kliping berita tanggal 10 maret 2015

42
BI.$IAI{ HI]H*$"$B'IDA Pi}RBAIIr{frffi$ SELASA, 10 MARET 2015 Gerinda Pecah, PerajinAkik rewas PURBALINGGA - Supri- yanto (35) warga Jalan Rubiah Sekar atau Stabelan, Kelurahan Putalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga Senin (9/3), tewas akibat keptilanya luka pmah sete- lah terkena pecahan gerinda untuk membelah batu. Perajin batu akik ini, Jumar (6/3) lalu sudah laitis dan dirawat di RSUD dr Goettreng Taroenadibrata. Prasetyo, salah seorang tetangga korban menuturkan, musibah itr dialamiAnto (pang- gilan akrab korban), Jumat (6/3) sore. Saatiq PNS golongan satu di Dinas Pekerjaan Umum (DP[D Purbalingga ini, sedang beke{a sarnbilan membuat batu akik pesanan konsumen. Ketika sedang mdmbelah batu dari Kali Klawing, men- dadak gerinda pecah menjadi beberapa bagian. Salah satu peca- han iru mengenai kepala korban hingga lukaparah Mengetahui kejadian itu, isri korban, Tirti yang saat itu hendak shalat spontan menjerit. Dia segera mendekap suaminya yang bersibah darah, dan berteriak meminta pertolongan tetang- ganya- Korban segera dilarian ke RSUD dr Goetheng Taroena- dibrata. Tetapi karena luka- Iukanya yang sangat serius, akhimya korban dirujuk ke RS SiagaMedikaBanyumas. "Korban sudah menjalani operasi, Sabtu (7/3) lalu. Tetapi karena lukanya sangat parah, akhimya korban meninggal dua hari kemudian," kata salah satu tetangga kortan, Prasetyo. Jenazah korban dimakamkan Senin (9/3) pukul 13.30dipema- kaman umum Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang di tem- pt kelahirannya trbih dari sera- tus orang ikut mengantarkan hing- ga ke pemakaman. Sebagian besar dai rnereka adalah teman korbarl termasuk para perajin batu akik yang prihatin atas nasib kortan. Hantamseng Tuti, istri korban menam- bahkan sebelum kejadian, sebe- rumrya dia sudah bilang kepada suaminya kalau suara mesin gerin- dapembelah batu tersebutberbeda dari biasanya: Tetapi hal inr tidak dihiraukan olehAnto. Dia tetap mgnlbelah batu. sampai athimya te{adi musibah tersebut. , Belakangan diketahui, peca_ han Iain dari gerinda tersebuijuga menghantam seng rumah koltin Prggu rembus hingga ke bela_ t<angrumahkorban. , Bahkan ada pula yang ter_ Dang tungga ke belakane rumah makan Flamboyan. sekitar 200 meter dari tempat kejadian. Korban meninggalkan isri dan duaanak. Sebelumnya, demam batu akik juga memakan korban. Wen_ di Suprapto (23) dan Supamo (20) warga RT 03 RW 02 Desa Toya_ reja" Kecamatan purtatingga-te_ was setelah hanyut terserei arus saat mencari bahan batu akik di Su:gai trCawing. di wilayah Desa t-amongan. Kecamamn Kaligon_ dang, Pr:rbalinega Selasa {4lZ). Keduanya ditemukan tewas sehari kemudian, sekitar 500 me_ ter dari tempat kejadian. (FIg2-63) _tL \

Upload: humas

Post on 08-Apr-2016

242 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

BI.$IAI{ HI]H*$"$B'IDA Pi}RBAIIr{frffi$

SELASA, 10 MARET 2015

Gerinda Pecah, PerajinAkik rewasPURBALINGGA - Supri-

yanto (35) warga Jalan RubiahSekar atau Stabelan, KelurahanPutalingga Wetan, KecamatanPurbalingga Senin (9/3), tewasakibat keptilanya luka pmah sete-lah terkena pecahan gerindauntuk membelah batu. Perajinbatu akik ini, Jumar (6/3) lalusudah laitis dan dirawat di RSUDdr Goettreng Taroenadibrata.

Prasetyo, salah seorangtetangga korban menuturkan,musibah itr dialamiAnto (pang-gilan akrab korban), Jumat (6/3)sore. Saatiq PNS golongan satudi Dinas Pekerjaan Umum(DP[D Purbalingga ini, sedangbeke{a sarnbilan membuat batuakik pesanan konsumen.

Ketika sedang mdmbelahbatu dari Kali Klawing, men-dadak gerinda pecah menjadibeberapa bagian. Salah satu peca-han iru mengenai kepala korbanhingga lukaparah

Mengetahui kejadian itu, isrikorban, Tirti yang saat itu hendakshalat spontan menjerit. Diasegera mendekap suaminya yangbersibah darah, dan berteriak

meminta pertolongan tetang-ganya- Korban segera dilarian keRSUD dr Goetheng Taroena-dibrata. Tetapi karena luka-Iukanya yang sangat serius,akhimya korban dirujuk ke RSSiagaMedikaBanyumas.

"Korban sudah menjalanioperasi, Sabtu (7/3) lalu. Tetapikarena lukanya sangat parah,akhimya korban meninggal duahari kemudian," kata salah satutetangga kortan, Prasetyo.

Jenazah korban dimakamkanSenin (9/3) pukul 13.30dipema-kaman umum Desa PenarubanKecamatan Kaligondang di tem-pt kelahirannya trbih dari sera-tus orang ikut mengantarkan hing-ga ke pemakaman. Sebagian besardai rnereka adalah teman korbarltermasuk para perajin batu akikyang prihatin atas nasib kortan.Hantamseng

Tuti, istri korban menam-bahkan sebelum kejadian, sebe-rumrya dia sudah bilang kepadasuaminya kalau suara mesin gerin-dapembelah batu tersebutberbedadari biasanya: Tetapi hal inr tidakdihiraukan olehAnto. Dia tetap

mgnlbelah batu. sampai athimyate{adi musibah tersebut.

, Belakangan diketahui, peca_han Iain dari gerinda tersebuijugamenghantam seng rumah koltinPrggu rembus hingga ke bela_t<angrumahkorban.

, Bahkan ada pula yang ter_Dang tungga ke belakane rumahmakan Flamboyan. sekitar 200meter dari tempat kejadian.Korban meninggalkan isri danduaanak.

Sebelumnya, demam batuakik juga memakan korban. Wen_di Suprapto (23) dan Supamo (20)warga RT 03 RW 02 Desa Toya_reja" Kecamatan purtatingga-te_was setelah hanyut terserei arussaat mencari bahan batu akik diSu:gai trCawing. di wilayah Desat-amongan. Kecamamn Kaligon_dang, Pr:rbalinega Selasa {4lZ).Keduanya ditemukan tewassehari kemudian, sekitar 500 me_ter dari tempat kejadian. (FIg2-63)

_tL\

Page 2: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

f

SM/Ryan Rachman

SaASANA PEMAKAMAN : Para pelayat mengontarj eruzah Supriyanto ( 3 5 ), yang tewas akibat terkena pisaupembelah batu ke pefmakaman Desa Penaruban,Kecemntan Kaligondang, Senin (9/3 ). (63 )

Page 3: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

EffiIffiruffi MENM,fi if; IAI{ [{{JHA$$BDA PtJR$AtIHfr $*

ffiffieffie ffiffiffiffiffiffi&-

SELASA, 1 O MARET 201 5

PURBALINGGA - Masatenggang pengurusan Surat IzinMengemudi ($IM), saat ini lebihpendek dibanding tahun-tahunsebelumnya. Sebelumnya, masa

tenggang sampai satu tahun, taPi

sekarang maksimal tiga bulan,

terhitung sejak batas waktu ber-

laku dokumen tersebut berakhir.Bintara Urusan SIM Satuan

Lalu Lintas (Satlantas) PolresRxbalingga Ajun hspekur Satu

Nyamiran, Senin (9/3), mengata-

kan aturan baru tersebut sesuai

instruksi Kepala Polda Jatengnomor TR /489 fiIzOI 5 tertang-gal 16 Februari 2015.

"Kalau melebihi tiga bulln,warga harus membuat SM barusesuai mekanisme yang berlaku.Hams mendaftar, ikut ujian teoriatauAudio \fisual htegrated Sys-

tem (AVIS), praktik mengendarai

I (di Kartor Satiantas) dm praktikmengendarai II (di jalan raya)."SemaiProsedur

Selain itu, masyarakat yangakan memperpanjang SIM bisamelakukannya mulai 14 harisebelum tanggal habis masaberlakunya- "Jadi kalau lebih dariitu ya belum boleh. Memangkadang-kadang ada orang dariluar kota yang ingin mengurusperpanj angan SIM, bersamaanketika pulang kampung. Padahal

masa .erlaku SIM miliknyamasih s.rtu bulan lagi. Nah itutidakbolell" jelasnya

PRAKTIK MENGENDARAI : Salah satu pemohonSIM mengikuti uiian prahik mengendarai di hrtlaman

Satlantas Polres'Purbalingga, Senin (9/3 ). (63 )Kepala Satlantas Polres Pur-

balingga Ajun Komisaris, Sudar-sono menegaskan pihakrya tidakakan mempersulit masyarakatyang akan membuat SIM baruatau perpar{angan. Semua dilalor-kan sesuai pnnsedw yang berlaku.

"Kalau ujian teori dan prakhklulus semua dan administrasilengkap, pemohon tinggal difotodan maksimal 20 menit SIMsudah di tangan. Tapi kalau tidaklulus ujian, ya memang harusmengulang," tegasnya.

Selain itu, tempat tungguSIM juga sudahnya-

man. D lokasi praktik I (Satlan-tas) juga sudah dibangun ruangtunggu yang luas dan nyaman.

'?Saya mempenilakan kepa-da masyarakat untuk berlatihmengendarai di tempat praktik Isetiap hari, seusai jam pelayanan.

Atau pada hari libur, terbukaunnrk umurn" katanya. (H82-63)

Page 4: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

BIfi IA$ }{I]MA$'$UTB{ P{JRBAI,IH$,fi*

$nfiHfi t*IrnurxnSELASA, 10 MARET 201 q

lahan T0HektareBakal Dibebaskaniffi$ Proyek Jaringan Irigasi Bendung SlingaPURBALINGGA - Lahan yang akan dibebaskan lapangan," katanya.

Menurut dia, harga tanah diwilayah yang jauh dari jalanraya, tentu berbeda dengan yanglahan di dekatjalan raya. Lahandi wilayah perkotaan, tentu jugaberbeda dengan lahan dipedesaan.

Dia mengatakan, panitiapengadaan lahan akan memben-tuk tim penaksir harga tanahyang independen. Tim ini akanturun untuk negosiasi denganpemiliktanah.

"Tim penaksir ini bukan darikami, melainkan pihak ketiga.Kalau dari kami, dikhawatirkantaksiran harga tidak tepat, terlalurendah atau terlalu tinggi,"tutumya.

Setiyadi menjelaskan,pihaknya masih mempunyaicukup waktu karena pemerintr*rpusat memutuskan pembangun-anjaringan irigasi Slinga harusselesai tahun 201 8.(F10-63)

untuk jaringan irigasi Bendung Slinga,

d iperki rak an 7 6 hektare. Adapu n ang garan u ntu k

keperluan tersebut, menjadi beban pemerintah

pusat, Provinsi Jawa Tengah, dan Kabupaten

Purbalingga.

"Lahan untuk jaringan iri-gasi bendung ini melewati 5kecamatan, yaitu Kahgondang,Bukateja, Purbalingga, Kali-manah, dan Bojongsari," kataKepala Bappeda, Setiyadi.

Pembagian beban anggaranitu, sudah disepakati bersama.Sebanyak 50 persen anggaranpembebasan lahan tersebut akan

ditanggung oleh pemerintahpusat melalui APBN, APBDprovinsi 25 persen, dan APBDkabupaten 25 persen.

"Untuk pembebasan lahan

membutuhkan Rp 84 miliar.Anggaran ini dibagi unnrk pusat

Rp 42 miliar, provinsi Rp 21miliar, dan kabupaten Rp 21miliar," katanya.Harga Berbeda

Walau demikian, angka itumasih berupa asumsi. Karenabisa saja pada saat pembebasanlahan dilakukan, harga tanahsudali berubah. "Asumsinya satu

hektare lahan dihargai Rp 2 juta.Tentunya harga ini bisa lebihren-dah atau lebih tinggi, diband-ingkan harga sesungguhnya di

Page 5: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

ffifui$,i},,$ffi }dffiffigA

fii:3lAH Hl}&{A$ $&T}A p{JRBAtlffifitr#

SUARA MEBDEKA

ainaA, r o nnAnir 2oi s

Titik Pantau Adipura Diminta DibenahiPURBALINGGA - Semua

titik pantau penilaian Adipuradiminta dibenahi, karena tim peni-lai akan datang sewaktu-waku.Selain itu masih ada sejurnlah titikpantau yang mendapat nilaikrangdariT5.

' Ketyika penilaian tahap per-tama atau P1, kami mendapat nilai7 4,89. Padahal nilai minimaluntuk mendapatkan Adipuraadalah75," kata Bupati SukentoRidoMarhaendrianto.

Da mengatakan hal itu, ketikamemimpin Rapat PersiapanPenilaianAdipuraTahap Dua (P2)Program Adipura KabupatenRrbalingga Tiahun 2Ol+2015 dtRuang Rapat Bupati, Seain (9/3).

"Untuk itu, semua titik pantauyangbemilai kurang dari 75 terusberbenah. Karena nilai'minimaluntuk mendapatkan adipuraadalah 75," katanya.

Sukento menarnbahkan, daripantauan intemal beberapa waktulalu, masih ditemukan beberapatitik pantau yang mendapat dibawah 75. Bupati minta agarcapaian nilai dapat dinaikkan 80.

"Saya ingin semua titik pan-tau mendapat nilai melampaui 80.Untuk itu, mari bersama-samabe{uang untuk meraih Adipurayang ke nrjuh," kata Sukento.Kebersihan

Sementara Mamang Haryan-to dari Badan Lingkungan HidupJawa Tengah, mengatakan kriteriapenilaian Adipura dari tahun ketahun meningkat . "Tahun 2N2-2005 kriteria penilaian menitik-beratkan pada kebersihan. Tbhm2006-2009 tidak hanya bersih,

tapi juga harus ada peningkatankuaiitas lingkungan seperti kete-ddhan lingkungan," terangnya-

"P ada 2010-20 1 3, kriteriapenilaian tidak hanya bersih,teduh, tapijuga sehat. Pada tahun2014 dengan penilaian terbaru,yaitu tidak hanya benih teduh dansehat, tapi juga nyaman," katanya.

Memrrut di4 nyaman tersebutberarti suatu wilayah nyamanuntuk ditinggali. Karena itu kluali-tas udara, air, sertirpengelolaansampah menjadi titik berat penila-ian. Untuk tahun 20 1 5, nilai teren-

dahnyaadalah 75.

Kepala Badan LingkunganHidup @L$ Rubalingga IchdaMasriyanto menuturkan, adasembilan titik pantau. Lokasi-lokasi itu meliputi perumahan,jalan, pasar, pertokoan, dan seko-

lah."Selain itu juga puskesmas,

mmah sakit, terminal bus, hutankofa taman kota perairan terbu-ka, tempat pengelolaan sampahakhir (TPA), bank sampah, danfasilitas pengelolaan sampah,"kata dia.(F1G63.1

Page 6: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KrupxNffi efmmffiN:f;ffi{ }IUh{A$ $NTDA PijRBAtiHfi$E

SEI-ASA, 1O MARET 2015

Pemkab Diminta Ikuti SMffi Penentuan Lokasi Baru TPA lokasi yang baru," tegasnya.

Sebelum ada pemindahanlokasi, seharusnya sejaksekarang sudah dioptimalkanpemanfaatan dan pengolahansampah oleh . masyarakat.Artinya masyarakat dan lemba-ga swadaya masyarakat (LSM),perlu berpartisipa-si aktif itutmengurai sampahitu.

"Saat kami berkunjung keKota Banj ar, Jawa Barat, pengelqlaan sampah melibatkan masyara-

kat. Sebelum sampahmasukTPA,terlebih dulu dipilah oleh LSM.Sampah yang benar-benar tidakbisa dimantaatkan, akan dibuangke TPA. Gambarannya sejak ditempat pengumpulan sampah disejumlah titi( dilakukan pengelo'

laan oleh ISM," rincinya.Seperti diberiiakan, pe-

mindahan TPABanjaran di DesaBanjaran, Kecamatan Bojong-sari ditargetkan paling lama pada

2018. Hal ini karena TPA terse-

but sudah tidak layak lagi.Pemkab harus mengubah perda

tata ruang dan wilayah lebihdulu, kemudian kembali meng-kajinya. (H82-63)

PURBALINGGA - Tahaprelokasi tempat pemrosesanakhir (TPA) sarnpah Banjaran diDesa Banjaran, KecamatanBojongsari masih beberapatahun lagi. Tetapi sejak dini,Komisi IV DPRD Purbalinggameminta agar Pemkab Purba-lingga memilih lokasi baru te$e-but sesuai Standar NasionalIndonesia(SM)

Permintaan itu disampaikananggota Komisi IV DPRD Pur-balingga, Yoni Koeswoyo, ke-marin. Dia mengatakan agarpe-nentuan lokasi baru tersebut ti-dak asal-asalan, Pemkab bersa-ma tim diminta tetap memper-hatikan SNI, termasuk memper-hitungkan kondisi geograff s

lokasi, ketinggian, dan jarakdengan aliran sungai.

"Jika ditentukan asal-asa1an,'

maka siap-siap saja timbul per-soalan. Masalah yang muncul,antara lain pencemaran danpenolakan warga. Saatini setahu

saya, baru ada satu calon lokasi,yaitu di wilayah Kecamatan

Kaligondang," katanya.Saat ini buku kajian tentang

pemindahan TPA sudah berada

di Komisi IV DPRD Purba-lingga. Dewan meminta penen-

tuan lokasi pengghnti harusdigali cermat dari semua sisi.agar tidak muncul konflik kern-bali di kemudian hari.

I'TPA untuk jangka waktulama. Jadi potensi konflik de-ngan masyarakat harus diantisi-pasi sejak dini. Karena itu soalizin HO, koordinasi denganjajaran pemerintahan dan tokohmasyarakat harus mendalam,"tambahnya.PeranLSM

Kesbriusan dalam mengurusrelokasi dan menentukan tempatpengganti TPA, diperlukan kare-na hal ini membutuhkan biayabesar. Jika hanya formalitasdipindah dan muncul kesanmain-main, maka masalah yangsama akan muncul kembali.

"Tokoh masyarakat hinggaketua RI, harus mengetahui danpaham posisi TPA sampah itu di

Page 7: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KtlPIffiffi rh{ffiffiXA

AI$IAI,{ }{IJ },f,{$ $ITilll P URBATI$fi$&

SELASA, 1 O MARET 201 5

Pend aftaran Ulang Anggota

Organda Seret

PURBALINGGA - Pendaftaran ulangterhadap anggota Organisasi AngkutanDarat (Organda) di Rubalingga seret Dariribuan kendaraan umum, baru sekitar 700orang yang sudah masukke caktanDpCOrgandaRubalingga-

Ketua DPC Organda purbalinggaMuhammad, Wachyonokemarin mengata-kan upaya mendaftar ulang kembalianggota sangat penting. Hal ini berkaitandengan penerapan Lr{J Nomor 22Tafuirt2009 tentang Lalu Lintas dan AngkutanJalan (IIAI) yang semakinketat Merekayang mendaftar, terutama berasal dariPurbalingga, termasuk angkutan kota,angkutan pedesaan, bus milao (AKDP),dan bus lintas provinsi.

"Paling banyak dari awak angkutanKoperades danbarumerekayang sudahadakepaitian mendaftar ulang kJ Organda.Lainnya belum muncul mengurus daftar

ulang itu," katanya.Menurutny4 pendaftaran ulang terse-

but untuk mengetahui jumlah pemilikangkutan umum. Mereka kemudian akandiarahkan untuk segera memiliki perusa-haan angkutan sendiri, atau masuk dalamkoperasi, sesuai dengan UU LLAJ tersebut.

"Jika tidak masuk dalam naungan peru-vhaan ataukoperasi, makaizin danperbau-an izin trayek tidak akan dilayani," kahnya-BelumlVlaksimal

Menurutrya, sebenamya UU inr sudahlama diterapkan. Tetapi lorena belum mak-simal, banyakpemilikusaha angkutan tidaktedalu memperhatikan. Tetapi sejak Maretini. penerapan UU itu semakin ketat danbanyak angkutan yang sebelumnya berpelathitam menjadi pelat kuning.

Jikamasukdalamnaungankoperasi atausudahmemilikipen:sahaanangkutansendiri,katanya pemilikangkutanumumakanmen-

dapatkan sejurnlah kemudalran. Da mem-beri cotoh. untuk pembayaran pajakkendaraan bermotor mendapat keringanan30pasen dari besarankendaraan pnbadi.

Kemudahan juga didapat ketika meng-urus izin atau perpanjangan izin trayekangkutansetiapurra*tahun.

' Saya akhirFebruari talu sudah berkirimsurat kepada anggoa untuk segeramendaftarulang. Tetapi jikapara pemilikjasa angkutanumum itu akan membuat lembaga atauperusahaan sendiri, tetap dipersilakan.Prinsipnya ada tempat 6erniung yangbedadan hukunl" papamya-

Upaya mendaftar ulang angkuianumum ini, merurut dia juga sangat efektifuntuk mengurangi angkutan umumberpelat hitam. Saar ini sudah banyak darimerekayangbergantirnenjadipelatkuning.Tinggal di beberapa wilayah di KecamatanMrebet yang belum optimal. (H82-63)

Page 8: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

gL.

EEaeddN-1 Fr<@r*

S\i\e\FLJ

^!

L

!*U

O^

A

U

o]bO^

\)

"raOO

S

AJ

4

=s\ .-:\sts\-

-

;astrtL)\Jr\ -Sr\dZN\), C>oo;lt oo

HE<N

ilJ#;IEJ.'aff:

dr!iJii,

FJ,t"

-r l/t,

Jria: rI

fl, ?r),

;.if#,{* il

Page 9: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

${ffiPglwffi MEDIAMJff MI{ fl lJ}{A$ $ETDA Pi,IREAIItr$$A

Radar Banyumas . SetasaEn t0 Maret 20t5

II"JSII")ilru

Belah Batu Akik,PNS Meninggal

PURBALINGGA - Booming batu akikkembali memakan korban. Bila sebelum-nya menimpa pencari batu akik yangtenggelam di Sungai Klawing, kali intmenimpa henimpa Supriyanto (35), war'ga lalan Rubiah Sekar atau Stabelan,Purbalingga,

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di DinasPekerjaanUmum Purbalingga ini mening-gal dunia karena terkena pecahair gerindasaat sedang membelah batu dari KaliICawing. Kejadian berawal saat Supriyantoyang akrab disapa Anto tengah asyikmembelah batu Iflawing, Iumat (0/S)seldtar pukul 15.00.

Selain menjadi PNS, sambil mengisiwaktu luangnya sepulang bekerja, Anto jugamenerima pesanan akik. Dan belakanganini, pesananyang datangke bapakdua anakini makin banvak. > ke hal 15

DIMAKAMKAN : Anto yang meninggal karenaterkena pecahan gerinda dimakamkan,

<:z

Page 10: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

alani Operasi

I BCIAN BAIU sebut, Tuti (30), istri korbanyang saat itu akan salatlangsung menjerit. Ia punsegera mendekap suaminyayang bersimbah darah danberteriak minta tolong.Mendengar teriakan, paratetangga langsung berda-tangan dan langsung mem-bawa korban ke RSUD DrGoetheng Taroenadibrata.Namun karena luka-lu-

kanya sangat serius, akhir-nya korban dirujuk ke RSSiaga Medika, Banyumas."Hari Sabtu (7/3) korbansempat menjalani operasi.Namun karena lukanya sa-ngat parah, korban me-ninggal pada Senin (9/3)

Sambungan dari hal 1

Seperti hari-hari biasa,PNS golongan satu ini me-nyiapkan gerinda biasa di.gunakan' untuk membelahbatu. Namun sore itu, saatsedang digunakan mem-belah batu mendadak ge-rinda atau mesin pemu-tarnya pecah. Salah satupecahan mengenai mukakorban, hingga bagian de-pan sampai belakang teng-korak sebelah kanan korbanteriuka cukup parah. Korbanpun langsung pingsan.

Mengetahui kejadian ter-

pagi," kata Tuti.Istri korban menuturkan,

sebelum kejadian se6enar-nya dia sudah mengatakanpada suaminya bahwa suaramesin gerinda berbeda daribiasanya. Namun hal itutidak dihiraukan Anto, dantetap saja membelah batupesanannya. "Saya sudahbilang, kok mesin gerin-danya suaranya beda. Tapibapak masa bodoh dan tetapkerja seperti biasa," tuturnyadengan nada sedih.

Ditambahkan Tuti, selainmengenai muka suaminya,pecahan gerinda ternyataada lomcat sampai sengrumah korban, bahkan ada

yang dit-emukan di belakangrumah korban. "Pecahan-nya sampai ke beiakangrumah makan Flamboyan,di depan Kejaksaan NegeriPurbalingga yang sedangdibangun,"cerita Tuti.

Senin (9/3) sekitar pukul13.30, jenazah Anto dima-kamkan di Pemakaman U-mum Desa Penaruban Ke-camatan Kaligondang, tem-pat kelahirannya. Ratusanorang yang sebagian besarternan korban, termasukpa-ra perajin batu akik terlihatdi pemakaman. Istri korbanTuti dan orang tua korban,Iiono (s0) tak kuasa me-mendam duka. (jok/sus)

Page 11: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

fi $s1&l{ Hn}HA$ $$f il f, Pt]ft$&tlttfi $

Radar Banlrumas ' SelasarPon 10 Maret 2015

ppge:'+ffi'" str#ti

ADITYA/RAOARIAS

Page 12: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

Terkendala Modal Dagang

r lfios giatan berdagang. "Kitaakan berusaha maksimali'tegasnya.

Dia berharap, jika seluruhkios yang mangkrak sudahkembali dibuka kembali, halitu bisa ikut mengatrol pen-dapatan asli daerah (PAD)daii Pasar Segamas, yangdisetorkan kepada Pemerin-tah Kabupaten (Pemkab)Purbalingga. Sebab, Sunartomenargetkan tahun ini PADyang disetorkan Pasar Se-gamas kepada Pemkab Pur-baiingga naik dibandingkan'tahun sebelumnya.

Thhun lalu, target'PAD dariretribusi pelayanan pasar RP

1,3 miliat akan tetapi tahunini, meningkat menjadi RP 1,5

miliar. Target retribusi parkirtahun lalu dibebankan RP 700juta, sedangkan tahun ini me-ningkat menjadi Rp 1 miliar.Sedangkan tahun lalu, retri-busi MCK targetnya hanya RP

90 juta, tahun ini menjadi RP

140 juta.Pengelola pasar mampu

mernenuhi target PAD Yangdibebankan. (tya/bdg)

Sambungan dari halaman 7

Dia menjelaskan, dar.i ha-sil pendekatan kepada pe-milik kios, saat ini masihtersisa sekira lima kios, yangmasih belum dibuka kem-bali, untuk kegiatan berda-gang. "Kami harus sabardalam melakukan pendeka-tan. Karena banyak fakloryang menyebabkan kiostidak digunakani' ujarnya.

Dia menambahkan, selainmasalah tersebut, pengelolaiuga menemukan beberaparnasalah lainnya. Diantara-nya, pemilik kios sudahmengontrakkan kiosnyakepada pihak iain. "Ter-rnasuk masalair modal. Ka-rena kami akui, untuk me-mbuka kembali kiosnya me-mbutuhkan dana yang tidaksedikiti' imbuhnya.Meski ada beberapa ken=

dala tersebut, Sunarto opti-mis tahun ini, seluruh kiosvang mangkrak sudah k€m-bali lagi buka, untuk ke-

Tertibkan Baliho di TrotoarUNTUK Saipol PP Purbalingga, tolong tertibkan baliho tigaatm bank yang merampas hak pejalan kaki karcna berada ditrotoa r, depa n Alfa ma rt Redj o M u lyo rrt"n?3r.r????[?il?O

Page 13: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KTIffiffiffi MffiNIE

B{TIAfi I{I]$*$$ffi}E PURBAII$frtrfr

Radar Banyumas o setasa Pon 10 Maret 2015

Masa Tenggang SIM

DiperpendekLampaui3 Bulan, I:'-:lj'l:lra Urusan-sli'l praktik mensendarai I (dT-

Satuan Lalu Lintas (Sat_ Kanror Satlantas) dan prik_BUatSIMBaT tantas) poires pu,:halingg, ;tk;""g.ndarai rr (di jatan

puRBALTNGGA-pem,ik $xl:##ilT?-::#?iil'ffi)J;iT:?1f,1,,*, *u,-S-u-1at

Izin Mengemudi (s- tersebu"t sesuai dengan ins- y"-.;k;;y;"g akan memper- ,

iM) kini diruntut untuk truksi Kepara poldi Jaten* 0"";"*i stu uiru meraku_:"put T:_Tp-.o_ses

perpan- nomor TR/4Bg/rr/2015 terl iurrryu"rrutui 14 hari sebe-jangan SIM, bila masa ber- tanggal 16 Februari 2015. lumtanggathabismasaber-laku SiM tersebut habis. "Kalaumelebihirigabulan, f"t""v.]jadi bila saathabisPasalnya, jika melampaui 3 makamasyarakatharusme- masa berlaku sebelum 14bulan setelah masa berlaku mbuat snta ta* sesuai me- belum rrr" a, p".p""j""g.

=

habis, ma-syarakat harus kanisme yang berlaku. Ha, 'Ada orang yang biasanyamembuatSIMtlaru., rus mendaftar, ikut ulian auturrgd*itrarkota,mum_..Kasati.arliag

polres purba- teori atau evrd (A;il;i- ;;#fi"ssekarianmem-lingga AKP sudarsono me- suar Integrated System), ;;;p'J"j;g sIM meskipun

masa beilakunya habis ma-sih satu bulan lagi. Nah itutidak bolehi' jelasnya.

Kepala Satlantas Polres Pur-balingga AKP Sudarsono me-negaskan, dalam pembuatanSIM baru atau pun perpanja-ngan, polisi tidak akan mem-persulit masyarakat. Semua-nya dilakukan sesuai denganm ekanism e yang berlaku.

"Kalau ujian teori dan praktikIulus semua dan administrasilengkap, masyarakat tinggaldifoto dan maksimal 20 rnenitSIM sudah di tangan. Tapi

kalau memangtiaat tr-rlus ullanya memang harus mengu-lang'tegasnya.

Selain itu, tempat tunggupembuatan SIM juga sudahnyaman. Di lokasi praktik I(Satlantas) juga sudah diba-ngun ruang tunggu yang luasdan nyaman.

"Saya mempersilakan ke-pada masyarakat u ntuk ber-latih mengendarai di tempatpraktik I setiap hari seusaijam pelayanan.Atau padahari libur, terbuka untukumumi' katanya. (jok/bdg)

Page 14: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

sl (E

-'ofo<trioFG

(!Eool(!

=o

a(EC'o;6=olxtt-c(s

-o

d.scooSECcC-t(!=O.a.EE6()c

=.:O6

6jqo

-o6tro-6hoA.vEor(ar>,!eE

=tr)*ctr(!(E att

(,

=6Xa'=6

9otrcoPtrG(!so=oj;(Etr9'6ErIo

=6tL

EEO(EOL0? 3;

=0ro3YGuJ .cFgx><cu=-o-t-==-e

&:'

t

Page 15: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KtIPINffi MffiffiflA$J,$IAI{ l{{,Iffi$ $$T}A PtIRBAIi$il#$

Radar Banyirmas-o serasa pon ro Maret 2015

Pernkab GandengTirnPencari lokasi

TahapanRencana Relokasi

kukan terbuka untuk ulnnmdan transparan. TahaPan-tahapan itu harus ditemPuhuntuk meminimalisasi adanYapersoalan di kemudianhari dilokasilangbaru.

Terpisah, anggota KomisitV DPRD Purbalingga, YoniKoeswoyo, mdminta agarpenentuan lokasi baru TPA

- tidak asal- asalan. Pemkabbersama tim yang ada di-minta tetap memperhatikanStandar Nasional Indonesia(SNI). Diantaranya, kondisigeo grafis Iokasi, ketinggian,jarak dengan aliran sungaidan lainnya.

"Jika ditentukan asal- asalan,

maka siap- siap saja timbulpersoalan. Misainya pen-cemhran, penolakan wargadan lainnya. Saat ini setahusaya, baru ada satu calon lokasi,yaitu di wilayah KecamatanKaligondangi' paparnya.

Saat ini buku kajian ten-tang pemindahan TPA su-dah di Komisi IV DPRDPurbalingga. Dewan me-minta penentuan lokasipengganti harus digali cer-mat dari semua sisi, agartidak muncul konflik kem-bali di kemudian hari.

"TPA kan untuk jangkawaktu lama, jadi potensi mun-culnya konflik dengan mas-yarakat harus diantisiPasisejakdini. Karenanya soal HO,koordinasi dengan jajaransampai ke tokoh masyarakatharus mendalami' tambah-nya. (amr/bdg)

TPA BanjaranPURBALINGGA- Taha-

pan panjang masih harusditempuh pemkab Purba-lingga sebelum memindah(relokasi) Tempat Pem-buangan Akhir (TPA) sam-pah Banjaran, KecamatanBojongsari. Pemkab melaluitim di Badan LingkunganHidup (BLH) menggandengakademisi untuk mencaridan merekomendasikan lo-kasi TPAyang baru.

Kepala BLH Purbalingga,Ichda Masriyanto MKesmenjelaskan, tim dari Sema-rang akan bekerja mencaridan memberikan rekomen-dasi kepada bupati soal lo-kasi yang sesuai untuk TPA.Termasuk dampakyang bisatimbul jika lokasi baru itudisetujui.

"Tim pencari sebatas me-mberikan masukan berupadala- data dan kemungkinanmelalui citra satelit sebelumlokasi baru ditentukan. Usaimendapatkan rekomendasidan masukan dari tim, bu-pati akan membahasnyadan memberikan keputusania dantida'kcaion lokasi baruitui' paparnya, Senin (9/3).

Setelah calon iokasi menda-patkan persetujuan buPati,maka akan dilelang untuk studikelayakan Iokasi. Lelang dila-

Page 16: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

K},Ipgffiffi MET}Mffi l$lAH I{{JHA$$$TD,{ PtIRBAI;lHfi$e

MARET 201 5Radar BanlnrmaS o sELASAPoN 10 l

Ajarkan Warga Makan

MASYARAKAT di eralmo'd eren saat ini banyak rrienYu-kai makanan maupun min[-man cepat saji. Namun tidaksernLra makanan instan ituterjamin keamanan dan keie-hatannva. r ke hal. l0

Sosialisasi Langsung Praktik

r Aiarlmngerakan PIC( desa setemPat.

"Perlahan namun Pasti,kita kenalkan warga terutamaibu-ibu untukbisa membuatsendiri makanan Yang sehatitu. Mulai dari Yang ringanmisalnya saus tomat dansambal serta makanan lain-nya," jelas wanita murahsenyum Inl.vLtalui acara PKK di desa

sampai ke dasa wisma,semua Pengetahuan ten-tang makanan sehat, tanPapengawet dan aman untukiuUun dikenalkan. (amr/bdg)

Sambungan dari halaman 7

Karenanya, diPeriukan Pe-mahaman dan sosialisasikepada warga unnrk terbiasarriakan makanan dan minu-man yang sehat dan amanbagitubuh.

Pemahaman dan ajakan ituvang selalu digencarkan oleh 'bahvani Dwi Hargani. lstrifepiia Desa Jetis kecamatanKemangkon, Agus Nugrohoini memberikan sosialisasimakanan sehat melalui tim

Taman Buat Tempat MesumPAK Bupati, mohon diperhatikan. Taman sebelahselatan Pasar Segamas belum resmijadi malah udahsering buat mesum'

NN 085747916046

Anda memiliki unek-unek tentang ber-bagai hal demi perbaikan dan kemajuanPurbalingga yang penting tidak menying-gung sara dan fitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

Page 17: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

ffitlp{ft.ffi MffiffiiAM$I]t}{ }{[JMA$$BT}A PIIRBAIII{$$fl

Radar BanyUmas o Selasa Pon 10 Maret 2015

, _ Dualisme purt + KpU

Tetap Mengacu I(etentuanPURBALINGGA

.

J roui r"ir"pr;""ilr;5:Tisi Pemilihan Um u m

ffmur*t*rffiT*Hr*n;,,t,"tx j;::r*"?.tn]#ifj"ii:?1+f ffi,TIIffi

;ffi,:#';"t.m:*xr:*n*i{:rllEI,:%'"1:;;ll;1ffi#t*j,.1fitllr.'#:[:#aka'n ada Peraturan rpt'i'it ':'-':'o

reKnls tentumekanisme

"";;fii;" i.:^Il {onC mengarur soal.ff#;,fi

t;yrs"*ti{ilu;ffiff ,."xTtmenjadi .rj,lil;',";l1.ul" Iuns selama ini., * n,, u,,1 ;;;;;; *iil,i": 3:iff i};ffJS"XnemenkumHAM.

r ke har. 1o

r llualisme yang tengah mengalamipermasalahan dualisme ke-pengurusan. "Jadi yang ter-daftar yang mana dengankepengurusannya yang ma-na, itu yang akan menjadipegangan KPU dalam be-kerjai'katanya.

Anggota KPU PurbalinggaDivisi Hukum dan Kam-panye Sukhedi SAg, ditemuidi tempat yang sama berha-rap, sisa waktu yang adadualisme kepemimpinan didua parpol tersebut, sudahselesai. "Pendaftaran bakalcaion kemuggkinan akandigelar Agustus mendatang.jadi saya rasalvaktu yang adacukup untuk menyelesaikanmasalah di tingkat pusathingga daerahi' imbuhnya.

Sama halnya, seperti yangdiungkapkan oleh Sri Wah-

yuni, Sukhedi juga mene-gaskan dalam bekerja KPUakan berpegangan terhadapPeraturan KPU dan jugakeputusan KemenkumHAM."Ini dilakukan agar syarat Ie-gal formalnya terpenuhi danuntuk menghindari masalahyang bisa timbul di lapa-ngani'tegasnya.

Seperti diketahui, saat iniPartai Golkar dan PPP te-ngah mengalami dualismekepengurusan di pusat. Halitu, kemungkinan besarakan berimbas ke Kabu-paten Purbalingga, yangsebentar lagi akan meng-gelar Pilkada. Sebab, dike-tahui pengurus dua parpoltersebut di Purbalingga,diketahui berpihak padasalah satu kepengurusanhasil dualisme. (tyalbdg)

Pendaftaran Dimulai Agustus

Sambungan dari halaman 7

"Verifikasi partai pengusungpasangan calon akan dida-sarkan pada ketentuan yangLrerlakui'tegasny,a.

Terkait konflik internal duaparpol, KPU menurutnyatidak akan campur tangan."Itu masalah internal me-reka. yang jelas jika secaraiegal formal sudah meme-nuhi syarat. Maka, akankami sahkan ikut Piikada,terlepas calon itu dari kubumana," lanjutnya.

Dia menambahkan, untukmemenuhi prinsip keadi-lan, klarifikasi kepengurusanparpol tersebut berlaku un-tuk semua partai pesertapemilu, tidak hanya parpol

Page 18: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KtIP{i\{ffi KIEffI&fiIOiA}{ I{{JH,I$ $ET}A PtJRB,tIiII#fifl

Radar Banyumas o Selasa Pon 10 Maret 2015

Peny{mpangan Raskin Tak TerbulaiHasilMonitoring matan Bobotsari, iangsung

ditindak ianjuti. Iiiri rlrriPemerjnt ah an Ka l-.r trpa tctr( Pem t<ab) Pur-bal i ngga Iang-sung melakukan klarifikasike Desa Dagan, Kamis (5/3) lalu.

Kepala Bagian perelcono-mian Setda purbali,rggaBudi Susetyono menga-takan, dari hasil kunjungan

yang dilakukan oleh timrnonitoring, rirlal< ditr:-nrukan ;r.dan.va penyele-wengan dalam penyaluranraski n di Desa Dagan. .,-

Raskin teiah disalurkan se-suai dengan ketentuan dantertib administrasi," ujar-nya rnelui siaran persnya,kemarin (9/3)

n ke hal. 10

PemkabkeDaganPURBALINGGA - Surat

ltarga kepada Bupati purba-Iingga Drs H Sukerrto RidoMarhaendrianto, terkaitdugaan penyelewengan pe-nyaluran heras miskin (ras-kin) di Desa Dagan, Keca-

Dinilai Tertib Administrasir Penyimmngan meningkat status ekonomi-

nya. "Dari hasil uji petikmonitoring Provinsi kepadaRTSPM terbukti telah mene-rima 15 kilogram raskin,dengan harga Rp 1.600 perkiiogrami' lanjutnya.

Dia juga menyebutkan, Ka-des Dagan berkomitmenuntuk mensukseskan pro-gram raskin. Dagan siapdijadikan desa percontohanmewakili Kecamatari Bobot-sari. "Hasil klarifikasi timmonintoring juga telah kamilaporkan secara tertuIis kepa-da Bupati," katanya.

Seperti diberitakan sebe-lumnya, perwakilan DesaDagan menytuati bupati ter-kait adanya penyelewenganPNPM dan juga penyaluranraskin di desa tersebut. Dalamsurat, mereka meminta pem-kab Pwbalingga untuk tumnke lapangan mengecek duga-an tersebut. (tyalbdg)

Sambungan dari halaman 7

Bahkan menurutnya, DesaDagan siap menjadi salah satudesa percontohan programpenerimaan raskin tahun ini.Penyaluran raskin di DesaDagan memrrutny4 dari hasilmonitoring teiah memenuhitertib administrasi, tertibsasaran dan tertib timbangan.

Dia menjeiaskan, dari hasilmonitoring terdapat 312rumah tangga sasaran pene-rima manfaat (RTSPM) diDesa Dagang, dimana ma-sing-masing RTSPM mene-rima t5 kilogram raskin.Selain itu, data penerimaraskin iuga telah melaluiproses musyawarah desa(Musdes). Dari hasil musdesjuga dilakukan penggantianRTSPM, karena alaSan me-ninggal dunia atau sudah

Page 19: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

ffiLIPNruffi MBMIA

Radar Banyumas o Selasa Pon 10 Maret 2015

f)anramil BobotsariBakar Patriotisme Siswa

BOBOTSARI-Ratusan pelajar SMK Soedirman

Btbotsari diaiak mempertebal jiwa patriotisme

aur, .ruriorufit*"- Hil tersebut disampaikan

Danramil0B Bobotsari Kapten CAI Purwanto saat

meniad.i Irup di SMK Soedirman, Senin (9/3)'--p-**u"to'menjelaskan,

bangsa yang besar

adalah bangsa yang menghargai jasa-jafl nara

eunf u*u""1iu. "iu.rgu.t lup a, i asa p ara pahlawan

vane telah membuat bangsa kita merdeka'

3"hi"ggu saat ini kita bisa bersekolah tanpa

tekanan dari bangsa asingi' katanya'

|iwa patriotisme dan nasionalisme siswa harus

Uitu aip"p"t. Sehingga, para siswa bisa menjadi

sarda depan untuk menjaga serta menglsi

f,emerdekian Bangsa Indonesia' r ke hal' 10

HIKMAT : UPacara di SMK Soedirmantrit<mat. Danramil Bobotsari menjadiupacara ini.

Diminta Iauhi Kenakalan Remajahingga, siswa bisa memilikibenteng yang kokoh untukmenghindari damPak ne-gatif dari era globalisasi.

Para siswa juga diharaPkanbisa mendalami wawasankebangsaan secara dalamdan meluas. "Mari kita be-lajar bersama dan mem-bangun indonesia secarabersama-sama. Jadilah ge-nerasi penerus bangsa Yangberguna bagi negarai' Pung-kasnya.(Adv/iok/bdg)

PUTUTiRADARYAS

berlangsunglrup dalam

aturan yang ada di sekolah.Sebagai generasi Penerus

bangsa, para siswa harusmampu menunjukkan Pe-ngabdian yang terbaik ke-pada Bangsa dan Negara."Jauhi kenakalan remaja,salurkan bakat melalui halyang positif dan bergunabagi masyarakatJ' i mbuhnYa'

Dengan beiajar Yang te-kun, para siswa bisa meng-hadapi era globalisasi Yangsudah di depan mata. Se-

iai:':iii:r1ii . .

r llanramilSambungan dari halaman 7

"Iadilah warga negara Yangbisa mengangkat harkat danmartabat Bangsa Indonesiai'tambatrnya.

Danramil Bobotsari men-jelaskan, siswa bisa mengisikemerdekaan bangsa de-ngan belajar yang rajin danpatuh terhadap orang tuadan guru. Serta mengikuti

Page 20: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

i{ilIpaffiffi KIffiffiIA

fiIffIAH I{{}MA$ $$T}A PI}RBA[IH$$*

Radaf BafrWmaS o Selasa Pon 10 tr/are t 2015

Pengembalian Formulir

Bacabup SeptAntusiasmeBelajar MeniupSemling

MESKI banyakorangyangmenganggap musik tra-disional itu ribet, Nur Mau-lidiyah nggak mau nyerahbelajar bermain alat musiktradisional. Siswa asal MAN

r.-

mengalami salah nada wa-ku latihan.

"Pas latihan, aku masihsering salah main nada. Jadi,kedengaran fals gitu. Un-tungnya beium tampil dipanggung/' ujar siswa kelasXI tersebut.

Sambut Tamu Sekolah de-ngan Angklung

ResponDet yang satu inimalah nggak sekedar me-mainkan alat musik untukiseng, guys. Dia menggu-nakan kemampuan berma-in alat musik tradisionalnYauntuk menyambut tamu disekoiah. Yap, Yoseph Hen-dra asaL SMA Santo Yusuf

Surabaya memang belajarangklung sejak duduk dibangku SD.

Dengan berbekal ilmu darisang guru seni musiknYa,Yoseph jadi sering bangetmenyambut tamu-tamuyang datang ke sekolahnYa.Mulai orang tua murid sa-mpai orang dinas pend-idikan pun sering dia sam-but bersama teman-teman-

kita main angklungnYa ba-gus," kata siswa kelas XIItersebut.

Namun, sekarang YosePhmasih belum menerimap elaj aran yang mengaj arkanbermain angklung lagi.Meski begitu, dia masihsering latihan loh di rumahmeski hanya sekedar berm-ain lagu-lagu Yangdiingatnya waktu SD dulu-

dan akan kita evaluasi. Sela-in itu kami masih menung-gu arahan DPD dan DPP,"tegasnya.

Seperti diberitakan, Iimapartai masing-masing Par-tai Golkar, Partai AmanatNasional (PAN), Partai Kea-dilan Sejahtera (PKS), Par-tai Demokrat dan PartaiBulan Bintang (PBB) saatini telah menjalin komuni-kasi serius. Mereka mengi-syaratkan berkoalisi me-ngusung calon bupati (ca-bup) dan calon wakil bupati(cawabup). Kondisi initerlihat dari komunikasimasing- masing pimpinanmaupun pengurus parpol diPurbalingga. (amr/bdg)

Penjaringan Dimulai dari Nolr Pengcm[alian

Sambungan dari halaman 7

Imam menambahkan, pi-haknya masih menunggujadwal tetap dari KPU Pur-balingga soal pendaftarancalon secara resmi. Selainitu regulasiyang sudah dite-tapkan di pusat tentangpemilukada juga masih me-njadi dasar penentuan pen-jaringan dan batas akhir disetiap sekretariat."Kami berencana mem-

perpanjang waktu penjari-ngan bakal calon. Bahkankita mulai lagi dari nol. Sayaanggap proses pendaftaransaat ini masih belum jelas,

Page 21: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KI,IPTNffi }dffiffirATI.$IAtr II[}MA$ $ET$A PIJRBAIIffi${}$

Radar

PURBALINGGA- Pembe-basan lahan yang terdampakpengembangan daerah irigasiSlinga, Kaligondang masihbelum terealisasi. Pembeba-san lahan itu tetap dimulaitahun 2015, namun menung-gu pembentukan tim darilintas instansi. Jika tim sudahdibentuk, maka akan dirunjuktim penaksir harga tanahyangdibebaskan.

Kepala Dinas pekerjaanUmum (DPU) Purbalingga, IrSigit Subroto MT menje-laskan, berdasarkan nota ke-sepahaman (MoU), anggaranuntuk pembebasan lahan

BanyfmaS o Selasa Pon 10 Maret 2015

akan ditanggung pusat Rp 42miliaq provinsi Rp 21 miliardan kabupaten Rp 21 miliar.

"Bentuknya dana hibahdan kami masih berkoordi-nasi,dengan provinsi danpusat. Meski sudah ada MoUpembagian dana itu, namunpengelolaan darr helanjadana itu belurn j elas, apakahdipegang oleh kabupaten,provinsi dan pusat," jelas-nya, Senin (9/3J.Iika alur pengeloiaan dana

sudah jelas, maka akan diben-tuk tim penaksir dari pihakketiga yang independen. Timakan menaksir harga dan

alokasi anggaran yang adabisa terserap maksimal dalamtahun anggaran 2015 ini.

Sepe4i diketahui, penge-mbangan Bendung Slingaitu membutuhkan pembe-basan lahan sekitar 76 hek-tar. Instansi yang akan dili-batkan dalam tim rlianta-ranya Badan Pertanahan,DPU, Bappeda, bagian TataPetnerintahan dan iainnya.

Meski anggaran pembeba-san lahan masih dikoordina-sikan, namun melalui ban-tuan APBN, tahun ini akandilakukan pekerjaan fisik In-takeBarat. r ke hal. 10

S1ebasan LahanPemb mga

Tfnr

Butuh Waktu'Lamar Pemnc[asan .ixH*txl,l?i;J,l;*u"

_:li:,*1,:1111". , irigasi si"si ta.,un"sri,rga yl.,gmelewati Kecamatan Bo-

Yaitu melalui lelang de-ngan pagu kurang Iebih Rp2 miliar. Tujuan pemba-ngunan tli intake Baratyaitu agar air yang masuk kesaluran nantinya tidak rne-mbawalurnpur.

Kepala Bappeda Purba-lingga, Ir Setiyadi MSi men-j elaskan, pen gernbangandaerah irigasi atau BendungSlinga ditarget selesai sam-pai tahun 2018 mendatang.Sedangkan tahun ini masihdiawali dengan pembebasanlahan.

Setiyadi merinci,. untukpengembangan irigasi darisisi Slinga kiri melewati tigakecamatan, yaitu Kecama-tan Kaligondang Kejobongdan Bukateja. Kebutuhantanah sepanjang 15.583,10meteg dan.luas tanah yang

jongsari, Purbalingga danKalimanah membutuhkantanah sepanjang 14.082,60meter dengan iuas tanahyang dibutuhkan 35,86 hek-tar.

"Karni berharap, dalambeberapa bulan kedepan,sudah bisa dilakukan ta-hapan pembebasan lahanitu. Karena sangat banyak,maka membutuhkan waktuyang tak sedikiti' paparnya,kemarin (9/3).

Kedepan, jika pengem-bangan bendung rampung,jaringan irigasi tersebutmampu mengaliri lahanpertanian seluas 6.969 hek-tar di sejumlah kecamatan.Diantaranya KecamatanKaligondang, Bukateja, Ke-mangkon dan KecamatanKalimanah. (amr/bdg)

Page 22: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

D.IKEMBANGKAN': Saruran trigasi Bendurs 3iilU:^"ijtlidikembqn gkan untuk mempertrias "riiir rii'irig;;i.- " - "-'

Page 23: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

Radar Ban5nrmas o Selasa Pon 10 Maret 2015

Pertokoan dan TPADapat D{ilai Merah

IelangP2AdipuraPURBALINGGA - jelang

penilaian tahap kedua (p2)Adipura, Kabupaten Purba-lingga masih memiliki peker-jaan rumah. Beberapa titikpantauan, khususn_va pefi o -koan dan tempat pembua-ngan akhir (TPA) sampah

diketahui masih memilikiniiai merah karena di bawahsyarat minirnal meraih Adi-pura, yakui 75. Hal itu, dike-tahui dari hasii penilaiautahap pertanra (Pl ) Adipurabeberapa waktu ialu.

Bupati Pulbaiingga Drs HSukento Rido Marhaendri-anto MM mengungkapkan

hal itu, saat memimpin RapatPersiapan Penilaian Ad ipuraTahap Dua (P2) ProgramArlipura I(a[:upaten I]urba-lingga lal.run 2014-2015 diRuang Itapat tsupati, Senin(9i3). "Dari pantauan de-ngan jajaran SKPD (satuankerja perangkat daerah), be-berapa waktu lalu. Masih

udara, ai4 serta pengelolaansampahnya, menjadi titikberat penilaian. Dan untuktahun 2015, passing grade-nya adalah 75i' jelasnya.Kepala BLH Kabupaten

Purbalingga Ichda Masri-yanto menjelaskan, pada PInilai fisik Adipura denganbeberapa lokasi titik pantaumendapatkan nilai rata-rata74, 89. "Lokasi titik pantauada sembilan titik pantau,meliputi perumahan, jalan,pasar, pertokoan dan se-kolah. Selain itu juga pus-kesmas dan rumah sakit, ter-minal bus, hutan kota dantaman kota. Selanjutnyaperairan terbuka, tempatpengelolaan sampah akhiq,bank sampah dan fasilitaspengelolaan .sampah," je-lasnya. (tyalnag)

ditemukan kreberapa titikpantau yang passing grade_nya masih dibawah 75 kebalvah. Sily;l t';ii,1.1, ;,r:,:i.it-

t apaiatt passi111, ljrarll rrr-adapar dinaiktrr 80,;' lclasnr;a.

Bupati menambahkan, un-tukmempertahankan aclipurayang ketujuh, seiuruh elemendiharapkan bekerja keras rurtuk

meningkatkan nilai yang dida-pat pada Pt lalu. Diketahui,saat P1 lalu, I{abupaten purba-lirr!1".:a rnasih belum mcme-t:u-iri [713s n-,inirnal nilai *ntukmonciapatkan Adipura, 1,aknibam rnendapa&an nilai 7{,g9.Sedangkan batas minimalmeraih Adipura adalah 75.

I ke hal. l0

Iftiteria Penilaian Meningliatr Pefiofi0an

Sambungan dari halaman 7

"Saya berharap besar mu-dah-mudah dengan kerjakeras, kerja ikhlas, kerjacerdas dan kerja.suksessemua pemangku kepenti-ngan adipura tahun 2015dapat diraih. Saya mintademi adipura untuk kerjaikhlas dan semangati' ujar-nya.

Sementara itu MarnangHaryanto, dari Badan Ling-kungan Hidup (BLH) Pro-vinsi Iawa Tengah menutur-kan, kriteria penilaian adi-pura dari tahun ke tahunsernakin meningkat. "Untukitu, nilai yang sudah diraihberkat kerja keras para pe-mangku kepentingan agar

dapat dipertahankan," ka-tanya.Dia menjelaskan, pada

periode 2002-2005 kriteriapenilaian adipura hanyamenitik treratkan pada ke-bersihan saja. Sedangkanuntuk 2006-2009 mening-kat tidak hanya bersih tapijuga peningkatan kualitaslingkungan, seperti ketedu-han lingkungan menjadikriteria penilaian. Sedang-kan untuk periode 2010-2013, kriteria penilaiannyatidak hanya bersih, teduh,tapi juga sehat.

"Sedangkan untuk tahun2014 dengan penilaian ter-baru, yaitu menitik berat-kan tidak hanya bersih te-duh dan sehat, tapi juganyaman. Nyaman untuk ditinggali, mulai dari kualitas

Page 24: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

- --\--l r-

p'o-E E E*i,i = t.=

Ei ,EEE ; EttEs?c Eeu;e*t =

trgw

i:

i\

Page 25: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KLIPXI-qG KIEDIAfi lu&li IJ H4$ $ETDA PIIRBAU$$$fr

WBany+mn;

-- G-gdnda Pgcah,

'ff#g#[PURBALINGGA- Kemarakan tren Batu Akik

Klawing, kembali menelan korban jiwamanusia. Supriyanto (35), perajin batu akik

' warga Jalan Rubiah Sekar atau Stabelan,tewas bersimbah darah setelah pisau

digunakan pecah danmenghantam dirinya.

seusai bekerja sebagai PNS

golongan satu.Ketika sedang asyik

membelah batu dari Kali

Klawing, mendadak grenda

atau mesin pemutarnya pecah

menjadi beberapa bagian.Dan salah satu pecahan itumengenai muka korban, hinggabagian depan sampai belakangtengkorak sebelah kanan korbanterluka cukup parah. Darah pun

bercucuran di lantai, dan korbanjatuh terkulai.' Mengetahui kejadian itu, istrikorban yang saat itu hendaksholat, menjerit. Dia pun

segera mendekap suaminyayang bersimbah darah, danmeminta peftolongan tetangga-tetangganya, Sore itu juga,korban segera dilarian ke RSUD

Dr Goetheng Taroenadibrata.Namun karena luka-lukanyayang sangat serius, akhirnyakorban dirujuk ke RS SiagaMedika, Banyumas.

"Hari Sabtu (7/3) korban' sempat menjalani operasi.

Namun karena lukanya sangatparah, akhirnya korbanmeninggal Senin (9/3) pagi,"ujar beberapa tetangga korbankepada Harmas.

Tuti, istri korbanmenambahkan, sebelumkejadian, sebenarnya diasudah bilang kepada suaminya,

pembelah batu yang

^q ETELAH oeoeraoa

\ :T,iJ:,i.J:,iT ;iiJ: _ _

Y,.ngg.ram or rungarKlawing, dan akhirnya keduanyaditemukan tewas, kali ini korbantewas menimpa Supriyanto(35), warga lalan RubiahSekar atau Stabelan, JenazahAnto --demikian PNS pada

Dinas Pekerjaan Umum (DPU)

Purbalingga ini biasa dipanggil,Senin (9/3) siang pukul 13.30dimakamkan di pemakamanumum Desa Penaruban,Kecamatan Kaligondang, di

tempat kelahirannya.Ratusan orang, sebagian

besar para kolega korban,termasuk para perajin batu akikyang menaruh rasa prihatinterhadap kematian korban,ikut mengantar hingga, kepemakaman. Istri korban, Tuti(30) dan orang tua korban,Jiono (50) besefta istrinya ikutlarut dalam suasana duka yang

mendalam di pemakaman siangitu.

Kejadian yang menimpakorban Anto, bapak dua anakitu bermula pada Jumat (6/3)sore sekitar pukul 15.00sedang bekerja membuat batuakik pesanan konsumennya.Pekerjaan membuat batu akikbelakangan dilakukan Anto,sambil mengisi waktu senggang.

-G-------.-_1

Page 26: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

SUASANA pemakaman Supriyanto (35), korban tewas akibat mesin gerinda pemecah batu akikyang pecah berantakan, di tempat pemakaman umum Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang,Senin (9/3) siang.

jika suara mesin gerindanyaberbeda, tidak seperti biasanya.Namun hal itu tidak dihiraukanoleh Anto, dan tetap sajamenjalankan pekerjannyamembelah batu. Sampaiakhirnya terjadi musibah yangmemilukan itu,

TerbangBelakangan diketahui,

pecahan mesin grenda itusempat terbang menerjang sengrumah korban hingga tembus,dan pecahan mesin itu terusterbang hingga ke belakangrumah korban. "Pecahannyasampai ke belakang RumahMakan Flamboyan di depan

Kejaksaan Negeri Purbalinggayang sedang dibangun," ujarbeberapa tetangga lainnya.

Seperti diberitakan, sebelumkejadian yang menimpa Anto,dua warga RT 03/RW 02Desa Toyareja, KecamatanPurbalingga, yakni WendiSuprapto (23) dan Suparno(20), dilaporkan hilang saatmencari bahan batu akik di

Sungai Klawing yang berada di

Desa Lamongan, KecamatanKaligondang, Selasa (2412).

Siang itu sekitar pukul13.30, Suparno menyebErangSungai Klawing itu. Ketikasampai di tengah aliran sungai,Suparno terperosok ke sebuah

kedung. Wendi kemudianberusaha menolorig. Tapi

kemudian ikut tenggelam juga.Keduanya terjebak pusaran airKedung Bakri sedalam 8 meter.

Korban Wendi ditemukansehari berikutnya, sekitar pukul14.30, Rabu (25/2), dalamkondisi tewas dengan tubuhmengambang di Sungai Klawing,di area depot pasir Desa

Toyareja yang berjarak sekitardua kilometer ke arah selatandari lokasi kejadian. Sedangkankorban Suparno juga ditemukandalam keadaan tewas, pada

Rabu (25i2) malam sekitarpukul 21.00, tak jauh darilokasi kejadian. (pt-06)

Page 27: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KLIPINS IVIET}TA

Braktu. Selain itu masih ada sejumlah titik pantau yangnilainya di bawah 75.

"Saat penilaian tahap 1 atau P1 kita mendapat nilai74,89. Padahal nilai minimal untuk mendapatkan Adipuraadalah 75," kata Bupati Sukento Rido Marhaendrianio.

Dia mengatakan frit itursaat memimpin Rapat persiapan

Penilaian Adipura Tahap Dua (P2) Program AdipuraKa bu paten Pu rb'alin ggar Tahun 2 014-?0 1 S di,Ruang Ra patBupati, Senin (9/3),

"Untuk itu, semua titik pantau yang di bawah 75terus berbenah. Karena passing grade minimal untuk

,' rnendapatkarn Adipur, adrlah.75,", katanya. ,,

;,,, Suke.nto menarnbahkan, dar|pantauan internal beberapa:, laraktu lalu, masih ditemukan beberepa litik pantau yang

passing grade-nya di bawah 75, Bupati minta agar capaiannilai dapat dinaikkan 80.''Saya ingin semua titik pantau

' nilainya dapat melampaui 80. Untuk itu, marir,bersama-. sama.berjuang Untuk meraih Adipura ypng ketujuh," kataSukento; ,, :' l

, ' S€rRentara Mamang Haryanto dari Badan Lingkungan. .tl'idup,lawa Tengah rnenuturka1, kriteiia penilaian Adipura

dari tahun ke tahun semakin meningkat. "Tahun 2002-,, 2085,,'ii1.1te-l.ip,penihjan meniiif Ueraitan: pada,kebefsiha4.:

Tahun 2006-2009 tidak hanya berSih, tapi juga peningkatankualita5 }ingkungan, seperti,keteduhan:lingkungan,"'terangnya.

i:L

siuex,Citrp*rnuuat:stu *.nj*ur,,u;,un praktik,. l

penpe4{g.rai l di halam a,nl,Saf lentas Fo tres,Furbat in g g a,Senin (9/3).

, Ta hu h,2CI 10.?013,, kr,iteria peni taia.ll tidak hbnya'bers ih,teduh, tapi juga sehat. "Dan tahun 2014 dengan penilaianterbaru,r:yalt mehitikbgratkan tidak :hanya ber$ih, teduh,dan sehat, tapi juga nyaman," paparnya.

Nyaman untuk ditinggali, mulai dari kualitas udara,air, serta pengelolaan sampahnya, menjadi titik beratpenilaian. Dan untuk tahun 2015, passing grade-nya

Page 28: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

lsrp;njans=n5l,\4Maksimal Tiga Bulan

fi ffffili:1fl i:::!.'ii[#fi ir,x:,r:,rilrtr?r1,,,..,,,'3li'i.i?l,1ffill; Hlll,Pl* ls, b,r.' ,"'iituns seya*ta n u n se oe i u m ;;;;;;l?x x l[;1i".11: iir,,

i n i n e ru eo a i a riB i nta ra U ru sa n s r r,,r

-i, i,l. "-,"1 l,',",'-1 _to' I ln : .por.. i,u,ali,;;: ;;f i#;l ff *Jlff i?::i::iil,

'*ix*,#tli#f#*{iffi ,r;: m'r;ijF';rnsxm,L:tr|.ilqt:.rjiff r*:H,,T.[,JipoltiL r.ng.ilH i?,'*

wsua t Intes'rateo i"tuii,

'*ffi llilili*1;.;'ii*!r:r.!,":jf ;:t];,i.i,ru;drIf Tperpanj.rr r,, o,riilffi;:X};:[1 *Tr-sebelum tanssat habis ma-sa,bertarrrv!, ijir.lliil oari ;tu,prhak Saflantas akan menotak. "eiasa;yi ]lu ilrgu outrngIi,il,'ffi ; l[ji:?,til1ns sekarian,",pu,X.,i.,q

,. r,;:.-F : * #;i"r#l: X,lj|.li,i.a bis m a sih sa tu' bu ra n'

Kepata Sailan[as polres prrtufrggu AKp Sudarsonomenlamin, dalam pembuatan SIM baru atau punperpanjangan, polisi tidak "t ;;;^"-:::l ry"

;..fl.;il,* ;; [#",i : :il? :1[ ;:x.xt;r;:ffi *.,

.'iXalaui:G;i,:iili::: drn p'

;i?l?H:Bi **: ?'31"i@ ; Hffi Ti':,lT.,mar*maizqgli: Hllir:t$i,:',',l llii?iio1?L"ntidak lulus ujian, ya niur,

*'i Jqur' rdpl Kalau memang)uoarsono menamt rr, u#

fi aru-s men gula n g," tegasiya.X ;f::;,m: rff;ffiffil*;ff11",'

,i'#;::f ';*:m:::iffi ;Tff#'f ?Hff Iffi ,i:fl :, ;;;: Hf#t_":x.y liffi f; 'If:'.Ei:

H: IPolisi juga ,grd.hk.n i '"""' vdng '|uas

danhvamanrnensenda rai rJi rpm n.r ^,-lT,l1'"kl

t yan g henda k tjurrai,r,

fr?ifm13i**tt*i$;t; iffi j i?,t.jlHi,!peta).,nen .Ara4prali.nJ,ijjt#,-i#I,TffiXr*,,*r,

Page 29: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KTIPTNS MffitrMntllJl$ lilj}dA$ $ETDA TIIRBATIH$ff*

ffilBanyHmRtSelasa, i0 Maret 2O7S

Seref, Pendottoron UlongAnggoto Orgondq

HARMAS/SMNETWORI(RYAN RACHIVAN

SEJUMLAH angkot menunggu penumpang di depan Griya UMKM dekat Pasar

Linggamas, baru-baru i.ni.

PURBALINGGA- Pendaftaran ulang

terhadap anggota.Organisasi Angkutan

Darat (Organda) seret. Dari ribuan

kendaraan umum, baru sekitar 700

ripaya Organda mendaftar ulang

kembali anggota sangat penting' Hal ini

berkaitan dengan penerapan UU Nomor

22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan

Angkutan lalan (LLAJ) semakin ketat.Mereka yang mendaftar, terutamayang berasal dari Purbalingga. Baik itu.

angkutan kota, angkutan Perdesaan,bus mikro (AKDP), dan bus lintasprovinsi.

"Paling banyak dari awak angkutan

Koperades dan baru mereka Yang

sudah ada kepastian mendaftar ulang

ke Organda. LainnYa belum muncul

mengurus daftar ulang itu," katanya.

orang yang sudah masuk ke catatan DPC

Organda.ketua DPC Organda,Muhammad

Wachyono, kemarin mengatakan,

MenurutnYa, Pendaftaran ulang

tersebut untuk mengetahui jumlah

pemilik angkutan umum, Mereka

kemudian akan diarahkan untuk segera

memiliki perusahaan angkutan sendiri

atau masuk dalam koPerasi, sesuai

dengan UU LLAJ tersebut, "Jika tidak

masuk datam naungan perusahaan atau

koperasi, maka izin maupun perbaruan

izin trayek tidak dilayani," katanya'

Menurutnya, sebenarnya UU itu sudah

lama diterapkan. Namun karena belum

maksimal Penerapannya, maka tidak

terlalu diperhatikan. Namun'sejak Maret

ini, penerapan UU itu semakin ketat dan

banyak angkutan yang sebelumnya plat

hitam menjadi Plat kuning.

Page 30: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015
Page 31: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KtIP[Nffi MENIAft J iifuU }{U$f,{$ $$TDf, PURB,{LIHfi$*

Setasa, 10 Maret,2015anyumRt

Penen aruTPAJangan Asal-A$alanPURBALINGGA- Tahap relokasi Tem patPembuangan Akhir (TPA) Sampah Banjarandi Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsarimasih beberapa t6hun lagi, Namun sejakdini, Komisi IV DPRD mewanti agarpenentuan lokasi yang baru jangan asal-asalan.

Anggota Komisi IV DPRD, Yoni Koeswoyo,kemarin mengatakan, agar tidak asal-asalan,pemkab bersama tim yang ada diminta tetapmemperhatikan Standar Nasional indonesia(SNI). Di antaranya, kondisi geografis lokasi,ketinggian, jarak dengan aliran sungai, danlainnya.

"lika ditentukan asal-asalan, makasiap-siap saja timbul persoalan. Misalnyapencemaran, penolakan warga, danlainnya. Saat ini setahu saya.baru ada satucalon lokasi, yaitu di wilayah KecamatahKaligondang," katanya.

Saat ini buku kajian tentangpeemindahan TPA sudah di Komisi IVDPRD. Dewan meminta penentuan lokasipengganti harus digali cermat dari semuasisi, agar tidak muncul konflik kembali dikemudian hari^

"TPA kan untuk jangka waktu lama,jadi potensi munculnya konflik denganmasyarakat harus diantisjpasi sejak dini.Karenanya soal izin H0,.kordinasi denganjajaran sampai ke tokoh masyarakat harusmendalam," tambahnya.

Keseriusan dalam mengurus relokasi

dan menentukan tempat penggantiTPA diperlukan karena pemindahan inimembutuhkan biaya yang tak sedikit. Jikahanya formalitas dipindah dan terkesanmain-main, maka masalah yang sama akanmuncul kembali.

"Tokoh masyarakat hingga ketua RT harusmengetahui dan paham posisi TPA sampahitu di lokasi yang baru," tegasnya.

DioptimalkanDi sisi lain, secara umum, sebelum

ada pemindahan lokasi, seharusnya sejaksaat ini sudah dioptimalkan pemanfaatandan pengolahan sampah oleh masyarakat.Artinya masyarakat maupun lembagaswadaya masyarakat (LSM) berpartisipasiaktif ikut mengurai sampah itu.

"Saat kami melakukan kunjunganke wilayah di Kota Banjar, Jawa Barat,pengelolaan sampah sebelum semuamasuk TPA, dipilah oleh LSM. Baru yang

tidak bisa dimanfaatkan dilempar ke TPA.

Gambarannya sejak di tempat pengumpulansampah di sejumlah titik, ddilakukanpengelolaan oleh LSM," rincinya.

Seperti diberitakan, peemindahan TPA

Banjaran di Desa Banjaran, KecamatanBojongsari ditargetkan maksimal tahun 2018.Hal ini karena TPA tersebut sudah tidak layaktagi. Pemkab harus mengubah Perda TataRuang dan Wilayah lebih dulu, kemudiankembali men gkajinya. (SMNetwork/h82-06)

Page 32: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KtIPINffi KIffiffiIAM*ff,{II I{IIMA$ $ETDA PiIRB,{II}{#f; *

ffiBanyHmF_s.Selasa, 10 Maret 2015

Pembebasan LahanBendung Slinga DibagiPURBALINGGA- Beban anggaran untuk pembebasan lahan jaringan

irigasi Bendung Slinga dibagi antara pemerintah pusat, provinsi,

dan kabupaten. Diperkirakan lahan yang akan dibebaskan seluas 76

hektare."Lahan untuk jaringan irigasi bendung ini melewati Iima

kecamatan, yakni Kecamatan Kaligondang, Bukateja, Purbalingga,

Kalimanah, dan Bojongsari," kata Kepala Bappeda Setiyadi.Pembagian beban anggaran itu, lanjutnya, sudah disepakati

bersama. Pemerintah pusat melalui APBN 50 persen/ APBD provinsi

25 persen, dan APBD kabupaten 25 persen.

"Untuk pembebasan lahan membutuhkan Rp 84 miliar. Anggaran

ini dibagi untuk pusat Rp 42 miliar, provinsi Rp 21 miliari dan

kabupaten Rp 21 miliar,l' terangnya.Namun Setiyadi menuturkan, angka itu bukanlah angka

pasti, melainkan baru sekadar asumsi. Karena bisa saja pad.a

saat pembebasan lahan dilqkukan, harga tanah'sudah berubah."Asumsinya satu hektare lahan dihargai Rp 2 juta. Tentunya harga

ini bisa lebih rendah atau malah lebih tinggi dibandingkan harga

sesungguhnya di lapangan," ujarnya.Sebab, menurut dia, harga tanah di wilayah yang jauh dari jalan

raya tentu berbeda dari yiing dekatjalan raya. Yang di wilayah kota

tentu berbeda dari yang di wilayah perdesaan.

Dia mengatakan, panitia pengadaan !ahan akan membentuktim appraisal atau penaksir harga tanah yang sifatnya independen.Tim ini akan turun untuk negosiasi dengan pemilik tanah. "Timpenaksir ini bukan dari kita melainkan pihak ketiga. Kalau dari kitakhawatirnya taksiran harga tidak tepat, terlalu rendah atau malah

terlalu tinggi," tuturnya.Setiyadi menjelaskan, pihaknya masih memunyai cukup waktu,

karena pemerintah pusat memutuskan pembangunan jaringan irigasi

Slinga harus selesai tahun 2018. lstuNetwork/f10-06)

Page 33: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

Miff i,{I{ II{,IHA$ $$TDA P{,IRBAIIHfi$$

PNS golongan I di Dinas PekeriaanUmum (DP-U) Purbalingga itu. Anto,begitu dia clisapa, dimakamkan diTPUDe"sa Penaruban, Kecamatan Kaligon-dang, Senin (9/3).

RJtusan orang, sebagian besar Parakolega korban, termasuk para peraiinbatu" akik vang prihatin terhadaPkematian korban, ikut mengantarhingga ke pemakaman. Istri korban,Tuti (30) dan orangtua korban, Jiono(50) tampak larut dalam suasana duka

senggang seusai bekerja.Siit asvik membelah batu

r Bersambunq ke hal 11

I

I

r Dari halaman.1Belakangan diketahui' oe- mencari bahan hatu akik di

.";;;;;;?; gienda itu sem- Sungai Klan'ing di Desa La-

;;i;r;;;g,i"r"ri,'''g s"ng -o'ig'n'-Kecamatan Kali-

L*.n [oit u,-r hi,tggi iem: grll{ane'Purbalingga' selasa

uur, irn pecahan il*esin itu (24/2)'tprus terbans hinsga xe bela- Korban Wendi ditemukan

lT#;;;iii.;;ffi- iP"'u- sehari kemudian' sekitar p.^u-

[:iiF;.;;;;i'[" il"r'r"','g kul 14'30 wtB' Rabu t25/2\'

il.;'h #ii;';nrr-t.v,, a'i dalam kondisi tewas me-

;#;;#iu*iluu.r'.r"g"tiPu,. ngambang di sungai Kla-

balingga yang seoang diba- w.ing' di -area depot pasir

n g r,, 7 ui a r te ian g gan y a y a n s ??11r]xv#?i J;:F" rTi : #

1ain."Sep"rti diberitakan, sebe- selatan dari lokasi kejadian'

lum keiadian yang menimpa Sedangkan korban Suparno

X.;");;;;;ig, R=roJ RW bz iu ga dltem uka n da lam kea-

Desa l'oyareia, Kecamati; b;" tewas'.pada Rabtr (25-l"P;;;rii;;;' yakni w*nJi 2) malam sekitar.pukul 21'00

S;;;;ri;irl) -dan Suparno WI B..tak jauh da ri Iokasi

Bikin Akik, PNS

Tewas Disarnhar

Klawins, mendadak cakramsrenda-Pecah mcniadi he-

E".rpu bigian. S.rtu di antarap".uhon ii-u mengcnai mtrka'-hmgga

bagian dePan samPatbelii'a ng Ien gkoiak sehelah

kanan ttrluki cukuP Parah'KorbarrPun iahrh tcrkula i'

Ttrti, istri korban Yang saat

itu hendak salat, menjerithisteris melihat suaminYaberimba darah. Ia Pun segera

mendekaP suaminYa danmeminta^ Pertolongan te-tan gga-tetan gga nYa'.Sore itu

I u gi,"korba n segera dil ari kan

ke RSUD Dr Goetheng Taro-enadibrata. Namun karenaiuka-lukanYa yallg sangatserius, akhirnYa korbandirujuk ke RS Siiga N4edika,Banvumas.

"fiari Sabtu (7/3) korbansempat menialani oPerasi'Namun karena lukanva sa-

nsat parah, akhimYa korbanm"enihggal Senin (9/3) Pagi"'ujar tetahgga korban. .'

Tuti, rne"riga ta kan, sebelumkeiadian ia menanYaka,n sua-

ra mesin grenda Yang berbe-da clari biisanYa.-Namun hal

itu diabaikan,-dar teiaP saia

menialankan Pekerian nYa

mem'belah batr-i. SamPai ak-hirnva teriadi kecelakaan itu' '*1i :H i:#il,l T',IXE'J,1 ll'iJo'lll tcli)

SarplrTpLlsrSEI.ASA PON-IO MAREI 2015

Bikin Akik, Pt\S Tewas Disamh arPecahan Gerenda

PURBALINGGA, SAIELITPOST-TTCNbatu akik Klawing ternyata tak se-lamanya membawa cerita bahagia, na-mun iuga kabar duka. Setelah dua or-ang iewas akibat hanyut di SungaiKlawing saat mencari bahan matacincin batu, kini satu lagi korban jiwaakibat kecelakaan kerja. Suprianto (35),perajin akik warga Jalan Rubiah Sekaratau Stabelan, Purbalingga, tewassetelah cakram gerenda pembelah batupecah dan nyaris membelah kepala

di pemakaman siang ituiuirii"" yu.,g *"?i^pa bapak dua

anak itu, bermula pada ]umat (6/3)sore sekitar jam 15.00 WIB. Anto saat

itu tengah bekerja membuat batu akikpesanan pelanggannya. Pekeriaanmembuat'batu akik belakangan dila-kukan Anto, sambil mengisi waktu

Page 34: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KtIPgNffi IVIEilIA#ICIA$ [II]HA$ $$TDA PIJRBAIIHtr*E

SrrnlrrFffisygfslrAsn PoN,rit0MARET20t5

Fosisi Ketua Jadi N/lodal politik Tasdi

PURBALINGGa, sltntl-TPOST-Posisi Ketua DewanPirnpinan Cabang (DpC)Partai Demokrasi IndonesiaPerjuangan (PDIP) purba-lingga menjadi modal pen-ting bagi Tasdi dalam kon-testasi Pemilukada 2015mendatang. Hal ini mem-perkuku} ked udu kanly.r ditataran basis rnassa yangdikenal pemilih loyai.

Namun demikian, hal inibelum tentu berbanding Iu-rus dengan perolehan re-komendasi parta i. Banyakfaktor penentu pembeiianrekomendasi. Di antaranya

harus meninggaikan guy" dip"r;ya kembali untukkomunikasi arogan yang memimpin PDIP Purbali-kerap memicu resistensi. ngga. Sa-7a mengajak semua"Ka1au bisa merangkul, ke- pihak termasuk kader, sim-pemimpinan bisa stabil ke patisan dan pengurus untukdepan," katanya. sama-sama bekerja keras

T'asdi terpilih menjadi D- membesarkan partai," kataPC PDIP Kabupaten Purba- Tasdi, Minggu (8/3).lingga periode 2075-2020, Tasdi yang saat ini jugadalam Konfercab DPC PDIP meniabatsebagaiWabupPur-Purbalingga yang digeiar di balingga sudah ketiga ka-kantor DPD PDIP Jateng, . linya dipercaya menjadi Ke-Sabtu (7 /3) malam. Semen- tui DPe PDIP Purbalingga.tara jabatan Sekretaris dipe- Sebelurnnya mantan Ketuagang oleh HR Bambang Ira- DPRD Purbaiingga tersebutrr.ran dan Bendahara dipe- juga menduduki posisi yanggangolehKenltagilTuratno. sama di periode 2005-2010

"Saya bersyukur karena dan 2010-2015.(gan)

tin,gk.at keterpilihan, po-pularrtas clan kemampltan."Bahwa ini menjadi moclalmaju di Pemilukada iya, te-tapi untuk mendapat(an re-komendasi tidak iukup ha-nya dengan bermodal ketuaDPC," kata Dosen FISIP Un-soed, Indaru Setyo Nurprojopad a Sa tcl i tPosi kemaii n.'

Ia mengatakan, Tasdi jus-truharus membuat kepengu-rusan partai berialan efektifdengan memperbaiki caraberkom un ikasi. Menu rut-nya/ secara kelembagaanmemang partai solid. Na-mun secara personal, Tasdi

Page 35: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

g!g(ue(6

Io)'o ---(r)Ed_(sFo=gd:J -;lz 0)(U=o(UEJds,9<BH(Jrl4!-<d)€i(sJ(II(U(U1'EEu)qg!DG;(noco9d,oi^F'i-YToq>:Oc

-u (6

-pEEdP'c)(!(trEo^=foF}

=-_o._>E)E;Lfi (6o- ca

liffii!:r.Iiv

:::::i: lt , [:::=ir ::

,',i'ii,;!ff, ;:i

L

J

:ffits'ffi**@ffi;;ffi ffi*l& m'

,3{ sW mm

L-

Page 36: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

ffitrPIruffi l!ffitrt&fi ITIAH t{{,}H,{$ $$TilA PiJABffiIX{ff$A

SatnlttF'r3,srsErnsn pbr,r,

IO MARET 20I5

:iiir=:::l -, t: ::.,:i::= :::i.,irir ; r-.::=r a' -,'..'

Hldik=diri. serta tetap berbenaf,. Untut kab,ii.,,'r**,r, titik pi.rtuu yang di Sukento.menambahkarr, 'larjbawahZ1 terw berbenalr. Karena pantarran dengan la1arall satuaniassins srade rninimal urrtuk keria perangkaf daerah (SKPD)

inenda"pitkan adiputa aclalah beberapa waktu lalu, masih dite-75," kita tsupaii i'urbalingga mukan beberapa titik parr.tauSukento Rido Marhendrianto saat Yan?, passmq.qrad€-nya masltlo1*"*i*pin RapatPersiapan Peni- b.rw-ah 75' Pihaknya mcminta,Iaian Adlpura Tahap Dua (P2) agar capaian passihg gradclnyaProsram 'Adipr-rra kabupaten dapat dinaikkan jadi 80'

Pur6'atingga T;hun 201+20i5 di "Saya kepenginnya, un.11f se-

R;;* RISat Bupati, Senin (9/3) mua iitik panthu agar nilainyasep.rii dituHp dar' hu*us perr- dapat malampaui 80' Untuk iht,

mari- bersfi *-rurnu berjuangn ntuk mempertahankan Adi-pura vang ke tuiuh. Mudah mu-rJah-m udahan peningkatannyaIebih baik. Sayd berhiiap besarmudah-mudah dcngan kerjakeras, kerja ikhlas, keiji cerdas,dan keria sukses semua pe-mangku kepentingan,A.dipirratahun 2015 dapat diraih. Sayaminta demi Adipura untuk keiiarkh.las dan semingat," katanyi.0i1)

SUASANA pengarahan Bupati Purbalingga

ROipura di Ruang Flapat Bupati, Senin (9/3)'ffi 6fi "'Ea1sitp.# .i,H an

Page 37: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

Ktlp'trffiffi MEilI,EBIOMI{ I{{JHA$-$flT}A P|IffiAtI$$$*

Sarrcr-mF**rSEI.ASA PON,

IO MAREI 20I5

BurungPURBALINGGA, SATELTIPOST- Pangkalan Udara Wirasaba me-nsgei=ar kontes burung di laPa-nIIn tenis Lanud Wirasaba, Senin(9"/3). Kontes burung ini dise-ien gga raka n unhrk memeriah kanHUT TNI AU ke-69.

Komandan I anud Wirasaba,Letkol Pnb Andre A Dhewo MScMSi, mengatakan, kontes diikutikomunitas pencinta burung dariberbagai daerah, antara lain Bre-bes, Baniarnegarc, Tegal, BanYu-mas, Cilicap, dan Kebumen' "[nibaqian dari rangkaian kegiatanun-[uk memeriahkan HUT TNIAU ke-69," kata dia'

Dalam kontes burung ini, Yangbertindak sebagai juri adalah

wanita-wanita berParas cantiknan seksi. Mereka mengenakankaus berwarna biru dengan ba-wahan rok sebatas Paha. Takpelak, peserta semakin antusiasineneikuti kontes ini. "Mereka*"*"ung ahli. Selain itu mere-kaiuga irembuat kontes ini se-mikii semarak," katanya'

Pada kontes ini ada beberaPakategori, antara lain Mega Bin-tang, Perang Bintang, Bintang danbeb?rapa kategori lainnYa. Bu-runs vang, banYak ditamPilkanantird Iai"n love bird, cucak ijo,parkit, dan lainrrya. "PemenangLitu hudirhi uang pembinaan,sertifi kat, dan mini6tur Peaawat,"ujar dia.(gan) . I'

Page 38: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

5'U)a

i(s7Af,(E

E=63

zFo(dv(s

(u

E.q(6.C

Eo)C-=

@ooY(g

q

oJ(u

(6f

{nE6al]oo.c(no,Eo

=ooo

oizoJd(uo(U

=EC(uJzoz=..j.=

(r)

vd

{€{6,

ffii

fl%iY*

:q4

**

&6&

:!s:d*

Page 39: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

KLF"I";G }'[E]L{B.:i-t\ :.,y-,i ::::i :,:i:Ji;t

STTEIITP{iST

T.rrggrtP*rpar{anEar}SIM 3 Bulan

r Jika Melebihi lgkm&q€a= h€*rLE=

Buat B*r *x

PLRBALDi-GGA" SATELIT-POST-Ter,-*gar ia-1\:: :e:-pair]an=ar Su:at lz:r- \Ie-ngesr-:i; 'S]1 l=a=-= :--a-

n\-a saxrgaj tsa b-i:--:rr- Tikahihr. =:-- -:--i<;:]{. :ra-glg11 d : ar: icr::- :-- -rn;altfU tl ga

bulan tai iii:ki=:. Ferpan-j*g*. rnaira :l:gr:lik ken-daraan ira--.ls rr.errouai SL\tbaru. Sebeluur"nra. .nasatenggat samPar -fJ :a:,irrl.

Bintara L-ru.-n 5]\[ -tuarLalu Lintas lSatXan=sr FolrePurbalingga Aiun In:TeklurSatu Nvarrjran" Serdn {9 l'mengatakan. ah.rran baru i'ru

sesuai dengan ilst-r:-lc= Kepala Polda Jateng nomor TR489 / lI / 20b tertanggal 16Februari 2015.

1'Kalau melebihi tiga bulan,maka masyarakat harusmembuat SIM baru sesuaimekanisme yang berlaku.Harus mendaftar, ikut ujianteori atauAVIS (Audio VisualIntegrated System), praktik

9? Biasanya ada yang datangdari luar kota, mumpung pulangsekalian memperpanjang SIM

meskipun masa berlakunYa habismasih satu burlan lagi. Nah itu tidak

boleh. ??

AIPTU NYAMIRANBintara Urusan SIM Satlantas

Polres Purbalingga

mengendarai I (di KantorSatlantas) dan praktik me-ngendarai II (di jalan nya),"katanva.

Seliir, it r, -usyarakat vangakan memperpanjang masaberlaku SIM bisa melaku-kannya mulai 14 hari sebeltrmtanggai habis masa berla-kunya. Ini kerap dilakukan

r,varga P';l:lrriia'! -,i i?i-gi meraltau. \ferei: :-;-r-.2]'.-iaatkan',talfu mu;-^ ::r.i.:lr-rlCn,icf i : ian : ::.1': ier-iaku SR1.

L:la .:,.i'r: :=:-. ---- :::shtrleh. Bi:-;r. : t:: '. j- -datal-: i":: -u-Y r. -j --.--- -

pr-Lng puiang seN.i.;;:. ::,i-: -

per1l,1n;uno Sl\1 r.t=.::..:.masa berlak'.rn\ A :.::li::-l* :satubulan la--,. \al, -:*::-:\boleh." uja::nva.

Page 40: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

Keoala Satlantas PolresPurbilingga Aiun KomisarisSudarsono mengatakan, Sat-lantas akan memberikan Pe-iayanan terbaik .lalam Pem-buatan SIM baru atau PerPa-niangan. SemuanYa dilaku-kan iesuai dcngan mekanis-me yang berlaku.

"karni tidak akan mem-persulit. Kalau uiran teori darroraktik lulus semua dan ad-ministrasi lengkaP, InasYara-kat tinggal dffoto dan mak-simal2"0 menit SIM sudah ditangan," katanYa.

Selain itu, temPat tunggupembtratan SIM iuga sudahnvaman. Di lokasi Praktik I

(Satlantas) telah dibangunruang tunggu 1'ang luas dannvaman.

"'Say amem Persilakan mas-varakat untuk berlatih me-'nsendarai di temPat PraktikI ietiap hari seusai iam Pela-vanrn. Atau Pada hari libur,ierbuka untuk umum darrgraiis," katanYa. ([email protected])

Ifl lhteraktifTenggat Wmktex

Ferpanla*gare ffimxrm* &mBrx

Mengemudi (SlM) dibatasi hanya sampai tiga bulan" Jika

habii masa berlaku SlM, namun dalam kurun waktu tiga

bulan tak dilakukan perpanjangan, maka pemilik kendaraan

harus membuat SIM baru. Sebelumnya, masa tenggat sampal

satu tahun. Pendapat Anda?

Em lnmlo suRYADl,Va bagus. Memang harus tertib jika tidak

, akan berlarut-larut kitidaktegasannya

. TASMIYATUN

IUAR'ATUSSHOLIKHAHSing penting gawe

maning aja dengel-ngel ya. Syukur gratis

. kaya gawe KTP.

TRI NUGROHOWATIYa ora apa-aPa mbok lur. Pancen witjaman mbien nek masalah aturan neng

lndonesia paling ribet.

Page 41: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

a

Ktlffitr}$ffi fuIffiMTA

Selasa Pon, 10 Maret 2015

Akik KlawingDidorong Disertifikasi

Batij

bangan keraiinan batu akikdariSungai Klawing didu kungpenuh oleh Gubernur ]11rqTengah, Ganjar Pranowo. Me'nurut Gubernur/ Pengemba-ngan batu akik dari Klawingying memiliki keunggulan be-

ianeka rag,am motif ini daPatmemunculkan industri kreatifdi kalangan masYarakat.

PURBALINGGA-Pengem- klawing, Gubernur juga me-ngingatkan agar cara menam-bang batu dapat diatur, jangansampai dilakukan sembara-ngan. Misalnya, asal ada po-tensi batu kemudian diambildengan seenaknya tanpa me-mikirkan kerusakan lingku-ngan jelas tidak boleh.

Menurutnya, potensi batu diSungai Klawing memiliki ke-khasan tersendiri. Oleh karena

itu, agar dapat dikembangkanlebih, maksimal Ganjar jugamendorong dilakukan serti-fikasi.

Ketua panitia pameran, Cu-ne Yulianto dari KomunitasPecinta Batu Klawing Nogosuimenuturkan, pameran ini un-tuk memfasilitasi pemasaranbersama produk batu akikklawing, khususnya bagi paraperajin. ffi ST-Cf

. "Bukan hanYa industri Pe-ngolahan batu meniadi matacincin saia tetaPi ini akan men-dorong industri kreatif lainnYa.Ini akin memunculkan kreasidan inovasi industri kreatifyangbaru," uiarnYa usai me-iriniiu pameran batu akik kla-wirig di Criya UMKM (usaha

mikio kecil dan menengah)Purbalingga ,lumat (6 / 3) .

Meski-mendorong tumbuh-nya industri kreatif batu akik

ffiJ* u Artt aKIK: G ",b. TY: l::'::, ?:Y"T,:'ffi f:"

iffiiffi,1fr;#f'#;:'"pl'Tii'inti'g8"'!vl"t'RMmeniniauDa m e r a n b a t u ak i k o' u "i{ {i'"i'u i'i-' aXT i n gg'' I u m a t 6 I 3 )'ffi

'Foto: loko Santoso

Page 42: Kliping Berita Tanggal 10 Maret 2015

- -: "--.:--':--<ff-

KTIPINGMESIABtffrAl{fiI}$*$$$rM