kliping media tanggal 24 maret 2016

40
KLIPN.{G MEDIA BAffN HIj}jAS $[TDA NJRBAISffiil SUARA MERDEKA KAMIS,24MARET 2016 Kaitu Putbalingga Pintar Diteibitk an PURBALINGGA - Pemkab Purbalingga akan menerlcitkan Kartu Purbalingga Pintar (KPP) pada tahun ini. Kariu ini sebagai pelengkap Kartu lndonesia Pintar (KlP)yang menjadi program Presiden Joko Widodo. "Ini b€ntuk akses masyarakat miskin terhadap pemenuhan ke- butuhan akan pendidikan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah @appe- da) Purbalingga Setiyadi. Program KPP itu adalah se- buah gerakan yang benujuan agar bagaimana anak usia seko- lah tidak sekolah (AUSTS) bisa kembali bersekolah. "Gerakan ini melib;tkan banyakpihak mu- lai dari tingkat kabupaten, keca- matan hingga desa dengan meli- batkan kepala desa. tokoh ma- syamka! kepala sekolah." kata- nva. Dia menjelaskan, melalui pro$am inr AUSTS akan didu- la.rng fasilitas, seperti kelengkap an seragam, sepatu, tas, alat flrlis, termasuk bantuan ftansportasl. "Nanti kalau AUSTS itu sudah masuk sekolah mereka akan di- tangani Program Kartu Indo- nesia Pintar. Pmgram kita adalah bagaimana mengantarkan aUsrS ituiiniiOi Gr$Fo- lah." kamnva Pada tahun ini pemkab fokus pada program penanggulargan kenxskinan_ (Bersamhng hlm20 bt 2) Kartu.. (Sambungan hlm l7) Khusus unh.rk penanganan anak usia sekolah tetapi tidak bisa sekolah disiapkan anggaran sebe- sarRp 5 miliar. Kepala Dinas Pendidikan Td Gunawan berharap, Fogram KPP iur bisa dilauncing pada 2 Mei 2016 bertepatan dengan peringatan Hari PendidikanNasionaltingkatKabupaten. Berkaitan derrgan hal itu, Pemkab melakukan pe dataanAUSTS selarna 18 hari mulal21 Maret hingga 9 April di desa. Hasil pendataan dilaporkan ke kecamatan paling lambat 1 1 April. Kemudian rekapitulasi tingkat kabupaten paling lambat 23 ApdI. Pada 30 April diharapkan sudlah ada SK Bupati terkait dengan AUSTS sehingga pada 2 Mei KPPbisa diluncurkan. "selama ini kami alcri susah untuk melalarkan penclaraan anak sekolah di desa" APalagi pendata- ' ansetelahlulusan. Karcnaadabanyakyangpindah mengilarti orang tu4" katanya. Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendiclikan Sarjono mengatakan, dalarn pendata- an tahun 2014, jurnlah anak usia sekolah yang tidak sekolah di Purbalingga sebanyak 3.326 anak, "Itu pendataan 2014. Sekarang 2016, sangat besar kemungkinan angka ini berubah, bisa betambah, bisa berkurang. Harapan kami, kalau beitambah, tidak terlalu banyak perubahannya," katanya- Dia menambahkan, sebanyak 51.299 anak SD mendapat bantuan dari program Karm Indonesia Pintar sebesar Rp 450.000/tahun. Dan 16.283 siswa SMPjuga mendapat bantuan program seru- pa sebesar Rp 750.000/tahun (Fi0-14)

Upload: humas

Post on 27-Jul-2016

238 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPN.{G MEDIA

BAffN HIj}jAS $[TDA NJRBAISffiil

SUARA MERDEKA

KAMIS,24MARET 2016

Kaitu Putbalingga

Pintar DiteibitkanPURBALINGGA - Pemkab Purbalingga akan

menerlcitkan Kartu Purbalingga Pintar (KPP)

pada tahun ini. Kariu ini sebagai pelengkap

Kartu lndonesia Pintar (KlP)yang menjadi

program Presiden Joko Widodo.

"Ini b€ntuk akses masyarakatmiskin terhadap pemenuhan ke-butuhan akan pendidikan," kataKepala Badan PerencanaanPembangunan Daerah @appe-da) Purbalingga Setiyadi.

Program KPP itu adalah se-buah gerakan yang benujuanagar bagaimana anak usia seko-lah tidak sekolah (AUSTS) bisakembali bersekolah. "Gerakanini melib;tkan banyakpihak mu-lai dari tingkat kabupaten, keca-matan hingga desa dengan meli-

batkan kepala desa. tokoh ma-

syamka! kepala sekolah." kata-

nva.

Dia menjelaskan, melaluipro$am inr AUSTS akan didu-

la.rng fasilitas, seperti kelengkapan seragam, sepatu, tas, alat flrlis,

termasuk bantuan ftansportasl.

"Nanti kalau AUSTS itu sudah

masuk sekolah mereka akan di-

tangani Program Kartu Indo-nesia Pintar. Pmgram kita adalah

bagaimana mengantarkan

aUsrS ituiiniiOi Gr$Fo-lah." kamnva

Pada tahun ini pemkab fokuspada program penanggulargankenxskinan_

(Bersamhng hlm20 bt 2)

Kartu..(Sambungan hlm l7)

Khusus unh.rk penanganan anak usia sekolah

tetapi tidak bisa sekolah disiapkan anggaran sebe-

sarRp 5 miliar.Kepala Dinas Pendidikan Td Gunawan

berharap, Fogram KPP iur bisa dilauncing pada 2

Mei 2016 bertepatan dengan peringatan HariPendidikanNasionaltingkatKabupaten.

Berkaitan derrgan hal itu, Pemkab melakukanpe dataanAUSTS selarna 18 hari mulal21 Marethingga 9 April di desa. Hasil pendataan dilaporkan

ke kecamatan paling lambat 1 1 April.Kemudian rekapitulasi tingkat kabupaten

paling lambat 23 ApdI. Pada 30 April diharapkan

sudlah ada SK Bupati terkait dengan AUSTSsehingga pada 2 Mei KPPbisa diluncurkan.

"selama ini kami alcri susah untuk melalarkan

penclaraan anak sekolah di desa" APalagi pendata-' ansetelahlulusan. Karcnaadabanyakyangpindah

mengilarti orang tu4" katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas

Pendiclikan Sarjono mengatakan, dalarn pendata-

an tahun 2014, jurnlah anak usia sekolah yang

tidak sekolah di Purbalingga sebanyak 3.326anak,

"Itu pendataan 2014. Sekarang 2016, sangat

besar kemungkinan angka ini berubah, bisabetambah, bisa berkurang. Harapan kami, kalau

beitambah, tidak terlalu banyak perubahannya,"

katanya-Dia menambahkan, sebanyak 51.299 anak SD

mendapat bantuan dari program Karm Indonesia

Pintar sebesar Rp 450.000/tahun. Dan 16.283

siswa SMPjuga mendapat bantuan program seru-

pa sebesar Rp 750.000/tahun (Fi0-14)

Page 2: Kliping media tanggal 24 maret 2016

Libatkan Sekolahdan Madrasah

PENDATAAN AUSTS di desa diminta melibatkan guru sekolahdan madrasah yang ada di desa inr. Sebab mereka tahu penis siapa sajaAUSTS yang ada di desanya. "Diupayakan pendataan itu janganhanya melibatkan guru sekolah tetapi juga grru dari maclrasah," katafasilitator nasional USAID PRIORITAS Slamet Widodo.

u

4t SEMOGA programPurbalingga Pintar ini berialan

lancar sehingga pendidikantambahmaju.(F10-14) t:

. i?:i::jr",r:!].1 .t. .i,t: r" -i:iF:;.i :.:.. :

Libatkan...

tsarnbungan hlm t7)

Dia menilai, program Karnr Rlbalingga Pintar (KPP) yang diga-gas Bupati Tasdi itu sangat bagus. Sebab sejalan dengan misi mencer-daskan kehidupan anak bangsa-

"Agar progran KPP itu tepat sasaran naka pendataan harus akurat.Jangan sampaiAUSTS yang orang tuanya sebenamya mampu secaraekonomi tetapi mendapatkan Fogram KPP," katanya.

Menuut dA adabeberapacaraagarAusTs mau dan benemangatberangkat sekolah lagi. Di antaranya dengan mengadakan kegiatanoutbond di lu'ar sekolah.

Anak tidakjenuh mengikuti pelajaran di sekolah terus. Dengan out-bond yang menyenangkan, pikiran anak menjadi segar kembali dansiap mengikuti pelajaran lagi.

"Mudah-mudahan program KPP ini benar-benar bisa memban-tu anak yang tidak sekolah agar sekolah lagi. Saya salut denganterobosan Bupati," kata Kepala MIM Kalikabong itu.(AriefNoegroho- 14)

'..

,:ii

#4 pgnoaraaru anak usiasekolah yang tidak sekolahharus benar-benar sesuai

dilapangan.(F10-14) tt

Rtait1\ tilii.t \t qf I DI k f ilt PI l F^! Pi RH \I JNaiai \

Page 3: Kliping media tanggal 24 maret 2016

cl .:^t :5 :€5+< E'-:{ dA-E OO.-;103._sl!a sEl\-:\

}.F€€ p-EH 9!yRS*q NNr0 !9 !9<Fi

*-lvr rJ 0

IEz

Page 4: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPING htrDIABAGIA}{ HUilA$ $[MA ruRBAtfi{fffA

$UARA MERDEKAKAMIS,24 MARET2O16

Galon PemenangTinggal DitetaUkan

Tqiuh CugurUnnik diketahui, dalam tahapa! lelang parkir pasar

Segamas, dari senrbilan pes€rta lelang yary masuk, tujuhdi antaranya gugur karena secara adrninistrasi tidaklengkap.Tenimduapesertayang beftanmg hinggapanitialelangmendapatpenawartertinggi.

Panitia lelang parkir Pasar Segamas terdiri atasDinperindagkop, Dinas Perhubungan Komunikasi danInformatika (Dinhubkominfo), Dinas PendapatanPengelolaan Keuahgan danAsetDaerah @PPKAD) danBagian Hukum Setda Purbalingga. Panitia lelang me-negaskan, tidak ada titip- titipaa dan semua berlangsungadil dan transparan.

"Kami akui ada yang sempat melobi, namun karritidak gubris dan itu urusan mereka dan tidak berpengaruhleft'.lrF kami. Jika memang secara administrasi lengkapsefta lolos persyaxatan serta menang lelang, maka itulahpemenangnya." tegas Sunarlo.

Para pesefia lelang yang gugur juga karena syamtnyatidak masuk, harus siap dan legawa. Bukan karena panitialelang ada pennainan serta dinilai tertutup.

Pihaknya siap diawasi pihak mana pun sampai akhirlelang. Misalnyrrvtwawal paling tinggi- namun saat

,diminta menunjukkan dokumen tidak bisa, maka tetapbisa gugur.

Sebagai catatan, pada 2015 pemasdkan pendapatandari sektor parkir menjadi penyumbang tertinggiPendapata:n Asli Daerah @AD) pasar Segamas yaitu Rp1 ,174 miliaf dari ioral PAD Rp 2,873 miliar.

Adapun unhrk kontrak terakhir kemarin berdura-sidua tahun, sedangkan lama kontrak dengan pihak ketigapada lelang terbaru nanti akan dirumuskan kembalibersama panitia lelang. Kewajiban dan hak bagi pe-menang lelang akan tertuang dalam klausul kontrak.fi82-55

ll-Lelan g Parti r Pasar Seg am as

PURBALINGGA' CV Maju Mapan

hingga kemarin menjadi calon pemenang

perlama dalam lelang pengelolaan parkir

Pasar Segamas. Pasalnya, perusahaan ini

memberikan penawaran tertinggi,

yakni Rp Rp 90.100.000 per bulan

lebih tinggi dad CV 99 dengan penavyaran

Rp 83.500.000 per bulan.

'Hari ini (tadi) tahap pembuktian dokumen.Ini yangakan membuhikan sebagai calon pemenang sekaligusmemegang parkir Pasar Segamas. Tinggal penetapandari Kepala Dinperinclagkop (Dinas PerindustrianPerdagangan dan Koperasi) sebagai pemeganganggaran," kata Kepala IIPT Pasar Segamas, Sunarto,Rabu (2313).

CV Maju Mapan, lanjutnya, saat ini statusnya Dasihsebagai calon pemenang, karena belum ditetapkan olehKepala Dinperindagkop. Selain itu. meskipun sekarangmenempati posisi pefiama, hal-hal lain bisa terjadi se-peni mengundurkan diri.

. Rencananyaprenandatanganan kontrak dilaksanakan29 Maret mendatang dan jika berjalan dengan baik CVMaju Mapan akan mengelola parkir Pasar Segamasmulai I April mendatang.

!-.'.(ll \\ ! lL \l \i ]: I D \ l''J\ P.\. t L\ !'f?l r \l I\(:(: \

Page 5: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPING il{EDIA

BAffI}i HlJlt{A$ $EMA$NBI${IffA

SUANA MENDEIAKAMIS,24 MARET 2016

SilpaAPBD20L5Rp 2875 Miliarkbih

PIIRBALINGGA - Pada 2015, APBD Purbalinglamerniliki sisa lebih perhitmgan arygamn Gilpa) Rp 2875miliar lebih. Hal itu didampaikan Pj Setda PrubalinggaKodadiyanto, saat membacakan sambutan Bupati Tasdipada Rapat Paripurna tentang Laporan KeteranganPertanggungiawaban Bupati Purbalingga Tahun 2015, diGedmg DPRD Rrbalingga; Rabu (2313).

Adapun uhtuk realisasi APBD, anggaran pendapatant€reatisasi Rp I 59 trilun lebih yang erdiri atas PAD Rp 238miliarlebih,danaperiirbanganRp90l miliarlebih,danlain-lain pendapatan daerah yang sah Rp 450 miliar lebih.Realisasi penedmaan.pembiayaan Rp 197 miliar lebih danpengeluaran pembiayaan Rp 34 milia lebih, sehinggapem-biayaan neto Rp 163 miliar lebih dan anggaran belarlja te-realimsiRp 1,,166 triliun lebih.

Walau.demikian, Pendapatan Asli Daeratr (PAD)Rlbalingga metarnpau ta€et hingga Rp l9t miliar lebih.Meskipun secara keseluruhan realisasi PAD meningkat,namlm terdapat masal2h utarna di bidang pendapatan yangdihadapi oleh kml(ab selama tahun lalu.

"Masalah ilr anEralain belumtersedia d^t? potensi sum-rber PAD yang valid, keterbatasan objek pajak dan retibusisehingga terbatas dalam upaya ekstensifikasi. Juga belumcptimal upaya intensifikasi dan ekstensifkasi pemungutanpajak dan retibusi daerah, serta ketebatasan kemampuankeuangan daerah dalarn penyertaan modal kepada BtlMD,"kaunya.9/ PerEhargaan

Kinerja Punkab hrbalingga selama 2015 diganjar olehPemerintah Pusat. Paling tidak 97 penghargaan dari.Pemedntah Ptsat, PemFov, dan lembaga nonpenrerintah.Antara lain tanda kehormatan Samkarya ParasamyaPumakarya Nugraha dari Presiden, Sekolah AdiwiyataNasional dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehulanankepada SMP 2 Bobotsari,.SMP 4 Pffbalingga, SMA 1

Kejobong, dan SD 1 Babakan, Anubhawa Sasana Desa dariMented Hukum dan IIAM dan WahanaTataNugahakate-godkotakecildariMentedPuhubungar.

Ke[]aDpRDhnbalinggaTongatmengatakan,laporanketerangan pertrnggungiawaban Bupati PubalinggaTbhuir2015 tenebut harus menjadi bahan evaluasi bagi PankabPurbalingga dalam menjalankan program pembangunanpada tahun ini, sehingga kinerja bisa lebih optimaL "Selainitr, masalah-masalah di bidang pendapatan yang dihadapilahun lalu harus bisa dicarikan jalan keluar benarna olehbubagaipihak. Jadi,PAD Rnbalinggabimlebihmaksimal;'kalanya. (H82-55)

RAPAT PARIPURNA : Pi Sek'da Kodadivanto-inerahlan

dokunen laporan Keterangm Per:'i"r'iiiii"r"u"n Bupaii rahun 2015 kepada

itik pVno Tongat, saai rapat paripurna di

sedilng DPRD, Rabu (23 I 3 )' 6 5)

B.!(;l-,L\ HU),lAS St fllA l--13LPA:f l,li ?LRF,.\I-i\GG.\

Page 6: Kliping media tanggal 24 maret 2016

7KLIPINGMEDIA

BAOIN HUlilA$ $[MA Pt]RBAtil{fffA

SUANA MERDEKA

KAMIS,24 MARET 2016

bersinar Oerantas sindilat nar-

koba). Kami ingin menegakkanzero miras di Purbalingga,"katanya seelah razia.

DuaTimDia menambahtan, karena

Satpol PP tidak mungkin ikutarnbit bagian dari operasi beninar,

karena terbentuk tuPoksi, makapihaknya memilih mendukungmelalui pemberantasan mtras.Apalagi selama ini miras dianggaP

sebagai gerbang seseorang unnrk

menuiu narkoba.Terkait razia Pada siang hari,

Suroto mengatakan, hal itu meru-

oakan metode lain razia dari Satpol

bP. Razia digelar mulai Pukul12.30 WIB hingga Pukul 14.00

atttsan Botol MirasPURBALINGGA - SE.

banyak 331 botol minuma4 keras

(rniras) berbagai merek diaman-

kan Satuan Polisi Pamong haja(Sagnl PP) Pu$alingga, saat gelar

razi$ miras, Rabu (2Jl3). Mnasrersebut disita dari sejumlah lokasi

di Bobotsari dan Pubalingga.- Kepala SatPol PPhlbalingga,

Suroio, mengatakan, razia ienebutrutin digelar SatPol PB unflrk me-

nekan peredaran miras di Purba-

lingga. Tak hanya itu ,ruz\a t.r.t-

sebutjuga dalam mendukung Pro-gram dari Polres Purbalingga.yang ingin menekan Peredarannarkoba di Purbalingga.

"Ini kegiatan suPorting dariprogram Polres, Yakni oPerasi

WIB yang diHaim hasilnYa akan

maksimal.Dalam razia tersebut, Saqlol

PP membentuk dua tim Yang ber-

gerak terpiMh, dengan target Pen-

iual miras befteda.Ada dga lokasi Penjual miras

yang dirazia. yalni penjual miras

di sebelah utara Tugu LanciPBobotsari, penjual di KarangPlak,

Bobotsari, serta Penjual milas diperempatan Karangsenfi 1, Pwba-

lingga.HasilnyadiTirgulanciPPe gas

mengamankan 72 botol miras ber-

baeai merek. Di KarangPlak 201

biol miras diamankan. Juga diKarangsentul 58 botol miras ber-

bagai merckdimzia. (H82-55)

SM/Ryan Rachfian

SITAMIRAS: Petugas Sa@ol PP Purbalingga merryitasejumlah mirds saat razin di sejumlah lokasi, Rabu(23/3 ).(5s)

ir,L(;l A}i HU\{-.\S l;}- l D.r, tiAtst'P 11 }-I PURBll .l\.i(i.r,

Page 7: Kliping media tanggal 24 maret 2016

$mfrmffir KAllFi, 24 il,lARET 2016

:.t.. ..,::

SiWR)"n Rachman

TESIJNNE : AnggonDPRDPurbalinggamengilattitesur e olehpengas BNNKPurbalingga,diknn-

rcr Dewan, Rabu (23/3).(55)

Purbalingga Underground Community Dites Urine'

Tes urine dilaksanakan setelahrapat paripurna tentang laporanketeraigan pertanggungjawabanBupati Purbalingga 2015. Hasilnyanegatif.

Ketua DPRD Rnbalingga Tongatmengatakan , rs urine tenebut menjadi

-'betitllR'dtrltwgar penuh DRPD ter-hadap pemberahtas an narkotik"diKabupaten Pubalingga.

Dia meminta seluruh anggotaDewan untuk jangan Pernah main-main dengan narkoba.

"Di beberapa daerah, sejumlahanggou Dewan ada yang terjemt kasus

narkoba. Padalral . mereka adalah wakilrakyat yang menjadi panutan masya-

akat. Nah, jangan sampai anggotaDewan Pwbalingga ikut terseret kasus

yang sarna." katanya. (Fl0 .Fl82-55)

PIJRBALINGGA- Kepala BNN tokoh Purbalingga UndergroundPurbalingga Ajun Komisaris Besar Community yang hadir malam itupolisi (AKSP) Suprinarto menggelar unlrk dicek urine. Mereka dicek wine

acara iatap muki dengan 30 orang menggunakan rapid test narcotics 6

PurbalinggaUndergroundComrnu- parameter

nity, hi 6-On vfunJsajenar, Selasa Hasilnya' 29 negatif dan 1 positif

Q:ilZ)^ut*". BZO. Setelah menjalani pemeriksaan*- Dalam kisempatan-tatap muk+ iliketahui'yang:positiFBzo itu sedang

tersebut, Kepala BNN mengapresiasi mengonsurrsi obat aklgi'langkahPurbalinggaUnderground AnggotaDewanCoirmunity yang akan menggelar "Kami mengharapkan setelah

acarabertajuk meliwan narkoba. mengetahui hasil uji tersebut brikan

"Rlbalingga Underground Com- berarti aman dari ancaman narkoba'

munity harus memastikan clulu apakah Jusnu harus makin waspada dan ber-

memang benar-benar bersih dari nar- konaibusi penuh dalam rnenyukseskan

koba. Jangan saqrpai menggemakan gerakan setop nartob4" katanya'

acara rneliwan narioba,malah tontra- Anggota DPRD Pu$alingga dan

produktif dengan gerakan setop nar- aparatur SeketrriatDPRD juga-men-

Loba,- katanyi. jalani tes urine di l<antbmya' Rabu

Karena iur, Suprinarto meminta 30 (23l3),oleh BNNKPutalingga'

RAGr.\\ Hl i\'r rs sr'l D A K riri ip{ lFN Pl'RR,li lNaiai A

Page 8: Kliping media tanggal 24 maret 2016

nrfr!ffi[ffiamflfi{Htilrs ffiilanmil${ffil

BAGIAN EL]}llAS SETI}A RA?N]?ATLN T'T]R}}A} ,}N(i{;A

Page 9: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPNGMEDIABAOIA}{ HUI{A$ $[TOA NllBililIffA

"KEDAULATAN RAKYAT'

KAMIS PON, 24 MARET 2016(.I4JUMADTLAK|R 1949 )

Akun Facebook BNNK Pwbalingga Diretas. PUBBALINGGA (KR) - Aku.n fcce6oo& kecepatan dan kemudalan masyarakat dalamresmi milik Badan Narkotika Nasional Kabu- mengalses sejrunlah informasi.paten (BNNK) Purbalingga diretas seseorang Informasi yang bisa fiakses masyarakat diyang tidak iliketahui identitasnya. Sejak antaranya kegiatan yang berkaitdn denganSelasa (2?3), akun facebooh ita tidakbisa di- Pencegahan dan Pemberantasan Penyalafuu-alses. naan darr Peretlaran Gelap Narkoba (P4GN),

"Kalau ada publikasi dalan FB tersebut BNN Purbalingga menyediakan beberapamulai hari Selasa 22 Maret 2016, ilipastikan akur media sosial sebagai contact center res-itu bukan berasal dari Humas BNN Purba- rni, salah satulya akun/ace6oo&.lingga. Publikasi-resrni kegiatan akan diberi- Tetapi itikail baik BNNK Purbalinirya di-tahutar selaniutnya setelah perbaikaa akun maknai lain oleh segelintir oknum yang tidakFB selesai dilakukan," tutur Kepala BNNK bertanggung jawab. Buttinya, ada yangPurbalingga, AKBP Suprinarbo. mengganggu almn resmi /aceboo& BNNK Pur-

Pihak BNNK Purbalingga rnenggelar ke- balingga. Perwira menengah Polri itu meng-giatan tes urine terhadap seju:mlah grup mu- imbau siapa pur yarg mendapati materi yangsiA Undergrouncl, di kompleks GOR Mahesa diunggah ke akun media sosial milik BNNKJenar Purbalingga, Rabu pagi (2313). Supri- Frrbalingga dengan muatan kontraprodut:tifnarto meaambahkan untuk mengikuti arus dengaa P4GN, agar melaporkan pada BNNKidormasi,{an.lerkembangan zaman terkait Purbalingga. (Rus)-g

P,A(itA\ lit r\'i r-S Sll ! llA li.\HL PAt !-)! P'.:!i--q.f!.11"(;(l:

Page 10: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPNG h{EDIA

BAOIN HUldA$ SXDA NNBilffffiAKamis Pon, 24 Maret 2g16

Ratusan Botol Miras DisitaGG.{- Satuar

ii Pamong Praja (SatpolKabupaten Irwbalingga

digelar Satpol PP, untuk menekanperedaran miras di Purbalingga."IGmi rngin mertegakkan zero mirasdi Purbalingga" kabnya.

Tak hanya ihr, razia yangdilalekan tenebut iuga dalammendutung program dari PolresPubatinSg4 yang ingin menekanperedaran narkoba di Purbalingga.'1ni merupakan kegiatan suportingdari program Polres, yakni OperasiBerEinar (Be.antas Sindikat Narkoba,

karena terbenhrk tupoki (hrgaspokok darr ftrngsi). Mala pihalcryamemilih mensuport rnelalui pem-berantasan miras. Ap. alagi selama inimiras dianggap sebagai gerbangseseorang untuk menuju narkoba.

Terkait waktu razia, yangdilal<ukan pada siang hari, Suotomengatakan, hal itu merupakanmetode lain nzia dari Satpol PP."Razia digelar mulai pukul 12.30iMB hingga pukul 14.00 IMB, agarhasilnya malsimal," katanya.

Dalam razia tersebut, Satpol PPmembentuk dua tim yang bergerakterpisah, dengan target peniualmiras berbeda. Ada tiga lokasipenjual miras yang dirazi4 yaknipenjual miras di sebelah utara Tugutancip Bobotsari, penjual diKarangplak, Bobotsari,serta peniualmims di perempatar Karangsenhrl.Hasilnya di Tugu lancip petugasmengamankan 72 botol mirasberbagai merk. Di Karangplak 201botol miras diamankan. Seria diKarangsentuI 58 boiol mirasberbagai merek berhasil dirazia. &

sT-Ti

MIRAS: Pemkabmelyita mtusan keras

sebuah toko ritel, a

Rabu (2313) siang.t ydnsloko

razla munman(miras) di siangRabu (2313). Ha-331 botol miras

merek berhasil

karern Satpolambil bagian

bsshar,

red)," tegasnya.

P,-.',(jl-.!\ HU\{.'1-S SL f L):'. k.\Bl:PAi t\ PLRBAII\GG-I-

Page 11: Kliping media tanggal 24 maret 2016

ruHNGil{EDIABAOIAIi HU[{A$ SMA NItBAM{filA

WaWaSan ix".i. ron, za varetiots

SEMATKAN : Penjabat Sekla Purbalingga Kodadiyanto (kanan)menyematkan jaket kepadn perwakilan mahasiswa Politeknik Kese-hatan Kemmkes lakarta II, yang akan tnelnkukan PKL di Knbttpa-ten Purbalingga.l Eoto: Joko Safltoso

Poltekes fakarta PKLdi PurbalinggaPLiRBALINGGA-Penjabat Sekda Purbalingga memint4 kepadamahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekes) Jakarta II yang mela-kukan Praktik Keia Lapangan (PKL) di Purbalingga dapatmengidentiflasi nasalah kesehatan, terutama yang ada di desa.Diantaranya mengapa dngka kematian ibu rnelahirkan cukuptinggr

Saya iuga berharap kalian dapat mengenali apa yang menpdipenyebabnya. Hasil identifikasi dapat diinformasikan kepadapen&ab untuk disinergikan dengan program-progmm yangsudah ada," katanya saat menerima 84 mahasiswa Polkes Ke-menkes Jakarta II, di Graha Adiguna kompleks Pemkab, Selasa(22/3).

Mereka akarl melakukan PKL hingga 22 April 2016 di empatdesa dalam wilayah Kecamatan Kaligondang yakni desa Kalika-jar, Sidareja, Selakambang dan Penaruban.

"Peserta PKL adalah mahasiswa Program Diploma 3 dan>loma 4 iurusan Ilmu Kesehatan Linekunean Poltekes lakartaial<artaDiploma 4 jurusan Ilmu Kesehatan Lingkungan

tr " ujar Direktur Poltekes Ja&arta tr, Sulistiyo.tr " ujar Direktur Poltekes Ja&arta tr,Selarna rnelakukan PKL,laniut Sulistiyo, para mahasiswa yang

dibagi dalam 8 kelompok akan melakukan kegiatan identilikasimasalah kesehatan lingkungan, analisa hasil identfikasi, dan me-nentukan prioritas masalah untuk kemudian dilakukan inter-vensi kegiatan baik kegiatan fisik maupun sosial..

Dia berharap, keberadaar para mahasiswa bisa memberikanmadaat bukan saja bagi dirinya sebagai pengalaman belaiar yangluar biasa tetapi juga bagi masyankat di to*rt nat. *

rr_"*

}i,.\G}.q}i HUMAS SL f DA hA',U?Af }-N PT-]!TBAI-!|iG{;A

Page 12: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPNG il{EDIA

PURBALINGGA* Dinas Kebudavaan pari$,isataPemuda dan Olah Raga tDinbudparporat purbaLinspdmeniargetkan Lunjungan wisaiawan Le desa wiiiapada tah!n 2016 ini sebanyak 1 juta orai.rg. Target itusernng dengan pergeseran kunjungan wisatawar kedesa dan kebijakan Pemlab Purbaiingga yang memacudesa pengembangan wisata.

, ''fahu-n 2015 lalu, jumlai wisatawan yang berkunjulgke desa wisata menc.rpai 276 ribu orang. Talrun 20lo irikami mentargetkan i juta wisatawan biia berkuniune kedesa wisata,'' kata Kepala Dinbudparpora purbJtiniga,Subeno saal mernbuka pelatihan pemandu wisata Ei*sip_elgelola desa wisata- dan Kekimpok Sadar Wisaia@^o|9arwis) di Operation Room Grala Adiguna, Rabu(23 /3).. Dari target kunjungan ke desa wisata 1 iuta orang,lanjut Subeno, alan disuplai dari l3 desa frsata vanlsudah layal jual. Jika setiap desa.wisata dalam'satitahur bisa dikunjungi 100 ribu orang, maka target ituakan. bisa tercapai.. "Saat ini saja, pei-gunjung kJ Desawsata Serang sudah lebih 100 ribu, belum lagi kePanusupan Kecamatan Rembang, setiap bulannya" bisamencapai 1 i ribu orang,,, kata Sribeno.

Untuk mencapai talget tersebut, pemkab melaluiDinbudparpora, Bappida dan pegiat wisata terusDersjnergl memacu pengembangan desa wisata. gsT-Tj

P, \(i1\\ lll \1 \S Si 1 l)i |i \P,\ P l l !.\l lri !i!',.\l-l\(;.il-

Page 13: Kliping media tanggal 24 maret 2016

ur mllln lftrnltALIIUtU r.YtL-llt.lr

BA$A}{ H]Utr ffiTD,{ flJnBfifi{IffA\ilA/fXasan i KamisPon, 24Maret2016

s UrineMendada_k,

PanikpUns ef I NI C G A- An g gota D-PRD?urbafng ga,

Rabu (23/3) menjalani tes urine secara

mendadak. Tes dilaksanakan usai *"r"k#mengikuti rapat paripurna dengan agenda

penyerahan Laporan Keterangan

Pertanggungiawaban (LKPj) Bupati tahun 2015.Tim dari Badan Narkotika sarnpel urine tersebut, ternyata

Nasional (BNN) Kabupaten BZO berasal dari obat iantungPqhalingga langsung memPer- dan syaraf yang dikonsumsi,"silahkan anggota dewan yang terangnyahadir until menyerahkan Ketua DPRD Purbalinggasampel urine. Tes dilai<sanakan Tongat SH MM

- mengatakan

di r'rrut g Badan Kehormatan pihaknya - rnendukung upaya

tsx) ofFo. pemerintah dalam - - pem-Kepala BNN Purbalingga beran(asan narkoba Oleh karena

AKBf Suprinanto mengatalin itu memperbolehkan anggotates urine tersebut dihkukan dewan untuk menialani tes

untuk uji narkotika. Sampel urine. Dia juga merasa.bersyu-urine dites dengan mengguna- kur karena berdasarkan hasil tes,

kan rapid tes. "Vemang binyak anggota dewan negative nar-unneoia dewan vang klqet dan koba. "Kalau memang tidaksefi"pat panlk. i<are"na inereka pernah mengkonsumsi narkoba,tidal m'enduga akan diminta iak perlu takut diambil sampelsampelurinen-va,"unqkapnya urinenya," ungkapnya

Oat^^ t"i6*putui t"tt6but Sementara itu pada Selasa

BNN rnelakukanies terhadap 29 (22/3) malam juga melakukananeeota dewan vang hadir serta tes urine terhadap 30 orang7 ""slaf Sekr'etarlt Dewan anggota Purbalingga Under-(Setwan). Dari hasil tes tersebut ground Community, dididaDatkan hasil bahwa 25 kawasan GOR Mahesa Jenar'*amiel urine dinvatakan Dari hasil tes diketahui 29

,r.eitive dan satu samp'el u ne negatif dan I Positif BZO 'dirivatakan positif. "'sampel SeGldh dicek yanS Positif BZOuririe yang politif mengardung adaJbh yang mengkonsumsiBZO-' Setelah dilakukan obat anti alergi.$

Te

pengecekan terhadaP Pemilik

i-l\il!A\ i l i lLl !S SL '. 1).:! l'AtsL ?.\', !.\ ?l RB.1.! .1.'i(-l{-lA.

sT-Tj

Page 14: Kliping media tanggal 24 maret 2016

TES URI-NE : Anggofa DPRD Prtrbalingga, Rabu Q3l3) menialani tesurine mendqdnk. Te< dilakukan oleh tim dari Badan Narkotikn Nasional(BNN) Purbalingga. & Foto : loko Santoso-Tj

iJ..\-{;}.!.:. !i!.\1.\s st.I t}.! h.\}lt t?rf!_\ PL Rl,.\l_t\c(i.!

Page 15: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPING MEDIABAOIfi'I H[J[{A$ $[T}A N]l$flTifiiA

RadarBanyrmas.

PU[B[U]|GGAI|(SPR[S.--, Desa Serang jadi Favoritr Pengelola

LArt HA N : Pe nse I o r " 0""" n,i " "tl''',iifl"riiil"lipelatihan pemandu wisata.

Pengelola Desa WisataDiminta Mandiri

PURBALINGGA - Pengelola desa wisata diKabupaten Purbalingga diminta tak hanyatergantung pada bantuan pemedntah, daiammengembingkan desa wisata. Pengelola di-minti kreatif menggali potensi dana, untukmengembangkan desa wisata yang dikelola.

Haftersebut, diungkapkan oleh Kepala BidangEkonomi Badan Perencanaan PernbangunanDaerah (Bappeda) Purbalingga, IrCipto UtomoMSi, saat pelatihan pemandu wisata bagipengelola desa wisata dan Kelompok SadarWisita (Pokdanvis) di operatioD Room GiahaAdigun;, Rabu (2313). > kehatE

KAMIS PON 24 MARET 2016

Sambungan dari hal5

Dia mencontohkan, dibeberapa daerch desawisatayang ada dapat berkembangdan menghadirkan ribuanwisataum, setiap tahunnF,tanpa tergantung bantuanpemerintah. "Mereka sa-ngat kreatif menggali Po-tensi yang ada. Ini harusditiru," ujarnya.

Dia menjelasakan, Peme-rintah Kabupaten Purba-lingga mendukung sepe-nuhnya pengembangan de-sa wisata yang ada di Pur-balingga. Pihaknya, jugamengapresiasi perkemba-ngan desa wisata di Pur-balingga, yang semakin baikdari waku ke wakru.

Sementara itu, Dinas Ke-budayaan Pariwisata Pe-muda dan Olah Raga (Din-budparpora) Purbalinggarnenargetkan kuniunganwisatawan ke desa wisatamenembus angka I iutawisatawan, tahun ini. Tar-get itu seiring dengan per-geseran kunjungan wisa-tawan ke desa dan kebij akanPemkab Purbalingga yangmemacu desa pengemba-ngan wisata.

"Tahun 2015 lalu, jumlahwisatawan yang berkunjungke desa wisata mencapai276 ribu orang. Tahun 2016ini kami mentargetkan 1

juta wisatawan bisa ber-kunjung ke desa wisatal' kataKepala Dinbudparpora Pu-rba.lingga Subeno.

Subeno menj elaskan, Jum-lah wisatawan yang ber-kunjung ke Purbalingga

pada tahun 2015 sebanYak1.579.098 orang wisatawan.Jumlah ini belum termasukwisatawan ke desa wisata."Melihdt uen kuniungan kedesa wisata seiak alld Januari2016 hingga saat ini, kamioptimis wisatawan ke desa

wisata pada tahun ini bisamencapai I juta orang. Ar-tinya, pada tahun 2016, to-tal wisatawan ke Purba-lingga bisa mencapai 2,5 jutaorang, dan Purbalinggaoptimis meniadi destinasiwisata utama di jateng,"jelasnya.

Target kuniungan ke desawisata I jula orang, tersebutdirencanakan akan disuPlaidari 13 desa wisata Yangsudah layakju3l. Jika setiapdesa wisata dalam satu tahunbisa dikunjungi I00 ribuorang, maka target itu akanbisa tercapai.

"Saat ini saia, pengunjungke Desa wisata Semng sudahlebih r00 ribu, belum lagi kePanusupat Kecamatan Rem-bang, setiap bulannya bisamencapai ll ribu orang,"imbuhnya.Untuk mencapai target

tersebut, Pemkab melaluiDinbudparpora, BapPedadan pegiat wisata terus ber-sinergi memacu pqngem-bangan desa wisata. Ke-biiakan Pemkab melalui Dinbudparpora dengan me-neiunkan lima orang tenagafasilitator desa wisata Yangterseleksi, sementara BaP-peda mendukung pengang-garan Bantuan KeuanganKhusus (BKK) serta du-kungaD pembangunan inf-rastrukur ke desa-desa wi-sata. (tya)

b.{il.\-\ tlt: \1.\-c su ! i}3- K.\}ll_r?..\ i t\ ?\ tR}_rAt .t ri(i{ i A

Page 16: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPING ilIEDIAXAff AIiUt]ltSM[ilJIBilJI{ffi4

Radaf Banyunas . Kamis pon 24 Nilaret 2016

HiburDiridenganllumorMENYELESAIKAN peker-

jaan seharihari kadang me-nguras tenaga daaan pikiran.Kondisi ini akan membuatbadan lelah dan pikiran te-gang. Karenanya, hanis m-emilikl cara untut menghibutdiri mengusir kepenatan itu.Salah satunla melalui bercan-da dengan rekan kerja sekan-tor. > f€hda

antar aparatur perangkatdesa memtrerikan humordan bercanda segar sd-hingga bisa tertawa lepas.

"Serius boleh, tapi ten-tunya hams bisa mengen-durkan urat syaraf. yangringan- ringan saja hibu-rannya, tidakperlu mahal-mahal. Cukup bercandadengdn teman sekantorsembari istirahat," ungkapwanita pemilik murah se-

nyrm ini. 'Wanita muda ini iuga

kerap kali sudah menyiap-kan rencana dari rumahsoal apa saja yang akan d-ikerjakan ketika riba dimeja kerja. Sehingga saatmelanjutkan pekerjaan, diasudah memiliki arah dantarget.

"Nikrhati dan syuMl saiapekerjain," .tambahnva.(amr/bdg)

Parkir Alun-alirnPihak perparkiran, cpba perhatikan tukang parkirkinimakin banyak di Purbalingga terutama alun2 ,

sehingga menjadi tidak nyaman, Totong dikoordinirjumlahnya.

NN 082136074130

Siapkan Rencana Kerja Harianr lli[u]

Sambungan darihal5

Hal itulah yang dilakukanSri Wahyuningsih, KaurPemerintahan Desa Ta-lagening Kecamatan Bo-botsari, Ketika kebosanandan kelelahan pikiran me-nghadapi tugas sehari-hari itu datang, takjaran&

tsAct.+i Ht ,lt3"g SLi l-).!- hA]rll? A'I lLli ?l lRllAl .llic{;A

Page 17: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KiPiNG MEDIA

BAOHl'l HUilIAS STMA PI]RBilT{O{i{Radar Banyumas . Kamis Pon 24 Maret 2016

ill{Bl( Rawan Gangguan l(omputerPURBALINGGA- KO'

rnisi III DPRD Purba-lingga rnenilai, penve-lenggaraan Ujian Na-sional (UN) berbasiskomputer (UNBK) 20-16 ini harus disiapkarllebih matang. Pasalnya,perangkat lunak (soft-ware) maupun perang-kat keras (hardrn'are)komputer yang dipakaipeserta UN itu cukuprawan terhadap gang-guan.

Ketua Komisi IlI DP-RD Purbalingga HRBambang Irawan me-negaskan, iangan sam-pai karena diklaim su-dah siap, saat rnenger-jakan soal nanti, malahterjadi gangguan. Imb-

Dilaksanakan 4-7 AprilApril 2016 (SMA/MA,/

SMK)UNBK Susulan tanggal18-20 April 2016 {SMA/

MA)UNBK Susulan tanggal11-12 Ap.il 2016 (SMK)

Dilaksanakan di 19SMA/SMK (2 SMA

Negeri dan 17 SMK)Dinas meminta tidak

ada pemadaman listrikke PLN

Tiap sekolah dimintamenyediakan genset

asnya siswa pesena UN

-vang menjadi korban."Komputer jelas !a-

u'an gangguan dan ka -

dang tidak bisa diperkirakan. Karenanla, di-butul.r&an perangkat ko-

mputer vang iegal, be-nar- benar dicek ulangsecara total seb elun)pelaksanaan. Penga-wasan juga hanLs ketat,"karanya, Seiasa (22,/3).

Pihaknya juga bakalmemanggil DiDas Pen-diCikan sebelurn pe-lakaaanUN alralpekanApril mendatang. D-el{,an minta, Dinas Pe-ndidikan me1,]raparkankesiapan U\ berbasiskonputer itu. "Kamijuga akan mencoba tu-run ke sekolah pen-ve-lengga:a dan rnelihatcontoh kasus atau me-lihar largsung kerja kom-puter vang akan digu-nakan peserta UNBK,"tegasnya. b ke hal S

I U]IBI( alam, maka panitia atau pe-nvelenggara harus siap ca-dangan listrik melalui gen-erator set [genser).

"Kami sudah meminta se,koiah wajib menyediakangenset minimai sehari se-belum pelaksanaan UNBK.Operator juga harus me-ngecek ken.ibali fungsi genset dan ruangan per unit jikamemungkinkan juga meng-gunakar porr,er supply ca-dangan seperti UPS," rinciGunawan.

Pihaknya optimis 19 sekolah itu sudah siap danrnampu melaksanakan UN-BK sesuai prosedur tetap

'-ang

telah digariskan secaranasional. Sehingga tidak adakendala sampai akhirpelak-sanaan UNBK,

Seperti diketahui, pelak-sanaan UNBK jenjang SMA/trIA, dilakukan setiap harihanya unruk satu matl p<=lajaran dan terdiri dari tiga-sesi. Kemudian jadwal UNSusulan berbasis komputer,akan dilaksanakan padatanggal lB - 20 April 2016.

Demikian pula untuk UN-BK SMK, pelaksanaannyaakan dimulai pada tanggal4hingga 7 April 2016 men-datang d4n lerbagi dalamtiga sesi. (amr/bdg)

Siapkan Genset di Tiap Sekolah Peryelenggara

Sambungan dari hal5

Kepala Ilinas PendidikanPurbalingga, Tri GunawanSetyadi mengatakan, sam-pai kini, 19 sekoiah vangterdid dad dtra 5Iv1.{N danl7 SMK siap rnenggelarUNBK. Dinas juga sudahmemastikan semua perang-kat komputer siap. Jauh hariialu juga melalui sunt resmitelah berkordinasi denganPLN agar tidak ada pemada-man listrik karena penjadwalan. Namun jika kelis-trikan PLN karena faktor

i l li li rl. !li l,l \.,c Sl. ! !) ', 1,.'.lll l'.\.I L:. !'! F-l',rrl.!1.(l{-1.\-

Page 18: Kliping media tanggal 24 maret 2016

7 KLIPINTi MEDIAXTOI}{IIJiilA$$[TDANjnB{$iIilA

RadarBanyumas o KAMrspoN;4MARMARET 2016

Razia Siang BolongAmankan Ratus a; B otoi"Miras

-puRnaut'ltca - SaruanElisi pamo^. _^-.._^,.,Frara {sarpol pp) Kabupalen ."lJii::5 if;':l:.Y11i:i",^rin vang digelar sarpotmensgerar razia muniman r"*. r-iiu,iil il;#l;;j:.?J,.lfllrll'11"'"n,''ri'n' aisiang bolong, kemarin (zal:). Hu.iiiJi"l; '-::'l:"]itj ^amr

ingin menegakkan zerou";ffi *,''uJJi'l! ji'i,'Jl-il]iX1}111g;;."11;:Hl;*,8"i;i;;;V"i:;;",i:

"i;11 i "',:.T::: x :il:1 :1,', y,

"i::fl i: g iffi : H: ;T; - ""# il::il H Tjl ffi ::

nu.nouu otrLll.o-u,t Purb.-alin&ry|yqnginlnmenekaaperedaran

*r,. ", .'" JXi,ll,J X1'; ;jl;,T*fj i""Jyalni. operasi t" rrinn, 1u"r"i,". .i#ir.rinarkoba, red)," irnbuhnv)Dia menambahkan, kaiena Sapol pp ridakmunskin ikur ambjl uugi"n JiJ opurllibersinai karena rerbenrui tupoksi.

.

-)u,

. > ke haf Isasar Tiga Lokasi

r fiazia

Maka pihaktya memilihmensupon melalui pem_oerantasan miras. Apalasi.seiama ini miras diines;seoagai gerbang seseoiinluntuk menuiu narkoba-.Razia yang dilakukan Dada

srang hari itu merupikanmerode lain razia dariSatool.-e.tl Razia digelar mulai rir_ruf 12.30 WTB hingea pllhl]14.00 WIB. 'Agar 6asilnvamaksimal," katanva_

Dalam razia tersebut, SaG

Sambungan dari hal5

pol pp membentuk dua timyang oergerak terpisah, de-ngan target penjual mirasDerbeda. Ada tiga lokasipenJuai miras yang dirazia.yakni penjuai miras di seb_ei ai uta ra Tilgu Lanci p Bo b _

otsari, penjual di Kirarrn_pla& Bobotsari, sena pen;uirruras di perempetanKa;an_gsentd.Hasilnya di Tugu lanciD

petugas mengamankan z)botol miras berbagai merekur Ka rangplak 201 botolrrxras diamankan. Sera diKarangsentul sB botol mirasDerbagai merek berhasildirazia. (tyalbdg)

!!.r1;tA], ttut,tAS,!it_ f t)A llr.Bt] t {f u}-i puR}f :\l.t \(;riA

Page 19: Kliping media tanggal 24 maret 2016

;dt:-i:

<t

E

e

!o-

Eo

.gE

'.cE

o)o,

-o

ttILl!

go.gt

go

-e

?,

t

=t

l,,.r-{;1A\ itl.\!--\-{ :;}-'.1}A K.rBil? f- fl.: P1-.8-,Lj:.!.1\(.n-i !.

Page 20: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPING il{EDIA

BAOIAil [U[{A$ $[MJNNBAMIOOA

PURBITIIIGGATIGPRTS -

Wujudkan Clean Government,

Pejabat Bakal "Disekolahkan"PURBAIINGGA - Tak mau ketinggalan dengan pro-

gram Gubernur Iawa Tengah Ganiar Pranowo' yangmenyekolahkan 1? kepala daerah hasil PilkadaSerentak Jawa tengah, 9 Desember lalu. BupatiPurbalingga H Tasdi SH MM, juga berencanamelaksanakan acara serupa, untuk pada pejabat dankepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pur-balingga.

Kepada Radarmas, Tasdi mengatakan, seandainya takbisa melibatkah Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), untuk kegiatan tersebut. Pihaknya minimalakan mengundangBadan Pengawasan Keuangan danPembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah, sedapihak terkait.

"Saya ingin peiabat di Purbalingga juga mengikutiapayangtelah diprogramkan oieh Gubemur dan WakilGubemu; yakni mbotgn korupsi dan mboten ngaPusi.Kami ingin menyelenggarakan pemerintahan yangbersih di Kabupaten Purbalingga," jelasnya ditemui dikediamannya, sebelum keberangkatan Tasdi ke Jal<artauntuk mengikuti "sekolah" KPK.

Dia menambahkan, pemerintahan yang bersih bisadiciptakan djmuiai dari kedisiplinan para peSawainegeri sipil (PNS) di Kabupaten Purbalingga. "Ini yangmenjadi perhatian besar dari saya. Sebab, selama inisaya melihat kedisipilinan PNS di Purbalingga belumbaik'ujarnya.

Diungkaphan saat ini dia bersama iaiarannyamencoba menerapkan pemerintahan yang benar-benar berpihak kepada masyarakat. Termasuk dalampengalokasian anggaran. Semuanya dipdoritaskanuntuk pembangunan daerah.

Sementara itu, sejak Selasa (2213) lalu hingga hariini {2a/3), Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM danWaldl Bupati Purbalingga Dyah Hayuning pratiwi SE

Be Econ mengikuti "sekolah" di KPK. Kegiatantersebutdilaksanakan mu.lai selasa (2213) hingga Kamis (24l3). Sebanyak 17 bupati/wabup hasil Pilkada Serentakdi Jateng 9 Desemberlalu menBikuti kegiatantersebut.

Kegiatan tersebut merupakan insiatif dari Gubemur|ateng Ganj ar Pranowo. Hal itu dilatarbelakangi untukmewujudkan komitmen dan integritas dalampemberantasdn korupsi. Kegiatan itu juga diikuti olehGubemur Ganiar Pranowo, Wagub Heru Sudjatmokosefta jajaran pimpinan DPRD Jateng.

Jawa Tengah merupakan pelop or dalam p elaksanaan"sekolah" di KPK tersebut. Tasdi sendiri mengatakandia sangat mendukung pelaksanaan Workshop TunasIntegritas tersebut. Pasalnya hal tersebut sangatmendukung terwujudnya clean government ataupemerintahan yang bersih. (tya/bdg)

H \,( 11 \\ lll \t -i,S SL,: I I )A l.Af il I'.!- f ?-]l ?i P.9 \.1.t\lj(;.!

Page 21: Kliping media tanggal 24 maret 2016

Kamis Pon 24 Marc12016

lutUahggu ut<att APittdah k"desa tetangga," jelasn}a, ke-

madn.Sebab, di desa teEebut Pem-

kab Purbalingga sudah mem-

buatkan iembatan Permanenyang cukrrP megah. Namunpemuda memPertaha*aniembatan gantung tersebut'd"ngan

aiasatt memil-iki nilai

seiarah tersendiri bagi dusun

Sumingkr' "sehingga oleh

oemuda setemPat dicat wama

ranmi sepeni Pelangi. Sekaligus

dijadikan lokasi wisata dan

selfii imbuhnYra-Dia menielaskan, jembatan

yang dibangr.F di atas Sungai

Gin n& dengan bentanganmencapai 50 meter dan unggl

dari sungai sekiiar 6 meter

tersebut, setiaP hari mlnal

dileniungi wisatawan -do-

-"ttii. Buhkuo k"tiku d'nt'Dd€o iunlahPengunjt'urgrata-ram mencaPai lebih dari orang'

Da mengungl€Pkan' rlllnrl(

melewad iembatan' Pengun-iunscl*up membqarRF 2'000

ner orang. "Pda Pettguttlungtisa berPose menarik diatas

iembatan Pelangr Yang klnt'AbngkuPiPuyung*"t*-**tpulai' imbulnfa'

selain wisata tersebut'Pl-hal,rrla iuga mengelola wisau

air dengan ban bekas seoagar

DelamPung atau dikenal-de-'"g "-tuUti"g': 1tY''/tagl

KTIPNGMEDIABAOIAil TU[{A$ $HIDANIl$ilfffilA --

RadarBanyumas.

Iembatan Pelangi;

Jadi Wisata Favorit di RembangPURBAIINrcA - Iembatan dengan baryak warna seperti

Pelangl yang berada di Desa pelangi tercebut, banyak dik-Bantarbarang, Kecamatan unjungiwisatawan. Bahkan,Rembang menjadi destinasi saat akhir pekan lebih dariwisaubaru,)angmeniadiidola seribrrwisatawanmengunjurgibaru di Purbalingga. Setiap jembatan ini.hari, destinasi wisata yang Ketuakelompoksadarwisatabbrupajembatanyangdnmmai (pokdarwis) Jenderdi Soedir-

man desa Bantarbarang Rem- ma<apenjalalunBet dasenabang Pubalingga Pramono tempat acara tukar cincinmenjelaskan, JembatanPelangi dengan istrirya l(ardinahmerupakan jembatan hadiah "Dijadikannya jembatan Pe-

dadsupardjo Roestarn.lGrena langi rnerupal€n ide pemudadi lokasi tersebut tepatnya setempat guna memperta-dusun Sumingkir, merupalan hankan jembatan gantung'Gmpat pengurgsiannya-ketka ytng ten.ana awdl oleh Pernl<ab

l-, \(il \\ til r'!1\S Si:filA L \P,! P{l 1:\ Pi !{g}-1.!\(;{;A

Page 22: Kliping media tanggal 24 maret 2016

RAGIAN HI JMAS SI]TDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 23: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPNGMEDIABAflAil HIJ},AS SH}A ruRBAIJI{fi3A

Radar Banyumas . Kamis Pon 24 Maret7o16

DataPotensiPADBelumValid

PURBALINGGA- MeskiPendapatan Asli Daerah(PAD) Kabupaten Purba-lingga tahun 2015 melam-paui target dengan caPaianRp I91 miUar lebih, hinggasaat ini, data potensi PADtemyata belumvalid. Hal itumeniadi hambatan dalamelctensifi kasi PAD. Apalagi,objek pajak dan retribusijuga cukup,terbatas.

Hal itu terungkap saat PjSekda Purbalingga Kodadi-

)€nto menyampaikan sambutan Bupati Tasdi padaRapat Paripurna tentang

Laporan Keterangan Per-tanggungjawaban BuPatiPurbalingga Tahun 2015 digedung DPRD Purbalingga,Rabu (2313)."Persoalan be-Ium optimalnya upaya in-tensifildsi dan ekstensifl kasipemungutan Pajak dan re-tribusi daerah serta ter-batasirya kemampuan ke-uangan daerah dalam Pe-nyertaan modal kepada BU-MD juga masih harus di-sikapi dengan cermati' rin-cinya.

Selain soal PAD, Pemkabjuga bakal mengevaluasi

terkait besarnya sisa lebihperhitungan anggaran (Sil-pa) sebesar Rp 287,5 miliarlebih, Sekda mengatakan,ABPD Tahun 2015 terea-Iisasi sebesar Rp 1,59 triliunIebih di pos pendaPatan.Realisasi itu terdiri atas PADRp 238 miliar lebih, danapelimbangan RP 901 miliarlebih dan lain-lain P en-dap atan daerah yang sah RP

450 miliar lebih. Realisasi'penerimaan pembiaYaantercapai sebesar RP I97miliar lebih dan Penge-luaran pembiayaan RP 34

miliar lebih, sehingga pem-biayaan netto Rp 163 miliarIebih. Sementara, anggaranbelanja terealisasi Rp 1,466triliun lebih,

Sementara itu, pada 6e:berapa kesempatan lain,Bupati Tasdi juga menyam-paikan kei4ginannya agardalam kurun waktu tahunanggaran 20I6 tidak lagite4adi adanya gagal lelang'

' danputus kontrak. Pasalnyatahun lalu terdapat 18 pro-yek gagal Ielang dan silpamencapai Rp 169 milyarkarena proyek gagal itu.

"Tahun ini harus tidakadagagallelang dan putus kon-ftak. Silpa iuga tidaksampai100 M. Kalau silpanya ting-gi, rakyat yang dirugikani'tegas bupati.

Ketua DPRD Purbalingg4Tongat mengatakan, La-poran Keterangan Pertang-gung;'awaban Bupati Pur-balingga Tahun 2015 terse-but harus menjadi bahanevaluasi bagi Pemkab Pur-balingga dalam menialan-kan program pembangunanpada tahun ini sehinggalebih optimal.(arnr/bdg)

}t\{I \\ l1t'\t \S Stt l}-\ K.!D-1:PAl l.\ 1J'.l itH1-] .l}ic(; !

Page 24: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPING il{EDiABAOINHUll{N $IMAruMilffOOA

Radar BanyfrmaS . Kamis pon 24 Marct 2016

Curi Motoq Olmum Peran$at DisidangPUREALING GA-Entah

apa yafu dalam pikiran Sur(54), warga Selaganggeng,Kecamatan Mrebet. Okrumperangkat desa ini, didugatelahmencud sepedamotorHonda Legenda nopol R9711 HC milik saksi MadaMurtini alias Simur (52),yang juga perangkat DesaSelaganggeng, Mrcbet. '

Sebagai terdakr,va, Sur mu-lai disidangkan di Penga-dilan Negeri (PN) Purba-Iingga, Rabu (2313). Maielishakim yang menyidangkarldiketuai Totok Sapto IndraroSH MH, anggota BagusTrenggono SH, dan RatnaDamanyanti Wisudha SH,didampingi Panitera Peng-ganti (PP) Nova SoegiarloSFI. JaLsa penuntut umum(lPU) Agung Prasetya JatiSH, menjerat terdakwa Sur

dengan dakwaan pasal 363ayat (r) ke-3 KUHP. Dise-butkan, terdakwa mengam-bil sepeda motor HondaLegenda nopol R 971I HCrnilik Mada Murtini, wargaDesa Selaganggen& Mrebe!Jumat 5 Februa 20t6pukul18.30.Keiadiannya berawal hari

itu, saksi Mada seusai ke-giatan di Balai Desa Se-laganggeng, Mrebet, me-markir sepeda motor HondaLegenda R 9711 HC mi-liknya, di daiam garasi ru-mahnya. Setelahitu, ia pergitakzil'ah menggunakarr mo-bil ke Desa Karangduren,Kecamatan Bobotsari.

Sekitar Januari 2016, ter-dakva menggandakan kuncimotor Honda Legenda R9711 HC tanpa sepenge-tahuan saksi Maria. Selan,

iutnya, pada Jumat 5 Fgbuari2016 sekitar pukul 18.30terdakwa masuk garasi ru-mah Maria, Kemudian me-ndorong sepeda motor Le-genda keluar dari garasimenuju arah ;'alan raya,Kemudian di tepi jalan

raya terdakwa Sur meng-hidupkan sepeda motor mi,lik saksi Maria Murtini me-nggunakan kunci duplikat.Dengan sepeda motor cu-rian itu, terdakwa kemudianmelaju menuiu rumah ibutiIi terdakwa, di Desa Ci-paku, Kecamatan Mrebetuntuk menyimpan motortersebut.

Sabtu 6 Feburari 2016,terdakwa membawa motoritu ke bengkel . Terdakwamelepas pelat nomor dantebeng molor tersebut.(nis/bdg).

ilAetAli llt ;:tAS sl. fl )A ti AF,l lP A-l !il; YllRll rJ,l\cc A

Page 25: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAffAil HUll{A$ SMA HjR}flffffi4

Radar BanyumaS j Kamis pon 24 Maret2o16

Peiabat

dan Mantan

Pqiabat Mulai

DiperiksaSidang TukarGuling TanahBondo DesaDawuhan

PURBALINGGA- Per.si-

dangan lanjutan di Penga-dilanTipikor Semarang soalperkara tukar guling tanahhondo Desa Da$'uhan, Pa-

damara Selasa (zzl3) ke-marin memasuki babak ba-ru. Majelis hakim mulaimemeriksa seiumlah saksi,

diantaranya Pejabat danmantan pejabat ai PemkabPurbalingga.

Kuasa Hukum terdakwaNurhamam, Sugeng SH M-Si mengatakan, Pejabat Yangdipedksa di persidangansebagai saksi diantaranYalmam wahyudi, Yani Su-tdsno, Rokhadi dan madtanCamat Djumarno. Merekamenghadiri pemeriksaansebagai saksi dan utengun-gkapkan beberaPa kesaksian

KamimengaPresiasi

keterangan saksi-saksi Yang

dihadirkan iaksapenuntut umum

itu,"

sugeng sH MSiKuasa Hukum Nurhamam

terkait kronol?gis tukarguling tersebLit.

"Kami mengaPresiasi ke-terangan saksi- saksi Yangdihadirkan jaksa Penuntutumum itu. Prinsipnya me-reka menceritakan Posisidan urutan prose's adanYatukar guling itu," jeias Su-geng, kemarin, > ke hal S

p,\(it\N !11 \1AS St"l])Al,AP,l t'lfLli t1l-RtsAt-lli(diA

Page 26: Kliping media tanggal 24 maret 2016

-/-'-------'-...'..-.--/--\t

Siap Datangkan Saksi Lainr Peia[at

Salah satu jaksa penuntutdari Kejaksaan Negeri Pur-balingga, Yoga Adhyatmamengatakan, sejunilah saksimasih dihadirkau. Untukputusan sela sudah dipu-tuskan hakim jika sidangtetap berlanjut.

"Kami juga masih me-Ian;'utkan sidang kasus tukarguling tanah kas Desa Ka-rangreja dengan alah satuterdakwa juga menJadi ter-dakwa tukar guling Dawu-han. Pekan depan sidangpemeriksaan saksi- saksiakan dilanjutkan j' papamya.

Seperti diberitakan, Nur-hamam (Kepala Dinpen-dukcapil) dan Mulat Setiyadi(pejabat Bappeda Purba-lingga) terseret kasus dugaanpenyimpangan nrkar gulhgtanah kas Desa DawuhanKecamatan Padamara. Saatitu keduanya masih aktifbertugas di Bagian Tata Pe-merintahan Setda Purbal-ingga. (amr/bdg)

Sambungan darihal5

Sugeng juga menambah-kan, daiam perkara ini, tukarguling menurut saksi- saksiterlah terjadi sebelum klien-nya NH menjabat. Adanyaketerangan saksi- saksi ininantinya akan dilanjutkandengan sidang saksi lainnyapekan depan."Unn* satsi pekan depan,

saya tidak tahu siapa sajayang dipanggil, biasanyatidak diberitahu oleh jaksa.Namun kami siap meng-hadapi sidang ini sampaituntas," tambahnya.

Sebelumnya saat sidangputusan sela, maielis hakimPengadilan Tiipikor Se-marang menolak tiksepsiterdakwa NH. Sehinggasidang kasus tukkar guiingini tetap berlaniut. Sedang-kan terdakwa lainnya, MulatSetiyadi menerima dakwaanhakim tipikor.

[]AGIAN HI ]MAS SF,TDA KA]]l IPA'| I]N PURBAII\CGA

Page 27: Kliping media tanggal 24 maret 2016

IILIPING MEDIA

BA{IA}{ HUll{,S $IMA ruMAifiIilARadar Bangrumas . Kamis Pon 24 Marct 2016

Pengelola BMT Se-Furbalingga

Ikuti Training MotivasiBangun KinerjaSDIVI Bh{T

PURBALINGGA-Baitul 14a-

al u'at Tamwil (Btr4TJ,lembagakeuangan syafi ah yang konsendalam mendukung usaha kecildan n.ikro di Purbalingga terusrnelakukan peningkatan ki-nerja bagi para pengelolanYa.Para pengelola dan karyawanBMT se Kabupaten Purba-lingga diikutsertakan dalam Pe-Iatihan ruotivasi yang digelardi Owabong Cottage dan RMBale Apoeng, Bojongsari, 12

Maret dan 19 Maret lalu.Kegialan rersebut meniadi

agenda awai dari Perhim-punan BMT Indonesia (PB-

MTI) Majelis Pengurus Da-erah Pdrbalingga di Tahun

2016 ini. "Ujung tombak danhal \-ang penting dalam sebuah lembaga adalah pengeiolanya.

Ka{ena itu, kami menilai,peiatihan motivasi bagi pe-ngelola EMT ilf cul-up pen-ring untuk dilaksanakan. Set-elah terbarrgrrn motivasi, kedepannya kami lanjutkan de-ngan pelatihan berbasis kom-petensi," tutur Ketira DivisiPelatihan PBMTI Purbalingga, Budi Rahardio. * kehara

ada kata lai& selaintarget ituharus tercapai," tambahn-va.

Budi Rahardjo juga me-nyampaikan, PBMTI be-rupaya untuk membangunkerjasama yang baik antarB\IT se-Purbalingga. Ka-rena itu, pada Februari lalu,PBMTI Purbalingga iugamenggela{ rapat kerja da-erah (rakerda) perdana diBaturraden, Banyrmas. Pa-da kesempatan itu, PBMTImerumuskan agenda danprogram kerja kepengu-rusan selama satu tahunmulai dari pelatihan, Porda,wisata, bakti sosialdan lain-nya. Berbagai agenda ter-sebut dilakukan untuk me-ningkatkan eksistensi BMTdi Kabupaten Purbalinggasehingga lebih mendapat-kan ternpat dan semakindiminati masyarakat. "Pe-ngurus PNMTI Purbalinggajuga akan mengadakan au-diensi dengan bupati dalamwaktu dekat ini," tandas BudiRahardio.(bdg/adv)

Bangun Kekuatan dan Kemampuan

r PGngcl0laSambungan dari hal5

Dia menambahkan, untukmembangun kinerja yangcemerlang, para pengelolaBMT perlu memiliki mo-tivasi yang tinggi sehinggaakhirnya berdampak baikbagi kemajuan BMT di Pur-balingga. "Perlu ditekankanbagaimana mengelola pi-kiran, bagaimana memilikikekuatan keyakinan, ke-kuatan kemauan dan lain-nya. Saya rasa, semuaorangmemiliki kemampuan, ha-nya sa.ja terkadang menye-rah terlaiu dini," tutur BudiRahardjo yang juga menjadipemateri dalam pelatihanitu.

Dengan memiliki sema-ngat yang tinggi itu, diha-rapkan tidak ada kaia me-nyerah bagi para pengelolaBNIT untuk meraih targetyang dicita-citakan. "Ibaratkata, kalau ada target, tidak

't.ll!.!\ lll l\l 1,,< i;!.11)\ !..:Pn ? \! t.l, ?r, !-!,,.!.1 !\(li-l!

Page 28: Kliping media tanggal 24 maret 2016

MoTlvAsl: * I

Budi IRahardjodari divisipelatihan ';PBMTI ;.Purbalinggasaatmemberikanmateri. -.

RAGIAN HtIMAS SETD-{ KABUPATEN PURBALI'-GCA

Page 29: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KIPINGilMDIABAGIAil HIJI}{}$ $[TDA It]R$AIil{IilA

SATELITPsSTKAIIiIS PON,24 MARET 2016

25OO PNSPTJRBALINGGA" SAIELITPO6T.Pemerintah Kabupaten Purbaling-ga saat ini kekurangan 2500 Pega-wai Negeri Sipil (PNS). Jumlahtersebut, dihitung berdasarkananalisa beban keia yang dilakukanoleh Badan Kepegawaian Daerah(BKD) setempat.

Menurut Wahyu Prasetyono,Kepala Bidang Drklat dan Pengem-bangan Pegawai di BKD Pwbaling-94 jumlahpegawaiyangada saatinimasih jauh dari kata ideal. "Ideal-ny4 Purbalingga itu plmya 12 ribuPNt" katanya, Ssfn (21 /3).

Saat ini, PNS di Purbalinggaberlumlah 9.016 pegawai yangtersebar di seluruh SK?D. Jurr ah

. ihr, akan terus berkurang setiaptahun. Karena setiap tahun ada 200sampai 300 pegawai yang mema-suki masa pensir.rn,

"Sejauh ini belum ada kepastiandari kementerian, apakah tahun inibakal ada rekauitmen PNS atauiidak " ujarnya.

Melihat kebutuhan yang ada/ideahya Purbalingga membukapenerimaan CPNS. Jika tidak,maka kinerja PNS tidak akan

maksimal karena bebamya terlaluberat.

Talun 2016 ini, BKD rrengu-sulkan 2571 PNS kepada BadanKepegawaian Nasional (BKN).Jutr ah itu, rmtuk menutup keku-rangan 1601 guru, 300 tenagakesehatan, tt81 tenaga administrasiumum, dan 189 tenaga teknis nonguru dan kesehatan.

"Tahun lalu kita usulkan 3000CPNS dan yang di ACC hanya 40saja. Tahun ini kita ajukan lebihsedikit, hasilnya belum tahu,"ujamya. (enk)

PAD20-|5MencapalRp I9I Miliar

r Berhasil Lampaui T*rgethingga lebih dari Rp 1.59triliun yang terdiri atasPAD Rp 238 miliar lebih,dana perimbangan Rp 901miliar lebih darr lainlainpendapatan daerah yangsah mencapai Rp 450 miliarlebih.

Sedangkan realisasipenerimaan pembiayaaltercatat Rp 197 miliar lebihdan pengeluaran pem-biayaan Rp 34 miliar lebih.Sehingga, pembiayaannetto lebih dad Rp 163miliar dan anggararrbelanja terealisasi sekitarRp 1166 triliun.

Meski secara keselumhan

realisasi PAD mengalamipeningkatan, diatuiny4 ada.persoalan serius yangdihadapi bidang pendapa-tan Pemkab.

"Sampai sekarang kitabelum memiliki potensisumber PAD yang valid.Terbatasnya objek pajak danretribusi membuat Pemlabkesulitar melakul<anekstensifikasi pajal," kataKodadianto-

Terbatasnya kemampuankeuangan daerah dalarrrpenyertaan modal kepadaBUMD juga membuatkeberhasilan tersebut tidakbisa dimaksimalkan. (ent)

PURBALINGGA" SATELIT-POST-Pendapatan AsliDaerah (PAD) Purbalhggatahun 2015 berhasii melam-paui target hingga Rp 191miliar lebih.

' Keberhasilan tersebutdisampaikan Bupati melaluiPenjabat Setda Purbalingga,Kodadiyarto, pada RapatParipuma tentang LaporanKeterangan Pertanggungja-waban Bupati PurbalinggaTahur 2015, di gedungDPRD Purbalingga" Rabu(23/3\.

-Kodadianto merinci,

anggaran pendapatantahun lalu terealisasi

Page 30: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPING MEDIA

BAOIAil [Ult{A$ M}A ruABAiil{OOA

SATELITPOSTKAMIS PON24 MARET 20I6

tlrine Olql,tm pewqnMengandung Berwo

r tsNNK GelarTes Mendadakdi DPRD Purbalingga

t! Dari 29 anggota DPRDyang kami tes urine, ada seorang

yang positif Benzo.ttAKBP Suprinarto

Kepala BNNK Purbalingga

PURBALINGGA. SATEIJT-POST-Seorang anggota DP-RD Purbalingga positi-f me-ngonsuqEi zat penenang je-nis Benzodiaz epin atau Ben-zo, yakni psikotropika go-longan 4.8. Hal itu diketahuidad hasil tes udne yang di-lakukan secara mendadakBadan Narkotika NasionalKabupaten (BNNK) Purba-Iingga, Rabu (2313).

Kepala BNNK Purbaling-ga, AKBP Suprinarto me-ngatakan, tes urine menda-dak terhadap penyelenggara

negara itu merupakan lang-kah deteksi dini pmyalahgu-naan narkotika.

"Dari 29 anggota DPRDyang kami tes urine, ada seo-rang yarg positif Benzo," ujarAKBP Suprinarto.

Tetapi, kata dia, yang ber-sangkutan tidak diproseskarena bisa menunjukkanresep dokter dan jenis obat-nya. Suprinarto menegaskan,tes urine narkotika ini bu&andituiukan untuk menjebakatau mencari-cad kesalahanpara wakil rakyat. Tetapi

mumi sebagai upaya deteksidini ada tidaknya penya-lahgunaan narkotika di ling-kungan DPRD Purbalingga.

"Riwayat kesehatannyajelas. Sebab, yang bersang-kutan ini juga sudah dipa-sangi ring unhrk melebarkanpembuluh darah koroneryang menyempit di bagianjantungnya," ujamya.

Ketua DPRD Purbalingga,H Tongat mengatakan, ke-giatart tersebut merupakanwujud partisipasi dad ins-titusi legislatif dalam me-nyukseskan Indonesia Be-bas Narkoba. Dia menya-takan DPRD Purbalinggasiap menjalani tes urine se-cara periodik.

"Ini urtuk menjawab ba-nyak kecurigaan bahwa ang-gota dewan itu pemakai. Thpihasilnya terbukti, semuaryabersilr," kata Tongat. ([email protected])

*--\ \

Page 31: Kliping media tanggal 24 maret 2016

lio19lrlE6tE916 i!

lh do)cr!€(LYzzd)

g!o)

E

'-

soE'd

o-

"oIat!

.o

do.P-co'

.3 S'd€occcc --

<E:1 (dF€!J-YIL

l]A(ilAN HLllv{AS SETDA KABITPAI EN PLIRB,{I\GGA

Page 32: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPING MEDIA

BAflAli HUlr{A$ $EmA runBAl,l{trrA

SATELITPOSTKAITIIS PON,24 MAREI2Ol6

rgetkan Sejuta WisatawanDesa Wisata

SEJUMLAH pengerora desa wisata dan kerompok sadar wisata mengikuti peratinan'#il?ff1Wisata bagi di hataman pendopo Dipakusuma, purbatingga, Ft"U, tzgiCi.

'

PURBAI.E{GGTV' SATELIT-POST-Dinas Kebudayaan pa-riwisata Pemuda adn Otal.,-raga @inbudparpora) purba-trngga menargetkan kun_tungan wisatawan ke desawisata tahur ini bisa men-

capai seiuta orang."Tahun 2015 lilu, iumlah

wisatawan yang berkuiiungxe Gesa wrsata mencapai 226rrbu orang," kata KepalaDinbudparpora Purbalingga.subeno, saat membuka pela_

tihar pemandu wisata bagipengelola desa wisata dankelompok sadar wisata (pok-darwis) di Operation IioomGrala Adigu-ia Rabu (23l3).

. Methat tren kunjungan kidesa wisata, sejrik awal Ja_

ubenoTa

nuari 2016 sampai Maret,Subeno optimistis target terse-but bisa terwujud.

"Saat ini saia, pengurjungke Desa Wisata Serang sudahlebih dari 100 ribu.orang, -

belun lagi ke PanusupanKecamatan Rembang, setiapbulannya bisa mencapai 11ribu orang'l kata Subeno.

Untuk mencapai target ter-6ebut, Pemkab melalui Din-budparpora" Bappeda, danpegiat wisata terus bersinergimemacu pengembangar desawisata. Dinbudparpora me-ne4urkan ltna orang tenagafasilitator desa wisata yangterseleksi s€rnentara Bappedamendukung penganggaranBanfuan Keuangan Khusus@KK) serta dukungan pem-bangunan infrastruktur kedesa-desa wisata. (gus)

llAGl.\}] HL I't.\S St'f D: !i.rliL!'f-l L)i Pr lRP,. \1 -l\(i{i.\

Page 33: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPING h{EDIA

BAOIA}{ Ht]lt{A$ $[MA ruRBilNifilA

Sarst-rrP$srKAfiIIS PON,24 MARET 2OI6

Patung Pak DirmanBelum ]adi-jadi

PIJRBALINC€A, SATELNPOET-Pembangunan kembali PatungJenderal Soedirman di KompleGGOR Mahesa Jenar Purbalinggahampir selesai. Menurut KetuaForum Purbalingga Bersih (FPB),Kris Hartoyo Yaiya, yang meng-inisiasi perbaikan patung tersebut,sudah hampfu 75 persen penger-jaan dan tinggal firuslung.

"Kebetulan ini pekerjanya se-dang libur semua. Mereka menger-jakan patung ini sudah lebih darisebulan," kata Kris, Rabu (2313).

Setiap hari, rata-rata empatsampai lima orang pekerja yangdilibatkan Azmir Azhari, pembuatpatung yang kembali dikontrakFPB unhrk mengerjakan perbaikanpatung yarg ambruk awal Desem-ber 2015lalu.

"Tadinya patung itu hanya diso-kong kasa untuk membentu-k bodi-nya..Tapi sekarang sudah lebihkuat, karena sudah ditambahirangka penguat dengan besi tiangtelepon," ujamya.

Mengenai kapan patung itu bisakembali dipasang, Kris tak bisamemastikan. Sebab, proses penger-jaarnya juga masih bedalan ter-gartung cuaca dan tingkat kesu-Iitan lekuk detail patung.

"Kami masih nunggu antreancrane juga. Tanpa alat itu, jelaskesulitan mengangkat dan mema-sargkarulya di lokasi semula," uiarKris. (enl)

Jenderal Soedirman yang sudah diperbaiki di tomplef<s OOAJenar Purbalingga, Rabu (2313). Dalam waktu dekat patung tersebut

akan segera terpasang di lokasi semula.

g,'"Gi-],\ HL llAS SUf l).1^ F,AJILl'.{f '}-l'; PllRP,\l-l\(i(i.\

Page 34: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPINGhTDIABAtrAil HUlt{A$ $XMA NIIBAM{IffA

SarnlriPosrf xamrs ron,44 MARET 20I6

Sarto Terseret Crrus Sungai SerayuPURBALINGGA, SATELITPOST-Sas- KoordinatorPos Basamas Cilacap Mulwah-miarto Sarto,warga Desa Bongkol,Krmang- yono kepada g elitPost, Rabu (2313). Diakon, Purbalingga terseretarus di Sungai Se- mengatdkan, atas kejadiirn itu, Basamas Cira)'u; Rabu (2313). Atas kejadian itu, Basar-_ lacap dimintai b:antuan.nas Cilacap akan membantu untut mencari Rabu (23/3) malarn, Basamas Cilacap me-Sasmiarto Sarto, hari ini. $kulan koordinasi. "Kami akan kirim satu

"Informasinya karena ditinggal keluarga iegu besok (hari ini, red) ke Kemangkon un-lalu menceburkan diri ke sungai,l' 'kala tuk operasi penfbiran " katanya. (bal)

l), \( il {ri Hl i.lrlAS li}.,fl}A !.AP,ll?\l !--\ ?LlRil.\Ll}iGGA

Page 35: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KLIPING h{EDIA

atusan Botol luliras

merek. Di Karangplak 201 botol mirasdiamankan. Serta di Karangsentul 5g

botol miras berbagai merek berhasildirazia. (SMNetworUhs2{6)

Diamankan

PURBALINGGA -Sebanyak 331 botol

minuman keras(miras) berbagai

merek diamankanSatuan Polisi

Pamong Praja(Satpol PP) saatmenggelar razia

miras, Rabu (2313).Miras tersebut disitadari sejumlah lokasi

di Bobotsari danPurbalingga.

EPALA Satpol PP

Suroto mengatakan,razia tersebutmerupakan razia

rutin yang digelar Satpol PBuntuk menekan peredaranmiras di Purbalingga.Tak hanya itu, razia yangdjlakukan tersebut juga dalammendukung program dari.Polres Purbalingga, yang inginmenekan peredaran na*oba diPurbalingga.

"lni merupakan kegiatansuppofting dari prcyamPolres, yakni 0perasi Bercinar(Berantas Sindikat Narkoba-red). Kami ingin menegakkanzero miras di Purbalingga,"katanya seusai razia.

Dia menambahkan,

karena Satpol PP tidak mungkin ixutambil bagian dari Operasi Bersinar,karena terbentuk tupoksi, llakapihaknya memilih mendukung melaluipemberantasan miras. Apalag j, selamaini miras dianggap sebagai gerbangseseorang untuk menuju narkoba,

Terkait waktu razia, yang dilakukanpada siang hari, Suroto mengatakan,hal itu merupakan netode la n raziadari Satpol PP. Razia digelar mulaipukul 12.30 hingga pukul 14,00 yangdiklaim hasilnya akan ri'taksimal.

Tim Terpisah. Dalam razia tersebut, Satpol PP

membentuk dua tim yang bergemk .

terpisah, dengan target penjual mirasberbeda, Ada tiga lokasi penjual mirasyang dimzia, yakni penjual miras disisiutara Tugu Lancip Bobotsari, penjualdi Karangplak, Bobotsari, sefta penjual

.mirds di Perempatan Karangsentul,Purballngga.

Hasllnya diTugu lancip, pelugasmengamankan 72 botol miras berbagaj

?,A{_rtA\ lllt:lrA-s s!. f DA ii...lJ'. ]l.\ f t}i trL t{tsu_l}ic,GA

Page 36: Kliping media tanggal 24 maret 2016

MENDUKUNG Operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) PolresPurbalingga, petugas Satpol PP menyita sejumlah miras saat razia disejumlah lokasi. Rabu (2313).

BAGIAN' HUMAS SETDA KAI]UPATEN PURBALINCCA

Page 37: Kliping media tanggal 24 maret 2016

tF= KIHTffiHHXA$AffN HIilIA$ $EIDA flMffMffA

},AGIAN HL]}AAS Sgf DA K.ASUPAILN 9UtrI'ALTNGGA

Page 38: Kliping media tanggal 24 maret 2016

r"Kffimflf;hffiHA

UAG|AIi Ht MAS SLIDA KAI}T IAITN IURSqLI\GGA

Page 39: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPINGMEDIA

BA0IAI{ IIIltA$ $[TDA ruMflil{fffA

Desa Wisata Ditarget 1 Juta WisatawanPURBALINGGA- Dinas Kebudayaan,Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga(Dinbudparpora) menargetkankunjungan wisatawan ke desa wisatapada 2016 ini sebanyak l jutawisatawan. Target itu seiring denganpergeseGn kunjungan wisatawanke desa dan kebijakan pemkab yangmemacu desa pengembangan wisata.

"Tahun 2015 lalu, jumlah wisatawanyang berkunjung ke desa wisatamencapai 276 ribu orang. Tahun2016 ini kami menargetkan l jutawisatawan bisa berkunjung ke desawis.ata," kata Kepala Dinbudparpo.aSubeno saat membuka pelatihanpemandu wlsata bagi pengelola desawisata dan Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis) di Operation Room GrahaAdiguna, Rabu (2313).

Dikatakan Subeno, jumlahwisatawan yang berkunjung kePurbaljngga pada 2015 sebanyak1.579.098 orang. Jumlah ini belumtermasuk wisatawan ke desa wisata,yang mencapai 276 ribu orang."Melihat tren kunjungan ke desawisata sejak aiwal Januari 2016 hingga

saat ini, kami optimis wisatawanke desa wisata pada tahun ini bisamencapai l juta orang. Artinya, pada2015, total wisatawan ke purbalinggabisa mencapai 2,5 juta oraog, danPurbalingga optim js menjadi destinasiwisata utama di Jateng," kata Subeno.

Iarget kunjungan l juta orangitu akan disuplai dafi 13 desa wisatayang sudah layak jual, Jika setiapdesa wisata dalam satu tahun bisadikunjungi 100 ribu orang, maka targetitu akan bisa tercapai. "Saat ini saja,pengunjung ke Desa Wisata Serangsudah lebih 100 ribu, betum laqi kePanusupan, Kecamatan Rembang,setiap bulannya bisa mencapai 11 rjbuorang," papar Subeno,

Untuk mencapai target tersebut,penlkab melalui Dinbudparpora,Bappeda, dan pegiat wisata terusbersinergi mema€u pengembangandesa wisata. Kebijakan pemkab melaluiDinbudparpora dengan menerjunkanlima'orang tenaga fasilitator desawisata yang terseleksi, s6mentaraBappeda mendukung penganggaranBantuan Keuangan Khusus (BKK) serta,

dukungan pembangunan infrastrukturke desa-desa wisata.

Subeno mengapresiasi pelatihanpemandu wisata sebagai bagian untukmempe*uat desa wisata dalam melayaniwisatawan, Seordng pemandu harus

'memiliki pengetahuan yang luas tentangpariwisata, Pengetahuan kepariwisataanitu didukung dengan skl dan attitudeyang mumpuni. Keterampilan lain yangpedu didukung, yakni penguasaanteknologi inforiirasi GD.

"Saat ini informasi melalui internetsudah menyentuh seluruh pelosokdunia. Tidak harus oranq kota besaryang menguasai pasar wisata, daridesa pun bisa menguasa; dunia,,,kataSubeno.

Seorang pemandu harus memilikisoft skill dan hard ikill, Kemampuanso,t skr, ditunjukkan seorang pemandudalam mengatasi permasalahan,Kemampuan ini didasari jugadari pengalaman lapangan dalammelakukan pemanduan. semeritaradalam hard skill, seorang pemanduharus memiliki aftltude dan konsep diriyang baik. (pr-06)

gAGtAli HI-!'.AS SL-ftlA KA}]t PAftN PUt{}]Al -lNGCiA

Page 40: Kliping media tanggal 24 maret 2016

KTIPING MEDIA

BAOIAI{ HUI{AS MDA ruR}AIT{I#A

HARIANBAT{YIJMAS

-J3{-g-r--t-

KAMIS, 24 MARET 2016

Alun-alun Direnouasi,EKL Direlokasi

.',s

PURBALINGGA- Pemkab berencana merenovasi danmempercantik alun-alun. Pasalnya, kawasan tersebut saatini nampak kumuh dan kurang terawat, Rencananya, alun-alun akan ditambahi sejumlah fasilitas pe'runjang, agarterlihat lebih indah. "Kami akan tambah sarana sepertilampu dan juga hiasan air mancun Diharapkan alun-alunbisa lebih indah," kata Bupati Tasdi, llinggu (2013).

Sebagai langkah awal untuk mempercantik kavvasan

alun-alun, pihaknya sudah melakukan penataan. Di

antaranya jumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualandi sana dibatasi. PKL yang biasanya berada di sebelahutara alun-alun digeser ke sebelah selatan di Jalan Piere

Tendean. "Kawasan alun-alun sebelah utara, termasuk yang

berhadapan denqan Pendapa Dipokusumo Pemkab tidakboleh untuk berjualan," ungkapnya.

Begitu pula pedagang yang berada di kawasan sebelah

timur alun-alun yang berhadapan dengan Jalan Jenderalsoedirman juga dikurangi. 14ereka hanya boleh menggelardagangan di sebelah sisi kanan alun-alun saja. Denqandemikian, alun-alun tidak tertutup oleh keberadaan PKL.

"Kamijuga sudah memasang lampu hias di pohon yang

ada di sekeliling alun-alun. Sehingga jika malam kawasan

alun-alun menjadi lebih terang," tandasnya.Terkait reiokasi PKL, Tasdi mengatakan, pihaknya sedang

melakukan kajian. Diungkapkan, pihaknya tetap mencarisolusi bagaimana agar PKL tetap bisa berjualan dan ramaipembeli. Namun kawasan alun-alun juga bisa tetap indah

dan tidak kumuh. Pihaknya akan mencoba melakukan studibanding ke Surabaya. "Alun-alun di sana bagus. Kami akancoba terapkan di Purbalingga," katanya. Mengenai relokasiPKL, ada sejumlah alternatif yang ditawarkan, di antardnyaditempatkan di kawasan sekitar Stadion Goentoer Darjono,Selain itu ada usulan untuk ditempatkan di kawasan MayongKya Kya yang saat ini sudah ditempati sebagian PKL, (ph06)

B.l^Gl:!\ HLr-\rtAS St !UA t,-\3LPA. ! tI Pr,lt!1.{!\ecA