun ini," ka-tanya. ([email protected])

Page 32: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAfiN IIWA$ $ITDA PI]RBIIJI{OOA

SATELIT.POST

KAII,IIS PAHING,3 MARET 20I6

Tongat: Kami SiaP

PTJRBALINGGA, SATETJT.POST-Pengaruh buruk nar-koba, bisa mempengaruhisiapa saia. Tidak hanya kaummuda, bahkan tak lertutuDkemungkinan barang hararirrtu iuga merambah kalangantertenfu, termasuk para ang_gota dewan.

Karena itu, DPRD purba-lingga sangat mendukungupaya pencegahan yans dila_kukar Badan Nark;tik"a Na-

Dites Urinesional Kabupaten (BNNK)Purbalingga, dmgan beren-cana melakukan tes urin diberbagai instansi.

"Kami sangat mendukungrencana BNNK itu. KalauDPRD sendiri sudal pernahbeberapa kati dilakuian tesurin oleh BNNK," uiar To-ngat, Ketua DPRD purbalins-ga,'Rabu (2/3).

Diakui Tongat, tes urin dilingkungan DpRD selama

ini memang belum dilaku-kan secari rutin. Tetapi,DPRD iuga tak menoli kkalau memang dirasa perlu .

sebagai bentuk dukunganpencegahan, peredarin,dan pemberantasan nar-koba.

"Kami siap, kapan punmau dilakulan tes urine-Laikteriadwat maupun menda-dal< tidak masalah," katanva,(€nk)

f

Page 33: Kliping media tanggal 3 maret 2016

SareltrPilsrKAMIS PAHING,

3 MARET 20I6

Raih }Medali,Thekwondo Mulai Bangkit

?''-l

ATLET Taekwondo asal Purbalingga (kanan) bertanding dalam Kejurnas Mok's Open 2016 di GOR Jati Diri, Semarang,beberapa waktu lalu.

PURBALINGGA, SATELITPOST-Atlet Taekwondo Kabupaten Pu r-balingga mulai mend ulang prestasi.Perolehan 42 medalidalam Le;urnasMok s Open 20lo di Semarang men-jadi bukti.

" Da l,rm kejuaraan yang diikuti2.300 atletdad penjuru Nusantara itu,kami berhasil mempero)eh 17 emas, 12perak, dan 13 perunggu," kata KetuaPengu rus Cabang lPengrabt lae-kwondo Indonesia (TI) Purbalingga,Agung Pratama, Rabu (2/3).

P:r]: Kpirrrnr. Mnlr'. Onpn )o ra rli

Purbalhgga menerjulkan 49 atletdatiga llub. Masing-ma.inB 2b atlet d,rflJagratara Taekwondo Club (JTC),Singa Barong Taekwondo Crub l5atlet, dan Unit SMP IT HarapanUmmat Purbalinf,ga delapan atlei.

Menurut ASun&prestasi yang sudahdirai}r ini menjadi tonsgaL bnBi Lem-balirl a garrrh taekwondo di lurbalingga. Pa'alnya. olahraga bela din inisempat vakum beberapa tahun danbaru bangl it kembJlisetahur hclaLa-ngan. Menurut Agung, untuk bisaha,:lr,-li i:i:r:n al;'

'r.L...n,'l^ rino

"Namun sava yakin, dalam n'aktutiga atau empat tahun mendatan8,atlet taekra,ondo Purbalingga bisadisejajarkan dengan daerah lain vangmemiliki tradisi kuat di olahraga ini,"ujar Agung.

Tahun ini, Penckab Ii Purbalinggaakan menEiiklrti dua kejuaraan iagivaiL.. k"i-. r.,.,n unBl.rt pelaiar di

I

\lag, lan.: \fril, dan Keiurnar di I

JaLarta rS.ptember). kedua aiang:tu ]

.,L,ra rr,.'.Ji per-ianan bagi TI ]-ur- |

balrnBgd tlntul bi-a berparri-ipa.i diKei,r:r:-n lnrpmrri,,nrl nr)i,rn;^r d)n

Page 34: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN II[]MA$ $I[DA PINBAIJNOOA

SATELITPSST

KAIIiIS PAHING,3 MARET 2OI6

Diting gal Nyuwah, MotorDigondol Maling

PURBALINGGA,STaiTELXIFOST-Seiasa (1/3), kasus pencuriankendaraan bermotor (curanmor)kembali terjadi di Purbalingga.Sepeda motor milik Catur Warya-tun Putra (44) warga Desa Tlaga-yasa, Kecamatan Bobotsari raibsaat dithggal nyawah.

Dari informasi yang dihim-pun, aksi pencurian te4adi seki-tar pukul 16.30 WIB. Sebelum-nya, Perarngkat Desa Tlagayasa

ini meninggalkan motor SupraFit bemomor polisi R 5650 UCdi tepi ialan raya Dukuh Pe-tapean. Ia kemudian pergi kesawah.

" Saat mau pulang , temyatamotor saya sudah tidak ada ditempat semula. Padahal sudahdikurci stang juga, "'kata Catursaat melaporkan peristiwa terse:but ke Polsek setempat.

Kasubag Humas Polres Purba-

lingga" AKP Diman mengatakan,setelah menerima laporan, ang-gota Polsek Bobotsad langsungmelakulan olah TKP dan memintaketerangan dali para saksi gunamengejar pelaku.

"Kasus sementala masih kamiselidiki untuk mengungkap pe-Iakunya. Sedangkan kerugidnuang diderita korban sekitar Rp 5

,uta sesuai dengan harga mo-tornya,"katanya, Rabu (2/3). (rar)

Page 35: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAGIA}{ IIIJ}IA$ SIIDA PURBAIJI{OOA

SarnlrrPosrKAMIS PAHING,3 MARET 20I6

rusak. Masing masing rumahAbdullah di RT 3 RW 2 dan Su-narto di RT 4 RW 2 yang ataprumahnya terbawa angin. Ke-mudian rumah Rois di RT 3 RW 2rirsak pada atap dan sebagiantembok roboh.

"Kerugian yang diderita berva-riasi, mulai Rp 2 iuta s4mpai Rp 3juta," kata Priyo yang langsungmeneiunl<an anggotanya ke loka-si kejadian, Rabu (2/3).

Dengan dibantu unsur TNI dinPolri, kemarin masyaralet bergo-tong royong membersihkan serpi-han material rumah yang rusaktercebut.

Angin kencang disertai hujanderas juga membuat pohon turn-bang dan menimpa rumah Ami-nudin warga RT 3 RW 5 DesaTimjungmuli, Kecamatan Karang-moncol.

"Kerugian korban ditaksir men-capai Rp 10 iuta. Kami sudahmendatanya dan segera dilakukanpenanganan, " kata Priyo Sahnoko.

Selanjutnya, Priyo mengimbaukepada masyarakat untuk lebihwaspada mengingat kondisi cuacasedang tidak baik. "Jika hujanderas dengan intensitas tinggi,warga yang rumahnya berada didekat tebing harus meningkatkankewaspadaan. Kalau perlu keluarrumah dan mengungsi ke tempatyang lebih aman," katanya. (rar)

Tiga Rumah RusakDihantam Angin Kencang

RUMAH rusak tertimpa pohon roboh di Desa Tunjungmuli, KecamatanKarangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Selasa (2/3).

PT]RBALINCGA, SATELITPOSIHujan deras disertai angin ken-cang yan8 te4adi Selasa (1 /3) pagimembuat sejrlmlah rumah wargadi Desa Jingkang, KecamatanKarangjambu rusak.

Meski tidak ada korban jiwa,

namun peristiwa yang teriadisekitar pukul 05.00 WIB ini cukupmenggegerkan warga.

Kepala BPBD Kabupaten Pur-balingga, Priyo Satmoko mengata-kan, dalam bencana tersebut seti-daknya ada tiga rumah warta

Page 36: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUlt{A$ $I[DA PI]IBAIil{OOA

K{MIS, 3 MABET 2ot6

Taekwondoin PurbalinggaMulaiUnjukGigi

FURBALINGGA - PATA AtICt tACKWONdO

Kabupaten Purbalingga mulai unjuk 9,gidi kancah nasional. Ivleskipun demikian,perjuangan berat masih harus ditempuholeh Pengkab Taekwondo Indonesia (TI)Purbalingga untuk bisa menjadi yangterbaik.

Torehan.42 medali pada KejurnasNlok! Open 2016 di GoR Jati Diri,Semarang, Februari lalu sudah cukupmenjadi bukti kemampuan pa ra

taekr4ondoin dari kota Perwira ini. Pada

kejuaraan itu, Purbalingga menerjunkan49 atlet dari tiga klub, masing-masing26 dari Jagratara Taekwondo Club (JTC)26 atlet, Singa Barong Taekwondo Club

15 atlet dan Unit SMP lT Harapan Ummat

Purbalingga 8 atlet."Kami merauP 17 emas, 12 Pemk

dan- 13 perunggu. Kejuaraan itu diikutisekitar 2.300 atlet dari seluruh penjuru

nusantara, Dengan mengirim 49 atlet dan

meraih 42 medali, perjuangan para atletsudah memuaskan. Kami berteima kasih

atas dukungan moral dari Ketua KoNlPurbalingga dan transportasi dari Bagian

Umum Setda,' Dindik dan Dinbudparpora,"kata Ketua Pengkab Tl Purbalingga, Agung

Pratama, Rabu (2/3).lVenurutnya, Prestasi ini menjadi

tonggak bagi kembalinya gairah

taekwondo di P0rbalingga. sebab,

HARIANBANYUMAS

olahraga bela diri ini sempat vakumbeberapa tahun dan baru bangkitkembali setahun yang lalu. Sebab, padakejuaraan di Semarang itu, diikuti olehatlet dengan kualitas dan pengalamanyang berada di atas para atletPurbalingga,

"Untuk bisa berada dijajaran elittaekwondo di tingkat lawa Tengah,kami akui saat ini masih berat, sebabtaekwondo baru setahun digencarkan lagi,Tapi dalam waktu tiga atau empat tahunmendatang, kami yakin bisa disejajarkandengan daerah Iain yang memiliki tradisikuat di olahraga iniseperti Semarang danlota lainnya," katanya.

Di tahun ini, Pengkab TI Purbalinggamasih memiliki agenda untuk mengikutidua kejuaraan lagi, yaitu KejuaraanTingkat Pelajar Bupati Cup di l4agelangpada April dan Kejurnas di'Jakarta pada

September. Kedua ajang itu, akan menjadipersiapan bagi TI Purbalingga untuk bisaberpartisipasi di Kejuaraan Internasionaluntuk prajunior dan junior yang akandigelar di Bali 2017 mendatang.

"Sebelumnya, bulan ini kami akanmenggelar uiian kenaikan tingkat terlebihdulu bagi para atlet, Dari sini nanti akanaiketahuijuga atlet-atlet mana yang akankami ikutsertakan dalam kejuaraan tadi,"katanya, (SMNetwo.k/H8249)

Page 37: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIIAS $I[DA ruRBAI}{OOA

.HAzuANBANYUMAS

KAMIS. 3 MARET 2016

Akses Linggamas BersiaP

I Dukung Kehadiran Bandara Wirasaba

PUREALI GGA- llenjelangLanilasan udara (Lanud)Wirasaba menjadi bandard

komerslal, pemprov menuntutagar akses antarkabupatenmendapatkan sorotanpembangunan yang serius. Salah

satu akses yang bakal menjadiaset dan tanggungan PemProvadalah jalan Bukateia-sokaraja,atau yang sering dlkenal denganakses Linggamas,

Wakil Gubernur Heru

Sudjatmoko dalam kesemdtanke Purbalingga, beberapawaktu lalu menyampaikan,

akan ikut mengupayakan jalan

Purbalingga-Banyumas viaLinggamas-itu bisa menjadi jalanprovinsi. Dengan pengelolaan

oleh pemprov, maka nantinyajalan tersebut bisa mendapatkandana pengelolaan yang cukupbesar dibanding pengClolaan olehAPBD kabupaten.' \'''Tinggal masing-masinqpemkab mengupayakanpelebaran jalan tersebut. 14lnimaljika lebarnya sudah 7 meter,:.maka akan kami pikirkan ag?jrmenjadi jalan provinsi," kataHeru.

seidasaiken pantauanyang pefnah dia lakukan,

untuk akses dari Purbalingga

sudah cukuP lebar, terutamamulai dari PerempatanKembangan (Bukateja)

hingga Panican (Kemangkon).

Sedangkan mulai dari Panican

hingga Kedungbenda dasihmenybmpit.

Jadi Jalan Provinsi

"[Jntuk masuk ke

Banyumas, mulai dari Kaljbagorhingga Sokaraja nampaknyabutuh pembebasan lahanuntuk pelebaran dan butuhanggaran yang cukup besar.Agar cepat, nanti perlu kamifasilitasi bantuan gubernur

sebesar Rp 15 miliar. Nantinyadi Banyumas akan tembus ke

depan Makoiem," katanya.Dia telah menginventarisasl

ruas jalan yang akan menjadijalan provinsi tersebut memilikipanjang 13,8 kilometer. Di

antaranya Bukateja hingga

Linggamas memiliki Paniang10 kilometer, sedangkan dari

Linggamas hingga Sokarajaada sekitar 3,8 kilometer.Sementara untuk lembatanLinggamas dinilai sudah

cukup layak, mengingat sudah

menjadi iembatan kelas A

dengan lebar 9 meter.Kepala Bidang Bina Marga

Dinas Pekedaan Untum (DPU)

Cahyo Rudianto mengatakan,akses Linggamas akan kembalidigarap tahun ini. "Jika tahunlalu hanya dilakukan pelebaran

dengan beton saja tanpapengaspalal (overlarl), tahunini pelebaran akan dilanjutkansepanjang 850 meter dan akan

dilakukan overlay mulai dari 'Panican hingga Kedungbenda,"katanya.

Program kegiatanpelebaran dan overiay ini telahdianggarkan dari Dana AlokasiKhusus (DAK) sebesar Rp 8,276miliar untuk jalan sepanjang8,65 kilorn€ter ini. (mso5-06)

Page 38: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]ldA$ $I[DA PINBAIJI{OOA

KaliwlnongI OlOuga lkut Atiran Sangga Buana

KALIMANAH - WargaDukuh Kaliwinong, Desa

Kedungwuluh, KecamatanKalimanah akhir-akhir

ini dibuat resah dengan" kegiatan salah satu

keluarga pendatang diwilayah itu. Mereka menilaikegiatan keagamaan yang

dilakukan pendatang itutidak seperti umumnya

umat lslam.,l

ELUARGA pdndatang yang

meresahkan itu berinisialPr, asal Deia Pendruban,Kecamatan Kaligondang dan

Nr, asal Desa Randegan, KecamatanWangon, Kabupaten Banyumas. Merekamengontrak di saiah satu rumah warga.

Salah seorang warga, MiswantoAtmomiharjo, Rabu (2/3) menjelaskan,tetangga barunya itu mulai tinggal disitu sekitar empat bulan lalu. Dia yang

rumahnya berdekatan, mengaku merasa

heran dengan kegiatan keagamaantetangganya yang dirasa tidak sepertiumat muslim pada umumnya.

"Malam Juinat Kliwon lalu, ada

enam orang datang ke situ, mereka lalu

melakukan semacam tahlilan, tapi saatsaya dengarkan, tidak seperti tahlilanyang biasanya kami Iakukan. Terus saatitu, rumahnya juga tertutup, kordenjendela juga ditutup. orang-oGng yang

datang bay'ra tas-tas besar takutnyabom, apa lagi kemarin lagi marak soal

Gafatar, saya lalu lapor.ke ketua RI,"terangnya,

. Ketua RT setempat, Tumiarjomengatakan, pendatang baru itu sudah

memberikan dokumen kependudukanpadanya berupa fotokopi KTP danfotokopi surat nikah. Namun dia merdsa

heran, karena dalam kopian suratnikah itu, tidak dikeluarkan oleh KantorUrusan Agama (KUA), melainkan oleh

organisasi Sanqga Buana."Saat saya t nyaFan, katanya

mereka nikah siri di Bekasi dan beluhsempat melakukan nikah resmi di KUA.

Saya lalu menyarankan agar merekamenikah di KUA. Saya juga melaporkanhal ini ke kadus," katanya.

Kadus III Jawadi mengatakan,pihaknya bersama tokoh masyarakatdan tokoh agama di situ, lalumendatangi keluarqa baru ini. 14erekajuga memsa herdn, karena saatlumatan, di rumah pendatang ituberkumpul beberapa orang,

"Saat kami tanyakan 8pa yang

dilakukan, katanya sedang belajarJumatan. Ka, aneh, harusnya kalaulumatan ya di masjid. l'lereka mengakujika mereka umat Islam. Mereka juga

Page 39: Kliping media tanggal 3 maret 2016

Lapoi ke KUAKadus dan Ketua RT lalu melaporkan

hal tersebut ke kades, KUA Kalimanah, .

dan Polsek Kalimanah,.Pekan lalu, lanjutJawadi, polisi juga sudah mendatangirumah tersebut. Kata polisi, kelompokSangga Buana merupakan kelompokmenyimpang, karena didirikan olehsesorang bernama sangga Buana asalBogor yang mengaku nabi.

"Terus terang kami resah dengankeberadaan mereka. Sebab, awal-alvaldatang mereka juga tertutup. Wargalalu meminta agar mereka keluar darisini; karena kami tidak ingin ada hal-halyang tidak diinginkan terjadi. Kemarinsaja, ada warga kami yang ikut cafatar,'kami sudah direpotkan, apalagi inl

Jawadi menambahkan, pendatang

baru tersebut mengaku segera pindahdari wilayah itu. Mereka memintawaktu seminggu dengan alasan sedangmencari kontmkan baru.

Sementara hingga berita lni ditulis,keluarga Pr belum bisa dikonfirhasiperihal keresahan warga, Ketikasejumlah awak media mendatangirumahnya, terlihat rumah sepi dantertutup rapat. Ketika mencobamengetuk pintu, dari dalam rumah tidakada jawaban. (sM etworUh82"O6)

RUMAH pendatang baru, keluarga Pr dl Dukuh Kaliwinong, Desa Kedungwuluh,Kecamatan Kalimanah tertutup rapat. Warga setempat resah, karena pendatangitu diduga mengikuti kelompok aliran menyimpang.

Page 40: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGIUEDIA

Mflili Ht]lIA$ SIDA ru[MIil{OOAffiE

Page 41: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAflN IIUII{A$ $[I}A PURBAIJI{OOA

KAMIS. ] IIARET 2OI5

e

matian Tiga.Desa

kepada ahli waris masing-masing di Pendapa Dipokusumo,Selasa (2/3).Selasa (2/3).

'l Ketiga perangkat desa yang mendapatkan sa

adalah almarhum Ruyono, perangkat Desa

Kecamatan Karangjambu yanq meninggalmenjalankan tugas; sedangkan almarhum S

perangkat desa Kemangkon, Kecamatan Ker

dan almarhum Sadii perangkat Desa Kasih,Kertanegara meninggal karena sakit.

"Untuk Almarhum Ruyono, karena

2016 sr

seluruh dikover jaminan sosial BPISmulai kepala desa hingga

Ketenagakerjaan. ProgGm tersebut memberj perlindunganberupa manfaat dan layanan kepada peserta yang

mengalami cacat dalam kecelakaan kerja. 1ptos1

-.-:t=-

Page 42: Kliping media tanggal 3 maret 2016
Page 43: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGI!ffiDIABAGIAN IIUII|AS $I[DA PURBAI]NGOA

KAMIS.3 MARET 2016@r;--a!!!!l-

Parkir di Tepi Sawah,gondol MalingItlotor D

BOBOTSARI- Kasus curanmor kembaliterjadi, Selasa (U3) sore.. Motor milikCatur Waryatun Putra, warga Desa

Tlagayasa, Kecamatan Bobotsari dicuri,Sebelum kejadian, korban meninggalkanmotor Supra Fit bemomor polisi R 5650

UC di tepi jalan raya Dukuh Petapean

desa setempat. Korban lalu meninggalkanmotor ke sawah.

"Saat itu sudah dikunci stang,Saat mau pulang sekitar pukul 16.30,ternyata motor saya sudah tidak adadi tempat semula," kata korban yangmerupakan perlngkat desa setempatkepada polisi.

Kepala Sub Bagian Humas PolresPurbalingga AKP Diman mengatakan,guna mencari pelakunya, anggota Polsek

Bobotsari lalu melakukan olah TKP danmeminta keterangan dari para saksisetelah menerima laporan pencurian itu.

Kasus curanmor ini dikarenakankecerobohan korban yang meninggalkanmotornya di tepijalan saat korban ke

sawah. Terlebih lagi motornya tldakdipasang kunci pengaman ganda.

"Akibat kejadian itu korban merugi Rp.5 juta. Ksusnya masih diselidiki untukmengungkap siapa pelakunya," katanya.

-* (mso5'06)

HarlaN sANYtlMAs

Page 44: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIUI{AS $IMA fl]IBAI]I{OOA

HARIAN BAI\TYUMAS

-Z-a-4.---..-XAMIS, 3 MARET2016

dari musibah itu."Warga dan aparat membereskan

material, Kerugian korban ditaksirmencapai Rp 10 juta. Kami sudah

mendatanya dan segera dilakukanpenanganan," kata KePala Pelaksana

Badan Penanggulangan Bencana

Daerah (BPBD) Priyo Satmoko.Selanjutnya, Priyo mengimbau

kepada masyarakat untuk lebih

waspada mengingat kondisi cuaca

sedang tidak baik. Hujan deras

disertai angin kencang masih sering

terjadi dengan intensitas tinggi.Selain angin rlbut, bencana longsorjuga harus diwaspadai, mengingatdi daerah Kecamatan Karangjambu

dan Karangmoncol masuk dalam Petarawan longsor,

"Jika hujan deras denganintensitas tinggi, warga yang

rumahnya berada di dekat tebingharus meningkatkan kewaspadaan,Kalau perlu keluar rumah dan

mengungsi ke tempat yang lebihaman," katanya. (sMNetworuhS2-o6)

PURBALINGGA- Angin ributmelanda Kecamatan Karangiambu

dan Karangmoncol, Selasa (1/3).Empat rumah rusak, beruntung tidakada korban jiwa dalam kejadian itu.

Tiga rumah rusak di Desa

lingkang, Kecamatan Karangjambu.Masing-masing milik Abdullah, warga

RT 3/RW 2 atapnya terbawa angin;Rois, warga RT 3/RW 2, atap dan

tembok rumahnya roboh; dan milikSunarto, warga RT 4/RW 2 atapnyaterbawa angin.

"Kalau dihitung secara material,kerusakan ketiqa rumah itu mencapai

Rp 7 juta, Warga sudah bekeda baktimemperbaikinya. Namun belum

selesai semua," kata Kades lingkangBambang Hermanto, kemarin,

Sementara di Desa Tunjungmuli,Kecamatan Karangmoncol, angin

ribut membuat pohon tumbang dan

menimpa rumah warga. Akibatnya,rumah milik Aminudin, warga RT

3/RW 5 mengalami rusak Parah.Beruntung penghuni rumah selamat

Page 45: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KLIPINGMEDIA

BAflN IIt]lllA$ $X[DA PUIBTIil{OOAL

Wa\lasan i Kamis Pahins' 3 Maret 2016

Tak Berizin, BelasanWarnet DiraziaPURBALINGGA- Sejumlahwarung internet (warnet) diwilayah perkotaan KabupatenPurbalingga, bermasalah den-gan perizinan. Hal itu terung-kap dari hasil razia warnetyang dilakukan tim gabungandari Satuan Polisi PamongPraia (Satpol PP), Dinas Penda-patan, Pengelolaan Keuangandan Aset Daerah (DPPKAD)dan Kantor Penanaman Modaldan Pelayanan Terpadu(KPMPT), Rabu (2/3)

Kasi Dkver Satpol PP Pufid-ingga Bambang Suprihartonomengatakan, razia yang digelartersebut dilakukan untukmengetahui periziran dari war-net yang telah bediri di berbagaiwilayah. Sebab, dari data yangada sejumlah wamet banyak

yang belum memperpanjargizin operasional. "Ba-nyak jugawamet yang sudah pindahIokasi usahanya," jelasnya.

Dia menambahkan, takhanya itu pihaknya juga berke-pentingan untuk menertibkanwarnet, yang tidak memenuhiaturan operasional wamet. Di-antaranya, bilik wamei tidakmemenuhi syarat dan jam op-erasional yang melebihi keten-

. tuan. "Warnet ,uga harus me-masang larangan kepada anaksekolah yang berseragam ma-suk ke warnet pada jam seko-lah," jelasnya.

Sementara itu, dari hasil raziaditemukan warnet masih mem-perbolehkan anak sekolah ber-seragam masuk, himbauan la-rangan anak sekolah juga be-

lum tertempel di seiumlah war-net dan bilik yang tidak stan-dar. Sedangkan ditemukanwarnet yang tak berizin di wi-layah perkotaan..

Sementara itu, warnet yangdiketahui belum memperpan-iang izin atau tak berizin, dim-inta menandatangani suratpernyataan untuk mengurusperiz inan secepatnya. Selain di-lakukan di wilayah perkotaan,tim gabungan juga menggelardi selumh kecamatan di Kabu-paten Purbalingga. # SI-T7

RAZ,IA : Petugas Sat?ol PPmelakukan razia di sejumlah wamet

di Ktbupatm Purbalingga.yangditmgarai tidak berizin, kerain. W

Eoto : loko Santoso-Tj

Page 46: Kliping media tanggal 3 maret 2016
Page 47: Kliping media tanggal 3 maret 2016

KTIPING MEDIA

BAGIA}{ III]MA$ $[IDA IIIBAIT'{OOA

Kamis Pahinq, 3 Maret 2016 \[A!\(as:fn

Ratusan LampuJalanRusok,

Warga ProtesPURBALINGGA- Ratusan lampu Penerangan JalanUmum (LPJU) di Kabupaten Purbalingga rusak dantidak menyala. Kondisi tersebut menvebabkan sebagianbesar wilayah gelap-gulita, terutama di wilayahpedesaan. Kondisi tersebut membuat sebagian wargaprotes.

Bupati Purbalingga Tasdi, Rabu(2/3) membenarkan hal tersebut.Dia mendapatkan protes dari wargayang mempersoalkan padamnyalampu di ialan. Diungkapkanberdasarkan pantauan sementarasedikitnya terdapat 278 LPIU matidan dua buah tiang LPIU rusak.

"Sepulang dari Jakarta, savamelihat banyak lampu jalan yangmati. Sehingga saya tergerak unhrklangsung melakukan pantauanLPJU seluruhjalan utama di Purbal-ingga," teranglya,.

Pil.raknya akan berupaya agar tal<ada lagi LPJU yang rusal dan mati.Kepala Dinas Pekerjaan Umum(DPU) Purbalingga, Sigit Subrotomengatakan berdasarkan data yangmasuk terdapat 34 titik LPJU matidari lertigaan Patung Knalpot cam-pai lertigaan Selaganggeng. Dua di-antaranya kondisinya rusak. Di ruasjalan Serang-kutabawa ditemukan45 buah LPJU mati dan di ruas jalan

PEKBAIKI LPILI : Pet gas DinisPekerjnan Utnum (DPU) memperbaikiLampu Penerungan Jalnn Umum(LPIU) di Kabupaten Purbalirggayang padaln. Ratusan LPIU kedap-atan rusak tlan lidak rnenyala . *Eoto : Ioko Santoso-Ti

Siwarak-Karangreja terdapat 33LPJU mati.

Ruas jalan lainnya, Karangreia-Tlahab Lor 36 buah, Bobotsari-Karanganvar ll buah, Kertane-gara-karangmoncol lima buah,Karangmoncol-Makam, rembangsatu buah, Makam-Losari 15 buah,Bantarbarang-Pasar Pahing tigabuah LPJU, Kejobong-Pangemponenam LPIJ, Kutawis-Bukateja tuiuhLPJU, Bukateja-Bojong 37 buahLPJU, Kedungmenjangan-TernLinal28 LPJU, dan Terminal-Alun-alun17 buah LPJU.

"Kami sudah mulai melakukanperbaiLan disejumlah lokasi. Kamimengakui, selama ini belum maksi-mal dalam merawat LPIU.DPUmemilili dua armada truk per-baikan LP]U dimana satu armadaper harhya hanra bisa memper-baiki 15 LPJU. Sehingga dalam se-hari kami hanya mampumemperbaiki l0 titil LPJU," pa-

Pamya.Menurut data DPU, total seluruh

LPJU di wilavah kabupaten Purbal-ingga sebanyak 4.900 titik. Menge-nai kap4n seluruh lampu vangrusak bisa diperbaiki, Sigil men-gatakan aLan melihat alokasianggaran yang ada.il

SI.Ii __)L--=-

Page 48: Kliping media tanggal 3 maret 2016